Bisnis Jasa Desain Grafis, Usaha Modal Minim Bagi Mereka yang Kreatif

Bisnis Jasa Desain Grafis

Bisnis jasa desain grafis adalah salah satu usaha modal minim yang sekarang ini banyak dilakoni oleh kaum urban. Bisnis ini bisa dijalankan sebagai sampingan ataupun dijalankan sebagai bisnis utama seseorang. Kenapa banyak orang mau mengerjakan bisnis ini? Jawabannya sederhana, karena menguntungkan dan prospeknya jangka panjang.

Kalau kita perhatikan, sekarang ini ada berbagai macam jasa desain grafis yang sering dicari via online. Dan kita pun sangat mudah menemukan para pelaku bisnis jasa desain grafis ini melalui website pribadi mereka maupun via situs marketplace freelancer.




Saat ini dunia desain memang semakin popular karena seringkali berhubungan dengan bisnis lainnya. Banyak orang membutuhkan jasa desain untuk keperluan tertentu, misalnya butuh desain logo untuk bisnis, keperluan desain rumah minimalis dengan memakai jasa desain interior rumah, desain kartu nama, dan desain grafis lainnya. Itulah sebabanya kenapa saya mengatakan bahwa bisnis ini sangat menjanjikan buat Anda yang kreatif.

Apalagi untuk membuka bisnis jasa tak butuh modal yang terlalu besar, bahkan boleh dibilang bisnis ini nyaris tanpa modal. Syarat utama menjalankan bisnis jasa desain ini adalah kemampuan dalam mendesain dan skill menggunakan software untuk desain.

Apa yang Dibutuhkan untuk Menjalankan Bisnis Jasa Desain?

Perkembangan bisnis online yang masif saat ini memberikan peluang yang sangat menjanjikan bagi orang-orang kreatif, termasuk para desainer grafis. Ketika seseorang ingin membuat logo untuk websitenya, membuat banner, membuat kartu nama, dan keperluan lainnya, pasti mereka akan membutuhkan layanan dari bisnis jasa desain grafis.

Jadi, bagi Anda yang saat ini bergelut dengan dunia desain punya peluang usaha yang dibutuhkan banyak orang dan sangat menjanjikan lho. Tentu saja untuk menjalankan bisnis di bidang jasa desain ini Anda harus punya skill dan juga peralatan pendukung.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus disiapkan untuk memulai bisnis jasa desain grafis:

1. Skill Desain

Ini adalah sebuah keharusan! Anda wajib punya skill desain yang lumayan agar bisa memulai bisnis ini. Kemampuan dalam menggunakan beberapa software pendukung (misalnya Photoshop, CorelDraw, Illustrator, dan lainnya), juga merupakan faktor penting.

2. Portofolio

Portofolio adalah hasil kerja desain yang pernah Anda buat dan mendapat penilaian bagus dari klien. Hasil kerja tersebut bisa berupa karya foto, kliping majalah / koran, rancang bangun atau bukti-bukti lainnya.

Sama halnya dengan bisnis jasa lainnya, jika ingin sukses di bisnis ini Anda wajib punya portofolio. Dengan adanya portofolio ini, maka calon klien Anda bisa lebih percaya karena sudah melihat karya Anda sebelumnya.

3. Media Promosi

Anda akan membutuhkan media promosi untuk memasarkan bisnis jasa desain yang Anda tawarkan. Idealnya, Anda harus membuat website/ blog khusus dengan menggunakan domain sendiri. Di website tersebut Anda bisa menampilkan berbagai hasil karya hasil desain yang Anda buat.

Anda juga bisa memanfaatkan situs-situs marketplace seperti Projects.co.id, Sribu.com, Freelancer.co.id, dan lain-lain. Selain itu, Anda juga bisa promosi melalui media sosial seperti Facebook dan Twitter. Semua media promosi ini akan sangat penting dalam menjalankan bisnis jasa desain Anda.

Peluang Bisnis Jasa Desain

Sebenarnya ada banyak sekali peluang bisnis desain yang bisa dijalankan. Tapi tentu saja Anda harus sesuaikan dengan pasion dan kemampuan yang Anda miliki. Berikut ini peluang bisnis desain yang bisa Anda mulai.

1. Jasa Desain Grafis

Jika Anda suka menggambar, bisa membuka jasa desain grafis. Ada banyak sekali pekerjaan yang bisa Anda kerjakan, mulai dari desain logo website, logo banner, kartu nama, dan masih banyak lainnya.




Bahkan Anda bisa membuat lukisan atau karikatur lalu menjualnya secara online. Desain grafis yang Anda buat bisa juga dipasang pada gelas, baju, payung, bantal, kartu undangan, dan lainnya, lalu menjualnya untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

2. Jasa Desain Interior Rumah

Buat Anda yang suka mendesain interior rumah atau lulusan desain interior, kenapa tidak mencoba untuk membuka bisnis jasa desain interior. Anda bisa memasarkan jasa desain Anda secara online, baik melalui website pribadi, marketplace, ataupun via media sosial. Sebagai portofolip awal, Anda bisa mengerjakan desain interior rumah teman atau keluarga sehingga bisa dijadikan testimoni awal.

3. Jasa Desain Website

Salah satu cara meningkatkan trafik dari mesin pencari adalah dengan membuat desain website yang SEO friendly. Tentu saja banyak orang yang butuh jasa desain website yang menarik dan ramah seo. Jika Anda punya keahlian di bidang ini, cobalah untuk membuka bisnis jasa desain website.

Sebenarnya masih ada banyak sekali jasa desain yang bisa dijadikan ladang bisnis. Namun, ketiga bisnis yang disebutkan di atas sudah terbukti sebagai peluang bisnis yang paling menjanjikan bagi para desainer, setidaknya saat ini. Setelah Anda menentukan bisnis desain apa yang akan Anda tekuni, Anda bisa kembangkan bisnis tersebut menjadi lebih profesional.

Baca juga: 101 Peluang Usaha Bisnis Modal Kecil yang Menjanjikan

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Jasa Desin

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya bisnis jasa desain Anda semakin sukses dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Berikut ini tips sukses yang harus Anda lakukan.

1. Selalu Up To Date

Yang namanya desain akan terus berganti terus menerus. Anda wajib uptodate mengenai gaya desain terbaru. Entah itu pada desain grafis, rumah maupun website agar bisa memberikan kualitas desain yang terbaik.

Trend untuk anak muda tentunya berbeda dengan orang yang sudah berumu. Dengan memahami hal ini, Anda bisa memberikan hasil desain yang bisa memuaskan pelanggan. Memeng tidak semudah yang tertulis, tapi tidak ada salahnya untuk mencoba.

2. Sesuaikan Kebutuhan Konsumen

Selalu sesuaikan desain dengan kebutuhan konsumen. Misalnya ketika membuat desain interior rumah, sesuaikan desain rumah tersebut dengan karakter dari pemilik rumah itu sendiri. Anda tidak bisa hanya mengikuti trend karena ini akan berhubungan dengan kenyamanan si pemilik rumah.

Begitu juga saat Anda diminta untu membuat sebuah desain logo, poster, dan desain lainnya. Pastikan untuk selalu menyesuaikan dengan kebutuhan dan permintaan klien, walaupun seringkali klien tidak tahu apa yang dibutuhkan atau diinginkannya.

3. Promosi via Online

Jangan hanya melakukan promosi offline saja karena hanya akan membuat konsumen Anda sangat terbatas. Untuk meningkatkan jumlah klien, Anda harus melakukan promosi via online. Ada banyak hal yang bisa dilakukan, misalnya promosi lewat Twitter, Facebook, Instagram, atau media lainnya.

Salah satu cara terbaik promosi via media sosial adalah mengupload hasil karya Anda agar dilihat orang lain. Semakin banyak orang yang melihatnya, peluang untuk mendapatkan klien juga akan semakin besar.

4. Mengikuti Pameran

Mengikuti beberapa pameran karya desain akan membantu Anda dikenal oleh banyak orang di niche bisnis Anda. Ada banyak event yang sering melakukan pameran. Mulai dari pameran grafis, pemeran interior rumah, dan lainnya.

Dari kegiatan pameran ini mungkin saja Anda bisa bertemu seorang pebisnis yang membutuhkan desainer seperti Anda, dan akhirnya bisa bekerjasama. Selain itu, dari kegiatan pameran juga bisa membuat Anda mengetahui tentang trend yang sedang popular saat ini.

Untuk bisnis jasa desain memang membutuhkan ketrampilan yang tinggi, dan harus bisa membuat karya yang berkualitas. Jika portofolio Anda sudah diakui, maka untuk mendapatkan klien-klien berikutnya akan lebih mudah dan Anda bisa meningkatkan bisnis Anda, misalnya membuat sebuah agensi.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud