Alternatif Peluang Bisnis Untuk Mahasiswa Dengan Modal Kecil

Peluang Bisnis Untuk Mahasiswa Alternatif Peluang Bisnis Untuk Mahasiswa Dengan Modal Kecil

Bagi yang masih berstatus sebagai mahasiswa, mungkin ada yang sering berfikir untuk mencari pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan sembari tetap menjalani tugas utama yaitu belajar. Tidak jarang pula kita memutar otak mencari alternatif pekerjaan dengan modal kecil yang sesuai dengan kantong mahasiswa. Namun sebenarnya dengan sedikit kreatifitas melihat peluang dan berani mengambil resiko, Anda bisa kog menemukan banyak sekali peluang bisnis untuk mahasiswa yang pas untuk dijalani.

Dan pada artikel kali ini, kita akan membahas beberapa peluang usaha yang bisa menjadi pertimbangan bagi Anda para mahasiswa untuk mendapatkan penghasilan sambilan. Dan yang pasti semua peluang usaha yang akan disajikan berikut ini, berlabel usaha modal kecil dan bisa dikerjakan diwaktu senggang Anda. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

1. Jasa Print dan Pengetikan

Yups, jasa print dan pengetikan memang menjadi salah satu alternative yang masih dan selalu menjanjikan bagi para mahasiswa. Terlebih untuk anda yang tinggal atau kost di seputaran lingkungan kampus, usaha yang satu ini sangat menjanjikan meskipun hanya dilakukan sebagai sampingan.

Tugas dari dosen, makalah, hingga skripsi semuanya membutuhkan bantuan jasa ini. Kenyataannya, dibanding mencetak tugas sendiri, saat ini masih lebih banyak mahasiswa yang memilih menggunakan jasa print dan pengetikan untuk memehuhi kebutuhan mereka. Alasan yang pertama karena tidak mempunyai perangkat cetak, dan alasan kedua karena tidak mau repot atau tidak mempunyai ketrampilan yang cukup untuk mengetik dan mencetak tugas dan keperluannya tersebut.

Hal terpenting yang dibutuhkan untuk mulai membuka bisnis ini adalah kemampuan dalam bidang pengetikan tersebut. Pasalnya, terkadang pelanggan pengetikan atau print cenderung akan kembali jika hasil jasa yang anda berikan memuaskan. Yang kedua tentunya peralatan komputer dan printer. Untuk masalah ini sebenarnya bisa diakali dengan pinjam teman atau membeli perangkat second yang lebih murah.

Dan yang ketiga adalah kesiapan waktu. Kenapa dengan waktu? Sebenarnya peluang potensial dari usaha ini adalah bisa memberikan jasa kapanpun diperlukan. Memang banyak counter pengetikan dan print yang sudah menjamur, namun bayangkan jika anda bisa melayani kapanpun dibutuhkan. Tentunya pelanggan akan lebih senang, terutama jika dijalin dengan sistem pertemanan nampaknya akan semakin potensial usaha yang satu ini.

Artikel lain: Peluang usaha sampingan untuk karyawan

2. Jasa Penterjemah

Mungkin peluang usaha yang satu ini masih belum terlalu banyak digarap oleh para mahasiswa jika dibandingkan dengan jenis usaha lain. Namun peluang sebagai penterjemah bisa dikatakan sebagai salah satu yang paling mudah dalam hal pengerjaannya. Selain tidak membutuhkan peralatan banyak selain perangkat ketik, peluang jasa penterjemah juga masih sangat potensial melihat makin banyak penerapan bahan berbahasa asing dalam materi-materi kuliah berbagai macam bidang. Lebih luas lagi peluang bisnis jasa ini juga tidak terbatas untuk para mahasiswa bahkan pelajar atau orang umum tak jarang juga memerlukan bantuan penterjemahan.

Yang paling penting dalam usaha ini adalah bisa melihat peluang kebutuhan dari mahasiswa lain akan jasa penterjemahan itu sendiri. Memang kemampuan berbahasa asing menjadi hal yang penting saat memulai bisnis ini. Hal tersebut betul jika anda ingin mengerjakannya secara individu alias dikerjakan sendiri. Namun dengan sedikit kreatifitas dan kemampuan management yang baik sebenarnya anda bisa mensiasatinya. Caranya adalah dengan mencari rekan atau mahasiswa lain yang mempunyai kemampuan bahasa asing yang bagus. Nantinya kita bisa menawarkan kerjasama dengan pembagian hasil yang bagus tentunya.

3. Menjadi Penulis Lepas

Suka menulis? Atau punya kemampuan menyampaikan ide dalam bentuk tulisan? Jika iya, peluang bisnis untuk mahasiswa yang satu ini bisa jadi yang terbaik untuk anda. Selain mudah dalam pengerjaannya, lagi-lagi peluang usaha ini tidak membutuhkan modal banyak. Bahkan bisa dikatakan menawarkan jasa sebagai penulis lepas nyaris tanpa modal karena yang dibutuhkan benar benar hanya kemampuan menulis dan kreatifitas imajinasi kita. Terlebih lagi, yang menyenangkan dari peluang bisnis ini adalah secara umum bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, sehingga tidak mengikat waktu kita.

Peluang sebagai penulis lepas masih sangat potensial, karena pada dasarnya kebutuhan akan tulisan baik untuk kebutuhan media atau konten kreatif masih selalu dibutuhkan setiap saat. Tawaran penulis lepas bisa anda temukan dari berbagai sumber mulai dari offline seperti media cetak Koran, majalah atau yang sejenisnya hingga ranah online melalui blog atau website yang membutuhkan penulis konten. Bentuk tulisan yang dibutuhkan dalam jasa penulis lepas benar-benar sangat bervariasi mulai dari artikel umum dengan berbagai topik hingga tulisan kreatif seperti puisi dan cerpen.

Salah satu yang sedang tren saat ini adalah penulis konten buku. Kewajiban Anda nantinya adalah menyediakan tulisan dengan tema tertentu dalam jumlah yang cukup panjang. Kemudian naskah tersebut akan diseleksi untuk dimuat sebagai bagian dalam sebuah buku yang akan dicetak. Jika naskah anda diterima, maka anda akan mendapatkan fee yang jumlahnya cukup besar berkisar ratusan ribu rupiah.

Untuk memulai masuk pada peluang usaha ini, secara offline anda bisa mencari informasi pada perusahaan media cetak yang ada di wilayah anda. Memang pada awalnya naskah yang anda ajukan akan cukup sulit diterima. Namun dengan tetap mengirimkan dan sembari terus meningkatkan kualitas tulisan, pasti tulisan anda bisa diterima nantinya. Jika ingin yang lebih mudah anda bisa mencari peluang sebagai penulis lepas yang banyak bertebaran di internet. Rekomendasinya Anda bisa mencari di forum seperti Kaskus atau pun web freelance.

Baca juga: Peluang usaha rumahan dengan modal kecil

Sebagai penutup berikut ini sebuah video tentang salah satu sentra usaha mahasiswa yang mungkin bisa menjadi inspirasi untuk Anda. Tetap berusaha dan selamat mencoba.

Tags terkait: #Peluang Usaha


9 total comments on this postSubmit yours
  1. Nice sharing mas, mungkin saya harus planning poin yang ke 1 :)

  2. Info yang bagus gan, saya sih pilih no 1 gan kayaknya modalnya dikit dan laris di dekat kampus/sekolahan.
    Keep sharing gan

  3. jempol artikel nya …. mantapp

  4. yang masih jarang itu penterjemah yah, tapi susahnya mesti kuasai bahasa asing dulu, ini yang lebih sulit kayaknya. bayarannya berapa itu, perhitungannya gmn

  5. Saya sangat setuju sekali dengan penulis, soalnya saya pernah mengalami dan menjalani ketiga profesi di atas, manfaat yang saya dapatkan sangat banyak sekali hikmahnya untuk menjalani kehidupan ini menuju arah yang lebih baik. terima kasih…

  6. saya pilih nomer 3 dan masih bisa menghidupi pak, lumayan walau tidak banyak, tapi ya semoga bisa jadi lebih banyak. hehe.

    • Sama mas, saya juga lebih memilih jadi penulis. Bahkan Saya pernah menjadi penulis lepas untuk beberapa website milik orang lain. Menurut saya profesi menjadi penulis lepas punya banyak keuntungan, selain melatih kita menjadi penulis yang lebi baik, kita jg bisa menghasilkan uang dari kegitan menulis tersebut.

  7. thanxs gan infonya
    sngat beguna sekali
    sekses terus gan

  8. wah keren juga nih ..
    mkasih mas sudah berbagi dan share.
    dapat inspirasi lagi hehe :v

1 pingback on this post
Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Follow us on Twitter

Follow us on Google+


Like us on Facebook

© 2014 All Rights Reserved

MaxManroe.com