Beranda Pemasaran Arti Endorse Dalam Pemasaran, Kelebihannya, dan Contoh Endorsement

Arti Endorse Dalam Pemasaran, Kelebihannya, dan Contoh Endorsement

Arti Endorse adalahEndorsement atau endorse adalah sebuah istilah yang sering digunakan dalam pemasaran online, khususnya melalui media sosial. Lalu sebenarnya apa arti endorse itu, dan apa kelebihan endorsement dalam pemasaran online?

Artikel ini akan mengulas secara ringkas dan jelas hal-hal yang berhubungan dengan endorsement, di antaranya:

  • Arti endorse, baik pengertiannya secara umum maupun dalam pemasaran online.
  • Kelebihan pemasaran dengan cara endorsement.
  • Contoh pemasaran dengan cara endorsement dari artis di Instagram.

Sebagai catatan, pada artikel ini lebih fokus membahas pengertian endorse dalam kaitannya dengan konteks pemasaran. Yuk, simak artikel ini sampai tuntas agar Anda lebih memahami apa itu endorse atau endorsement.

Pengertian Endorsement Secara Umum

Sebenarnya ada beberapa pengertian endorse, tergantung konteks apa yang sedang kita bahas. Kata endorse sendiri cukup sering digunakan dalam bidang bisnis, asuransi, dan pemasaran.

Secara bahasa, kata endorse atau endorsement diadaptasi dari bahasa Inggris, di mana keduanya memiliki arti mengesahkan atau dukungan.

Menurut asal katanya tersebut, pengertian endorsement atau endorse adalah pernyataan dukungan secara publik yang ditujukan untuk seseorang, produk, atau layanan.

Endorsement dapat berupa tanda tangan yang mengizinkan transfer hukum dari instrumen yang dapat dinegosiasikan antar pihak. Endorsement juga dapat berupa amandemen kontrak atau dokumen, seperti; polis asuransi jiwa, atau Surat Ijin Mengemudi.

Jadi seperti yang disebutkan sebelumnya, kata endorse atau endorsement dapat memiliki arti yang berbeda, tergantung konteks yang dibicarakan.

Namun secara umum, endorsement dilakukan dengan melibatkan kerjasama dengan orang lain di mana kedua belah pihak bisa mendapatkan manfaat timbal balik atas kerjasama yang dilakukan.

Arti Endorse Dalam Pemasaran

Kata Endorse sangat erat hubungannya dengan dunia pemasaran. Banyak yang menyebutkan bahwa pemasaran dengan cara endorsement dari seorang public figure akan memberikan dampak yang positif bagi sebuah merek, produk, atau layanan.

Dalam konteks pemasaran, arti endorse adalah sebuah bentuk dukungan atau rekomendasi yang diberikan seseorang kepada orang lain, merek, produk, atau layanan, di mana dukungan tersebut dilakukan oleh seseorang yang memiliki pengaruh atau public figure. Misalnya seorang artis atau atilt.

Dengan kata lain, endorse adalah jenis promosi tertentu yang menggunakan tokoh terkenal, selebriti, atau seorang profesional untuk mengatakan hal baik tentang sebuah merek, produk, atau layanan.

Pada praktiknya, tokoh terkenal, selebriti, atau seorang profesional mengiklankan sebuah merek, produk, atau layanan dengan cara mempostingnya di media sosial atau meminjamkan nama dan gambar mereka dalam media promosi.

Pengiklan berharap endorsement dari seorang publik figur akan mempengaruhi publik dan meningkatkan penjualan. Misalnya, Jesica Iscandar yang mengendorse produk pelangsing dapat mempengaruhi followers yang memandangnya sebagai panutan.

Jesica Iskandar ratu endorse
Jesica Iskandar si ratu endorse via Instagram @inijedar

Jesica Iskandar adalah salah satu contoh artis yang sering melakukan endorsement dengan mempromosikan produk-produk orang lain di akun Instagram miliknya.

Jika publik figur meng-endorse atau memberikan dukungan positif terhadap sebuah produk, seringkali akan membuat lebih banyak orang membeli produk tersebut karena mereka mempercayai selebriti tersebut.

Atau setidaknya akan membuat merek atau produk tersebut menjadi lebih terkenal dari sebelumnya.

Di Indonesia, pemasaran dengan cara endorsement bukan lagi hal yang baru. Banyak pemilik bisnis yang memanfaatkan ketenaran artis untuk mempromosikan brand atau produk mereka dengan cara endorse.

Baca juga: Pengertian Iklan

Kelebihan Promosi dengan Cara Endorsement

Arti Endorse Adalah

Jumlah followers si artis di media sosial menjadi faktor penentu keberhasilan sebuah promosi dengan cara endorse. Semakin banyak jumlah followersnya maka semakin besar kemungkinan endorse tersebut berhasil, dengan catatan followersnya adalah akun real bukan fake account.

Mengacu pada arti endorse dalam pemasaran, berikut ini adalah kelebihan promosi dengan cara endorsement:

1. Kegiatan Promosi Sangat Efektif

Seperti disebutkan sebelumnya, public figur atau orang terkenal biasanya memiliki followers yang selalu memperhatikan kegiatan mereka.

Bukan hanya kegiatan sesuai profesi saja yang diperhatikan, tapi hal-hal yang bersifat pribadi yang diunggah ke media sosial juga ikut menjadi konsumsi publik.

Setiap kali si artis mempublish sesuatu ke dalam akun media sosialnya, misalnya Instagram, maka dapat dipastikan bahwa postingan tersebut akan terlihat oleh para followers-nya. Dan ketika ia mempromosikan produk tertentu, sudah pasti produk yang dipromosikan akan terkenal.

Akun Instagram si pemilik produk biasanya akan ikut terkenal karena setiap memberikan endorse, pada bagian caption si artis akan memberikan tag akun Instagram penjual dan juga hashtag yang berhubungan dengan produk tersebut.

2. Menghemat Biaya Pemasaran

Tidak hanya efektif, tapi juga bisa membuat proses pemasaran menjadi lebih hemat. Hemat yang dimaksud di sini bukan hanya tentang jumlah uang yang Anda keluarkan, tapi lebih ke dampak dari pemasaran yang dilakukan.

Bayangkan berapa besar uang yang akan dikeluarkan bila promosi melalui iklan di Televisi, iklan di radio.

Promosi dengan cara endorse, kita hanya perlu mengirimkan produk kepada si artis dan mentransfer biaya endorse sesuai dengan tarif yang ditentukan. Namun, tentu saja kita juga harus bisa memilih artis yang akan mempromosikan produk yang dipasarkan.

Misalnya produk Anda adalah produk kecantikan, maka akan sangat tepat bila dipromosikan oleh artis yang parasnya cantik. Atau misalnya Anda menjual produk untuk bayi, maka pilihlah artis yang sering memposting kegiatan bersama bayinya.

3. Meningkatkan Penjualan dan Jumlah Followers

Public figure pasti punya banyak fans yang mengikuti gaya dan juga menggunakan produk apapun yang digunakan si publik figure.

Ketika artis memposting sebuah produk kecantikan yang digunakannya, maka dapat dipastikan bahwa akan banyak followers yang juga ingin menggunakan produk tersebut dan penjualan produk tersebut akan laris manis bak kacang goreng.

Jadi, tidak heran kenapa ada banyak sekali toko online yang menggunakan jasa endorse dari para selebritis karena memang terbukti meningkatkan penjualan produk yang dipromosikan. Selain itu, akun media sosial si toko online pun akan kebanjiran followers dan punya calon pelanggan tetap.

Dari sisi para endorser, mereka juga mendapatkan keuntungan. Selain mendapatkan bayaran dari jasa endorse, para artis ini juga mendapatkan produk berkualitas secara gratis.

Artikel lain: Cara Menemukan Influencer Terbaik

Contoh Pemasaran Dengan Cara Endorsement

Contoh pemasaran dengan cara endorse dapat dengan mudah kita temukan di media sosial, khususnya Instagram. Berikut ini adalah beberapa contoh endorse yang dilakukan oleh artis Indonesia.

1. Giselle Anastasia

2. Raisa Andriana

3. Jesica Iskandar

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Jessica Iskandar (@inijedar)

4. Tyas Mirasih

5. Lesty Kejora

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Lestikejora (@lestykejora)

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat kita ambil kesimpulan terkait dengan istilah endorse atau endorsement, yaitu:

  • Kata endorsement bisa memiliki arti yang berbeda, tergantung konteks yang sedang dibicarakan.
  • Dalam konteks pemasaran, arti endorse adalah dukungan atau rekomendasi yang diberikan oleh seorang publik figur kepada seseorang, merek, produk, atau layanan.

Demikianlah penjelasan mengenai arti endorse dalam pemasaran. Dengan mengetahui apa itu endorse dan mengetahui kelebihan promosi dengan cara ini, diharapkan para pebisnis bisa memanfaatkannya dengan sebaik mungkin untuk kegiatan promosi.

Semoga bermanfaat.

7 KOMENTAR

  1. Teman saya bisnis fashion yang sudah ada label sendiri. Endorse ke artis, meski lumayan, tapi ngefek banget ke follow IG. sekarang sudah 50 ribuan followernya.

  2. endorse, merupakan salah satu trik marketing sebuah produk, walaupun biaya untuk melakukan itu cukup mahal tapi trik ini tergolong ampuh sih, sangat cocok buat pelaku bisnis yang lebih bayak menjual produk secara online

  3. Benar sekali mas, saat ini lebih enak untuk endorse public figure ketimbang boncos beriklan di facebook.

  4. Secara umum endorsement memang bisa mendongkrak penjualan secara instant, apalagi untuk bisnis yang berbasis online.

    Ada banyak cara atau pemilihan endorser, selain mereka harus publik figur, mereka sebaiknya memiliki sesuatu yang relevan dengan produk yang akan di endorse.

    Yang beresiko adalah saat menggunakan endorser yang kemudian terkena permasalahan, hal ini bisa menimbulkan image negatif terhadap produk atau jasa yang di endorse, tetapi kejadian seperti ini sangat jarang jika pemilihan endorser dilakukandengan cermat.

  5. Cocok nih artikelnya rencana saya juga mau buka bisnis online dengan cara endorse yah walaupun biayanya agak mahal..

  6. Wah, lengkap sekali penjelasannya gan.
    Btw, apakah ada tips2 untuk pemasaran endorsement yang benar-benar efektif?. Mengingat sekarang ini sudah banyak akun yang ternyata engagement sangat merugikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here