Beranda Umum Pengertian Sekolah: Arti, Fungsi, Unsur-Unsur, dan Jenjangnya

Pengertian Sekolah: Arti, Fungsi, Unsur-Unsur, dan Jenjangnya

Pengertian Sekolah

Pengertian Sekolah Adalah

Apa yang dimaksud dengan sekolah? Pengertian sekolah adalah lembaga pendidikan yang sifatnya formal, non formal, dan informal, dimana pendiriannya dilakukan oleh negara maupun swasta dengan tujuan untuk memberikan pengajaran, mengelola, dan mendidik para murid melalui bimbingan yang diberikan oleh para pendidik atau guru.

Ada juga yang menyebutkan definisi sekolah adalah suatu lembaga pendidikan yang dirancang secara khusus untuk mendidik siswa/ murid dalam pengawasan para pengajar atau guru. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), definisi sekolah adalah lembaga atau bangunan yang dipakai untuk aktivitas belajar dan mengajar sesuai dengan jenjang pendidikannya (SD, SLTP, SLTA).

Sekolah menyelenggarakan aktivitas belajar dan mengajar dengan menerima murid dan memberikan pelajaran kepada para murid sesuai dengan tingkatan, jurusan, dan lainnya. Dan dalam kegiatan belajar-mengajar di sekolah harus didukung oleh sarana dan prasarana serta berbagai aturan/ peraturan yang telah dirancang dan ditetapkan oleh pemerintah.

Baca juga: Pengertian Pendidikan

Unsur-Unsur Sekolah

Unsur-Unsur Sekolah

Mengacu pada pengertian sekolah di atas, lembaga pendidikan ini terdiri dari beberapa unsur penting di dalamnya. Adapun unsur-unsur sekolah adalah sebagai berikut:

1. Bangunan Sekolah

Sebagian besar kegiatan belajar dan mengajar dilakukan di dalam bangunan sekolah. Adapun beberapa bagian dari sekolah tersebut terdiri dari;

  • Kelas
  • Perpustakaan sekolah
  • Ruang laboratorium sekolah
  • Kantor guru
  • Toilet siswa dan guru
  • Kantin sekolah
  • Dan lain-lain

2. Murid/ Siswa

Murid atau siswa merupakan unsur sekolah yang paling utama. Murid adalah peserta didik yang akan mendapatkan pengajaran dari para tenaga pendidik.

3. Guru/ Pengajar

Guru atau tenaga pengajar adalah unsur sekolah yang sangat penting karena tanpa adanya guru maka proses belajar-mengjar tidak akan terjadi. Tenaga pengajar tersebut harus memenuhi kualifikasi tertentu agar dapat memberikan pengajaran kepada para peserta didik.

4. Peraturan Sekolah

Peraturan sekolah adalah semua aturan yang ditetapkan oleh sekolah tertentu dimana tujuannya untuk memberikan batasan aturan kepada para peserta didik, tenaga pengajar, dan unsur sekolah lainnya.

Baca juga: Pengertian Belajar

Fungsi Sekolah Secara Umum

Fungsi Sekolah

Secara umum, fungsi sekolah adalah untuk memberikan pengajaran kepada para peserta didik sehingga menjadi individu yang berguna bagi dirinya sendiri dan lingkungannya. Adapun beberapa fungsi sekolah adalah sebagai berikut:

1. Memberikan Pengetahuan Umum

Manusia tanpa pengetahuan akan sangat sulit beradaptasi dengan lingkungannya. Oleh karena itu, pendidikan di sekolah mengajarkan banyak hal mengenai pengetahuan umum kepada para peserta didik.

2. Memberikan Keterampilan Dasar

Keterampilan dasar yang dipelajari di sekolah diantaranya adalah kemampuan belajar, menulis, dan berhitung. Ketiga keterampilan dasar ini sangat dibutuhkan manusia agar bisa mendapatkan pekerjaan dan bermanfaat bagi masyarakat.

3. Membentuk Pribadi Sosial

Manusia adalah mahluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lainnya. Melalui sekolah, para peserta didik dibentuk menjadi individu yang dapat berinteraksi dan bergaul dengan sesamanya tanpa terhambat oleh adanya perbedaan.

4. Menyediakan Sumber Daya Manusia

Pendidikan yang didapatkan di sekolah akan memberikan berbagai ilmu pengetahuan bagi manusia. Pengetahuan tersebut akan menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas yang dibutuhkan oleh dunia kerja dan masyarakat.

5. Alat Transformasi Kebudayaan

Selain memberikan ilmu pengetahuan dan keterampilan, pendidikan di sekolah juga dapat memberikan perubahan dalam kehidupan masyaraka secara umum. Pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki oleh manusia dapat membantu mereka dalam melakukan melakukan inovasi ataupun penemuan baru dalam perkembangan peradaban manusia.

Baca juga: Manajemen Pendidikan

Jenjang Pendidikan di Sekolah

Jenjang Pendidikan di Sekolah

Tahapan pendidikan di sekolah adalah jenjang atau urutan pendidikan yang didapatkan oleh peserta didik berdasarkan tingkat perkembangan, tujuan yang akan dicapai, dan kemampuan yang dikembangkan.

Sesuai dengan pengertian sekolah di atas. adapun beberapa tahapan pendidikan di sekolah adalah sebagai berikut ini:

1. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

PAUD adalah pendidikan dan pembinaan yang diberikan kepada anak sejak lahir hingga berusian enam tahun. Pendidikan ini diberikan kepada anak usia dini untuk membantu tumbuh kembang jasmani dan rohani anak menuju jenjang pendidikan berikutnya.

2. Pendidikan Dasar

Pendidikan dasar adalah tahapan pendidikan awal selama sembilan tahun, yaitu Sekolah Dasar (SD) selama enam tahun dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) selama 3 tahun.

Pendidikan dasar sembilan tahun ini merupakan bentuk Program Wajib Belajar yang dicanangkan oleh pemerintah Indonesia.

3. Pendidikan Menengah

Pendidikan menengah adalah tahapan pendidikan berikutnya setelah pendidikan dasar sembilan tahun. Pendidikan menengah ini umumnya disebut dengan Sekolah Menengah Atas (SMA). Waktu belajarnya adalah selama tiga tahun.

4. Pendidikan Tinggi

Pendidikan tinggi merupakan tahapan pendidikan tingkat lanjutan setelah pendidikan menengah dan diselenggarakan oleh perguruan tinggi. Adapun beberapa program pendidikan yang termasuk dalam pendidikan tinggi adalah;

  • Diploma
  • Sarjana
  • Magister
  • Doktor

Baca juga: Administrasi Pendidikan

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai pengertian sekolah, fungsi, unsur-unsur, dan tahapan pendidikannya. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.