Beranda Blogging Cara Mengoptimasi Blog Untuk SEO dan User Anda

Cara Mengoptimasi Blog Untuk SEO dan User Anda

Cara-Mengoptimasi-Blog

Blogging adalah kegiatan yang sangat penting untuk meningkatkan popularitas bisnis Anda di internet. Bagi banyak bisnis, blogging telah memberikan keuntungan yang luar biasa, bahkan meningkatkan bisnis tersebut ke level yang lebih baik di ceruk yang dibidik. Saat ini, kegiatan blogging yang memberikan value kepada user tampaknya sudah menjadi hal yang jauh lebih penting dibanding kepentingan SEO semata karena aktifitas pembaca di blog Anda juga sudah menjadi bagian penting dari SEO itu sendiri. Jadi seorang blogger harus mengetahui cara mengoptimasi blog dari sisi SEO dan sekaligus dari sisi pembacanya.

Sebenarnya kegiatan blogging untuk tujuan SEO bukanlah hal yang buruk, menurut saya. Tapi sayangnya banyak blogger yang hanya mengutamakan tujuan SEO semata dan tidak memperhatikan bagaimana user dalam memahami konten yang dibuat. Jika Anda adalah salah satu blogger yang melakukan hal tersebut, yakinlah bahwa Anda saat ini sedang membuang-buang kesempatan potensial yang menguntungkan.

Akan lebih baik bila kita melakukan kegiatan blogging dengan memperhatikan kedua hal tersebut, yaitu SEO dan audiens Anda. Berikut ini adalah beberapa kegiatan blogging yang dapat memberikan keuntungan dari sisi SEO dan pembaca blog Anda.

Artikel lain: Mengapa Bisnis Anda Harus Memiliki Sebuah Blog?

1. Brainstorming Untuk Memilih Topik yang Unik

Pembaca biasanya suka membagikan konten yang menarik dan unik ke media sosial. Lalu bagaimana cara kita mengidentifikasi sebuah topik yang menarik? Perhatikan beberap cara berikut untuk memastikan bahwa topik yang Anda buat cukup menarik dan unik bagi orang lain:

  • Bertanya kepada orang lain melalui media sosial atau pun melalui blog Anda.
  • Kunjungi forum-forum dan website Q&A seperti Quora atau Yahoo Answers untuk mencari tahu topik yang sering dibicarakan.
  • Manfaatkan Twitter dan Facebook untuk mencari topik yang sering dibahas, kita bisa menggunakan fitur hastag di medis sosial tersebut.
  • Mengunjungi blog lain dan memperhatikan topik apa saja yang banyak dibaca dan dikomentari oleh pembacanya.
  • Memperhatikan situs-situs berita dan menyaring berita yang benar-benar sesuai dengan minat atau topik blog Anda. Jadilah orang pertama yang membahas berita tersebut dan berbagi pada para pembaca Anda.

2. Temukan Kata Kunci yang Tepat

Jika Anda ingin sukses di dalam SEO dan mendapat banyak pembaca, maka memilih kata kunci yang tepat adalah sebuah keharusan karena kata kunci (keywords) punya peranan yang sangat vital dalam menentukan posisi konten Anda di mesin pencari, dan akan selalu begitu. Semakin banyak variasi kata kunci untuk satu jenis topik, maka potensi trafik Anda akan semakin bertambah.

Kita bisa menggunakan fasilitas gratis dari Google Adwoords untuk mencari berbagai kata kunci yang sering diketikkan di Google. Gunakan variasi kata kunci pada setiap konten yang Anda buat, buat sewajar mungkin untuk menghindari pinalty dari Google. Bila Anda mememilih sebuah topik yang menurut Anda menarik namun jumlah pencarinya tidak terlalu banyak, tetaplah menulis untuk topik tersebut karena pasti ada orang lain yang punya minat yang sama dengan Anda.

Artikel lain: Cara Meningkatkan Traffic Pengunjung Blog / Website Dengan Cepat

3. Buatlah Konten dengan Yakin

Setiap kali membuat sebuah konten, menulislah dengan penuh keyakinan seolah-olah Anda punya otoritas dan pakar dalam topik tersebut, namun tetap dengan bahasa yang bersahaja. Buatlah konten yang punya kekuatan dan value kepada audiens Anda. Jika konten Anda kebanyakan terlihat seperti menjual sesuatu, kemungkinan besar pembaca Anda akan meninggalkan blog Anda dalam sekejap. Sebaiknya konten Anda berisi informasi yang berharga, bukan hanya berisi link promosi sebuah produk.

4. Pastikan Konten Anda Mudah Dibaca dan Dimengerti

Kebanyakan pembaca sekarang tidak suka dengan sesuatu yang bertele-tele dan berputar-putar. Mereka lebih memilih membaca poin-poin penting dari sebuah konten. Karena itu, sebaiknya konten yang kita bangun dibuat lebih mudah dibaca dan dimengerti, misalnya dengan menambahkan sub header yang jelas untuk setiap poin-poin penting yang ingin kita sampaikan.

5. Optimalkan Konten Untuk Mesin Pencari

Jika Anda sudah mengoptimasi konten untuk pembaca, langkah selanjutnya adalah mengoptimasi konten tersebut untuk SEO yang lebih baik. Langkah ini bisa kita mulai dengan memasukkan kata kunci di dalam judul dan menambahkan kata kunci pada konten, mulai dari paragraf pertama, bagian tengah, dan paragraf akhir.

Gunakan kata kunci di dalam konten dengan sewajar mungkin, jangan menggunakan kata kunci yang sama berulang-ulang. Akan lebih baik bila kita menggunakan kata kunci lain yang masih berhubungan dengan kata kunci utama yang kita pilih. Selain itu, Anda bisa menghubungkan konten tersebut dengan konten lain yang masih berhubungan di dalam blog Anda, yaitu dengan menambahkan internal link.

6. Bagikan Konten Anda di Media Sosial

Kita harus memanfaatkan media sosial untuk menarik pembaca lebih banyak, yaitu dengan membagikan konten tersebut ke media sosial seperti Facebook, Twitter, Google+, dan lainnya. Bila konten Anda ternyata memberikan value bagi teman-teman di media sosial, kemungkinan besar mereka juga akan senang hati melakukan re-share konten tersebut. Jangan lupa menambahkan tombol sosial media di setiap konten Anda untuk lebih memudahkan pembaca Anda membagikan konten tersebut di media sosial.

Baca juga: Cara Membuat Blog Gratis di WordPress dan Blogger

Tips di atas adalah cara yang paling mudah untuk membantu mengoptimalkan blog untuk pembaca Anda dan tentunya akan memberikan benefit dari sisi SEO. Selamat mencoba.

35 KOMENTAR

  1. Saat ini saya sedang mengaplikasikan Teknik SEO untuk meningkatkan jumlah visitor pada blog saya, terimakasih atas pencerahannya. Sukses Selalu

  2. pembahasan seonya sangat bagus. tinggal ditambah backlink berkualitas, pasti hasilnya semakin mantab..

  3. Mas. Izin Rewrite Ya. Sambil mraktekin SEO dari Saya. Gk 100% Kok. :D

  4. Apakah backlinks sangat besar pengaruhnya untuk SEO mas Manroe?

  5. cari backlink berkualitas sekarang makin susah soalnya algo nya google makin kesini makin parah… paling enak emang pake pbn, cuma harganya ya gitu :(

  6. Pusat_Herbal_Original

    Alhamdulillah…terima kasih atas infonya mas max. In syaa alloh selalu di hal. 1 google ya mas Max :)

  7. Model hijab pashmina

    Selain konten yang berkualitas, backlink juga sangat perlu sekali mas. Kalo gak kuat di backlinknya, blog atau web kalah bersaing juga di SERP Google.
    Kalo saya pahami tulisan dan artikle dari Mas Max Monroe dapat di simpulkan bahwa utk dapat bersaing di halaman pertama Google langkah pertama adalah dengan membuat konten web (3 meta tag data) dan artikel yang berkualitas, kalo itu sudah di lakukan baru dengan SEO Offpage dengan social bookmarkling atau blog walking untuk mendapat backlink berkualitas.
    Begitu ya mas Max?

  8. Biasanya kesulitan yang dihadapi adalah kurangnya ide dalam menulis artikel. Kesulitan itu juga bisa diatasi dengan melakukan blogwaling. ^_^

  9. CD Aktivasi Aura

    Hal tersulit nya bagi Saya adalah menerapkan langkah- langkah tersebut dalam konsistensi mas

  10. Hal yang paling sulit menurut pribadi saya adalah menemukan idenya mas dalam membuat konten yang unik dan akhirnya akan sudi yang membaca artikel saya … :)

  11. Assalamualaikum mas, saya blogger pemula, dn saya ingin meningkatkan traffic di blog saya, carany biar cepet terindex mesin pencari gmna ya? Mhon bntuannya mas, trima kasih…

  12. berusaha pantang menyerah bg dalam membangun blog.

  13. sebelumnya semua postingan di blog saya terindex oleh bing, namun sekarang sama sekali tidak terindex.. mohon bantuannya master..

  14. Betul,bapak kadang-kadang sering terjebak dan hanya berkutat mikirin SEO,tanpa memikirkan konten atau artikel ,saya sering mengalami hal itu..trimkasih sheringnya.

  15. puspita komalasari

    Informasinya bagus. saya sudah mendalami marketing online kurang lebih 1 bulan tapi belum bisa mencapai posisi 1 dipencarian.
    mhon bantuannya, terimakasih.

  16. Point Nomer 5 itu mantab pak… tapi emang menempatkan Kata kunci yang tepat itu bagi saya sangat susah sekali..kalo di variasi ntar malah ga fokus dengan kata kuncinya . sampai sekarang pun malah bingung saya yang cocok yang mana,
    Duh, makasih pak…

  17. Rizal Vanstien Callenfelz

    terimakasih atas tips nya

  18. Keren Websitenya udah https :D, mas max bingsandbox itu apa yah ? dan H1 itu penting ndak buat SEO, dulu saya pernah cek website nya mas max ndk ada H1 juga :D

    • Bing Sandbox = Kotak Pasir Bing :P

      H1 itu penting untuk SEO, semua halaman blog saya ada H1, H2, dan H3 nya mas. Mas Hamied salah lihat kali hehehe

      • Dulu saya pernah punya Website, saya cek di Google Analytics pernah dapet sumber lalu lintas dari bingsandbox.com, Takutnya itu sama kayak googlesandbox kan ngeri kalau dapet penalty dari bing :D, sampai sekarang saya belum tau apa itu bingsandbox haha.
        Iya sih sebenarnya ada H1 H2, tpi kalau pas di cek di website khusus pengukuran SEO ndk ada H1nya, tapi sebenarnya ada di templatenya. Nah itu kira-kira ngaruh ndk. Maaf ya Mas Max atas kekepoanku haha :D.

  19. sewa mobil bali

    mas max, sekarang blognya pake https ya, itu ngaruh banget ke SEO nya apa gimana mas? saya masih bingung

    • Iya mas, seminggu yang lalu saya menambahkan SSL untuk blog Maxmanroe.com. Di masa yang akan datang akan berpengaruh ke SEO mas, saya pernah baca di blog Google Webmaster. Tapi sementara PR saya yang tadinya PR 4 hilang, mudah-mudahan kembali lagi saat Google update PR.

  20. adakah iklan memperlemah kinerja SEO ?, dan bagaimana menyikapi tujuan blogging agar memperoleh pendapatan dari blog ?, tkasih.

  21. informasinya mengenai optimasi website sangat bagus, terima kasih saya mendapatkan tambahan ilmu dari web ini

  22. Memang kebanyakan blogger melupakan pembaca ketika sedang menulis artikel. Lebih fokus menulis untuk search engine dibandingkan untuk pembaca. Saya sangat setuju sekali bahwa SEO itu bukan hanya untuk search engine, melainkan blogger juga harus bisa mengedepankan pembaca aar dapat menikmati apa yang ditulis oleh blogger.

  23. Terimakasih atas informasinya mengenai optimasi website, saya sangat bersyukur bisa berkunjung dan menyimaknya secara lengkap dan sangat bermanfaat bagi saya.
    terimakasih, nice post :)

  24. satu lagi mungkin tambahan dari saya mas, “Bagaimana membuat Headline yang menarik”, tentunya akan menjadi tantangan sendiri untuk membuat judul post yang memancing minat pengunjung namun tetap memperhatikan optimasinya

  25. Seberapa besar backling menpengaruhi kualitas website mas? salam sukses selalu

  26. Tips Google Adsense

    saya sendiri baru fokus mencari backlink

  27. tapi bang cara mendapatkan posisi teratas itu sangat sulit apalagi kalo kontennya tidak berkualitas, mau tanya juga bang, apakah benar dalam menulis konten sekiranya 500 kata , pengaruhnya apa ya , makasih

    • Ya memang, kalau mudah mendapat posisi 1 pasti semua website bisa posisi 1 hehehe. Benar mas, konten yang berkualitas itu penting banget, makanya kita pemilik website/ blog harus selalu memperhatikan kualitas konten yang kita buat biar visitor juga merasa bermanfaat.

      Kalau soal jumlah kata dalam artikel, sebenarnya tidak ada ukuran baku yang fix berapa kata. Namun, kalau kita membangun konten untuk tema tertentu misalnya tentang kesehatan, kecantikan, atau tentang blogging, tentunya artikelnya membutuhkan jumlah kata yang lebih banyak. Tidak seperti artikel berita, portal berita biasanya tidak perlu banyak kata dalam satu artikel yang penting ada inti berita yang disampaikan.

Tinggalkan Balasan