13 Bisnis yang Laku Setiap Hari dan Bisa Dikerjakan Siapa Saja

Bisnis yang laku setiap hari

Memang ada ya bisnis yang laku setiap hari dan bisa untung terus? Pertanyaan ini pasti sedang terlintas dipikiran kamu saat ini.

Apa iya ada usaha yang bisa laku dan menguntungkan terus menerus? Jawaban dari pertanyaan kamu adalah “IYA”, memang ada usaha yang laku terus.

Lalu, bisnis apakah itu?

Bisnis yang laku setiap hari adalah bisnis yang menjual produk yang dibutuhkan orang setiap hari. Iya, itu saja sebenarnya jawabannya.

Namun, tentu saja ada jawaban spesifik untuk pertanyaan tersebut.

Bagi kamu yang saat ini sedang mencari ide bisnis yang laku setiap hari, tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa peluang bisnis yang akan dibahas di artikel ini.

Apa Produk yang Dibutuhkan Orang Setiap Hari?

Bicara tentang bisnis, maka akan berhubungan dengan produk yang dibutuhkan orang. Apa sih produk yang menjadi kebutuhan orang sehari-hari?

Jika dijabarkan secara lengkap, maka artikel ini akan panjang sekali. Saya hanya menyebutkan per kategori saja.

Beberapa produk yang menjadi kebutuhan penting bagi banyak orang, di antaranya:

  1. Produk makanan
  2. Produk kesehatan
  3. Pakaian dan aksesoris
  4. Produk yang berhubungan dengan hobi
  5. Peralatan makan dan masak
  6. Barang elektronik, khususnya Gadget

Jika ditanya produk apa yang paling laku, maka jawabannya adalah sama saja. Semua produk pasti laku kok kalau ada orang yang cari atau butuh.

Ditambah lagi, sekarang ini pemasaran via online sudah sangat mudah dilakukan. Jadi, apa pun jenis produknya bila ada target pasarnya pasti akan laku.

Rekomendasi Usaha yang Dibutuhkan Orang Setiap Hari

Berikut ini adalah rekomendasi beberapa jenis bisnis yang laris manis di Indonesia.

1. Usaha Makanan dan Minuman

bisnis makanan dan minuman

Fakta bahwa makanan adalah kebutuhan primer manusia menjadi alasan utama mengapa bisnis kuliner merupakan bisnis yang laku setiap hari dan menjanjikan sepanjang masa.

Ada banyak sekali jenis kuliner yang bisa dijual. Namun, tentu saja kamu juga harus bisa memilah dan memilih jenis usaha kuliner apa yang sesuai dengan kondisi kamu saat ini.

Sebelum memulainya, tanyakan dulu pada diri sendiri dan orang lain, apa jenis kuliner yang paling cocok untuk dijual di tempat mu. Apakah makanan utama atau makanan camilan, apakah membuka restoran atau gerobak/ warung tenda?

Ini penting, karena bisnis kuliner yang sukses itu bisnis kuliner yang menyediakan makanan yang dibutuhkan konsumen. Selain itu, faktor modal juga harus menjadi pertimbangan karena buka usaha di ruko pasti lebih mahal ketimbang buka usaha dengan gerobak/ warung tenda.

Pertimbangkan juga apakah membangun brand sendiri atau membeli bisnis waralaba saja.

2. Bisnis Kesehatan

usaha kesehatan

Setelah makanan dan minuman, hal yang dibutuhkan manusia adalah menjaga kesehatan. Apalagi di masa seperti sekarang ini, pandemi Corona membuat semua orang lebih perduli kesehatan.

Produk pada bisnis kesehatan ada banyak, mulai dari jasa konsultasi, hingga produk suplemen untuk menjaga kesehatan. Misalnya madu, vitamin, minuman jahe, dan lain sebagainya.

Brand Essenzo merupakan salah satu bisnis yang fokus pada bidang kesehatan, yaitu produk suplemen untuk menjaga kesehatan dan imunitas.

Jika kamu tertarik ingin menjalankan bisnis ini, silahkan bergabung menjadi Reseller produk Essenzo. Selain produknya terbukti berkualitas, reseller akan mendapatkan pelatihan bisnis online cara memasarkan produknya.

3. Bisnis Fashion

Fashion merupakan salah satu kebutuhan penting bagi manusia, khususnya masyarakat urban. Artinya, usaha di bidang fashion tidak akan pernah redup.

Globalisasi sangat mempengaruhi cara berpakaian masyarakat. Mulai dari fashion ala Korea, busana gamis, dan lain sebagainya ada di Indonesia.

Jadi, ada banyak pilihan ceruk yang bisa diselami oleh setiap orang. Jika belum memiliki produk atau brand fashion sendiri, Anda bisa memulai usaha ini dengan menjadi dropshiper atau reseller.

4. Bisnis Warung Sembako

Menjalankan usaha warung sembako sangat pas di lokasi yang masih agak jarang minimarket atau supermarket. Berjualan sembako bisa memberikan keuntungan dan sekaligus membantu orang yang membutuhkannya.

Biasanya pemilik warung sembako memanfaatkan rumah untuk dijadikan warung sehingga tidak perlu menyewa tempat usaha.

Beberapa kebutuhan pokok yang sering dibeli orang yaitu; beras, minyak, bumbu dapur, gula, dan lain-lain. Jika memungkinkan, kamu juga bisa menjual makanan dan minuman dingin dan jajanan agar menarik lebih banyak orang untuk berbelanja.

5. Bisnis Laundry Kiloan

Sebenarnya usaha laundry kiloan sudah cukup banyak di berbagai tempat. Tapi tidak semua tempat lho sudah ada usaha laundry.

Jika di lokasi tempat tinggal kamu belum ada jasa laundry, maka ini bisa jadi peluang bisnis yang menguntungkan.

Dibutuhkan modal awal yang cukup besar untuk memulai bisnis ini. Misalnya membeli mesin cuci, alat setrika, deterjen, pelembut, dan kebutuhan lainnya.

Selain itu, pertimbangkan juga apakah modal kamu cukup untuk menyewa tempat atau menjalankannya dari rumah.

6. Buka Usaha Warung Kopi

Warung kopi atau yang lebih kita kenal dengan istilah warkop bukan hal yang baru lagi di masyarakat Indonesia. Harga kopinya murah tanpa mengesampingkan kualitas rasanya, sangat diminati para peminum kopi semua kalangan.

Umumnya warkop beroperasi di pinggir jalan atau di area perkampungan yang cukup ramai. Konsep warkop ini sebenarnya sangat sederhana, bahkan bisa beroperasi di depan rumah kamu jika cukup strategis. Buka warung kopi modalnya tidak besar, dengan dana Rp500.000,- kamu sebenarnya sudah bisa buka warung kopi.

Usaha warung kopi biasanya dilengkapi dengan suguhan lainnya, misalnya pisang goreng, roti bakar, bubur kacang hijau, dan lain-lain. Jika kamu punya modal yang memadai dan lokasi yang cukup bagus, kenapa tidak mencoba bisnis yang laku setiap hari dan menguntungkan seperti warkop ini.

Keuntungan dari bisnis ini sangat menjanjikan lho. Jadi, jangan remehkan bisnis warung kopi.

7. Bisnis Dropship

Dropship

Beruntung bagi kamu yang memulai usaha di era digital seperti sekarang ini. Kesempatan untuk membuka usaha online sangat terbuka dan bisa dikerjakan siapapun.

Ada banyak sekali lho ide bisnis online, bahkan kalau disebutkan satu per satu maka kamu akan bingung sendiri.

Bagi kamu yang masih awam dengan bisnis internet, mungkin bisnis dropship terdengar aneh. Bisnis dropship adalah bisnis berjualan produk orang lain tanpa harus menyiapkan stok barang terlebih dahulu dan tidak perlu pusing mikirin proses pengirimannya ke konsumen.

Tugas utama pebisnis dropship adalah memasarkan barang yang dijual serta berkomunikasi dengan konsumen dan supplier. Kamu bisa mengambil keuntungan dari selisih harga karena biasanya harga dari supplier lebih murah.

Baca kisah salah seorang pebisnis Dropship yang sukses, namanya Aaron Blenda.

8. Menjadi Reseller Online

Banyak orang yang menganggap bisnis reseller dan dropship itu sama, tapi sebenarnya berbeda. Dengan menjadi reseller maka kamu harus membeli barang dalam jumlah tertentu untuk dijual lagi, dan kamu harus menyiapkan tempat untuk menyimpan stok barang tersebut.

Salah satu keuntungan menjadi reseller adalah kita bisa mengontrol jumlah barang yang akan dijual dan terhindar dari resiko kehabisan stok di supplier. Namun, tentu saja modal kamu juga harus lebih banyak karena membeli stok barang dari supplier.

Beberapa jenis produk yang laku setiap hari di internet melalui bisnis dropship dan reseller diantaranya:

  • Produk elektronik dan accesorisnya (smartphone, tab, komputer/ laptop, kamera digital, drone, dan lain-lain)
  • Produk fashion (gamis, hijab, pakaian kerja, pakaian anak, dan lain-lain)
  • Produk kecantikan (make up, pemutih kulit, obat jerawat, perawatan rambut, dan lain-lain)
  • Produk herbal (herbal kesehatan, kecantikan, dan vitalitas)

Baca juga: 8 Barang Jualan Online Terlaris di Indonesia

9. Menjual Jasa dan Keahlian

Jika kamu punya keahlian di bidang tertentu dan ingin menjualnya secara online, maka kamu berada di era yang tepat. Sekarang ini kamu berada di era internet of things, di mana berbagai hal bisa dilakukan secara online, termasuk menjual jasa dan keahlian kamu.

Sebenarnya ini bukan hal yang baru, tapi mungkin saja kamu masih belum menyadarinya. Coba perhatikan, sekarang ini ada banyak orang yang menjual jasa dan keahliannya secara online. Bahkan kita bisa menjual keahlian tersebut ke orang lain di luar negeri tanpa harus ke luar negeri, CADAS.

Beberapa jenis keahlian yang bisa ‘bermetamorfosa’ menjadi bisnis yang laris setiap hari di antaranya:

  • Keahlian di bidang pembuatan website (web developer)
  • Keahlian di bidang pembuatan aplikasi (developer iOS/ Android)
  • Keahlian di bidang desain grafis (desain grafis)
  • Keahlian di bidang pemasaran online (SEO, Google Adwords, FB Marketing, dan lain-lain)
  • Keahlian menulis artikel (content writer)
  • Jasa titip beli atau Jastip
  • Jasa cuci kendaraan
  • Dan lain-lain

Lihat juga berbagai ide usaha jasa yang bisa dijadikan ladang bisnis yang menguntungkan.

10. Menjadi YouTuber

Lho, apakah menjadi YouTuber termasuk bisnis yang laku setiap hari? Lantas, menjadi YouTuber apa sih yang dijual? Mungkin kamu menganggap berjualan itu hanya yang berhubungan dengan pertukaran barang dan uang, tidak selalu seperti itu kawan.

Dengan menjadi YouTuber sebenarnya kamu juga menjual sesuatu lho, yaitu menjual konten video milik kamu agar ditonton secara gratis oleh orang lain.

Lha, menjual kog gratis? Memang iya, penonton video kamu ngga perlu bayar, tapi mereka akan melihat/ klik iklan di video tersebut dan dari iklan tersebutlah YouTuber akan mendapatkan pundi-pundi uang.

Menjadi YouTuber sudah menjadi salah satu model bisnis yang menjanjikan sekarang ini, apalagi pengguna YouTube sangat banyak dan meningkat terus. Jadi, kalau kamu hobi membuat video unik dan keren mendingan jadi YouTuber deh, bisa nyalurin hobi sekaligus dapat uang.

Pembahasan lebih lengkap bisa kamu baca di artikel cara menghasilkan uang dari YouTube.

11. Menjadi Blogger Profesional

Sama halnya seperti YouTuber, seorang blogger menjual artikel atau tulisan bermanfaat agar dibaca orang lain secara gratis. Penghasilan seorang blogger itu berasal dari iklan yang tayang di blog mereka. Semakin banyak pengunjung sebuah blog, maka potensi keuntungan dari kegiatan blogging akan semakin besar.

Menjadi blogger profesional masuk dalam kategori bisnis yang laku setiap hari karena pengguna internet terus meningkat setiap tahunnya. Pengguna internet tersebut mencari berbagai informasi via Google sebagai sumber rujukan solusi terhadap permasalahan mereka.

Dan ketika blog kamu memberikan informasi yang bermanfaat kepada orang lain di internet, maka pengunjung blog mu akan terus bertambah, begitu juga dengan penghasilan mu.

Menjadi seorang blogger itu tidak mudah, apalagi jika kamu seorang pemula dan baru memulainya. Namun, semua hal besar berawal dari hal kecil.

Walaupun saat ini kamu belum menjadi blogger profesional, dengan terus mengasah kemampuan dan terus belajar maka suatu saat kamu akan jadi blogger yang dikenal banyak orang, dan punya pengasilan dari kegiatan blogging tentunya.

Penghasilan blogger biasanya berasal dari:

  • Iklan PPC (Google Adsense, Adnow, dan lain-lain)
  • Iklan mandiri (iklan dari advertiser yang menghubungi blogger langsung)
  • Menjual produk sendiri melalui blog (ebook, software, theme blog, dan lain-lain)
  • Menjual produk affiliasi melalui blog
  • Menulis artikel ulasan berbayar untuk sebuah perusahaan
  • Dan lain-lain

Baca juga: Cara Menghasilkan Uang dari Blog

12. Berjualan Kue dan Roti

Percaya tidak kalau bisnis jualan kue dan roti adalah bisnis yang laku setiap hari dan akan selalu bertahan sepanjang masa? Pasti percaya ya, apalagi di Indonesia yang masyarakatnya suka ngemil.

Walaupun ada banyak sekali pengusaha kue dan roti di Indonesia, mereka semua selalu punya pembeli dan pelanggan setia.

Bila kamu kekurangan modal, maka bisa menjual kue dan roti dengan cara yang sedikit berbeda, misalnya dengan cara pending order atau melayani pesanan saja. Dengan kata lain, pesanan dibuat jika konsumen telah membayar terlebih dahulu, ini opsi saja.

Kunci keberhasilan dalam menjalankan bisnis kue dan roti adalah pada keunikannya. Selain mencari rasa yang enak, konsumen pasti mencari sesuatu yang berbeda.

Salah satu contoh bisnis kue dan roti yang unik adalah roti buaya, walaupun mungkin roti lain lebih enak rasanya namun bentuk roti tersebut membuat orang ingin membelinya.

13. Bisnis Barbershop

Usaha yang dibutuhkan orang setiap hari berikutnya adalah bisnis barbershop. Pertumbuhan bisnis yang satu ini cukup terlihat mencolok di beberapa kota besar di Indonesia, misalnya di Jakarta.

Kelebihan dari bisnis barbershop ini adalah target konsumennya yang menyasar pria metroseksual di perkotaan. Bila dulu pria harus ke salon untuk memotong rambut, maka sekarang mereka bisa memotong rambut di barbershop dengan harga yang sangat terjangkau.

Bisnis ini sudah dijalankan dengan cara yang sangat profesional di Indonesia. Bahkan untuk menjadi seorang hair stylist harus belajar dan punya sertifikat dulu. Salah satu sekolah untuk barber dan hair stylist adalah Blackbox Barber Academy.

Selain barbershop, bisnis sejenis yang bisa kamu pertimbangkan adalah bisnis salon anak. Bisnis ini sangat cocok buat kamu yang punya modal yang cukup besar dan ingin punya usaha yang menjanjikan dan jangka panjang.

Referensi lainnya bisa kamu baca di artikel peluang usaha yang menjanjikan dengan modal kecil.

Kesimpulan

Dari penjelasan ringkas di atas tentunya sekarang kamu punya gambaran mau menjalankan bisnis apa. Pilih satu atau dua yang paling sesuai dengan kemampuan dan minat kamu.

Perlu dipahami juga bahwa bisnis yang laku setiap hari bukanlah bisnis cepat kaya, karena pada dasarnya semua jenis bisnis butuh proses.

Jalani saja bisnis mu dengan semangat, dan jangan mudah menyerah. Selamat mencoba.

Rio Brian

Rio Brian adalah content writer, editor, dan sekaligus co-admin di Maxmanroe.com. Memiliki minat besar pada bisnis online, social media, dan blogging.

49 pemikiran pada “13 Bisnis yang Laku Setiap Hari dan Bisa Dikerjakan Siapa Saja”

    • Kirim aja mas, nanti masalah layak dipublish atau tidak tergantung penilaian mas Marikxon

      Balas
  1. Barang kali ada yang membutuhkan wedang jamu herbal utk asam urat,kolesterol dan diabetes
    Semoga bermanfaat dan sukses semua yg disini

    Balas
  2. Dari dulu keahlianku cuma jadi blogger, dikit2 bisa buat web, penghasilan dari blogger kalah dari buat web. Mau usaha makanan takut gak laku wkwkwkwk

    Balas
  3. Bisnis Online Menjadi Blogger Profesional, kak. Kalau bisnis blogger itu arahnya udah bisnis online nomor 3, yakni Menjual Jasa dan Keahlian.

    Balas
  4. Insight yang menarik. Saat ini saya menjalankan bisnis online nomor 5, yakni Menjadi Blogger. Ingin merambah nomor 4 dan nomor 3. Terinspirasi dari situs ini Maxmanroa.com.

    Balas
  5. Betul, memang ada banyak cara untuk membuat usaha, tinggal pinter-pinternya kita memilih jenis bisnis yang akan kita tekuni dan membuat strategi bisnis atau strategi pemasaran yang pas.

    Salah satu strategi dasar yang tidak boleh ditinggalkan adalah memilih segment dan target pasar yang pas.

    Sebagai contoh ada penjual makanan (warung) yang buka mulai pukul 22.00 dan baru tutup menjelang dinihari.

    Warung ini sengaja buka malam, karena ternyata banyak juga konsumen yang mencari makanan dan minuman hangat di malam hari.

    Warung ini cukup laris.

    Itulah adalah salah satu bentu strategi segmentasi yang cerdik, sederhana tetapi powerful.

    Thanks to Maxmanroe.com

    Salam Sukses Sehat dan Bahagia

    Balas
  6. Dari uraian di atas sya tertarik sekali karena sya merupakan salah satu pebisnis online dan sekaligus menggabungkannya dengan bisnis ofline di bidang jasa design dan PERCETAKAN, meskipun penulis tidak menjelaskan dan mengulasnya, maka menurut sya ada baiknya penulis juga menuliskan tentang keuntungan penggabungan kedua bisnis baik secara online dan juga secara offline….mungkin bagi agan ini ulasannya sangat menarik sekali mengingat bahasa agan sungguh menyenangkan membacanya…….

    Balas
  7. Kalau untuk saya menjadi blogger, meskipun masih berusaha untuk jadi profesional hehehe.
    Sungguh menjadi ibu rumah tangga itu sebenarnya nyaris nggak bisa lagi melakukan hal lain.
    kecuali memang punya modal dan bisa hire ART atau menggunakan bantuan alat atau mengandalkan beli.

    Tapi, saua nggak bakal menyerah, mulai membangun blog sejak sekarang, agar nanti saat anak-anak lebih mandiri, saya hanya tinggal meneruskannya saja :)

    Balas
  8. bisnis makanan dan minuman sepertinya sangat menjanjikan, karena setiap hari pasti ada saja yang beli, tergantung juga dengan makanan atau minuman apa yang akan kita sajikan ke konsumen

    Balas
  9. Bisnis kuliner memang PAS (Paling asik) karena menjadi kebutuhan primer setiap orang seperti bung max tulis diatas, selain keuntungan yang dijanjikan juga sebagai ladang kita menyalurkan Bakat terpendam seperti Berjualan Bakso. Bisnis satu ini paling banyak kita temui disekitar kita selain harganya terjangkau juga pas disantap diwaktu hujan.

    Balas
  10. Saat ini jadi youtuber sedang jadi primadona. ya walaupun hampir sama saja dg blogger tapi menurut saya lebih sedikit mudah menghasilkan jika dari youtube, karena saat ini orang orang lebih senang menonton daripada membaca.

    Balas
  11. Kalau menurutku bisnis makananlah yang terbilang cukup menjanjikan. Pun demikian, usaha awal tetap harus rekasa…

    Balas
    • Mungkin bisa coba untuk berjualan makanan seperti kue,bisa dijual online dan offline. Atau bisa juga dengan menjadi agen pembayaran tagihan, kan sekarang banyak aplikasi yang tersedia tinggal download di playstore.

      Dan biasanya pada aplikasi tersebut gak cuma buat pembayaran, tapi ada jual pulsa, token listrik, dan lain lain.

      Balas
  12. Jualan filing cabinet juga lumayan gan. bayangin aja yang namanya bisnis makin berkembang artinya makin banyak transaksi yang tercatat dimana akan butuh lebuh banyak wadah untuk menampung dokumen fisik.

    Balas
  13. Dulu sempat jualan dengan sistem Dropship, memang menguntungkan, gak perlu stok barang, tapi yaa deg2an gak kuat karena yg kirim pihak pertama, kalau ada apa-apa komplennya jadi ruwet

    Balas
  14. untuk blogger masih baru saya jalani.
    saya lebih suka jual jasa.

    terima kasih infonya.

    Balas
  15. Makasih banyak ya maxmanroe memang benar sih yang terpenting giat dulu dalam berusaha. So I;m enjoyed with that. Usaha online itu emang manteb dah. Thanks ya

    Balas
  16. Sebenarnya, beberapa bisnis tersebut bisa dikerjakan sekaligus. Misalnya memadukan jualan online dengan sekaligus menjadi Blogger Profesional. Dan dipadukan dengan Video produk yang diupload di YouTube. Pasti hasilnya sangat memuaskan.

    Balas
  17. Memang ada banyak peluang yang bisa kita manfaatkan, baik online maupun offline, seperti yang diuraikan dalam artikel diatas.
    Secara pribadi saya sedang mengembangkan blog dan menjual keahlian saya dibidang distribusi dan pemasaran.

    Artikel yang menarik, Thanks

    Balas
  18. Mas minta tips dong bisnis apa yang cocok untuk anak kosan seperti saya tapi yang modalnya tidak terlalu besar selain jual pulsa.
    kalo saya sekarang usahanya jualan pulsa, lumayan juga buat nambah uang jajan. asal jangan pada ngutang aja. Jika ada ide lain mohon tips nya mas.

    Balas
  19. Wah, menarik sekali petunjuknya. Layak dan perlu dicoba. Tanpa mencoba, kita tidak tahu potensi dan kemampuan kita. Kesempatan terbuka luas. Tinggal kemauan dan kemampuan kita. Terima kasih ulasannya.

    Balas
  20. berbisnis bila laku terus asyik ya tapi jangan lupa jaga kesehatan jangan sampai keluarga was-was ya..

    Balas
  21. Kalo untuk sekedar laku apapun juga bisa d jual, namun apakah bisa dijadikan sebagai pegangan keuangan keluarga?. Rasanya belum tntu karena terkadang terkendala dengan seberapa banyak permintaan. Kalo sy lbh memilih terjun ke dropship marketplace. Bisa kombinasi jualan produk laku tiap hari/mingguan/bulanan atau tahunan. Untuk mengatasi permasalahan banyak / tdk permintaan pake riset pasar. Yg penting cari supplirr terpercaya. Btw artikelnya mnjd pencerahan.

    Balas
    • Nice gan !! Mantap tuh. Ngomong dropsip ? Dropsip di situs mana ?

      Balas
      • dropship marketplace gan paling gurih, bisa bukalapak, tokopedia atw lainnya..cari dwe produk yg lagi laku lumayan bs jd usaha sampingan maupun bisnis pokok. Kalo urusan hukum dropship dari sudut pandang islam juga boleh yg penting ada izin dr supplier.

        Balas
  22. saat ini “mencoba” menjadi blogger profesional sama jual jasa dan keterampilan mas…online ok, offline juga jalan hehe…makasih infonya

    Balas
  23. Salam mas, sy sudah kirim artikel via email untuk diterbitkan di Maxmanroe, tapi belum dibalas, kira-kira kapan ya jadi diterbitkan?

    Balas
      • Pak Marikxon. Misalnya saya kirim artikel, apakah artikel tersebut harus baru, atau bisa dari artikel yang sudah ada di website saya.

        Terima kasih pak.

        Balas

Tinggalkan Balasan

) -->