Menjalankan Bisnis Jualan Pulsa Elektrik Wajib Lakukan Strategi Cerdas Ini

Bisnis jualan pulsa elektrik

Bisnis jualan pulsa elektrik semakin menarik dan banyak dilakoni para pebisnis saat ini. Kenapa? Alasannya sederhana, karena hampir semua orang di Indonesia minimal memakai satu handphone dan untuk mengoperasikan handphone harus memiliki pulsa.

Dari dulu bisnis pulsa elektrik menjadi bisnis yang sangat menjanjikan. Untung satu kali jual memang tidak begitu besar, tapi orang yang membutuhkan banyak sehingga faktor jumlah akan membuat keuntungan semakin besar.




Apalagi bisnis jualan pulsa elektrik cukup mudah untuk dilakukan. Tidak butuh modal yang besar dan tak harus sewa toko yang biasanya mahal, Anda bisa membuka usaha jualan pulsa elektrik di rumah. Apalagi di zaman digital seperti saat ini, semuanya menjadi lebih mudah.

Tapi sayangnya banyak orang yang membuka bisnis pulsa tidak bisa mengembangkannya menjadi lebih besar. Akhirnya hanya menjadi bisnis sampingan yang tidak menghasikan untung, atau mungkin malah tutup. Jika Anda melakukan dengan benar, akan banyak keuntungan yang didapatkan. Bisa untung sampai Rp5 juta per bulannya.

Jika Anda tertarik dengan bisnis jualan pulsa elektrik, berikut ini beberapa informasi dan tips yang bisa dilakukan agar bisnis Anda berjalan dengan baik.

Sebagai informasi awal, Anda harus tahu terlebih dahulu beberapa metode penjualan pulsa elektrik yang sering dilakukan:

  • Jualan Pulsa Menggunakan Chip

Untuk mendapatkan chip, kita harus menghubungi pihak dealer dan mendaftar sebagai salah satu merchant mereka. Informasi mengenai lokasi dealer penjual chip pulsa di kota Anda bisa ditemukan via Google.

Siapkan KTP dan biaya untuk pembelian chip atau sim card (biasanya Rp 5000,- hingga Rp 30.000,-). Anda bisa membeli chip dari masing-masing provider, atau membeli chip yang bisa digunakan untuk transaksi di semua operator. Beberapa jenis chip tersebut adalah Sev MTRONIKMTRONIK, MKIOS, DOMPUL XL, Chip all operator.

  • Jualan Pulsa via Transaksi Bank

Kita juga bisa berjualan pulsa dengan menggunakan transaksi bank via internet banking atau mobile banking. Perhatikan bahwa tidak semua pembelian pulsa dikenakan biaya yang sama. Biasanya pembelian Pulsa Telkomsel dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 1.500,- pertimbangkan untuk menginformasikan harganya ke konsumen agar tidak rugi.

Cara pembelian pulsa melalui transaksi bank biasanya dilakukan dengan dua cara, yaitu sms banking dan internet banking. Untuk menggunakan sms banking, tentunya kita harus mendaftarkan nomor handphone milik kita terlebih dahulu ke Customer Service bank. Sedangkan untuk menggunakan internet banking, Anda harus terkoneksi ke internet dan membuka halaman situs bank Anda.

Jualan pulsa dengan menggunakan transaksi bank ini cenderung lebih sulit dan panjang prosesnya. Selain itu, hanya mereka yang punya rekening bank saja yang bisa menjalankan bisnis jualan pulsa elektrik dengan cara ini.

  • Jualan Pulsa Secara Online

Perkembangan internet yang sangat pesat di Indonesia membuat peluang bisnis pulsa elektrik semakin mudah dilakukan. Dengan proses yang mudah dan cepat, pulsa akan terkirim ke konsumen. Namun, kita juga harus pilih-pilih dalam menggunakan server pulsa online tersebut karena tidak semua server bisa memberikan pelayanan yang optimal.

Hati-hati juga dengan penipuan bisnis pulsa online, sudah cukup marak sekarang ini. Pilih bisnis pulsa online yang sudah punya track record yang baik, salah satu caranya adalah dengan melihat adanya ketersediaan customer service dan juga alamat kantor yang jelas untuk menyampaikan keluhan.

Selain itu, sangat disarankan untuk bekerjasama dengan server yang bekerja selama 24 jam agar Anda bisa lebih leluasa dalam menjalankan bisnis jualan pulsa elektrik tersebut.

Artikel lain: Peluang Bisnis Modal Kecil yang Menjanjikan dari Rumah

Cara Agar Bisnis Jualan Pulsa Elektrik Laris Manis

Untuk membuat bisnis jualan pulsa Anda laris manis dan semakin berkembang maka Anda harus memakai strategi yang tepat. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan, supaya keuntungan yang didapatkan semakin besar.

  • Menggunakan Server Pulsa yang Cepat dan Terpercaya

Server pulsa ini berpengaruh dengan kecepatan pengiriman pulsa. Supaya tidak terjadi banyak komplain dari konsumen. Gunakan server pulsa yang cepat dan terpercaya. Saat ini ada banyak sekali server yang bisa digunakan untuk mengirim pulsa.




Pilih server yang paling cepat, sehingga transaksi lancar dan akhirnya pelanggan pun puas. Tidak ada komplain sama sekali. Jika seseorang bisa puas dengan pelayanan, akhirnya mereka memberikan testimoni gratis ke orang lain dan bisnis jualan pulsa elektrik anda semakin dikenal oleh banyak orang.

Akan lebih baik, jika anda memakai lebih dari satu server. Jadi ketika server yang satu trouble, anda masih bisa memakai server yang lainnya.

  • Melakukan Promosi Offline dan Online

Saat ini jualan pulsa, tidak hanya via offline saja, bahkan Anda bisa menjual pulsa via online. Jadi tidak hanya tetangga atau teman anda saja yang menjadi  pembeli, tapi orang di seluruh indonesia. Konsumen akan membayar uang lewat transfer uang dan Anda akan mengirimkan pulsa kepada konsumen sebesar yang sudah dibeli.

Anda juga bisa melakukan promosi lewat sosial media, seperti Twitter, Facebook, Instagram, dan lainnya. Lakukan promosi sebesar-besarnya, sehingga semakin banyak pelanggan yang tahu bisnis jualan pulsa elektrik Anda.

  • Menyediakan Berbagai Layanan Pulsa

Buatlah layanan pulsa yang lengkap dengan menyediakan pulsa elektrik dari berbagai operator. Selain pulsa untuk telepon Anda juga perlu menyiapkan pulsa untuk paket internet dengan pilihan paket internet yang lengkap.

Sekarang ini banyak pengguna smartphone yang sangat aktif menggunakan layanan internet sehingga mereka lebih butuh pulsa paket internet dibandingkan pulsa untuk telepon.

Pulsa internet bisa langsung digunakan tanpa harus mendaftarkannya lagi. Ini akan membuat lebih banyak orang yang suka membeli pulsa anda. karena produk yang disediakan lengkap.

  • Menerima Reseller

Supaya keuntungan dalam bisnis jualan pulsa elektrik semakin laris manis, terima  reseller untuk berjualan pulsa. Jadi mereka membeli saldo pulsa dari Anda dan bisa mengirim pulsa sendiri ke konsumen mereka.

Dengan menerima reseller, keuntungan yang didapatkan semakin besar karena membeli pulsa dalam jumlah banyak, bahkan bisa sampai 500 ribu lebih. Semakin banyak reseller akan semakin banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

  • Jangan Bersaing Harga Tapi Bersaing Layanan

Jangan pernah bersaing dengan menurunkan harga dari harga normal, tapi lebih baik bersaing dalam hal layanan. Untuk membedakan harganya pun tak perlu banyak, cukup Rp500 rupiah saja sudah memberikan harga yang cukup murah.

Berikan pelayanan sebaik mungkin sehingga pelanggan semakin senang membeli produk di tempat Anda. Konsumen yang puas kemungkinan besar akan suka rela menawarkan bisnis jualan pulsa elektrik Anda ke orang lain.

Baca juga: Apa Benar Ada Bisnis Online Gratis Tanpa Modal?

Hindari Kesalahan yang Dilakukan Dalam Bisnis Pulsa

Untuk pemula yang baru saja memulai bisnis ini, hindari kesalahan yang sering dilakukan ini sehingga bisa memberikan banyak keuntungan.

  • Pulsa Sering Dihutang

Jangan pernah menghutangkan pulsa yang Anda jual. Entah itu dengan teman atau keluarga sendiri. Jika Anda sering menghutangkan pulsa, modal usaha tidak akan berputar. Akhirnya Anda harus menambahkan modal untuk beli pulsa lagi. Jika hal ini dilakukan secara berulang maka lama-kelamaan Anda akan gulung tikar.

Jadilah pebisnis yang cerdas, jangan terlalu baik hati dan menghutangkan pulsa ke banyak orang. Jadilah seseorang pebisnis yang tegas, memberikan hutang pulsa tetap diperbolehkan, tapi dengan memberlakukan syarat tertentu. Syaratnya misalnya satu hari harus dibayar, dan hanya bisa dilakukan pada saat keadaan darurat saja.

  • Mengambil Untung Terlalu Besar

Jangan mengambil keuntungan yang terlalu besar, cukup Rp1000 – Rp2000 saja. Mengambil margin keuntungan sebesar Rp 2000 sudah cukup besar, apalagi bila Anda konsisten menjual pulsa kepada banyak orang.

Jika Anda mengambil keuntungan yang terlalu besar,  kemungkinan orang akan enggan membeli pulsa elektrik dari Anda. Hal ini akan membuat modal Anda tidak bisa berputar dengan cepat. Modal tidak berputar, stok pulsa tidak cepat habis, dan akhirnya bisa membuat Anda ditinggalkan oleh konsumen.

Dalam bisnis jualan pulsa elektrik yang paling penting adalah layanan yang diberikan sehingga para pembeli akan semakin percaya. Bisa juga memberi layanan 24 jam. Selamat mencoba.



4 total comments on this postSubmit yours
  1. Menurut saya malah bisnis jualan pulsa agak sulit ya sekarang ini. Karena sekarang semua orang bisa isi pulsa sendiri via internet banking.

    Saya juga masih bingung gimana cara promosi jualan pulsa ini

  2. Jualan pulsa memang menjadi bisnis sampingan juga ini mas, karena kita ketahui sekarang pulsa sudah menjadi kebutuhan utama dalam berkomunikasi bahkan pulsa internet pun jadi kebutuhan primer dalam dunai zaman serba teknologi dan informasi. Makanya sekarang semakin banyak orang menjual pulsa online dengan bisnis yang menjanjikan dan menghasilkan.

    • Bener om Abed, bahkan para pemain besar pun sudah melirik bisnis jualan pulsa. Lihat aja marketplace besar seperti Tokopedia, mereka jualan pulsa juga :)

      • Bukan jualan pulsa aja mas, tetapi juga semua dijadikan bisnis yang menghasilkan uang seperti tiket kereta api, tiket hotel dan banyaklah pokoknya mas, salut sama yang sekarang ini sangat cepat memanfaatkan waktu untuk menghasilkan bisnis yang menjanjikan serta menghasilkan pendapatan yang lumayan besar.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud