Peluang Bisnis Salon Anak yang Menjanjikan dan Analisis Bisnisnya

Peluang Bisnis Salon Anak yang Menjanjikan dan Analisis Bisnisnya

Peluang Usaha Salon Anak
Image via pamperedkidz.in

Peluang usaha salon anak semakin terbuka di kota-kota besar dan semakin marak kita temukan belakangan ini. Pasalnya, orang tua jaman sekarang lebih memilih menggunakan jasa salon anak untuk memangkas rambut anak mereka ketimbang melakukannya sendiri.

Bagi Anda yang punya keahlian dalam memotong rambut dan bisa menangani anak kecil dengan baik, maka usaha salon anak bisa menjadi peluang yang bisa Anda manfaatkan. Peluang usaha yang satu ini sangat menjanjikan sekaligus menjadi tantangan dan pengalaman baru yang cukup unik bagi Anda.

Kebanyakan anak kecil tidak suka potong rambut dan selalu berontak atau menangis ketika rambutnya akan dipangkas. Ini adalah tantangan unik yang harus dihadapi oleh mereka yang menjalankan usaha salon anak.

Usaha Salon Anak, Berawal dari Kebutuhan Orang Tua

Bisnis jasa perawatan tubuh tidak hanya dibutuhkan oleh orang dewasa, anak kecil pun butuh perawatan tubuh. Rambut anak adalah bagian tubuh yang harus dirawat dengan baik, salah satu caranya yaitu dengan memangkasnya secara rutin.

Namun, banyak orang tua yang merasa kesulitan untuk memangkas rambut anaknya. Selain karena tidak punya keahlian dalam memotong rambut, tangisan anak yang tidak mau dipangkas rambutnya menjadi alasan mengapa banyak orang tua lebih memilih jasa salon anak.

Untuk menyiasati agar anak tidak meronta dan menangis, pengusaha salon anak membuat tampilan salon mereka sedemikian rupa agar menarik bagi anak-anak dan membuat si anak merasa nyaman.

Ruangan yang berwarna-warni, desain kursi berbentuk mobil-mobilan, karakter kartun, bahkan ada yang menyediakan video game, semua ini adalah cara untuk  membuat anak merasa lebih nyaman dan lebih tenang ketika kapster memotong rambut si anak.

Artikel lain: Peluang Usaha Mainan Anak Edukatif yang Menguntungkan

Potensi Usaha Salon Anak Saat Ini

Membangun brand usaha salon anak mungkin prosesnya akan lebih lama, dan tentu tidak mudah bila belum punya pengalaman di bisnis ini. Sedangkan membeli waralaba bisnis salon anak ini juga punya resiko sendiri. Apapun pilihan cara Anda memulainya, peluang usaha salon anak ini layak dipertimbangkan karena sangat menjanjikan.

Target market bisnis salon anak ini biasanya adalah anak-anak dari keluarga menengah ke atas. Tarif potong rambut anak di salon tentunya lebih mahal sehingga para pelaku bisnis ini berpeluang untuk mendapatkan keuntungan lebih besar, tentu saja ini harus disertai dengan kualitas layanan yang memuaskan.

Menurut beberapa sumber, tarif potong rambut di salon anak ini berkisar antara Rp50ribu – Rp 200ribu, tergantung perawatan yang diminat konsumen. Dan bila konsumen meminta layanan tambahan, misalnya mencuci rambut atau mandi di salon, maka biayanya akan bertambah. Lumayan mahal ya, tapi banyak orang tua yang berminat lho!

Selain memiliki keahlian dalam memotong rambut dan pengetahuan mengenai trend gaya rambut, seorang kapster di salon anak juga harus memiliki keterampilan khusus dalam menghadapi anak-anak. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kebanyakan anak-anak akan bereaksi menolak ketika akan dipangkas rambutnya, bahkan ada anak yang menangis histeris.

Baca juga: Bisnis Antar Jemput Anak Sekolah dan Analisis Usahanya

Analisis Investasi Usaha Salon Anak

Modal awal untuk memulai usaha salon anak ini tentunya cukup besar, apalagi bila Anda belum memiliki peralatan dan perlengkapan. Namun, bila Anda tidak ingin terlalu repot untuk mempersiapkan semuanya sendiri. Sangat disarankan untuk membeli waralaba dari bisnis salon anak yang sudah berjalan.

Saat ini ada beberapa bisnis salon anak yang menawarkan waralaba bagi mereka yang ingin menjalankan usaha salon untuk anak, salah satunya adalah KiddyCuts. Kisaran harga franchise ini bisa mencapai Rp100juta – Rp300juta, tergantung paket yang diinginkan.

Biaya paket waralaba ini sudah termasuk untuk penggunaan nama merek, konsultasi untuk saran pemilihan lokasi usaha, mendesain ruangan salon, pelatihan teknis, dan marketing support.

Dengan tarif potong rambut seperti yang disebutkan di atas, usaha salon anak ini bisa meraup omset Rp30juta – Rp60 juta per bulan. Angka ini sangat masuk akal mengingat jumlah konsumen yang membutuhkan jasa salon anak ini cukup banyak saat ini.

Baca juga: Lanang Barbershop: Waralaba Potong Rambut Pria Layanan Istimewa

PENUTUP

Menjalankan peluang usaha salon anak ini sebenarnya tidak sulit. Ada dua cara yang bisa Anda pilih, yaitu memulai sendiri atau membeli waralaba. Bila Anda punya pengalaman, tentunya lebih baik jika membangun brand sendiri usaha salon anak.

Namun, jika Anda tidak punya pengalaman di bidang ini, sangat disarankan untuk memilih jalur waralaba. Alasannya, karena proses memulai dan menjalankannya akan lebih mudah.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan