Bagaimana Cara Membuat Blog Gratis di Blogger dan WordPress

Cara Membuat Blog Gratis

Cara Membuat Blog – Blogging adalah kegiatan yang semakin banyak digemari oleh masyarakat Indonesia saat ini. Semakin banyak blogger baru yang bermunculan dengan topik dan gaya tulisan yang berbeda-beda. Untuk membuat blog, sebenarnya ada banyak sekali platform yang bisa kita gunakan, seperti: WordPress, Tumblr, Blogger, Weebly, Webs, Jigsy, dan masih banyak lagi. Namun, saya perhatikan kebanyakan blogger Indonesia menggunakan WordPress dan Blogger (blogspot). Karena itu saya akan membahas sedikit tentang cara buat blog di kedua platform ini.

Oh ya, Saya membuat artikel ini khusus untuk teman-teman yang belum mengerti cara membuat blog, baik itu di WordPress ataupun di Blogger. Jadi, kalau Anda sudah mengerti caranya, menurut saya tidak perlu membaca artikel ini lagi. Nah, untuk teman-teman yang belum mengerti cara buat blog di WP atau Blogger silahkan lanjutkan membaca, dan jangan lupa siapkan camilan dan minuman karena artikel ini agak panjang hehehe.

Sebelumnya, saya beri tahu dulu bahwa kedua layanan ini – WordPress dan Blogger – memberikan layanan gratis untuk membuat blog. Namun, walaupun keduanya memberikan layanan gratis untuk blogging, kedua platform ini memiliki perbedaan satu sama lain. Nah, pelajari dulu apa saja kelebihan dan kekurangan kedua platform ini agar mengetahui platform mana yang paling cocok dengan Anda.

I. Cara Membuat Blog Gratis di Blogger.com (Blogspot)

Blogger.com adalah platform blogging gratisan milik Google. Anda bisa membuat blog dengan gratis di blogger, baik itu menggunakan subdomain dan hosting gratis ataupun menggunakan domain sendiri dengan hosting gratis di blogger. Nah, artikel ini akan membahas cara membuat blog di Blogspot dengan subdomain dan hosting gratis dari Blogger.com.

Sebelum membuat blog di blogger, saya menyarankan Anda untuk memiliki akun email di Google mail (gratis). Ini akan memudahkan proses pembuatan blog Anda. Kalau Anda belum mengerti cara membuat email, bisa membaca postingan saya sebelumnya tentang cara membuat email. Kalau Anda sudah punya akun email di Gmail, langsung saja mengikuti proses membuat blog di blogspot, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Langkah pertama adalah membuka situs Blogger.com, klik link berikut untuk membuka Blooger berbahasa Indonesia di browser Anda Blogger.com

Cara membuat blog gratis di Blogger.com
Cara membuat blog gratis di Blogger.com

2. Pada halaman Blogger.com klik tombol “Buat Blog” atau tombol “Masuk”. Anda akan di arahkan ke halaman untuk masuk ke akun Google. Masukkan alamat emai Gmail ke kolom yang sudah disediakan, lalu klik tombol Berikutnya

Lihat gambar

Membuat blog di blogspot
Login ke akun Google

3. Masukkan password email Anda, ke kolom yang di sediakan. Klik tombol Berikutnya

Membuat blog di blogspot
Login ke akun Google

4. Jika Anda baru pertamakali membuat blog di Blogger, maka Anda harus memilih profil akun Google yang akan digunakan. Anda bisa menggunakan akun Blogger biasa ataupun akun Google+. Di artikel ini saya menganjurkan untuk menggunakan akun Google+, klik tombol Buat Profil Google+

Buat Profil Google+
Buat Profil Google+

5. Formulir isian profil Google+ Anda akan terisi secara otomotis. Jika ada ingin mengubah data diri, misalnya mengubah nama, jenis kelamin, dan tanggal lahir, Anda bisa mengubahnya di halaman ini. Jika sudah selesai mengedit, klik BUAT PROFILE.

Buat Profil Google+
Buat Profil Google+

6. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman berikutnya di mana Anda bisa menambahkan foto profil untuk akun Google Anda. Bila tidak ingin menambahkan foto, maka Anda tinggal klik LEWATI.

Tapi bila Anda ingin menambahkan gambar profile, maka Anda bisa klik logo Kamera pada halaman tersebut, lalu upload gambar. Setelah proses upload gambar selesai, klik tombol SIMPAN.

Buat Profil Google+
Buat Profil Google+

7. Saat ini Anda sudah selesai membuat akun Google+ Anda. Selanjutnya Anda klik Lanjutkan ke Blogger

8. Untuk mulai membuat blog baru Anda, klik tombol BUAT BLOG BARU, lihat gambar berikut

Membuat blog di blogspot

9. Anda akan diarahkan ke halaman selanjutnya di mana Anda bisa memasukkan “Judul Blog”, menentukan nama/ alamat subdomainnya, dan memilih Tema blog Anda.

Lihat gambar beriku:

  • Pada bagian Judul, silahkan isi dengan Judul Blog Anda, misalnya “Belajar Membuat Blog”
  • Pada bagian Alamat, silahkan isi dengan alamat URL blog Anda, misalnya “maxbikinblog.blogspot.com”
  • Pada bagian Tema, Anda bisa memilih salah satu tema standar yang disediakan oleh Blogger.

10. Setelah semua diisi, silahkan klik tombol Buat Blog

11. Sampai di sini Anda sudah memiliki blog baru. Tapi sebenarnya ini belum selesai, selanjutnya Anda harus melakukan beberapa pengaturan dan mempelajari beberapa navigasi di halaman kerja Blogger.

Sedikit penjelasan tentang menu atau navigasi dashboard Blogger:

  • Pos: Daftar artikel yang sudah ditulis, sudah diterbitkan, dan artikel yang masih dalam bentuk draft.
  • Statistik: Data statistik tentang blog Anda, Data detail tentang trafik pengunjung blog Anda diantaranya jumlah pengunjung, jumlah postingan, dan jumlah artikel.
  • Komentar: Pada halaman ini, Anda bisa melihat komentar yang masuk. Anda juga bisa mengedit atau bahkan menghapus komentar yang tidak diinginkan.
  • Kampanye: menampilkan menu yang berhubungan dengan Adwords, yaitu layanan periklanan milik Google. Mungkin saat ini Anda belum butuh fitur ini, jadi tinggalkan saja dulu
  • Laman: Halaman statis seperti page pada WordPress. Biasanya digunakan untuk halaman About, TOS, dan lain-lain.
  • Tata Letak: Pada halaman ini Anda bisa mengatur layout blog Anda, menambahkan atau mengatur posisi widget.
  • Tema:  Pada halaman ini Anda bisa mengganti tema blog sesuai dengan keinginan.
  • Setelan: Halaman ini digunakan untuk mengatur setelan blog, pengaturan berapa artikel yang akan ditampilkan di halaman utama (homepage), pengaturan bahasa, komentar dimoderasi apa tidak, dan lain-lain.

2. Posting Konten di Blogger

Untuk membuat postingan konten pada Blogger sebenarnya caranya sangat mudah, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama adalah melakukan klik pada tombol Entri Baru
  • Buat judul konten: buat judul singkat saja karena blogger membatasi jumlah karakter untuk judul postingan.
  • Masukkan artikel atau konten lain pada halaman konten yang sudah disediakan oleh blogger. Anda bisa memasukkan konten berbentuk text, gambar, dan juga video.
  • Anda bisa memasukkan link, mengganti format text, dan lain-lain, dengan bantuan menu formating yang ada di bawah judul konten.
  • Isi label/ kategori yang sesuai dengan konten yang Anda buat, lalu klik tombol “Selesai” dibagian bawah kolom label.
  • Anda juga bisa menjadwalkan waktu posting konten tersebut sesuai dengan keinginan, membuat tautan permanen, menambahkan lokasi, bahkan menambahkan pilihan lainnya sesuai dengan kebutuhan.
  • Jika Anda sudah yakin akan membuat konten Anda online, silahkan klik tombol “Publikasikan”. Konten Anda sudah online dan bisa dibaca orang lain.

Gambar

Halaman kerja Blogger.com
Halaman kerja Blogger.com

Catatan Penting:

  • Untuk login ke dashboarb Blogger, Anda cukup menggunakan alamat email Gmail dan password yang digunakan untuk mendaftar di Blogger.com
  • Simpan alamat email Gmail dan password Anda dengan baik agar mudah digunakan ketika ingin login ke Blogger.

Sampai di sini tentunya Anda sudah cukup paham cara membuat blog gratis di blogger. Anda juga bisa mengganti tema blog Anda atau mengatur tampilan widget.

II. Cara Membuat Blog Gratis di WordPress.com

Script WordPress bisa digunakan untuk domain dengann hosting sendiri ataupun digunakan secara gratisan. Namun, artikel ini akan membahas cara membuat blog gratis di WordPress.com, dimana kita bisa menikmati semua layanan dengan gratis, baik itu subdomain dan juga hosting-nya. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Langkah pertama adalah membuka situs WordPress, klik atau buka URL ini di browser Anda id.wordpress.com

2. Setelah halaman WordPress terbuka, silahkan masukkan alamat web yang Anda inginkan, misalnya BlogTersayang.wordpress.com. Lalu klik tombol “Buat Situs Web”.

Lihat gambar di bawah ini:

Cara membuat blog di WordPress.com
Cara membuat blog di WordPress.com

3. Akan muncul halaman baru. Pada halaman ini, Anda akan diminta mengisi kolom-kolom, seperti alamat email Anda, nama pengguna (untuk login), password, dan alamat blog.

  • Alamat email: isi dengan alamat email Anda
  • Nama pengguna: Gunakan nama Anda atau variasi nama Anda (misalnya: nana89), ini untuk user name ketika login ke dashboar WP
  • Password: isi dengan password yang kuat dan mudah diingat
  • Pastikan alamat blog: cek ulang alamat untuk blog Anda, misalnya “BlogTersayang.wordpress.com”
  • Jangan lupa klik link yang bertuliskan “akan menggunakan alamat yang gratis”
  • Setelah semua kolom telah diisi, klik tombol “Buat Blog” yang ada di bagian bawah.
Membuat blog di WordPress
Membuat blog di WordPress.com

4. Pihak WordPress akan mengirimkan link untuk verifikasi ke email Anda. Buka email Anda, temukan email dari wordpress.com dan klik link di dalam email tersebut. Lihat gambar

Mengaktifkan blog WordPress.com
Mengaktifkan blog WordPress.com via email

5. Setelah melakukan verifikasi dengan cara yang dijelaskan pada langkah 4 di atas (klik link verifikasi), nanti akan terbuka tab baru di browser dan Anda akan melihat halaman dashboard WordPress milik Anda. Lihat Gambar

Laman muka WordPress.com
Laman muka WordPress.com

Langkah selanjutnya Anda mungkin ingin membuat sebuah logo atau favicon untuk blog yang baru Anda buat. Untuk membantu Anda membuat logo dan favicon, Anda bisa menggunakan online logo maker seperti Logaster. Buka website Logaster dan Anda bisa membuat Logo terbaik untuk blog baru Anda.

Pengaturan, Desain dan Posting di Blog WordPress

Sampai langkah 5 di atas sebenarnya Anda sudah punya blog WordPress. Anda bisa melihat tampilan blog dengan mengetikkan nama blog Anda di browser. Namun, mungkin Anda merasa tidak cocok dengan tampilan default dari WordPress. Anda bisa mulai melakukan beberapa settingan pada blog WP anda, misalnya membuat judul blog, membuat tag line atau deskripsi singkat, mengganti themes, memasang widget dan lain-lain.

1. Pengaturan Blog WP

Untuk membuat pengaturan di blog WordPress, Anda bisa melakukannya di dalam dashboard WP Anda dengan membuka tombol link “Pengaturan“. Pada bagian pengaturan terdapat sub-sub kategori pengaturan yang akan Anda edit. Menurut saya, yang paling penting pada bagian ini adalah pengaturan; umum, menulis, membaca, diskusi,  Berikut ini penjelasan singkatnya:

  • Umum: Pada bagian ini Anda bisa mengganti judul blog dengan judul yang sesuai dengan keinginan, dan juga menambahkan tagline untuk blog Anda. Selain itu, Anda juga bisa melakukan beberapa pengaturan lainnya di halaman ini, misalnya menambahkan ikon untuk blo, mengganti format tanggal dan waktu. Jangan lupa untuk menyimpan perubahaan yang Anda lakukan.
  • Menulis: Pada bagian ini Anda bisa membuat pengaturan tulisan, memilih kategori tulisan standar.
  • Membaca: Di sini Anda bisa mengatur tulisan yang ditampilkan pada halaman utama blog Anda. Anda bisa membuat halaman statis ataupun dinamis, tapi saran saya karena ini adalah blog maka akan lebih baik bila Anda menampikan halaman dinamis. Pada halaman ini Anda juga bisa menentukan jumlah artikel yang tampil di halaman utama, dan lain-lain. Bila Anda tidak menginginkan hal khusus, biarkan saja settingan di halaman ini secara default.
  • Diskusi – Di sini Anda bisa mengatur bagaimana orang lain bisa berkomentar di blog Anda. Jika Anda tidak menginginkan hal yang khusus, sebaiknya biarkan saja settingan default pada halaman ini.

2. Desain Blog WP

Anda juga bisa mengganti Themes dan menambahkan widget untuk Blog WordPress Anda. Mengatur themes dan widget dapat membuat blog WP terlihat lebih baik dan sesuai dengan keinginan pelmilik blog. Buka tombol link “Tampilan” yang ada di dashboard blog wordpress Anda. Menurut saya bagian yang paling penting di sini adalah Tema, Widget, Menu. Berikut penjelasan singkatnya:

  • Tema: Pada bagian ini Anda bisa memilih theme/ tema yang sesuai dengan keinginan Anda. Di WordPress.com ada banyak sekali tema gratisan dengan tampilan yang bagus. Perhatikan, jangan sampai memilih theme premium, pilih saja tema gratisan.
  • Widget: Di sini Anda bisa menambahkan beberapa widet yang Anda inginkan yang akan terlihat di bagian side bar blog WordPress Anda. Perhatikan, jangan terlalu banyak memasukkan widget akan mempengaruhi kecepatan loading blog Anda.
  • Menu: Anda bisa menambahkan beberapa link untuk menu melalui halaman ini. Misalnya Anda ingin membuat halaman about, halaman kontak, privacy policy, dan lain-lain, Anda bisa membuatnya di halaman ini.

3. Posting Konten di WordPress

Langkah selanjutnya adalah membuat postingan artikel. Untuk memposting artikel atau konten lainnya, bisa melalui tombol link “Tulisan”. Perhatikan link yang ada di dashboard Anda:

  • Semua Tulisan: ini adalah link untuk melihat semua postingan artikel yang ada di blog Anda.
  • Tambah Baru: ini adalah link untuk membuat postingan/ konten baru di dalam blog Anda.
  • Kategori: ini adalah link untuk melihat atau menambahkan kategori baru di blog wordpress Anda.

Untuk membuat postingan di WordPress.com menurut saya sangat mudah, bahkan jauh lebih mudah dibandingkan dengan platform lain. Yang perlu Anda perhatikan pada halaman membuat konten adalah sebagai berikut:

  • Judul konten: Buat judul yang sesuai dengan konten.
  • Halaman konten: Anda bisa menambahkan konten berbentuk text (artikel), gambar, dan video di halaman ini.
  • Menu formating: Perhatikan menu formating yang ada di halaman kerja WordPress. Anda bisa menambahkan link, mengatur text, mengganti warna text, menambah gambar dan video, dan lain-lain.
  • Kategori dan Tag: Jangan lupa untuk membuat kategori dan tag untuk setiap konten Anda. Ini akan memudahkan Anda dan pembaca blog Anda untuk melihat konten dengan kategori atau tag tertentu.
  • Jika Anda sudah yakin dengan konten Anda, silahkan klik tombol “Terbitkan” yang ada di sebelah kanan halaman kerja WordPress.

Lihat Gambar

Halaman kerja WordPress.com
Halaman kerja WordPress.com

Nah, setelah membaca penjelasan di atas, tentunya Anda sudah bisa membuat blog WordPress sendiri ya. Langkah yang dijelaskan di atas memang cukup sederhana, dan bila Anda ingin membuat tampilan blog lebih baik lagi, Anda bisa berkreasi lebih jauh. Namun, perlu Anda ketahui bahwa WordPress.com memberikan batasan pada penggunanya dalam mengedit kode-kode html di dalam blog WordPress.

Catatan Penting:

  • Untuk masuk ke dashboard blog WordPress Anda, tuliskan alamat blog Anda di browser dengan menambahkan /wp-admin. Contoh caramembuatblogby.wordpress.com/wp-admin, lalu masukkan email/username dan password Anda. eMail/Username dan password ini telah Anda buat dari awal ketika membuat blog di WordPress.com.
  • Simpan username dan password Anda dengan baik, sehingga mudah digunakan ketika Anda ingin login ke blog Anda.

“Bila Anda ingin memiliki domain dan hosting sendiri, Anda bisa mendapatkannya di Niagahoster”.

Demikianlah penjelasan singkat cara membuat blog Gratis di WordPress dan Blogger. Mudah-mudahan artikel ini bisa membantu teman-teman yang belum mengerti cara membuat blog gratisan. Jika ada hal yang kurang jelas dan ingin ditanyakan mengenai artikel di atas, silahkan kirim pertanyaan di bagian komentar. Terimakasih sudah membaca artikel saya :)

Marikxon

Seorang blogger, YouTuber, trader, dan pemilik blog Maxmanroe.com. Mulai mengenal bisnis online sejak tahun 2012 dan terus belajar tentang bisnis internet hingga sekarang. Saat ini aktif sebagai trader dan penulis konten di Maxmanroe.com.

394 pemikiran pada “Bagaimana Cara Membuat Blog Gratis di Blogger dan WordPress”

  1. Karena sudah sedari dulu mulai pertama kali nge-Blog sudah pakai blogspot sehingga meskipun adanya fitur yang lebih fresh di WordPress di hati tetap blogspot yang nomor 1. Terima kasih panduannya

    Balas
  2. Artikel yang sangat membantu, sekarang saya sudah membuat blog di wordpress dan blogspot. Saran tolong untuk diupdate artikelnya. Terima Kasih

    Balas
  3. Selamat malam, saya membangun blog sendiri … tanpa menggunakan blogger maupun wordpress. Murni membuat sendiri dari dari awal. Kendala saya… kenapa ya website blog saya susah banget nge ranking, padahal artikelnya original dan udah di optimasi juga, sudah valid AMP dan mobile friendly (menurut hasil test).

    Sedangkan saya lihat rekan blogger-blogger lain yang memakai blogspot kenapa mudah sekali nge-ranking sedangkan saya setengah mati… tetep susah masuk ranking, padahal artikel sudah ter-index..

    Makasih bang Maxmanroe..

    Balas
    • Kenapa web blog mas Andy sulit nge ranking? Bisa banyak kemungkinan penyebabnya, misalnya blog nya masih baru, kurang backlink, belum punya authority untuk topik yang dibahas, dan lain-lain.

      Balas
  4. blogger lebih frendly buat pemula sih, untuk wordpress ini mungkin harus mengenal sedikit terkait hosting juga fitur dalam wordpress lebih advance,agak bingung juga pasa saya gunain pertama kali

    Balas
  5. Dear maxmanroe.com saya mohon ijin mengkutip arti kata ekspektasi dari salah satu artikel anda. Dan juga menjadikan maxmanroe.com jadi backlink di salah satu tulisan saya, jika berkenan mohon reply ke email saya. Terimakasih maxmanroe.com

    Btw,artikel ini sangat bermanfaat

    Balas
  6. Kalau saya, lebih memilih WordPress ketimbang Blogspot. Ekosistem WordPress, dari Plugin, Theme dan Hosting Provider, lebih berpihak ke WordPress. Tapi emang kembali lagi ke masing masing.

    Balas
  7. Mau nanya mas, kan di wp untuk user online secara bersamaan sangat tergantung pada kapasitas hosting kita.
    Nah, kalo make blogger apakah bisa nampung user online sampe 100 secara bersamaan dengan modal domain doang?
    100 loh yaa

    Balas
  8. Artikelnya sangat lengkap mas, dr awal ngeblog selalu sempetin mampir di blog kece ini, sampai sekarang g terhitung lagi berapa artikel panjenengan yg ssudah saya baca…dl pakai blogspot, sekarang pakai wp. Keduanya punya kelemahan dan kelebihan masing” tp kalo untuk blog utama mending pakai wp hehehe

    Balas
  9. Kalau menurut admin sendiri mana yang lebih powerfull? Blogger atau WordPress? Mana yang lebih memungkinkan untuk dapat menghasilkan? Hihihi Trims..

    Balas
    • Tergantung kebutuhannya sih mas, kalau untuk blog bisnis menurut saya lebih baik pakai WordPress. Kalau menurut saya pribadi, lebih powerful WordPress karena bisa dioptimasi dalam banyak hal, baik itu tampilannya, SEO nya, fungsinya, dan lain-lain. Kalau untuk menghasilkan, WordPress dan Blogger sama-sama bisa menghasilkan kok.

      Kalau mau bikin blog tanpa harus pusing mikirin hosting, ya lebih bagus pakai Blogger. Gratis selamanya.

      Balas
  10. Artikel Legend banget ini,, dari tahun 2015 saya mulai buat website maxmanroe ini sudah ada..saya juga baru saja membuat situs sederhana yang konten umum nya tentang tutorial wordpress Lengkap gan.. hehe

    Balas
  11. Emang benar yang dikatakan para visitor Maxmanroe ini. Semua punya kelebihan masing-masing. Saya sendiri sangat penasaran dengan wordpress, yang saya perhatikan di mesin pencari aja di dominasi oleh platform wordpress untuk halaman pertama google nya.

    Apa platform wordpress gratis juga ada optimasi SEO gratisnya yah? seperti Yoast dan pemilihan template misalnya

    Balas
  12. Menurut saya kalau ada modal akan tetap lebih baik menggunakan WordPress self hosted (bukan wordpress.com) apabila dibandingkan dengan blogspot, meskipun faktor teknisnya akan membuat blogger yang baru mulai akan kesulitan, terutama kalau ingin kemudahan di segi modifikasi tampilan dan fitur-fitur tambahan.

    Secara SEO juga wordpress self hosted akan lebih mudah masuk search engine asalkan ngerti caranya dan yg pasti keyword yang diincar itu tepat.

    Kendala dr wordpress self hosted? Biaya hostingnya akan mahal terutama kalau jumlah pengunjung sudah diatas 5rb-an per hari.

    Balas
  13. Mengingatkan saya pada jaman 2007-2008, eranya blogger. Kebetulan saya juga ikutan hypenya blogger saat itu. Sekarang saya udah menggunakan WordPress dan domain TLD. Cukup membantu para pemula yang ingin menjadi blogger pemula.

    Balas
  14. benar sekali saya dulu belajar lewat otodidak seperti ini akhirnya bisa bikin website sendiri

    Balas
  15. Ia memang sulit dioptimasinya, maka dari gunakan Blogspot atau WordPress karena GRATIS.

    Domain dan hosting beli dan sedikit ukuran sizenya.

    Blogspot kemudian di Costum Domain dan gratis hanya bayar Domainnya saja murah :)

    Balas
  16. info yang menarik pak dan oh ya ini sites pakai themes apa ya pak dan jika berkenan sich diberitahu makasi dan salam kenal pak trimss dari ditggu jawabannya trimmm 2dua.com

    Balas
  17. setuju…
    paling sulit itu optimasi blog
    apalagi bikin blog yang top kayak Maxmanroe ini

    Balas
  18. Untuk urusan buat blog gratis tentu sudah pada bisa dengan ada penjelasan di atas. Nah, lalu bagaimana cara buat blog gratis hingga menjadi blog idaman banyak orang serta bisa menghasilkan keuntungan yang maksiamal?
    Mari kita tunggu jawaban melalui ulasan artikel terbaru oleh om max!

    Balas
  19. izin bertanya, apakah website yang di buat dari wordpres tanpa di upgrade ke Domain tld tanpa hostng bisa di kaitkan ke google adsense mas, mohon penjelasan nya mas

    Balas
  20. update mas, Google+ akan segera ditutup jadi pembahasan mengenai itu di artikel ini sudah tidak relavan

    Balas
  21. ternyata gampang ya membuat blog.. tidak seribet yang saya pikirkan. Semoga menjadi inspirasi buat yang lain.

    Balas
  22. Semua orang bisa membuat blog, tapi tidak semua orang bisa konsisten untuk membuat konten yang relevan dan bermanfaat bagi semua orang, butuh waktu yang lama dan harus mempunyai sifat yang tekun dan ulet.

    Balas
  23. Mudah sekali ya kak ternyata membuat blog. Ini bisa jadi referensi bagi temen2 saya yang belum punya wordpress. Terima kasih banyak informasinya, sukses selalu

    Balas
  24. wah bagus banget artikelnya.. bisa memberi inspirasi bagi generasi muda. khususnya yang belum dapat kerja. bisa juga buat mahasiswa buat sampingan.
    makasih maxmanroe.. semoga berkah.
    oiya buat teman2 yg pengen nyoba kerja sampingan atau jadi freelancer bisa cobain situs ini :
    kerjapedia.id semoga bermanfaat

    Balas
  25. Salut saya dengan tutorial yang mimin berikan nih, panjang jelas dan lengkap. Update saja min karena Google+ mau di hapus mungkin saran saya bisa di kasih pejelasan untuk pindah dari account Google+ ke Blogger.

    Balas
  26. Apa yang di tuluis oleh maxmanroe udah saya terapkan untuk blog pemula, dan selanjutnya ingin punya blog yang ngetop dan bnyak manfaat untuk orang bnyak ???

    Balas
  27. Untuk kebebasan dan potensi yang lebih besar, WordPress berbayar patut dipertimbangkan.

    Balas
  28. Sangat lengkap tutorialnya….sangat mudah diikuti…, Boleh apa gk mami cantumin blog ini sebagai rujukan di blog mami ?. terima kasih :)

    Balas
  29. Saya sudah buat blog dengan blogspot. Tapi bagaimana cara biar pengunjungnya jadi ramai? Apakah harus tetap posting artikel terbaru terus?

    Balas
    • Membuat blog adalah langkah awal. Langkah berikutnya adalah optimasi blog agar muncul di halaman pertama Google dgn cara SEO (gratis) atau Adwords (bayar). Banyak informasi SEO/Adwords yg bisa didapat dari internet.

      Balas
  30. Membuat blognya gampang ya sobat, tetapi membuat blog menjadi top seperti maxmonroe ini sangatlah susah sekali :(

    Balas
  31. kalau blog kita sudah jadi dan kita buat konten bagus, SEO nya juga bagus banyak pengunjung trafic bagus, apakah itu bisa mengarah untuk mendapatkan income, siapa yah yang akan bayar ke kita, dan bagaimana cara nya untuk dapat income itu.

    Balas
  32. makasih Bang Maxmanroe tips cara buat blogspotnya. Soalnya baru belajar ini

    Balas
  33. Waduhh, penjelasannya mantap baget mas, sangat details dan jelas. sangat bermanfaat bgi saya seorang pemula :)

    Balas
  34. terimakasih, artikelnya sangat membantu bagi saya yang baru belajar membuat blog.,,maaf mau Tanya, tadi mas darmawan mengatakan bahwa hosted bisa di convert ke self hosted..pertanyaannya jika sebelumnya saya menggunakan hosted dan pengunjung blog saya misal rata2 100 orang per hari, jika convert ke self hosted, apakah hitungan pengunjung blognya mulai lagi dari awal seperti blog baru, atau menyesuaikan dengan yg masih hosted tadi..maaf newbie..hehe

    Balas
  35. Ini baru komplit dan sangat detai sekali Mas Marixon, saya menyukainya karena sangat bermanfaat untuk pembelajaran seorang pemula.

    Balas
  36. Mas, kalau 1 akun gmail bisa untuk berapa blogspot mas. Ada batasannya tidak?

    Balas
  37. Maaf mas saya mau bertanya.
    Untuk membuat blog dengan menggunakan wordpress itu kita menggunakan email yahoo atau gmail mas?

    Balas
  38. sungguh luar biasa sekali atas artikel yang telah di buatnya, tapi bagaimana cara trik agar setelah kita bikin ini bisa berada di halaman pertaman blogger kita ini….

    Balas
  39. Berawal dari melihat dari sini platform blogger dan saya coba menulis di situ dan sekarang saya semakin giat membaca blog ini.

    Balas
  40. Thanks for finally talking about >Bagaimana
    Cara Membuat Blog / Website Gratis di WordPress dan Blogger <Loved it!

    Balas
  41. saya mau nanya mas , kalau blogger sama wordpress bagusan mana mas mohon di jawb mas # igin belajar Blogger

    Balas
    • Tergantung dilihat dari mana. Kalau bicara keleluasaan pengembangan blog ya lebih bagus WordPress, kalau bicara biaaya ya lebih bagus blogger

      Balas
  42. Gan, Blog wordpress saya yang kok sering di baned ya, itu faktornya apa. sudah 3 akun wordpress di blokked. solusinya untuk mengembalikan bagaimana caranya.

    Balas
  43. Ini buat artikel nya pada halaman Laman ya? Memang nya dapet uang juga gitu om kalo ada banyak visitor juga?

    Balas
  44. Terimakasih Kang atas Postingannya Ni tadi coba saya simak dan coba saya resapi ternyata ahir nya paham juga heheh OK Kang sekali Lagi terimakasih

    Balas
  45. Artikelnya lengkap dan detail.. Gimana cara buat spoiler gambar-nya mas? Hehe..

    Balas
  46. mantap bang, sangat membantu, sekarang masih baru nih, masih cari-cari ref. buat blog…

    Salam

    Balas
  47. Tutornya sangat detail. sangat jelas step bay step. kalau ada picture pasti lebih menarik mas. thx infonya

    Balas
  48. Memang dalam membuat blog nya saja itu hal yang mudah bukan mas ?
    Tpi pengelolaan dan membesarkannya itu yang sangat susah, apa lagi sekarang banyak blog yang sudah besar dan memiliki nama. Lalu bagaimana mungkin para pemula bisa membuat blog mereka diramai pengunjung jangankah buat dapat 1000 kunjungan perhari ada pengunjung ny saja sudah senang sperti blog yang saya kelola sekarang selablogger
    Lalu apakah ada cara yg efektif mas buat optimasi blog

    Balas
  49. Mantap gan sangat detail, bisa buat referensi saya kalau bikin artikel harus seperti ini unik dan orginal. pantesan nongkrong di halaman 1 si mbah google dan juga artikelnya berkelas dan berkarakter. mudah bagi ane buat meraktekinnya. Thanks

    Balas
  50. Makasih banyak kang marikxon artikelnya sangat membantu saya, dalam membangun sebuah website. Namun yang saya ingin tanyakan tentang sama kang marikxon, apakah ada pengaruh nya sama SEO ketika kita membeli domain misalnya di situs hostagor, Rumah Web dan lainnya?
    Kalau ada pengaruh nya, situs yang paling baik apa kang menurut kang marikxon?

    Balas
  51. Mantaappsss bang..
    sekarang cari visitor susah banget ya bang..
    Kalo blog yang udah terkenal sih agak enak..
    tapi kalo blog baru, dana minim… susah banget nyari visitornya…

    Balas
  52. Setelah membaca artikel tulang ni, jadi kepengen bikin blog. Akhirnya kesampaian juga bikin blog perdana di wordpress hehee
    Mauliate ma untuk panduannya tul

    Balas
  53. Teroimakasih atas postingannya mas , ni saya sedikit ada pencerahan, oh ya mas , ini diluar koridor,

    Kalo kita mau mengetahui Situs worpress gimana mas , platfrom kan berbeda beda dan saya mau tau atau mau berkunjung di situs dengan platfrom wordprees saja ada cara cepat mas terimakasih

    Balas
  54. Mas saya sudah mengedit spasi paragraf artikel di dashboard baik tampilan atau di html, tapi kenapa di pratinjau spasi paragraf selalu hilang lagi ya? mohon masukannya

    Balas
  55. Menurut mas Marikxon lebih enak menggunakan WordPress apa Blogger?
    Dan apa penjelasannya :D

    Salam,
    Nur kholis

    Balas
    • Untuk website utama saya lebih memilih menggunakan WordPress karena kita bisa lebih leluasa mengatur konten dan database website. Untuk website pendukung tidak masalah menggunakan platform Blogger

      Balas
  56. Dengan adanya artikel ini saya menjadi lebih mengerti lg dengan WP dan saya sangat baru dengan WP , untuk blog saya lebih terkesan lg bila menggunakan blog karna mudah dibanding WP karna saya tidak mengerti .
    Mf gan Pemula

    Balas
  57. Thanks gan infonya, blog saya udah jadi.. saya lebih milih blogger untuk bikin blog untuk bisnis saya..

    Balas
  58. Untuk indexing blogspot atau wordpress sendiri biasa menggunakan apa ya om? apakah blogspot atau wordpress perlu di ping atau semacamnya?

    Balas
  59. terima kasih atas artikelnya juragan max, tetapi demi mendapatkan peringkat tentunya tidak mudah,pasti butuh kerja sma tim dalam membendung kualitas web yang bagus, apakah bisa 1 orang menjalankan hingga seterkenal sekarang? saya ragu, mohon beri bocoran sedikit bagaimana masuk top 1 juta saja

    Balas
  60. Selama ini saya sudah merasa nyaman dengan blogger,tapi pingin juga sih mencoba membuat website dengan wordpress.Apakah membuat wordpres yang gratis tsb nantinya bisa ganti nama domain spt blogger kah ?

    Balas
  61. Membuat blog itu sebenarnya mudah. Tapi membuat blog yang ramai dan memiliki jumlah visitor yang stabil setiap harinya itu yang susah. Salut untuk maxmanroe. Semoga semakin sukses.

    Balas
  62. Menurut saya membuat blog sekarang begitu mudah banyak Platform gratis yang ditawarkan dengan berbagai macam fitur terbaik.tapi proses yang sejati dari sebuah blog adalah membangun traffic yang banyak dan konsisten

    Balas
  63. mantap gan, kalo ane masih pemula nih gan ane pakainya yg WP , kalau bikin menu di WP gimana ya gan? #info
    Kunjungin juga gan blog ane @muhammaddifky03 hehe..

    Balas
  64. kalo pembuatan blogger masih agak ngerti, kalo wordpress masih bener2 buta banget. emang yang lebih bagus buat web pake blogger atau wordpress yah gan

    Balas
    • Kalau menurut saya sih lebih bagus pakai WordPress. Tapi banyak juga yang bilang lebih suka blogger. Kedua platform ini memang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi gunakan saja platform yang disukai.

      Balas
      • Temanku rata-rata semua pakai WordPress, dan aku sendiri belum pernah pakai WordPress. Karena aku lebih suka pakai blogger dari dulu :D

        Balas
  65. Terima kasih buat artikel ini..
    cocok bagi saya yg pemula…
    agar pengunjung bnyak gimana ya

    Balas
  66. saya selalu senang dengan semua artikel yang di buat para penulis maxmanroe, artikelnya dibuat secara lengkap, isinya yang padat dan berkualitas, dan yang paling saya kagumi adalah setiap saya membaca artikelnya saya seperti tersihir untuk membaca sampai selesai dan membagikannya.
    Sukses selalu buat maxmanroe dan para penulisnya

    Balas
  67. Sangat membantu sekali untuk kami dalam membuat blog. Tetapi yang kami ingingkan untuk membangun blog seperti blog maxmanroe yang ramai pengunjungnya.

    Balas
  68. Membuat blog memang mudah, tapi membangun blog seperti punya maxmanroe agak sulit. Bisa ramai sekali blog ini

    Balas
  69. Lengkap bgt om, makasih bisa buat refrensi….salam sukses om.

    Balas
  70. udah bisa kalo membuat blog mas….. bagi juga dong caranya biar blog bisa ramai terus alexa juga ngga gendut :D …. thx

    Balas
  71. panduan yang lengkap untuk membuat sebuah blog, rinci dan jelas dan mudah diikuti. Tapi ‘membangun’ blog itu yang sulit apalagi untuk memenangkan begitu banyak keyword seperti maxmanroe ini, tapi mudah-mudahan tak lama lagi blog saya bisa mengungguli blog bang marikson di google,.

    Balas
  72. Yah,memang untuk membuat artikel yang py kwalitas baik tak semua orang mampu……..

    Balas
  73. yang paling sulit dalam ngeblog mungkin membangunya y.karena seperti itulah yang saya rasakan

    Balas
  74. saya prnh mencoba membuat wordpress tapi gagal tidak bisa,nanti mau saya coba lagi dg alamat email yang beda.oh ya mas,kalau untuk wordpress,denger2 hostingannya terbatas jadi harus nyewa ya mas.pengen sekali bisa bikin wordpress yg bagus spt punya mastah

    Balas
  75. Membuat blognya sudah bisa nih min , isi blognya dengan artikel yang bingung. Apalagi harus bikin artikel bagus seperti yang ada di blog ini.

    Balas
  76. sangat menarik untuk menyandingkan blogger dengan wp. dulu saya pengguna blogger sekarang setia pada WP, sederhana saja, untuk orang awam seperti saya menggunakan wp lebih cepat meningkatkan website karena banyak plugin yang bisa digunakan.

    Balas
  77. sangat membantu bagi pemula seperti saya yang butuh ilmu dan masukan dari para master

    Balas
  78. gan saya baru buat wp. koq tidak ada setingan readingnya ya?? mohon bimbingannya trimakasih

    Balas
  79. gan saya baru buat wp. koq tidak ada setingan membacanya ya?? mohon bimbingannya trimakasih

    Balas
  80. Terima kasiih sangat bermanfaat sekali infonya, terus di kasih ilmu ya…. biar mengerti cara-cara membuat blog dengan baik dan benar….. Lebih baiknya lagi di kasih tutorialnya biar tambah mudah mengertinya.

    Balas
  81. maaf saya adalah pengguna website baru, mau bertanya, apakah nantinya website gratisan tersebut bisa saya gantikan dengan website berbayar?

    Balas
  82. Infonya sangat bermanfaat, saya memulai blog saya dari banyak belajar di website abang Max, thanks atas tutorial2 yang bermanfaat

    Balas
  83. Om max kalo kita pakai wordpress, menggunakan plugin-plugin penunjang SEO seperti YOAST manfaatnya lebih banyak atau dampak buruknya yang lebih banyak Om?

    Soalnya banyak artikel yang bilang, kalau terlalu banyak menggunakan plugin tidak terlalu baik untuk Blog yang kita punya, ukuran Blog kita jadi semakin besar.

    Makasih sebelumnya

    Salam Mugianto

    Balas
    • Pakailah plugin yg perlu saja, jangan gunakan beberapa plugin yg fungsinya sama. Banyak plugin sebenarnya tidak masalah selama plugin itu memang dibutuhkan, tapi memang website kita akan butuh RAM yang lebih besar.

      Balas
    • Bantu jawab nih, berhubung saya pengguna plugin YOAST (termasuk semua yang premium) *ehm, jadi boleh lah saya jawab.

      Sejauh ini, penggunaan plugin YOAST sangat efektif untuk meningkatkan SEO dari situs saya. Sedangkan untuk efek plugin ini terhadap kecepatan website, sejauh ini belum ada indikasi memperlambat.

      Penggunaan plugin boleh banyak, selama plugin tersebut dikode dengan baik tidaklah masalah dan tidak akan mempengaruhi situs web/blog anda. Yang menjadi masalah adalah kebanyakan orang asal download plugin tanpa cek terlebih dahulu siapa developernya dan apakah masih sering diupdate apa tidak.

      Kelalaian seperti itulah yang mengakibatkan plugin bisa membuat website mengalami down hingga bahkan error. Jadi kesimpulannya, jumlah bukan masalah yang penting kualitas.

      Salam Zai

      Balas
  84. untuk meningkat kan posisi web agar di halaman satu google bagai mana caranya pak ?

    Balas
  85. thanks gan, bermanfaat banget.
    saya pake wordpress sekrang terinspirasi dari post anda.
    izin berbagi ilmunya, supaya bisa menjadi amal jariyah buat agan

    Balas
  86. Sedikit berbagi dan share info gan tentang hosting gratis dengan cPanel login untuk membuat website gratis dalam beberapa bulan: coba kunjungi 5 webhosting indonesia recommended: unmetered.id , webhosting.web.id , microcyber.net , goblog.biz dan ppnz.org . Dijamin gratis 100% trial hosting dalam beberapa bulan

    Balas
  87. untuk mengganti pengarang di blogcepot gimana ya gan?masih mendalami blogcepot….mo maen wordpress kok ane gak mudeng-mudeng ya hehe

    Balas
  88. Membuat blog itu gampang..yang sulit merawatnya biar ia tumbuh dan berkembang seperti situs ini ..maxmanroe.com, luar biasa!

    Balas
  89. Membantu banget sekali postingannya. Jadi nostalgia dulu pas masih gencar-gencarnya ane pakai blogspot, selalu pantengin postingan ini pas membangun blog ane, hehe. Sukses selalu mas Max! :D

    Balas
  90. Lebih baik membuat website dengan control panel CPanel, sebab kaya akan berbagai fitur cangkih. kalau saya biasanya membuat membuat website dengan CPanel hosting gratis di :
    webhosting.web.id, bos.la, goblog.biz dan nesiahost.com. Disana kita juga bisa upgrade dengan ke paket hosting unlimited dengan harga yang super murah..He..He..

    Balas
  91. Selain di blogger dan wordpress, ada juga blog gratis dari Indonesia dengan control panel CPANEL gratis di 2 tempat di goblog.biz dan bos.la, fiturnya sangat lengkap bila dibandingkan blog gratis lainnya, lumayan gan jika buat untuk belajar membuat blog gratis. semoga manfaat om..

    Balas
  92. Mas minta tutor tentang seo dan plugin apa saja yang cocok untuk blog wordpress..

    Balas
  93. Terima kasih atas informasinya mas. Maaf gan, mau share beberapa tempat lainnya yang juga perlu dipertimbangkan, sebab kaya akan berbagai fitur dengan menggunakan control panel cpanel, seperti layanan blog gratis di webhosting.web.id dan sentorahost.com. Selain itu juga ada beberapa tempat lain yang juga bagus untuk membuat blog gratis seperti di ppnz.org dan reselleragent.com. Salam from seowaps.com

    Balas
  94. Juelas banget nih postingan, gampang banget diaplikasikan. Lebih lengkap dari web sebelah yang barusan ane lihat wkwk. Share template, plugin yang harus diapakai, sama cara SEO yang baik buat WP juga dong min, kita tunggu ya! :D

    Balas
  95. msh belajar untuk blog yang pake wordpress. makasih infonya. nambah ilmu lagi.

    Balas
    • 1 email untuk 1 akun WordPress, tidak bisa untuk banyak blog mas. Berbeda dengan blogspot, 1 email bisa buat banyak blog.

      Balas
  96. Waaaah lengkap banget, makasih ya gan, udah ngasih penjelasan,
    langsung praktek niiih,….

    Balas
  97. artikel yang sangat membantu untu pemula, mau tanya min…apa iya kalau tujuan blog adalah adsense lebih baik harus pakai blogspot? karena produknya google?

    Balas
  98. trimasih artikelnya sangat membantu saya krna masih gaptek
    gimana caranya mendapat kata kunci dari google

    Balas
  99. Complite banget tutornya gan….. Terimakasih…. Salam luar biasa…..

    Balas
    • Bangun blog yang berkualitas, unik, original, artikel update, tujuannya untuk menghadirkan pembaca setia yang mendapat manfaat dari blog kita. setelah itu baru bisa dimonetize, baik melalui iklan ppc/adsense atau affiliat marketing. yang paling mudah untuk diikuti adalah afiliat seperti lazada atau blibli dan yang tersulit dan penuh tantangan adalah adsense google. Siap membangun blog berkualitas?

      Balas
  100. wah… tutorial lengkap… dan menarik juga ya… ingatkan semua orang sudah tahu tapi apa itu blog.. ya mas.. saya juga anda menulis artikel yang sama disini..

    Balas
  101. Desain template yang enak d smarphone mas dibagi2…. sepwrti template max ini yang mas pakai

    Balas
  102. Trimakasih infonya gan, saya belajar banyak dari blog maxmanroe ini sehingga saya udah bisa bikin blog sendiri, juga dapet baklink lumayan banyak.

    Salam sukses selalu buat maxmanroe dan sobat blogger yang udah hadir di sini salam kenal

    Balas
  103. Aku lebih suka meggunakan blogger.com sebagai tempat membuat blog karena selain banyak tutorialnya juga gratis. makasih gan atas sharing informasinya ini dan semoga ilmunya ini bisa berguna bagi para blogger indonesia yangmasih pemula dan ngin belajar membuat blog gratisan di internet. Salam sukses buat anda!.

    Balas
  104. makasih infonya, klo di bandingkan mana yang lebih bagus blogspot atau wp ya
    khususnya untuk pemasangan iklan GA

    Balas
  105. gan,ane masih newbie,kalau mau copy sumber untuk blog itu harus minta ijin dlu? trimaksh

    Balas
  106. makasih banget gan infonya, berkat agan saya jadi mengerti cara membuat blogg. Helpful banget deh!! sekali lagi makasih banyak ya gan!

    Balas
  107. saya sudah mulai mengerti sampai disini yg saya tanyakan bagaimana bila kita sudah punya akun di wordpress trus pingin buat backlink diblogger apakah caranya sama seperti membuat website jg apakah dua website yg sama bisa dibuat di dua atau lebih disitus pembuatan website gratis.trimksh.

    Balas
  108. Masih bingung cara menggunakan WordPress gan…
    soalnya dah kebiasaan make blogspot sih… hehhe
    Pengen sih buat punya wordpress

    Balas
  109. artikel yang sangat menarik gan, cara membuta blog gratis, sekarang sudah update ya gan… beda dengan cara yang lama….
    salam kenal, jangan lupa untuk berkunjung ke blog baru saya….

    Balas
  110. Bang saya Marine Surveyor Indonesia mau tanya aja, kok utk penjelasan tentang menggunakan domain sendiri dengan hosting gratis di blogger tidak ada penjelasannya lebih lanjut bang??

    Balas
  111. Akhirnya saya tau cara membuat Blog, saya sudah bisa membuat Blog sendiri jangan lupa kunjungi juga ya mas hehe ;)

    Balas
  112. Artikelnya mudah di mengerti . Thanks gan,. Aku jga mau bikin blogger nih, buat ngisi waktu luang

    Balas
  113. Makasih Pak Maxmanroe, sekarang bisa lebih mengerti cara buat blog di blogspot untuk buat usaha jasa saya. Itu judul dan deskripsi berpengaruh ia Pak utk seo blog kita?

    Salam Kenal Pak. Sukses Selalu Web Bapak

    Balas
  114. sangat cocok untuk pemula, selain gratis membuat blog di blogspot juga gak terlalu susah.

    Balas
  115. Terimakasih, saya sudah mengerti, akan tetapi caranya agar makes money gimanan gan?, arigatou :)

    Balas
  116. klo saya masih memakai blogger,
    mungkin nanti klo sudah dapet domain TLD dan beli host, saya akan pakai wordpress

    Balas
  117. artikel nya mantap mas, ternyata buat wordpress sangat gampang, sebentar aja siap, makasih mas..

    Balas
  118. Kalau saya biasanya membuat blog gratis di webhosting.web.id, dengan menggunakan sub domain di CPanel webhosting.web.id, silakan kunjungi langsung mumpung lagi gratis

    Balas
  119. WordPress bila saya lihat banyak plugin yang mendukung blog yang kita buat… malah diluar, blog dari wordpress lebih terkenal dibandingkan dengan blogger..
    Buat Admin.. sukses selalu..

    Balas
  120. Terimakasih ya gan atas pengetahuanya,., Salam kenal dan jangan lupa followbacknya ya,.,,. OK

    Balas
  121. Saya mau bikin blog yg bisa mendatangkan uang,
    waktu bangun blog tidak ada form yg menanyakan bank account kita..
    bagaimana caranya kita mendapatkan uang..
    mohon pencerahan dong bro

    Balas
  122. maaf gan mau tanya , lebih untung mana jika kita membuat wordpress dengan blogger.com?

    jika dilihat dari segi keuntungan adsense

    Balas
    • Jangan selalu melihat dari sisi keuntungannya gan. Lihat dulu dari sisi kita nya, lebih nyaman menggunakan platform apa.

      Balas
  123. Indonesia masuk 10 besar suka akan fasilitas gratisan. Hari ini masih menggunakan blog gratis.., malu kang. Ayo rubah blog gratis anda menjadi website dengan cara membeli domain di tempat kami, seowaps.com adalah salah satu reseller domain dari perusahaan yang terinduksi ICANN acredited. Domain website anda aman bersama kami. Hilangkan kebiasaan masyarakat Indonesia yang suka akan gratisan, ingin berkualitas harus membayar dong.

    Balas
    • Nothing is wrong with gratisan :) Tergantung kebutuhan masing-masing orang mas, kalau buat bisnis ya bagusnya pakai layanan berbayar. Tapi kalau buat nyalurin hobi menulis, blog gratisan tidak ada salahnya

      Balas
  124. Memang wordpress dan blogger merupakan salah satu alternatif yang ingin memiliki blog namun tidak mempunyai budget yang cukup, atau yang ingin belajar memulai mempelajari dunia internet. :)

    Balas
  125. ma’af nih saya mau tanya. Saya baru bikin blogspot, terus saya cari nama blog saya di google search engine pake komputer lain, saya liat di bagian kanan atas ada tulisan SIGN IN untuk masuk, apa masalahnya? Padahal saya buka blog lain gak pernah nemu ada kata SIGN IN di bagian atasnya. Saya belum faham, mohon penjelasannya, terima kasih.

    Balas
  126. tipsnya sangat bermanfaat, bro., dan saya sudah mencobanya tetapi masih banyak kekurangan. Mohon brother beri masukan tentang web saya. Kemudian saya mau tanya: 1. cara membuat ‘read more’, 2. cara memasukkan google adsense
    saran dan tipsnya sangat dibutuhkan, bro. Terima kasih

    Balas
  127. Hello sobat, gue ada saran agar blog sobat di upgrade ke website yang pakai domain dot .com saja, lebih bonafit dan keren deh. Coba daftarkan nama domain sobat ke ppnz.org , PPNZ memberikan harga termurah di kelasnya, selain itu kita juga bisa menjadi reseller domain disana. penasaran ya.. langsung saja coba kunjungi ppnz.org

    Balas
  128. Kalau misalnya harus memilih antara wordpress atau blogspot pilih yg mana mas ?

    Balas
  129. mantap tutorialnya bos…

    saya juga pakai blogspot, nyaman gak perlu sewa hosting, tapi kadang bingung mau posting apa…hehe…

    Balas
  130. mau tanya gan,saat ane posting wordpress ke facebook tampilannya ada tulisan/paling bawah(BUAT SITUS WEB ATAU BLOG GRATIS DIWORDPRESS.COM.THE INTEGALACTIC THEME)gmn cara menghilangkannya??hehheehe,maklum baru belajar baca tulis gan..makasih pencerahannya

    Balas
  131. saya masih pemula masih bermain di blogspot, terimakasih maxmanroe saya terinspirasi dari trik om maxmanroe.. salam kenal om

    Balas
  132. jika dipikir-pikir ternyata lebih enak pakai wordpress ya mas, soalnya simple gak perlu harus edit template kayak blogger……heee

    Balas
  133. Mas kalau membuat blog banyak dalam satu alamat gmail ada efeknya/mempengaruhi kepada blog utama?

    Balas
  134. artikelnya keren dan lengkap bos, sehingga pembaca mudah memahami, akan tetapi akan lebih bagus lagi kalau disertai dengan image

    Balas
  135. memang diakui lah materi mas ini sangat bagus.
    mas sya mau minta pendapat anda.setelah saya embaca artikel mas marix yg bertema jenis jenis blog,saya tambah penasaran dengan blog hasil copy paste.saya punya niat buat blog yang seluruh isinya copy paste semua,tentunya tidak lupa mencantumkan alamat web hasil copy pastenya.tujuan saya adalah membantu share artikel berikut alamatnya.gmn mas menurut anda.belehkah saya melanjutkan niat saya atau tidak usah saja.terimakasih mas marix.semoga tambah jaya maxmanroe.com nya.

    Balas
  136. Artikelnya lumayan bagus,,, tapi kira-kira, bagaimana mensetting permalink pada wordpress gratisan? mohon bantuan nya gan…. :)

    Balas
  137. Artikelnya lumayan bagus,,, tapi kira-kira, bagaimana mensetting permalink pada wordpress gratisan? coz hal ini belum di jelaskan di atas.

    Balas
  138. Tips cara membuat blog yang sangat bermanfaat dan membantu untuk pemula seperti saya yang baru memulai dan belajar tentang blog gratisan. Terimakasih sudah berbagi ilmunya.

    Balas
  139. saya sudah membuat tapi tidak ada email konfirmasi dari wordpresnya. itu bgmn ya. masuk gak bisa juga ke wordpressnya

    Balas
  140. gan, klo di custom domain pke blogspot gimana ya maksudnya yang ada itu hanya platform wordpress dan kawan 2

    Balas
  141. tutorialnya lengkap banget gan,, semoga bermanfaat bagi tmen-temen yang bingung tentang cara membuat blog

    Balas
  142. Untuk blog yang tidak memerlukan banyak kostumisasi konten, blogger lebih baik menurut saya dari wordpress. Karena selain akses yang cepat, entah kenapa, blog-blog di blogger saat ini lebih banyak yang merajai kata kunci dibanding wordpress.

    Tapi kalau untuk blog yang perlu banyak kostumisasi, ya wordpress,org lebih baik.

    Soal tampilan, dua-duanya sama-sama bisa dibuat berpenampilan profesional kok, tergantung kitanya aja bisa ngopreknya apa nggak.

    Btw, thanks for sharing.

    Balas
  143. saya lebih asyik di blogspot, dan temen lainnya jg byk pke blogspot. :)
    pernah buat jg domain viva.co.id tapi gak kepake lagi, :)

    Balas
  144. Makasih infonya mas… kalo di blogspot atau wordpress, apakah ada batasan waktu untuk blog gratis ini mas. Saya pernah baca di web lain pembuat blog gratis, tapi blog itu hanya 30 hari saja, selebihnya harus bayar. jika tidak bayar, maka blog yang kita buat secara gratis itu akan otomatis terhapus. bagaimana dengan blogspot atau wp?apakah sama, akan terhapus setelah batas waktu tertentu?
    Makasih jawabannya mas.

    Balas
  145. Saya dulu sukanya dengan blogger tetapi sekang dengan wordpress tetapi dua duanya keren kalau buat blog.

    Balas
  146. Kang saya udah buat, sudah bisa login tapai kok gg terindex di google ya…
    Mohon dibantu kang

    Balas
  147. gan, misi mau tanya nihh. ane baru buat blog dr wp kok gk bsa di ya foto profil blog nya. tolong dong caranya gmna? sori masih newbie :)

    Balas
    • Untuk mengganti foto profile daftarkan email mas Agung ke Gravatar.com dan masukkan foto profile yang diinginkan. Gunakan email saat mendaftar di WordPress ya :)

      Balas
  148. Sangat membantu gan, saya jadi tahu bagaimana cara membuat blog. Saya memang masih awam, tapi saya yaki suatu saat saya juga kan sukses seperti Maxmonroe. Salam Blogger.

    Balas
  149. Gan saya baru buat blog nih dan artikel nya pun msih 2 ^^
    tolong donk koreksi kekurangan apa yg hrus ditambahkan k Blog saya..

    TQ’s

    Balas
  150. kenapa lama amat padahal jaringan koneksi berjalan lanjar ….itu kenapa yaa,tolong di balas….saya menunggu dari jam 14.15. sampai sekarang….?

    Balas
  151. mas mau tanya, buat yg blog cara bikin postingan masuk di submenu gitu gmn yaa, tolong kasih tutorial nya

    Balas
  152. Bos ane masih bingung di wordpress.com cara buat blog nya. Kolom yg mau di isi dimana tmpat email nya dimna web. Bisa kah iya ane di kasih gambar untuk contoh nya. Sekian dan terima kasih

    Balas
  153. mas maxmanroe
    caranya gimana ya wpnya di jadiin web gitu.?
    ataukah di upgrade ke premium?
    via bayarnya gmn?
    maaf newbie

    Balas
  154. saya lebih memilih blogger ya ketimbang wp
    nggk tau knpa suka ajha kali yha hweheh

    Balas
  155. Postinganya bagus” saya suka semua karena sangat membantu blog pemula seperti saya,,mohon bimbingan nya ya karena sampai saat ini blog saya belum ada pengunjung nya,terimakasih

    Balas
  156. Trm ksi untuk informasinya ….cukup jelas bagi pemula seperti saya…sukses selalu

    Balas
  157. Kalo seperti blogekstra.com kan blog gratis juga, masuknya kategori mana mastah?
    Sepertinya gak masuk dengan komparasi artikel ini ya ^_^

    Balas
  158. Tapi daripada blog lebih enak bikin web kali jika untuk bisnis karena terlihat bonafit daripada yang gratisan.

    Balas
  159. Sebenarnya tidak sulit membuat blog baik blogger atau di wordpress, jika mau belajar pasti bisa, Trims banyak atas postingan artikelnya, salam sukses selalu *edit*

    Balas
  160. lengkap dan jelas tutornya sob…
    kumpul google+ kita…. :)
    Salam kenal Om

    Balas
  161. kenapa yah, kalau saya buka wp terasa berat, kalau blogger lebih ringan. makanya saya lebih pilih blogger. selain itu lebih mudah digunakan bagi pemula seperti saya yang baru belajar ngeblog.
    makasih pencerahannya…

    Balas
  162. thanks gan, artikelnya sangat insformatif sekali gan, sangat bermanfaat gan

    Balas
  163. lebih simple blog dri pda wordpress.wordpress bikin ribet n pusing.klo bkin aku wordpress yg lebih simple gmn?tlong y…

    Balas
  164. Mantap banget artikelnya.
    Lengkap dan jelas.
    Saya seneng sama blogger, mudah diguunakan dan templatenya keren – keren.

    Balas
  165. pak maxmanroe ini web pakai bloger atau wordpress dan saran bapak kalau saya buat web harus pakai bloger apa wp dan harus berbayar atau yang gratis kalau yang gratis saya beli domain hostingnya berpengaruh atau tidak. terima kasih.

    Balas
    • Saya pakai platform WordPress pak, pakai VPS juga. Saran saya, kalau mau bikin website untuk bisnis dan jangka panjang lebih baik pakai domain dan hosting berbayar. Ada banyak kog layanan domain dan hosting yang terjangkau.

      Balas
  166. saya ingin menjadi blogger yang handal dan tips dari mas manambah wawasan saya.thanks

    Balas
  167. Mas tolong saat teman saya masuk ke blog saya hanya ada beberapa tulisan seperti Nothing Found Search cari.hanya segitu tidak bisa seperti blog lain ada gambarnya saya putih belum ada gambarnya caranya gimana mas tolong beritahu infonya untuk yang gambarnya tadinya putih jadi ada gambarnya dan berwarna tolong dong mas yah infonya

    Agis pemilik blog yang dibuat di wordpress

    Balas
    • Blog mas Iqro masih belum ada konten sama sekali, silahkan posting dulu beberapa artikel. Nanti akan muncul potongan artikel atau gambar dari tiap konten yang diposting.

      Balas
  168. lebih simple blogger dari pada wordpress..disamping mudah…pembutannya juga cepat karena tanpa housting…thx nice share

    Balas
  169. kalau saya lebih memilih blogger ya ketimbang wp,
    mungkin karena sudah jatuh cinta sama blogger jadi gak mau coba yang lain

    Balas
  170. Langkah- langkah membuat website sebagian kecil sudah paham, tapi bagai mana trik mengganti domain blogspot menjadi com. Tims…

    Balas
  171. terima kasih banyak pak atas websitenya. tapi bagaimana untuk search enggine nya pak? dan supaya websitenya lebih menarik ,, ,

    Balas
  172. Pak bagus mana wordpress atau blogspot? Lalu apakah teknik spam masih bisa digunakan? spam tapi artikel dibuat agak unik gitu

    makasih

    Balas
  173. bro, aku nyonto cara bikin blognya nggak papa ya? aku pasang di blogku *link not alowed* anda satu-satunya blog yang setahuku ngasih tutorial blog wordpress yang beda dan paling up to date mengaikuti perubahan wordpress.

    Balas
  174. maxmanroe..mau tanya dikit nich..bagaimana cara membuat toko online yang mudah dikustomisasi dengan blogger ?

    Balas
  175. WordPress dan Blogspot adl 2 CMS paling fav krn gampang dan bisa buat cari uang :) Artikel yg menarik

    Balas
  176. membuat blog di wordpress aku belum pernah, mungkin selanjutnya harus di cob. Tapi sepertinya kalau di wordpress nanggung buat yang gratisan, buat web site kayaknya lebih lengkap fitur dari pada yg gratisan.
    Benar kah itu mas?

    Balas
  177. Admin saya ada bikin blog di blogger pakai domain sendiri kalo domian tersebut di pakai di wordpress bisa nga dan ada pengaruhnya(negatif)

    Balas
  178. kalo misalnya kita keluar dri blog kita, trus mau msuk lg sbg pemilik blog bgaimna??

    Balas
  179. Kalau bikin blog mudah , tapi bikn supaya mantap seperti maxmanroe sangat amat susah ya hehe

    Balas
  180. keren banget Blognya mas :) .

    kunjungi balik ya gan, lagi di renofasi kwkwkw

    Balas
  181. penjelasannya sangat mudah difahami, dan dengan artikel yang telah di jelaskan itu kita bisa memilih mau bikin blog di WP atau blogger. kalau aku sendiri sih lebih suka blogger kalau buat yang gratis,,

    Balas
  182. wah tutorial di maxmanroe.com super lengkap ada tutorial membuat blog dengan WP, tapi saya lebih familiar dengan blogspot mungkin suatu saat saya akan coba buat blog dengan WP. Thanks gan….

    Balas
  183. Boleh juga nih kalau bisa buat blog di blogger. Insya Allah tutorialnya akan saya terapkan
    terima kasih dan selamat lebaran, mohon maaf lahir batin :)

    Balas
  184. Sipp gan sangat bermanfaat untuk kita-kita newbies yang baru terjun ke dunia maya ini dengan panduan ini semoga saja bisa banyak membantu rekan2 yang masih pemula untuk terjun ke bisnis internet sukses selalu

    Balas
  185. Sampai disini saya masih bingung untuk menggunakan platform blogger atau wordpress. kalo blogspot katanya kurang profesional sedangkan wordpress harus bayar hosting. kalau menurut agan saya pasnya pake apa?

    Balas
  186. Blog Maxmanroe.com menggunakan hosting berbayar dan domain berbayar. Kalau script WordPress nya memang gratis mba

    Balas
  187. WordPress.com tidak bisa dipasang Google Adsense mba, tapi ada program iklan dari WordPress sendiri. Kalau mau ikut Google Adsense mendingan bikin blog di blogger.com

    Balas
  188. terimakasih atas tutornya gan, saya sudah coba dan berhasil ,
    kalau situs web 2.0 maksudnya apa gan ? saya kurang paham itu

    Balas
  189. tapi kalau wp kayanya lebih enak pakai hosting sendiri yah mas lebih bebas
    karena aturannya beda sama blogger

    Balas
  190. Artikel yang sangat menarik.
    Kalau saya boleh bertanya, kira-kira mana yang lebih baik antara platform blogspot.com dan wordpress.com jika tujuan pembuatan blog adalah untuk bisnis online, misalnya menawarkan jasa atau menjual produk sendiri.

    Terima kasih.

    Balas
    • Kalau buat bisnis saya lebih prefer menggunakan yang berbayar mas. Sewa hosting dan domain TLD. Kalau mau yang gratisan ya sama saja, mau wp atau blogspot tidak ada bedanya hehehe.

      Balas
  191. O hya makasih atas masukannya gan..
    Dikit nanya gan:1 email bisa buat berapa blog.
    -dalam wordpres bisa ndak dikasih template premium.
    Terima kasih

    Balas
    • Kalau untuk wordpress.com hanya bisa 1 blog untuk satu email. Lain halnya untuk blogger, bisa sampai 20an blog untuk satu email. WordPress.com sebenarnya punya template premium, tapi ngapain pake template premium, kan maunya gratisan hehehe.

      Balas
  192. blog yang saya buat, tidak terlepas dari ilmu anda yang telah di share di sini.. mantaf Bang..

    Balas
  193. Setelah saya membaca artikel di atas saya jadi tau dan paham tentang cara membuat blog bisnis online., terima kasih gan, atas infonya.

    Balas
  194. waah saya masih kurang paham gan yang masalah wordpress

    dan bagaimana cara lengkap nya HOSTING

    Balas
  195. salam kenal mas manroe

    bisa tidak wordpress gratisan di jadikan lahan untuk memperoleh penghasilan (uang) dengan memasangkan iklan-iklan dan meningkatkan pengunjung ?? trmksh atas jwbnnya

    Balas