Tabel Periodik SEO (4): Faktor Sukses Kepercayaan Situs

Faktor Sukses Konten

Seakan menjalin hubungan secara offline, mesin pencari juga dapat memprediksi apakah situs kita mempunyai tingkat kepercayaan yang tinggi sehingga layak untuk ditempatkan di posisi atas. Inilah faktor berikutnya yang juga mempunyai peranan penting untuk mensukseskan upaya SEO.

Ta: Authority (Otoritas)

Apa yang anda ketahui tentang otoritas? Sesuatu yang dipandang mempunyai kewenangan atau dapat dipercaya dalam sebuah bidang. Secara umum ini juga diterapkan untuk menilai tingkat #SEO sebuah situs.

Apakah situs tersebut memang merupakan situs yang menjadi referensi dalam sebuah bidang atau bisnis tertentu dan apakah situs tersebut juga benar-benar di kerjakan oleh orang dengan kemampuan yang sejalan.

Membicarakan tentang faktor otoritas, memang belum ada panduan khusus tentang bagaimana meningkatkan faktor yang satu ini. Namun, dari penjelasan Google sendiri, banyak disebutkan tentang bagaimana cara membangun situs yang baik, yakni diantaranya mendapatkan tautan balik atau backlink dari situs terpercaya serta mendapat tanggapan sosial dari banyak pembaca.

Selain itu, secara umum untuk mendapat predikat otoritas, kita juga harus menghindari pelanggaran serta review negatif dari pembaca. Review ini bisa muncul dalam berbagai bentuk mulai dari komentar hingga kolom review yang disediakan oleh Google lewat beberapa layanan.

Yang paling mudah, untuk memaksimalkan faktor ini adalah dengan membahas tentang bidang yang telah benar-benar kita kuasai. Dengan begitu akan lebih mudah bagi kita untuk membangun kepercayaan.

Faktor ini mempunyai skala +3, sehingga sangat penting untuk diterapkan.

Te: Engagement (Hubungan)

Faktor berikutnya adalah Engagement atau hubungan antara situs kita dengan pembaca. Cara mesin pencari menilai faktor ini sebenarnya sangatlah beragam. Namun secara umum kita bisa memperhatikan beberapa hal.

Yang pertama adalah, seperti apakah perilaku pembaca ketika memasuki situs kita. Ada kalanya kita mendengar istilah bounce rate, yang berarti seberapa banyak pembaca yang langsung meninggalkan situs kita beberapa detik setelah masuk. Alasan pembaca melakukan hal tersebut, bisa mungkin karena loading situs yang terlalu lama atau konten yang memang tidak sesuai dengan yang dicari.

Berikutnya, seberapa lama dan sering pembaca mengunjungi situs kita. Jika, memang situs kita merupakan situs terpercaya atau situs yang memberikan manfaat sesuai bidang, tentu mereka akan betah berlama-lama mengakses situs kita.

Perhitungan semacam ini, sudah termasuk dalam metrik algoritma yang digunakan oleh mesin pencari untuk menilai laman situs.

Selain itu, jangan lupakan tentang social gestures. Umumnya, jika laman atau situs kita dirasa memberi manfaat, maka pembaca tidak akan sungkan untuk melakukan memberi komentar, like dan share ke berbagai media sosial.

Inilah yang dimaksud dengan hubungan yang baik antara situs dengan pembaca.

Faktor ini mempunyai skala +2.

Th: History (Rekam Sejarah)

Mesin pencari selalu melakukan kunjungan secara rutin pada setiap situs atau laman, oleh karena itu tidak mengejutkan bila mesin pencari seperti Google mempunyai data tentang bagaimana situs kita bekerja atau data-data yang pernah terekam sebelumnya.

Dari situlah, mesin pencari bisa menentukan apakah ada kejanggalan dari situs kita. Kejanggalan ini, bisa berarti buruk bisa juga berarti baik.

Berarti buruk jika semisal, situs kita pendapat tautan balik dengan jumlah yang sangat besar dalam waktu singkat. Ini bisa berarti, kita dinilai melakukan spamming atau tindakan curang lain.

Namun bisa juga berarti baik, semisal, kita membangun situs secara perlahan dan mendapat tanggapan positif dari pembaca atau situs lain yang masih sebidang dengan situs kita. Hal semacam ini, tentu meningkatkan kepercayaan yang akhirnya akan berpengaruh pada faktor SEO situs kita.

Selain itu, mesin pencari juga mencatat sejarah pelanggaran yang dibuat oleh situs. Contohnya, pada eranya Google Penguin, sejumlah situs yang memang mendapat pinalti pada waktu itu, akan sulit untuk kembali ke jalan yang tepat alias dinilai benar-benar bersih.

Oleh karena itu, sangat jamak disebut bahwa untuk membangun situs yang baik dibutuhkan waktu yang lumayan lama. Bisa beberapa bulan bahkan tahunan, ini tergantung bagaimana kita memberikan sesuatu yang benar-benar bermanfaat serta tidak melakukan pelanggaran.

Karena sifatnya cukup penting, faktor ini mempunyai skala +2.

Ti: Identity (Identitas)

Dan yang terakhir, untuk menimbulkan rasa kepercayaan mesin pencari kepada situs kita, kita wajib menunjukkan identitas. Identitas ini, bukan hanya dari pengembang situs, namun bagaimana kita membentuk identitas secara digital.

Semisal, dengan dukungan akun media sosial atau mendaftarkan situs kita di beberapa layanan seperti Bing Webmaster Tools dan Google Search Console, adalah cara yang bisa dilakukan. Salah satu tipsnya adalah dengan menautkan situs kita pada akun Google+.

Faktor ini mempunyai skala +1.

Pembukaan: Tabel Periodik SEO, Faktor (1) Konten, Faktor (2) Arsitektur, Faktor (3) Kode HTML, Faktor (4) Kepercayaan Situs, Faktor (5) Link Building, Faktor (6) Personalisasi, Faktor (7) Media Sosial

 






Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud