Cara Meningkatkan Traffic Pengunjung Blog / Website Dengan Cepat

Ilustrasi dari comluv.com
Ilustrasi dari comluv.com

Bagi seorang blogger atau pebisnis online, trafik adalah hal yang sangat penting karena semua blogger atau internet marketer pasti ingin websitenya terkenal dan bisa menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membantu meningkatkan jumlah pengunjung ke situs kita. Beberapa upaya meningkatkan trafik ke situs kita bisa kita lakukan secara gratis, tapi ada juga sumber trafik yang memang butuh modal. Strategi seperti apa yang paling cocok untuk blog/ website Anda?

Di artikel ini saya akan coba jelaskan beberapa cara untuk meningkatkan trafik potensial untuk website kita, baik itu secara gratis ataupun dengan cara berbayar. Walaupun ada banyak cara yang bisa kita lakukan, tapi tidak semua cara bisa cocok dengan jenis blog/ website yang kita miliki. Kita harus bijak dalam memilih sumber trafik agar hasilnya lebih maksimal.

Meningkatkan Trafik Blog/ Website Dengan Cara Gratis

Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, kita bisa mendapatkan trafik menuju situs bisnis atau blog kita secara gratis. Tapi dibutuhkan upaya yang terus menerus dan dengan cara yang benar agar trafik yang didapatkan sesuai dengan yang kita harapkan. Berikut ini adalah beberapa cara meningkatkan pengunjung traffic pengunjung blog/ website secara gratis:

1.  Melalui Blog Walking

Blog walking adalah kegiatan mengunjungi blog/ website orang lain yang masih berhubungan dengan blog kita, lalu meninggalkan komentar di blog/ website tersebut. Ada banyak blog yang menyediakan kolom untuk meninggalkan URL website bagi orang yang memberikan komentar di situs mereka, inilah yang harus kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Jangan pernah meninggalkan komentar SPAM pada blog orang lain karena hal itu hanya akan memberikan citra yang buruk pada Anda sebagai seorang blogger atau internet marketer. Biasakan untuk membaca artikel yang ditulis terlebih dahulu sebelum meninggalkan komentar agar Anda mengerti memberikan komentar yang sesuai dengan topik artikel.

Dengan berkomentar dengan baik dan meninggalkan URL blog kita di kolom yang telah disediakan, maka Anda akan mendapatkan backlink menuju situs Anda. Selain itu, kemungkinan besar pengunjung lain di blog tersebut juga akan mengunjungi situs Anda ketika mereka melihat komentar yang Anda berikan. Dari proses blog walking ini kita bisa mendapatkan cukup banyak trafik, tapi memang dibutuhkan usaha ekstra dengan memberikan komentar di blog-blog lain terlebih dahulu.

Artikel terkait: Cara membuat blog gratis

2. Melalui Situs Social Bookmarking

Situs-situs social bookmarking awalnya dibuat untuk membantu netter menyimpan alamat website yang mereka sukai, sehingga akan memudahkan mereka ketika ingin membuka website tersebut di kemudian hari. Pada perkembangannya, situs social bookmarking sering digunakan untuk optimasi SEO dan juga untuk mendapatkan trafik. Nah, yang saya tulis di sini adalah trafik langsung dari Social bookmarking-nya, bukan efeknya ke SEO sebuah situs.

Kita bisa menyimpan URL blog/ website atau URL postingan artikel blog milik kita ke situs-situs social bookmarking, dengan harapan pengguna yang lain akan tertarik dengan URL yang kita submit dan mengunjungi situs kita dengan media social bookmarking tersebut. Selain itu, situs social bookmarking juga sering mendapatkan trafik dari mesin pencari. Jadi, menurut saya kemungkinan untuk mendapatkan trafik dari situs social bookmarking cukup potensial dan harus dimanfaatkan dengan baik.

3. Melalui Situs Social Media

Banyak orang bilang, sekarang itu jamannya media sosial dan itu sangat benar. Pertumbuhan pengguna media sosial di Indonesia saja sudah mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Ditambah lagi perkembangan smartphone di Indonesia sudah sangat pesat. Kebanyakan pengguna smartphone pasti punya akun di situs-situs media sosial, paling tidak salah satu dari situs media sosial. Nah, tentunya ini adalah potensi trafik yang cukup besar bagi kita pemilik blog/ website.

Bisnis yang populer di media sosial pasti tidak akan kesulitan untuk mendapatkan perhatian dari pengguna media sosial lainnya. Itulah sebabnya mengapa banyak bisnis mengalami peningkatan profit setelah mereka mengoptimalkan media sosial untuk bisnis mereka. Beberapa media sosial yang sering digunakan untuk mendapatkan trafik adalah Facebook, Twitter, Google plus, YouTube, LinkedIn, dan Pinterest. Sebenarnya masih ada beberapa media sosial yang bisa digunakan, tapi berdasarkan pengalaman saya, 6 situs yang saya sebutkan itu adalah media sosial yang paling populer.

4. Melalui Situs Forum

Situs forum diskusi sering digunakan para internet marketer sebagai media untuk mendapatkan trafik menuju blog/ website bisnis mereka. Ada banyak situs forum yang memperbolehkan link di dalam thread atau pada signature para member mereka. Tentunya ini harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin.

Satu hal yang harus kita perhatikan adalah tetap menjaga nama baik di dalam forum tersebut, bacalah rules dalam forum tersebut sebelum bertindak lebih jauh. Jangan membuat thread yang tidak berguna atau thread yang bisa membuat reputasi Anda tercoreng. Manfaatkan fasilitas link signature forum dengan sebaik-baiknya, manfaatkan fasilitas link di dalam thread forum dengan wajar. Ada beberapa forum yang tidak memperbolehkan link di dalam thread, jangan melanggar aturan tersebut.

Beberapa forum yang saya rekomendasikan untuk mendapatkan trafik dan backlinks adalah pengusaha.co, bersosial.com, forum.kompas.com, forum.detik.com, kaskus.co.id, dan lain-lain. Masih ada banyak forum yang bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan referral trafik, tapi saya sarankan untuk fokus pada beberap forum yang paling potensial untuk bisnis Anda.

5. Guest Posting di Blog Lain

Ada banyak blog yang memberikan kesempatan pada orang lain untuk mengirimkan artikel/ konten dan memasang link di blog mereka. Tentunya artikel/ konten yang kita posting di blog tersebut harus sesuai dengan kriteria yang mereka tentukan. Kita bisa memasang link situs bisnis kita di bagian author, beberapa blog memperbolehkan penulis mereka untuk memasang link di dalam artikel. Selain memberikan efek SEO, referral trafik dari blog-blog tersebut tentu cukup banyak, apalagi bila kita menulis artikel di blog yang sudah terkenal.

Sebenarnya masih ada banyak cara gratis lainnya untuk mendapatkan pengunjung menuju situs kita. Tapi lima cara yang sudah saya sebutkan di atas sebenarnya sudah sangat baik bila kita bisa mengoptimalkannya. Saya sendiri fokus pada empat cara tersebut karena selain memberikan trafik langsung, keempat cara yang sudah saya sebutkan di atas terbukti memberikan dampak SEO yang baik pada blog saya. SEO yang baik tentunya akan memungkinkan situs kita akan mendapatkan trafik gratis dari mesin pencari, misalnya Google.

Meningkatkan Trafik Blog/ Website Dengan Cara Berbayar

Bagi Anda yang tidak ingin menunggu proses optimasi dengan cara gratis, maka cara berbayar bisa dilakukan untuk mendapatkan trafik menuju blog/ website bisnis Anda. Beriklan di beberapa media bisa memberikan dampak yang sangat baik dalam meningkatkan trafik, namun agar tidak terlalu boros, ada baiknya kita memilih media yang memang benar-benar efektif dan sesuai dengan target situs bisnis. Berikut ini adalah beberapa cara meningkatkan traffic pengunjung blog/ website dengan cara berbayar:

1. Memasang Iklan di Media Sosial

Facebook adalah media sosial yang paling efektif untuk memasang iklan karena konversi iklan di media sosial yang satu ini terbukti sangat baik. Di Facebook Ads kita bisa memilih target audiens yang paling sesuai dengan kategori yang kita butuhkan, inilah yang akan mempengaruhi efektivitas iklan yang kita pasang.

Berdasarkan pengalaman saya, memasang iklan di Facebook Ads sangat mudah dilakukan. Kita bisa mengatur berapa budget yang ingin kita keluarkan untuk sebuah klik iklan, dan kita juga bisa mengatur target audiens yang sesuai dengan bisnis kita.

Artikel terkait: Mengintegrasikan blog dengan Facebook

2. Memasang Iklan PPC

Google Adwords adalah perusahaan penyelenggara media iklan PPC yang paling terkenal saat ini. Perusahaan milik Google ini sudah memiliki jaringan pengiklan (advertiser) dan publisher dengan jumlah yang sangat banyak di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Keunggulan dari Google Adwords adalah iklan yang muncul di situs publisher mereka adalah iklan yang sesuai dengan artikel.

Saya pribadi belum pernah memasang iklan di Google Adwords, tapi ada banyak testimoni dari pengiklan mereka yang mengatakan puas dengan layanan Google Adwords dan memberikan dampak positive bagi bisnis mereka. Nah, bagi Anda yang ingin mendapatkan trafik potensial menuju situs bisnis Anda, tidak ada salahnya mencoba Google Adwords.

3. Memasang Iklan di Situs Iklan Baris Online

Cara lain untuk mendapatkan trafik ke blog/ website bisnis adalah dengan memanfaatkan situs iklan baris. Sebenarnya ada banyak situs iklan baris yang memberikan ruang iklanbaris secara gratis, tapi saya lebih merekomendasikan yang berbayar karena biasanya hasilnya jauh lebih baik dari yang gratisan.

Artikel terkait: Pasang iklan baris

Kesimpulan:

Kita tidak perlu melakukan semua strategi pemasaran untuk mendapatkan trafik menuju situs kita. Kita harus memahami tentang situs kita sendiri terlebih dahulu, dengan begitu kita bisa tahu strategi yang mana lebih efektif untuk meningkatkan trafik pengunjung blog/ website kita.

Kadang cara gratis cukup efektif, namun pada banyak kasus, cara berbayar lebih cepat dan efektif dalam memberikan trafik yang potensial bagi blog/ website bisnis kita. Selain itu, kita juga harus memperhatikan hal-hal yang berhubungan dengan kualitas website kita, seperti kualitas konten, sistem navigasi, kecepatan loading, dan lain-lain. Semoga artikel ini membantu.

Maxmanroe

Seorang blogger, YouTuber, trader, dan pemilik blog Maxmanroe.com. Mulai mengenal bisnis online sejak tahun 2012 dan terus belajar tentang bisnis internet hingga sekarang. Saat ini aktif sebagai trader dan penulis konten di Maxmanroe.com.

1,565 thoughts on “Cara Meningkatkan Traffic Pengunjung Blog / Website Dengan Cepat”

  1. proses peningkatan traffic website ini sudah banyak saya lakukan dan memang sangat susah sekali agar hasil bisa optimal karena meningkatkan kunjungan ini tidak hanya dengan iklan di sosmed tp butuh banyak hal penunjang

    Reply
  2. Halo Salam Kenal Semua,

    Jika Mencari Jasa Posting Harian+ Penulis artikel blog nya+ berkaidah SEO Hijau yang bagus+ dan berkualitas + terpercaya karena pasti Order Repeat Per Bulan untuk website anda, WordPress, blogger dll

    ✅ Rankmath
    ✅ Yoast SEO
    ✅ All In One SEO

    WA katalog :
    wa.me/c/6281806757738

    Terima Kasih.

    Reply
  3. Pengunjung blog yang banyak menjadi idaman semua orang. Setiap orang yang punya blog ingin blognya ramai banyak dikunjungi. Kalau yang jualan ya biar jualannya laris, kalau yang pada pasang iklan biar incomenya banyak.

    Sejumlah saran yang disampaikan diatas sebagian sudah ane terapkan, namun sebagian memang belum (sepertinya begitu). Dengan informasi yang disampaikan oleh Maxmanroe dapat menjadi pengetahuan bagi yang lain agar blognya ramai seperti blog Maxmanroe. Terimakasih banyak atas sharingya kang

    Reply
  4. Terima kasih kak atas tipsnya, membantu sekali…
    maklum sedang cari pengunjung banyak-banyak dan backlink. Lumayan susah menurut saya.

    Reply
  5. Siap mas, langsung praktek. Biar trafik membaik, dan kece. Bisa kayak maxmanroe.com adalah impian banyak blogger…top

    Reply
  6. Pengunjung blog coba mas bisa pakai tools yang tersedia. Atau bisa meningkatkan dari sosial media seperti youtube, facebook, instagram, dan sebagainya.

    Semoga bermanfaat

    Reply
  7. kalau untuk era saat ini, masih efektif tidak ya ? jika melakukan blogwalking

    Reply
  8. saya adalah seorang youtuber pemula dimana content yang saya tawarkan adalah vlog…dan sudah saya coba untuk beriklan di faceboo ads…hasilnya untuk view lumayan tapi tidak untuk subscriber channel saya…minta masukannya???? :

    Reply
  9. Setelah baca artikel ini semangat lagi untuk bikin artikel. terimakasih maxmanroe… artikel ini sangat bermanfaat bagi para newbi seperti saya..

    Reply
  10. Bagaimana kalau saya beriklan dengan memasang Banner ads di situs lain yang memiliki tema yang sama untuk menarik pengunjung, kira kira apakah akan lebih efektif darii pada jens layanan iklan lain?
    Karena Banner ads tersebut akan dipasang di situs yang memiliki tema yang sama dengan situs yang diiklankan, otomatis minat pembacanya juga sama.

    Reply
  11. rata-rata tutorial yang ada di internet sama kayak gini sih, tapi entah kenapa yang paling “teratas” tetap blog ini. mungkin jurus rahasianya belum dikeluarkan?

    Reply
  12. Trik-triknya hampir sama dengan yang lainnya, nggak ada yang salah, cuma emang gak mudah buat dipraktekkan, butuh kesabaran, Tapi sepertinya fokus perbaiki mutu konten dulu deh biar pengunjung terus tertarik ke blog kita, salam

    Reply
  13. Saya pernah dengar kalo memakai jasa iklan untuk meningkatkan traffic katanya bisa berakibat buruk untuk kedepanya. Sebenarnya itu benar gak sih mas?

    Reply
  14. Pengunjung lama lama menurun , jadi malas ngurus blog tapi ktemu tip tip disini jadi smangat lagi …makasih gan infonya…

    Reply
    • Sudah tidak efektif lagi, rata-rata web iklan baris jadi tempat spam di internet

      Reply
  15. saya sangat merasa kesulitan kalau untuk meningkatkan traffik blog saya, sekarang saja pv masih stagnan 200 pv/day……. btw thanks artikelnya om max manroe

    Reply
  16. Terima kasih banyak masukannya bang max.. Saya baru belajar ngeblog.. Mudah mudahan bisa terbantu dengan cara ini

    Reply
  17. Di portal saya sudah banyak konten nya dan menurut saya informatif dan menarik, tetapi kenapa netizen sekarang pada terpaku berita hoax yah? dan cara ngatasin solusinya gimana yah? masih sepi pengunjung

    Reply
  18. Mulai ngeblog lagi setelah sekian lama, eh nyasar kesini. Banyak ilmu disini jadi betah berlama – lama baca disini. Terimakasih maxmanroe.

    Reply
  19. Artikel yang bermanfaat. Memang mencari traffic cukup sulit menurut saya, apalagi saya seorang blogger pemula. Harus ekstra sabar dan konsisten untuk terus menulis artikel. Terima kasih atas infonya, bisa saya jadikan referensi untuk bisa meningkatkan traffic blog saya.

    Reply
  20. untuk saat ini karena blog sy mengalami penurunan serp maka sy lbh fokus ke media sosial

    Reply
  21. Yang sulit prakteknya, Mas. Memerlukan kesungguhan untuk selalu menjalankan cara meningkatkan traffic dengan konsisten. Ya, ini yang saya alami. Terkadang lupa sampai berhari-hari tidak menjalankan program meningkatkan traffic. Setelah membaca artikel di atas, saya ingin menjalankan program peningkatan traffic dengan baik/rutin. Terima kasih artikelnya.

    Reply
  22. bagus sekali mas infonya, tinggal praktekan. ngomong2 kalaw ads d mix sma ptr itu bagus gak y

    Reply
  23. Good Artikel, Terimakasih untuk infonya yang bermanfaat, akan saya coba terapkan pada blog saya. Ijin numpang komen di blog anda :)
    Semoga lebih banyak visitor ke website anda agar lebih banyak orang yang berhasil melalui dunia digital.

    Reply
  24. Semua cara udah dicoba sih, tapi sayangnya pas ganti domain visitor jadi nurun lagi… Apakah harus di optimasi ulang seperti yang dulu? atau dibiarkan saja menunggu waktu index?

    Reply
  25. Terimakasih untuk ilmu yang di berikan sangat bermanfaat, semoga lebih banyak orang lagi yang mengunjungi blog anda agar lebih banyak juga orang yang berhasil untuk mewujudkan keinginan di dunia digital. Saya sangat suka dengan artikel anda dan saya akan mempraktikan info dari anda.

    Reply
  26. Info yang paling di cari, namun bagi saya susah banget buat dapetin banyak traffic

    Reply
  27. Terimakasih info nya. Masih tahap pembelajaran ternya ta lebih susah ya. Di timbang kita jadi youtuber.

    Reply
  28. Sangat membantu. Tapi kenapa ya sejrang susah untuk membangun sebuah blog. Agar cpat di index oleh google sangat sulit . Kualitas sudah seo sudah 72% tapi masih gk bisa muncul di pencarian google. Jngan kan pengun jung. Lalulintas nya melnceng kemana mana keluar nergri termasuk. Ap karna sya tidak memakai hflang ya. Mohon bantuan nya .

    Reply
  29. Susah juga meningkatkan pengunjung blog, tidak seperti tahun 2012 hanya dengan submit blog ke banyak directory, memasang meta tag, blogwalking dan backlink dalam satu hari blog sudah mendapatkan seribu pengunjung. Yang saya sayangkan sekarang nyonyah alexa sudah berbayar

    Reply
  30. Saya mau tanya mas. Apakah benar melakukan blogwalking di sosial media akan di anggap spam oleh facebook dan juga google mas apakah itu benar?

    Reply
    • Tergantung, kalau blogwalkingnya di situs spam bisa jadi dianggap spam oleh Google. Berkomentarlah di blog yang bagus dan diurus, misalnya Maxmanroe.com :)

      Reply
  31. terima kasih atas informasi yang bermanfaat ini min, saya juga lagi berusaha nih meningkatkan trafik pengunjung situs saya, semoga aja semakin lama semakin bertambah dan berkembang situs yang saya buat ini. terima kasih untuk info nya

    Reply
  32. saya pikir bertukar link juga bisa meningkatkan pengunjung, Bukannya ini akan menjadi sumber backlink yang mempengaruhi rangking blog di mata search engine sehingga secara otomatis akan berpengaruh juga pada banyak sedkitnya pengunjung blog

    Reply
  33. Rasanya sudah dicoba, kunjungannya masih statis.. ga ada pengaruh..cuma anehnya alexa malah drop… tapi dengan artikel ini aku menemukan pencerahan sich

    Reply
  34. Halo Salam Kenal Semua,

    Perkenalkan saya dari Kontenesia (Jasa Penulis Artikel SEO Profesional),
    Untuk meningkatkan traffic di website anda, ada 3 (tiga) hal yang bisa dilakukan diantaranya :

    1. SEO (Melalui Konten/artikel2 yang diupdate)
    2. Paid Traffic (FB Ads, Google Adwords, dll)
    3. Email (Newsletter)

    Saat ini kami telah membantu para pelaku bisnis start up, ukm, blogger , dan lain sebagainya untuk menyediakan konten2 berkualitas yang tentunya google and human friendly.
    Bisa cek web kami di kontenesia.com atau bisa email saya ke [email protected] jika ada yang ingin diskusi lebih lanjut terkait meningkatkan traffic di website anda.

    Terima Kasih.

    Reply
  35. blog saya yg dulu, sekali post bisa dapet minimal 10 views /bulan (utk 1 post). Bahkan ada yg 100 views/ bulan. Sekarang bikin baru lagi. Udah seminggu ngepost cuma 3 views doang per post.
    Yang dulu ngomongin film sama musik sih, klo yg sekarang temanya lebih serius.
    Hmm apakah karena blog saya membahas hal yg gak populer makanya gak selaris pengunjung dulu?

    Reply
  36. sangat membantu lo masss
    kunjungi juga dong alamat blog saya biar bisa menjadi webnya sampean gitu lo hhhhhehehhehe

    Reply
  37. Terima kasih informasinya bang,
    sehari traffic cuma segitu2 aja, adakah cara lain bang? saya baru belajar dan bekerja sebagai internet marketing, sekarang baru belajar meningkatkan traffic. Apakah dengan backlink2 seperti di jommla k2 bisa menginkatkan traffic?

    Reply
  38. makasih banyak
    sangat membantu blogger pemula seperti saya
    buat yang lain jagn lupa mampir juga ya k blog aku

    Reply
  39. Untuk SEO diperlukan waktu hingga berbulan bulan, sabar aja bagi yang belum berhasil. Karena untuk awal hanya naik sedikit demi sedikit.

    Reply
  40. sangat membantu sekali artikel nya,semoga blog saya bisa cepat berkembang setelah mengikuti cara dari artikel ini,,trimakasih

    Reply
  41. gan cara agar artikel menarik gimana sih? masih newbie nih gan kalo masalah blog hehe.

    Reply
  42. artikel yang sangat berguna gan, tetapi ane masih awam dalam dunia blog nih hehe, kalo mungkin ane ada pertanyaan mungkin agan bisa bantu jawab nanti ya gan di pm

    Reply
  43. Bang Saya lagi kesusahan dengan traffic nih udah saya coba semua cara tapi gak bisa juga

    Reply
  44. Om, ajarin cara membuat sebuah artikel agar bisa berbobot sehingga bisa dibagikan ke Forum terkenal… mohon sarannya??? karena untuk masalah bahasa dalm blog, saya masih agak kaku… nuhun

    Reply
    • Wah ini, sebenarnya contoh artikel yang berbobot itu ada banyak sekali. Tinggal ATM (Amati Tiru Modifikasi) aja. Coba Googling topik yang sesuai dengan blog mu, lalu baca blog lain yang artikelnya bagus, lalu lakukan proses ATM.

      Reply
  45. saya sempat bingung ketika saya posting baru dan saya submit ke google saya mendapatkan tautan balik yang banyak tapi trafik alexa masih kosong
    apa ini bisa menjadi kesalahan mas ?

    Reply
    • Alexa rank itu dipengaruhi beberapa hal:
      1. Trafik
      2. Konten (update, dan keunikan konten)
      3. Perilaku pengunjung website
      4. Sumber trafik
      Ngga ada yang salah kog, mungkin web mu belum populer aja.

      Reply
  46. Bagaimana ya caranya supaya setiap postingan dapat pengunjung yang banyak?

    Reply
  47. blog aku lahir bulan agustus kemarin dan setiap hari aku update lirik terjemahan 3-5 buah perhari, rata-rata pengunjung saat ini 300-500san/ hari. apakah blog aku bisa dikatakan cepat berkembang?

    Reply
  48. terima kasih atas informasi yang bermanfaat ini min, saya juga lagi berusaha nih meningkatkan trafik pengunjung situs saya, semoga aja semakin lama semakin bertambah dan berkembang situs yang saya buat ini. terima kasih untuk pencerahannya.

    Reply
  49. saya udh coba2 gan, tetep aja belum dapte visitor perday diatas 10orang :( . tipsnya om

    Reply
  50. Terimakasih banyak ilmunya bang marixon, dapat dimengerti dengan mudah. Memang benar, kegiatan diatas ternyata dapat meningkatkan visitor blog dengan biak dan benar. Apalagi kalau didukung dengan artikel yang berkualitas.

    Reply
  51. wah metode yang sudah saya buktikan…dan ternyata sangat luar biasa sekali.

    Tapi sosial bookmarking sekarang sudah tidak relavan. Mungkin bisa diganti dengan kerjasama dengan forum2 terkenal.

    terimkasih

    Reply
  52. mantap info nya gan,,nambah ilmu buat saya biar makin gaspol jualan nya

    Reply
  53. wahhhhhh mantap artikelnya,saya blogger pemula jg….baru seminggu sepi juga ternyata padahal udah share d fb di group, total pengunjung 300 lebih dan 200 diantaranya cuma saya yg buka…hehehehe
    setelah baca artikelnya say baru paham hehehe…maksih banyak infonya
    saya jg minta koreksi untuk blog saya mas

    Reply
  54. Info nya sangat bermnfaat mas. Tapi dari artikel diatas saya pilih yang gratis nya aja

    Reply
  55. sudah saya jalankan, tetapi kurang maksimal untuk web saya, apakah ada solusi yang lainya om?

    Reply
    • Sudah coba yang berbayar belum? Saya tadi buka website mu, itu keywords stuffing di homepage cukup menyita perhatian ya hehehe.

      Reply
  56. Terima kasih mas, sangat membantu, sekarang mulai coba tips maxmanroe lagi satu persatu, karena trafik anjlok habis ganti url

    Reply
  57. Terimakasih atas Ilmu yang sangan bermanfaat bagaimana strategi dibangun untuk mencapai tujuan meningkatkan traffic…

    Reply
  58. thanks mas bro atas info dan sarannya bermanfaat banget buat kami yang pemula salam kenala ja dari Sumatera Selatan

    Reply
  59. Blog ini memang selalu menjadi panutan saya…makasih atas infonya gan…super sekali

    Reply
  60. Terima Kasih info nya mas bro bermanfaat sekali bagi kami maklum pemula dan mohon bantuannya supaya sama-sama sukses.salam kenal saja dari Sumatera Selatan

    Reply
  61. artikelnya sangat bermanfaat bagi saya yang masih memiliki sedikit pengunjung di blog

    Reply
  62. Kalau untuk promosi dengan berbayar ada nggak ,,? soalnya minim waktu untuk melalui proses2 seperti yang disebutkan..

    Reply
  63. mantab ni tips…mudah2an bisa ane terapin ke web baru ane dan membantu menaikan trafick
    kalau ada waktu mampir web ane ya gan gilangtegar.net. soalnya banyak yang harus ane benahin dan butuh bimbingan para suhu

    thanks maxmanroe

    Reply
    • Syukurlah kalau bermanfaat mas Gilang. Blog mu saya lihat masih baru banget ya. Semoga berjalan lancar kegiatan bloggingnya :)

      Reply
  64. Dari beberapa uraian diatas, baru poin 3 (Melalui Situs Social Media) aja yang berhasil saya optimalkan, memang terbukti, dengan memanfaatkan sosmed alhasil traffic yang masuk ke blog juga lumayan bagus, terimakasih pencerahan nya ^_^

    Reply
  65. informasi yang paling dasar bagi pemilik website untuk pemula … trimakasih..

    Reply
  66. Terimakasih banyak pencerahannya, artikel yang bagus, ada kesimpulan di bawahnya.

    Reply
  67. memang di tahun sekarang ini menurut saya buat meraih traffic atau pengunjung blog tidak cukup hanya dengan rajin post dan berharap pengunjung akan datang dengan sendirinya . tips tips diatas sangat bermanfaat bagi saya yang baru terjun ke dunia blog, moga moga aja blog saya rame pengunjungnya seperti punya mas ini

    Reply
  68. Terima kasih ya min semoga pengunjung blog saya dibalikseo yang membahas tutorial Tips Blogger, SEO, Responsive, Gallery, jQuery, CSS, HTML, JavaScript, Widget, Web Tools dan Adsense banyak pengunjungnya.

    Reply
    • Kalo ga mau keluar duit ya pake cara gratis dulu. Tapi biasanya cara gratis pada akhirnya bisa membuang banyak waktu sih :)

      Reply
  69. benar sekali mas poin poinnya kenapa ga kepikiran sama saya ya
    mantab dah pencerahannya thk banget

    Reply
  70. Terimakasih mas, banyak sekali blog yang merekomendasikan hal seperti yang disampaikan, harus terus update artikel

    Reply
  71. sangat bermanfaat bagi saya seorang pemula.. terima kasih banya saran dan infonya.

    Reply
  72. Bermanfaat nih, baru tau kalo blog walking bisa nambah traffic pengunjung juga

    Reply
  73. Mantap artikelnya mas, dan kalau bisa minta saran ke blog saya, mohon di Reply, komentar saya, mengenai cara meningkatkan pengunjung blog.

    Reply
  74. Makasih pak bos infonya,saya baru nyoba2 ngeblog jadi blm punya tema blog.. masih gado gado nih…

    Reply
  75. Saya masih bisa di bilang blogger newbie yang masih ingin terus menulis dan menulis, semoga kita semua bisa membantu orang lain dalam berbagi informasi,,

    Reply
  76. terimakasih artikelnya sangat membantu untuk sya yang lagi belajar. smoga bermanfaat buat saya

    Reply
  77. Artikel yang menarik bagi para blogger, artikel diatas juga sanagat bagus untuk para blogger yang masih pemula. Saya berharap agar di Indonesia para blogger nya meningkat per hari nya.

    Reply
  78. Kalau bang maxmanroe sendiri cara apa yang digunakan dalam menaikkan trafik/visitor website ini ?

    Reply
  79. terima kasih atas ilmunya kang…
    tp ane ingin tanya kalau kita milih yang berbayar kira2 berapa ya estimasinya ?

    Reply
    • Tergantung budget pak Jamal saja. Kalau saya biasanya untuk masing-masing sumber trafik berbayar budgetnya Rp 2jutaan. Tergantung kebutuhan dan target sih

      Reply
  80. Makasih infonya bos, tapi kalau dengan adsense apakah memasang iklan itu aman ya? takutnya dianggap beli traffic? saya ngga paham dan takut kalo soal ini, mohon pencerahannya,

    Lalu kalau boleh nambahin, ini metode gratis yang saya juga lakuin meskipun blog saya belum terlalu dahsyat (masih dibawah 1000 pv per bulan), dan ngga tau ini juga ini berpengaruh secara langsung atau tidak

    1. buat artikel dengan topik niche (kalo di blog saya yg bikin view naik tentang topik Smule Sing!, aplikasi karaoke android & ios)
    2. Daftarin sitemap di Google search console biar cepet keindex di search engine
    3. Rajin update (wajib ini sih ya?)

    Reply
  81. sangat membutuhkan usaha yang ekstra ya untuk meningkatkan trafik blog kita..
    tetapi dibalik usaha yang besar pasti ada hasil yang memuaskan juga. hehe
    thanks informasinya gan..

    Reply
  82. Saya memiliki blog yang sama sekali tidak ada pengunjung mas…. Bagaiman blog saya agar ramai tolong solusinya mas ???

    Reply
    • Apakah degan memakai facebook ads akan merubah jumlah trafik blog kita untuk selanjutnya semakin bertambah.?

      Terimaksih

      Reply
  83. Menarik banget nih untuk dicoba. Makasih gan sudah memberikan ilmu baru buat ngembangin website.

    Reply
  84. terimakasih gan sudah mau berbagi ilmunya, sekalian mau bertanya dulu blog saya itu sudah dapet 1k-2k visitor perday nah tiba” ane ganti template dan visitor ane jadi turun dratis, apakah template juga sangat berpengaruh ya gan?? dan sebelumnya juga saya sempat valum nulis artikel selama kurang lebih 6 bulanan apalah itu juga merupakan faktor berkurangnya visitor pada blog saya??

    terima kasih sebelumnya

    Reply
    • Template bisa berpengaruh (baik atau buruk), tapi biasanya kalau templatenya bagus trafiknya akan balik lagi kog.

      Reply
  85. kalo saya baru ngejalanin bw aja sob.. tapi untuk yg berbayar seperti FB ads kayanya menjanjikan tuh.. ditambah lagi biaya murah.. patut dicoba noh

    Reply
  86. Sangat bermamfaat , kalau ada butuh tinta laserjet semua macam merek dan tinta silahkan kunjungi situs saya tintatoneronline.com… Terima kasih

    Reply
  87. Sangat bagus. Cuma karena sy tidak familiar jadi bingung, apalagi saya baru dan awam dunia blog. mohon bantuan para suhu. dan mohon disambangi blog saya soal haji dan umroh. tx

    Reply
  88. thanks gan.. ni tips dan trik yang saya lagi googling kesana kemari.. sangat membantu bagi saya.. thanks gan

    Reply
  89. Pembahasan yang sangat menyenangkan khusus untuk blogger seperti aku, sedikit saya tambahkan ya om. Untuk mendapatkan trafik blog secara gratis menurut ku tidak kalah saing dengan sebutan beberapa furum di atas. Banyaklah berinteraksi di forum maxmanroe, juga dijamin visitor akan meningkat tajam. Mengapa? Selain banyak blogger sukses juga banyak sekali yang berbagi tips disana.
    Salam blogger

    Reply
  90. terimakasih informasinya. mudah-mudah bermanfaat, dan semakin banyak yang baca. amin

    Reply
  91. Sangat bermanfaat semoga apa yang di berikan bisa benarw bermanfaat untuk orang lain tentunya saya sebagai seorang pemula

    Reply
  92. Terimakasih Atas infonya. Bermanfaat sekali untuk saya yang baru mulai blogging nih. Jika berkenan silahkan mampir ke blog saya di manager.id blognya tentang bisnis dan manajemen. Thanks ya

    Reply
  93. Memasang iklan PPC juga ternyata tidak 100 % mengangkat pengunjung ke website kita, artinya di butuhkan modal yang besar untuk menembak kata kunci untuk adwords, yang paling bagus adalah SEO tapi ya itu tadi di butuhkan konsistensi dan ketekunan untuk mempelajari SEO. Terima kasih Artikelnya sangat membantu kami.

    Reply
  94. saya akan coba terapkan ,meskipun diawal perjuangan akan tahu kalau ga sabaran bakal berantaan, coba sistematis dan sabar yang mendalam. trimakasih tipsnya

    Reply
  95. Terima kasih ilmunya. Sangat bermanfaat.
    Teman-teman boleh mampir ke blog saya di blogpemula92.blogspot.com

    Reply
  96. Sangat inspiratif, saya masih perlu banyak belajar bagaimana membuat pengunjung lebih banyak ke blog saya hehehehe,,,, maklum masih newbie

    Reply
  97. Hidup papua indonesia, sedikit luangkan waktu untuk melihat kondisi negeri papua indonesia yang sedang dalam keadaan kritis karena pihak2 yang tidak bertanggung jawab…
    Papua ada di tangan kita semua, jangan sampai kita lengah dan terpengaruh oleh berita yang di buat untuk menutupi papua kita yang kaya ini.

    Reply
  98. Nice .. artikel gan..
    saya sekarang jadi mengerti cara meningkatkan trafik blog yang benar dan baik.

    Reply
    • Engga dong! Ketika iklan sudah stop, ya trafik dari iklan tadi ya berhenti. Tapi sebenarnya trafik dari FB Ads itu bisa kita convert menjadi pelanggan, misalnya kita tawarkan mereka agar subscribe newsletter dengan memberikan produk gratis. Banyak cara yang bisa dilakukan agar trafik dari FB Ads tadi tetap terhubung dengan website kita sehingga kita bisa remarketing/ promosi kembali ke mereka.

      Reply
  99. Gan saya baru saja Ditolak adsense, Tolong Barangkali agan tau kekurangan blog Ane

    Reply
  100. Mohon do’anya mas, saya ingin diterima adsense non hosted, di website saya umarweb.com

    Reply
  101. Terimakasih Gan infonya.. semoga mencerahkan semua yang masih belajar.

    Reply
  102. salam kenal gan, dari sekian banyak blog yang saya kunjungi blog ini yang memotivasi saya untuk memulai membuat blog sendiri

    terimakasih

    Reply
  103. Apa saja syarat untuk memasang iklan dari google adsense?
    Saya sdh coba membuat ads tetapi tidak berhasil muncul di blog saya

    Reply
  104. Makasih min

    udah kasih tau caranya

    tapi

    saya nanya kenapa blog walking bisa meningkatkan traffic?

    Tolong dijawab

    Reply
    • Komentar yang menarik dan lugas akan membuat si pemilik blog dan visitor lainnya tertarik untuk membuka web si komentator.

      Reply
  105. untuk cara yang gratis, poin nomor 2 dan 5 masih sulit buat saya. permasalahannya adalah perangkat saya cuma ponsel android dengan ram 512 dan waktu saya cuma 2 jam perhari untuk blogging. selebihnya, ini artikel mantab, min.

    Reply
  106. makasih gan infonya. bermanfaat bagi pemula seperti saya. nanti saya praktekan.

    Reply
  107. Gan, blogwalking terlalu banyak bisa dianggep spam ga sih gan?
    Kalo iya, agan tau ga, berapa batasan blogwalking per harinya?

    Reply
  108. Om max manroe, keren banget memang. :D Mudah-mudahkan bermanfaat untuk saya, om. Yang sedang hunting traffic, dengan bergabung di forum aktif dikusi selain menambah pengetahuan juga menambah teman. Thanks ya om.

    Reply
  109. Maxmanroe memang Jossss, banyak pertanyaan saya yang selalu terjawab di Blog Agan. Artikel Bos maxmanroe selalu posisi teratas di pencarian.

    Reply
  110. Kebetulan bang blog baru dan saya akan coba terapkan cara dan trik abang rekomendasikan disini dan doain ya!

    Reply
  111. Tipsnya bagus dan sangat membantu, tetapi tetap perlu kesabaran ekstra !

    Reply
  112. Informasi yang menarik, saya baru mulai mendalami dunia blogging dan masih harus banyak belajar. Terima kasih atas informasi yang membantu.

    Reply
  113. trims infonya,bermanfaat bagi saya yang baru mulai belajar jadi blogger

    Reply
  114. Kayaknya saya mencoba semua tips penting ini, apalagi untuk meningkatkan Traffic segala cara dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Terima kasih untuk informasinya

    Reply
  115. Terima kasih buat artikelnya sangat membantu banget trik yg sample mudah dipahami om, semoga jaya truss om, ijin cobo om….assalamualaikum

    Reply
  116. terima kasih tips artikelnya. langsung praktek blogwalking sesuai isi artikel ini

    Reply
  117. Memang benar cara diatas adalah modal untuk meningkatkan trafik blog. Kalau cara meningkatkan trafik menggunakan software aman gak ya mas?

    Reply
  118. Mantap banget artikelnya, jadi tambah ilmu, pengen rasanya langsung praktek, semoga bisa jadi seperti web ini juga, bermanfaat, dan banyak juga pengunjungnya. terima kasih banyak.

    Reply
  119. Top artikelnya gan, tapi butuh beberapa hari ni bagi sy mempelajari semuanya biar ke sefep ilmunya

    Reply
  120. mudah2an setelah ikutin tuor ini visitor saya bertambah, makasih bnyak mas..

    Reply
  121. Makasih min , tutornya berguna , semoga traffic di blog saya meningkat

    Reply
  122. Pemasangan iklan memang harus sesuai dengan karakteristik blog masing masing. Artikel yg sangat membantu semoga bermanfaat

    Reply
  123. Cara2nya seperti classic sekarang traffic web terutama untuk para onlineshop sangat berat naikinnya karena persentasi kebanyakan calon pembeli masa kini lebih nyaman berbelanja di ecommerce jadi search barang apapun juga kebanyakan mereka lakukan di website nya e commerce

    Tapi thx utk saranya.

    Reply
  124. mantep gan trima kasih imfonya .. tolong dong gan lihat blog saya dan bri tahu saya apa saja kekurangannya. trima kasi slam knal semua.

    Reply
  125. saya berfikir ternyata susah sekali membuat sebuah website atau blog yang banyak pengunjungnnya apalagi blog yang saya geluti di kurang menarik bagi sebagian orang, visitor yang notabene adalah hal pokok yang menjadikan website ramai tapi sangat susah untuk dicarinya. saya senang dengan pemaparan admin diatas tapi bagi saya yang masih awam di duni perblogan rasanya sulit untuk menerapkannya.

    terima kasih ditunggu kunjungan baliknya

    Reply
  126. mantap tuhhh makin cerah ajah nihhh buat bisnis online,tapi kmrin sy coba bookmark ,blm paham juga cara masukin urlnya kayak gmna,,maklum newbie

    Reply
  127. berkomentar di blog nich yang jarang2 dilakuin, klo yg lain kayanya udah rutin..

    Reply
  128. makasih mas utk tips”nya .. semoga blog saya jga banyak pngunjung nya dgn cara mengikuti tips” yg ada d sini .. soalnya msh baru jga blog saya

    Reply
  129. apakah masih efektif meningkatkan trafik dengan blogwalking??? untuk era sekarang ini di tahun 2017 ini??
    apakah ada yang bisa menjawab? seiring dengan perkembangan dan perubahan algoritma dari google yang terus berubah dan berkembang.

    Reply
  130. terimakasih atas informasinya…
    itu sangat membantu saya yang masih belajar :-)
    di tunggu kunjungan baliknya :-))
    bantu share dan follow juga yah

    Reply
  131. Terimakasih , bermanfaat sekali .. baru sadar sekian lama ngeblog dan akhirnya nemu cara yang kaya gini .. lengkap deh.

    Reply
  132. Keren, sangat bermanfaat sekali sobat…, semoga aja trafik blog saya juga bisa meningkat. Aamiin hehehe

    Reply
  133. Sepertinya semua caranya sama waktu ane baca2 di blog lain juga, apa memang seperti itu ya caranya?

    Reply
  134. untuk blog seperti saya agak susah untuk ningkatin trafiknya, karena blog otomotif

    Reply
  135. Terimakasih mas, teknik gratis atau berbayar srpertinya akan saya coba untuk meningkatkan trafik pengunjung saya.

    Reply
  136. untuk promosi trafik website di forum masih belum, biasanya di forum yang clickbait yang populer kan?

    Reply
  137. Terima kasih Maxmanroe, saya lagi mencoba tips meningkatkan traffic nih…semoga bisa bagus hasilnya

    Reply
  138. terimasih infonya, semua itu pasti butuh proses karena lebih baik berjalan secara bertahan dibandingkan dengan secara instan..

    Reply
  139. Terima kasih banyak mas infonya, punya saya masih labil nih, naik turun.

    Reply
  140. sangat membantu gan, mau langsung di praktekkan ni, biar nambah trafik saya.

    Reply
  141. Terima kasih atas pencerahan mas. Sangat membantu. Saya coba meninggalkan link untuk dikunjungi. Terima kasih

    Reply
  142. Trafik saya sudah 100-200 visitor per hari tapi minim transaksi. Ada saran dari Agan-Agan semua?

    Reply
  143. membangun blog dari dasar memang butuh kesabaran, makasih banyak infonya bang sangat membantu, semoga kelak bisa jadi blogger kaya abang

    Reply
  144. Kalo yang metode gratis di atas sudah hampir semua saya lakukan mas. nunggu modal dulu nih untuk nyoba metode berbayar :)

    Reply
  145. tak praktekin dulu mas, mudah-mudahnberhasil, saya lagi mencoba di medsos dulu :)

    Reply
  146. Terimakasih Sangat Membantu sekali artikel ini , menjadi pengalaman saya sebagai pemula untuk belajar “SEO”

    IAMotivator.com

    Reply
  147. Terima kasih atas sarannya Mas, cuma kalau untuk sosial bookmark gak bisa lagi ya, atau Mas punya rekomendasi sosial bookmark, terima kasih.

    Reply
  148. min, mau tanya. biasanya kalo ad sense lewat blogger nunggu waktu review brp lama ya? dan apakah jumlah trafik & artikel berpengaruh? Makasih

    Reply
  149. komen di beberapa postingan yang lagi viral dan sedikit di selipin website kita mungkin sedikit naik visitornya walaupun cuma beberapa hari aj (tergantung isi kontennya). Klo ane lebih suka 1-4 yg gratisan untuk yg berbayar point 2 bisa juga mampir ke website ane w w w.rislaris. com klo ada yang berdagang.

    Reply
  150. Artikel menarik gan….maklum blog ane juga masih sedang merangkak….ckckckck sukses selalu gan,….

    Reply
  151. Dari semua iklan berbayar.. Facebook Ads lah yang saat ini responnya sangat bagus. Google dengan algoritmanya yang terus baru malah hasil dari pencariannya banyak menampilkan website spam di halaman pertamanya.

    Reply
  152. Tips yang bermanfaat semoga bisa menerapkan dengan baik agar blog jadi ramai pengunjung

    Reply
  153. Mantap gan mohon saran ini gan untuk forum yg cocok untuk berita bola seperti bolaaceh.com forum apa ya gan???

    Reply
  154. thanks gan masukannya. benar benar luar biasa … meski di skala kecil, beberpa key word produk saya khususnya yang berkaitan dengan kostum voli, baju voli, pakaian voli, seragam voli, kaos voli, masuk di page 1 google search engine …. support for maxmanroe … jangan lupa backlinknya ya

    Reply
  155. sharingnya cocok banget bua blogger pemula kayak saya, terimakasih banyak ya ^-^v

    Reply
  156. emm… sangat bermanfaat… tapi sebagai pemula masih bingung dan meraba raba..

    Reply
  157. Blog saya rame gara gara suka nitip lapak di beberapa situs yang kental roman politiknya dan emang rame… beritanya juga nyambung, saya komen beritanya dulu sblm dagang blog… eh tetep aja kena sama FB (saya pake acc FB) gara gara Flooding. Awalnya iseng iseng itu bahas artikel Ahok dipromosiin di beberapa website opini, eh jadi rame ini blog, meski gk separah itu situs kek kompasiana.

    Btw awas jan promosi di kaskus krn mrk lagi gencar berantas blog pribadi, so sad…. paling heboh anwar04 gara gara ada link blog jadi diclose semua…

    Btw kunjungi blog saya misael.id

    Reply
  158. Mencoba mengembangkan blog memang tidak mudah apalagi dalam hal promosi blog untuk blogger pemula seperti saya. aku akan mencoba melakukan saran dalam artikel ini, terima kasih banyak maxmanroe

    Reply
  159. Maaf mas, di antara 5 point peningkatan trafick secara gratis yang mas sebutkan tadi. Point no 1 yang masih membuat saya bingung (blog walking).

    Disebutkan kita harus blog walking ke situs yang memilliki topik yang sesuai dengan blog yang kita miliki.

    Nah, saya sendiri memililiki blog tentang wisata, tapi sekarang saya berkomentar di situs miliki mas Marikxon Manurung yang isinya tentang dunia internet marketing, blogging, dan bisnis.

    Pertanyaannya, apakah saya salah jika berkomntar di situs milik mas Marikxon Manurung? Soalnya topik blog saya dengan punya mas itu beda jauh

    Mohon pencerahannya mas, terimakasih..

    Reply
    • Hmm pada dasarnya sih tidak salah pak, kegiatan blogging dan blogwalking itu kan salah satu bentuk bersosial via internet. Jadi, sah-sah saja berkomentar di blog orang lain walaupun topik blognya berbeda. Disarankan berkomentar di blog sejenis tujuannya agar link ke blog kita banyak dari blog sejenis, selain untuk menambah variasi links, kita juga kemungkinan besar akan mendapat visitor lebih banyak bila berkomentar di blog sejenis.

      Reply
  160. akan saya coba memaksimalkan traffic blog pada social media. trims ilmunya mastah..

    Reply
  161. Sudah saya praktikan gan, masih blm naik jga, gmna ya? Mungkin masih kurang backlink ya gan?

    Reply
  162. Dalam Blogwalking, saya sering menemui blog yang tidak ada kolom untuk meletakkan url, itu gimana solusinya apa kita harus menggunakan link a href untuk meletakkanlink aktif???

    Reply
    • Kalau ga ada kolom untuk meletakkan URL ya biarkan saja komentar tanpa links ke blog kita. Sebaiknya jangan link html di kolom komentar, itu termasuk spam. Kalau pemiliknya tidak perduli spam sih mungkin komentarnya akan muncul, tapi biasanya komentar seperti itu dihapus.

      Reply
  163. saya sangat suka dengan artikel ini memang sangat menguntungkan sekali jika teknik seo ini di pelajari dengan serius , saya sangat pemula semoga bisa menyusul Agan Max ..trimakasih

    Reply
  164. Ini benar-benar ilmu yang sangat saya butuhkan dalam memasarkan blog saya. Tata bahasa yang baik dan juga menarik sangat saya sukai dari setiap artikel yang ada di blog ini. Bagi kalian yang suka blogging dan bisnis, blog ini sangat saya rekomendasikan.

    Survivors learn to build a quality work. And greetings from me to all.
    Thank you

    Reply
  165. terimakasih artikel yang sangat membantu saya segera saya praktekkan karna web saya mengalami kemerosotan yang sangat drastis

    Reply
  166. Bagus ini bisa di coba ya Gan, semoga ada kemajuan buat kunjunga blog/website saya.

    Reply
  167. Cara ketiga (Sosial Media) adalah cara paling efektif kalo menurut saya.
    Salam kenal mas!

    Reply
  168. sangat membantu skali info gan bagi bloger pemula seperti saya, skali lagi trima kasih atas infonya

    Reply
  169. Terima kasih tipsnya yang sangat bermanfaat ini, semoga blog saya bisa berkembang lebih baik lagi

    Reply
  170. terimakasih gan, saya masih pemula, dan blog saya belum ada pengunjung :( semoga dgn cara ini blog saya dapat pengunjung yang banyak :D :D

    Reply
  171. Bolog ini memang luar biasa.. Saya banyak berguru di sini..Terimakasih sudah berbagi ke semua orang.. Semoga berkah..

    Reply
  172. terima kasih gan, saya pemula di kalangan blogger, semoga blog saya bisa se hebat situs agan ini. :-)

    Reply
  173. artikel ini sangat bermanfaat buat saya, sebagai seorang newbie dalam menulis blog. thanks

    Reply
  174. Oiya untuk mengikuti saran dari pak Lae saya numpang komen disini pak, terimakasih

    Reply
  175. Jika trafik blog sama sekali tidak ada karena blog cuci sofa bekasi saya berada di ranking 30an aman tidak pak? Udah sering saya promosiin pak lewat fb, tapi tetep aja tidak ada yang buka. Bagaimana sarannya?

    Reply
    • Coba promosi juga di Instagram pak. Istri saya pernah sewa jasa cuci sofa dan spring bed nyarinya via Instagram lho. Saran saya, kalau serius di bisnis jasa harus disertai dengan website yang menarik. Itu saya lihat gambar di website bapak kurang bagus tampilannya.

      Reply
  176. baru belajar lagi nih…dulu sempat semangat dan sekarang semangat lagi untuk menulis artikel sesuai passion saya…

    terimakasih atas pencerahan tulisannya…

    Reply
  177. ngan kalau melalui media sosial sih bagus tapis pas gak promosi pengunjung berkurang lagi gak ramai lagi

    Reply
  178. Lae maxmanroe(manurung) haha kalok ga salah, tolong dulu lae kasi saran tentang blogku, udah hampir semua artikel maxmanroe kubaca kyknya ga berubah traffikku kira2 dimana salahnya gitu lae.

    Einspedia.com

    Reply
    • Halo lae Sinaga,

      Kalau saya perhatikan blog lae sudah lumayan bagus dari sisi konten, walaupun memang tak ada gading yang tak retak hehehe. Tapi dari sisi tampilan masih banyak kekurangan. Kalau itu sudah diperbaiki, mungkin langkah selanjutnya yang perlu dioptimasi adalah proses promosi

      Reply
  179. Saya baru dan awam dalam dunia blog,semoga dengan trik ini pengunjung blog saya jadi meningkat.

    Reply
  180. Saya ada dua pertanyaan mas :)

    1. Apakah aman seperti sekarang ini meninggalkan link di kolom komentar (blog walking) efek update algoritma om google ?

    2. Dari seluruh cara diatas, cara mana yang menurut mas paling populer dan cepat hasilnya ?

    Saya masih pemula dan nekat buat blog biar pengalaman dan pembelajaran yang menuntun mas :) hehe

    Reply
    • 1. Soal aman atau tidaknya sih tergantung di web mana links itu berada. Kalau ninggalin link di web spam yang ga ada gunanya. Kalau ninggalin links di kolom komentar di blog authority kemungkinan tidak diapprove. Jadi, saran saya tinggalin links di blog authority saja dan hanya pada kolom yang disediakan. Jangan masukkan links di dalam kolom komentar.

      2. Menurut saya yang paling cepat hasilnya itu: A. Gratis (poin 4 dan 5), B. Berbayar (poin 1)

      Reply
  181. artkel ini sangat berguna buat saya, bisa memahami bagaiman caranya meningkatkan trafik diblog saya. setelah membaca artikel ini saya berharap,semoga saya bisa mengaplikasikan nya ke blog yang saya miliki mksh https://www.maxmanroe.com

    Reply
  182. Terima kasih Pak Marikxon buat artikelnya, saya akan coba terpakan di website saya

    Reply
  183. Nice post om…
    Kalo mo ningkatin visitor blog yg dah ada adsensenya yg paling aman gmn om?
    Thx

    Reply
  184. Mana yang lebih banyak memberi dampak terhadap peningkatan jumlah pengunjung, artikel yang seo atau artikel yang berkualitas? terimakasih

    Reply
  185. Anda menderita darah tinggi, kolesterol tinggi, asam urat, stroke, dsb, temukan solusinya di sini. Anda akan mampu menyembuhkan sakit Anda. Bahkan, Anda mampu membuat tubuh Anda selalu sehat.

    Reply
  186. Halo Admin Maxmanroe.com, saya sangat menyukai tulisan-tulisannya. Saya blogger baru beberapa bulan. Mohon masukannya mas untuk website saya. Saya ingin belajar dari maxmanroe.com.

    Website saya: belajar-berjuang.com

    Reply
      • Untuk kualitas design, isi/konten/ dan apa aja kira2 masukan dari Lae Marikson.
        Lae orang batak?

        Reply
        • Masukan untuk web mu ya lae? Style orang kan beda-beda, bagus buat saya belum tentu bagus buat orang lain. Menurut saya,
          1. Theme lae itu kurang bagus. Kan ada banyak penyedia theme blogger yang gratis ataupun berbayar yang tampilannya lebih bagus.
          2. Background website lae itu putih terang dan melebar. Saran saya, ada baiknya pada bagian sisi kiri dan kanan dibuat lebih gelap seperti Maxmanroe.com. Tujuannya agar mata pembaca lebih fokus ke area konten karena lebih terang.
          3. Kontennya bagus lae
          4. Dan lain-lain, ngantuk lae hahaha

          Reply
  187. Terimakasih mas, artikel nya sangat bermanfaat dan memotivasi untuk meningkatkan trafik…

    Reply
  188. Semua cara di atas,sudah saya lakukan,tapI pengunjung tidak naik2 juga,

    Reply
  189. Postingannya keren banget, membantu saya untuk naikkan traffic, walaupun masih sedang coba. Terima kasih banyak

    Reply
  190. pak, kalau seandainya kita gunakan backlink generator free, apakah aman bagi kehidupan web kita?

    Reply
    • Tidak disarankan menggunakan backlinks generator. Tapi kalau penasaran silahkan dicoba sendiri pak, nanti kabari saya bagaimana hasilnya untuk website pak Taufik :)

      Reply
  191. makasih gan ilmunya sangat bermanfaat mau coba metode sosmed ah

    Reply
  192. Thanks ilmunya gan, sangat bermanfaat dan siap utk diterapkan ^_^

    Reply
  193. Saya terus belajar cara meningkatkan trafick website travel saya, namun masih tetap aja tidak maksimal. Mohon bantuannya,tks…!

    Reply
  194. Baru nyoba promo lewat medsos, biarpun tertatih-tatih… ternyata memang susah nyari traffic…

    Kemaren nyoba review instagram temen, dan ngasi tau temen kalo saya udah ngereview instagram dia di weblog saya, dia suka, dan dia bantu share tanpa saya minta, hasilnya cukup efektif, sampe sekarang post tersebut masih naik viewnya…

    Reply
  195. backlink memang salah satu teknik SEO offpage yang bagus dalam tingkatkan traffic yang bagus di search engine , sebelumnya saya mengucapkan terima kasih mas atas artikel anda yang membahas tentang materi tersebut, sangat bermanfaat bagi mereka yang sedang mempelajari tip dan trik tersebut. Jika ada waktu kapan-kapan mampir ke situs kami unmetered.co.id jika membutuhkan hosting yang berkualitas dengan harga yang terjangkau. Salam dan terima kasih

    Reply
  196. maaf pak, saya mau tanya, saya sudah banyak mencoba hal” yang anda berikan, namun kanapa trfik pada web saya tidak ada perkembangan ya, apakah usia blog itu sangat berpengaru terhadap trafik

    Reply
      • oo begitu ya mas, oh ya mas untuk kia mencari baclink utuk apa sangat berpengaruh mas kalo kita mencari baclink di situs yang PA Da nya bagus , dan apa bisa memberikan kita backlik yang bagus terimakasih jawaban di tunggu mas ya

        Reply
  197. artikel yg sangat memotivasi jadi semangat
    bantu backlink jug yah
    heheheh

    Reply
  198. waah, makasih mas, artikel bermanfaat banget. jadi semangat ngeblognya.

    Reply
  199. apa template blog juga berpengaruh yah..??
    pengunjung saya hanpir turun 50% setelah mengganti template dan sampai sekarang tidak bertambah lagi

    Reply
  200. saya baru aja buat website jalan 3 bulan, tapi pengunjungnya belum ada, mohon arahan dan saran nya yaaa, saya juga masih harus belajar banyak..
    artikel ini bisa membantu saya untuk berkembang.
    Terima kasih..

    Reply
  201. Wah mantap nih ka .. sangat membantu bagi saya yg masih newbie .hhe mohon bantuan dan bimbingannya ya ka .. lagi belajar merintis usaha sablon nih …

    Thanks ya ka .. jngn lupa mampir .?

    Reply
  202. artikelnya sangat membantu, website saya baru berumur 1 bulan tapi saya cuma dapat trafik dari Facebook saja, dan saya sangat kesulitan untuk mendapatkan trafik dari google bagaimana cara meningkatkan trafik dari google selain menggunakan backlink ?. Mohon arannya dan bantuannya ….
    website saya

    Reply
  203. Mantap mas artikelnya,, Yang terpenting sih menurut ane artikel di dalam blog harus unik dan bermanfaat bagi pembacanya maka bisa bersaing kok di serp.

    Reply
  204. Thanks saranya gan
    Btw komentar nya dah ada 1200 buset…hebat ente gan
    Share gan triknya

    Reply
    • Ini rahasianya, banyak orang kirim komentar di post ini. Lalu saya approve komentarnya, jadilah 1200+ komentar.

      Reply
  205. Keren gan artikelnya. Isinya padat, singkat dan jelas jadi gak bosan baca tulisannya. Ane masih newbie banget jadi informasi seperti ini sangat membantu ane untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog ane

    Reply
  206. Terima kasih kang pencerahannya, sangat membantu sekali terutama bagi pemula seperti, tapi kang saya mau tanya yg akan jelaskan soal blogwalking, kalo tidak ditempel di komentar link web kita gmna bisa nanti pengunjung datang ke web kita ?? Mohon kiranya akang jg berkunjung ke web sy yg sederhana kang

    Reply
    • Jangan menambahkan link di halaman komentar tapi di kolom yang disediakan, itulah caranya. Tapi kadang kita boleh saja menambah url di dalam halaman komentar saat memang diperlukan, yaitu saat kita ingin melengkapi isi artikel atau menyanggah sebuah artikel.

      Reply
  207. Cocok gan, untuk blogger baru seperti ane, ya mesti rajin rajin cari cara untuk travik blog kita.
    Semoga ane bisa seperti agan agan senior, yang duluan nyemplung di duia blog/web.
    Makasih udah mau nampung anak baru seperti ane, mohon pencerahannya.

    Reply
  208. oo.. trnyata agar trafik blog cepat naik cara nya sepeti itu…? boleh dicoba tua mas tutorialnya walaupaun susah. trimkasih dan salam kenal.

    Reply
  209. Terkadang bagi blogger pemula seperti saya harus lebih giat lagi untuk meraih trafik blog, blogwalking salah satu yang terbaik, makasih gan info nya bermanfaat bagi newbie seperti saya :)

    Reply
  210. penjelasan yang bagus neh, cuma praktekknya susah ya, apalagi kalau gak konsisten. salam kenal

    Reply
  211. Terimakasih mas tipsnya. Blog saya masih belum maksimal trafiknya, Masih terbilang sepi. Akan saya terapkan tipsnya, semoga trafiknya meningkat semakin tergenjot. :)

    Reply
  212. Lagi2 sangat menyenangkan baca artikel blog anda,saya lakukan dengan blog walking dalam menaikan trafik.
    sangat lebih simple dan banyak wawasan isi blog juga jika kita sering berkunjung blog laen…
    ok trim sob uda bantu share

    Reply
  213. Terimakasihh mass, sangat membantu bagi saya yang baru memulai di dunia blog

    Reply
  214. Artikelnya sangat membantu mas
    Penjelasan dan kosakata juga sanngat mudah dimengerti, itulah yang saya suka dari blog maxmanroe

    Thanks a lot, Salam sukses

    Reply
  215. blog yang bagus,sangat informan dan berkualitas.
    smoga saya bisa menerapkannya.

    Reply
  216. SIAP dipraktekkan gan ! .. Thanks anyway for the knowledge :D. keep creative !

    Reply
  217. Makasih pencerahannya mas , mampir diblog ane juga dong :D

    Reply
  218. Halo mas, cara promosi blog di medsos Linkedin gimana ya? kalo gak salah linkedin itu sosmed untuk mencari pekerjaan kan, lalu kalo untuk pemasangan link di thread forum lebih ampuh di kaskus atau kompas?

    Reply
  219. mantafff gan,, kandang susah juga bagi waktu antata optimasi dengan bikin artikel gan, ane masih bingung ada yang bilang perbanyak postingan saja nanti juga banyak pengunjung, tapi ada juga blog yang postingannya dikit pengunjungnya banyak

    mungkin harus seimbang ya gan antara posting dan optimasi

    Reply
  220. terima kasih om, artikelnya sangat bermanfaat untuk pemula seperti saya

    Reply
  221. thanks atas ilmunya gan. Blog ane sepi pngunjung hehehe yg ada cuman saya sndiri yg brkunjung

    Reply
  222. blajar seo masih dalam tahap pengembangan terkadang bikin pusing. trimakasih infonya min

    Reply
  223. Mas, dari poin no 1 itu apa tanpa kita tinggalkan link blog kita bisa dikunjungi orang lain ya? Kalau bisa bagaimana caranya? Mohon pencerahannya. Terimakasih.

    Reply
    • Link blog kita kan bisa dicantumkan di dalam kolom yang sudah disediakan, jangan tinggalkan link di dalam kolom komentar

      Reply
  224. saya baru saja memaksimalkan blog saya yang baru berumur satu bulan, bagaimana tips agar situs cepat beranjak naik…

    Reply
  225. agak bingung pak, perbedaan antara social bookmarking dan situs social media?bisa dijelaskan lebih detail pak

    Reply
  226. Wahh,infonya cocok banget buat saya yang baru terjun di dunia bloggin,thx.

    Reply
  227. thx bro artikel ini menyahikan ilmu yang sangat bermanfaat untuk para blogger yag ada di indonesia

    Reply
  228. thx bro artikel ini memberi wawasan yang sangat bermanfaat untuk para blogger pemula termasuk saya.

    Reply
  229. Sudah 6 bulan saya menjadi seorang blogger dan sudah membuat 108 buah artikel dalam blog,tapi sampai sekarang masih sangat sulit sekali untuk bisa mendapatkan traffic pengunjung blog. Tentunya artikel ini sangat informatif dan bermanfaat sekali untuk para blogger pemula seperti saya,terima kasih atas informasinya! Salam blogger

    Reply
  230. hal yang saya akan lakukan adalah berusaha untuk memperbaiki blog saya, tentunya saran diatas tadi akan saya coba untuk blog saya dan bermanfaat sekali tentunya.

    makasih sarannya pak

    Reply
  231. apakah sistem submit link massal & pembuatan beberapa web gratis untuk ngelink ke web kita bisa kena banned google?

    Reply
  232. Masalah inilah yang sampai sekarang terus menjadi masalah saya sebagai blogger, tahunan saya menjadi blogger belum pernah dapat pengunjung yang lumayan… selalau stagnan… thanks artikelnya sudah bisa mencerahkan….

    Reply
    • Sebenarnya gampang-gampang susah sih, kurang visitor biasanya karena blogger kurang perduli pada SEO. Memang SEO bukan segalanya, tapi sebagian besar trafik ke blog itu dari Google. Kalau mau dapat trafik dari Google ya harus memperhatikan SEO websitenya.

      Reply
  233. terima kasih. banyak membantu. tidak terlalu ribet dan mudah di mengerti

    Reply
  234. Senang kalau blog banyak pengunjung, saya baru bikin blog 1 bulan… ada pengunjung sementara dari medsos yg saya share. Mudah2an bisa rame…

    Reply
  235. makasih mastah…memang bisa sosbok bisa dapet pengunjung organik dari google?

    Reply
  236. Terima kasih untuk infonya, memberi wawasan dan sangat bermanfaat untuk para blogger pemula termasuk saya. Salam buat blogger Indonesia maju terus.

    Reply
  237. Wah ilmunya sangat bermanfaat sekali kak, salam kenal ya semakin sukses blognya.

    Reply
  238. Terimakasih atas tips nya, bagi saya cara di atas sangat berguna bagi pemula seperti saya …sekali lagi terimakasih banyak …

    Reply
  239. keren bang, beberapa diantaranya sudah saya terapkan, hanya saja blm bgtu signifikan hasilnya.
    Namun menurut saya, jika ingin hasil yang signifikan haruslah mngeluarkan sdkit COST seperti memasang ADS di facebook, google dan lain sbgainya.

    But, makasih bang. salam blogger :)

    Reply
  240. Thanks Bro! Artikelnya sangat membantu sekali buat gw yang lagi nyari trafic…

    Reply
  241. Salam Blogger ..! Terimakasih atas artikel yang Anda postingkan bermanfaat sekali bagi saya Mohon arahan dan saran..Trims semoga Agan Sukses Selalu

    Reply
  242. Betul, pada intinya tidak ada pekerjaan yang instan, semua perlu proses, dan berpikir serta berperilaku cerdas

    Reply
  243. Gan meninggalkan link di kolom komentar yang tidak menyediakan kolom link boleh ngak…?

    Reply
  244. trima kasih gan infonya…

    ternyata agak susah ya dapat traffik…
    situs saya dah berbulan-bulan, trafiknya masih unyu-nyu…

    tks tips nya

    salam

    Reply
  245. wah bagus banget postingannya ,tapi massih bingung nerapinnya
    jika ada waktu berkunjung di blog saya , tolong sarannya agar menjadi lebih baik blog saya dhopik.blogspot.com

    Reply
  246. Iya betul.. Jejaring sosial juga sangat berpengaruh terhadap traffic web kita.. konten yang berkualitas dan juga tampilan web yang mendukung seo sangat brpengaruh.

    Reply
  247. artikel yang bagus,saya sudah terapkan beberapa hal diatas tapi belum juga memuaskan hasilnya,apa mungkin karena pesaingnya banyak sekali ya

    Reply
  248. memang tidak ada yang tidak mudah dan tidak ada yang tidak mungkin, , semuanya pasti bisa,, hanya saja usaha yang besar sangat dibutuhkan !!

    SALAM PEDIA

    Reply
  249. makasih gan tutorialnya, setelah ane simak memang menaikan trafic bukan hal yang mudah , semua akan terasa mudah apabila kita dengan tekun menjalaninya :) salam blogger

    Reply
  250. pas banget. sosial media sangat membantu sekali.
    Tetapi harus banyak followers ya

    Reply
  251. sebelumnya saya ingin berterima kasih atas informasinya. saya ingin bertanya jika kiat-kiat di atas di terapkan, berapa lama kah saya harus menunggu agar trafik mulai kelihatan hasilnya dalam artian berapa lama proses yang di butuhkan? mohon di jawab.

    Reply
    • Tergantung banyak faktor mas, tampilan web, konten, skill marketing, dan konsistensi. Kalau dikerjakan sendirian bisa lama (6 bulan – 1 tahun), tapi kalau dikerjakan dengan team work dan punya dana untuk promosi pasti akan jauh lebih cepat (1 bulan – 4 bulan). Ini berdasarkan pengalaman saya.

      Reply
  252. terima kasih pak, artikelnya bermanfaat sekali. semoga trafik blog saya semakin meningkat.

    Reply
  253. Assalamualaikum, artikelnya sangat spesifik gan, tetapi kalau bila lebih spesifiklagi mengenai seo, dan forom apa yang meimiliki manfaat tinggi, terimakasih

    Reply
  254. terima kasih gan, informasinya sangat bermanfaat sekali dan saya akan mencoba menerapkan dalam blog baru saya saat ini.

    Reply
  255. sangat bermanfaat artikelnya dan membantu untuk meningkatkan visitor blog yang baru saja saya bangun

    Reply
  256. Artikel yang bgini emng yg banyak di cari . Pabtesan ada di halaman awal . Beehhh . Aku iri

    Reply
  257. artikel sanagt membantu bagi pemula apalagi seperti saya ini, baru mengenal dunia blog. terimakasih gan dengan adanya artikel ini saya dapat mengambil ilmu yang bermanfaat untuk sya.

    Reply
  258. bermanfaat sekali artikelnya …

    Main blog harus juga gali informasi…

    Reply
  259. Punya saya belum manjur..pengunjungnya paling 30 setiap hari…bagaimana?

    Reply
  260. Tapi memang bener-bener butuh usaha yang ekstra untuk mendapatkan traffic yang tinggi, penyakit yg biasanya menggangu yaa tidak konsisten, itu yg sulit menurut saya

    Reply
  261. Artikelnya sangat bagus dan membantu saya untuk meningkatkan traffic website saya.

    Reply
  262. mantap gan infonya,,
    tapi saya belum begitu paham gan dengan dunia bloging mohon di share bimbingannya ya, trimakasih..

    Reply
  263. Mending yang gratis :v ga punya uang kalau buat ngiklan di FB atau tempat lain :3

    Reply
  264. Terima kasih kerana tips yg menarik.saya ada satu soalan tentang ppc adakah perlu membayar kepada setiap visitor yang klik

    Reply
  265. Terkadang kalau masalah visitor kembali lagi kepada tingkat ketelatenan sama keberuntungan saja sih

    Reply
  266. Selama saya menjadi publisher blogger saya belum menemukan titik terang untuk memperoleh penghasilan dari blogger, kalau ternyata pengunjung blog masih sepi. Terimakasih informasinya, sangat bermanfaat

    Reply
  267. Sudah saya terapkan beberapa poin di atas dan benar trafik di Alexa dari rating 10jutaan menjadi 1jutaan dalam jangka waktu 1 bulan. Terima kasih.

    Reply
  268. saya masih pemula , belum begitu memahami dunia blogging. masih perlu banyak belajar. sangat bermanfaat infonya

    Reply
  269. yang belum bisa yaa menjadi guest posting di blog lain…..hmmm,,
    terima kasih mas…

    Reply
  270. Dari dulu pingin blockwalking, tapi ga tau harus blogwalking kemana. Nyoba social media tapi susah sekali, kayaknya memang masih harus banyak belajar lagi T.T

    Reply
  271. Salam Mas Bro

    Cara gratis diatas udah terbukti. Tapi harus konsisten dilakukan.
    Selain cara itu masih ada ga sih. Cara lain yang legal?

    Mauliate
    Terimakasih

    Reply
  272. Saya sangat kagum dengan blog ini. Dalam 4 hari telah tercatat 1.125 pemberi komentar. Ini artinya bahwa artikel yang diterbitkan sangat menarik untuk pembaca setianya.

    Ini adalah ilmu yang harus kita pelajari untuk mendapatkan sukses seperti blog ini. Ya, selamat sukses dan terus sukses.

    Reply
  273. Terima kasih sarannya kang,,, satu ilmu yang bisa dipetik, terlalu sering mencari Backlink akan menjadikan situs di deindeks google,,,, membangun trafik harus sabar memang,,

    Reply
  274. Mntap gan, tapi saya masih bingung cara meningkatkan pengunjung blog dengan cepat. blog saya masih sepi pengunjung

    Reply
    • Salam Mas Bro Madan

      Cara diatas ga bisa dibuat kayak makan.
      Sekali makan langsung kenyang. Sekali dilakukan trus langsung naik.
      Ga bisa Mas Bro

      Harus dilakukan rutin setiap hari.

      Mauliate
      Terimakasih

      Reply
  275. Bagus sekali masukannya mas…untuk kita yang baru ngeblog, sukses terus, smoga terus memberikan artikel brkualitas…

    Reply
  276. Terimakasih tipsnya. Blog walking sudah terbukti menambah trafic sekaligus teman.

    Reply
  277. Terima kasih infonya Mas… Saya sudah lama kenal dengan blog Mas ini, dan sosok di balik blogger Bengkulu yg sukses dr AdSense.

    Saya yg masih belajar untuk mengelola blog, akhirnya mampir di blog ini dan mendapatkan info yang saya cari.

    Salam kenal,

    Reply
  278. pengalman @andyka serem juga, kayanya dengan cara bertahap tetep lebih jos hasilnya, semuanya dah ane lakuin kecuali yg berbayar.. lengkap banget infonya, mungkin nanti di coba klo ada rejeki :)

    Reply
  279. Sepertinya Blog Walking lebih seru saya lakukan. Disisi lain, kita mendapat ilmu dan pengetahuan. Disisi lain kita bisa bersilahturahmi dan bermanfaat antar sesama blogger. Terima kasih mas atas sarannya.

    Mungkin agak melenceng nih mas. Saya mau tanya, tulisan kita lebih baik kita tulis di “Post” atau di “Halaman”? Dan mengapa?

    Terima kasih banyak mas.

    Reply
  280. Terlalu semangat membangun blog juga hasilnya tidak baik… pengalaman ana tiap hari membabi buta mengolah bakclink, hasilnya deindeks.. hilang dari pencarian google

    Reply
  281. blogwalking jadi yang pertama jika kita ingin meningkatkan trafik. tetapi masih bingung kaitannya blogwalking yang aman. jangan sampai dinilai sebagai spam.

    Reply
  282. Artikel yang bermanfaat, saya bingung bagaimana cara mendatangkan trafik yang banyak, sepertinya perlu di iklan kan situs yang saya kelolo

    Reply
  283. Terima kasih buat artikelnya sebelumnya. Yang masih mengganjal, bagaimana guest writter itu? Apakah kita menawarkan dirinya?

    Reply
  284. Kebetulan traffic blog saya sedang turun dan sepertinya perlu pemulihan dan Informasi ini cukup bermanfaat bagi saya, salam silaturahmi…

    Reply
  285. Makasih infonya om.. Cara ini emang cara yang paling aman, ma terjamin.. pokonya joss..

    Reply
  286. Harus diterapkan gan.. Supaya trafik nambah naik.. Tq gan, ilmu dan ifonya.

    Reply
  287. baru belajar bikin blog ini sob bisa tolong review kirim pendapat tentang blog yg ane buat di kontak ya sob…trims ats review nya.

    Reply
  288. kelemahan saya yaitu kurangnya sosialisasi di media sosial dan forum. terkadang saya malas untuk ikutan forum dan media sosial. yah hasilnya sesuai lah… pengunjungnya kurang dari 200 perhari…sedih

    Reply
  289. Artikel ini sangat sesuai dengan yang saya cari.. trafik blog saya sangat kecil.. mudah2 setelah mempraktekkannya bisa lebih meningkat lagi

    Reply
  290. sangat bermanfaat gan, tapi untuk buat iklan masih susah gan…. maklum newbie….

    Reply
  291. wah mas sangat bagus infonya memang untuk meningkatkan visitor yah salah satu nya promosi baik melalui media sosial gratisan maupun media yang berbayar, boleh juga tentunya dengan Melalui Blog Walking.yang sebisa mungkin tidak melanggar alias nyepam.
    nah buat sobat yang lagi pada suntuk biar fresh mainkan aja dl game nya biar enggak pada stres hehehehe,

    Reply
  292. memang benar konten adalah raja, palagi kontennya berkualitas dan informatif, pasti banyak yang akan merekomendasikan.
    Semoga bisa mengikuti dengan baik :)

    Reply
  293. mas, saya mau nanya, bagaimana cara mempromosikan website/blog kita ke media social facebook dan twitter. itu bagaimana mas.

    Reply
    • Bantu sedikit jawab ya mas,,, :-) sesuai yang Saya terapkan.

      Pertama Saya membuat Fp Facebook,, usahakan Namanya menarik.
      Untuk mempromosikan dengan berbayar, posting 1 artikel paling menarik di Fp yang telah Anda buat tadi, klik promosikan. Setelah itu akan muncul setelan seperti pe’nargetan jangkauan dan anggaran,, klik-klik terus sampai ada no tagihan, biasanya saya pakai tagihan ke ALFAMART. Setelah tagihan di lunasi, klik promosikan berjalan….

      Untuk yang gratis sih, tinggal nepam aja di grup2 yang sejenis / niche dengan blog Anda.

      Reply
  294. Bila web nya baru & tlah di submit ke google, kira2 butuh berapa lama agar mudah ditemukan disearch engine?

    Reply
  295. Ringkas tapi berisi, seneng bacanya prakteknya males.. heheh. salam kenal gan. kalau sempat kunjungi site ku. makasih sebelumnya

    Reply