Bagaimana Cara Menghasilkan Uang Dari Youtube? Ini Langkah-Langkahnya

Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube

YouTuber Indonesia

Bagaimana cara mendapatkan uang dari YouTube? Ini adalah topik yang cukup jamak dibahas pengguna internet saat ini. Sebagian orang menganggapnya rumit, namun banyak yang telah menghasilkan uang berlimpah dari media sosial berbagi konten video ini.

Jika Anda sering menggunakan internet, pasti sudah tidak asing lagi dengan situs YouTube.com. Situs ini adalah media online di mana kita bisa mengunggah video milik kita ke internet. Dan kita juga bisa menonton video yang di-unggah orang lain ke YouTube secara gratis.

Pengguna YouTube sering menghabiskan banyak waktu di depan layar monitor untuk menonton video-video unik dan menarik yang diunggah oleh para pengguna YouTube dari seluruh dunia. Situs ini menjadi salah satu media sosial yang paling banyak digunakan di seluruh dunia dan menjadi salah satu penghasil uang yang cukup populer.

Seperti prinsip bisnis yang kita ketahui selama ini, di mana ada keramaian maka di sana akan ada banyak uang atau potensi keuntungan. Dan memang benar, sekarang ini ada banyak sekali orang yang menghasilkan uang dari video-video yang mereka unggah ke YouTube. Bahkan ada orang yang menghasilkan uang hingga ratusan juta rupiah per bulan hanya dari video yang mereka unggah ke YouTube.

Lalu bagaimana cara mendapatkan uang dari YouTube, dan dari manakah uang tersebut? Berikut ulasan singkatnya.




Cara Mendapatkan Uang dari YouTube dengan Konten Menarik

Salah satu alasan mengapa YouTube sangat digemari oleh pengguna internet adalah karena YouTube memberikan konten video yang terlihat nyata. Berbeda dengan konten gambar atau teks yang tidak terlihat ‘hidup’ di mata para pengguna internet. Berbagai konten video yang ada di situs YouTube diunggah oleh para penggunanya dengan tujuan yang berbeda-beda.

Ada pengguna YouTube yang mengunggah video untuk tujuan bersenang-senang, ada yang ingin mempromosikan bisnis dan event, ada yang bertujuan ingin berbagi kepada orang lain, dan lain-lain. Semua pengguna internet pasti lebih suka dengan konten yang terlihat REAL dan atraktif, itulah sebabnya mengapa pengguna internet betah berlama-lama berada di YouTube.

Artikel lain: Cara Menghasilkan Uang Dari Blog: Sudah Terbukti!

Berbagai jenis video bisa kita temukan di YouTube, mulai dari video tutorial, video musik, video berita, video humor, video tentang sains dan teknologi, video dokumentasi seseorang ketika berlibur, video cuplikan film, dan banyak video lainnya.

Kalau kita membuka situs YouTube, maka kemungkinan besar kita akan melihat iklan di sana, baik itu di bagian videonya ataupun di bagian side bar. Iklan tersebut biasanya tampil pada video-video yang jumlah views nya banyak. Nah penghasilan si pemilik video ini berasal dari klik iklan atau jumlah views iklan yang muncul di video tersebut.




Lihat tampilan iklan YouTube di gambar berikut ini,

Cara-Mendapatkan-Uang-Dari-Youtube-01

Lalu Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari YouTube?

Jika ingin mendapatkan uang dari YouTube maka kita harus mengunggah konten video yang unik dan menarik ke YouTube. Semakin banyak views ke video tersebut, maka akan semakin besar peluang penghasilan yang kita dapatkan dari YouTube.

Sebelumnya saya ingin menekankan bahwa tidak ada jaminan bahwa video Anda di YouTube akan menghasilkan banyak uang. Artikel ini semata-mata hanya memberikan informasi tentang cara mendapatkan uang dari YouTube.

Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Membuat Akun YouTube

Tidak sulit untuk membuat akun YouTube, jika Anda pernah membuat akun di salah satu produk Google (misalnya Gmail) maka akun tersebut bisa kita gunakan untuk membuat akun di YouTube. Langkah pertama adalah login ke akun Google Anda (misalnya Gmail), setelah itu buka situs YouTube.com. Nanti Anda akan melihat tampilan situs YouTube seperti gambar berikut ini,

Cara-Mendapatkan-Uang-Dari-Youtube-02.jpg

Langkah berikutnya adalah membuat Channel untuk akun YouTube Anda. Klik link “My Channel” yang ada di sebelah kiri. Nanti akan muncul pilihan, apakah kita akan menggunakan nama asli (nama sewaktu mendaftar email) atau menggunakan nama lain sebagai nama Channel di Youtube.

Bila Anda ingin membuat Channel yang unik, sebaiknya menggunakan nama lain sebagai nama Channel YouTube, misalnya nama domain website Anda atau nama khusus. Klik link “To use a business or other name, click here”, nanti akan diarahkan ke halaman baru.

Lihat gambar,
Cara-Mendapatkan-Uang-Dari-Youtube-03.jpg.png

Pada halaman baru tersebut, masukkan nama Channel yang sesuai dengan yang Anda inginkan. Lalu pilih kategori yang sesuai, jangan lupa centang bagian “I agree to the Pages Terms”, lalu klik “Done”. Lihat gambar,
Cara-Mendapatkan-Uang-Dari-Youtube-04

Setelah langkah di atas, kita akan diarahkan ke halaman Channel milik kita di YouTube. Selanjutnya kita bisa mengatur tampilan Channel tersebut, mulai dari menambahkan gambar untuk icon, menambahkan cover, dan pengaturan lainnya. Sampai di sini kita sudah berhasil membuat akun YouTube dan membuat Channel khusus.

Artikel lain: Sosok 3 Serangkai Di Balik Kesuksesan YouTube

2. Mulai Mengupload Video ke YouTube

Agar bisa menghasilkan uang dari YouTube, kita harus memiliki konten video original yang di-upload ke Channel kita di YouTube. Konten video ini harus milik Anda sendiri atau video yang materinya tidak melanggar hak cipta orang lain, mulai dari materi videonya (video clip, image, logo) sampai back-sound.

Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk mendapatkan ide konten video, kita bisa membuat video unik dengan merekam kegiatan sehari-hari yang unik. Misalnya kegiatan memancing, video tutorial, merekam saat bermain gitar, dan lain-lain.

Di bawah ini adalah salah satu contoh video unik yang banyak sekali ditonton di YouTube, 654.000 views saat artikel ini dibuat.

Rajinlah membuat dan mengunggah video unik ke Channel Anda, setidaknya Anda perlu mengunggah sekitar 100 – 200 video unik dan menarik ke YouTube untuk mendapatkan penghasilan yang lumayan besar. Semakin banyak video yang di-upload ke Channel Anda, maka akan semakin besar peluang untuk mendapatkan penghasilan dari YouTube.

Catatan penting: jangan pernah mengunggah materi video yang melanggar hak cipta orang lain ke dalam Channel YouToube Anda karena hal tersebut bisa membuat akun Anda bermasalah di kemudian hari.

Baca juga: Cara Daftar Google Adsense Agar Cepat Diterima

3. Tingkatkan Popularitas Channel YouTube Anda

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan popularitas Channel YouTube. Diantaranya adalah:

  • Rajin mengunggah video yang bermanfaat, unik, dan menarik. Perhatikan juga kualitas video yang Anda buat, sebaiknya video tersebut memiliki resolusi yang baik dan tampilannya jelas.
  • Fokus mengunggah konten yang sesuai dengan niche atau minat Anda. Bila Anda memiliki keahlian dalam bermain gitar, maka fokuslah membangun video yang berhubungan dengan gitar. Misalnya Anda bisa membuat cover gitar untuk lagu penyanyi terkenal atau pemain gitar terkenal. Dengan begitu Channel Anda akan mudah dikenali oleh para pengguna YouTube.
  • Ajak audiens Anda untuk menjadi subscriber Channel YouTube Anda. Semakin banyak subscriber Anda maka peluang untuk mendapatkan views lebih banyak pada video-video Anda akan semakin besar.
  • Promosikan video atau Channel YouTube Anda ke media sosial lainnya, misalnya ke Facebook.

4. Mendaftar Ke Google Adsense

Walaupun ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan keuntungan dari YouTube. Namun sebagian besar orang lebih memilih menggunakan program Google Adsense untuk me-monetize konten video mereka. Biasanya Channel yang memiliki video dengan banyak views akan mendapatkan undangan langsung dari Google Adsense. Tapi bila kita belum mendapatkan undangan tersebut, kita bisa mendaftarkan diri ke Google Adsense. Silahkan baca tutorial pendaftarannya Di SINI.

Bila sebelumnya Anda sudah memiliki akun Google Adsense, maka Anda tidak perlu mendaftar lagi. Yang perlu dilakukan adalah cukup menghubungkan akun Google Adsense tersebut ke akun YouTube Anda, tentunya email yang digunakan harus sama. Setelah akun Adsense terhubung dengan akun YouTube, maka Anda tinggal menunggu earning yang masuk dari video-video Anda.

Kunci keberhasilan dalam bermain YouTube adalah kreativitas. Semakin banyak video kreatif dan menarik di dalam Channel Anda, maka peluang untuk mendapatkan penghasilan dari YouTube akan semakin besar juga. Tidak ada batasan penghasilan yang bisa Anda dapatkan, karena yang menentukan adalah keunikan, kualitas materi video, dan jumlah views video yang kita unggah ke YouTube.

Penutup

Di atas tadi adalah beberapa langkah cara mendapatkan uang dari YouTube yang bisa Anda lakukan sekarang juga. Perlu diingat bahwa semua bisnis membutuhkan waktu agar menghasilkan, begitu juga dengan para YouTuber. Jika Anda konsisten membangun konten menarik di YouTube, pasti akan tiba waktunya Anda menikmati penghasilan tak terbatas.

Selamat mencoba!



402 total comments on this postSubmit yours
  1. Kak mau tanya dong, kalau iklan yang di pasangnya itu harus milik kita? Atau boleh iklan apa saja punya orang lain misalkan iklan lazada kya gitu?
    Maaf ya kak pemula hehe

    • Kalau mau tampil otomatis di video ya harus pakai iklan Google Adsense, tapi kalau mau pasang iklan Lazada bisa di bagian deskripsi videonya.

  2. 2 tahun lebih saya ngblog hasilnya sedikit sekali. cuma ratusan ribu perbulan. Jadi pengen pindah ke youtuber tapi syarat youtube sekarang benar-benar sulit. Jadi bingung. :( Kurang beruntung nasib cari uang online…

  3. saya udah nyoba ingin mendapatkan penghasilan dari youtube namun untuk menambah viewvernya sangat susah

  4. mau nanya mas,kan sy suka remix,sy dpetin mp3 remix nya dri youTube yg sy download,tapi sy rubah sedikit & sy sambungin mp3 nya jd durasi agak panjangan, trs sy upload apa sy melanggar?

    • Itu sama saja dengan reupload, videonya sama cuma diedit dikit. Menurut saya itu melanggar karena tidak ada ijin dari yang punya video

  5. Gan, kalo 2 akun Gmail bisa dikaitkan dengan 1 akun adsense gak gan???

  6. Bang mau nanya..? apakah setelah video di upload dan mendapat 10.000 penayang baru kita di minta verikasi rekening pemilik akun atau gimana bang, soalnya waktu Mendaftar Ke Google Adsense tidak terlihat kolom registrasi rekening kita.

    Maaf bang pemula jadi masih bingun mohon tanggapannya..”’ hehehe

    • Pertama, mas Hakun sudah punya akun Google Adsense yang terhubung dengan akun YouTube mas. Proses verifikasi akun Google Adsense biasanya bila penghasilan dari iklan sudah mencapai $10, nanti akan dikirim PIN ke alamat kita. Setelah mendapatkan PIN, masukkan PIN tersebut ke kolom yang disediakan untuk verifikasi.

      Setelah proses verifikasi berhasil, selanjutnya mas bisa memilih metode pembayara (Western Union atau Wire Transfer). Pengaturan metode pembayaran ini dilakukan di akun Google Adsense ini hanya bisa dilakukan setelah akun Google Adsense sudah verified.

  7. min selamat malam..
    saya mau tanya kok saya udah daftar di youtube biasa lalu saya daftarkan ke google adsense video yg saya uplod kok ngak muncul digoogle adsense you tube ya knp?

  8. sy sdh buat accout youtube, bagaimana tahu ada danaduit dari youtube? maaf msh pertama kali

    • Video mu sudah ada berapa mas, dan berapa jumlah tayangan videonya? Kalau videonya masih kecil dan tayangannya masih kecil, tidak usah repot ngecek duitnya, pasti belum ada hehehe. Btw akun YouTube nya sudah dihubungkan dengan Google Adsense belum?

  9. Aku kan suka anine ni om
    Sering dwnld dr link goggle
    La klo vidio itu aku ungah ke Yt melangar hak cipta kaga om??

    • Sebenarnya itu melanggar hak cipta mas

  10. mau tanya pak, bagaimana kalau videonya asli dari kita dan kita menaru videonya dengan lagu dari orang lain atau artist dari luar negri?

    • Maksud pak Bolom cover lagu orang ya? Membuat video menyanyikan ulang lagu orang lain dan menguploadnya ke YouTube sebenarnya sudah banyak dilakukan sekarang ini. Itu tidak masalah pak.

  11. mas bagimana caranya dpatkan uang dr youtube .Bantuin aku caranya donk. Daftarnya d mana ….???

  12. Om mau tanya.. Saya punya vidio yang akan saya upload di youtube. Tapi saya belum punya ktp karena belum jadi dan saya berencana pakai ktp ortu nah permasalahannya…. Ktp sama tempat tinggal saya sekarang ini beda( pindah) itu kan adsense memberikan pin. Dan sya bingung mengisi data dirinya. Agar pihak google memberikan pinnya sampai kerumah saya?? TOLONG DI JAWAB!!

    • Pakai data alamat KTP yang baru aja, lalu minta dikirim PIN ulang. Itu kalau pembayarannya disetting dengan WU ya. Tapi kalau selama ini pembayarannya sudah via transfer bank, tenang aja, tidak perlu mengubah apa-apa karena data rekening bank kak Mawar sudah tercatat.

  13. Gan mau nanya, kalau akun adsense buat youtube dan blog di satuin satu akun itu boleh gak, akan berdampak buruk atau tidak bila youtube dan blog akun adsense.nya satu email ?

    • Ya ngga masalah mas. Cuma pertanyaannya, mas Joe ini lebih banyak dapat dari YouTube atau dari blogging? Itu aja yang dimaksimalkan

      • Kbtulan baru kali ini main d youtube mas jd blum tahu

  14. Penghasilan nya itu lngsung masuk ke rekening kita ya..

    • Bisa langsung masuk ke rekening kalau pakai opsi pembayaran wire transfer

  15. Untuk mendapatkan uang minimal harus berapa kali ditonton?

  16. Kayak mana dpt duitnya datangnya dari mana kalau sudah banyak yg melihat dan like masuk duitnya dimana sedangkan penyampaian diatas belum adaa dijelaskan

    • Uangnya didapat dari iklan mas Adrianus. Coba perhatikan YouTube, pasti ada iklan di setiap videonya. Semakin banyak view, maka peluang untuk mendapatkan uang akan semakin besar.

  17. cara pencairan uang nya gimana ya

    • Pencairannya ada dua opsi, yaitu via Western Union dan Wire Transfer. Sebenarnya di awal jangan terlalu pusing cara pencairan uangnya, tapi bagaimana cara membangun sebuah channel yang berisi video-video mantap dan bisa menghasilkan uang

  18. Pake hp daftarnya bisa nggak?

    • Ya bisa dong, asalkan hp nya smartphone ya bukan jadul, misalnya hp nokia Nokia 6110 hehehe

  19. gan kalau yt ane gak ada iklan nya lagi padahal sebelumnya ada, itu kenapa yaa?

  20. Gan.aq udah upload video di youtube..kira kira ada 5 video.. aku jg sudah bkin akun adsense dan jg sudah bermitra dgn google.. lalu semua video sudah termonetis tp yg keluar dr data statistik di youtube cuma satu video yg lain nya tidak..dan di akun adsense jg pendapatan msh saja nol.tidak ada perkembangan..apa yg salah ya gan..tolong bantuannya

    • Membuat sukses
      Saluransaye.

  21. Gan boleh minta alamat fb atau pin bb anda??

  22. Mau nnya gan apakah pecairan youtube bisa lewat paypal.,

    Dan ESTIMATED EARNINGS Saya $0.36-$6. Itu nilai yg asli ny yg mna apa yg $0.36. Atau yg $6

    • Pencairannya tidak ada pilihan melalui paypal adanya hanya Transfer antar bank khusus untuk akun Indo. Earning $0.36 memang segitu, bukan menjadi $6 .

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud