Peluang Usaha Warung Sembako, Bagaimana Prospeknya Saat Ini?

Toko sembako

Warung via travenesia.com

Usaha toko sembako adalah salah satu peluang usaha yang menjanjikan dan cukup banyak dijalankan pengusaha kecil saat ini. Sembako seperti beras, minyak, gula, dan bahan makanan lainnya merupakan kebutuhan penting bagi manusia. Semua orang pasti membutuhkannya, itulah sebabnya mengapa peluang usaha warung sembako masih cukup menjanjikan saat ini.

Namun, beberapa orang agak pesimis dengan peluang usaha toko sembako karena harus bersaing dengan pemain besar seperti mini market dan pusat perbelanjaan yang semakin banyak. Maraknya mini market yang menjual produk yang sejenis memang merupakan tantangan tersendiri, namun tentu saja selalu ada celah yang bisa kita manfaatkan.

Peluang usaha warung sembako tidak mengenal musim sama sekali dan akan selalu dicari oleh semua orang. Tak perlu membuka toko sembako yang besar, anda bisa memulainya dari toko kecil. Nanti sambil berjalan, Anda bisa membuat bisnis sembako menjadi semakin besar.



Sebelum memulai usaha awrung sembako, lebih baik ketahui semua hal tentang bisnis ini. Berikut ulasannya,

Kelebihan dan Kekurangan Usaha Toko Sembako

Sebelum memulai bisnis warung sembako, mungkin Anda harus tahu kelebihan dan kekuranganya terlebih dahulu sehingga bisa dijadikan pertimbangan sebelum benar-benar menjalankannya.

A. Kelebihan Usaha Warung Sembako

#1. Dibutuhkan Banyak Orang

Kelebihan dari usaha ini sangat banyak sekali karena rata-rata orang membutuh sembako setiap hari, jadi target pasarnya akan cukup luas. Warung sembako seringkali menjadi tempat favorit berbagai kalangan untuk mencari bahan makanan untuk diolah, tidak hanya kelas menengah ke bawah saja tapi masyarakat kelas menengah atas pun membutuhkanya.

Jadi kita tak perlu bingung mencari konsumen, asalkan pintar memilih lokasi dan bisa bersaing dengan warung sembako lainnya maka toko sembako bisa berjalan dengan baik.

#2. Warung Sembako Selalu Dicari

Selain itu, bisnis ini tidak mengenal musim sama sekali. Mau lebaran, hari biasa, hari natal, dan lainnya semua orang pasti butuh sembako. Selain itu tidak butuh proses pengolahan, karena semua bentuk barang sudah jadi.

#3. Bisa Dikerjakan dari Rumah

Usaha toko sembako ini bisa dikerjakan di rumah, tentunya jika lokasi rumah Anda cukup strategis. Jadi cocok untuk ibu rumah tangga yang ingin memperoleh tambahan penghasilan di rumah. Bisa dikerjakan sambil menyelesaikan pekerjaan rumah lainnya.

Jika Anda memiliki modal yang lebih besar, bisa membuka bisnis yang lebih besar atau menjadi distributor. Jadi warung sembako kecil mengambil barang di tempat anda. tidak menjual sembako ecer tapi grosiran dalam jumlah besar.

#4. Mudah Dijangkau

Seringkali orang malas keluar rumah terlalu jauh ke pusat perbelanjaan, dan lebih memilih untuk membeli kebutuhan mereka di toko sembako terdekat. Nah, jika warung sembako Anda berada di dekat pemukiman maka kemungkinan besar akan mendapat banyak pelanggan.

#5. Suasana Kekeluargaan dengan Pembeli

Biasanya konsumen yang sering berbelanja akan mudah dikenal sehingga suasana kekeluargaan antara Anda dan konsumen akan terbentuk. Namun, tentu saja kita harus membatasi keakraban tersebut karena pada dasarnya pada saat Anda berbisnis tetap harus memperlakukan konsumen layaknya raja.

Artikel terkait: Peluang Usaha Rumahan dengan Modal Kecil

B. Kekurangan Usaha Warung Sembako

Selain memiliki kelebihan, tentunya bisnis ini juga memiliki kekurangan. Walaupun kekurangannya tidak banyak, bahkan tidak akan jadi penghalang untuk membuka bisnis ini, namun tetap perlu diwaspadai.

#1. Harga Sembako yang Naik Turun

Kekurangan yang paling sering terjadi adalah harga sembako yang naik turun. Anda harus bisa mengetahui keadaan pasar. Minyak, beras, telur dan lainnya pasti memiliki harga yang berubah-rubah.

Terkadang kita harus membeli barang ketika harga sedang naik, tapi beberapa hari kemudian langsung turun. Ini membuat anda mengalami kerugian. Tapi hal ini juga masih bisa disiasati dengan berbagai strategi.

#2. Bersaing dengan Toko Sembako Lain

Di dunia bisnis pasti terjadi persaingan, dan bisnis yang tidak ada persaingan kemungkinan besar kurang menguntungkan. Walaupun persaingan usaha warung sembako cukup ketat, pada dasarnya masih bisa menguntungkan bila dikelola dengan baik.

Begitu juga dengan maraknya mini market, tentunya ini tantangan lain yang cukup berat. Namun, perlu kita ketahui bahwa mini market tidak menjual semua produk sembako. Jadi, kita masih bisa memanfaatkan celah tersebut.

Tips Sukses  Membuka Usaha Toko Sembako

Memulai sebuah bisnis bisa saja mudah, tapi mengembangkan menjadi besar itulah yang sulit. Begitu pula dengan usaha warung sembako. Anda harus melakukan strategi yang tepat, supaya semakin besar dan keuntungan didapatkan semakin banyak. Berikut ini tips sukses membuka warung sembako yang bisa anda lakukan.

1. Sediakan Produk yang Lengkap

Sediakan sembako yang lengkap pada warung anda. Untuk setiap stok sembakonya tak perlu banyak, asalkan lengkap. Semua produk yang paling banyak dicari dan dibutuhkan harus ada. Daripada Anda membeli banyak stok dengan varian yang sedikit.

Lebih baik memulai dengan varian yang banyak tapi stok sedikit. Anda juga bisa bertanya dengan tetangga sekitar, barang apa yang mereka butuhkan. Jadi ketika membutuhkan barang tersebut, mereka akan langsung ke warung Anda.

2. Lokasi Toko Sembako yang Strategis

Untuk meningkatkan penjualan, buatlah warung di lokasi yang strategis. Jika membuka di rumah, buatlah warung yang mudah dilihat oleh tetangga anda. Akan lebih baik jika rumah anda di pinggir jalan raya, ini bisa menjadi point plus.

Jadi yang membeli produk Anda bukan hanya tetangga saja, tetapi juga orang yang lewat depan rumah. Jika modal besar, bisa membuka warung di pasar.

3. Memperhatikan Warung Sembako Kompetitor

Orang yang membuka usaha warung sembako, tidak hanya satu atau dua orang saja, tapi banyak. terkadang di satu desa saja, ada warung lebih dari tiga.

Jadi untuk menarik perhatian konsumen, Anda harus bisa melihat kompetitor. Seperti apa harga yang mereka berikan, pelayanan, barang yang dijual dan lainnya. Untuk harga akan lebih baik sama. Kalau pun berbeda, jangan terlalu jauh karena Anda bisa rugi dan persainganya tidak sehat.

4. Memberikan Pelayanan yang Baik

Dengan memberikan pelayanan yang baik, pelanggan pasti akan suka membeli sembako di tempat anda. Berikan pelayanan yang ramah. Jangan cuek atau judes. Penataan warung juga harus anda perhatikan.

Buat penataan warung yang rapi dan bersih. Sehingga pembeli akan semakin nyaman untuk belanja di tempat anda. jika warung anda cukup luas, bisa membuat penataan ruangan yang bisa melayani sendiri. Tak perlu sebesar minimarket, cukup warung yang sederhana tapi nyaman.

5. Penentuan Harga Sembako

Harga jual sembako yang kita tawarkan seringkali berpengaruh pada penjualan. Harga yang terlalu mahal tentu akan membuat konsumen keberatan, sedangkan harga terlalu murah akan membuat kita rugi.

Sesuaikan harga barang di toko sembako Anda dengan harga terupdate dan pastikan Anda mendapatkan untung dari setiap penjualan. Anda harus mengikuti perkembangan harga sembako terupdate agar tidak menjual dengan harga yang salah.

6. Maksimalkan Pemasaran Toko Sembako Anda

Semua usaha pasti butuh pemasaran, termasuk warung sembako Anda. Tidak perduli apakah lokasi Anda selalu ramai dilewati orang, tetap harus melakukan pemasaran yang baik.

Anda perlu memasang spanduk yang menjelaskan tentang toko sembako Anda, misalnya nama toko, produk yang dijual, nomor telepon, dan logo bila perlu. Ketika seseorang melihatnya maka kemungkinan besar ia akan membicarakan warung sembako Anda pada orang lain, ini sering disebut dengan promosi dari mulut ke mulut.

7. Menyiapkan Perlatan Usaha

Untuk menjalankan usaha warung sembako, Anda membutuhkan beberapa peralatan sederhana. Peralatan tersebut antara lain; buku, alat tulis, kalkulator, box untuk menyimpan uang, dan perlengkapan lainnya.

Bila usaha toko sembako Anda semakin besar, ada baiknya juga menyiapkan mesin kasir untuk membantu Anda menyimpan uang dan juga menghitung pembayaran dan kembalian kepada konsumen.

Baca juga: Sistem Bagi Hasil untuk Usaha Kecil Agar Bisa Raup Keuntungan Maksimal

Dengan melakukan beberapa tips diatas, usaha warung sembako Anda bisa sukses. Jangan pernah menyerah, mungkin di awal keuntungan yang anda dapatkan hanya sedikit. Tapi jika rutin dan dikembangkan terus menerus akan semakin besar.

Jangan lupa untuk selalu melakukan pembukuan setiap harinya. Pisahkan uang pribadi dan uang hasil penjualan di toko sembako Anda. Dan yang paling penting, jangan pernah dihutangkan karena modal Anda tidak akan berputar. Selamat mencoba!





Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud