Bisnis Penulis Artikel Lepas, Cara Asik Menghasilkan Uang secara Online

Bisnis Penulis Artikel Lepas

Bisnis penulis artikel lepas sudah cukup banyak dijalankan di Indonesia. Apakah Anda suka menulis artikel dan ingin mendapatkan penghasilan dari kegiatan menulis? Profesi menjadi penulis artikel lepas (freelance writer), bisa menjadi pilihan yang tepat buat Anda. Saat ini bisnis penulis artikel lepas termasuk bisnis yang menjanjikan lho.

Apalagi sekarang ini banyak pemilik blog atau website yang membutuhkan penulis artikel untuk mengisi blognya dengan artikel berkualitas tapi terbentur keterbatasan waktu untuk menulis banyak artikel. Mereka akhirnya memilih menyewa jasa penulis artikel lepas untuk mengisi blognya agar bisa membantu meningkatkan trafik blog tersebut.

Bisnis ini cukup mudah untuk dilakukan, dan tidak butuh modal yang besar. Bisnis penulis artikel lepas bisa menjadi bisnis sampingan maupun bisnis utama. Tinggal bagaimana Anda ingin memulainya. Untuk memulai bisnis ini, Anda nyaris tak butuh modal uang sama sekali. Hanya butuh laptop, koneksi internet yang baik, dan kemampuan menulis.

Jika Anda berminat mendalami bisnis ini, saya akan mencoba menjelaskan mengenai cara memulai bisnis penulisan artikel.

Keuntungan Membuka Bisnis Penulis Artikel

Sebelum kita membahas tentang cara memulai dan strategi yang tepat untuk membuka bisnis penulisan artikel, mungkin Anda harus tahu apa saja keuntungan yang akan didapatkan jika menekuni bisnis ini.




1. Waktu yang Fleksibel

Bagi Anda yang tidak suka bekerja terikat waktu, bisnis ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Karena Anda memiliki waktun yang fleksibel dalam menjalankannya. Tidak seperti menjadi karyawan, Anda harus berangkat pagi dan pulang sore. Ada jadwal yang sudah ditentukan oleh perusahaan tempat Anda bekerja.

Menjadi seorang penulis artikel lepas, Anda bisa bekerja kapan saja sesuai keinginan, asalkan bisa menyesuaikan dengan deadline yang diberikan. Jadi Anda harus bisa mengatur waktu sendiri supaya bisa mengirim artikel sesuai dengan permintaan konsumen. Anda pun bisa mengambil hari libur sesuai keinginan, bisa dibilang hampir tidak ada batasan waktu.

Artikel lain: Peluang Usaha dengan Modal Kecil yang Menjanjikan dari Rumah

2. Tempat Kerja yang Fleksibel

Tak hanya waktu saja yang fleksibel, tapi juga tempat kerja Anda bisa di mana saja. Anda tak perlu kantor khusus, Anda bisa mengerjakan pesanan artikel dari mana saja dan kapan saja. Anda bisa menjalankan bisnis penulis artikel di rumah sambil tiduran, di depan tv, kantor, perpustakaan, taman, dan tempat lainnya. Yang terpenting adalah Anda membawa laptop dan ada koneksi internet.

Anda bisa bekerja di tempat-tempat tertentu yang sesuai dengan mood. Misalnya Anda lebih mudah mendapatkan banyak ide dan lebih kreatif menulis ketika berada di ruangan terbuka, maka Anda lebih baik menulis di tempat tersebut.

3. Penghasilan yang Menjanjikan

Profesi seorang penulis artikel ternyata punya potensi penghasilan yang cukup besar lho. Apalagi jika Anda serius mengerjakannya dan memiliki keunikan dibanding jasa penulis artikel lainnya. Penghasilan jutaan rupiah dari menulis artikel bisa Anda dapatkan dengan mudah, ini fakta ya bukan sekedar karangan.




Mari kita lakukan hitungan kasar penghasilan dari jasa penulis artikel

Artikel berbahasa indonesia, rata-rata untuk artikel 100 kata dibanderol sekitar Rp3000 – Rp6000. Ok, ambil tengahnya saja, yaitu Rp 4500 per artikel 100 kata. Biasanya satu artikel minimal 300 kata sampai 500 kata.

Misalkan Anda bisa menulis 10 artikel 500 kata per hari. Anda mendapat pesanan artikel sekitar 300 artikel per bulan. Maka perhitungannya menjadi;

10 x (5 x Rp4500) = Rp225.000/ per hari.

Dalam sebulan Anda bisa mendapatkan penghasilan Rp225.000 x 30 = Rp 6.750.000.
Ini tentunya keuntungan yang cukup besar tanpa modal yang besar.

4. Menambah Ilmu dan Pengetahuan

Dengan menjual jasa penulisan artikel, maka Anda akan sering mendapatkan permintaan menulis artikel dari beberapa bidang yang belum tentu Anda kuasai sebelumnya. Untuk membuat artikel sesuai permintaan pelanggan, tentunya Anda harus membaca referensi dari sumber lain, dan ini bisa menambah ilmu yang Anda miliki.

Secara tidak langsung, dengan membaca informasi dari sumber lain akan ‘memaksa’ Anda belajar dan menambah ilmu baru. Sering membaca dan menulis akan membuat pengetahuan yang Anda miliki semakin bertambah dan akan membuat otak semakin cerdas.

5. Punya Penghasilan Tambahan

Mungkin saat ini Anda punya pekerjaan utama, tapi ingin memiliki penghasilan tambahan. Anda bisa menekuni bisnis ini tanpa harus meninggalkan pekerjaan utama Anda, setidaknya untuk sementara waktu sebelum Anda benar-benar memutuskan akan serius di bisnis apa.

Profesi sebagai penulis artikel lepas bisa dikerjakan di sela-sela bekerja atau di malam hari. Bila bisnis ini dijadikan bisnis sampingan, jangan sampai mengganggu pekerjaan utama Anda ya.

Artikel lain: Ingin Kerja Dari Rumah dan Menghasilkan Banyak Uang?

Cara Membuka Bisnis Penulis Artikel

Setelah mengetahui keuntungan bisnis penulis artikel, sekarang kita membahas tentang cara memulainya. Berikut ini beberapa hal yang harus Anda ketahui mengenai bisnis jasa penulis artikel:

1. Anda Harus Suka Membaca dan Menulis

Hal ini menjadi dasar dalam menjalankan bisnis jasa penulis artikel. Semakin sering Anda membaca dan menulis maka hal ini akan membantu meningkatkan kualitas tulisan yang dihasilkan. Banyak membaca akan menambah perbedaharaan kata Anda yang sangat membantu ketika membuat sebuah artikel.

Jika Anda tidak suka membaca dan menulis, maka bisnis ini tidak cocok untuk Anda. Tapi bila Anda ingin menjalankan bisnis ini dan selama ini kurang sering membaca, maka mulai sekarang cobalah untuk jatuh cinta dengan kegiatan membaca dan menulis. Maka semuanya akan terasa lebih mudah.

2. Terus Mengasah Keterampilan Menulis

Ok, Anda suka menulis tapi selama ini tidak pernah melatih keterampilan menulis. Apakah itu cukup untuk menjalankan bisnis penulis artikel lepas? Saya yakin tulisan yang Anda hasilkan kualitasnya biasa-biasa saja, atau bahkan mengecewakan pembaca tulisan Anda.

Untuk menjadi penulis handal, Anda harus banyak berlatih. Perbanyaklah membaca untuk menambah kosakata Anda, lalu latihlah menulis terus menerus. Mungkin di awal, tulisan Anda belum begitu bagus, tapi jika dilatih terus menerus lama-lama tulisan anda jauh lebih baik.

Jika saat ini artikel Anda masih jelek, jangan langsung minder ya. Teruslah memperbanyak kegiatan membaca dan latihan menulis artikel, ini akan sangat membantu.

3. Buat Blog Anda Sendiri

Supaya orang-orang tahu tentang kualitas tulisan Anda, buatlah blog sendiri. Dengan begitu orang lain tahu seperti apa pola penulisan artikel dan kualitas tulisan Anda. Banyak calon konsumen yang memperhatikan cara menulis seorang penulis artikel sebelum akhirnya memutuskan akan menyewa jasa atau tidak. Mulai dari alur tulisan, isi artikel, penggunaan huruf kapital, hingga tanda baca.

Menjaga kualitas dan keunikan artikel Anda akan menjadi nilai plus karena akan menjadi pertimbangan si pelanggan apakah akan menyewa jasa Anda kembali atau tidak. Dan jangan pernah mengirimkan artikel copy paste kepada konsumen karena selain akan membuat mereka kecewa, hal ini akan merusak nama baik bisnis Anda.

Blog Anda tersebut juga bisa membantu proses pemasaran jasa Anda menjadi lebih mudah. Membuat blog untuk memasarkan bisnis jasa penulis artikel tidak harus menggunakan layanan berbayar lho. Di awal, Anda bisa memanfaatkan platform blog gratis seperti WordPress.com atau Blogger.com.

Baca juga:

4. Melakukan Promosi

Tanpa melakukan promosi tentunya bisnis Anda tidak akan berjalan dengan maksimal. Agar bisnis jasa penulis artikel yang Anda tawarkan semakin dikenal banyak orang maka Anda harus melakukan kegiatan promosi.

Ada banyak tempat untuk melakukan promosi, diantaranya adalah:

  • Forum online (Kaskus, Ads.id)
  • Media sosial (Facebook, Twitter, Google plus, Instagram)
  • Situs Marketplace (Sribulancer, Freelancer, Projects.co.id, dan lainnya)
  • Blog/ website pribadi

5. Memberikan Layanan Terbaik

Selain kualitas artikel yang baik, ada hal lain yang harus diperhatikan bila ingin sukses menjalankan bisnis jasa penulis artikel ini. Mungkin terkesan remeh, tapi layanan terbaik akan selalu berkesan di hati para pelanggan Anda.

Apa saja contoh layanan terbaik dalam bisnis ini?

  • Komunikasi yang responsif dan to the point
  • Kualitas artikel melebihi ekspektasi konsumen
  • Mengirimkan artikel tepat waktu

Pengetahuan dasar tentang SEO bisa menjadi nilai tambah bagi bisnis jasa penulis artikel. Tidak harus ahli, tapi setidaknya Anda paham dasar-dasar penerapan SEO pada konten yang diciptakan.

Kesimpulan:

Dari penjelasan di atas kita tahu bahwa bisnis penulis artikel lepas ini bisa menjadi bisnis sampingan ataupun pekerjaan utama. Walaupun bisnis ini terlihat mudah dan menguntungkan, untuk memulainya dibutuhkan kerja keras dan konsistensi. Jika Anda suka membaca dan menulis artikel maka Anda sudah memenuhi syarat untuk bisa menghasilkan uang secara online.

Just do it



17 total comments on this postSubmit yours
  1. Sudah lama gak nulis, mau nulis lagi bingung harus mulainya :-D

  2. Saya setuju dengan mas Max. Saya sendiri sudah menjalankan bisnis menjadi penulis lepas dengan bayaran yang menggiurkan juga tentunya. Saya selalu menyediakan artikel yang berkualitas, sesuai dengan permintaan klien dan original hasil ketikan tangan saya sendiri. Btw, sekalian promosi ya mas hehe.. bisa email saya jika ada yg butuh penulis lepas.

  3. Saya ingin menekuni jasa pembuatan artikel, tapi sering kali terbersit pikiran, “ah artikelnya sayang kalau dijual ke orang, mending di publish di blog sendiri”

    • Ada plus minusnya sih mas Yusuf, kalau jual jasa menulis bisa langsung kelihatan duitnya, kalau membangun blog sendiri butuh proses yang tidak sebentar. Tapi itu pilihan, tergantung situasi dan kondisi masing-masing orang

  4. Pengin sih jadi kek gini kebetulan suka nulis dan baca, tapi nggatau mau ngejual jasanya ke siapa. Kalau cuma sekedar ke temen, pasti mereka nggamau.

  5. bahkan ada loh yg mastah blogger yg berani bayar 70k per artikel 500kt, ada temen yg menghandle . . .

    • Itu artikel berbahasa Indonesia atau bahasa Inggris mas?

  6. Sangat menginsfirasi. Maksih ya boz, jadi gak sabar pengen nyoba.

  7. Mungkin kebalikan dari contant placement ya…tapi kalau CP bisa sampai 200 rb per artikel…kok jauh banget ya perbedaannya.

    • Konten placement biasanya kan kalau ada permintaan. Range harga content placement biasanya mulai dari Rp100ribu – Rp500 ribu per artikel, tapi ya itu…jarang-jarang om.

  8. Jadi inget waktu dlu buka jasa artikel. 300 kata cmn dibayar 5000 tpi sekarang kayaknya udah jadi 8000. So sangat menguntungkan sekali.

    • Tergantung penawaran kita juga sih mas Rafi, dulu saya pernah juga jadi penulis artikel. Untuk artikel 400 kata biayanya Rp 10ribu per artikel, itu udah lama sekali

  9. ini adalah salah satu bisnis yang mudah, kenapa karena hampir semua orang bisa menulis, yang perlu di perhatikan adl mengasah lagi kemampuan dlm menulis supy tulisannya lebih informatif, dan menarik, meskpun ini terlihat mudah tpi tidak semua orang bisa. jadi butuh konsistensi

  10. Bisnis menulis artikel sebenarnya merupakan bisnis yang sangat bagus saya rasa, karena dengan tulisan yang menarik,informatif, dan enak dibaca membuat tulisan seperti ini bakalan banyak dicari banyak blogger. Tinggal buka jasa dan berikan free review tulisannya maka orang-orang akan banyak order tulisannya.

    • Bener, apalagi kalau dijalankan dengan serius dan bikin perusahaan jasa penulisan artikel. Pasti banyak yang pakai jasanya.

  11. Menjadi penulis lepas memang enak sekali ya pak, namun sayangnya saya tiap nyari penulis lepas bayaranya mahal banget kadang ada yang 10rb/artikel itu pun saya tidak bisa tahu tulisan orangnya bagus atau ngga nya hehehe

    Kalau saya sih lebih suka nulis sendiri aja, lebih irit juga hehehe

    • Lho itu artikelnya Rp 10ribu per artikel menurut saya sudah murah ya. Tapi tergantung berapa kata dan juga alur artikelnya. Beberapa penulis saya bayarannya malah Rp 30ribu per artikel, bahkan ada yang Rp 50ribu per artikel.

      Itu sebabnya saya bilang bisnis penulis artikel itu lumayan menggiurkan :)

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud