Cara Sederhana Mengatasi Komentar Spam di Blog

menahan-komentar-spam

Belakangan ini banyak sekali komentar SPAM yang masuk ke blog saya, beberapa dikirim dengan menggunakan software yang berusaha meninggalkan link-link website lain di kolom komentar blog saya, dan beberapa dikirim dengan cara manual.

Menurut saya tidak ada gunanya mengirimkan komentar SPAM seperti itu, selain mengganggu pemilik blog, promosi dengan cara seperti itu tidak akan efektif. Di bawah ini contoh komentar SPAM dengan menggunakan software.

Komentar-Spam1

Untuk komentar SPAM yang menggunakan software bisa diatasi dengan menggunakan plugin Akismet. Jadi, setiap SPAM Comment akan masuk ke folder SPAM di WP saya, dan akan lebih mudah menghapusnya sekaligus.

Saya sangat merekomendasikan plugin ini untuk bloggers yang menggunakan platform WordPress untuk blog mereka. Namun, selain spam dari software, banyak juga komentar SPAM yang dikirimkan dengan cara manual. Nah, komentar seperti ini yang sering bikin repot.

gambar-komentar-spam

Beberapa komentar yang masuk ke blog saya berisi link promosi afiliasi dan juga blog pribadi sahabat blogger lain dari dalam negeri. Sebenarnya tidak masalah promosi link affiliasi, tapi harusnya jangan di halaman komentarnya tp di kolom tempat meletakkan alamat website, dan tentu saja berkomentar dengan cara sewajarnya.

Beberapa komentar dari teman-teman blogger hanya berisi kata-kata yang sangat singkat, seperti “nice” “makasih sob“, “artikel menarik“, “terimakasih artikelnya“, dan lain-lain. Komentar mereka sama sekali tidak ada hubungannya dengan topik artikel yang ada di blog saya, jadi ya saya hapus saja. Yang saya heran, mereka yang melakukan SPAM dengan cara manual, ga capek ya? Hehehe.

Awalnya saya hanya menggunakan Akismet untuk menghalau komentar SPAM yang dikirimkan dengan menggunakan software. Ternyata tidak cukup karena banyak SPAM yang masuk dengan cara manual, jadi harus moderasi dan menghapusnya setiap hari.

Artikel terkait: Cara membuat blog gratis di WP dan Blogger

Bagaimana menyikapi komentar SPAM tersebut?

Sebagai blogger, tentu saya mengharapkan komentar dari pembaca artikel saya, tapi saya tidak ingin blog saya “terganggu” dengan adanya SPAM. Lalu, bagaimana caranya?

Pemilik blog perlu memiliki alat untuk mencegah para SPAMers ini beraksi, atau paling tidak meminimalisir. Di bawah ini beberapa pilihan yang bisa kita lakukan untuk membantu mengatasi masalah komentar SPAM tersebut:

Opsi 1: Pasang Captcha Pada Blog

Tadinya saya ingin memasang captcha pada bagian komentar di blog saya, jadi setiap orang yang ingin berkomentar harus mengetikkan kata yang tertera pada captcha yang muncul.

Tapi menurut saya, ini justru membuat orang yang ingin meninggalkan komentar menjadi tidak nyaman, dan saya biasanya tidak suka berkomentar pada blog yang menerapkan cara seperti ini. Saya tidak mengunakan opsi ini.

Opsi 2: Menggunakan sistem Komentar Yang Berbeda (Diqus atau Jetpack)

Disqus sangat banyak digunakan saat ini. Namun, saya pribadi kurang menyukainya. Pada sistem komentar ini, teman-teman blogger tidak bisa meninggalkan alamat situs mereka karena Disqus tidak menyediakan kolom untuk mengisi alamat blog/website. Tentunya blogger ingin meninggalkan “jejak” blog mereka di blog lain untuk mendapatkan trafik dari blog tersebut.

Saling mengunjungi blog sahabat bloggers lain adalah salah satu cara yang sering dilakukan sesama blogger selama ini untuk berinteraksi satu sama lain. Jadi, kalau tidak ada kolom untuk meninggalkan alamat website, tentunya blogger lain akan enggan meninggalkan komentar di blog tersebut. Saya tidak menggunakan opsi ini.

Opsi 3: Menambahkan Check Box Untuk Mengaktifkan Tombol Kirim Komentar

Menurut saya ini adalah salah satu cara termudah untuk menghalau para SPAMers yang meninggalkan komentar dengan cara manual. Untuk menambahkan Check Box tersebut bisa dilakukan dengan cara manual menambahkan code tertentu pada file comments.php.

Saya lebih suka menggunakan plugin, yaitu dengan menginstal plugin GASP (Growmap Anti Spambot Plugin). Plugins ini gratis dan bisa ditemukan dengan menggunakan kolom search pada wordpress dengan mengetikkan keywords “Growmap Anti Spambot Plugin”, bisa juga dengan cara Download GASP dan upload melalui cpanel. Saya menggunakan plugin GASP dan plugin Akismet.

Conclusion:

Menurut saya, masalah komentar SPAM ini tidak akan bisa diatasi seratus persen hanya dengan mengandalkan plugin Akismet dan GASP. Kita tetap harus melakukan moderasi secara manual. Biasanya saya melakukan moderasi pada komentar yang baru masuk setiap harinya.

Dan untuk beberapa orang yang sudah beberapa kali mengirimkan komentar, saya setting Auto approve tanpa moderasi lagi. Anda punya cara lain untuk mengatasi komentar SPAM? Silahkan bagikan melalui kolom komentar. Terimakasih sudah membaca artikel saya.

Marikxon

Seorang blogger, YouTuber, trader, dan pemilik blog Maxmanroe.com. Mulai mengenal bisnis online sejak tahun 2012 dan terus belajar tentang bisnis internet hingga sekarang. Saat ini aktif sebagai trader dan penulis konten di Maxmanroe.com.

85 pemikiran pada “Cara Sederhana Mengatasi Komentar Spam di Blog”

  1. Saya juga pernah menghadapi spamer tapi akhirnya saya tau juga gimana cara menyikapinya

    Balas
  2. Dulu saya pernah mengalami url blog yang dindai spam. Betul kata Mas Marikxon agak sulit untuk bisa lolos spam di Facebook. Saya juga sudah pernah mengajukan banding ke Facebook bahwa link yang saya share bukan spam, tapi tetap url saya masih dianggap sebagai spam.
    Kemudian setelah beberapa bulan saya tidak share link ke Facebook, dan saya iseng – iseng share lagi, url saya sudah tidak dianggap spam.

    Balas
  3. Terimakasih penjelasannya gan, saya cari plugin “Growmap Anti Spambot Plugin” gak nemu gan. Gimana itu?

    Balas
  4. Kalau saya, selain pakai cara diatas saya juga menghilangkan kolom website di kotak komentar. Karena hal tersebut sebagai incaran para pencari backlink untuk berkomentar, entah itu memang benar-benar ingin berkomentar atau hanya mau ngespam…

    Balas
  5. pas banget dengan apa yg sedang saya alami saat ini. Banyak komentar spam yang masuk ke salah satu artikel saya, bisa nyampe ratusan per hari nya. Dan saya jadi capek gitu ngheapus manual setiap hari. Kira2 ada ga sih cara buat mengatasinya? apa saya hapus aja artikelnya dan mengasingkan diri ke istana langit hohoho

    Balas
  6. Pas banget ini infonya, lagi cari cara memblokir spam komentar. blog sy 1 hari bisa ratusan komentar spam yg masuk, selama ini sy hapus pake delete all comments easily, tapi sayangnya yg komen beneran jadi ikut kehapus juga. Masalahnya gara2 spam komen ini yang bikin violasi halaman di google adsense. Mungkin bisa dicoba nih caranya om marikson utk ngatasi spam komen,
    trims om

    Balas
  7. Ya mau gak mau kita akan berurusan dengan yang namanya spam kalau punya web sendiri sih tinggal gmana caranya kita aja mengatasi hal itu, tapi saya termasuk setuju dengan bagian yg mengatakan untuk menyediakan link alamat web atau blog rekan2 semua. karena secara langsung akan berguna untuk keduanya baik pengunjung maupun web yang dikomentarin.

    Balas
  8. Terima kasih untuk saranya master, kebetulan kemarin saya mendapatkan komentar komentar spamer.. Eh kebetulan liat artikel ini, Yang saya herankan dari spamer, dia menggunakan cara manual sampai2 komentar yang ia buat 100 komentar kwkwk niat banget tuh orang, untung sudah saya moderasi sebelumnya heheh

    Balas
  9. plugin GASP?? baru tau bang.. tapi apa gak berat n tumburan tu klo kita pasang plugin GASP dan plugin Akismet?? takutnya malah jadi lemot

    Balas
  10. Terimakasih artikelnya bermanfaat. Sebenarnya saya sangat menghindari plugin tapi untuk masalah ini sepertinya terpaksa

    Balas
  11. Saya menemukan tadi di blogspot, jadi kalau ada yang ngelink di komentar nanti jadinya muncul di komentar tulisan, no live link, no spam here…. caranya yang seperti itu gimana ya mas, kirain situs ini menyediakan cara seperti itu, soalnya saya ketemu blog ini lewat pencarian di google neh… heheheh

    Balas
  12. Terimakasih panduannya, saya sangat terbantu sekali. Sebelumnya saya baru meluncurkan blog tentang resep masak, baru beberapa jam sudah banjir komentar spam. Padahal saya sudah mengaktifkan plugin ASKIMET.

    Oh ya, sewaktu mau instal plugin GASP , ada keterangan “Untested”, apakah tidak bermasalah ?

    Balas
  13. Terimakasih artikelnya bermanfaat. Sebenarnya saya sangat menghindari plugin tapi untuk masalah ini sepertinya terpaksa..

    Balas
  14. Bukannya kalo pake disqus malah banyak yang spam mas, kan bisa bikin link aktiv?

    Balas
  15. Saya mengalami komentar spam, kayaknya menggunakan auto sofware soalnya setiap hari bisa sampai 30 spam di 1 post saya. memang sangat menggangu tapi itu adalah rempah rempah alamai dr yang namanya ngeblog hehe

    Balas
  16. Captcha itu penting banget. Lebih baik mencegah daripada repot belakangan.

    Balas
  17. kalau cara di atas sudah saya terapkan ,,, bagaimana cara mengatasi url blog yang di tandai spam ketika di share di facebook ? .,, terima kasih di tunggu jawabannya

    Balas
    • Wah kalau itu agak sulit ya. Jarang yang bisa lolos mas Ahmad. Kadang memang url nya akan kembali normal dan bisa submit lagi di Facebook, tapi kebanyakan blog yang sudah ditandai spam dan diban oleh Facebook tidak bisa lagi submit ke Facebook, pasti diblok.

      Balas
      • Biasanya dari facebook ada peringatan. Kalau saya kalau sudah ada peringatan tdk di lanjutkan atau di lanjutkan tapi tidak sering sering share link blog yang ada tulisan peringatannya

        Balas
  18. Saya mengalami hal yang sama, hingga saat ini masih saya hapus dengan delete manual. dan saya penasaran apakah komen2 yang rutin aku hapus mempengaruhi kualitas SEO saya yaa..? karena mereka mau gak mau kan mengunjungi website kita, sebelum meninggalkan coment. adakah yang bisa jawab rasa penasaran saya ini?

    Balas
    • Sebenarnya menghapus komentar SPAM justru bagus mas. Tapi kalau komentarnya bukan SPAM ya justru memberikan nilai tambah ke konten kita karena artikelnya seperti ada update yang berasal dari komentar-komentar yang masuk. Kalau komentarnya bagus ya jangan dihapus, justru harus dibalas :)

      Balas
  19. Saya juga sering menjumpai banyak komentar dari luar negeri yang masuk ke beberapa blog yang saya kelola. Agak kesel juga dengan yang seperti ini karena intensitasnya tinggi,
    apakah ada tips untuk mengatasi yang seperti ini, apakah tetap harus di moderasi tiap hari ya Mas Max?

    Thanks

    Balas
    • Tentu saja, begitu juga sebaliknya. Kalau blog Anda berbahasa Indonesia lalu ada komentar berbahasa Inggris maka kemungkinkan besar itu komentar SPAM.

      Balas
  20. Hallo Mas Max…

    Sepertinya masalah ini, sekarang terjadi pada blog saya…
    Mungkin Mas sudah punya cara baru untuk mengatasi ini…
    Terima kasih…

    Balas
  21. Salam kenal mas. Saya di sini hanya ingin tahu apakah yang berbahaya dari mereka ini, komentarnya atau link yang disertakan dalam komentar itu. Soalnya banyak juga komentar mereka yang cukup berbobot dan relevan dengan konteksnya. Terima kasih dan salam dari saya di Dompu.

    Balas
    • Yang berbahaya itu kalau blog mu dijadikan ladang tempat pasang links. Komentar berbobot tapi kalau links yang dimasukkan ke dalam komentar tidak ada hubungannya dengan artikel mu tentunya itu adalah SPAM.

      Balas
      • Oh begitu ya mas, makasih banyak yah, atas penjelasannya. Disamping itu, di blog saya ada juga komentar yang di dalamnya tidak berisi link-link dari website lain (kecuali link sumber) dari orang yang memberi komentar, akan tetapi dimasukkan juga dlm kkomentar spam. Nah, yang begini jadi bikin sedikit bingung juga yah..Mungkin bisa dijelaskan ?

        Balas
  22. Terimakasih banyak om atas pencerahannya. Saya juga masih prihatin dengan orang2 yg melakukan komentar spam di blog. Hampir setiap hari pasti ada saja yg Nyepam di blog saya. Saya akan coba tips yg dikasih om supaya bebas dari SPAM.

    Balas
  23. Ada alternatif lain selain GASP ga om? soalnya saya cek udah ga update 1 taun, gara2 non aktifkan jetpack komen langsung deh spammer masuk ga tanggung2 sekali masuk 6 komen dari orang yang sama

    Balas
  24. blog saya sering kena komeng beginian nih, langsung lempar tempat sampah dah tuh komen

    Balas
  25. Blog ane banyak tuh komen spam minta kunbal :D
    Punyaku sih auto approve, wong linknya link mati, gak akan bisa spam url :D

    Balas
  26. Benar bang. Yang susah itu kalau jumlahnya udah puluhan. Beberapa bloger senior bahkan dapat ratusan per-hari. Masalahnya terkadang ada satu atau dua komentar yang bukan spam.

    Balas
  27. terima kasih, sudah saya terapkan tapi masih aja banyak yang masuk di kolom spam.
    bagaimana cara blok otomastis yang lebih kuat lagi ?

    Balas
  28. emang masalah spam kommentar itu membuat para blogger pusing ya gan, sama pada kalo komennya sambil baca kan nambah ilmu juga, saya masih pemula pak max, jadi mencari artikel tentang cara mengatasi komentar spam taunya ketemu lagi dengan pak max, makasih ya ini juga termasuk kendala saya maslah komentar spam yang memberikan link di dalam komentarnya, padahal sudah di sediakan link untuk web ya pa max hehe.. salam sukses aja pak max semoga saya bisa ikutan menjadi blogger sejati amin

    Balas
  29. untuk jenis jenis captcha bisa pilih ndak min utk blog kita sendiri? Atau sudah ditentukan?

    Balas
  30. min, kalo hilangin iklan iklan yang banyak dalam satu blog itu bisa ya? karena sepertinya mengganggu sekali min..

    Balas
  31. Terimasih pencerahannnya… sy sdng mengalami gangguan spam diblog mas

    Balas
  32. Terima kasih atas infonya, saya baru memulai belajar blog dan sampai saat ini belum ada yang koment tapi saya akan terapkan tips di atas semoga bermanfaat. Thanks mas Max.

    Balas
  33. memang menyebalkan untuk menghalau komentar spam yang terjadi. Terimakasih rekomendasi pluginnya dan segera akan saya pasang sekarang juga seperti blog mas maxmanroe.com :D

    Balas
  34. spam emang nyebelin buat yang spamin tapi seru buat yang nyepam, btw makasih buat infonya, jadi bisa masang anti spam sebelum ada yang niat ngspamnya

    Balas
  35. sangat setuju dengan kata ini “teman-teman blogger tidak bisa meninggalkan alamat situs mereka karena Disqus tidak menyediakan kolom untuk mengisi alamat blog/website. Tentunya blogger ingin meninggalkan “jejak” blog mereka di blog lain untuk mendapatkan trafik dari blog tersebut.”

    Balas
  36. Menurut saya, kalo udah rame komentar spam… berarti udah mulai naik peringkat situs.. hahaha
    Tapi saya sih tetap aktifkan moderasi aja.. dan pasang simple captcha.. :D

    Balas
  37. blog baru sy komen spamnya satu kereta api. banyak amirrr. hehehe
    saya coba pluginnya. thanks ya om.

    Balas
  38. Bisalahlah di terapin di blog saya walaupun belum ada comment kaya gtu gpp lah buat jaga jaga thanks infonya gan (y)

    Balas
  39. akismet saya di banned om,,,, hwa hwa setiap harus hapus sekitar 200 komentar sampai gleyor om,,, ada yang tahu gak cara agar akismet dapet hidup lagi

    Balas
      • saya gak tahu mungkin ada salah satu teman yang klik upgrate om, karena web saya tidak saya kelola sendiri

        apa bisa dengan akun baru? karena IP dan nama URL sudah di ketahu oleh akismet om gimana?

        Balas
  40. Terima kasih infonya, saya sedang belajar membuat blog dengan hosting berbayar, tapi kemudian tiap hari puluhan komentar masuk yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan posting, mohon izin menerapkan artikel diatas di blog saya

    Balas
  41. Ijin rewrite artikelnya mas gan… saya lagi cari anti spam ini jg soalnya..
    Thank you

    Balas
  42. Saya pakai gasp tapi ga mempan 100%
    kayanya si pada pakai spambot karena komennya panjang2 dan rata2 sama itu2 aja, tiap hari puluhan yg masuk.
    sy lagi nyari buat blok spambot & udah modif htaccess tapi masih pada lolos :(

    Balas
  43. makasih banyak mas penjelasannya, di dashboard saya juga banyak komentr spam,smg bs dicoba

    Balas
  44. Klo untuk Blogspot gmn gan ?

    oh ya, klo boleh tau cara naikin visitor blog/web dengan cepat gimana ya? blog saya sepi terus nih gan. Tolong dibantu

    Balas
  45. memang komentar spam bikin pusing, dan malahan membuat memory virtual usage di cpanel jadi meningkat tajam…thank’s atas infonya mas.

    Balas
  46. Spammer sekarang tambah merajalela, beruntunglah kita ada orang-orang baik yg menyediakan plugin utk menghalau spam.

    Balas
  47. Lha kalau membuat pengaturan biar blog kita nggak perlu menampilkan captcha atau password gimana, mas? Pengaturannya dimana ya?

    Balas
  48. Jika di biar kan komentar spam nya, lalu apa yang terjadi dengan blog kita ?

    Balas
    • Sama saja kalau mas Fujianto ditanya, “kalau ada orang buang sampah di dalam rumah kamu, apa yang terjadi dengan rumah mu?”

      Balas
  49. 1. cara buat menu tab (yg ada recent post, populer post, comments) dan social share seperti web maxmanroe.com gimana? tks

    Balas
    • Halo Amrilio, themes ini didesain oleh web developer yang saya hire setahun yang lalu. Terus terang saya kurang mengerti coding, jadi saya ga bisa menjawab pertanyaan pertama. Saya menggunakan plugins advanced social share dari WordPress dan diatur sedemikian rupa sehingga akhirnya seperti yang kamu lihat di blog ini.

      Balas
  50. kalau untuk blogger bagaimana gan?
    kan tidak ada Plug in seperti WP, dan juga tidak ada Chek box, palingan yang ada submit captha doank…………

    Balas
  51. Waktu itu pernah liat yg bukan pake captcha, pake matematika. Jadi yg komentar hrus jwb soal dulu. Kira” ada pluginya ga ya mas?

    Balas
  52. wah ini baru info yg saya cari, hampir bingung setengah mati untuk menghadapi komen spam -_-
    thanks gan :D

    Balas
  53. Kalau pakai wordpress lebih enak mas langsung masuk perangkap komentar spamnya coba kalau blogspot masih ada juga yang masuk spamnya terutama link hidup.

    Balas
  54. Selama ini ini sih spam yang aneh-aneh spt bahasa yg aneh dengan link ga jelas langsung masuk ke spam box, ada yg bisa terlihat ada yang tidak.

    Kalau blog di pasangi captcha bikin pengunjung malas berkomentar, klo pas online dari hp tulisannya kecil sekali 2-3 kali coba selalu salah captcha ya gagal berkomentar deh :D .

    Balas
    • Syukurlah, blog saya belakangan ini banyak komentar spam nya. Yang saya heran, udah pake akismet tp masih ada yang lolos, makanya saya tambahin lagi pakai centang box biar tambah aman hehehe

      Balas
    • Iya mas, memang harus sabar menghadapi para spamer ini. Mau gimana lagi, kadang memang harus hapus komen dengan cara manual hehehe

      Balas

Tinggalkan Balasan

) -->