Ingin Membuka Usaha Les Privat, Coba Lakukan Trik Ampuh Ini

Usaha Les Privat

Membuka bisnis bimbingan belajar atau usaha les privat adalah salah satu dari sekian banyak peluang usaha dengan modal kecil yang cukup banyak dilakoni masyarakat Indonesia. Banyak siswa yang butuh bimbingan belajar tambahan karena belajar di sekolah tidak cukup. Dengan les privat akan membuat proses belajar lebih efektif dan tepat sasaran.

Selain itu, murid bisa mempelajari hal yang tidak dipelajari di sekolah. Tak hanya itu saja bisa fokus di satu pelajaran. Misalnya di sekolah lemah pelajaran matematika maka bisa mengambil les privat matematika. Ini bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan buat Anda. Jika Anda lulusan pendidikan, bisa membuka usaha les privat.




Usaha ini mudah untuk dilakukan dan tidak butuh modal besar, bahkan tanpa modal sama sekali pun Anda tetap bisa membuka bisnis ini. Tinggal menentukan target Anda, untuk anak TK, SD, SMP atau SMA. Anda bisa memulai dengan door to door atau membuka les langsung dalam bentuk yang besar.

Berikut ini beberapa trik yang paling ampuh untuk memulai bisnis les privat

Konsep Usaha Les Privat yang Akan Dilakukan

Supaya lebih mudah dalam mengembangkan bisnis, Anda harus tahu konsep apa yang akan digunakan. Apakah memakai konsep franchise atau memulai sendiri. Setiap konsep memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Jika membuka franchise tentunya akan semakin besar modal yang dibutuhkan, tetapi lebih mudah untuk pemasaran. Sedangkan jika membuka sendiri, lebih sulit dalam pemasaran tapi modal yang dibutuhkan lebih kecil. Tentukan juga target pasar Anda, apakah untuk semua angkatan, hanya anak SD dan lainnya. Ini akan membuat Anda menemukan strategi yang tepat buat bisnis les privat.

Artikel lain: Peluang Usaha Modal Kecil yang Menjanjikan dari Rumah

Buatlah Sesuatu yang Berbeda

Buatlah sistem pembelajaran yang berbeda dari yang lainnya. Buat sistem pembelajaran yang menyenangkan dan mudah dipahami. Dengan membuat suatu hal yang menyenangkan, membuat para calon pelajar lebih semangat untuk belajar.

Jangan buat sistem yang membosankan. Untuk menarik pelanggan, bisa memberikan promo pendaftaran. Jaminan masuk ke universitas dan lainnya. Intinya, buatlah suatu sistem yang berbeda dari yang lain.

Mengajak Teman Anda

Jika Anda membuka usaha les privat mandiri, bukan franchise. Ajaklah teman-teman anda yang berminat mengajar untuk bekerjasama. Misalnya anda paham pelajaran bahasa inggris,  teman anda IPA, matematika dan lainnya, sehingga dalam satu lembaga bimbingan memiliki guru yang lengkap.




Tidak hanya satu dua mata pelajaran saja. tetapi bisa melayani semua jenis pelajaran. Ini akan menarik lebih banyak pelanggan. Jika Anda atau teman sudah mengajar di sekolah, ajaklah murid-murid Anda untuk bergabung.

Bila Anda kekurangan tenaga kerja, bisa mengajak adik tingkat atau orang lain yang butuh pekerjaan. Saat ini lulusan pendidikan sangat banyak sekali. Bahkan setiap tahunya hampir 5000 mahasiswa yang lulus menjadi sarjana pendidikan.

Lakukan Promosi

Promosi menjadi hal penting dalam bisnis les privat. Tanpa adanya promosi, les privat anda tidak akan dikenal oleh banyak orang. Ada banyak cara untuk melakukan promosi. Entah itu secara online maupun offline.

Untuk promosi online, Anda bisa promosi lewat  sosial media. Seperti Twitter, Facebook, Instagram, Website dan masih banyak lainnya. Untuk promosi offline, bisa menyebarkan pamflet ke sekolah, mengadakan seminar, membuat spanduk dan lainnya. intinya agar semua orang tahu tentang produk Anda.

Berikan Promo yang Menarik

Berikan promo untuk memikat para konsumen. Misalnya promo potongan harga beberapa bulan, gratis tes TOEFL dan lainnya. Untuk pertama kali pembukaan, memang tujuan Anda untuk menarik para konsumen terlebih dahulu.

Jika mereka sudah paham  kualitas pengajaran anda, bisa memberikan promosi ke orang lain dan akhirnya akan semakin banyak yang mendaftar. Di awal memang harus memberikan promo terlebih dahulu.

Berikan Pelayanan yang Baik

Tak hanya sistem pengajaran yang baik, tetapi juga anda harus memberikan pelayanan yang baik, pelayanan disini merupakan pelayanan pada saat pendaftaran. Pengajar yang ramah dan terampil sehingga para murid akan semakin senang belajar di tempat anda. Pastikan semua tenaga kerja yang bekerja di tempat Anda memberikan pelayanan sebaik mungkin.

Buat Ruang Belajar yang Menyenangkan

Jika Anda sudah memiliki ruangan sendiri, buatlah ruang belajar yang menyenangkan. Jangan hanya runag belajar yang kosong tanpa ada hiasan sama sekali. Tapi buatlah ruangan yang membuat siswa semakin semangat belajar.

Bila perlu sediakan tempat untuk bersantai atau menunggu giliran belajar. Sediakan buku pendukung, ini akan membuat siswa semakin semangat.

Harga Les Privat

Perhatikan kompetitor Anda, bagaimana mereka menerapkan harga les privat mereka. Hitungan perjam, per hari, minggu dan lainnya. Buat harga yang lebih terjangkau tapi jangan sampai merugikan Anda.

Perhitungkan antara modal dan keuntungan yang akan bisa Anda dapatkan. Hitung sebaik mungkin, jangan sampai Anda mengalami kerugian.

Baca juga: 10 Universitas Terbaik di Indonesia Berdasarkan Peringkat

Mulailah Dengan Les Privat Door to Door

Jika Anda belum memiliki modal yang besar, bisa mencoba les privat door to door. Jadi Anda tak perlu memiliki atau menyewa gedung tempat usaha, tapi bisa datang langsung ke rumah anak murid anda. Dalam proses memengembangkan usaha les privat, memang membutuhkan waktu yang lama dan harus fokus.

Selamat mencoba



1 comment on this postSubmit yours
  1. sebagai guru matematika, usaha ini sepertinya sangat cocok untuk dimulai.
    trima kasih lae untuk idenya.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud