Beranda Social Media Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube Terbaru di Tahun 2021

Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube Terbaru di Tahun 2021

Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube
YouTuber Indonesia

Bagaimana cara mendapatkan uang dari YouTube? Ini adalah topik yang cukup jamak dibahas oleh pengguna internet saat ini, khususnya para YouTuber pemula.

Sebagian orang menganggapnya rumit, namun nyatanya banyak yang telah menghasilkan uang berlimpah dari media sosial berbagi konten video ini.

Nah, di artikel ini Saya akan membahas secara ringkas beberapa metode yang bisa Anda lakukan dalam menghasilkan uang di YouTube.

Khusus buat Anda para pemula, dalam artikel ini saya akan membahas beberapa hal berikut:

  • Penjelasan singkat apa itu YouTube.
  • Alasan mengapa menghasilkan uang dari YouTube.
  • 5 Cara mendapatkan uang dari YouTube.
  • Jenis konten yang disarankan untuk menghasilkan uang dari YouTube.
  • Starter Kit menjadi YouTuber

Simak selengkapnya bagaimana cara menghasilkan uang dari YouTube, dan penjelasan dari mana uang tersebut didapatkan YouTuber.

Apa Itu YouTube?

Cara mendapatkan uang dari YouTube

Jika Anda sering menggunakan internet, pasti sudah tidak asing lagi dengan situs YouTube.com. Situs ini adalah media sosial berbasis video di mana kita bisa mengunggah video milik kita ke internet.

Dan kita juga bisa menonton video yang di-unggah orang lain ke YouTube secara gratis, dan ada juga versi premium-nya.

Saat ini YouTube.com menjadi salah satu media sosial yang paling banyak digunakan di seluruh dunia dan menjadi salah satu penghasil uang yang sangat populer.

Salah satu alasan mengapa YouTube sangat digemari oleh pengguna internet adalah karena YouTube memberikan konten video yang terlihat nyata. Berbeda dengan konten gambar atau teks yang mungkin kurang terlihat ‘hidup’ di mata sebagian pengguna internet.

Berbagai konten video yang ada di situs YouTube diunggah oleh para penggunanya dengan tujuan yang berbeda-beda.

Ada pengguna YouTube yang mengunggah video untuk tujuan bersenang-senang, ada yang ingin mempromosikan bisnis dan event, ada yang bertujuan ingin berbagi kepada orang lain, dan lain sebagainya.

Semua pengguna internet pasti lebih suka dengan konten yang terlihat real dan atraktif, itulah sebabnya mengapa pengguna internet betah berlama-lama berada di YouTube.

5 Alasan Mengapa Memilih YouTube Sebagai Sumber Penghasilan

Cara Mendapatkan Uang Dari YouTube

Sudah tidak terhitung lagi banyaknya content creator yang ada di YouTube, termasuk yang berasal dari Indonesia. Sebut saja Dedy Corbuzier, Atta Halilintar, Jesicca Jane, Baim Paula, Jess No Limit, Raditya Dika, Arief Muhammad, dan lain sebagainya.

Mungkin Anda bertanya-tanya, apa sih alasan mereka menghasilkan uang dari YouTube?

Pada dasarnya, setiap orang punya pandangan yang berbeda-beda. Namun, setidaknya ada 5 alasan kenapa Anda harus mempertimbangkan YouTube sebagai media untuk mendapatkan uang, yaitu:

1. Orang Indonesia Suka Menonton

Alasan pertama ini bukan tanpa data. Menurut Survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), sebanyak 69,64% masyarakat Indonesia menggunakan internet untuk menonton video.

Artinya, pengguna internet di Indonesia lebih banyak menonton video ketimbang hal lainnya, misalnya membaca artikel. Ini merupakan potensi yang sangat besar bagi para video creator untuk mendapatkan audiens dari YouTube.

2. Pengguna YouTube Sangat Banyak

Sebenarnya ada platform video lain selain YouTube, misalnya; vidio.com, Vimeo.com, Dailymotion.com, Facebook.com, dan beberapa lainnya.

Namun saat ini YouTube telah menguasai sekitar 90% market share pengguna internet di Indonesia. Dengan kata lain, sebagian besar pengguna internet lebih memilih YouTube untuk mencari konten video online.

3. YouTube Mengalahkan Televisi

Dalam waktu dekat diperkirakan pengguna YouTube akan menyaingi atau bahkan lebih banyak dibandingkan dengan orang yang menonton televisi.

Selain karena alasan kemudahan, konten di YouTube juga sangat beragam dan dapat dipilih sesuai dengan keinginan penonton.

Uniknya lagi, banyak kanal televisi Indonesia yang telah memiliki channel resmi di YouTube. Jadi, pengguna YouTube juga bisa menonton program televisi di platform ini.

4. Siapapun Bisa Jadi YouTuber

Menjadi seorang YouTuber tidak membutuhkan proses casting atau audisi. Inilah keuntungan menggunakan YouTube, semua orang bisa berkreasi sesuai dengan kemampuannya masing-masing.

Setiap orang memiliki kebebasan dalam menciptakan konten video (tentunya harus mengikuti TOS YouTube). Dengan kata lain, siapa pun bisa menjadi YouTuber dan menghasilkan uang dari video mereka.

5. Syaratnya Mudah

YouTuber tidak harus memiliki jutaan subscriber untuk bisa menghasilkan uang dari YouTube. Namun, tentu saja idealnya semakin banyak subscriber maka potensi pendapatan pun semakin tinggi.

Ada beberapa kebijakan dan syarat monetisasi YouTube yang harus dipenuhi oleh para YouTuber. Namun, secara umum syarat tersebut tidak sulit untuk dilakukan oleh setiap orang.

Cara Mendapatkan Uang Dari YouTube

Bagi para pemula, mungkin Anda bingung bagaimana cara para content creator tersebut bisa mendapatkan uang banyak dari YouTube?

Seperti prinsip bisnis yang kita ketahui selama ini, di mana ada keramaian maka di sana akan ada banyak uang atau potensi keuntungan.

Berikut ini adalah beberapa cara menghasilkan uang dari YouTube melalui program YouTube Partner:

  1. Pendapatan Iklan: menghasilkan uang dari iklan yang tayang di video Anda, baik itu iklan display, overlay, atau iklan video.
  2. Langganan Channel: mendapatkan uang dari pelanggan yang melakukan pembayaran bulanan secara berulang untuk menonton video Anda.
  3. Galeri Merchandise: penggemar Anda dapat mencari dan membeli merchandise bermerk resmi yang ditampilkan di halaman tonton Anda.
  4. Super Chat & Super Stickers: fitur YouTube di mana penggemar harus membayar agar pesannya diperjelas dalam streaming chat.
  5. YouTube Premium: mendapatkan uang dari bagian biaya langganan YouTube Premium saat pelenggan menonton konten Anda.

Sepengetahuan saya, sebagian besar YouTuber Indonesia menghasilkan uang di YouTube dari pendapatan Iklan yang tayang di video mereka.

Mungkin ada juga YouTuber Indonesia yang mendapatkan penghasilan dari YouTube premium, Galeri Merchandise, Super Chat & Super Stickers, dan Langganan Channel. Namun, saya belum ada data yang valid tentang metode tersebut.

Nah, karena alasan itulah maka saya hanya akan membahas tentang cara menghasilkan uang dari YouTube dengan metode Pendapatan Iklan.

Cara Mendapatkan Uang di YouTube Dari Pendapatan Iklan

Sekarang ini ada banyak sekali orang yang menghasilkan uang dari video-video yang mereka unggah ke YouTube. Bahkan ada orang yang menghasilkan uang hingga ratusan juta rupiah per bulan dari video yang mereka unggah ke YouTube.

Berbagai jenis video bisa kita temukan di YouTube, mulai dari video tutorial, video musik, video berita, video humor, video tentang sains dan teknologi, video dokumentasi seseorang ketika berlibur, video cuplikan film, dan banyak jenis video lainnya.

Kalau kita membuka situs YouTube, maka kemungkinan besar kita akan melihat iklan di sana, baik itu di bagian videonya ataupun di bagian side bar. Iklan tersebut biasanya tampil pada video-video yang jumlah views nya banyak.

Nah penghasilan si pemilik video ini berasal dari klik iklan atau jumlah tampilan iklan yang muncul di video tersebut. Lihat tampilan iklan YouTube di gambar berikut ini;

Cara-Mendapatkan-Uang-Dari-Youtube-01

Banyak YouTuber mendapatkan penghasilan hanya dengan membuat vlog tentang kehidupan mereka dan mendapatkan banyak penayangan dan komentar.

Ingin tahu bagaimana mereka melakukannya? Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengetahui cara menghasilkan uang di YouTube.

1. Membuat Channel YouTube

Anda harus memiliki akun YouTube agar bisa membuat Channel YouTube. Tidak sulit untuk membuat akun YouTube, jika Anda pernah membuat akun di salah satu produk Google (misalnya Gmail.com) maka akun tersebut bisa kita gunakan untuk membuat akun di YouTube.

Langkah pertama adalah login ke akun Google Anda (misalnya Gmail), setelah itu buka situs YouTube.com. Nanti Anda akan melihat tampilan situs YouTube seperti gambar berikut ini,

Cara-Mendapatkan-Uang-Dari-Youtube-02.jpg

Langkah berikutnya adalah membuat Channel untuk akun YouTube Anda. Klik link “My Channel” yang ada di sebelah kiri. Nanti akan muncul pilihan, apakah kita akan menggunakan nama asli (nama sewaktu mendaftar email) atau menggunakan nama lain sebagai nama Channel di Youtube.

Bila Anda ingin membuat Channel yang unik, sebaiknya menggunakan nama lain sebagai nama Channel YouTube, misalnya nama domain website Anda atau nama khusus. Klik link “To use a business or other name, click here”, nanti akan diarahkan ke halaman baru.

Lihat gambar,
Cara-Mendapatkan-Uang-Dari-Youtube-03.jpg.png

Pada halaman baru tersebut, masukkan nama Channel yang sesuai dengan yang Anda inginkan. Lalu pilih kategori yang sesuai, jangan lupa centang bagian “I agree to the Pages Terms”, lalu klik “Done”. Lihat gambar,
Cara-Mendapatkan-Uang-Dari-Youtube-04

Setelah langkah di atas, kita akan diarahkan ke halaman Channel milik kita di YouTube. Selanjutnya kita bisa mengatur tampilan Channel tersebut, mulai dari menambahkan gambar untuk icon, menambahkan cover, dan pengaturan lainnya. Sampai di sini kita sudah berhasil membuat akun YouTube dan membuat Channel khusus.

Tips:

  • Buat nama channel yang unik, asli, singkat, dan mudah diingat. Jika sebelumnya Anda sudah memiliki channel, Anda dapat mengubah namanya menjadi lebih unik.
  • Gunakan kata kunci yang relevan yang akan menarik orang ke channel Anda. Anda dapat menambahkan kata kunci dengan membuka bagian Lanjutan di Pengaturan Channel Anda.

2. Mengupload Video ke YouTube

Agar bisa menghasilkan uang dari YouTube, kita harus memiliki konten video original yang di-upload ke Channel kita di YouTube. Konten video ini harus milik Anda sendiri atau video yang materinya tidak melanggar hak cipta orang lain, mulai dari materi videonya (video clip, image, logo) sampai back-sound.

Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk mendapatkan ide konten video, kita bisa membuat video unik dengan merekam kegiatan sehari-hari yang unik. Misalnya kegiatan memancing, video tutorial, merekam saat bermain gitar, dan lain-lain.

Di bawah ini adalah salah satu contoh video unik yang banyak sekali ditonton di YouTube.

Rajinlah membuat dan mengunggah video unik ke Channel Anda, setidaknya Anda perlu mengunggah sekitar 100 – 200 video unik dan menarik ke YouTube untuk mendapatkan penghasilan yang lumayan besar.

Semakin banyak video yang di-upload ke Channel Anda, maka akan semakin besar peluang untuk mendapatkan penghasilan dari YouTube.

Jngan pernah mengunggah materi video yang melanggar hak cipta orang lain ke dalam Channel YouToube Anda karena hal tersebut bisa membuat akun Anda bermasalah di kemudian hari.

Tips:

  • Konsistensi adalah kuncinya. Unggah konten berkualitas tinggi secara teratur.
  • Anda tidak akan mendapatkan perhatian penonton secara instant. Jadi, teruslah mempublish video secara teratur sehingga Anda menjadi lebih terlatih.
  • Tingkatkan kualitas konten dengan memakai kamera yang lebih baik.
  • Bila memungkinkan, gunakan software pengeditan video yang lebih baik.
  • Tambahkan tag pada setiap video Anda dengan kata kunci yang relevan. Dan jangan lupa menulis deskripsi yang menarik agar video Anda terlihat oleh orang yang mencari video sesuai konten Anda.

3. Membangun Audiens Channel YouTube Anda

Langkah ini sangat penting karena audiens yang besar akan menghasilkan lebih banyak uang. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan popularitas Channel YouTube, di antaranya:

  • Rajin mengunggah video yang bermanfaat, unik, dan menarik.
  • Fokus mengunggah konten yang sesuai dengan niche atau minat Anda. Bila Anda memiliki keahlian dalam bermain gitar, maka fokuslah membangun video yang berhubungan dengan gitar. Misalnya Anda bisa membuat cover gitar untuk lagu penyanyi terkenal atau pemain gitar terkenal. Dengan begitu Channel Anda akan mudah dikenali oleh para pengguna YouTube.
  • Ajak audiens Anda untuk menjadi subscriber Channel YouTube Anda. Semakin banyak subscriber Anda maka peluang untuk mendapatkan views lebih banyak pada video-video Anda akan semakin besar.
  • Promosikan video atau Channel YouTube Anda ke media sosial lainnya, misalnya ke Facebook.
  • Berinteraksilah dengan audiens Anda dengan membalas komentar mereka dan sesekali membuat video berdasarkan permintaan mereka. Jika Anda menyapa pemirsa Anda secara langsung, kemungkinan mereka akan secara sukarela mempromosikan channel Anda dan membawa lebih banyak audiens.

4. Monetisasi Channel YouTube

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan keuntungan dari YouTube. Namun sebagian besar orang lebih memilih iklan Google Adsense untuk memonetisasi konten video mereka.

Dengan melakukan monetisasi, YouTube dapat menempatkan iklan di video Anda. Ketika orang menonton video Anda sembari melihat iklan, Anda akan mendapatkan uang. Ini adalah langkah terpenting tentang cara menghasilkan uang di YouTube.

Anda bisa mengaktifkan fitur monetisasi pada channel YouTube Anda setelah memenuhi syarat. Sebaiknya baca dulu syarat monetisasi YouTube terbaru agar Anda lebih paham.

Mengaktifkan opsi monetisasi dan mengonfirmasi bahwa video Anda tidak melanggar hak cipta orang lain. Klik “My Channel”, lalu klik “Video Manager” di sana Anda akan melihat opsi mengaktifkan monetisasi.

5. Periksa Fitur Analitik

Buka menu “Your Channel” atau “Saluran Anda”.

Buka opsi Analitics dan perhatikan performa iklan yang muncul di video Anda. Di sini Anda akan melihat jumlah penghasilan, demografi, jumlah penayangan video, dan informasi lainnya.

Mengacu pada informasi dari Analitik tersebut, Anda dapat memodifikasi konten agar dapat meningkatkan subscriber dan penghasilan.

6. Promosikan Video Anda

Sebagian orang beranggapan bahwa tidak cukup hanya mengunggah video di YouTube. Bila diperlukan, Anda juga bisa membuat blog dan membuat akun media sosial lainnya untuk mempromosikan video Anda.

Misalnya, Anda bisa menyematkan video Anda di postingan artikel blog untuk mendapatkan perhatian dari lebih banyak orang. Anda juga bisa membagikan video Anda di Facebook, Instagram, dan Twitter.

7. Menjadi Mitra YouTube

Jika channel YouTube Anda telah memiliki total 15.000 jam view dalam 90 hari terakhir, maka Anda memiliki kesempatan menjadi mitra YouTube.

Ada banyak keuntungan menjadi mitra YouTube, seperti; akses ke banyak alat pembuat konten, mendapatkan dukungan dan kita sukses dari komunitas mitra YouTube lainnya.

Jenis Konten Untuk Mendapatkan Uang di YouTube

Pada dasarnya ada banyak sekali ide konten video yang bisa Anda buat. Selama konten tersebut tidak melanggar aturan YouTube, silahkan dikembangkan saja.

Namun, ada beberapa jenis konten yang telah terbukti memiliki banyak penonton di YouTube. Berikut ini beberapa jenis konten YouTube yang berpeluang mendapatkan banyak views di YouTube.

1. Video Tutorial

Sebagian besar pengguna YouTube pasti pernah menonton video tutorial. Entah itu tutorial yang berhubungan dengan teknologi, make up, memasak, dan tutorial lainnya.

Nah, buat Anda yang memiliki keahlian di suatu bidang, Saya menyarankan untuk membuat channel YouTube yang berisi tutorial.

Misalnya Anda adalah seorang make up artis, Anda bisa membuat video tutorial cara make up.

2. Video Review atau Unboxing

Konten berbentuk review atau unboxing produk merupakan jenis konten yang sangat banyak dicari di YouTube. Alasanya karena konsumen biasanya ingin mengetahui pengalaman orang lain yang telah menggunakan suatu produk sebelum membelinya.

Nah, jika Anda termasuk orang yang sering membeli barang-barang maka jenis konten review produk bisa menjadi salah satu ide konten video Anda.

3. Video Pengetahuan dan Tips

Apakah Anda punya hobi atau keahlian di bidang tertentu? Tentunya Anda memiliki pengetahuan dan tips tentang keahlian tersebut.

Anda bisa membagikan pengetahuan atau keahlian tersebut kepada orang lain melalui video YouTube. Misalnya Anda ahli di bidang keuangan, Anda bisa berbagi tips-tips mengelola keuangan kepada subscriber Anda.

4. Video Berisi List

Jenis video yang berisi list atau daftar ternyata cukup banyak penontonnya di YouTube. Misalnya, video tentang daftar orang-orang terkaya di dunia tahun 2021, daftar pemain sepak bola terbaik, daftar wanita tercantik di dunia, dan lain sebagainya.

Video yang berisi list atau daftar biasanya berupa potongan-potongan gambar, video, dan suara. Terkadang jenis video ini hanya berisi tulisan dan kolase foto-foto saja.

5. Video Inspirasi

Video yang berisi pesan-pesan inspirasi juga merupakan salah satu jenis video yang sangat banyak ditonton di YouTube. Misalnya, kisah sukses seorang guru Bahasa Inggris yang sukses berbisnis e-commerce, Jack Ma.

Tidak hanya itu, kisah hidup Anda sendiri juga bisa menjadi sumber inspirasi bagi orang lain. Khususnya bagi mereka yang sedang berjuang menghadapi masalah yang sama.

Starter Kit Seorang YouTuber

Cara Mendapatkan Uang dari YouTube

Seorang YouTuber harus punya peralatan yang mumpuni agar bisa menghasilkan kualitas video yang berkualitas. Berdasarkan pengalaman banyak orang, berikut ini adalah beberapa peralatan yang harus dimiliki oleh seorang YouTuber.

1. Kamera

Sebagai awal, Anda bisa menggunakan kamera ponsel Anda. Mungkin kualitasnya akan terlihat kurang baik, namun ini bisa menjadi awal bila Anda kurang modal.

Namun bila Anda memiliki modal yang cukup, sangat disarankan untuk mempersiapkan kamera yang profesional. Sebaiknya video Anda direkam dalam kualitas 1080p HD untuk mendapatkan hasil terbaik.

2. Software Editing Video

Komputer masa kini memang memiliki perangkat lunak yang cukup baik, misalnya iMovie pada iMacs. Namun, dengan software seperti Adobe Premier, Final Cut Pro, Vegas, Lighworks, dan lainnya Anda bisa melakukan pengeditan yang lebih baik.

3. Mikrofon

Sebaiknya video Anda memiliki audio yang jelas agar orang lain dapat mendengarnya dengan baik. Memang sebagian besar kamera dilengkapi dengan mikrofon, namun jika kamera ANda tidak dilengkapi mikrofon yang baik maka Anda harus menyiapkan mikrofon tambahan.

4. Lighting

Pencahayaan merupakan faktor penting dalam membuat video yang berkualitas. Jika Anda melakukan shooting di dalam ruangan yang kurang pencahayaan, sebaiknya Anda membeli lampu cincin LED khusus.

Anda juga bisa menambah lampu di dalam ruangan di mana Anda melakukan pengembilan video.

5. Latar Belakang

Ini tergantung kebutuhan, tetapi YouTuber tertentu membutuhkan latar belakang atau background ketika merekam video. Jika membutuhkannya, Anda bisa mempersiapkan background yang polos dengan dekorasi minimal.

6. Ide Konten yang Konsisten

Sebaiknya semua ide konten Anda memiliki topik yang saling berhubungan. Misalnya Anda punya channel yang topiknya membahas tentang bisnis online, maka sebaiknya tetaplah pada topik tersebut.

Jangan membuat konten yang berbeda-beda topik atau tidak berhubungan. Ide konten yang setopik akan membuat penonton ANda menikmati channel Anda dan betah berlama-lama di sana.

7. Rasa Percaya Diri

Kegugupan dan terlalu percaya diri merupakan masalah ketika Anda membuat konten video. Pada umumnya, orang kurang suka menonton seseorang yang malu kamera atau terlalu percaya diri di kamera.

Kuncinya adalah menjadi diri sendiri. Mungkin pada awalnya banyak YouTuber merasa malu, namun seiring berjalannya waktu pada akhirnya mereka akan menemukan rasa percaya dirinya.

8. Sesuai Dengan Pasion

Channel yang dibuat berdasarkan passion atau ketertarikan di suatu bidang biasanya akan lebih sukses. Melakukan hal-hal yang Anda suka tidak akan pernah membuat Anda kehabisan ide konten karena tidak akan berhenti.

Berbeda jika Anda membuat konten video yang kurang Anda sukai. Kemungkinan besar Anda akan bosan dan malas menggali ide konten baru.

Semua Bisa Menghasilkan Uang dari YouTube

Jenis Konten YouTube

Kunci keberhasilan dalam bermain YouTube adalah kreativitas. Semakin banyak video kreatif dan menarik di dalam Channel Anda, maka peluang untuk mendapatkan penghasilan dari YouTube akan semakin besar juga.

Tidak ada batasan penghasilan yang bisa Anda dapatkan, karena yang menentukan adalah keunikan, kualitas materi video, dan jumlah views video yang kita unggah ke YouTube.

Di atas tadi adalah beberapa langkah cara mendapatkan uang dari YouTube yang bisa Anda lakukan sekarang juga. Perlu diingat bahwa semua bisnis membutuhkan waktu agar menghasilkan, begitu juga dengan para YouTuber.

Jika Anda konsisten membangun konten menarik di YouTube, pasti akan tiba waktunya Anda menikmati penghasilan tak terbatas.

Selamat mencoba!

423 KOMENTAR

  1. sangat bermanfaat sekali artikelnya admin, tapi disini saya ingin berbagi pengalaman sedikit ia admin dalam mencari uang dalam dunia internet semata mata jangan menjadi sumber utama setidaknya itu hanya menjadi kehobian saja iya teman teman karna apa dalam meningkatkan pelanggan maupun jam tayang cukup sulit juga jadi ada baiknya bermain youtube hanya untuk kehobian dan menjadikan arsip di kala waktu senggang sehingga nanti lama lama kita tanpa sadar dan bisa menjadi sumber penghasilan yang sangat menjanjikan dan ingat jangan terlalu ambisius

  2. Saya perhatikan hampir semua sosial media sudah mengikuti cara YouTube, yaitu memberikan kompensasi atas iklan yang muncul di konten.

    Itu sebabnya ada banyak content creator yang bermunculan. Menurut saya para content creator inilah yang membuat YouTube semakin berkembang.

    Harusnya Kaskus juga meniru cara YouTube ini, kalau ngga lama-lama mereka akan redup. Sekarang Kaskuser banyak yg beralih pada sosial media, selain berbagi pengalaman mereka bisa dapat duit.

    Nice article btw.

  3. Terimakasih atas Ilmunya dn Penggalamanny y Om ‘ Smga Apa yg diingikn Para* Calon Youtuber Slama ini Tercapai dnn Terkabull.. Aminn

  4. Terimakasih.. ini sangat membantu youtuber baru, seperti saya yang baru mau mulai.

  5. Terinspirasi juga…terima kasih banyak informasinya sangat bermanfaat.
    Namun teknis dapat uang nya dari mana, bagaimana? Terima kasih jawaban sangat saya tunggu.?

  6. Saya buat akun youtube Agustus 2018, oktober 2018 ini sudah 1000 subscriber lebih dan lebih 4000 jam watch time, apa saya bisa langsung di monemonetisasi youtube, video saya ada 8 dan original content. Terima kasih

  7. artikelnya sangat membantu dan bermanfaat bagi saya, saya akan menyimpan link artikel ini ke halaman favorit. dan saya pasti akan berkunjung kesini lagi, thanks ya gan

  8. maaf gan,,…ane mau tanyani,…coz ane udah pusing n jengkel bacanya. mungkin karna ane g ngerti kali ye…
    ni dari akun youtube ane selama ini n udah konek dengan adsense.
    untuk totalnya selama ini dari th 2017
    -waktu tonton 1.660.505 menit
    -1.060.219 penayangan
    -est pendapatan IDR 6,54
    -subscriber 2.379
    ..di adsense total pendapatan ana
    e Rp.7.
    dan udah lama ane lihat tombol monetizasi ane g kena dinyalain.
    untuk status n fitur “Mitra Terverifikasi”
    tp di menu monetizasi Status akun: Sedang ditinjau
    mohon dengan amat sangat penjelasannya….
    terimakasih

  9. Mas kalo upload video yang banyak dulu, sampai views nya juga banyak, tanpa daftar Google ads, nanti ttp bakal Ada iklan ga? Maksudnya kalau daftar/monetize nya akhir2an biar sekalian gede bisa ga? Atau harus daftar dulu biar Ada iklan nya? Thx

  10. Kak mau tanya dong, kalau iklan yang di pasangnya itu harus milik kita? Atau boleh iklan apa saja punya orang lain misalkan iklan lazada kya gitu?
    Maaf ya kak pemula hehe

    • Kalau mau tampil otomatis di video ya harus pakai iklan Google Adsense, tapi kalau mau pasang iklan Lazada bisa di bagian deskripsi videonya.

  11. 2 tahun lebih saya ngblog hasilnya sedikit sekali. cuma ratusan ribu perbulan. Jadi pengen pindah ke youtuber tapi syarat youtube sekarang benar-benar sulit. Jadi bingung. :( Kurang beruntung nasib cari uang online…

  12. mau nanya mas,kan sy suka remix,sy dpetin mp3 remix nya dri youTube yg sy download,tapi sy rubah sedikit & sy sambungin mp3 nya jd durasi agak panjangan, trs sy upload apa sy melanggar?

    • Itu sama saja dengan reupload, videonya sama cuma diedit dikit. Menurut saya itu melanggar karena tidak ada ijin dari yang punya video

  13. Bang mau nanya..? apakah setelah video di upload dan mendapat 10.000 penayang baru kita di minta verikasi rekening pemilik akun atau gimana bang, soalnya waktu Mendaftar Ke Google Adsense tidak terlihat kolom registrasi rekening kita.

    Maaf bang pemula jadi masih bingun mohon tanggapannya..”’ hehehe

    • Pertama, mas Hakun sudah punya akun Google Adsense yang terhubung dengan akun YouTube mas. Proses verifikasi akun Google Adsense biasanya bila penghasilan dari iklan sudah mencapai $10, nanti akan dikirim PIN ke alamat kita. Setelah mendapatkan PIN, masukkan PIN tersebut ke kolom yang disediakan untuk verifikasi.

      Setelah proses verifikasi berhasil, selanjutnya mas bisa memilih metode pembayara (Western Union atau Wire Transfer). Pengaturan metode pembayaran ini dilakukan di akun Google Adsense ini hanya bisa dilakukan setelah akun Google Adsense sudah verified.

  14. min selamat malam..
    saya mau tanya kok saya udah daftar di youtube biasa lalu saya daftarkan ke google adsense video yg saya uplod kok ngak muncul digoogle adsense you tube ya knp?

  15. sy sdh buat accout youtube, bagaimana tahu ada danaduit dari youtube? maaf msh pertama kali

    • Video mu sudah ada berapa mas, dan berapa jumlah tayangan videonya? Kalau videonya masih kecil dan tayangannya masih kecil, tidak usah repot ngecek duitnya, pasti belum ada hehehe. Btw akun YouTube nya sudah dihubungkan dengan Google Adsense belum?

  16. Aku kan suka anine ni om
    Sering dwnld dr link goggle
    La klo vidio itu aku ungah ke Yt melangar hak cipta kaga om??

  17. mau tanya pak, bagaimana kalau videonya asli dari kita dan kita menaru videonya dengan lagu dari orang lain atau artist dari luar negri?

    • Maksud pak Bolom cover lagu orang ya? Membuat video menyanyikan ulang lagu orang lain dan menguploadnya ke YouTube sebenarnya sudah banyak dilakukan sekarang ini. Itu tidak masalah pak.

  18. mas bagimana caranya dpatkan uang dr youtube .Bantuin aku caranya donk. Daftarnya d mana ….???

  19. Om mau tanya.. Saya punya vidio yang akan saya upload di youtube. Tapi saya belum punya ktp karena belum jadi dan saya berencana pakai ktp ortu nah permasalahannya…. Ktp sama tempat tinggal saya sekarang ini beda( pindah) itu kan adsense memberikan pin. Dan sya bingung mengisi data dirinya. Agar pihak google memberikan pinnya sampai kerumah saya?? TOLONG DI JAWAB!!

    • Pakai data alamat KTP yang baru aja, lalu minta dikirim PIN ulang. Itu kalau pembayarannya disetting dengan WU ya. Tapi kalau selama ini pembayarannya sudah via transfer bank, tenang aja, tidak perlu mengubah apa-apa karena data rekening bank kak Mawar sudah tercatat.

  20. Gan mau nanya, kalau akun adsense buat youtube dan blog di satuin satu akun itu boleh gak, akan berdampak buruk atau tidak bila youtube dan blog akun adsense.nya satu email ?

    • Ya ngga masalah mas. Cuma pertanyaannya, mas Joe ini lebih banyak dapat dari YouTube atau dari blogging? Itu aja yang dimaksimalkan

  21. Kayak mana dpt duitnya datangnya dari mana kalau sudah banyak yg melihat dan like masuk duitnya dimana sedangkan penyampaian diatas belum adaa dijelaskan

    • Uangnya didapat dari iklan mas Adrianus. Coba perhatikan YouTube, pasti ada iklan di setiap videonya. Semakin banyak view, maka peluang untuk mendapatkan uang akan semakin besar.

    • Pencairannya ada dua opsi, yaitu via Western Union dan Wire Transfer. Sebenarnya di awal jangan terlalu pusing cara pencairan uangnya, tapi bagaimana cara membangun sebuah channel yang berisi video-video mantap dan bisa menghasilkan uang

  22. gan kalau yt ane gak ada iklan nya lagi padahal sebelumnya ada, itu kenapa yaa?

  23. Gan.aq udah upload video di youtube..kira kira ada 5 video.. aku jg sudah bkin akun adsense dan jg sudah bermitra dgn google.. lalu semua video sudah termonetis tp yg keluar dr data statistik di youtube cuma satu video yg lain nya tidak..dan di akun adsense jg pendapatan msh saja nol.tidak ada perkembangan..apa yg salah ya gan..tolong bantuannya

  24. Mau nnya gan apakah pecairan youtube bisa lewat paypal.,

    Dan ESTIMATED EARNINGS Saya $0.36-$6. Itu nilai yg asli ny yg mna apa yg $0.36. Atau yg $6

    • Pencairannya tidak ada pilihan melalui paypal adanya hanya Transfer antar bank khusus untuk akun Indo. Earning $0.36 memang segitu, bukan menjadi $6 .

  25. tp akhir2 ini pendapatan menurun gan, semenjak banyak pemain besar yang mencabut iklannya dari YT

    • Menurut saya itu hanya sementara mas. Pada waktunya nanti para pengiklan besar akan kembali lagi beriklan di YouTube. Sekarang YouTube sedang berbenah, menghapus video-video bermasalah yang menyebarkan kebencian dan terorisme di YouTube.

  26. gan tolong info bikin google adsense. gabisa daftar karna gada website

  27. bang mo tanya kalu akun adsense bisa di daptar di akun youtube yg lain mis:paid2youtube.itu kan mendaptar supaya nonton youtube di bayar.boleh ngak.?

  28. bagaimana caranya mohon bimbingan pusing??????????udah buat video kok ga disetujui adsene

  29. Bang, mau nanya nih
    -Jika akun YT kita sudah ada iklan, lalu bagaimana cara kita mendapatkan penghasilan dari YT tersebut ?

  30. Mau tanya gan…video yg dpt uang dri youtube itu klo view,subscribe n brp kali tayang??

  31. Min saya mau tanyak ni cara membuat akun Google Adsense. Apakah harus menyertakan website ? Jika saya tidak memiliki website bagaimana min?
    #MohonBantuan

  32. Bang mau tanya dong,saya sudah buat akun youtube n dah upload beberapa video baik orisinil maupun reupload.yg mau saya tanyakan adalah
    1.jika tidak punya akun google adsense apa mungkin bisa mendapatkan uang dr youtube,hanya upload video2 saja gt,soalnya pas daftar google adsense di suruh masukan link web saya gt.sedangkan sy tdk punya web/blog bang.gmn tuh bang?!
    2.yg di maksud “lisensi youtube&standar” apa ya?!
    3.kalau upload video milik orang lain apa akan di banned akun youtube/google adsense kt bang?!trmkasih atas pencerahanya???

    • 1. Bisa, caranya jualan via YouTube. Cantumkan link jualan di Marketplace dalam deskripsi videonya. Sudah banyak kog yang mempraktekkan cara ini.
      2. Video nya tidak melanggar hak cipta orang lain
      3. Tergantung, kalau videonya melanggar hak cipta orang lain bisa berujung banned akun YouTube

      • Bang,sorry tanya lagi nih!!!
        1.kalau lokasi video konten sy di rubah dari lokasi indo ke luar negri,ada efeknya gak bang?!efeknya apa saja?!
        2.di analysis kan ada video kita di lihat lewat app lain tuh,pengaruh ga sama pendapatan kita kalau orang yg liatnya lewat app lain selain yotube,misalkan fb gt?!krn sy sering share lewat fb gt!
        3.apa benar jika kita sering upload video tiap hari nanti akun youtube kita kena banned bang?!
        Matur suwun atas pencerahanya.???

  33. Min saya mau tanya, apakah satu akun adsense bisa untuk dua situs web? Misalnya blogspot dan youtube. Terimakasih.

    • Satu akun adsense bisa untuk banyak website mas Agus. Jangankan dua situs, 20 situs pun bisa dipasang iklan dari satu akun adsense

  34. Sebenarnya uang yang di bayak pihak google tergantung view nya…..kalo video kita banyak yang view yah makin banyak uang yang di dapat…kalo belom ada view nya yah masih 0 di google adsense nya…cara cairkan nya bisa melalui rekening atau western union….

  35. Wah saya masih belajar nih penghasilan juga masih dikit2, susah naikin viewer nya

  36. yng gwe g ngerti itu uangnya dri mana dan bagaimana agar sampai ke tangan kita, klo cuma artikel kya gitu sih g guna

    • gan, kita dptin uangnya dari mana, apa lgs ke rekening kita, dan apabila di youtube saya udah ada orang pasang iklan tu ngambil uang jasa gimana tu gan..

      • Kerjasama dengan google adsense pak. Setelah syarat dipenuhi dan layak, tinggal di daftarkan adsense. Setelah diterima dan iklan tayang, kita akan dibayar dari view dan klik iklan di youtube kita.

  37. terimakasih tutorialnya gan.. tapi sebelumnya apa ada kewajiban dalam jumlah video ketika ingin endaftar google adsense youtube ?

  38. Terima kasih gan utk tipsnya, semoga menjadikan inspirasi buat saya utk lbh rajin dan kreatif.

  39. sebuah peluang bisnis yang sangat sayang buat dilewatin. Jadi makin semangat untuk mencari kiat-kiat khusus, agar bisa sukses sebagai youtuber..

  40. Mas… Saya mau tanya.misalnya video sudah di tonton ribuan view dan sudah punya akun google adsancenya tapi pas d luhat ko masih nol pendapatannya. Tapi itu udah di kaitkan k iklan atau monetisasi tapi ketika saya cek ga ada nominal masuk uang sdikitpun…

    • Ya videonya agan sudah ada peraetujuan dari ggle adsense? Kalo misalkan udah.pasti ada ini saya juga baru bikin alhamdulillah lah

  41. mau tanya lur..

    apakah anda youtuber?bila iya,apakah anda punya sponsor dan pernah dibayar sponsor?

    dan bagaimana blog anda bisa diposisi teratas di mesin telusur google,dan apakah blog anda sudah menghasilkan uang?

    thanks lur..

  42. waahhh mantap nih buat pemula.. ane mau nyoba juga … tapi masih perlu banyak bimbingan dari para mastah yang sudah berpengalaman lebih banyak

  43. Gan, di yutube saya, sudah ada estimasi earning, tetapi ketika saya cek di G Adsense kok masih 0 ya ??

  44. mau nanya nih mas, klo kita daftarkan lagi akun google adsen yg di tolak sama google ke youtube kira2 bisa di accapt gak ya?

  45. mau tanya gan ,bagai mana cara supaya video youtube kita mendapatkan banyak viewer atau subscribe?
    Thank

    • Orang mau subscribe ke channel kita karena channel tersebut punya banyak video yang bagus dan menarik. Jadi, kalau mau banyak subscriber ya harus rutin publish video yang menarik. Itu aja sih kuncinya.

      • Mas mau tanya tentang hak cipta.klw msalkan mau unggah film dri karya orang lain itu melangar hak cipta kan ya?atau ada cara lain ga?supaya video tersebut bisa tetap di unggah dn tdak melanggar hak cipta juga.

        • Tentu melanggar hak cipta mas Ahmad. Biasanya untuk mengakali hal ini banyak YouTuber yang mengakali dengan mengedit videonya, misalnya menambahkan subtitle, menambahkan teks atau frame khusus, dan lain-lain. Tapi menurut saya tetap saja beresiko kena ‘garuk’ YouTube video seperti itu.

  46. ini beneran datap uang ga
    ntar kalo kita isi rekening kita di bajak ga
    soal nya takut ?????

  47. Bang saya mau tanya ini? Pada saat kita mengisi form dalam Google Adsense kita di minta mengisi nama website kita, nah kalau ngak punya website mau di isi apa? Kan kita cuma mau pasang iklan di video yang kita upload di Youtube aja, bukan mau pasang di web kita, kan saya tidak punya web bang? Muhon petunjukknya bang. Terima Kasih.

  48. ass..mas saya mau yanya cara daftar yuotobe buat unggah video anak bayi dan balita buat tambahsn penghasilan gmna caranya mhon bimbingannya

  49. wah mesti banyak belajar nih, ternyata susah2 susah gampang, susah bagi yang males belajar, gampang bagi yang mau berusaha. trimakasih banyak ni infonya mas

  50. Bang mau nanya gmna caranya dapetim uangnya ..kalo seumpamanya saya upload 1 video trus viewernya 368.876 nah gini yang saya tnyakan. Itu kita di minta i rekening kita tidak ? Jika iya kapan di mintainnya trus jika tidak ngirim uangnya gmna ? Dan per org itu berapa dolar/ rupiah ??? Terimakasih

    • Sudah punya akun Google Adsense belum? Untuk menghasilkan uang langsung dari YouTube, kita harus punya akun Google Adsense yang terhubung dengan akun YouTube kita. Coba mendaftar Google Adsense dengan menggunakan email YouTube nya. Daftar di sini adsense.google.com

      • Mas mau nanya, misalkan kita upload video tapi viewernya ngak ada yg subscribe pun 0 apakah kita masih mendapatkan penghasilan.(kondisi sudah daftar adsense dan video sudah di monetisasi)

        • Ya ngga dapat duit dong. Penghasilan YouTuber itu dari besarnya jumlah views video dan klik iklan di video mereka. Begitu Mr. Wow :)

  51. Lalu uang nya didapat dari mana jika udh banyak ditonton? Apa ditransfer atau gmn? Kok tidak dijelaskan

  52. mau tanya ya mas. se andainya ya ini.
    misalkan saya apluut vidio saya ke
    youtub. tapi banyak yg ngeliek trus ap.
    saya akan dapat uawang ya mas.
    saat masuk ke akun youtub saya ngak
    ada no rekening. tapi cuma ada no hp/alamat
    apa bisa mass

    • Banyak yang like berarti banyak yang suka hehehe. Menghasilkan uang dari YouTube biasanya menjadi publisher Google Adsense. Kalau mau menghasilkan uang dari video di YouTube ya harus punya akun Google Adsense dulu. Daftar di sini Adsense.Google.com

  53. Kalo misalnya penghasilannya di transfer berarti kita kasih no.rek nya atau gimana,makasih.

  54. cara mendapatkan uang dri yuotube bgaimana.mnta cara penjelasannya.trima ksih

  55. Kl upload video tapi saya tambahkan subtitle indo krn aslinya bhs inggris, melanggar copyright tidak ya ? Ini film anak sekolah minggu. Trims.

  56. Bang, cara menghubungkan Adsense ke Youtube nya gimana??

  57. mau tanya mas kalau cara mendapatkan uang dengan YOU TUBE
    bagaimana ya …?
    dan mohon solusinya Trimakaih atas bimbingan nya

  58. kak mau tanya. klo kita membuat FMV (fanficton music video) lalu diupload ke channel youtube kita sendiri, apa itu melanggal hak cipta juga? soalnya video nya diambil dari mv yg ada di youtube lalu diedit-edit gitu. tapi pd credit tetep disertakan nama-nama artis aslinya (yg berkarya).

  59. butuh proses berapa lama kita dapat menghasilkan uang dari youtube?

  60. mas marikxon.. kalau kita upload video yang kita ambil dari youtube kira-kira bermasalah gak nanti nya… mohon pencerahan nya mas..
    terimakasih…

    • Kalo mau upload video yg diambil dari youtube harus dikasih watermark, atau kasih link bersangkutan di box description, krn kalo tnp itu dianggap mencuri ide(hak atas kekayaan intelektual). Yg aku tau sih seperti itu

  61. mas q buka situs youtube.com ko tidak ada pesan yang cocok dengan penelusuran anda .mohon bimbingannya .

  62. ”Pak, Maaf sebelumnya, Bagaimana cara menghubungkang akun youtube ke google adsene,,,?

    Terimakasih

  63. Betul itu mas. Sesuai di artikel youtube bisa dijadikan bisnis.
    Mas maxmanroe gimana caranya merubah nama my channel?

  64. mas kalo kita unggah video film korea . masalah ga ya? dan yang jelas ambilnya dari youtube juga.

  65. Mas video saya sudah memiliki iklan dan sudah terdaftar di google adsense tapi jumlah rupiahnya tidak naik2 knapa ya ,padahal saya membuat video original dan tidak melanggar hak cipta

    • Tingkatkan lagi penontonx/viewer, karna tergantung dari situlah uang yang akan dihasilkan

  66. mas.. mau tanya ni
    saya kan udah unggah video di youtube
    setelah itu youtube saya daftarkan sesuai artikel yang masnya bagikan ini..
    alhamdulillah dapat balesan email dari GA “Selamat!
    Akun Anda kini telah disetujui sepenuhnya” ..

    trus langkah selanjutnya saya bagaimana mas ?? agar usaha saya tidak sia”
    trimakasih..