Beranda Bisnis 10+ Tren Bisnis Internet di 2020 yang Bisa Anda Mulai dari Sekarang

10+ Tren Bisnis Internet di 2020 yang Bisa Anda Mulai dari Sekarang

Tren Bisnis Online 2018

Apa yang menjadi tren bisnis internet di tahun 2020? Ini adalah salah satu pertanyaan yang sudah mulai jamak dibicarakan oleh para pelaku usaha online di Indonesia saat ini.

Setiap tahun memang selalu ada saja trend bisnis online di Indonesia. Pada awal-awal boomingnya bisnis online di Indonesia, banyak yang ‘bermain’ di bidang Content Publishing & Affiliate Marketing. Dan kebanyakan memilih market luar karena dianggap lebih menguntungkan.

Namun, belakangan ini semakin banyak pebisnis online yang lebih memilih membidik market lokal, baik itu di bidang content publishing, bisnis affiliate, berjualan dengan cara dropship, reseller, ataupun menjual produk sendiri. Dan semakin banyaknya peminat bisnis internet juga menciptakan tren bisnis online yang baru, yaitu munculnya berbagai kursus belajar bisnis online dan komunitas internet marketer di Indonesia.

Melihat pergerakan arah bisnis internet di Indonesia saat ini, ada beberapa peluang yang menjadi tren bisnis online 2020 nanti. Berikut ini adalah ulasan singkatnya.

Tren Bisnis Internet yang Akan Booming di 2020

Apa yang akan menjadi tren bisnis internet 2020 sudah terlihat mulai dari tahun ini. Kebiasaan pengguna internet di Indonesia dan juga layanan online yang semakin dibutuhkan masyarakat akan membentuk tren di tahun-tahun mendatang.

Berikut ini adalah beberapa model bisnis internet yang diprediksi akan booming di masa mendatang:

1. Bisnis Kursus Secara Online

Kebanyakan orang sekarang sangat perduli pada skill mereka karena memang bisa menjadi penunjang karir di masa depan. Bukan hanya pendidikan formal, kursus non formal pun menjadi hal yang sangat penting.

Uniknya, sekarang ini banyak orang lebih memilih untuk kursus secara online. Bidang ilmu yang dipelajari di kursus online pun sangat beragam, mulai dari ilmu internet marketing, desain grafis, belajar Photoshop, Microsoft Office, dan lain sebagainya.

SekolahPintar.com adalah satu situs kursus online yang sudah memulai bisnis ini sejak beberapa tahun yang lalu. Kursus online ini bisa diikuti oleh semua orang secara gratis, namun ada beberapa materi yang mengharuskan member untuk membayar agar bisa mempelajarinya.

Ingin menghasilkan uang dari keahlian Anda, ayo jual skill Anda melalui SekolahPintar.

2. Bisnis Jasa Desain Grafis

Berikutnya, bisnis desain grafis adalah salah satu peluang usaha online yang akan semakin booming nantinya. Peluang ini muncul karena tingginya pengguna media sosial seperti Instagram dan Facebook yang memposting konten-konten visual untuk keperluan pemasaran online.

Seperti kita ketahui, sekarang ini ada banyak permintaan untuk membuat konten visual yang menarik, baik itu gambar atau video. Permintaan ini biasanya datang dari para pebisnis online dan juga perusahaan-perusahaan yang membutuhkan desain grafis dengan biaya terjangkau.

Diprediksi, tahun 2020 nanti akan semakin banyak freelancer yang bergabung di situs-situs marketplace freelancer seperti Projects.co.id, Sribulancer.com, dan lainnya.

Artikel terkait: Bisnis Jasa Desain Grafis

3. Bisnis Jasa Penulisan Artikel dan Copywriter

Permintaan akan bisnis jasa penulisan artikel selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya. Bukan tanpa alasan, pertumbuhan website portal dan juga berbagai blog profesional membuat potensi bisnis jasa penulisan artikel semakin menarik dan menjanjikan di tahun 2020 nanti.

Menulis artikel memang terkesan mudah, dan peluang bisnis ini sering disepelekan beberapa orang. Faktanya, banyak website dan blog yang membutuhkan jasa penulis artikel berkualitas untuk menunjang keberadaan website mereka.

Ditambah lagi bila Anda memiliki basic pengetahuan tentang SEO dan mengetahui cara menggunakan bahasa yang persuasif, maka ini sebuah nilai tambah. Alasannya, rata-rata pemilik website dan blog sekarang ini lebih mengutamakan penulis yang memahami basic SEO dan bisa mempengaruhi pembaca agar konten yang dipublish akan lebih optimal di mesin pencari dan media sosial.

4. Bisnis Jasa Pemasaran Online (Internet Marketing)

Model bisnis ini sebenarnya sudah cukup marak, namun diprediksikan bisnis jasa internet marketing akan menjadi salah satu tren bisnis online di tahun-tahun mendatang. Beberapa jenis pemasaran online yang paling banyak digunakan saat ini adalah Google Adwords, Facebook Ads, Blogging, dan SEO.

Jika Anda memiliki kemampuan di salah satu atau beberapa jenis pemasaran online tersebut, maka ini bisa menjadi peluang bisnis bagi Anda. Tentunya sebelum menawarkan ke klien, Anda harus mengumpulkan portfolio campaign pemasaran online yang pernah Anda lakukan. Ini akan menjadi nilai plus bagi bisnis yang Anda bangun.

Pemasaran online akan terus mengalami perubahan, namun jenis pemasaran online melalui Google Adwords, Facebook Ads, dan SEO, diprediksi akan tetap memiliki porsi yang paling besar diminati oleh para pebisnis online.

Baca juga: Apa Itu Internet Marketing

5. Menjadi YouTuber Terkenal

Menjadi seorang YouTuber seringkali dianggap bukan sebuah profesi yang menjanjikan, beberapa teman saya mengatakan begitu. Faktanya, ada banyak YouTuber Indonesia yang menghasilkan uang dari YouTube dan menjadi orang terkenal.

Sebut saja Tara Arts, Erdwin Susanto Wijaya, Eka Gustiawan, Bayu Skak, dan lain-lain. Jika melihat channel mereka di YouTube dengan jumlah subscriber berjibun, maka kita bisa tahu bahwa potensi penghasilan para YouTuber ini sangat menjanjikan.

Jadi, menurut prediksi saya menjadi YouTuber adalah salah satu tren bisnis internet yang bakal semakin ramai pelakunya. Bila Anda bingung tentang potensi bisnis dari YouTube, Anda bisa membaca artikel yang membahas tentang cara mendapatkan uang dari YouTube, ini sebagai gambaran untuk melihat potensinya.

6. Menjadi Influencer atau Buzzer di Media Sosial

Sebenarnya, profesi menjadi influencer atau buzzer di media sosial bukanlah hal yang baru lagi. Kita bisa dengan mudah menemukan para buzzer di media sosial, misalnya para artis yang mempromosikan sebuah produk di Instagram mereka.

Nah, di tahun 2020 nanti diprediksi akan semakin banyak buzzer di berbagai media sosial. Salah satu media sosial yang paling sering digunakan para buzzer adalah Instagram.

Sebenarnya di media sosial seperti Twitter dan Facebook pun masih cukup banyak kita temukan para buzzer. Tapi biasanya para pebisnis online yang jualan di internet menganggap Instagram lebih efektif untuk pemasaran dengan bantuan para buzzer.

Baca juga: Cara Menghasilkan Uang dengan Menjadi Buzzer di Instagram

7. Membangun Startup Digital Media

Anda pasti sering menemukan website portal baru di internet, atau blog yang membahas topik tertentu. Mereka ini adalah startup digital media yang membahas topik khusus sesuai dengan minat dan keahlian para pengembangnya.

Di tahun 2017 banyak sekali digital media baru yang bermunculan. Menurut prediksi saya, di tahun 2020 akan semakin banyak digital media startup yang mencoba melakukan penetrasi di market Indonesia.

Konten yang dihadirkan tidak harus yang berat dan tidak harus melakukan riset yang mendalam. Seringkali digital media ini berisi konten tentang berita atau informasi yang dikemas dengan cara yang menarik, misalnya dalam bentuk artikel kreatif, image, dan video.

Artikel terkait: Apa Itu Startup

8. Online Shop Semakin Booming

Pengguna internet di Indonesia semakin besar setiap tahunnya, dan ini adalah pasar yang sangat ‘gurih’ bagi para pebisnis online, khususnya mereka yang punya bisnis online shop. Hal tersebut juga didukung meningkatnya rasa percaya masyarakat Indonesia kepada para penjual online karena semakin banyaknya online shop terpercaya di Indonesia.

Bukan hanya para pemain besar saja yang menikmati pasar online ini, para pemain kecil juga mendapatkan porsi yang menjanjikan dari market online. Beberapa pemain kecil yang selama ini hanya mengandalkan marketplace seperti Bukalapak dan Tokopedia, di tahun 2020 mereka akan membangun toko online sendiri.

Para pemain baru pun akan semakin banyak bermunculan dan membuat persaingan online shop semakin jenuh. Namun, dengan pasar yang begitu besar, para pemain online shop tidak akan kehilangan calon pembeli.

Hanya saja, para pemain online shop harus lebih kreatif dalam berkomunikasi dengan calon pembeli agar terjadi transaksi. Alasannya, karena konsumen Indonesia terkenal banyak yang PHP (pemberi harapan palsu), chat lama tapi ga jadi beli.

9. Bisnis Jasa Pembuatan Website/ Blog

Bagi sebagian orang, membuat website/ blog bukanlah sesuatu yang rumit. Namun, lebih banyak orang yang tidak mengerti cara membuat website, atau mereka tidak mau repot dan pusing membuat website/ blog untuk bisnis mereka.

Walaupun pelaku bisnis ini sudah cukup jamak di Indonesia, ternyata potensi bisnis jasa pembuatan website/ blog di Indonesia masih cukup menjanjikan. Bahkan beberapa penyedia jasa pembuatan website juga menawarkan jasa internet marketing kepada klien mereka.

Biasanya orang yang membutuhkan jasa pembuatan website/ blog ini adalah para pengusaha kecil yang kurang paham tentang pembuatan website. Atau bisa juga perusahaan, instansi pemerintah, dan mereka yang butuh orang yang kompeten dalam membuat dan mengelola sebuah website.

Baca juga: Cara Membuat Blog Gratis

10. Bisnis Pengembangan Aplikasi Mobile

Anda pasti pernah membaca kisah Henry Jufri, seorang kuli panggul yang bisa meraup ratusan hingga ribuan dollar per bulan dari aplikasi mobile yang dibuatnya. Ini bukti bahwa pengembangan aplikasi mobile itu ternyata cukup menjanjikan.

Uang yang dihasilkan adalah dari iklan yang tayang di aplikasi tersebut. Sejauh ini, app developer seperti Henry Jufri lebih fokus menciptakan aplikasi Android karena penggunanya jauh lebih banyak ketimbang mobile OS lainnya.

Selain itu, para app developer juga bisa menjual jasa pembuatan aplikasi Android/ iOS kepada orang yang membutuhkannya. Ini bisa menjadi penghasilan lainnya dari peluang usaha yang satu ini.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online

KESIMPULAN

Selain yang disebutkan di atas, sebenarnya masih ada beberapa ide usaha online yang cukup menjanjikan. Namun, dengan memperhatikan perkembangan sekarang ini, menurut saya tren bisnis internet nanti tidak akan jauh dari poin-poin yang saya sebutkan di atas. Semoga bermanfaat.

8 KOMENTAR

  1. kebetulan saya menggeliti bisnis nomor 9 tapi sekarang sedang stuck karena trafik tak kunjung naik

  2. Bisnis nomor 10 nih yang wajib dicoba, sedikit cerita aja nih gan temen saya main model ginian sebulannya bisa ngantongin 400 jt, padahal cuma aplikasi berisi gambar! wow bgt kan.. ?

  3. Pengen jadi youtuber bang, cuman kurang lihai ane editing videonya bang..hhee jadi blogger aja ah lumayan nulis insfirasi di blog.. Hhee maxmanroe adalah infirasiku salam sukses bang.

  4. Yang No. 9 itu boleh juga, dtambah kebutuhan lembaga akan website juga semakib meningkat, jasa pembuatan blog atau website juga menjadi trend tersendiri

  5. No 3, 5 dan 6 sepertinya semakin booming ni, soalnya semakin mudah mendapatkan akses internet plus semakin banyaknya gadget yang mempermudah banyak orang untuk mengakses internet..

  6. saya tertarik pada poin ke 9 yaitu bisnis jasa pembuatan website / blog . saya

    ingin bertanya.

    di dalam pembuatan website / blog itu kan bermacam – macam ada yang gratis dan ada yang menggunakan uang, nah bagaimanah cara pembuatan atau membuat suatu pelayanan dalam membuka suatu usaha membuat website/blog .

  7. Saya tertarik dengan poin ke 10. Bisnis Pengembangan Aplikasi Mobile, hanya masih binggung mencari bisnis apa yang akan saya buat Aplikasi Mobile, kalo bisa minta tolong di ulas apa saja aplikasi mobile yang aakan menjadi trend 2018, Terimakasih.

  8. Untuk dkursus belum berani mas, soalnya saya sendiri masih belajar, lagi belajar jadi entrepreneur muda

Tinggalkan Balasan