Bagaimana Cara Membuat Blog Gratis di Blogger dan WordPress

cara-membuat-blog-wordpress-dan-blogger

Ilustrasi dari onlinetechguru.org

Cara Membuat Blog – Blogging adalah kegiatan yang semakin banyak digemari oleh masyarakat Indonesia saat ini. Semakin banyak blogger baru yang bermunculan dengan topik dan gaya tulisan yang berbeda-beda. Untuk membuat blog, sebenarnya ada banyak sekali platform yang bisa kita gunakan, seperti: WordPress, Tumblr, Blogger, Weebly, Webs, Jigsy, dan masih banyak lagi. Namun, saya perhatikan kebanyakan blogger Indonesia menggunakan WordPress dan Blogger (blogspot). Karena itu saya akan membahas sedikit tentang cara buat blog di kedua platform ini.

Oh ya, Saya membuat artikel ini khusus untuk teman-teman yang belum mengerti cara membuat blog, baik itu di WordPress ataupun di Blogger. Jadi, kalau Anda sudah mengerti caranya, menurut saya tidak perlu membaca artikel ini lagi. Nah, untuk teman-teman yang belum mengerti cara buat blog di WP atau Blogger silahkan lanjutkan membaca, dan jangan lupa siapkan camilan dan minuman karena artikel ini agak panjang hehehe.

Sebelumnya, saya beri tahu dulu bahwa kedua layanan ini – WordPress dan Blogger – memberikan layanan gratis untuk membuat blog. Namun, walaupun keduanya memberikan layanan gratis untuk blogging, kedua platform ini memiliki perbedaan satu sama lain. Nah, pelajari apa saja kelebihan dan kekurangan kedua platform ini agar mengetahui platform mana yang paling cocok dengan Anda.

I. Cara Membuat Blog Gratis di Blogger (Blogspot)

Blogger.com adalah platform blogging gratisan milik Google. Anda bisa membuat blog dengan gratis di blogger, baik itu menggunakan subdomain dan hosting gratis ataupun menggunakan domain sendiri dengan hosting gratis di blogger. Nah, artikel ini akan membahas cara membuat blog di Blogspot dengan subdomain dan hosting gratis dari Blogger.com.

Sebelum membuat blog di blogger, saya menyarankan Anda untuk memiliki akun email di Google mail (gratis). Ini akan memudahkan proses pembuatan blog Anda. Kalau Anda belum mengerti cara membuat email, bisa membaca postingan saya sebelumnya tentang cara membuat email. Kalau Anda sudah punya akun email di Gmail, langsung saja mengikuti proses membuat blog di blogspot, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Langkah pertama adalah membuka situs Blogger.com, klik link berikut untuk membuka Blooger berbahasa Indonesia di browser Anda Blogger.com

2. Pada halaman Blogger.com klik tombol “Buat Blog” atau tombol “Masuk”. Anda akan di arahkan ke halaman untuk masuk ke akun Google. Masukkan alamat emai Gmail ke kolom yang sudah disediakan, lalu klik tombol Berikutnya

Lihat gambar

3. Masukkan password email Anda, ke kolom yang di sediakan. Klik tombol Berikutnya

4. Jika Anda baru pertamakali membuat blog di Blogger, maka Anda harus memilih profil akun Google yang akan digunakan. Anda bisa menggunakan akun Blogger biasa ataupun akun Google+. Di artikel ini saya menganjurkan untuk menggunakan akun Google+, klik tombol Buat Profil Google+

5. Formulir isian profil Google+ Anda akan terisi secara otomotis. Jika ada ingin mengubah data diri, misalnya mengubah nama, jenis kelamin, dan tanggal lahir, Anda bisa mengubahnya di halaman ini. Jika sudah selesai mengedit, klik BUAT PROFILE.

6. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman berikutnya di mana Anda bisa menambahkan foto profil untuk akun Google Anda. Bila tidak ingin menambahkan foto, maka Anda tinggal klik LEWATI.

Tapi bila Anda ingin menambahkan gambar profile, maka Anda bisa klik logo Kamera pada halaman tersebut, lalu upload gambar. Setelah proses upload gambar selesai, klik tombol SIMPAN.

7. Saat ini Anda sudah selesai membuat akun Google+ Anda. Selanjutnya Anda klik Lanjutkan ke Blogger

8. Untuk mulai membuat blog baru Anda, klik tombol BUAT BLOG BARU, lihat gambar berikut

9. Anda akan diarahkan ke halaman selanjutnya di mana Anda bisa memasukkan “Judul Blog”, menentukan nama/ alamat subdomainnya, dan memilih Tema blog Anda.

Lihat gambar beriku:

  • Pada bagian Judul, silahkan isi dengan Judul Blog Anda, misalnya “Belajar Membuat Blog”
  • Pada bagian Alamat, silahkan isi dengan alamat URL blog Anda, misalnya “maxbikinblog.blogspot.com”
  • Pada bagian Tema, Anda bisa memilih salah satu tema standar yang disediakan oleh Blogger.

10. Setelah semua diisi, silahkan klik tombol Buat Blog

11. Sampai di sini Anda sudah memiliki blog baru. Tapi sebenarnya ini belum selesai, selanjutnya Anda harus melakukan beberapa pengaturan dan mempelajari beberapa navigasi di halaman kerja Blogger.

 

Sedikit penjelasan tentang menu atau navigasi dashboard Blogger:

  • Pos: Daftar artikel yang sudah ditulis, sudah diterbitkan, dan artikel yang masih dalam bentuk draft.
  • Statistik: Data statistik tentang blog Anda, Data detail tentang trafik pengunjung blog Anda diantaranya jumlah pengunjung, jumlah postingan, dan jumlah artikel.
  • Komentar: Pada halaman ini, Anda bisa melihat komentar yang masuk. Anda juga bisa mengedit atau bahkan menghapus komentar yang tidak diinginkan.
  • Kampanye: menampilkan menu yang berhubungan dengan Adwords, yaitu layanan periklanan milik Google. Mungkin saat ini Anda belum butuh fitur ini, jadi tinggalkan saja dulu
  • Laman: Halaman statis seperti page pada WordPress. Biasanya digunakan untuk halaman About, TOS, dan lain-lain.
  • Tata Letak: Pada halaman ini Anda bisa mengatur layout blog Anda, menambahkan atau mengatur posisi widget.
  • Tema:  Pada halaman ini Anda bisa mengganti tema blog sesuai dengan keinginan.
  • Setelan: Halaman ini digunakan untuk mengatur setelan blog, pengaturan berapa artikel yang akan ditampilkan di halaman utama (homepage), pengaturan bahasa, komentar dimoderasi apa tidak, dan lain-lain.

2. Posting Konten di Blogger

Untuk membuat postingan konten pada Blogger sebenarnya caranya sangat mudah, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama adalah melakukan klik pada tombol Entri Baru
  • Buat judul konten: buat judul singkat saja karena blogger membatasi jumlah karakter untuk judul postingan.
  • Masukkan artikel atau konten lain pada halaman konten yang sudah disediakan oleh blogger. Anda bisa memasukkan konten berbentuk text, gambar, dan juga video.
  • Anda bisa memasukkan link, mengganti format text, dan lain-lain, dengan bantuan menu formating yang ada di bawah judul konten.
  • Isi label/ kategori yang sesuai dengan konten yang Anda buat, lalu klik tombol “Selesai” dibagian bawah kolom label.
  • Anda juga bisa menjadwalkan waktu posting konten tersebut sesuai dengan keinginan, membuat tautan permanen, menambahkan lokasi, bahkan menambahkan pilihan lainnya sesuai dengan kebutuhan.
  • Jika Anda sudah yakin akan membuat konten Anda online, silahkan klik tombol “Publikasikan”. Konten Anda sudah online dan bisa dibaca orang lain.

Gambar

bloger6

Catatan Penting:




  • Untuk login ke dashboarb Blogger, Anda cukup menggunakan alamat email Gmail dan password yang digunakan untuk mendaftar di Blogger.com
  • Simpan alamat email Gmail dan password Anda dengan baik agar mudah digunakan ketika ingin login ke Blogger.

Sampai di sini tentunya Anda sudah cukup paham cara membuat blog gratis di blogger. Anda juga bisa mengganti tema blog Anda atau mengatur tampilan widget.

II. Cara Membuat Blog Gratis di WordPress (WP)

Script WordPress bisa digunakan untuk domain dengann hosting sendiri ataupun digunakan secara gratisan. Namun, artikel ini akan membahas cara membuat blog gratis di WordPress.com, dimana kita bisa menikmati semua layanan dengan gratis, baik itu subdomain dan juga hosting-nya. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Langkah pertama adalah membuka situs WordPress, klik atau buka URL ini di browser Anda id.wordpress.com

2. Setelah halaman WordPress terbuka, silahkan masukkan alamat web yang Anda inginkan, misalnya BlogTersayang.wordpress.com. Lalu klik tombol “Buat Situs Web”.

Lihat gambar di bawah ini:

cara-membuat-blog-di-wordpress

3. Akan muncul halaman baru. Pada halaman ini, Anda akan diminta mengisi kolom-kolom, seperti alamat email Anda, nama pengguna (untuk login), password, dan alamat blog.

  • Alamat email: isi dengan alamat email Anda
  • Nama pengguna: Gunakan nama Anda atau variasi nama Anda (misalnya: nana89), ini untuk user name ketika login ke dashboar WP
  • Password: isi dengan password yang kuat dan mudah diingat
  • Pastikan alamat blog: cek ulang alamat untuk blog Anda, misalnya “BlogTersayang.wordpress.com”
  • Jangan lupa klik link yang bertuliskan “akan menggunakan alamat yang gratis”
  • Setelah semua kolom telah diisi, klik tombol “Buat Blog” yang ada di bagian bawah.
wordpress2

4. Pihak WordPress akan mengirimkan link untuk verifikasi ke email Anda. Buka email Anda, temukan email dari wordpress.com dan klik link di dalam email tersebut. Lihat gambar

wordpress3

5. Setelah melakukan verifikasi dengan cara yang dijelaskan pada langkah 4 di atas (klik link verifikasi), nanti akan terbuka tab baru di browser dan Anda akan melihat halaman dashboard WordPress milik Anda. Lihat Gambar

wordpress4

Langkah selanjutnya Anda mungkin ingin membuat sebuah logo atau favicon untuk blog yang baru Anda buat. Untuk membantu Anda membuat logo dan favicon, Anda bisa menggunakan online logo maker seperti Logaster. Buka website Logaster dan Anda bisa membuat Logo terbaik untuk blog baru Anda.

Pengaturan, Desain dan Posting di Blog WordPress

Sampai langkah 5 di atas sebenarnya Anda sudah punya blog WordPress. Anda bisa melihat tampilan blog dengan mengetikkan nama blog Anda di browser. Namun, mungkin Anda merasa tidak cocok dengan tampilan default dari WordPress. Anda bisa mulai melakukan beberapa settingan pada blog WP anda, misalnya membuat judul blog, membuat tag line atau deskripsi singkat, mengganti themes, memasang widget dan lain-lain.

1. Pengaturan Blog WP

Untuk membuat pengaturan di blog WordPress, Anda bisa melakukannya di dalam dashboard WP Anda dengan membuka tombol link “Pengaturan“. Pada bagian pengaturan terdapat sub-sub kategori pengaturan yang akan Anda edit. Menurut saya, yang paling penting pada bagian ini adalah pengaturan; umum, menulis, membaca, diskusi,  Berikut ini penjelasan singkatnya:

  • Umum: Pada bagian ini Anda bisa mengganti judul blog dengan judul yang sesuai dengan keinginan, dan juga menambahkan tagline untuk blog Anda. Selain itu, Anda juga bisa melakukan beberapa pengaturan lainnya di halaman ini, misalnya menambahkan ikon untuk blo, mengganti format tanggal dan waktu. Jangan lupa untuk menyimpan perubahaan yang Anda lakukan.
  • Menulis: Pada bagian ini Anda bisa membuat pengaturan tulisan, memilih kategori tulisan standar.
  • Membaca: Di sini Anda bisa mengatur tulisan yang ditampilkan pada halaman utama blog Anda. Anda bisa membuat halaman statis ataupun dinamis, tapi saran saya karena ini adalah blog maka akan lebih baik bila Anda menampikan halaman dinamis. Pada halaman ini Anda juga bisa menentukan jumlah artikel yang tampil di halaman utama, dan lain-lain. Bila Anda tidak menginginkan hal khusus, biarkan saja settingan di halaman ini secara default.
  • Diskusi – Di sini Anda bisa mengatur bagaimana orang lain bisa berkomentar di blog Anda. Jika Anda tidak menginginkan hal yang khusus, sebaiknya biarkan saja settingan default pada halaman ini.

2. Desain Blog WP

Anda juga bisa mengganti Themes dan menambahkan widget untuk Blog WordPress Anda. Mengatur themes dan widget dapat membuat blog WP terlihat lebih baik dan sesuai dengan keinginan pelmilik blog. Buka tombol link “Tampilan” yang ada di dashboard blog wordpress Anda. Menurut saya bagian yang paling penting di sini adalah Tema, Widget, Menu. Berikut penjelasan singkatnya:

  • Tema: Pada bagian ini Anda bisa memilih theme/ tema yang sesuai dengan keinginan Anda. Di WordPress.com ada banyak sekali tema gratisan dengan tampilan yang bagus. Perhatikan, jangan sampai memilih theme premium, pilih saja tema gratisan.
  • Widget: Di sini Anda bisa menambahkan beberapa widet yang Anda inginkan yang akan terlihat di bagian side bar blog WordPress Anda. Perhatikan, jangan terlalu banyak memasukkan widget akan mempengaruhi kecepatan loading blog Anda.
  • Menu: Anda bisa menambahkan beberapa link untuk menu melalui halaman ini. Misalnya Anda ingin membuat halaman about, halaman kontak, privacy policy, dan lain-lain, Anda bisa membuatnya di halaman ini.

3. Posting Konten di WordPress

Langkah selanjutnya adalah membuat postingan artikel. Untuk memposting artikel atau konten lainnya, bisa melalui tombol link “Tulisan”. Perhatikan link yang ada di dashboard Anda:

  • Semua Tulisan: ini adalah link untuk melihat semua postingan artikel yang ada di blog Anda.
  • Tambah Baru: ini adalah link untuk membuat postingan/ konten baru di dalam blog Anda.
  • Kategori: ini adalah link untuk melihat atau menambahkan kategori baru di blog wordpress Anda.

Untuk membuat postingan di WordPress.com menurut saya sangat mudah, bahkan jauh lebih mudah dibandingkan dengan platform lain. Yang perlu Anda perhatikan pada halaman membuat konten adalah sebagai berikut:

  • Judul konten: Buat judul yang sesuai dengan konten.
  • Halaman konten: Anda bisa menambahkan konten berbentuk text (artikel), gambar, dan video di halaman ini.
  • Menu formating: Perhatikan menu formating yang ada di halaman kerja WordPress. Anda bisa menambahkan link, mengatur text, mengganti warna text, menambah gambar dan video, dan lain-lain.
  • Kategori dan Tag: Jangan lupa untuk membuat kategori dan tag untuk setiap konten Anda. Ini akan memudahkan Anda dan pembaca blog Anda untuk melihat konten dengan kategori atau tag tertentu.
  • Jika Anda sudah yakin dengan konten Anda, silahkan klik tombol “Terbitkan” yang ada di sebelah kanan halaman kerja WordPress.

Lihat Gambar

wordpress7
Nah, setelah membaca penjelasan di atas, tentunya Anda sudah bisa membuat blog WordPress sendiri ya. Langkah yang dijelaskan di atas memang cukup sederhana, dan bila Anda ingin membuat tampilan blog lebih baik lagi, Anda bisa berkreasi lebih jauh. Namun, perlu Anda ketahui bahwa WordPress.com memberikan batasan pada penggunanya dalam mengedit kode-kode html di dalam blog WordPress.

Catatan Penting:

  • Untuk masuk ke dashboard blog WordPress Anda, tuliskan alamat blog Anda di browser dengan menambahkan /wp-admin. Contoh caramembuatblogby.wordpress.com/wp-admin, lalu masukkan email/username dan password Anda. eMail/Username dan password ini telah Anda buat dari awal ketika membuat blog di WordPress.com.
  • Simpan username dan password Anda dengan baik, sehingga mudah digunakan ketika Anda ingin login ke blog Anda.

Bila Anda ingin memiliki domain dan hosting sendiri, Anda bisa mendapatkannya di Niagahoster.

Demikianlah penjelasan singkat cara membuat blog Gratis di WordPress dan Blogger. Mudah-mudahan artikel ini bisa membantu teman-teman yang belum mengerti cara membuat blog gratisan. Jika ada hal yang kurang jelas dan ingin ditanyakan mengenai artikel di atas, silahkan kirim pertanyaan di bagian komentar. Terimakasih sudah membaca artikel saya :)



322 total comments on this postSubmit yours
  1. pake google+ gmn mas caranya? Jaman skrg kan semua org jg mesti login gugel, apalagi yg pake android tuh

  2. Ini baru komplit dan sangat detai sekali Mas Marixon, saya menyukainya karena sangat bermanfaat untuk pembelajaran seorang pemula.

  3. Mas, kalau 1 akun gmail bisa untuk berapa blogspot mas. Ada batasannya tidak?

    • Bisa banyak blog mas, mas pasti ngga kuat kalau mau bikin banyak blog

  4. Maaf mas saya mau bertanya.
    Untuk membuat blog dengan menggunakan wordpress itu kita menggunakan email yahoo atau gmail mas?

    • Kalau mau pake WordPress bisa pakai email apa saja, beda dengan blogger yang harus punya email di Gmail :)

  5. sungguh luar biasa sekali atas artikel yang telah di buatnya, tapi bagaimana cara trik agar setelah kita bikin ini bisa berada di halaman pertaman blogger kita ini….

  6. Gimna cara berbisnis kawab semua nya bantuin donk

  7. Berawal dari melihat dari sini platform blogger dan saya coba menulis di situ dan sekarang saya semakin giat membaca blog ini.

  8. Thanks for finally talking about >Bagaimana
    Cara Membuat Blog / Website Gratis di WordPress dan Blogger <Loved it!

  9. saya mau nanya mas , kalau blogger sama wordpress bagusan mana mas mohon di jawb mas # igin belajar Blogger

    • Tergantung dilihat dari mana. Kalau bicara keleluasaan pengembangan blog ya lebih bagus WordPress, kalau bicara biaaya ya lebih bagus blogger

  10. Gan, Blog wordpress saya yang kok sering di baned ya, itu faktornya apa. sudah 3 akun wordpress di blokked. solusinya untuk mengembalikan bagaimana caranya.

  11. terima kasih artikelnya lengkap dan sangat bermamfaa

  12. Wah,saya terlanjur pakai blogger

  13. Ini buat artikel nya pada halaman Laman ya? Memang nya dapet uang juga gitu om kalo ada banyak visitor juga?

  14. katanya, wordpress hosted gak bisa dipasang adsense bener gak gan?

  15. Terimakasih Kang atas Postingannya Ni tadi coba saya simak dan coba saya resapi ternyata ahir nya paham juga heheh OK Kang sekali Lagi terimakasih

  16. Artikelnya lengkap dan detail.. Gimana cara buat spoiler gambar-nya mas? Hehe..

    • Pakai plugin Advanced Spoiler mas

  17. mantap bang, sangat membantu, sekarang masih baru nih, masih cari-cari ref. buat blog…

    Salam

  18. bermanfaat sekali bagi pemula…karena tutorialnya mudah di fahami

  19. thnks gan atas infonya dan sangat bermanfaat postingannya !!!!!!!!

  20. Tutornya sangat detail. sangat jelas step bay step. kalau ada picture pasti lebih menarik mas. thx infonya

  21. Memang dalam membuat blog nya saja itu hal yang mudah bukan mas ?
    Tpi pengelolaan dan membesarkannya itu yang sangat susah, apa lagi sekarang banyak blog yang sudah besar dan memiliki nama. Lalu bagaimana mungkin para pemula bisa membuat blog mereka diramai pengunjung jangankah buat dapat 1000 kunjungan perhari ada pengunjung ny saja sudah senang sperti blog yang saya kelola sekarang selablogger
    Lalu apakah ada cara yg efektif mas buat optimasi blog

9 total pingbacks on this post
Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud