Beranda Tokoh Henry Jufri, Kuli Panggul Lulusan SD Ini Raup Ratusan Dolar per Bulan...

Henry Jufri, Kuli Panggul Lulusan SD Ini Raup Ratusan Dolar per Bulan dari Google

Henry Jufri

Henry Jufri – Pesatnya perkembangan industri di bidang #teknologi nyatanya telah membuka banyak sekali peluang untuk menghasilkan uang. Dan yang menarik adalah, potensi usaha dalam industri digital bisa dimiliki siapa saja. Tidak hanya dominasi mereka yang mempunyai modal mumpuni atau pendidikan tinggi, bahkan mereka yang berasal dari kalangan bawahpun juga mempunyai kesempatan yang sama untuk mencicipi kesuksesan di industri digital.

Hal itulah yang sudah dibuktikan oleh seorang kuli panggul di daerah Makasar bernama Henry Jufri. Pria yang hanya mengecap pendidikan kelas 4 sekolah dasar tersebut baru-baru ini menjadi viral di dunia maya karena kesuksesannya mendapatkan penghasilan tak kurang dari $1200 dari perusahaan raksasa, Google.

Membicarakan penghasilan dari #Google, mungkin sudah umum bahkan banyak yang telah membuktikan legitnya berbisnis dengan perusahaan digital yang satu ini. Namun dengan segala keterbatasan kemampuan serta finansial, bahkan seorang pekerja kasarpun bisa membuktikan potensi bisnis digital tersebut.

Artikel terkait: Ini Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube

Henry Jufri Nguli Panggul Sembari “Nguli” Dollar

Sudah barang pasti bahwa kesuksesan datang karena adanya kerja keras serta kesabaran. Demikian juga dengan perjuangan hidup Henry Jufri, dengan bekal ijasah SD yang bahkan tak genap 6 kelas, tentu akan sulit bagi ayah dua anak tersebut mencari pekerjaan yang layak.

Akhirnya pekerjaan kasar sebagai kuli panggul menjadi salah satu yang paling logis saat itu untuk menyambung hidup. Tiap harinya bahkan hingga saat ini, jika rekan-rekan mengunjungi pelabuhan Makasar, mungkin akan bertemu dengan sosok yang sedang hangat menjadi buah bibir tersebut. Namun tidak seperti mayoritas pekerja kasar yang ada di wilayah tersebut, Henry ternyata punya kerja sampingan “nguli” di tempat lain.

Dalam sela-sela waktu menjadi kuli panggul, Henry ternyata juga mendalami seluk beluk pembuatan aplikasi digital khususnya aplikasi Android. Berawal dari menemukan informasi tentang potensi mendapatkan penghasilan dengan membuat aplikasi mobile, akhirnya pria kelahiran 20 September 32 tahun silam tersebut mulai menekuni dan belajar membuat aplikasi #Android.

Artikel lain: Rajin Upload Video di YouTube, Sudiyono Kantongi Penghasilan Puluhan Juta Perbulan

Perkenalan dengan industri digital bagi Henry juga berlangsung tak instan. Cukup banyak hal yang harus ia lalui demi mewujudkan keinginannya terjun ke bisnis yang mungkin masih sangat asing bagi kebanyakan rekan-rekannya tersebut.

Perjalanan Henry Jufri Mengembangkan Aplikasi Android

Keinginan yang besar untuk sukses mendorong Henry untuk tetap yakin dengan apa yang ia jalani kala itu. Bersama salah satu komunitas developer aplikasi yang ada di Makasar, sedikit demi sedikit ia mulai memahami dan mempraktekkan ilmu coding aplikasi mulai dari nol secara otodidak.

Berurusan dengan dunia digital, Henry tentu membutuhkan alat perang digital juga. Ia mengisahkan kala itu ia membeli sebuah laptop bekas dengan harga Rp 800 ribu. Namun karena masih minimnya pengetahuan, ia baru sadar bahwa laptop bekas tersebut hanya dilengkapi dengan memori RAM sebesar 1 GB, sedangkan untuk bisa membuat aplikasi Android ia membutuhkan perangkat dengan spesifikasi RAM minimal 2 GB.

Jadilah uang pinjaman pada keluarganya sebesar Rp 2,7 juta menjadi mahar untuk mendapatkan laptop yang ia butuhkan. Setelah perangkat didapat, ia lantas semakin semangat dan mulai menciptakan beberapa aplikasi #game dan aplikasi umum yang mayoritas bertema pendidikan.

Beberapa aplikasi Android yang berhasil dibuat oleh Henry Jufri diantaranya yakni aplikasi game Unyil the Adventure, Ninja Konoha Run, King Arthur dan masih banyak aplikasi lain termasuk aplikasi belajar huruf dan angka untuk balita.

Sempat Hampir Menyerah

Dalam menjalankan usahanya tersebut, nyatanya jalan yang harus dilalui Henry tidak selalu mulus. Bahkan pada awal masa pengembangan, ia sempat bertanya pada diri sendiri apakah ia bisa berhasil? Namun melihat semua yang telah ia korbankan, ia merasa sudah tidak ada jalan lagi selain meneruskan dan tetap yakin dengan apa yang ia usahakan tersebut.

Perlahan hasil dari usahanya pun mulai nampak. Ia mulai mendapatkan penghasilan dari Google sebagai kompensasi profit sharing aplikasi miliknya yang semakin banyak di unduh via Google Playstore. Ia yang mulai mengembangkan aplikasi sejak bulan Oktober 2014 tersebut, secara bertahap mendapatkan penghasilan mulai dari $100 per bulan hingga akhirnya dapat mengantongi US$ 1.200 beberapa waktu yang lalu.

Baca juga: Bayu Skak ~ Sukses Menjadi Youtuber Populer Berkat Video Unik Nan Kreatif

Dalam sebuah wawancara, Henry sempat berujar bahwa ia terkadang merasa heran mengapa masih banyak orang utamanya generasi muda yang bisa dibilang telah menyia-nyiakan kesempatan yang mereka miliki. Pertanyaannya adalah apakah harus berada di kondisi serba kekurangan dulu baru mau berjuang?

Semoga kisah inspiratif di atas bisa menjadi pemicu sekaligus tamparan bagi banyak anak muda di luar sana, termasuk saya pribadi. Dengan segala apa yang dimiliki saat ini, fasilitas, waktu, tenaga, fikiran, harusnya kita bisa mencapai sukses jauh lebih mudah dibandingkan seorang pekerja kuli panggul yang bekerja keras dan menyisihkan sisa waktunya 4-5 jam sehari untuk mengejar mimpinya. Be Inspired!

99 KOMENTAR

  1. Amazing… kog bisa ya? Ini bukti bahwa otak manusia bisa dilatih tanpa harus mengecap pendidikan formal. Semua orang yg mau belajar dan kerja keras berhak untuk sukses

  2. sungguh luar bias sekali dan menjadi bahan inspirasi saya untuk mendapatkan dan mencari rejeki lagi kalau seperti kaya begini….

  3. Pejuang Adsense

    Mantap,,sangat Menyentuh kisah perjuangannya

  4. sebetulnya sich, ingin juga belajar membuat aplikasi seperti game dll, tapi mulainya dari mana ya?

  5. bagimana cara mendaptarkan aplikasi gem supaya terdaptar di plystori

  6. Farrel Payung Langi

    semoga menjadi inspirasi untuk terus berkarya memperoleh penghasilan dari aplikasi android

  7. Jadi Inspirasi ini untuk kita walaupun tidak memiliki pendidikan tetapi punya skill untuk terus maju

  8. jadi malu gak lulus SD aja bisa bikin aplikasi di android ……semangat terus bang

  9. Rahmat fatahuddin

    SALAM AGAN…
    BOLEH BELAJAR G GAN…
    SAYA SERING KETIPU DI INTERNET…
    DARI MODAL BERNOMINAL RP TAPI GAK ADA HASIL…
    E WEBNYA TIPU2… MOHON PENCERAHANNYA GAN…?

  10. tuhan memang adil, untuk dapat meraih keberhasilan diperlukan ketekunan dan pantang menyerah dengan keadaan

  11. setelah belajar membuat lanjut membuat game di android. tantangan!

  12. Segala sesuatu yang di lakukan secara otodidak biasanya akan memberikan hasil yang lebih maksimal,tidak terkecuali dengan Abang yang satu ini. Dengan hanya berlatar belakang pekerjaan dan juga pendidikan yang mungkin banyak orang memandang remeh,tapi Abang Henry ini mampu membuktikan bahwa seorang pekerja kasarpun mampu bahkan sangat ahli bermain IT. Saya sendiri punya tetangga yang memiliki keahlian otodidak di bidang IT,dan sekarang sudah banyak sekali menciptakan bermacam-macam aplikasi untuk android. Patut di teladani,Amazing…!

  13. Apa dia memiliki pendidikan berlatar belakang IT? Dia pakai software apa ya untuk buat game nya? apakah ada referensinya??

  14. sangat salut buat orang tersebut..otaknya jenius walaupun cuma peburuh biasa

  15. waw..siapa sangka seorang kurir mampu menciptkan sebuah aplikasi

  16. Akhmad Aiman zulkarnain

    gan gw mau juga belajar membuat app atau game,bleh minta softwere buat app atau gamenya ngg??

  17. Cerita ini sangat menginspirasi kegiatan saya dalam berkegiatan di dunia internet. Sungguh sangat inspiratif dan saya sangat menyukainya.terima kasih maxmanroecom untuk cerita yang menggugah motivasi diri ini.

  18. walau tidak sesukses beliau,tapi saya sangat bersyukur dengan hanya berpendidikan slta itupun tidak sampai tamat sekolah,saya sudah berhasil meraup rejeki berlimpah melalui blog dari google.

  19. semakin semangat untuk belajar lebih giat

  20. Sangat inspiratif, bisa mendorong semangat kita untuk mengembangkan bakat.

  21. Sangat inspiratif,,,, salut,,, salut,,,, salut.

  22. muhammad nurdin

    Muhammad nurdin dari kota medan kebukit tinggi sumatera baray

  23. Tanya kenapa? Berjuang dan pantang alasan. hehe

  24. indpirativ sekali mas ceritanya . saya jadi lebih bersemangat, karena tidak ada yang mustahil bila kita berusaha,

  25. Inspiratif sekali, sukses hak semua orang tidak pandang pendidikannya apa, kunci sukses itu sepengetahuan saya adalah punya komitmen yang kuat, fokus pada masalah dan terus menerus dalam menjalankannya. Ayo kawan tunjukkan hasil kareatifitasmu, Jangan menyerah.

  26. Inpiratif sekali, tapi sayang, belum ada kemauan.

  27. benar ini menginspirasi sekali. soalnya banyak orang yang hanya berfikir bahwa bekerja itu harus dengan tega,harus menjadi bawahan, tapi kita sendiri sebenarnya bisa menciptakan pekerjaan sendiri, dengan mengandalkan teknologi dan internet yang semakin canggih..!!

  28. Walaupun sampai saat ini saya belum merasakan hasil dari kerja keras selama ini, namun saya tetap yakin terhadap pendirian saya, biarlah orang di sekitar saya akan menganggap remeh saat ini. Karena mereka tidak saat ini saya lagi membangun masa depan dalam jangka panjang..
    Usaha serta pengorbanan yang saya lakukan saat ini akan terbayar pada suatu saat nanti .. saya yakin akan hal itu

  29. ade martha azhari

    Ada seseorang wanita kecil yang sedang mencari pekerjaan yang kesana kesini slalu gagal dan tak diterima di pt pt mana saja ,namun ia tidak pernah berputus asa untuk mencari nya lagi,namun berkat doa ibu yang slalu menyertainya akhir nya wanita kecil itu mendapatkan pekerjaan walaupun upah yang ia dapatkan tidak mencukupi kehidupan nya ia tetap mencari pekerjaan sampingan apa saja agar keluarga nya dapat hidup ,meskipun mempunyai seorang bapa yang entah kemana iya harus berjuang sendirian walaupun sebenarnya ia tidak sanggup menjalanin kehidupan yang keras dan serba kesulitan untuk menafkahi keluaga nya ,tetap semangat walaupun begitu pahit kehidupan yang kita jalanin sekarang jangan cepat menyeraah karna ada seseorang yang harus kita bahagiakan ,dengan kerja keras kita pasti semua akan indah pada waktunya :))terimakasih sudah mebaca sekilas cerita ku , semua akan indah pada waktunya percaya itu

    pekerjaan samping apa saja

  30. Patut dibanggakan. Karena usahanya. Inspiration.

  31. Anak muda jaman sekarang sukanya ngeseks doang

  32. keren dan menginspirasi, oh y min follbck akun g+ ya

  33. itu baru mastah yg sangat menginspirasi..
    dan catatan lagi..
    setiap usaha harus memiliki modal :(

  34. Memang inspirasi dari website ini sangat membangkitkan jiwa untuk tambah semangat dalam dunia internet

  35. Wah, bener-bener membuat tamparan saya pribadi. Masakan orang yang sebagai kuli panggul bisa memiliki potensi untuk berkembang, sedangkan saya yang sudah berkecimpung didunia internet tidak bisa??
    Terima kasih untuk informasinya

  36. inspiratif mas, tambah semangat nih untuk belajar ngeblog

  37. Ini memang sebuah cerita yang dapat dijadikan inspirasi buat para newbie yang sudah putus asa dalam menjalankan bisnis online , memang untuk mendapatkan kesuksesan tidak bisa dilakukan secara instan .. harus dengan kegigihan, dan ketekunan, serta selalu berdo’a .. kita harus selalu percaya bahwa semakin keras usaha yang kita yang kita lakukan, maka semakin indah juga kesuksesan yang kita dapatkan ..

    Thanks :)

  38. inspiring banget gan. pengen sukses juga tapi belum ketemu jalannya.

  39. wahh .. itu sangat luar biasa, dengan pendidikan sd, mas hendry bisa menciptakan aplikasi android memang jenius..

  40. Kemauan dan keingintauan adalah kunci dari sebuah kesuksesan.. Seorang kuli yang mampu menciptakan “Masterpeace”.

    Menyerah saja butuh perjuangan, Apalagi Meraih Sebuah Kesuksesan….
    Kereeennnn….

  41. Ini kisah nyata bagus banget ya. Bener-bener menginspirasi. Ajegileee.. di zaman sekarang, the only limit is your yourself!

  42. sangat bagus dan sangat men ispirasi banyak hal yg bisa kita lakukan sangat membuka pandangan saya untuk lebih berkarya

  43. Alvian Casablancas

    Fenomena Mas Henry menandakan bahwa untuk belajar apa-apa tidak perlu pendidikan tinggi (sekolah/kuliah dan seterusnya). Asalkan ada karsa, wadah belajar (internet contohnya), confidence, dan sedikit simpanan kalbu bernama keprihatinan, maka kesuksesan dapat diraih meskipun belajar dari internet juga tidak mudah (karena penataan dan penyebaran informasinya tidak terstruktur, jadi harus sabar mencari sendiri).

    Kata terakhir yang diucapkan Mas Henry sempat menggetarkan hati Saya. Memang ada benarnya jika generasi muda masih banyak yang menyia-nyiakan potensi yang dimiliki.

    Nice sharing Maxmanroe.com!

  44. Abu Muhammad Hafizh

    salut banget… sangat inspiratif…. semoga sukses selalu. salam. bisnismuslimweb.com

  45. Hebat benar, sekolah ngga sampe SMP bisa pemrograman game. semoga bisa menginspirasi banyak orang indonesia untuk berkarya dan menghasilkan rupiah

  46. keren banget, saya yang sudah bergelut dengan dunia IT saja belum bisa menelurkan satu aplikasipun, tapi beliau kuli panggul benar-benar hebat

  47. Inspirasi, ini menandakan bahwa usaha yang konsisten mampu membuahkan hasil yang maksimal, memang benar, sgala sesuatunya indah pada waktunya..

    maxmanroe salah satu situs yang inspiratif juga menurut saya, sukses terus.

  48. sesuatu yang perlu d contoh,selamat buat mas henry,bisa buat inspirasi yang lain.

  49. intinya bekerja keras itu akan menuai hasil apabila dikerjakan dengan maksimal dan juga memerlukan proses yang panjang

  50. Setahu saya income yang di dapatkan oleh pria tersebut adalah dari aplikasi yang di beli oleh Google beserta lisensinya, bukan kompensasi sharing profit. Jadi income yang di dapat hanya sekali untuk satu aplikasi yang dibeli Google dan dalam sebulan dia bisa membuat 2 aplikasi ringan. Informasi yang saya terima seperti itu.

    • Keliru mas, dia membuat aplikasi game dan menerapkan iklan admob di aplikasi tersebut. Dari sanalah dia mendapatkan earning setiap bulan

    • emang google mau beli aplikasi buatan kita yak? apalagi kalau aplikasi sederhana?

  51. Hobby…..semua berasal dari hobby , tanpa hobby…gak bisa, yang pertama adalah hobby dulu,,,kalo kita udah hobby,,,pasti akan tercipta sesuatu dari hobby tsb.

  52. Saya salut sama mas Henry , semoga menjadi motivasi bagi yang belum sukses……

  53. Cukup menginspirasi si abang satu ini….
    Tidak mudah nge-developer-in sendirian dan tetap konsisten hingga mencapai hasil seperti itu. Sangat sulit memang untuk tetap konsisten, mana lagi harus mencari ide terkait jenis game apa yang akan dibuat, udah gitu musti ubek-ubek segala macam script dan pendukung lainnya…

    Salut sama mas Henry (y)

  54. Bagaimana cara dia membuat game?dengan aplikasi apa.tolong di reply yaa.trims

    • banyak cara utk buat game android. kalo anda basicnya programmer, cara yg paling dianjurkan adalah dengan menggunakan program besutan Google sendiri yaitu “Android Studio”. Tetapi kalo bukan programmer, bisa dengan menggunakan “Construct 2” atau “Game Maker” atau banyak lagi lainnya. kedua program tadi tidak dibutuhkan skil programming. cari saja di google dan temukan program tadi beserta tutorial lengkapnya

  55. Saya acungi jempol atas kerja kerasnya yang tak kenal lelah sehingga impiannya pun tercapai, selamat ya mas henri

  56. Semangat buat mas henry mudah2an kedepannya dapat mengembangkan aplikasi aplikasi yg bagus juga…. ;)

  57. sangat inspiratif sekali pemirsa..

  58. Lapor Polisi Secara Online

    Ini merupakan tamparan keras sekaligus memalukan bagi lulusan-lulusan sarjana tingkat tinggi yang kuliah hingga keluar negeri namun tanpa inovasi dan kreatifitas yang membanggakan.

  59. wah sangat inspirsi mas henry ini….dengan keterbatasan,dia bisa melakukan hal itu..

    jadi tambah semangat dengan google adsense

  60. obat pelangsing alami

    keren nih c mas nya…. pointnya adalah setiap kerja keras tidak akan mengkhianati hasil.

  61. Wow,,,, Inspirasi sekali,,, mungkin selain ngeblog perdalam juga ilmu membuat aplikasi di Android lewat semangat otodidak,, thanks artikelnya

  62. berita anda terkesan memaksakan untuk nguber adsense google

  63. memang benar bahwa manusia siapa saja yg mau bekerja keras dan ulet tanpa menyerah pasti akan berhasil

  64. Sangat mengagumkan, memang jika ada kemauan pasti ada jalan. Cerita sangat inspiratif, dan menggugah. Trima kasih sudah di share

  65. kalau kuli aja bisa segitu buat apa kuliah capek2 dapat gaji dibawah 5 juta??? oo n

  66. Hebat!, yang jadi pertanyaannya sekarang adalah software apa yang dipakai untuk membuat aplikasi tersebut??

  67. mantap ui..saya juga lagi berjuang untuk bisa mendapatkan penghasilan dari dunia maya. saat ini sudah bisa dpat omset 5 – 10jt per bulan dri bisnis semut jepang dan obat herbal yang sy jalankan..semoga kisah sukses mas henry ini bisa menjadi inspiratif buat anak2 muda kita..salam sukses

  68. wah keren ya, ternyata kerja kerasnya berhasil ruar biasa,

  69. Luar biasa, salut sekali atas apa yang telah diperoleh.. walau hanya buruh yg bahkan tidak lulus sd bisa buat game2 android yg keren. Sya jadi malu

  70. thanks udah memberi inspirasi bagi kami,,,,

  71. speechless… sangat terinspirasi

  72. kisahnya sangat hebat…
    mungkin bisa memotivasi saudara yang lain untuk terus belajar dan berusaha
    makasih artikelnya mas sangat bermanfaat

  73. Pengen mahamin ini tapi kepentok sama waktu, jadi mungkin fokus ke website aja dulu lah, mungkin nunggu klo dah banyak yang bisa decompile baru bikin aplikasi. Semoga bisa sukses seperti mas ini dan yang punya website ini, hee

  74. Saya sebagai mahasiswa IT jadi merasa malu melihat perjuangan bapak ini…
    :(
    Anda luar biasa pak Henry Jufri….

  75. Luar biasa
    bener-bener belajar dari nol ya
    Butuh kurang dari 1 tahun

  76. Jadi terinspirasi gini nih membaca kisahnya, saya jadi lebih semangat juga dalam belajar desain web.

  77. Alam Wisata.Com

    Wow… dengan pendidikan SD aja mampu menghasilkan uang yg cukup besar dan sangat inspiratif. Bagaimana dgn para lulusan sarjana Indonesia lainnya.?!

  78. triningrum kurniawati

    kereeeennnnn,,, siapa yang berusaha keras, akan memetik hasilnya. inspiratif sekali… ^_^

  79. Mantapp.. Butuh bimbingan dari mas henry langsung nih, biar bisa ketularan..

  80. mas Henry Jufri telah menginspirasi saya,dengan usaha nya,sempat hampir menyerah lalu bangkit kembali agar sukses,dan mas Henry Jufri telah di undang juga oleh mas Tukul Arwana di acara bukan 4 mata.

  81. Sangat menginspirasi , setidak nya kita harus terus bekerja keras walaupun sudah memiliki penghasilan yang lumayan, Semangat :)

Tinggalkan Balasan