9 Cara Menghasilkan Uang dari Instagram Nyaris Tanpa Modal [Update]

Menghasilkan Uang di Instagram

Menghasilkan uang dari Instagram bukan hal baru lagi bagi sebagian orang. Bahkan sekarang ada banyak sekali cara unik untuk menghasilkan uang dari media sosial berbasis gambar dan video singkat ini.

Ngga percaya? Atau belum tahu? Baca terus artikel ini ya.

Hari gini siapa sih yang ngga kenal dengan Instagram. Di Indonesia, Instagram merupakan salah satu media sosial yang sangat populer saat ini.

Menurut sebuah artikel berita di situs CNN, pada pertengahan tahun 2016 lalu pengguna Instagram di Indonesia saja mencapai 22 juta orang. Tentu pengguna Instagram ini terus meningkat di tahun 2021 dan seterusnya.

Lalu apa yang terpikirkan oleh Anda dengan angka tersebut? PELUANG USAHA! Di mana ada keramaian, di situ ada peluang bisnis yang menguntungkan! Ini hukum alam yang wajib kita syukuri.

Lalu, bagaimana cara menghasilkan uang dari Instagram yang telah membuat Anda penasaran? Simak ulasannya ringkasnya di artikel ini.

Cara Menghasilkan Uang dari Instagram Nyaris Tanpa Modal

Berdasarkan riset kecil-kecilan yang saya lakukan, berikut ini adalah beberapa cara yang paling sering dilakukan untuk mendapatkan uang dari Instagram.

1. Menjual Produk Fisik dan Digital di Instagram

Berjualan di Instagram
Image via instagram.com/butiklaris9

Menjual suatu produk merupakan cara yang paling umum kita temukan di Instagram. Ada banyak sekali akun Instagram yang dibuat khusus untuk berjualan.

Produk yang dijual di Instagram sangat beragam baik produk fisik maupun produk digital, dan disesuaikan dengan dengan ceruk akun Instagram-nya.

Beberapa jenis produk fisik yang paling laris dijual di Instagram diantaranya;

  • Produk fashion (sepatu, baju, celana, aksesoris, dan lain-lain)
  • Produk kosmetik (perawatan wajah, pemutih, pelangsing, dan lain-lain).
  • Produk kesehatan (herbal, makanan dan minuman suplemen kesehatan, alat kesehatan pribadi, dan lain-lain).

Sedangkan produk digital yang dijual di Instagram biasanya adalah eBook, software, dan juga membership. Namun sejauh pengamatan saya, produk digital belum begitu populer dipasarkan di Instagram.

Mereka yang tidak punya produk sendiri, biasanya berjualan dengan sistem dropship atau reseller dari toko online lain.

Jadi, tidak ada alasan untuk tidak bisa berjualan online di Instagram. Media promosinya sudah ada dan produk yang mau dijual pun sudah ada.

Baca juga: Ide Bisnis Online Modal Kecil

2. Menjual Jasa di Instagram

Jual Jasa Desain di Instagram
Image via instagram.com/designlogoservices

Selain berjualan produk fisik dan produk digital, di Instagram kita juga bisa menemukan akun yang menjual jasa. Lalu jasa apa yang bisa dijual untuk menghasilkan uang dari Instagram?

Beberapa jenis jasa yang paling sering saya temukan di jual di Instagram antara lain:

  • Jasa membuat desain (desain logo, desain kartu nama, desain banner, dan lain-lain)
  • Jasa pembuatan website/ blog
  • Jasa desain interior
  • Jasa pemasaran online
  • Jasa paid promote
  • Jasa yang berhubungan dengan Instagram (admin IG, mengelola konten IG, desain feed IG, edit foto IG, dan lain-lain).

3. Mempromosikan Link Afiliasi

Untuk menghasilkan uang dengan affiliate marketing, Anda harus bergabung dengan program affiliasi yang pembayarannya cukup tinggi.

Affiliate Marketing

Jadi, Anda bisa menambahkan link affiliasi milik Anda di akun Instagram. Setiap ada penjualan dari link affiliasi tersebut, maka Anda akan mendapatkan komisi.

Perlu diketahui bahwa URL di setiap caption Instagram tidak dapat diklik. Jadi, memasang URL atau link affiliasi di bagian caption menurut saya tidak efektif.

Anda bisa menambahkan link affiliate Anda pada bagian bio.

Pada umumnya pengguna Instagram memperhatikan caption setiap postingan. Pada caption, Anda bisa menuliskan call to action atau mengajak followers untuk melihat link di bagian bio Anda.

4. Menghasilkan Uang dari Instagram dengan Menjadi Buzzer

Menghasilkan uang dari Instagram yang satu ini cukup banyak dilakukan oleh para pemilik akun Instagram yang punya banyak followers.

Menurut beberapa informasi yang saya temukan di beberapa website, jasa buzzer di Instagram ini bisa menghasilkan uang setidaknya $40 per hari.

Namun untuk bisa menarik perhatian calon advertiser, akun Instagram Anda harus punya setidaknya 100.000 followers. Bahkan ada beberapa advertiser yang mematok minimal 500.000 followers.

Biasanya yang membutuhkan jasa buzzer ini adalah para pedagang online yang punya sedikit followers. Dengan jasa buzzer diharapkan mereka mendapatkan followers baru atau terjadi penjualan produk.

Bagi Anda yang mau meningkatkan Followers secara alami dan organik, Activfans bisa menjadi solusi. Karena tools Instagram ini akan membantu Anda meningkatkan followers organik sesuai dengan target market yang anda atur. 

Baca artikel: Cara Menghasilkan Uang dengan Menjadi Buzzer di Instagram

5. Bisnis Jasa Titip Beli Barang

Bisnis jasa titip beli di Instagram
Image via instagram.com/oriori.supply

Bisnis yang satu ini sangat cocok dikerjakan oleh para pengguna Instagram yang juga punya hobi belanja dan traveling. Mereka disebut juga sebagai personal shopper dan kebanyakan yang menjalankan usaha ini via Instagram adalah para wanita.

Jika kebetulan Anda sering traveling ke tempat-tempat yang menarik (misalnya luar negeri), Anda bisa menjalankan bisnis jasa titip beli barang ini.

Anda juga bisa menjalankan bisnis ini di dalam negeri saja, misalnya dengan cara sering mengunjungi pameran, distro, mall, pusat perbelanjaan, dan tempat-tempat menarik lain yang sering menjual produk-produk yang unik.

Lalu Anda foto semua produk yang ada di sana dan posting di akun media sosial Anda dengan memberikan tag seperlunya. Dengan cara ini Anda bisa menjalankan sebuah usaha dengan modal yang minim tapi menguntungkan.

6. Berjualan Foto di Instagram

Berjualan Foto di Instagram
Image via instagram.com/agus_harianto_pictures

Nah, ini sangat cocok untuk mereka yang punya hobi fotografi dan sering menghasilkan jepretan foto yang bagus. Para pecinta fotografi bisa memposting foto-foto hasil karya mereka ke Instagram, tentunya dengan memberikan watermark terlebih dahulu.

Dari sekian banyak pengguna Instagram, kemungkinan besar akan ada yang tertarik untuk membeli foto Anda tersebut. Jika mereka ingin mendapatkan foto tanpa watermark, mereka bisa membelinya dari Anda.

7. Menghasilkan Uang di Instagram dengan Menjadi Endorser

Menghasilkan Uang di Instagram dengan Menjadi Endorser
Image via instagram.com/gisel_la

Metode yang satu disebut juga dengan sponsored posts. Namun tidak mudah untuk menjadi seorang content creator yang dibayar postingannya.

Sebagai catatan, endorser ini berbeda dengan buzzer. Menjadi seorang endorser berarti Anda seperti seorang ambasador sebuah produk tertentu.

Dan untuk menjadi seorang endorser, Anda haruslah seseorang yang terkenal dan punya banyak fans yang bisa Anda pengaruhi.

Salah satu contoh endorser yang cukup terkenal di Instagram adalah Ayu Tinging. Sebagai seorang endorser, Ayu Tingting akan mempromosikan sebuah produk di akun Instagram miliknya dengan menggunakan format tertentu, misalnya teks, gambar, atau video singkat.

Selain mendapatkan uang, seorang endorser akan mendapatkan produk yang dipromosikan olehnya secara gratis. Baca penjelasan lebih lengkap dalam artikel mengenai arti endorse.

8. Berjualan Akun Instagram

Jual Akun Instagram
Image via instagram.com/jualakunig.jkt

Cara mendapatkan uang dari Instagram yang satu ini biasanya dilakukan oleh para ‘peternak’ akun Instagram. Bisnis ternak akun Instagram ini cukup marak lho, dan terbukti cukup banyak yang membeli akun Instagarm yang mereka jual.

Tentu saja akun yang dijual bukan sembarang akun. Para peternak akun Instagram ini biasanya menjual akun yang sudah cukup umur dan punya followers yang spesifik.

Bagaimana cara mereka berternak akun Instagram? Biasanya mereka menggunakan software khusus untuk meningkatkan jumlah followers, namun tentu saja ada resiko dan hal lain yang mereka hadapi. Jadi, tidak sembarang orang bisa berjualan akun Instagram.

9. Mengikuti Kuis di Instagram

Kuis Gratis

Ada banyak lho kuis yang diselenggarakan di Instagram. Meskipun tidak bisa dijadikan sumber penghasilan tetap, tetapi dengan mengikuti kuis maka Anda bisa menghasilkan uang dari Instagram meskipun followers mu sedikit.

Anda bisa menemukan berbagai kuis dengan mengetikkan kata kunci “kuis” di kolom pencarian di Instagram. Nanti Anda akan dapat melihat berbagai jenis kuis, mulai dari giveaway kecil-kecilan, hingga kuis yang berhadiah uang yang fantastis yang diselenggarakan oleh perusahaan atau brand ternama.

Cara ikut serta dalam kuis biasanya sangat mudah, cukup mengikuti beberapa langkah yang disebutkan oleh penyelenggara. Misalnya, menjawab pertanyaan singkat, mention teman IG, repost,dan lain-lain. Namun, untuk kuis yang berhadiah besar biasanya ada tantangan membuat sebuah video IG yang kreatif.

5 Tips Saat untuk Menghasilkan Uang dari Instagram

Dari beberapa peluang yang disebutkan di atas, tentunya ada salah satu yang cocok untuk Anda kerjakan. Agar aktivitas menghasilkan uang dari IG dapat berjalan lebih optimal maka kamu harus melakukan beberapa hal penting, yaitu:

1. Isi Bio IG dengan Lengkap

Gunakan nama yang merepresentasikan diri Anda disertai dengan informasi kontak. Selain itu, tambahkan hashtag tertentu yang sesuai dengan diri Anda agar mudah ditemukan.

2. Posting Secara Rutin

dengan memposting konten secara rutin (1-2 hari sekali) maka akun IG Anda akan terlihat lebih sering di beranda orang lain. Ini juga dapat meningkatkan jumlah followers.

3. Posting Konten Berkualitas

Selalu posting konten berkualitas, baik itu foto maupun video. Hal ini akan berpengaruh pada image Anda di Instagram.

4. Gunakan Hashtag (#)

Pastikan selalu menggunakan hashtag setiap kali memposting foto atau video di Instagram. Namun, tentu saja hashtag yang digunakan harus sesuai dengan konten.

Anda bisa mencontoh dan menggunakan hashtag yang sudah populer atau banyak digunakan oleh akun IG yang terkenal.

5. Berinteraksi Dengan Followers

Keterlibatan Anda dengan followers dalam komentar dapat mempengaruhi popularitas akun IG Anda. Selain itu, Anda juga bisa memberikan like pada postingan orang lain yang Anda sukai.

Baca juga: Cara Cepat Mendapatkan Uang Dari Internet

Penutup

Dari penjelasan di atas kita tahu bahwa peluang untuk menghasilkan uang dari Instagram sebenarnya cukup banyak yang menjanjikan.

Anda bisa memilih salah satu cara yang sesuai dengan kemampuan Anda, dan saya optimis bahwa semua orang bisa menghasilkan uang dari akun Instagram mereka.

Selamat mencoba!

Rio Brian

Rio Brian adalah content writer, editor, dan sekaligus co-admin di Maxmanroe.com. Memiliki minat besar pada bisnis online, social media, dan blogging.

33 pemikiran pada “9 Cara Menghasilkan Uang dari Instagram Nyaris Tanpa Modal [Update]”

  1. jadi kepingin buat akun IG bisnis ni habis baca artikelnya , makasih mas.

    Balas
  2. Instagram semakin hari makin banyak penggunanya, saya rasa facebook kedepannya bakal kalah dengan aplikasi ini :v sampe buat orang kaya soalnya tuh

    Balas
  3. Jastip lagi rame tuh um, tiap kali buka IG, banyak banget saya liat temen yg ngepost bisa titip buku di BBW… lumayan tuh fee-nya… ada yg ngitung per buku ada yg per paket…

    Balas
  4. bagus banget infomasinya, jadi saya baru tau kalau orang yang bikin akun instagram cewek2 itu untuk dijual ya, karena kontennya saya amati sama e. salam kunjungi balek mas

    Balas
  5. Saya pernah coba ternak akun buat dijual, jualan akun Instagram lumayan dusah laku nys. Mending jualan di Instagram

    Balas
  6. Kalau kita bukan siapa siapa, untuk jadi buzzer kayaknya agak susah. Follower minimal saja disebutkan 100k, apalah kita yg cuma 4k doang haha.

    Paling cocok memang jasa, atau jualan. Atau buat buat akun seperti dagelan dll

    Balas
  7. Bisnis dropship itu juga lagi rame di instagram. Tapi memang butuh jumlah follower yang banyak.

    Balas
  8. instagram sampai sekarang yang masih paling populer dibanding sosial emdia lainnya. Tapi sepertinya sulit juga untuk mendapat follower sebanyak itu, pasti butuh perjuangan untuk upload konten setiap harinya. Dan juga kalau mau pakai hashtag biar ada orang lain yang like atau follow juga sudah susah karena selalu tertutup dengan akun akun besar lainnya.

    Balas
  9. Ig ramai buat jualan, nanti ada sosmed lain lagi ramai pindah… begitulah. semoga beruntung

    Balas
  10. Instagram sekarang parah banget sih, asal ada sedikit skill seperti yg disebutkan buat logo kek, apa kek, bahkan instagram juga bisa buat bisnis kecil atau rumahan punya jangkauan yang luas banget.

    Balas
  11. Thanks bang untuk tulisannya, sangat bermanfaat tentunya :)
    Oia kira2 kedepannya socmed apa yang bakal booming ya? sebelumnya kan ada fanspage FB terus Twitter terus sekarang IG.

    Balas
  12. Instagram sudah jadi sarang untuk orang menghasilkan uang, entah itu dia jualan kosmetik atau pun endorse, ya kembali lagi, bagaimana kita bisa memanfaatkan sosial media ini, agar menghasilkan punding pundi rupiah

    Balas
  13. makasih gan, ane request artikel cara Mengatasi Akun Instagram Yang di nonaktifkan

    Balas
  14. Saya kok tertarik untuk menawrkan jasa buat olshop, lainkali ulas dong caranya

    Balas
  15. IG merupakan salah satu platform terbaru yang sangat cocok untuk memonetize sesuatu secara online. Mulai dari produk online, produk offline dan bahkan personal branding.

    Nah yang terakhir itulah (personal Branding) yang paling awet untuk membuka peluang kita untuk sukses dalam mendapatkan uang lewat IG.

    Setelah personal Branding kita sukses, maka mau jualan apapun akan laku.

    Untuk membuat personal branding di IG cukup mudah saat ini, cukup menampilkan info info yang bermanfaat terkait apa yang ingin kita jual atau tawarkan. Namun yang paling sulit adalah kesabaran kita untuk tidak melihat hasil dalam waktu singkat.

    Balas
  16. Yang lagi ngetop buat jualan sekarang mah IG, banyak juga yang endorse, dari pada yang lain sepertinya IG paling mudah untuk mendapatkan uang

    Balas
  17. Thanks banget buat artikelnya, dari kemaren mikir gimana caranya punya akun bisnis di Instagram tapi udah banyak followernya. Ternyata ada jualan akun lama juga ya.

    Balas
    • Jualan akun Instagram itu sebenarnya ga mudah lho, dan cukup melelahkan hehehe. Kalau saya sih lebih memilih jualan online di Instagram

      Balas
  18. Berjualan di IG asal tidak nyepam dikomentar orang lain gak masalah, tapi kebanyakan pelaku online shop suka nyepam dikomentar orang, apa lagi postingan komentar artis-artis terkenal. Thanks atas sharing artikelnya…

    Balas
    • Nah itu yang jadi masalah. Saya perhatikan banyak banget online shop yang jualan online di Instagram spam via komentar IG. Ga ada hubungan sama sekali dengan postingan orang

      Balas
      • Sama, sering banget liat akun online shop yang suka nimbrung, apalagi di konten Instagram yang lagi viral, bisa ujug-ujug nongol, padahal komennya juga nggak nyambung banget. Tapi ya nggak salah juga, memang kalau mau laris ya jualannya harus di tempat yang rame kan?

        Balas
  19. Pantesan sekarang pengguna fb pada pindah ke Instagram karena banyak yang sudah tahu kalau instagram mungkin lebih mudah untuk menghasilkan uang dari pada Fb.

    Apalagi followers IG sudah melimpah…

    Balas

Tinggalkan Balasan

) -->