Mengapa Moderasi Komentar di Blog Sangat Penting?

Moderasi-Komentar-di-Blog-website

Komentar, sesuatu yang sangat mudah untuk kita temukan saat ini, baik dalam pergaulan, sosial media, bahkan di sebuah blog sekalipun. Isi dari komentar sendiri ada yang penting ada juga yang tidak penting, ada yang membangun, namun ada juga yang menjatuhkan.

Lalu bagimanakah cara kita menanggapi komentar tersebut? Adakah cara terbaik jika kita menemukan semua jenis komentar tersebut di blog yang kita miliki? Temukan jawabannya pada ulasan singkat berikut ini.

Seperti yang kita tahu, kotak komentar adalah salah satu elemen penting di dalam sebuah blog. Meskipun terkadang beberapa orang lebih suka untuk menghilangkan fitur umum yang satu ini, namun keberadaannya sangat banyak mendatangkan manfaat jika kita mampu mengelolanya dengan baik.

Artikel lain: Cara Sederhana Mengatasi Komentar Spam di Blog



Keuntungan Memiliki Kolom Komentar di Blog

Sebuah kotak komentar dapat menjadi jembatan antara pembaca dan pemiliki blog. Dengan berkomentar dan menjawab komentar yang ada, pembaca dan pemilik blog akan menjadi lebih akrab karena saling berkomunikasi. Pemilik blog bisa mendapatkan masukan berupa sudut pandang yang berbeda mengenai topik artikel dari mereka yang memberikan komentar di blognya.

Keuntungan lain adanya sebuah kotak komentar di blog adalah dapat membuat blog kita terlihat lebih hidup dan ramai. Bahkan tidak menutup kemungkinan bahwa komentar yang ada dapat menjadi nilai tersendiri untuk tulisan dan blog yang kita miliki. Misalnya saja jika blog kita membahas tentang review atau tutorial. Sebuah komentar dari para pembaca yang sudah mencoba menerapkan apa yang ada dalam tulisan tersebut dapat mempengaruhi pembaca yang lain untuk melakukan atau mencari alternatif lain dari review atau tutorial yang kita bagikan.

Di situlah kekuatan sebuah komentar berada. Ia dapat membawa dampak yang positif ketika sang komentator memberikan komentar yang baik, namun ia dapat juga membawa dampak yang negatif ketika sang komentator memberikan komentar yang buruk atas apa yang telah kita tulis atau memberikan komentar SPAM yang mengganggu. Lalu adakah cara untuk menyaring komentar tersebut agar tidak semua komentar terpublikasikan secara langsung pada artikel yang ada di blog?

Moderasi Secara Manual dan Menggunakan Plugin

Beberapa layanan blog memiliki sebuah fitur yang dapat memoderasi komentar. Dengan fitur ini kita dapat menentukan komentar mana yang layak untuk ditampilkan pada tulisan yang bersangkutan di blog kita.

Fitur ini dimiliki oleh layanan blog seperti Blogger dan WordPress, bahkan di WordPress para pengguna diberikan sebuah fitur plugin bernama Akismet yang dapat menyaring komentar-komentar yang dianggap sebagai SPAM. Lalu, apakah kita harus melakukan moderasi komentar?

Bagi saya pribadi, memoderasi komentar adalah sesuatu yang penting dan harus dilakukan. Saya rutin memoderasi komentar yang masuk ke blog saya karena seringkali saya menemukan komentar bersifat SPAM yang isinya sama sekali tidak berhubungan dengan artikel. Bahkan ada juga komentar yang hanya berisi link menuju ke web atau blog SPAMMER tanpa kata-kata khusus yang mereka tujukan untuk tulisan yang dibuat, seperti gambar di bawah ini.

Moderasi-Komentar-di-Blog-2

Maka dari itu untuk menghindari komentar-komentar seperti ini, selain menggunakan plugins Akismet Saya juga memoderasi setiap komentar yang masuk secara manual. Komentar yang terlalu singkat atau tidak berhubungan dengan isi artikel pasti saya hapus.

Beberapa Blogger Tidak Memoderasi Komentar di Blog Mereka

Berbeda dengan beberapa blogger yang saya kenal, mereka lebih memilih untuk tidak memoderasi komentar yang masuk ke blognya. Jadi, setiap kali orang mengirimkan komentar maka komentar tersebut akan langsung terlihat (live) di blog mereka. Sebenarnya ada bagusnya juga, karena si pemberi komentar merasa senang komentarnya langsung terlihat. Masalahnya, sekarang ini banyak sekali SPAMMER yang memanfaatkan fitur kolom komentar untuk memasang link untuk tujuan SEO.

Komentar SPAM biasanya tidak sesuai dengan artikel Anda dan berisi link website, bahkan kebanyakan SPAMMER ini menggunakan software untuk mengirimkan komentar. Tentu saja komentar seperti ini sama sekali tidak ada manfaatnya bagi blog Anda. Justru dengan membiarkan komentar SPAM berisi link-link yang tidak bermanfaat akan membuat blog kita terlihat tidak profesional.

Selain itu, ada juga blogger yang berpendapat bahwa kolom komentar tidak begitu penting karena hanya akan merepotkan mereka untuk menyeleksi atau memilih-milih komentar yang layak ditayangkan dan akan memenuhi inbox email yang digunakan untuk mendapatkan notifikasi. Beberapa orang tersebut lebih memilih untuk menghilangkan fitur kotak komentar di dalam blog mereka agar tidak repot mengurus komentar yang masuk.

Baca juga: Mengapa Bisnis Anda Harus Memiliki Sebuah Blog

Menurut saya, terlepas dari penting atau tidaknya memoderasi sebuah komentar, sebaiknya kita harus tetap memberikan ruang bagi pembaca untuk menyalurkan apa yang mereka pikirkan dari tulisan yang kita publikasikan. Dimoderasi atau tidak, itu adalah pilihan kita sebagai pemilik web atau blog.

Yang jelas, kita harus bisa ‘merakyat’ dengan para pembaca dan memberikan mereka ruang untuk memberikan opini, pertanyaan, ataupun masukan yang bermanfaat dan berhubungan dengan artikel yang kita posting.





29 total comments on this postSubmit yours
  1. Bung Max, saya penasaran bagaimana caranya membuat setiap komentar yang masuk muncul (dapat dilihat) tapi sebenarnya masih menunggu persetujuan untuk di moderasi? saya rasa ini adalah solusi yang bagus untuk diterapkan di blog saya. Terimakasih;)

  2. Kak Max, saya berpikir untuk menghapus semua komentar pembaca. dan menghilangkan selamanya di blog pribadi. Bagaimana menurut anda? Saya sering mendapat komentar yang tidak nyambung dengan topik yang di tulis. Makasi

    • Menghapus komentar yang tidak nyambung itu wajib mas, tapi menghapus semua komentar rasanya tidak tepat. Saya tiap hari selalu review semua komentar yang masuk, komentar SPAM dan tidak nyambung dengan artikel saya hapus.

  3. Sebenarnya bagus juga untuk filter, paling ga web kita jadi aman..

  4. sya termasuk golongan yg kurang nyaman dg moderasi.. lbh menyukai moderasi model centah utk membedakan mana bot atau manusia

  5. Pilihan untuk memasang komentar atau tidak,memoderasi komentar atau tidak,itu memang sebah pilihan.Tapi blog yang memuat komentar bagi saya lebih menarik karena ada interaksi antara pembaca dan penulis juga antara sesama pembaca.Toh,nggak semuanya spam,paling satu dua,itu bisa kita delete,luangkan waktu beberapa menit untuk mendelete.gak sampai lah 5 menit.

  6. ngeri juga tuh spammer nya mas, jadi sekarang saya mau pakai moderasi komentar aja deh :)

  7. tergantung tujuan blog nya untuk apa ya? jika hanya sekedar memberikan informasi dan tidak mengharapkan feedback atau discussion dari visitor dan mendingan di comment nya di OFF kan saja..

    namun menurut saya, lebih baik jika blog nya terbuka untuk diskusi melalui kolom comment..

    ya memang dengan begitu akan terbuka ke spammer… namun itu juga bagian dari interaksi.. jika spammer memberikan posting-an yang off topic, ya komentar tersebut bisa di-delete…

  8. benar sekali,mas..
    lebih baik tidak ada komentar daripada komentar blog kita penuh dengan sampah

  9. Sebaiknya kalau web/blog yang banyak visitornya dimoderasi karena takutnya komentarnya ga positif. Ya kalau ga banyak visitornya ga usah dimoderasi

  10. Setuju banget moderasi untuk komentar

  11. saya pernah pasang kolom komentar di web tapi merepotkan, sehingga bukan hanya kolom nya yg saya hapus tapi artikelnya juga saya hapus…xixi

  12. Ya walau kadang merepotkan juga jika harus moderasi satu satu tapi daripada harus menerima spam di website kita. Mungkin itu memang jadi solusi terbaik

  13. kalau blog saya mungkin live komentar,yah karena masih baru bang hehe. tapi kalau sudah berkelas seperti web ini ya kemungkinan saya filter,karena blog masih sepi jika ada komen 1 atau dua masih kelihtan dan segera saya hapus tapi kalau udah rame begini ya benar harus di sortir bos. salam dari saya ,mkasih web agan menginspirasi say

  14. Wah, pasti seru ya klo banyak yang ngasih komentar, klo di blog saya masih sepi soalnya masih baru, baru belajar juga sih… :)

  15. Spammer di wp.com biasanya langsung masuk spam box, tp kdg ada komen non spam ikut masuk. Saya moderasi komentar hanya yg pertama kali komentar, selanjutnya langsung tayang, soalnya beda waktu negara yg saya tinggali dan indonesia beda 5 jam, kasihan klo komentar tertahan lama.

    • Saya juga pakai cara yang sama saya lakukan untuk blog ini, hanya pada komentar pertama saya moderasi. Tapi kadang saya menemukan komentator lama mengirimkan SPAM di komentarnya, sehingga langsung saya tandai sebagai SPAM dan delete. Entah kenapa, blog saya ini banyak sekali yg kirim komentar SPAM… jadi saya harus ada waktu khusus untuk men-shortir.

  16. Iya juga sih ya, dulu saya tidak pakai moderasi komentar karena tujuan biar langsung muncul gitu, tapi karena banyak yg nitip link akhirnya di moderasi

  17. Saya tidak menggunakan fitur moderasi mas, namun saya menggunakan komentar khusus, dan itu untuk Blogger pastinya yang saya gunakan. Memang harus saya akui kalau ada saja blogger-blogger nakal yang menitipkan linknya, tapi ndak terlalu banyak hingga saat ini. Tapi kalau komentar di blog saya banyak Spammer, maka mau tidak mau saya harus aktifkan fitur moderasi tersebut :D

  18. info bagus ni mas.
    sekarang blog saya pun sering saya moderasi.
    kunjungi balik ya mas
    ilmudes

  19. Lebih enak kolom komenan yang beginian.

  20. Kalau ane sih mending diilangin aja itu form komentar,, kalau memang penting ya diusahakan pake moderasi aja jadi buat koment yang isinya SPAM seperti ” Thanks infonya gan ” cuma itu aja mending langsung disikat saja.. ga nyambung sama artikel..

  21. Terikasih gan infonya, saya jadi tau di komentar juga ada spam kirain di emai saja .

  22. iya , spammer memang sangat mengganggu , semoga blog kita tidak ada spammer yah .

  23. Siapa sich yang tidak kesal dengan SPAMMER?
    Memang kolom komentar bisa dibilang termasuk elemen yang penting dalam web / blog untuk menjembatani pembaca dgn admin.

    Tapi untuk saat ini, saya pribadi lebih memilih untuk tidak mengaktifkan form komentar pada beberapa blog, alasanya ya karena sering kesal dgn ulah spammer .. :)

    • Ada yang menonaktifkan kolom komentar yah
      Kaluu ane kurang sreg aja :’D
      Soalnya menurut ane itu harus qda interaksi juga dengan pembaca lewat komentar biar tamunya juga merasa dihargai *ini menurut ane aja mungkin hehjeeh

  24. wah ternyata alat pembesar nyepam dimana-mana.

  25. thanks info nya gan, but io hate moderation comment blog :)

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud