Beranda Sosial Pengertian Sosial: Definisi, Unsur, dan Jenis Interaksi Sosial

Pengertian Sosial: Definisi, Unsur, dan Jenis Interaksi Sosial

Pengertian Sosial Adalah

Pengertian Sosial Adalah

Sebenarnya, apa pengertian sosial (social)? Pada dasarnya istilah “sosial” memiliki beberapa pengertian berbeda yang dianggap sebagai konsep dan merujuk antara lain pada: sikap, orientasi, atau perilaku yang mempertimbangkan kepentingan, niat, atau kebutuhan orang lain (berbeda dengan perilaku anti-sosial) telah berperan dalam mendefinisikan ide atau prinsip.

Misalnya istilah seperti realisme sosial, keadilan sosial, konstruktivisme sosial, psikologi sosial, anarkisme sosial dan modal sosial menyiratkan bahwa ada beberapa proses sosial yang terlibat atau dipertimbangkan, sebuah proses yang tidak ada dalam realisme “keadilan” sosial, keadilan, konstruktivisme, psikologi, anarkisme, atau modal.

Kata “sosial” berasal dari bahasa Latin “socii” yang artinya sekutu. Istilah tersebut sangat erat hubungannya dengan kehidupan manusia dalam masyarakat, misalnya sifat yang mengarah pada rasa empati terhadap orang lain yang disebut dengan jiwa sosial. Sehingga pengertian sosial dapat didefinisikan sebagai rangkaian norma, moral, nilai dan aturan yang bersumber dari budaya masyarakat dan dipakai sebagai acuan dalam interaksi antar manusia dalam suatu komunitas.

Baca juga: Interaksi Sosial

Pengertian Sosial Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa arti sosial, maka kita dapat merujuk pada pendapat para ahli berikut ini:

1. Philip Wexler

Menurut Philip Wexler, pengertian sosial adalah suatu sifat dasar yang dimiliki oleh setiap individu manusia.

2. Lena Dominelli

Menurut Lena Dominelli, sosial adalah bagian yang tidak utuh dari sebuah hubungan manusia sehingga membutuhkan sebuah pemakluman atas hal-hal yang bersifat rapuh di dalamnya.

3. Keith Jacobs

Menurut Keith Jacobs, pengertian sosial adalah sesuatu yang dibangun dan terjadi dalam sebuah situs komunitas.

4. Paul Ernest

Menurut Paul Ernest, arti kata sosial adalah sejumlah manusia secara individu yang terlibat dalam berbagai kegiatan bersama.

5. Engin Fahri Isin

Menurut Engin Fahri Isin, pengertian sosial adalah sebuah inti dari bagaimana para individu berhubungan walaupun masih tetap ada perdebatan tentang pola berhubungan bagi para individu tersebut.

6. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI, pengertian sosial adalah semua hal yang berkenaan dengan masyarakat atau sifat-sifat kemasyarakatan yang memperhatikan kepentingan umum.

Baca juga: Mobilitas Sosial

Unsur-Unsur Sosial

Menurut Soerjono Soekanto, terdapat 5 unsur sosial yang ada di masyarakat dan saling berhubungan satu sama lain. Mengacu pada pengertian sosial, adapun unsur-unsur sosial adalah sebagai berikut:

1. Kelompok Sosial

Kelompok sosial adalah sekumpulan manusia yang saling berinteraksi dan menyadari keanggotaannya di dalam suatu kelompok. Kelompok sosial ini diciptakan oleh anggota masyarakat dan dapat saling mempengaruhi perilaku setiap anggotanya.

2. Kebudayaan

Kebudayaan adalah semua hal yang berhubungan dengan akal budi manusia, termasuk sistem ide atau gagasan yang ada di dalam pikiran manusia. Budaya atau kebudayaan merupakan sesuatu yang abstrak dan sangat berhubungan dengan kehidupan bermasyarakat.

3. Lembaga Sosial

Lembaga sosial adalah lembaga yang mengatur prosedur dan tata cara dalam melakukan hubungan antar individu di dalam masyarakat agar lebih teratur. Suatu lembaga sosial memiliki ideologi yang dilengkapi dengan simbol dan logo tertentu dimana untuk mencapai tujuannya dilakukan dengan cara membuat tata tertib di masyarakat.

4. Stratifikasi Sosial

Stratifikasi sosial merupakan pengelompokkan setiap anggota masyarakat secara bertingkat. Masyarakat yang hidup teratur pada umumnya memiliki sistem lapisan dalam masyarakatnya.

5. Kekuasaan dan Kewenangan

Kekuasaan adalah suatu kemampuan untuk mengendalikan perilaku individu lain, baik secara langsung maupun tidak langsung. Kewenangan adalah suatu hak untuk melakukan sesuatu agar tujuan tertentu dapat tercapai.

Baca juga: Perubahan Sosial

Jenis Interaksi Sosial

Secara umum, ada bebebrapa jenis interaksi sosial yang sering terjadi di masyarakat. Menurut bentuk, cara, dan subjeknya, berikut ini adalah beberapa jenis interaksi sosial tersebut:

  1. Interaksi Sosial Individu dengan Individu; yaitu interaksi yang terjadi antara dua individu, baik secara langsung maupun tak langsung. Misalnya, mengucapkan salam ketika bertemu di suatu tempat.
  2. Interaksi Kelompok dengan Kelompok; yaitu interaksi yang terjadi antara dua kelompok yang berbeda, baik secara langsung maupun tak langsung. Misalnya, pertemuan dua organisasi masyarakat untuk membahas isu kepentingan publik.
  3. Interaksi Individu dengan Kelompok; yaitu interaksi yang terjadi antara individu dengan sekelompok orang. Misalnya; seseorang yang berpidato di hadapan khalayak.

Baa juga: Pengertian Sosiologi

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai pengertian sosial, unsur-unsurnya, dan beberapa jenis interaksi sosial yang ada di masyarakat. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.

Loading...