15 Ide Bisnis untuk Mahasiswa Dengan Modal Kecil

Ide Bisnis untuk Mahasiswa

Apa bisnis yang cocok untuk mahasiswa? Apa yang bisa dilakukan mahasiswa untuk menambah penghasilan atau uang saku? Mungkin pertanyaan ini seringkali muncul di benak para mahasiswa yang ingin punya usaha sendiri.

Memang tugas utama seorang mahasiswa adalah belajar, tapi tidak salah juga bila Anda mencoba membuka usaha sendiri. Selain bisa mendapat pengalaman dan mengasah keterampilan berbisnis, Anda juga bisa dapat cuan.

Apalagi di masa pandemi, ada banyak waktu, kesempatan, dan peluang bisnis yang bisa digali. Dengan kreatifitas, pintar melihat peluang, dan berani mengambil resiko, Anda bisa menemukan banyak ide bisnis yang menguntungkan.

Pada artikel ini dibahas beberapa ide peluang bisnis untuk mahasiswa yang bisa menjadi pertimbangan Anda.

Peluang Usaha yang Cocok untuk Mahasiswa

Mahasiswa adalah pribadi yang kreatif dan memiliki ide-ide unik yang bisa jadi peluang usaha. Di sela-sela kesibukan dalam menjalankan peran sebagai mahasiswa, ada baiknya Anda juga mulai memikirkan usaha apa yang bisa menghasilkan uang.

Tiap mahasiswa punya motivasi sendiri dalam memulai bisnis. Entah itu untuk sekedar menambah uang saku atau bahkan untuk membangun bisnis jangka panjang.

Apapun motivasi Anda saat ini, beberapa ide peluang usaha untuk mahasiswa berikut ini layak untuk dipertimbangkan:

1. Bisnis Dropship atau Reseller Online, Bisnis Online untuk Mahasiswa Pemula

Bisnis Online untuk Mahasiswa Pemula

Bagi Anda yang belum tahu, bisnis dropship adalah salah satu model bisnis online dimana kita bisa menjual produk orang lain tanpa harus membelinya terlebih dahulu. Jadi, kita tidak perlu modal untuk beli barang dulu tapi lebih fokus pada proses pemasaran.

Banyak orang yang bilang bisnis dropship adalah peluang usaha tanpa modal, tapi saya lebih setuju bila dropship disebut sebagai bisnis modal kecil. Produk yang bisa dijual dengan cara dropship ada banyak sekali jenisnya, mulai dari pakaian, herbal, elektronik, makanan, dan lain sebagainya.

Sedangkan reseller adalah model bisnis online dimana kita bisa menjual produk orang lain tapi harus membelinya terlebih dahulu dengan harga yang lebih murah. Jadi, selain butuh modal untuk beli barang, Anda juga harus siapkan tempat untuk menyimpannya.

Menurut saya, menjadi dropshipper atau reseller adalah bisnis online untuk mahasiswa yang punya cukup banyak waktu senggang. Alasannya, karena Anda akan sering berkomunikasi dengan konsumen dan supplier.

Mahasiswa sekarang udah banyak lho yang jualan online, masa Anda ngga?

2. Menjadi Penulis Artikel, Bisnis Anak Kuliah Modal Kecil

Bisnis Anak Kuliah Modal Kecil

Menjalankan bisnis penulisan artikel adalah salah satu contoh bisnis kreatif mahasiswa yang cukup menjanjikan. Jika Anda suka menulis atau punya kemampuan menyampaikan ide dalam bentuk tulisan maka peluang bisnis untuk mahasiswa yang satu ini bisa jadi pilihan  terbaik untuk Anda.

Bisnis yang satu ini relatif mudah dilakukan dan tidak butuh modal yang besar, bahkan nyaris tanpa modal. Anda harus punya peralatan standar untuk menjalankannya, diantaranya; perangkat laptop dan koneksi internet yang cukup stabil.

Selain itu, bagi seseorang yang suka menulis tentu bisnis ini menjadi ajang kreativitas yang menyenangkan. Dengan kreativitas dan imajinasi menulis, Anda bisa menjalankan bisnis ini kapan saja dan di mana saja.

Bisnis online untuk mahasiswa memang cukup banyak, tapi menurut saya ini adalah yang paling sederhana. Peluang sebagai penulis lepas sangat potensial, karena pada dasarnya kebutuhan akan tulisan untuk kebutuhan media online atau konten kreatif masih selalu dibutuhkan setiap saat.

Tawaran penulis lepas bisa Anda temukan di ranah online melalui blog, atau situs freelance seperti Projects.co.id, Sribulancer.com, dan Freelancer.co.id.

3. Menjadi YouTuber Profesional

Mungkin sudah banyak yang tahu bahwa kita bisa menghasilkan uang dari konten video yang diupload ke YouTube. Menjadi YouTuber bisa menjadi salah satu contoh bisnis mahasiswa kreatif yang bisa membuat video unik dan menarik.

Di Indonesia sudah ada banyak sekali yang menghasilkan uang dari YouTube. Tujuan mereka menjadi YouTuber pun beragam, ada yang ingin menghasilkan uang, ada juga yang ingin bersenang-senang.

Dalam hal ini tentu saja Anda bisa melakukan untuk dua tujuan tersebut.

Beberapa waktu lalu saya pernah memposting artikel tentang cara mendapatkan uang dari YouTube. Mungkin bisa memberikan gambaran bagi Anda tentang potensi bisnis online menjadi YouTuber.

4. Jasa Desain Grafis, Contoh Bisnis Kreatif Mahasiswa

Contoh Bisnis Kreatif Mahasiswa

Kalau Anda cukup memperhatikan perkembangan dunia digital sekarang ini, pasti akan melihat bahwa jasa desain grafis sangat banyak dicari di internet. Bisnis jasa desain grafis termasuk salah satu contoh bisnis kreatif untuk mahasiswa yang punya skill desain grafis.

Banyak pelaku bisnis desain menyebutkan bahwa bisnis ini sangat menguntungkan. Untuk bisa menjalankan bisnis ini, tentunya Anda harus punya skill dalam pengolahan gambar, daya kreativitas, dan perangkat yang memadai.

Selain itu, Anda juga perlu menguasai penggunaan salah satu atau beberapa software editing gambar seperti Photoshop, Adobe Illustrator, atau Corel Draw. Yang pasti, bisnis jasa desain grafis ini merupakan bisnis menjanjikan untuk mahasiswa yang punya skill desain.

5. Menjadi Blogger Profesional

Blogging bisnis anak mahasiswa

Menjadi blogger adalah salah satu bisnis untuk mahasiswa yang cukup populer saat ini, dan mungkin untuk jangka waktu beberapa tahun ke depan. Namun, untuk bisa menjadi blogger profesional dibutuhkan skill yang tidak sembarang, baik dalam hal menulis maupun dalam optimasi website (SEO).

Bagi mahasiswa yang punya hobi menulis dan ingin mengembangkan sebuah blog, maka bisnis ini terbilang sangat menjanjikan. Tentu saja Anda harus didukung oleh pengetahuan yang memadai tentang dunia blogging dan juga basic internet marketing.

Ada banyak contoh pemilik media online besar yang mengawali karirnya sebagai blogger. Sebut saja beberapa di antaranya; Linda Ikeji blogger asal Nigeria pemilik Lindaikejisblog.com, Gina Trapani pemilik Lifehacker.com, Pete Cashmore pendiri Mashable.com, Michael Arrington pendiri Techcrunch.com, Perez Hilton pemilik Perezhilton.com, Vitaly Friedman pemilik Smashingmagazine.com, dan lain sebagainya.

Sedangkan blogger dari Indonesia sendiri sebenarnya ada cukup banyak yang berhasil, misalnya Eka Lesmana, M Ikhwan Thoriqu, Dani Alfian Pratama, Sumbodo Malik, dan masih banyak lagi.

6. Jasa Penerjemah, Bisnis Mahasiswa Modal Kecil

Bisnis Jasa Penerjemah

Mungkin ide bisnis untuk mahasiswa yang satu ini masih belum terlalu banyak digarap oleh para mahasiswa jika dibandingkan dengan jenis usaha lain. Namun peluang sebagai penerjemah bisa dikatakan sebagai salah satu usaha mahasiswa yang paling mudah dalam hal pengerjaannya.

Selain tidak membutuhkan peralatan banyak selain perangkat ketik, peluang jasa penerjemah juga masih cukup potensial melihat makin banyak penerapan bahan berbahasa asing dalam materi-materi kuliah berbagai macam bidang. Lebih luas lagi peluang bisnis jasa ini juga tidak terbatas untuk para mahasiswa bahkan pelajar atau orang umum tak jarang juga memerlukan bantuan penerjemahan.

Dan yang paling penting dalam bisnis ini adalah bisa melihat peluang kebutuhan dari mahasiswa lain akan jasa penerjemahan itu sendiri. Memang kemampuan berbahasa asing menjadi hal yang penting saat memulai bisnis ini. Hal tersebut betul jika anda ingin mengerjakannya secara individu alias dikerjakan sendiri.

Namun dengan sedikit kreatifitas dan kemampuan manajemen yang baik sebenarnya Anda bisa mensiasatinya. Caranya adalah dengan mencari rekan atau mahasiswa lain yang mempunyai kemampuan bahasa asing yang bagus. Nantinya kita bisa menawarkan kerjasama dengan pembagian hasil yang bagus tentunya.

7. Buka Les Private, Bisnis untuk Mahasiswa yang Suka Mendidik

 Les Private Bisnis untuk Mahasiswa yang Suka Mendidik

Bisnis bimbingan belajar atau memberikan les privat cukup jamak dijalankan oleh para mahasiswa. Biasanya target market terbaik adalah siswa SMU yang ingin lulus UMPTN, atau pelajar SMP dan SD yang kesulitan mata pelajaran tertentu.

Menjalankan bisnis bimbingan belajar ini termasuk bisnis mahasiswa tanpa modal. Hmm lebih tepatnya NYARIS tanpa modal. Usaha les privat ini merupakan bisnis mahasiswa yang cukup menguntungkan. Namun, Anda harus punya konsep yang tepat untuk menjalankannya.

Apakah Anda siap menjalankannya sendiri dengan menawarkan jasa privat dengan cara door to door, atau bekerjasama dengan franchise pendidikan yang sudah cukup ternama.

8. Bisnis Jasa Fotografi untuk Mahasiswa

Bisnis Jasa Fotografi untuk Mahasiswa

Menjadi seorang fotografer tentu harus punya skill yang memadai agar bisa menghasilkan gambar yang bagus. Untungnya, dengan kerberadaan kamera digital DSLR maka para penggunanya akan jauh lebih mudah dalam mengeksplorasi dan menghasilkan gambar menarik.

Bagi para mahasiswa pemula, bisnis fotografi bisa menjadi opsi yang cukup menjanjikan buat Anda. Konsumen Anda di awal merintis usaha fotografi bisa dari keluarga, teman, ataupun orang lain yang membutuhkan jasa foto.

Untuk memulainya, Anda bisa menawarkan jasa fotografi tanpa bayaran kepada konsumen, hanya biaya cetak foto saja. Jika hasilnya memuaskan, konsumen tentunya akan dengan senang hati merekomendasikan jasa Anda pada orang lain.

9. Bisnis Jasa Videografi

bisnis anak mahasiswa

Anda bisa membuat konten video yang unik dan menarik? Jangan disia-siakan, jadikan itu sebagai modal untuk membuat bisnis di bidang videografi.

Sekarang ini jamannya penggunaan video sebagai media informasi dan pemasaran. Ditambah lagi dengan penggunaan media sosial YouTube yang kian ramai, potensi bisnis di bidang videografi sangat menjanjikan.

10. Usaha Kuliner untuk Mahasiswa

Usaha Kuliner untuk Mahasiswa

Terakhir, bisnis rumahan untuk mahasiswa yang menguntungkan adalah menjalankan usaha kuliner. Tidak sedikit mahasiswa yang telah merasakan gurihnya berbisnis kuliner karena bisnis makanan memang tidak ada matinya.

Kalau Anda jeli, ada banyak sekali ide bisnis makanan yang menguntungkan, baik itu makanan ringan ataupun makanan pokok. Namun Anda harus memilih salah satu jenis kuliner yang paling sesuai dengan target market yang dibidik.

11. Jasa Titip Beli

Pernah dengar bisnis jastip (jasa titip)? Mungkin ya mungkin tidak.

Jastip adalah singkatan jasa titip, bisnis unik dimana pelaku bisnisnya menawarkan bantuan kepada orang lain untuk membelikan barang tertentu di suatu tempat.

Bisnis ini sangat cocok untuk mahasiswa yang suka traveling atau sering ke mall dan pusat perbelanjaan. Meski kurang populer, bisnis jastip cukup banyak lho yang mengerjakannya.

12. Menjadi Influencer di Media Sosial

Apakah Anda cukup populer di media sosial dan punya banyak followers? Jika ya, maka Anda sudah memenuhi syarat untuk bisa menjadi influencer.

Seperti kita ketahui, para pebisnis sering memanfaatkan jasa influencer di sosial media untuk memasarkan produk atau bisnisnya. Ini tentunya bisa jadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan dan bisa menambah uang saku Anda.

Jika saat ini Anda belum mendapat advertiser, tidak ada salahnya mencoba mencarinya melalui platform influencer marketing berikut ini

  • Sosiago.com
  • Sociabuzz.com
  • Vira.id
  • Getcraft.com
  • Partipost.com
  • Hiip.asia/id
  • id.tellscore.com/id

13. Bisnis Pulsa Elektrik dan Paket Internet

Mahasiswa Bisnis Pulsa Elektrik

Berjualan pulsa Elektrik dan paket internet adalah salah satu contoh bisnis mahasiswa tanpa modal besar. Selain modalnya kecil, bisnis pulsa dan paket internet cukup menjanjikan karena permintaan akan pulsa saat ini sangat tinggi.

Untuk menjalankan bisnis berjualan pulsa, tentunya Anda harus punya target market yang tepat. Teman-teman di kampus adalah target market yang sudah ada di depan mata, tinggal bagaimana cara Anda memasarkan kepada mereka.

Keuntungan dari satu penjualan pulsa ini memang terlihat kecil. Biasanya dari satu penjualan paket pulsa kita bisa mengambil untung antara Rp1000 – Rp2000 saja. Namun, jika konsisten dan punya banyak konsumen yang setia maka keuntungan tersebut akan berlipat ganda.

14. Bisnis Jasa Pengetikan dan Printing

Bisnis Mahasiswa Jasa Pengetikan dan Printing

Yups, jasa print dan pengetikan memang menjadi salah satu bisnis mahasiwa yang menjanjikan bila dikerjakan dengan serius. Terlebih untuk Anda yang tinggal atau kost di seputaran lingkungan kampus, usaha yang satu ini sangat mennguntungkan meskipun hanya dilakukan sebagai sampingan.

Tugas dari dosen, makalah, hingga skripsi semuanya membutuhkan bantuan jasa ini. Kenyataannya, dibanding mencetak tugas sendiri, masih lebih banyak mahasiswa yang memilih menggunakan jasa print dan pengetikan untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Alasan yang pertama karena tidak mempunyai perangkat cetak (printer). Alasan kedua karena tidak mau repot atau tidak punya waktu atau keterampilan untuk mengetik dan mencetak tugas mereka. Di sinilah peran jasa pengetikan dan printing sangat dibutuhkan.

#1. Hal pertama yang dibutuhkan untuk mulai membuka bisnis ini adalah kemampuan dalam bidang pengetikan tersebut. Pasalnya, terkadang pelanggan pengetikan atau print cenderung akan kembali jika hasil jasa yang Anda berikan memuaskan.

#2. Kedua, tentunya peralatan komputer dan printer. Untuk masalah ini sebenarnya bisa diakali dengan pinjam teman atau membeli perangkat second yang lebih murah.

#3. Ketiga adalah kesiapan waktu Anda. Kenapa dengan waktu? Sebenarnya peluang potensial dari usaha ini adalah bisa memberikan jasa kapanpun diperlukan. Memang banyak counter pengetikan dan print yang sudah menjamur, namun bayangkan jika Anda bisa melayani kapanpun dibutuhkan.

15. Menjalankan Bisnis Travel Online

Saat ini bisnis tour and travel mengalami penurunan tren yang signifikan. So, sebaiknya menunggu hingga masa pandemi berakhir.

peluang usaha untuk mahasiswa

Apa mungkin mahasiswa bisa menjalankan bisnis travel secara online? Tentu saja bisa, karena bisnis ini sebenarnya bisa dijalankan siapa saja, termasuk mahasiswa.

Untuk mengawali bisnis mahasiswa ini, mereka yang ingin berbisnis travel online bisa memulainya dengan bergabung dengan salah satu agen bisnis travel, misalnya Fastravel.co.id, atau Klikmbc.co.id.

Bisnis ini sangat cocok untuk mahasiswa yang suka traveling, baik di dalam negeri ataupun ke luar negeri. Selain punya bisnis yang menguntungkan, Anda juga berkesempatan untuk traveling ke banyak tempat.

Baca juga: Daftar 10 Universitas Terbaik di Indonesia

Penutup

Nah, sekarang Anda sudah tahu beberapa ide bisnis untuk mahasiswa. Semua ide bisnis di atas bisa dimulai dengan modal yang minim lho guys.

Selain yang disebutkan di atas, masih ada banyak peluang bisnis untuk anak kuliahan yang bisa digarap. Namun, tentu saja ini bukan tentang berapa banyak peluang yang ada tetapi seberapa serius Anda memulai dan menjalankannya.

Apakah Anda siap memulainya sekarang?

Marikxon

Seorang blogger, YouTuber, trader, dan pemilik blog Maxmanroe.com. Mulai mengenal bisnis online sejak tahun 2012 dan terus belajar tentang bisnis internet hingga sekarang. Saat ini aktif sebagai trader dan penulis konten di Maxmanroe.com.

24 pemikiran pada “15 Ide Bisnis untuk Mahasiswa Dengan Modal Kecil”

  1. Aku pernah nyobain jadi dropahiper, memang kalo berjalan lancar usaha dropshiper termasuk bisnis menguntungkan. Tapi susah banget supaya bisa tekun dan konsisten.

    Balas
  2. Kamu mau bisnis dimasa muda? Tapi bingung karena gak ada basic bisnis?? Tenang aja kan sekarang ada Pasukkan Reseller yang bergerak di bisnis Reseller Skincare Kecantikan dan bisnis kamu juga akan dimentori lohh.. Ayoo join sekarang juga..

    Balas
  3. Mahasiswa memang dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam segala bidang. Agar mereka siap dalam menghadapi tantangan masa depan. dimana salah satu dari tantangan masa depan adalah persaingan bisnis. Hal inilah yang juga menarik minat saya untuk menulis artikel ide bisnis kreatif untuk mahasiswa, agar bisa menjadi bahan pertimbangan bagi mereka untuk memulai bisnis sedini mungkin.

    Terima kasih untuk artikel di atas. karena berbagi itu indah.

    salam Blogger Nusantara

    Balas
  4. setuju nih, .. menjadi penulis blog kini juga salah satu bidang pekerjaan yang menjanjikan kok .. yang penting mau konsisten dan kreatif mengulas segala sesuatu yang ditemui. Karena terkadang orang juga membutuhkan informasi dan solusi seperti yang pernah kita alami ..

    Sukses terus om

    Balas
  5. Keren asli contentnya.
    I like the closing video, hehe
    tatap optimis :)

    ditunggu kunjungan baliknya ya kang

    Balas
  6. Jadi mahasiswa jangan cuma kuliah pulang-kuliah pulang. Masih banyak yg bisa dilakukan. Apalagi kalau anda berjiwa enterpreneur, kita bisa mulai mengembangkan bisnis saat mahasiswa.

    Masih ada banyak lagi peluang usaha untuk mahasiwa yang bisa kitaa kembangkan.

    Keep Sharing mas max :D

    Balas
  7. waah informasinya sangat membatu gan, saya sebagai mahasiswa jadi banyak pilihan nih buat memulai bisnis kecil-kecilan

    Balas
  8. wah boleh nih alternatif nya di coba, semoga saya bisa memanfaatkan peluang bisnis yang ada di sekitar saya.

    Balas
  9. Salam kenal, sangat menginspirasi sekali, cuma saya mau bertanya tentang penulis lepas, itu mksdnya gmna ya Gan? Saya kurang paham, mohon penjelasannya. Trimakasih

    Balas
  10. untuk jaman sekarang sangat mudah untuk mendapatkan tambahan penghasilan walaupun masih sekolah, karena era informasi ini banyak sekali peluang, misal jadi reseller, atau dropsip yang tidak butuh modal uang, cukup memiliki akun media sosial gartis yang bisa di manaaftkan untuk berjualan

    Balas
  11. salah satu bisnis tanpa modal adalah bisnis reseller.

    enaknya bisnis reseller itu kita gak mulai dari nol.
    tapi kadang jebakannya itu kita sering terlena dengan mindset “asal balik modal”.
    padahal kalau gak untung buat apa bisnis?

    emang perlu memotivasi diri sendiri dan tak pernah berhenti belajar tentang teknik reseller.
    kudu terus update tentang ilmu segmentasi dan targeting konsumen dan juga belajar teknik promo yang gak asal-asalan.

    Balas
  12. Info yang bagus gan, saya sih pilih no 1 gan kayaknya modalnya dikit dan laris di dekat kampus/sekolahan.
    Keep sharing gan

    Balas
  13. yang masih jarang itu penterjemah yah, tapi susahnya mesti kuasai bahasa asing dulu, ini yang lebih sulit kayaknya. bayarannya berapa itu, perhitungannya gmn

    Balas
  14. Saya sangat setuju sekali dengan penulis, soalnya saya pernah mengalami dan menjalani ketiga profesi di atas, manfaat yang saya dapatkan sangat banyak sekali hikmahnya untuk menjalani kehidupan ini menuju arah yang lebih baik. terima kasih…

    Balas
  15. saya pilih nomer 3 dan masih bisa menghidupi pak, lumayan walau tidak banyak, tapi ya semoga bisa jadi lebih banyak. hehe.

    Balas
    • Sama mas, saya juga lebih memilih jadi penulis. Bahkan Saya pernah menjadi penulis lepas untuk beberapa website milik orang lain. Menurut saya profesi menjadi penulis lepas punya banyak keuntungan, selain melatih kita menjadi penulis yang lebi baik, kita jg bisa menghasilkan uang dari kegitan menulis tersebut.

      Balas
      • setuju banget, mau nambahin enaknya menjadi penulis lepas,selain buat melatih menjadi penulis yang lebih baik,dapet penghasilan tambahan,ilmu kita juga bakal bertambah. katakanlah awalnya kita tidak tau menahu soal politik (misal) dan kita dapet order menulis tentang politik,yang namanya nulis itu sama artinya dengan membaca 2 kali dalam satu waktu. silahkan deh dirasain sendiri,ketika menulis,walaupun itu tulisan langsung dari otak kita,bukan copas,pasti didalam ahti kita akan ikut ngebaca apa yang sedang kita tulis. belum lagi kalau kita ingin mengoreksi tulisan kita. yang tadinyakita ga paham sama politik,dikit dikit kita bisa lebih ngerti sama politik. rekomended tuh jadi jasa penulis.

        Balas

Tinggalkan Balasan