Tabel Periodik SEO (2): Faktor Sukses Arsitektur Situs

Faktor Sukses Konten

Pada panduan sebelumnya kita sudah membahas tentang beberapa faktor yang mempengaruhi terutama yang berhubungan dengan konten, dan kali ini pada penjelasan yang kedua kita akan lebih memfokuskan pada deret faktor tabel periodik yang berhubungan dengan arsitektur situs.

Ac: Site Crawlability (Kemudahan Untuk Ditelusuri)

Faktor yang pertama adalah terkait dengan Crawlability. Bagi yang belum mengetahui, singkatnya Crawlability adalah kemampuan sebuah situs untuk dengan cepat berhasil dirayapi oleh mesin pencari sehingga situs atau halaman tersebut dapat muncul di hasil pencarian mesin pencari.

Saat ini mesin pencari sudah berubah menjadi skema teknologi pencarian yang sangat canggih. Dengan teknologi perayap tersebut, mesin pencari bisa menemukan serta menyimpan jutaan laman situs dalam sekali waktu. Ini yang biasa kita sebut dengan index.

Kasusnya, ketika seseorang mencari di mesin cari, bot akan mulai mencari data yang telah terekam kemudian memilih laman atau situs mana yang dirasa paling sesuai berdasarkan beberapa kriteria. Untuk bisa masuk dalam hasil pencarian, tentu hal pertama yang harus kita lakukan adalah “terlihat” oleh mesin pencari.

Sebenarnya situs pada umumnya tidak mempunyai masalah dengan crawl atau perayapan mesin pencari. Namun beberapa hal kecil seperti contohnya JavaScript atau Flash bisa saja kemudian membuat  tautan yang kita miliki tidak terlihat oleh mesin pencari.

Berikutnya, yang harus diketahui adalah mesin pencari seperti Google menerapkan sistem budget atau seberapa sering situs tersebut dirayapi untuk melihat apakah ada konten baru. Untuk situs besar dengan tingkat otoritas tinggi, makan lebih sering disambangi bot Google.

Oleh karena itu, kita bisa menerapkan beberapa hal seperti contohnya mempunyai sitemap yang tertata, baik itu dalam bentuk HTML dan XML. Ini tidak lain digunakan agar mesin pencari bisa lebih muda melakukan crawling pada situs kita.

Nilai skala untuk faktor ini adalah +3 atau sangat penting.

Ad: Duplication (Duplikasi)

Layaknya sebuah buku besar yang terdiri dari miliaran lembar kertas, terkadang ada kalanya mesin pencari juga menjadi kebingungan karena banyaknya informasi atau laman di dalamnya.

Permasalahannya, tidak jarang sebuah situs mempunyai dua atau lebih laman sama yang di index lebih dari satu kali. Inilah yang disebut dengan duplikasi.

Terkadang, hal ini bisa dikarenakan beberapa hal yang bersifat teknis seperti ketika kita menerapkan laman dengan awalan www. atau laman yang tidak menggunakan www. Meskipun isinya sama, terkadang mesin pencari menganggapnya sebagai 2 laman yang berbeda.

Contoh lainnya yakni, dalam situs e-commerce, mesin pencari juga mengindeks hasil perhalaman dari sebuah kategori tertentu. Kita mengenal adanya pagination atau pemberian halaman untuk hasil pencarian tertentu, dari situlah mesin pencari menganggap halaman 1, halaman 2, halaman 3 dan seterusnya, merupakan halaman yang berbeda. Padahal sebenarnya semua halaman tersebut berisi konten yang serupa.

Cara yang bisa ditempuh antara lain dengan menerapkan 301 redirects, rel=canonical tags serta membuat URL parameters yang tepat. Informasi lebih lanjut mungkin akan dibalas pada artikel terpisah.

Nilai skala untuk faktor ini adalah +2 atau cukup penting.

Am: Mobile Friendly

Kita sudah membahas pada artikel lain bahwa faktor mobile friendly semakin menjadi hal yang patut dipertimbangkan ketika kita mengembangkan situs. Dengan meningkatnya akses mesin pencari melalui perangkat mobile, praktis mendorong perlunya kita membuat situs yang mudah digunakan melalui perangkat mobile.

Tidak hanya mesin pencari besar seperti Google, mesin pencari lain seperti Bing juga menerapkan hal serupa mengingat semakin pentingnya faktor mobile.

Jadi yang harus di perhatikan adalah untuk semakin meningkatkan kemudahan salah satunya lewat menerapkan template yang responsif. Ketika kita berhasil membuat pengunjung mobile merasa nyaman, secara tidak langsung mesin pencari juga bisa meningkatkan peringkat kita.

Trik lain yang bisa dicoba adalah, dengan mengembangkan situs berbasis aplikasi baik aplikasi Android atau iOS.

Nilai skala untuk faktor ini adalah +2 atau cukup penting.

As: Site Speed (Kecepatan Situs)

Google saat ini menginginkan nantinya pengalaman berselancar melalui mesin pencari bisa dijalankan dengan cepat. Oleh karena itu, kecepatan situs menjadi faktor yang berperan dalam hal ini. Jika ingin mendapatkan ranking hasil pencarian bagus, coba mulai dengan meningkatkan kecepatan loading situs.

Namun perlu diperhatikan, ketika nantinya kita sudah mempunyai situs yang cepat, bukan berarti akan langsung mendapat posisi tinggi. Kita perlu memperhatikan beberapa faktor lain. Namun setidaknya, beberapa hal seperti keterkaitan serta kepuasan pembaca, umumnya sangat dipengaruhi dari cepat atau lambatnya situs ketika diakses.

Nilai skala untuk faktor ini adalah +1.

Au: URLs Descriptive

Pada kenyataannya, URL adalah salah satu struktur dalam situs yang memegang peranan penting untuk bisa meningkatkan peringkat kita di mesin pencari. Dalam upaya #SEO, membuat URL yang bersifat deskriptif sangat telah dibutuhkan.

Deskriptif di sini bisa diartikan mampu dengan cepat menunjukkan seperti apakah isi dari laman atau situs tersebut. Memasukkan kata kunci dengan ringkas dan tepat untuk meningkatkan kemudahan situs kita di index oleh mesin pencari.

Nilai skala untuk faktor ini adalah +1.

Ah: Https / Secure Site (Keamanan Situs)

Dan faktor terakhir untuk deret arsitektur situs adalah, keamanan dari situs itu. Umumnya untuk meningkatkan keamanan kita bisa menambahkan ekstensi HTTPS. Secara umum HTTPS servers mempunyai tingkat keamanan yang lebih tinggi daripada HTTP.

Saat ini, untuk mendapatkan ekstensi HTTPS juga tidak terlalu sulit, termasuk harganya pun tidak terlalu mahal.

Mengingat semakin tingginya tingkat kejahatan digital, kita tentu bisa mendapat keuntungan ganda dengan menerapkan ekstensi tersebut. Keuntungan pertama, ranking di mata Google akan meningkat serta keamanan situs pun makin memikat.

Nilai skala untuk faktor ini adalah +1.

Pembukaan: Tabel Periodik SEO, Faktor (1) Konten, Faktor (2) Arsitektur, Faktor (3) Kode HTML, Faktor (4) Kepercayaan Situs, Faktor (5) Link Building, Faktor (6) Personalisasi, Faktor (7) Media Sosial



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud