Cara Sederhana Mengatasi Komentar Spam di Blog

menahan-komentar-spam

Belakangan ini banyak sekali komentar SPAM yang masuk ke blog saya, beberapa dikirim dengan menggunakan software yang berusaha meninggalkan link-link website lain di kolom komentar blog saya, dan beberapa dikirim dengan cara manual.

Menurut saya tidak ada gunanya mengirimkan komentar SPAM seperti itu, selain mengganggu pemilik blog, promosi dengan cara seperti itu tidak akan efektif. Di bawah ini contoh komentar SPAM dengan menggunakan software.

Komentar-Spam1

Untuk komentar SPAM yang menggunakan software bisa diatasi dengan menggunakan plugin Akismet. Jadi, setiap SPAM Comment akan masuk ke folder SPAM di WP saya, dan akan lebih mudah menghapusnya sekaligus.

Saya sangat merekomendasikan plugin ini untuk bloggers yang menggunakan platform WordPress untuk blog mereka. Namun, selain spam dari software, banyak juga komentar SPAM yang dikirimkan dengan cara manual. Nah, komentar seperti ini yang sering bikin repot.

gambar-komentar-spam

Beberapa komentar yang masuk ke blog saya berisi link promosi afiliasi dan juga blog pribadi sahabat blogger lain dari dalam negeri. Sebenarnya tidak masalah promosi link affiliasi, tapi harusnya jangan di halaman komentarnya tp di kolom tempat meletakkan alamat website, dan tentu saja berkomentar dengan cara sewajarnya.

Beberapa komentar dari teman-teman blogger hanya berisi kata-kata yang sangat singkat, seperti “nice” “makasih sob“, “artikel menarik“, “terimakasih artikelnya“, dan lain-lain. Komentar mereka sama sekali tidak ada hubungannya dengan topik artikel yang ada di blog saya, jadi ya saya hapus saja. Yang saya heran, mereka yang melakukan SPAM dengan cara manual, ga capek ya? Hehehe.

Awalnya saya hanya menggunakan Akismet untuk menghalau komentar SPAM yang dikirimkan dengan menggunakan software. Ternyata tidak cukup karena banyak SPAM yang masuk dengan cara manual, jadi harus moderasi dan menghapusnya setiap hari.

Artikel terkait: Cara membuat blog gratis di WP dan Blogger

Bagaimana menyikapi komentar SPAM tersebut?

Sebagai blogger, tentu saya mengharapkan komentar dari pembaca artikel saya, tapi saya tidak ingin blog saya “terganggu” dengan adanya SPAM. Lalu, bagaimana caranya?




Pemilik blog perlu memiliki alat untuk mencegah para SPAMers ini beraksi, atau paling tidak meminimalisir. Di bawah ini beberapa pilihan yang bisa kita lakukan untuk membantu mengatasi masalah komentar SPAM tersebut:

Opsi 1: Pasang Captcha Pada Blog

Tadinya saya ingin memasang captcha pada bagian komentar di blog saya, jadi setiap orang yang ingin berkomentar harus mengetikkan kata yang tertera pada captcha yang muncul.

Tapi menurut saya, ini justru membuat orang yang ingin meninggalkan komentar menjadi tidak nyaman, dan saya biasanya tidak suka berkomentar pada blog yang menerapkan cara seperti ini. Saya tidak mengunakan opsi ini.

Opsi 2: Menggunakan sistem Komentar Yang Berbeda (Diqus atau Jetpack)

Disqus sangat banyak digunakan saat ini. Namun, saya pribadi kurang menyukainya. Pada sistem komentar ini, teman-teman blogger tidak bisa meninggalkan alamat situs mereka karena Disqus tidak menyediakan kolom untuk mengisi alamat blog/website. Tentunya blogger ingin meninggalkan “jejak” blog mereka di blog lain untuk mendapatkan trafik dari blog tersebut.

Saling mengunjungi blog sahabat bloggers lain adalah salah satu cara yang sering dilakukan sesama blogger selama ini untuk berinteraksi satu sama lain. Jadi, kalau tidak ada kolom untuk meninggalkan alamat website, tentunya blogger lain akan enggan meninggalkan komentar di blog tersebut. Saya tidak menggunakan opsi ini.

Opsi 3: Menambahkan Check Box Untuk Mengaktifkan Tombol Kirim Komentar

Menurut saya ini adalah salah satu cara termudah untuk menghalau para SPAMers yang meninggalkan komentar dengan cara manual. Untuk menambahkan Check Box tersebut bisa dilakukan dengan cara manual menambahkan code tertentu pada file comments.php.

Saya lebih suka menggunakan plugin, yaitu dengan menginstal plugin GASP (Growmap Anti Spambot Plugin). Plugins ini gratis dan bisa ditemukan dengan menggunakan kolom search pada wordpress dengan mengetikkan keywords “Growmap Anti Spambot Plugin”, bisa juga dengan cara Download GASP dan upload melalui cpanel. Saya menggunakan plugin GASP dan plugin Akismet.

Conclusion:

Menurut saya, masalah komentar SPAM ini tidak akan bisa diatasi seratus persen hanya dengan mengandalkan plugin Akismet dan GASP. Kita tetap harus melakukan moderasi secara manual. Biasanya saya melakukan moderasi pada komentar yang baru masuk setiap harinya.

Dan untuk beberapa orang yang sudah beberapa kali mengirimkan komentar, saya setting Auto approve tanpa moderasi lagi. Anda punya cara lain untuk mengatasi komentar SPAM? Silahkan bagikan melalui kolom komentar. Terimakasih sudah membaca artikel saya.



82 total comments on this postSubmit yours
  1. Kalau saya, selain pakai cara diatas saya juga menghilangkan kolom website di kotak komentar. Karena hal tersebut sebagai incaran para pencari backlink untuk berkomentar, entah itu memang benar-benar ingin berkomentar atau hanya mau ngespam…

  2. pas banget dengan apa yg sedang saya alami saat ini. Banyak komentar spam yang masuk ke salah satu artikel saya, bisa nyampe ratusan per hari nya. Dan saya jadi capek gitu ngheapus manual setiap hari. Kira2 ada ga sih cara buat mengatasinya? apa saya hapus aja artikelnya dan mengasingkan diri ke istana langit hohoho

  3. Pas banget ini infonya, lagi cari cara memblokir spam komentar. blog sy 1 hari bisa ratusan komentar spam yg masuk, selama ini sy hapus pake delete all comments easily, tapi sayangnya yg komen beneran jadi ikut kehapus juga. Masalahnya gara2 spam komen ini yang bikin violasi halaman di google adsense. Mungkin bisa dicoba nih caranya om marikson utk ngatasi spam komen,
    trims om

  4. Saya pakai metode Akismet dan moderasi, dan cukup lumayan menangkal SPAM

  5. Ya mau gak mau kita akan berurusan dengan yang namanya spam kalau punya web sendiri sih tinggal gmana caranya kita aja mengatasi hal itu, tapi saya termasuk setuju dengan bagian yg mengatakan untuk menyediakan link alamat web atau blog rekan2 semua. karena secara langsung akan berguna untuk keduanya baik pengunjung maupun web yang dikomentarin.

  6. Terima kasih untuk saranya master, kebetulan kemarin saya mendapatkan komentar komentar spamer.. Eh kebetulan liat artikel ini, Yang saya herankan dari spamer, dia menggunakan cara manual sampai2 komentar yang ia buat 100 komentar kwkwk niat banget tuh orang, untung sudah saya moderasi sebelumnya heheh

  7. plugin GASP?? baru tau bang.. tapi apa gak berat n tumburan tu klo kita pasang plugin GASP dan plugin Akismet?? takutnya malah jadi lemot

  8. Terimakasih artikelnya bermanfaat. Sebenarnya saya sangat menghindari plugin tapi untuk masalah ini sepertinya terpaksa

  9. baru denger plugin GASP nya tuh, mau cobain dulu nih. hehe

  10. Saya menemukan tadi di blogspot, jadi kalau ada yang ngelink di komentar nanti jadinya muncul di komentar tulisan, no live link, no spam here…. caranya yang seperti itu gimana ya mas, kirain situs ini menyediakan cara seperti itu, soalnya saya ketemu blog ini lewat pencarian di google neh… heheheh

  11. Terimakasih panduannya, saya sangat terbantu sekali. Sebelumnya saya baru meluncurkan blog tentang resep masak, baru beberapa jam sudah banjir komentar spam. Padahal saya sudah mengaktifkan plugin ASKIMET.

    Oh ya, sewaktu mau instal plugin GASP , ada keterangan “Untested”, apakah tidak bermasalah ?

  12. Terimakasih artikelnya bermanfaat. Sebenarnya saya sangat menghindari plugin tapi untuk masalah ini sepertinya terpaksa..

  13. Bukannya kalo pake disqus malah banyak yang spam mas, kan bisa bikin link aktiv?

  14. Saya mengalami komentar spam, kayaknya menggunakan auto sofware soalnya setiap hari bisa sampai 30 spam di 1 post saya. memang sangat menggangu tapi itu adalah rempah rempah alamai dr yang namanya ngeblog hehe

  15. Captcha itu penting banget. Lebih baik mencegah daripada repot belakangan.

  16. kalau cara di atas sudah saya terapkan ,,, bagaimana cara mengatasi url blog yang di tandai spam ketika di share di facebook ? .,, terima kasih di tunggu jawabannya

    • Wah kalau itu agak sulit ya. Jarang yang bisa lolos mas Ahmad. Kadang memang url nya akan kembali normal dan bisa submit lagi di Facebook, tapi kebanyakan blog yang sudah ditandai spam dan diban oleh Facebook tidak bisa lagi submit ke Facebook, pasti diblok.

      • Biasanya dari facebook ada peringatan. Kalau saya kalau sudah ada peringatan tdk di lanjutkan atau di lanjutkan tapi tidak sering sering share link blog yang ada tulisan peringatannya

  17. Saya mengalami hal yang sama, hingga saat ini masih saya hapus dengan delete manual. dan saya penasaran apakah komen2 yang rutin aku hapus mempengaruhi kualitas SEO saya yaa..? karena mereka mau gak mau kan mengunjungi website kita, sebelum meninggalkan coment. adakah yang bisa jawab rasa penasaran saya ini?

    • Sebenarnya menghapus komentar SPAM justru bagus mas. Tapi kalau komentarnya bukan SPAM ya justru memberikan nilai tambah ke konten kita karena artikelnya seperti ada update yang berasal dari komentar-komentar yang masuk. Kalau komentarnya bagus ya jangan dihapus, justru harus dibalas :)

  18. Saya juga sering menjumpai banyak komentar dari luar negeri yang masuk ke beberapa blog yang saya kelola. Agak kesel juga dengan yang seperti ini karena intensitasnya tinggi,
    apakah ada tips untuk mengatasi yang seperti ini, apakah tetap harus di moderasi tiap hari ya Mas Max?

    Thanks

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud