Beranda Bisnis Bisnis Dropship: Usaha Online yang Nyaris Tanpa Modal

Bisnis Dropship: Usaha Online yang Nyaris Tanpa Modal

Bisnis Dropship

Anda pasti pernah mendengar tentang bisnis dropship, atau mungkin saat ini Anda sedang menjalankannya. Model bisnis ini sangat banyak dilakoni oleh masyarakat urban di Indoensia, khususnya kaum milenial.

Selain cara kerjanya cukup praktis, modal awal untuk memulai bisnis ini termasuk sangat minim. Bahkan banyak orang yang menyebutkan bisnis dropship sebagai bisnis tanpa modal, benarkah demikian?

Nah, jika Anda tertarik untuk mencobanya maka sebaiknya ketahui dulu beberapa hal mengenai bisnis ini.

Apa Itu Bisnis Dropship?

Bagi Anda yang belum tahu, bisnis dropship adalah sebuah sistem penjualan produk secara online di mana si penjual atau pengecer tidak harus memiliki produk sendiri, tidak perlu stok barang, dan modalnya sangat kecil.

Bisnis dropship memiliki sistem berbeda dengan reseller. Pebisnis dropship tidak harus membeli barang terlebih dahulu, cukup hanya fokus pada pemasaran dan melakukan layanan pelanggan.

Pebisnis dropship juga tidak perlu repot untuk mengerjakan proses pengemasan dan pengiriman barang kepada si pembeli karena supplier yang akan melakukannya.

Enaknya lagi, pada kemasan/ bungkus barang yang dikirim ke pembeli akan ditulis bahwa barang dikirim oleh penjual/ pengecer. Namun, untuk produk branded biasanya akan terterak merek atau brand produknya.

Tertarik ingin memulai bisnis dropship? Tunggu, pahami dulu cara kerjanya.

Cara Kerja Bisnis Dropship

Sistem dari bisnis dropshipping itu sebenarnya cukup sederhana. Sebagai gambaran, Anda bisa melihat skema bisnis dropship berikut ini:

Skema Bisnis Dropship

Berikut penjelasan singkat cara kerja bisnis dropship:

1. Penjual memilih beberapa produk dari supplier yang akan dijual, kemudian mengambil beberapa foto produk untuk diupload ke media pemasaran disertai dengan keterangan singkat.

2. Pebisnis dropship memasarkan produk secara online, baik itu melalui media sosial, marketplace, website, forum, blog pribadi, maupun iklan online.

3. Konsumen memesan barang yang ingin dibeli dan mengirimkan uang untuk pembayaran kepada dropshipper sesuai dengan harga barang yang ditentukan. Penjual mengambil untung dari selisih harga supplier yang lebih murah.

4. Penjual kemudian melanjutkan proses pembayaran tersebut ke supplier barang dan memberikan informasi barang yang dibeli beserta data si pembeli.

5. Supplier akan mengemas barang yang dibeli dan mengirimkan barang kepada konsumen dengan mencantumkan nama dropshipper sebagai pengirimnya.

Artikel terkait: Peluang Bisnis Online

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Dropship

Bisnis dropshipping

Bisnis dropship ini memang terlihat mudah dikerjakan, bahkan si penjual dapat menjalankan usahanya dari mana saja, yang penting ada koneksi internet dan gadget yang mendukung.

Namun, tentunya tiap bisnis memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, begitu juga dengan bisnis dropship ini. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan bisnis dropshipping:

A. Kelebihan Bisnis Dropship

1. Modal Awal Kecil

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bisnis dropship bisa dijalankan tanpa harus mengeluarkan modal yang besar.

Pelaku bisnis dropship bisa menjual produk secara online melalui situs media sosial (Facebook, Instagram), blog gratisan, marketplace (Tokopedia, Bukalapak), melalui aplikasi messenger (WhatsApp, Telegram), dan melalui forum-forum jual beli misalnya seperti kaskus.

Menjalankan bisnis ini tentu harus mengeluarkan modal, misalnya untuk biaya internet. Namun, biaya yang dikeluarkan terhitung minim.

2. Sangat Praktis

Sebagai seorang dropshipper, kita tidak perlu pusing berurusan dengan proses pengadaan barang, proses pengemasan, dan proses pengiriman barang ke konsumen. Semua proses tersebut sudah menjadi tanggung jawab si supplier.

Selain itu, kita juga tidak perlu pusing dengan proses perencanaan bisnis yang cukup kompleks yang dilakukan oleh supplier.

3. Dapat Dikerjakan Dari Mana Saja

Bisnis dropship bisa kita kerjakan dari mana saja, asalkan kita punya koneksi internet dan juga gadget yang memadai.

Hubungan dengan pihak supplier atau konsumen tetap bisa terjalin dengan baik yang bisa dilakukan secara online, misalnya melalui email, chating, dan media sosial.

4. Nyaris Tidak Ada Biaya Operasional

Tidak seperti bisnis konvesional yang membutuhkan biaya operasional yang cukup besar, bisnis dropship bisa dijalankan dengan biaya operasional yang sangat kecil, atau bahkan nyaris tanpa biaya operasional.

Biaya yang biasa dikeluarkan oleh sebuah usaha adalah untuk biaya listrik, gaji pegawai, dan biaya sewa tempat. Sedangkan bisnis dropship, kita hanya mengeluarkan biaya yang sangat kecil, seperti biaya koneksi internet dan biaya promosi.

B. Kekurangan Bisnis Dropship

1. Keuntungan Cenderung Kecil

Keuntungan yang bisa diambil oleh dropshipper biasanya kecil. Memang bisa saja si penjual menaikkan harga yang lebih tinggi, tapi tentu saja itu sangat beresiko karena bisa merusak kepercayaan konsumen.

Pebisnis dropship biasanya tidak akan menetapkan harga yang jauh dari harga yang sudah ditetapkan oleh supplier.

2. Info Stok Barang Tidak Up to Date

Info tentang ketersediaan barang tidak bisa diketahui langsung oleh dropshipper karena data tersebut ada pada supplier.

Bisa saja sebuah produk yang akan dibeli melalui dropshipper ternyata telah habis dan informasinya belum terupdate di website si supplier barang.

3. Sulit Menjual Barang yang Belum Pernah Dilihat

Ketika seorang konsumen bertanya lebih detail tentang sebuah barang, biasanya dropshipper kurang bisa menjelaskan tentang detail barang tersebut karena memang dia kurang memahami produk tersebut.

Kebanyakan dropshipper hanya fokus pada pemasaran tanpa mengetahui detail dan spesifikasi barang yang dijual. Hal ini tentunya akan mempengaruhi niat konsumen untuk membeli produk tersebut, dan biasanya memang konsumen tidak jadi membeli barang tersebut.

4. Orang yang Mendapat Komplain

Bisa saja supplier mengirimkan barang yang kualitasnya tidak sesuai dengan yang dijanjikan atau proses pengiriman terlambat. Dan ketika hal itu terjadi, tentunya konsumen tersebut akan komplain.

Si pembeli tidak akan komplain pada si supplier tapi ke dropshipper/ pengecer. Setiap kali si pembeli kecewa dengan barang yang dikirim atau proses pengiriman terlambat dari supplier, dropshipper lah yang akan selalu menerima keluhan dari pelanggan.

Daftar Supplier Bisnis Dropship

Daftar Supplier Bisnis Dropship

Bisnis ini hanya akan bisa berjalan dengan baik bila dropshipper bekerjasama dengan supplier yang bisa menjamin kualitas barangnya dan kualitas pelayanannya baik.

Berikut adalah beberapa platform dropship yang bisa digunakan untuk mendapatkan supplier:

  1. Dropshipaja.com
  2. Dusdusan.com
  3. Bandros.co.id
  4. Resellerdropship.com
  5. Tokodistributor.com
  6. SahabatDropshiper.com
  7. Mitrabakul.com
  8. Tanahabangmarket.co.id

Setiap website di atas memiliki jenis produk yang beragam, jadi sebaiknya Anda sudah menentukan dulu mau jualan apa. Saran saya, buka websitenya satu persatu, pelajari dan temukan supplier yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Tips Memilih Supplier Bisnis Dropship

Dropshipper harus selektif dalam bekerjasama dengan penyedia barang atau supplier untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan.

Berikut ini tips memilih supplier bisnis dropship:

1. Pilihlah supplier dari wholesale atau grosiran. Biasanya penjual grosiran tidak mau mengambil untung besar per barang yang dijual, tapi pada banyaknya jumlah barang yang dijual.

2. Pilih supplier yang sudah memiliki sistem yang sudah jelas, mulai dari proses pemesanan, proses pengecekan barang, proses konfirmasi pembelian, hingga proses pengemasan dan pengiriman barang ke konsumen.

3. Pilihlah supplier yang mudah dihubungi. Namun, kita harus mengerti bahwa supplier biasanya tidak mau berlama-lama untutk menerima telepon atau chating dengan Anda karena mereka harus melayani banyak dropshipper lainnya.

4. Biasanya supplier akan menanyakan nama dropshipper dan nama toko online si dropshipper. Ini diperlukan untuk data pengirim barang ke si pembeli, supplier akan menuliskan nama atau toko online si dropshipper di kemasan barang yang dikirim ke pelanggan.

Penutup

Artikel ini sebenarnya hanya membahas kulitnya saja. Dalam proses menjalankan bisnis dropship, Anda akan menghadapi banyak hal.

Dalam proses menjalankan bisnis ini, Anda akan menghabiskan banyak waktu untuk menjawab pertanyaan pembeli.

Berdasarkan pengalaman saya berbisnis dropship, tidak jarang calon pembeli yang ternyata hanya bertanya-tanya saja dan tidak jadi membeli.

Dalam proses menjalankan bisnis ini, tidak jarang juga Anda akan kehabisan waktu hanya untuk menjawab pertanyaan pembeli.

Jika Anda ingin menjalankan bisnis dropship, maka Anda juga harus mempersiapkan diri menghadapi hal-hal seperti ini. Semoga artikel ini bermanfaat.

63 KOMENTAR

  1. Kayaknya bisnis model dropship lagi trending ya
    Sy lihat ada workshopnya segala. Pas tanya biaya workshopnya pun lumayan mahal. Termasuk ada tool – tool tersendiri. Sangat menjanjikan apalagi tergolong bisnis low risk

  2. Yang mau dropship sistem COD ke seluruh Indonesia
    Bisa hubungi saya 087883648038

  3. Klau menjadi droppshiper itu ongkos kirim barang nya siapa yang tanggung ya? Supplier atau droppshiper?

  4. Dari tahun 2015 saya menjalankan bisnis dropship sempat naik turun akibat kemalesan dan akirnya alhamdulilah sekarang dengan bermodal.keuntungan bisnis deropahip saya mulai stok produk sesikit demi sedikit akirnya sekarang berbuah hasil .Twrima kasih buat yang lain bisnis dropship menjanjikan kok jadi jgn pantang menyerah tekuni walau kecil..

  5. Barangkali di sini mau gabung sebagai dropshipper untuk produk pakaian pria.
    Kami Guagitu clothing sedang mencari dropshipper dan reseller seluruh indonesia.
    Beberapa keuntungan Dropship di Guagitu Clothing :
    1. Resi pengiriman otomatis di kirim melalui sms.whatsapp.bbm dll
    2. Barang kami siap untuk di kirim ke luar negri
    3. Dapat POIN yang bisa di tukar dengan hadiah TANPA DIUNDI
    4. Setiap satu barang yang di beli akan mendapat 2 POIN
    5. Mendapat potongan harga sebesar 20.000,-/Produk
    6. Update stok barang di infokan

    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi kami di email : [email protected]
    Terimakasih

    • bapak/ ibu. sy minat untuk menjadi droupship.gmana caranya? sy belum punya website….???

    • ingin ikut bisnis boleh gk ,buat pemula seperti saya yang belum punya website

  6. yang berminat dropship sepatu cewek, dengan keuntungan 20-30rb perbarang
    hubungi WA 081284203756 ilham
    toko di tokopedia.com/sepatufmbogor

  7. paling enak dropship selain memang dari suppliernya murah dan barangnya berkualitas
    adalah bekerjasama dengan supplier yang masih berkembang, karena bisa komunikasi lebih dekat dan tanyatanya kualitas produknya
    dan juga kadang supplier yang masih berkembang lebih menghargai dropshippernya.
    yg berminat dropship chat ke WA 081284203756 ilham
    toko di tokopedia.com/sepatufmbogor

  8. Mungkin sistem dropship seperti ini hampir mirip dengan istilah reseller. Benar begitu bukan?? Hehehe.

    • Sistem dropship dan reseller itu berbeda mba Mila. Kalau dropship, kita tidak perlu membeli stock barang untuk dijual kembali, cukup fokus dalam hal pemasaran saja. Kalau reseller, kita beli dulu produknya dari supplier (dengan harga murah) kemudian kita jual kembali ke end-user dengan harga yang lebih tinggi untuk mengambil untung.

      • kl kita jadi dropshiper pas dapet orderan barang apakah kita harus bayar dulu ke seller dgn uang pribadi dulu? mohon penjelasan

        • Bukan begitu Pak Aldy. Ketika kita dapat orderan, si pembeli terlebih dahulu transfer ke kita (kita ambil untung dari selisih harga supplier), nah setelah pembeli membayar baru kita order ke supplier. Nanti supplier yang kirim barang ke pembeli. Jadi, kita sebagai marketer dan juga merangkap sebagai customer service, supplier menyediakan barang-packing-dan delivery ke pembeli.

  9. apakah si mas punya info dimana kira2 bisa dapat list lengkap supplier? terima kasih.

  10. bagus sistem ini batu loncatan agar bisa leebih mengenal tetang apa itu jenis-jenis bisnis online termasuk sitem dropship

  11. Ingin bisnis dropship bs invite 56C53D4F nanti saya ajari ya bwt yg pemula

  12. DICARI RESELLER AND DROPSHIPER DI SELURUH INDONESIA

    Kami suplier baju wanita dan baju pria tangan pertama di jakarta..Add pin 2316caca.. benefit :
    1. Masuk grup
    2. Bisa beli ecer dengan harga grosir
    3. Harga rata2 di bawah 40rb untuk baju wanita dan di bawha 50rb untuk kaos pria
    4. Tidak ada minimal order
    5. Barang dan stok selalu update

    Langsung add pin 2316caca

  13. mau jual tas tp bingung cari supplier yg murah dan berkualitas???
    invite pin bb 74f4F0C4
    harga resseller…

  14. silahkan invite pin BB 2B827C93 atau sms 08562690944
    kami menerima para drosiper untuk produk kosmetik atau produk perawatan tubuh.
    kelebihan kami :
    -akan di pandu cara menjual sebuah produk jadi orang awampun sangat bisa
    -produk kami adalah produk recomended,jadi produk pilihan terbaik dan sudah di akui manfaatnya
    -mengutamakan kecepatan pelayanan
    -bebas memilih jasa ekspedisi
    -resi prngiriman bs di tanyakan malam harinya dalam 1 hari
    -tiap hari ada pengiriman selain hari minggu tiap jam 6 sore

    mari sukses bersama kami

  15. Kesempatan Usaha Untuk Anda. Kami Membuka kesempatan untuk anda berjualan Lampu Emergency, Senter, Lampu LED dan alat listrik lainnya dengan sistem dropship.

    Mudah, Tidak Dikejar Target, dan anda bisa menjual produk yang lebih beragam tanpa membutuhkan modal yang besar dan resiko yang kecil.

    Silahkan kunjungi website kami untuk penjelasan lebih lanjut.

    Terima kasih dan Salam Sukses.

  16. tolong donk yang punya info tempat dropship yang bagus dimana,,!
    dg kta lain gampang dihubungi dan tdk berblit.
    share y….

  17. Dropship adalah bisnis untuk pemula, kalau mau penghasilan besar kita harus mulai menjadi suplier.

  18. Saya sekarang sedang belajar bisnis dropship, Alhamdulilah hasilnya sudah mulai terasa. Kuncinya konsisten dan mendapatkan produk serta suplier tepat.

    Terima kasih

  19. Info yang bagus…….
    Tapi kalau barang yg dikirim ke pembeli rusak atau tidak sesuai dengan pesanan, kita yg berabe…….

  20. reseller ama dropship ternyata beda pengertian ya bang max, saya fikir sama.. :)

    • Ya agak beda mas Umar. Kalau yang punya modal cukup pasti lebih memilih jadi reseller, jadi serasa punya bisnis sendiri gitu :)

  21. Alhamdulillah dapat pengetahuan yg bermanfaat dari artikel ini,Thanks gan

  22. Bagus nih info nya..buat nambah masukan ke kita – kiat yang tertarik dengan sistem dropship.

  23. Saya sedang menjalani bisnis jenis ini.
    Dan sangat setuju dengan penjelasan di artikel ini. Yang paling gak enak itu masalah stok yang gak update.
    Barang banyak di tanyain. Eh stok kosong mulu

  24. Thanks gan saat bermanfaat informasinya, jika berminat dgn sistem bisnis dropshiping, bisa kunjungi blog saya.

  25. Ada Permintaan harus diimbangin juga dengan adanya suplier.
    bahaya… nanti jika permintaan melonjak tinggi tapi suplier kita kewalahan…?
    nama branding kita yang jatuh….

    salam

  26. bg pebisnis online, sistem dropship adalah salah satu cara yg sangat potensial untuk mendatangkan keuntungan tanpa biaya besar & tidak ribet. yg pasti, sblm menjual barang yg akan dijual, lebih baik membeli produk terlebih dahulu untuk memastikan kualitas dan pelayanan dr suplier/ dropshipper.
    yang tertarik dengan dropship busana muslim bisa kunjungi kiosbajumuslimah.com
    terima kasih

  27. Menarik sekali artikelnya…memang yang saya rasakan salah satu kelemahan dropship adalah respon dari produsen yang kadang terlambat merespon ketika misalnya kita tanya ongkirnya berapa, atau stoknya ready or not…tapi hal diatas tidak berlaku jika produsen sudah memiliki sistem ecommerce yang bagus seperti bisnis ABE yang sedang saya jalanin alhamdulillah 2 tahun jalan lancar jaya hehe…

  28. sisi-sisi kekurangan dropship akan menghambat proses transaksi. Jadinya ribet, apalagi jika toko online yang menyediakan dropship tidak memiliki sistem ecommerce atau susah dihubungi.

    Jadi sebelum menjalankan dropship teliti betul-betul kualitas sistem dropship, terutama masalah pelayanannya.

    • Betul banget mas, ga boleh asal milih suplier. Harus kita pastikan untuk memilih supplier yang memang punya reputasi dan tanggap pada dropshiper atau reseller mereka

  29. Jaman sekarang memang banyak peluang bisnis online ya gan,..

  30. Wah, kebetulan saya lagi pengen bisnis dropshipping. Sangat bermanfaat artikelnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here