Beranda Umum Nilai Moral: Pengertian, Jenis-Jenis, dan Contoh Nilai Moral

Nilai Moral: Pengertian, Jenis-Jenis, dan Contoh Nilai Moral

Nilai Moral

Artikel ini akan menjelaskan secara ringkas apa itu nilai moral, jenis-jenisnya, serta beberapa contoh tindakanya yang ada di dalam kehidupan masyarakat sosial.

Pengertian Nilai Moral

Apa yang dimaksud dengan nilai moral (moral values)? Secara umum, pengertian nilai moral adalah nilai-nilai yang berhubungan dengan perbuatan baik dan buruk yang menjadi pedoman kehidupan manusia secara umum.

Pendapat lain menyebutkan arti nilai moral adalah nilai-nilai yang dapat mendorong manusia untuk bertindak atau melakukan sesuatu, dan merupakan sumber motivasi. Dengan kata lain, moral values cenderung mengatur dan membatasi tindakan kita di dalam kehidupan sehari-hari.

Menurut Nicolaus Driyarkara, seorang ahli di bidang filsafat, pengertian nilai moral adalah suatu gambaran objektif terhadap tindakan manusia dalam menjalankan rutinitas kehidupannya. Dalam hal ini, istilah moral merujuk pada tindakan manusia atau individu yang mengandung nilai positif atau kebaikan.

Dari penjelasan di atas dapat kita pahami bahwa moral value adalah suatu sistem penilaian yang bersumber dari kehendak maupun kemauan (karsa, etik) di dalam diri manusia.

Baca juga:

Jenis-Jenis Nilai Moral

Berdasarkan karakteristiknya, moral value dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

1. Nilai Moral Baik

Ini merupakan nilai-nilai yang berhubungan dengan kesesuaian antara harapan dan tujuan hidup manusia. Dalam pelaksanaannya, hal ini dapat ditinjau dari kaidah sosial masyarakat dimana akan terlihat mana yang baik dan mana yang buruk.

Sebagai contoh; tindakan menolong orang lain yang membutuhkan merupakan suatu bentuk moral yang baik karena bermanfaat bagi orang lain dan lingkungan masyarakat.

2. Nilai Moral Buruk

Ini merupakan nilai-nilai yang mengandung keburukan dan tidak sesuai dengan harapan dan tujuan hidup manusia. Nilai ini merupakan sesuatu yang menyimpang dari keteraturan sosial dimana dampak yang ditimbulkan dapat mengakibatkan berbagai masalah sosial di masyarakat.

Sebagai contoh; tindakan mencuri atau korupsi merupakan bentuk moral yang buruk karena mengakibatkan kerugian bagi orang lain.

Baca juga: Pengertian Adab

Beberapa Contoh Moral Value

Ada banyak sekali contoh moral value di dalam kehidupan bermasyarakat, baik itu yang bernilai positif maupun negatif. Mengacu pada definisinya, adapun beberapa contoh nilai moral adalah sebagai berikut ini:

  1. Berbicara dengan sopan kepada orang lain, misalnya; berbicara dengan sopan pada orang tua merupakan salah satu contoh penerapan moral yang baik dalam keluarga dan masyarakat. Kita sadar bahwa tidak semua orang bisa menerapkannya, mereka yang berbicara dengan kasar terhadap orang tua merupakan bentuk moral yang buruk.
  2. Membuang sampah pada tempatnya, ini merupakan contoh tindakan yang sesuai dengan moral value yang positif. Sedangkan individu yang membuang sampah sembarangan dan merusak lingkungan merupakan contoh tindakan orang yang bermoral buruk.
  3. Antre sesuai urutan, mengantre menunggu giliran dengan tertib dan teratur merupakan bentuk moral value yang positif. Sebagian besar masyarakat Indonesia sangat sulit untuk antre secara teratur, ini menunjukkan betapa buruknya moral sebagian masyarakat Indonesia.
  4. Tindakan Koruptif, yaitu suatu tindakan seseorang yang ingin mendapatkan keuntungan pribadi dengan cara memanfaatkan jabatan, tidak jujur, dan merugikan orang lain. Tindakan ini merupakan contoh moral buruk yang terdapat pada diri banyak orang yang dilakukan dalam berbagai bentuk dan sangat merugikan banyak pihak.
  5. Menjaga ketenangan lingkungan, tindakan menjaga suasana lingkungan masyarakat tetap kondusif dan tidak terjadi keributan merupakan contoh moral yang positif. Sedangkan pihak-pihak yang menimbulkan keributan dan menggangu kenyamanan orang lain merupakan tindakan dengan moral yang buruk (tidak baik).

Selain yang disebutkan di atas, masih ada banyak sekali contoh moral value yang ada di dalam kehidupan masyarakat sosial, baik itu yang mengandung nilai positif maupun negatif.

Baca juga: Pengertian Jujur

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai nilai moral, mulai dari pengertiannya, jenis-jenisnya, serta beberapa contoh moral value yang ada di dalam diri manusia. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.