Beranda Blogging Mengapa Moderasi Komentar di Blog Sangat Penting?

Mengapa Moderasi Komentar di Blog Sangat Penting?

Moderasi-Komentar-di-Blog-website

Komentar, sesuatu yang sangat mudah untuk kita temukan saat ini, baik dalam pergaulan, sosial media, bahkan di sebuah blog sekalipun. Isi dari komentar sendiri ada yang penting ada juga yang tidak penting, ada yang membangun, namun ada juga yang menjatuhkan.

Lalu bagimanakah cara kita menanggapi komentar tersebut? Adakah cara terbaik jika kita menemukan semua jenis komentar tersebut di blog yang kita miliki? Temukan jawabannya pada ulasan singkat berikut ini.

Seperti yang kita tahu, kotak komentar adalah salah satu elemen penting di dalam sebuah blog. Meskipun terkadang beberapa orang lebih suka untuk menghilangkan fitur umum yang satu ini, namun keberadaannya sangat banyak mendatangkan manfaat jika kita mampu mengelolanya dengan baik.

Artikel lain: Cara Sederhana Mengatasi Komentar Spam di Blog

Keuntungan Memiliki Kolom Komentar di Blog

Sebuah kotak komentar dapat menjadi jembatan antara pembaca dan pemiliki blog. Dengan berkomentar dan menjawab komentar yang ada, pembaca dan pemilik blog akan menjadi lebih akrab karena saling berkomunikasi. Pemilik blog bisa mendapatkan masukan berupa sudut pandang yang berbeda mengenai topik artikel dari mereka yang memberikan komentar di blognya.

Keuntungan lain adanya sebuah kotak komentar di blog adalah dapat membuat blog kita terlihat lebih hidup dan ramai. Bahkan tidak menutup kemungkinan bahwa komentar yang ada dapat menjadi nilai tersendiri untuk tulisan dan blog yang kita miliki. Misalnya saja jika blog kita membahas tentang review atau tutorial. Sebuah komentar dari para pembaca yang sudah mencoba menerapkan apa yang ada dalam tulisan tersebut dapat mempengaruhi pembaca yang lain untuk melakukan atau mencari alternatif lain dari review atau tutorial yang kita bagikan.

Di situlah kekuatan sebuah komentar berada. Ia dapat membawa dampak yang positif ketika sang komentator memberikan komentar yang baik, namun ia dapat juga membawa dampak yang negatif ketika sang komentator memberikan komentar yang buruk atas apa yang telah kita tulis atau memberikan komentar SPAM yang mengganggu. Lalu adakah cara untuk menyaring komentar tersebut agar tidak semua komentar terpublikasikan secara langsung pada artikel yang ada di blog?

Moderasi Secara Manual dan Menggunakan Plugin

Beberapa layanan blog memiliki sebuah fitur yang dapat memoderasi komentar. Dengan fitur ini kita dapat menentukan komentar mana yang layak untuk ditampilkan pada tulisan yang bersangkutan di blog kita.

Fitur ini dimiliki oleh layanan blog seperti Blogger dan WordPress, bahkan di WordPress para pengguna diberikan sebuah fitur plugin bernama Akismet yang dapat menyaring komentar-komentar yang dianggap sebagai SPAM. Lalu, apakah kita harus melakukan moderasi komentar?

Bagi saya pribadi, memoderasi komentar adalah sesuatu yang penting dan harus dilakukan. Saya rutin memoderasi komentar yang masuk ke blog saya karena seringkali saya menemukan komentar bersifat SPAM yang isinya sama sekali tidak berhubungan dengan artikel. Bahkan ada juga komentar yang hanya berisi link menuju ke web atau blog SPAMMER tanpa kata-kata khusus yang mereka tujukan untuk tulisan yang dibuat, seperti gambar di bawah ini.

Moderasi-Komentar-di-Blog-2

Maka dari itu untuk menghindari komentar-komentar seperti ini, selain menggunakan plugins Akismet Saya juga memoderasi setiap komentar yang masuk secara manual. Komentar yang terlalu singkat atau tidak berhubungan dengan isi artikel pasti saya hapus.

Beberapa Blogger Tidak Memoderasi Komentar di Blog Mereka

Berbeda dengan beberapa blogger yang saya kenal, mereka lebih memilih untuk tidak memoderasi komentar yang masuk ke blognya. Jadi, setiap kali orang mengirimkan komentar maka komentar tersebut akan langsung terlihat (live) di blog mereka. Sebenarnya ada bagusnya juga, karena si pemberi komentar merasa senang komentarnya langsung terlihat. Masalahnya, sekarang ini banyak sekali SPAMMER yang memanfaatkan fitur kolom komentar untuk memasang link untuk tujuan SEO.

Komentar SPAM biasanya tidak sesuai dengan artikel Anda dan berisi link website, bahkan kebanyakan SPAMMER ini menggunakan software untuk mengirimkan komentar. Tentu saja komentar seperti ini sama sekali tidak ada manfaatnya bagi blog Anda. Justru dengan membiarkan komentar SPAM berisi link-link yang tidak bermanfaat akan membuat blog kita terlihat tidak profesional.

Selain itu, ada juga blogger yang berpendapat bahwa kolom komentar tidak begitu penting karena hanya akan merepotkan mereka untuk menyeleksi atau memilih-milih komentar yang layak ditayangkan dan akan memenuhi inbox email yang digunakan untuk mendapatkan notifikasi. Beberapa orang tersebut lebih memilih untuk menghilangkan fitur kotak komentar di dalam blog mereka agar tidak repot mengurus komentar yang masuk.

Baca juga: Mengapa Bisnis Anda Harus Memiliki Sebuah Blog

Menurut saya, terlepas dari penting atau tidaknya memoderasi sebuah komentar, sebaiknya kita harus tetap memberikan ruang bagi pembaca untuk menyalurkan apa yang mereka pikirkan dari tulisan yang kita publikasikan. Dimoderasi atau tidak, itu adalah pilihan kita sebagai pemilik web atau blog.

Yang jelas, kita harus bisa ‘merakyat’ dengan para pembaca dan memberikan mereka ruang untuk memberikan opini, pertanyaan, ataupun masukan yang bermanfaat dan berhubungan dengan artikel yang kita posting.

30 KOMENTAR

  1. Terkadang di awal2 kita membutuhkan para spammer, hanya sekedar untuk menunjukan bahwa blog kita sudah di kunjungi,…

    Setelahnya baru mulai kita moderasi

    Tapi info dari om max bermanfaat

Tinggalkan Balasan