Cara Menghasilkan Uang dengan Menjadi Buzzer di Instagram, Baca Ini

Menghasilkan Uang dengan Menjadi Buzzer di Instagram

Bagaimana cara mendapatkan uang dengan menjadi buzzer di Instagram? Topik ini menjadi sangat menarik karena melihat fakta bahwa media sosial Instagram merupakan salah satu medsos yang sangat digemari masyarakat dan penggunanya sangat banyak di Indonesia saat ini, khususnya kaum milenial.

Jumlah pengguna Instagram yang terus bertambah ternyata membuka banyak peluang usaha yang menjanjikan dan memberikan kesempatan bagi penggunanya untuk menghasilkan uang. Salah satu cara menghasilkan uang dari Instagram yang cukup populer saat ini adalah menjadi Buzzer.

Apa itu Buzzer? Kata buzzer sebenarnya diambil dari kata dasar Buzz yang artinya ‘percakapan’ atau ‘pembicaraan’. Secara terminologi Buzzer berarti orang yang dianggap bisa membuat sebuah topik menjadi bahan pembicaraan di masyarakat luas, bukan hanya di internet tapi juga di dunia nyata.

Berdasarkan informasi yang saya temukan dari berbagai sumber, menjadi Buzzer di Instagram ternyata bisa menghasilkan uang puluhan juta hingga ratusan juta rupiah per bulan. Angka yang fantastis. Dengan penghasilan sebesar itu, tentunya banyak orang yang berminat menjadi Buzzer.

Tapi tunggu dulu bro/ sis, itu tidak semudah yang Anda pikirkan!

Kriteria Menjadi Buzzer di Instagram

Menjadi seorang buzzer di Instagram berarti Anda telah memenuhi kriteria untuk mempromosikan sebuah brand atau produk melalui akun Instagram Anda. Untuk menjadi seorang buzzer yang diminati oleh advertiser tentunya akun Instagram Anda harus memenuhi kriteria tertentu.

Beberapa kriteria akun Instagram yang bisa sukses menjadi buzzer di Instagram, diantaranya:

  • Punya banyak followers, semakin banyak followers maka kemungkinan mendapatkan advertiser akan semakin besar. Tapi bukan sekedar banyak followers ya, tapi followers tersebut harus real user bukan akun fake atau robot.
  • Postingan di akun Instagram Anda sebaiknya punya topik khusus yang diangkat. Misalnya Anda adalah orang yang suka traveling, maka postingan Anda lebih banyak tentang foto-foto tempat yang Anda kunjungi.
  • Setiap postingan di akun Instagram Anda harus punya engagement yang tinggi. Dengan kata lain, setiap postingan Anda di Instagram mendapat banyak respon dari para followers. Misalnya respon dalam bentuk komentar, love, atau bahkan regram.
  • Akun Instagram Anda harus aktif dan sering memposting gambar-gambar dan video yang menarik, istilahnya Instagramable.

Beberapa kriteria di atas menurut saya standar keharusan bagi yang ingin menjadi buzzer Instagram. Selain itu, tentu saja masih ada hal-hal lain yang bisa membuat sebuah akun Instagram menjadi buzzer yang sukses.




Langkah-Langkah Cara Jadi Buzzer di Instagram

Untuk memulai menjadi buzzer Instagram, akun Anda harus punya followers setidaknya sebanyak 25.000 followers. Kenapa harus 25.000 followers? Itu standar biasa menurut saya, karena saya perhatikan buzzer di Instagram itu rata-rata punya ratusan ribu hingga jutaan followers.

Seperti yang disebutkan di atas, akun Instagram Anda harus punya topik khusus yang ingin diangkat. Postinglah berbagai gambar dan video menarik yang berhubungan dengan topik yang Anda pilih. Posting sebanyak mungkin dan sesering mungkin secara berkala, ini juga bisa membantu menambah followers di Instagram.

Ok, untuk lebih jelasnya berikut ini adalah beberapa langkah cara menjadi buzzer di Instagram:

Artikel lain: Cara Menjadi Buzzer yang Disukai Brand, 4 Tips dari Buzzer Terkenal

1. Menentukan Topik yang Akan Diangkat

Ada banyak sekali topik menarik yang bisa Anda pilih, tapi pastikan topik tersebut adalah topik yang punya banyak target audiens. Salah satu niche yang banyak diikuti oleh pengguna Instagram adalah topik berita dan gosip, ini fakta lho bukan asal sebut.

Jadi, jangan heran dengan akun Instagram seperti Lambe Turah dan akun dengan niche yang mirip punya banyak followers. Tapi Anda ga harus ikut mengangkat topik itu ya, silahkan pilih sesuai dengan minat.

Misalnya Anda ingin memilih niche humor (ini contoh ya), maka Anda bisa melakukan riset kata kunci yang berhubungan hal-hal yang lucu di Instagram. Anda pasti akan menemukan banyak sekali akun Instagram dengan topik humor. Perhatikan postingan akun-akun tersebut, Anda bisa meniru ide mereka.




Intinya, semakin banyak peminat topik yang dipilih maka semakin besar kemungkinan mendapat banyak followers.

2. Memilih Nama Akun Instagram yang Unik

Pilih nama akun yang mudah diucapkan dan mudah diingat, tapi jangan langsung terapkan diterapkan di Instagram. Ketik nama yang Anda pilih di kolom pencarian Instagram atau bisa juga dengan bantuan Google.

Anda bisa mencari kata kunci yang berhubungan dengan humor di Google. Nama akun Instagram Anda bisa dipilih sesuai dengan topik, misalnya:

  • Instagram.com/lucu.aja
  • Instagram.com/bikin.ngakak
  • Instagram.com/mari.tertawa
  • Dan lain sebagainya

3. Membuat Akun Instagram Baru

Setelah berhasil menentukan topik dan juga nama akun Instagram, selanjutnya Anda bisa membuat akun Instagram yang baru. Perlu diperhatikan juga, untuk membuat akun baru ini sebaiknya Anda membuat email khusus yang menggunakan nama akun Instagram yang dipilih.

Misalnya Anda memilih nama Instagram Mari Tertawa, maka akun email baru Anda dibuat menjadi [email protected] (ini contoh ya). Saya sangat menyarankan untuk menggunakan Gmail karena aman dan mudah digunakan. Kalau Anda belum pernah bikin email, baca artikel tentang cara membuat email.

wajah lucu Yao Ming

Email baru ini nantinya digunakan untuk membuat akun Instagram baru dan juga untuk berkomunikasi dengan klien yang minta diendorse. Dengan kata lain, email ini akan jadi email bisnis Anda, jadi bijaklah memilih nama emailnya.

Pasanglah avatar yang menarik dan sesuai dengan topik yang Anda angkat. Bila mengangkat topik humor maka avatar Anda juga harus lucu, misalnya pakai wajah Yao Ming yang tertawa (ini contoh ya).

Perhatikan juga cara penulisan bio akun Instagram Anda dan penggunaan hashtag. Pastikan bio dan hashtag di bio Anda berhubungan dengan topik yang dipilih.

4. Download Gambar dan Video dari Google

Memposting gambar di Instagram memang mudah, tapi bila Anda ingin menjadi buzzer maka Anda harus memposting gambar yang sesuai dengan topik yang dipilih. Gambar-gambar dan video tersebut bisa didapatkan dari Google Video dan Google Images. Sebagai awal, download gambar dari Google sebanyak 100 – 200 gambar dari Google.

Perlu diperhatikan juga gambar di Instagram itu bentuknya persegi, jadi sebaiknya carilah gambar yang bentuknya persegi. Jangan pakai gambar yang persegi panjang karena akan ada bagian gambar yang terpotong.

Anda bisa mendownloadnya melalu komputer, lalu mengirimnya ke Smartphone Anda dengan menggunakan kabel data. Pastikan membuat folder khusus untuk gambar tersebut agar mudah diposting ke Instagram.

5. Mulai Memposting Gambar dan Video

Di awal-awal posting gambar dan video ke Instagram, sebaiknya tidak lebih dari 10 postingan per hari yang dipublish setiap dua jam. Tambahkan caption dan hashtag yang sesuai dengan gambar/ video yang diposting.

Jangan memberikan hashtag terlalu banyak pada postingan karena akun Instagram baru bisa beresiko kena ban.

6. Follow Akun Lain Sebanyak Mungkin

Untuk akun baru, kemungkinan besar pasti followers Anda masih sedikit atau bahkan tidak ada. Untuk mendapatkan followers, maka Anda perlu memfollow orang lain lebih dulu dan berharap orang tersebut follow back.

Kegiatan following orang-orang di Instagram harus dibarengi dengan postingan yang menarik di akun Anda. Semakin menarik postingan di akun Anda, maka semakin besar peluang untuk mendapatkan follow back dari orang lain.

Dalam sehari, Anda bisa memfollow sekitar 200 orang. Dari 200 orang ini tidak semuanya akan follow back, tidak masalah selama persentase follow back akun Instagram Anda sebesar 40% – 50%, lebih dari angka itu berarti Anda cukup beruntung.

Tips: Untuk mendapatkan followers tertarget, cari akun Instagram yang topiknya sama dengan Anda. Pilih akun Instagram yang followersnya lebih dari 100.000, lalu follow semua followers nya satu persatu.

7. Mulai Menghasilkan Uang dari Instagram dengan Menjadi Buzzer

Setelah melakukan langkah 1 – 6 selama beberapa bulan, maka dapat dipastikan followers Anda akan mencapai 20.000an (bila Anda melakukannya dengan benar). Ketika followers Anda sudah 20ribu lebih, maka Anda sudah bisa mulai menghasilkan uang dari Instagram dengan menjadi buzzer.

Caranya, Anda harus mau ‘jemput bola’ dengan menghubungi beberapa akun Instagram jualan online yang followersnya masih sedikit. Di awal, Anda bisa memberikan harga murah, misalnya Rp100 ribu – Rp200 ribu untuk satu postingan.

Teruslah melakukan posting dan following untuk mendapatkan lebih banyak followers baru. Anda bisa terus menawarkan shout out kepada akun Instagram yang butuh promosi. Dan seiring bertambahnya followers Anda, maka Anda bisa menyesuaikan harga promosi di akun Instagram Anda.

Tips: Berikan harga khusus kepada pelanggan yang melakukan repeat order

Baca juga: Mengenal Apa Itu Instagram Takeovers

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat cara menghasilkan uang dengan menjadi buzzer di Instagram. Mungkin di awal terlihat rumit, tapi bila Anda telaten melakukannya maka lama kelamaan akan terasa mudah.

Potensi penghasilan menjadi buzzer di Instagram besarnya tidak terbatas. Tergantung niche yang Anda pilih, jumlah followers, dan juga kualitas postingan di akun Instagram Anda. Selamat mencoba!



2 total comments on this postSubmit yours
  1. ternyata begitu yah cara jadi buzzer, saya kira harus selalu buat berita yang jadi trending topik gitu,, tapi asik juga nih ilmunya om, makasih udah share

  2. tambah pundi-pundi uang dengan cara asyik di Instagram. Makasih saran dan tips detailnya om….

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud