Beranda Startup Apa Itu Startup: Pengertian, dan Perkembangan Bisnis Startup di Indonesia

Apa Itu Startup: Pengertian, dan Perkembangan Bisnis Startup di Indonesia

Pengertian Startup Adalah
Ilustrasi bisnis startup

Pengertian Startup Adalah

Sebenarnya, apa itu Startup? Mungkin masih banyak orang yang belum memahami istilah ini. Kata Startup sendiri merupakan serapan dari Bahasa Inggris yang berarti tindakan atau proses memulai sebuah organisasi baru atau usaha bisnis.

Menurut Wikipedia, arti startup adalah merujuk pada perusahaan yang belum lama beroperasi. Perusahaan-perusahaan ini sebagian besar merupakan perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat.

Pengertian startup di atas mungkin lebih pada terminologinya, namun menurut saya akan lebih mudah jika istilah Startup diartikan sebagai perusahaan baru yang sedang dikembangkan. Mulai berkembang akhir tahun 90an hingga tahun 2000, nyatanya istilah Startup banyak ‘dikawinkan’ dengan segala yang berbau teknologi, web, internet dan yang berhubungan dengan ranah tersebut.

Kenapa itu bisa terjadi?

Sejarah Singkat Bisnis Startup

Kembali melihat ke belakang, ternyata penggunaan istilah startup pada hal-hal yang berhubungan dengan teknologi, website, internet, dan lainnya, terjadi dikarenakan istilah Startup sendiri mulai popular secara internasional pada masa buble dot-com.

Lalu apa lagi buble dot-com  itu? Fenomena buble dot-com adalah ketika pada periode tersebut (1998-2000) banyak perusahaan dot-com didirikan secara bersamaan. Pada masa itu sedang gencar-gencarnya perusahaan membuka website pribadinya.

Semakin banyak orang yang mengenal internet sebagai ladang baru untuk memulai bisnisnya. Dan waktu itu pula lah, Startup lahir dan berkembang.

Namun menurut Ronald Widha dari TemanMacet.com, Startup tidak hanya perusahaan baru yang bersentuhan dengan teknologi, dunia maya, aplikasi atau produk tetapi bisa juga mengenai jasa dan gerakan ekonomi rakyat akar rumput yang bisa mandiri tanpa bantuan korporasi-korporasi yang lebih besar dan mapan.

Setelah berputar-putar mencari informasi tentang Startup lewat bantuan mbah Google, ada informasi mengenai karakteristik dari sebuah perusahaan yang dapat di golongkan sebuah stratup. Beberapa karakteristik perusahaan Startup tersebut diantaranya:

  • Usia perusahaan kurang dari 3 tahun
  • Jumlah pegawai kurang dari 20 orang
  • Pendapatan kurang dari $ 100.000/tahun
  • Masih dalam tahap berkembang
  • Umumnya beroperasi dalam bidang teknologi
  • Produk yang dibuat berupa aplikasi dalam bentuk digital
  • Biasanya beroperasi melalui website

Dari karakteristik tersebut mungkin nampak bahwa stratup lebih condong ke perusahaan yang bergerak di bidang teknologi dan web. Namun faktanya memang seperti itu, kini perkembangan perusahaan yang lazim dilabeli nama Stratup adalah perusahaan yang berkenaan dengan bidang teknologi dan online.

Perkembangan Bisnis Startup di Indonesia

Perkembangan bisnis Startup di Indonesia bisa dikatakan cukup pesat dan menggembirakan. Setiap tahun bahkan setiap bulan banyak founder (pemilik) Startup baru bermunculan. Menurut dailysocial.net, sekarang ini terdapat setidaknya lebih dari 1500 Startup lokal yang ada di Indonesia. Potensi pengguna internet Indonesia yang semakin naik dari tahun ke tahun tentunya merupakan suatu lahan basah untuk mendirikan sebuah Startup.

Berdasarkan beberapa riset, pada tahun 2013 saja diperkirakan pengguna internet di Indonesia mencapai 70 juta orang, bisa dibayangkan berapa jumlah user internet Indonesia beberapa tahun kedepan. Selain itu daya beli masyarakat yang meningkat seiring dengan naiknya pendapatan perkapita masyarakat negeri ini ikut mempengaruhi perkembangan industri digital.

Menurut Rama Mamuaya, CEO dailysocial.net, Startup di Indonesia digolongkan dalam tiga kelompok yaitu;

  1. Startup pencipta game
  2. Startup aplikasi edukasi
  3. Startup perdagangan seperti e-commerce dan informasi.

Menurutnya Startup game dan aplikasi edukasi punya pasar yang potensial dan terbuka di Indonesia. Hal ini dikarenakan proses pembuatan game dan aplikasi edukasi relatif mudah.

Dengan berkembangnya media sosial dan smartphone, pasar untuk mobile game dan social game semakin besar. Sementara itu untuk aplikasi atau website yang bergerak di bidang e-commerce dan informasi, Rama menilai tantangan e-commerce di Indonesia masih cukup besar dikarenakan masih minimnya penggunaan kartu kredit. Namun untuk yang berbau informasi atau berita berbagai tema, perkembangannya justru jauh lebih pesat lagi.

Di Indonesia sekarang ini telah banyak berdiri komunitas founder-founder Startup, diantaranya adalah;

  1. Bandung Digital Valley (bandungdigitalvalley.com)
  2. Jogja Digital Valley (jogjadigitalvalley.com)
  3. Ikitas (www.ikitas.com) Inkubator Bisnis di Semarang
  4. Stasion (stasion.org) wadah bagi Startup lokal kota Malang
  5. Dan masih banyak lagi yang lainnya

Dengan adanya komunitas ini tentunya akan memudahkan para founder untuk saling sharing, membimbing bahkan untuk menjaring investor. Para founder dapat pula mengikuti kompetisi yang diadakan oleh beberapa perusahaan seperti Telkom untuk menjadi investor mereka.

Hal yang paling utama untuk mendirikan Startup adalah tim yang solid, karena dengan adanya tim yang solid bisa memunculkan ide-ide baru yang kreatif dan inovatif. Dengan ide dan eksekusi yang tepat, tentunya para founder tidak akan kesulitan menarik minat masyarakat maupun mencari investor.

Dalam sebuah wawancara yang dilakukan oleh wartawan Warta Ekonomi kepada Molly Nagler (Startup Mentor di Silicon Valley), Molly mengatakan bahwa hampir semua Startup gagal, namun kegagalan itu tidak harus dipandang sebagai sesuatu yang negatif karena masih banyak sisi positif didalamnya. Maksudnya adalah jika founder Startup gagal saat melakukan eksekusi maka ia berkesempatan untuk belajar sesuatu yang baru dan ilmu baru, seperti konsep trial and error pada umumnya.

Startup-Startup lokal yang kini sudah mencetak sukses di dunia maya diantaranya Kaskus dan Urbanesia. Semoga Startup lokal Indonesia bisa terus bertambah dan berkembang sehingga bisa merambah pengguna internet internasional seperti Facebook, Twitter, dan lain-lain. Semoga :)

Baca juga: Startup Sukses Dimulai dari Kerjasama 3 Pihak Utama Ini

Sebagai penutup, berikut ini sebuah video wawancara singkat dengan CEO Urbanesia mengenai perkembangan Startupnya di Indonesia.

60 KOMENTAR

  1. Makasih mas saya juga ingin, sekali membuat startup mas tamsilan.com kira kira mampukan saya mas yah kalau uang modalnya cuma 10 jutaan?

  2. Bicara soal startup, rata-rata startup di Indonesia kebanyakan lebih ke dunia teknologi informasi dan komunikasi.

  3. Banyak startup yg tumbang, dan banyak juga yg bermunculan… sukses terus mas maxmanroe.

  4. Kita ini sekarang hidup di zaman yang serba online. Kita harus bisa memanfaatkan ini untuk keperluan bisnis kita.

  5. Startup kian banyak bermunculan, dengan manfaat yang beragam untuk orang banyak. Ada yang menanjak dan terkenal ada yang tenggelam tak dikenal. Namun harus tetap semangat buat yang ingin melakukan inovasi dengan berbagai ide kreatifnya.

  6. Info yg bermanfaat. Sy baru tau kl start-up itu bisnis yg harus ada IT dan internet, kl tanpa itu, mgkn disebutnya UMKM saja atau kalau di jalanan ya PKL. Bagaimana dgn bisnis blog (blog yg dikomersialkan)? Thx

  7. Bicara soal startup, rata-rata startup di Indonesia kebanyakan lebih ke dunia teknologi informasi dan komunikasi..

  8. Apabila ada yang berminat mendirikan atau sekedar konsultasi startup di bidang Fintech, saya dan perusahaan mempunya relasi yang bisa bantu temen2, hubungi 0817617616 – Roy. Thanks.

  9. terima kasih bang Marikxon, saya sedikit mendapat pencerahan tentang start up

  10. Tiga tahun memulai startup sendiri, saya banyak belajar dan terinspirasi dari blognya mas marixon manurung. Semoga 2019 Maxmanroe.com Semakin di depan….

  11. ada yang mau gabung gak saya sedang mempersiapkan startup Moviepreneur.com

  12. Startup itu perusahaan digital,
    Contoh ada punya toko mesin jahit itu belum startup, tetapi jika anda membuat aplikasi khusus untuk toko mesin jahit anda itu baru termasuk startup, bisa seperti jual beli online, order pakaian online, pengukuran ukuran baju online melalui aplikasi tersebut. Dan jangan pernah membuat startup klo tidak ada pasarnya.

    • niiihh
      startup itu adalah usaha yg dirintis dari awal.

      sedangkan usaha yang membuat aplikasi itu adalah jenis dari startup.

      yaitu startup digital.

  13. Perkembangannya di tahun ini semakin pesat. banyak yang bermunculan dengan cara -cara unik. yang lama dan senior juga mulai terusik dari segi persaingan.

  14. Maaf saya keluar dari wadah nya. Saya sedang mencari orang yang berminat membentuk bisnis start up tentang korean drama, dan menjadi bisnis seperti dramafever.com
    Jika ada yang berminat silahkan email sya di mia.ps2106[at]gmail.com
    Trims

  15. sy jg berpikir untuk mendirikan startup mulai dr pembuatan game,semoga berhasil

    • taufik putranto

      Iya nih sama sy jg pingin start up pembuatan game.

    • Billy Glynton Gultom

      pak saya sangat tertarik dengan industi digital game, oleh saya join?

  16. Apakah blog juga termasuk start up mas?

  17. Start-up memang lekat dengan dunia bisnis UKM berbasis internet ya gan..

    • bidang usaha saya jahit-menjahit pakaian laki-laki dan perempuan, mesin jahit dan perlengkapannya. Ingin usaha saya menjadi Star-up, adakah yg bisa bantu bekerja sama membantu membesarkannya.

      Dari Bogor Jawa Barat

  18. Saya masih belum bisa memahami tulisan tentan bisnis startup. Ada tidak pengertan yang mudah di cerna ?

  19. Dari tahun ke tahun bisnis startup memang terus mengalami perkembangan dengan pesat dengan melihat statistik pengguna internet yang meningkat dan juga pengguna smartphone terus bertambah sehingga memanjakan orang-orang untuk mencari apa yang dibutuhkan dengan mudah dan cepat.

Tinggalkan Balasan