Jangan Remehkan Bisnis Warung Kopi, Dengan Nuansa Berbeda Warkop Bisa Jadi Bisnis...

Jangan Remehkan Bisnis Warung Kopi, Dengan Nuansa Berbeda Warkop Bisa Jadi Bisnis Luar Biasa

bisnis warung kopi
Image dari Lehighvalleylive.com

Warkop adalah singkatan dari warung kopi biasanya menyediakan mie rebus, gorengan, berbagai macam minuman baik yang panas maupun yang dingin. Warkop saja yang sederhana dapat menghasilkan keuntungan yang cukup besar meskipun banyakan orang memandang sebelah mata mengenai bisnis tersebut.

Dari beberapa pengakuan pemilik warkop yang penulis wawancarai, mereka meraup keuntungan hingga puluhan juta setiap bulannya. Dari data tersebut, bisnis warkop dapat dijadikan bisnis yang sangat menjanjikan dengan melakukan beberapa inovasi didalamnya.

Ubah Menu Emperan Jadi Kelas Restoran

Apapun menu makanannya akan terasa istimewa bila disajikan dengan beberapa tambahan bumbu yang telah tersedia. Misalkan saja mie rebus yang dijual diwarkop akan menjadi incaran customer bila Anda meraciknya dengan campuran irisan keju di atasnya atau dengan campuran saus yang Anda racik sendiri.

Ini akan menjadi hal yang baru dalam bisnis warung kopi, selain menambah rasa penasaran customer ini juga dapat menghindari rasa bosan pada menu mie rebus yang monoton. Selain menu andalah dari warung kopi tersebut, masih banyak lagi menu pendamping lainnya yang dapat Anda rubah sehingga warkop Anda menjadi seperti restoran kelas atas.

Artikel lain: 3 Ide Bisnis yang Tidak Akan Ada Matinya

Tempat yang Nyaman Merupakan Senjata Utama

Ketika seorang customer ingin mengunjungi tempat makan, ada beberapa yang dia perhatikan sebelum membeli makanan. Yang pertama dalam prioritas mereka adalah enak tidak enaknnya suatu makanan. Customer akan mencari makanan yang paling enak diantar penjual sajikan. Selanjutnya adalah tempat yang disediakan nyaman sebagai tempat untuk menyantap hidangannya.

Kegiatan makan biasanya dilakukan bersamaan dengan waktu istirahat, dengan begitu tempat yang nyaman merupakan tempat yang cocok untuk istirahat di tengah-tengah kesibukan kerja. Dengan memberikan kenyamanan berupa tempat makan, membuat customer merasa dimanjakan dan sangat berpeluang customer menjadi pembeli yang setia di warung kopi milik Anda.

Daya Tarik WiFi dan Musik Bagi Kalangan Anak Muda

Warkop yang Anda rubah seperti suasana di sebuah kafe akan menarik minta pengunjung dari kalangan anak muda seperti para pelajar dan mahasiswa. Karena mereka akan mengunjungi warung kopi Anda sebagai tempat yang cocok untuk mengerjakan tugas sekolah atau kampus, mengerjakan skripsi, atau hanya sekedar berkumpul-kumpul dengan teman-temannya.

Tak hanya itu saja, dengan tersedianya layanan WiFi ini, akan mengundang customer dari kalangan para pekerja profesional seperti penulis, programmer, designer dan para pekerja lainnya yang berhubungan dengan koneksi #internet. Maka, tampaklah warkop yang Anda bangun bukan seperti warung kopi biasa melainkan seperti campuran antara restoran kelas atas dan sebuah kafe yang sangat berpeluang untuk banyak dikunjungi oleh para customer.

Terkadang bisnis yang bagus tidak saja hanya dari bisnis yang belum ada lalu diciptakan. Tapi seperti seorang seniman, bisnis yang bagus adalah bisnis yang dilakukan dengan beberapa improvisasi di dalammnya seperti warkop yang saya jelaskan ini. Anda pun dapat melakukan improvisasi ini dalam jenis bisnis lainnya.

Baca juga: Ingin Memulai Bisnis yang Unik? 5 Ide Bisnis ini Bisa Jadi Pilihan

Pendapat ini saya ambil berdasarkan negara Jepang yang terkenal dengan melakukan inovasi dalam dunia otomotif. Meskipun teknologi otomotif bukan berasal dari negara Jepang, namun saat ini banyak teknologi otomotif yang terkenal banyak berasal dari buatan negara Jepang.

Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Customer

Apapun jenis bisnis yang Anda miliki saat ini, akan bertahan lama jika didukung oleh pelayanan terbaik yang diberikan kepada customer. Berapa cara di atas termasuk ke dalam bentuk pelayanan, namun jangan Anda lupakan juga bahwa pelayanan berupa keramahan para pegawai Anda sangat berpengaruh dengan customer yang akan datang.

Jadikan suasana di lingkungan warkop Anda seperti memiliki ikatan saudara, sehingga customer merasakan kedekatan secara batin. Jika sudah begini, customer akan menjadikan warung kopi Anda menjadi rekomendasi bagi mereka sebagai tempat makanan yang terbaik.

Hal lainnya yang tidak boleh terlewatkan dalam bisnis kuliner adalah kebersihan tempat. Kebersihan dari warung kopi Anda menjadi citra bagi bisnis Anda. Bila kebersihannya sangat buruk, maka buruk pulalah bisnis Anda. Maka dari itu, jagalah kebersihan untuk menjaga citra baik bagi bisnis Anda.

2 KOMENTAR

  1. Sekarang musimnya semua orang butuh wifi jadi jualan kopi tanpa wifi kaya ada yg kurang aja

  2. bagi trik n tips nya gan baru buka usaha warkop nih.gimana ngatur ruangan 3x3m biar konsumen merasa nyaman.

Tinggalkan Balasan