Metode Pembayaran Iklan Online Serta Platform Penerbitnya!

Advertisement-Scroll to Continue

Metode pembayaran iklan – proses tahapan pada suatu akun penerbit kini sudah berubah menjadi lebih mudah, efisien serta punya keamanan lebih terjamin. Tentu perubahan ini tak seperti di waktu lampau, yang hanya terbatas pada metode pembayaran konvensional saja seperti tunai, transfer bank secara manual atau bahkan cek.

Dulu, seorang pengiklan perlu secara fisik melakukan pembayaran langsung ke penerbit. Mirisnya, proses pengiriman pun bisa memakan waktu hingga beberapa hari dan bahkan lebih lama. Nah dengan metode tersebut, tentu saja memicu timbulnya kendala lain seperti terhambatnya proses kampanye iklan dan bahkan resiko keamanan menjadi tidak stabil serta akurasi pencatatan menjadi menurun.

Dengan adanya perkembangan teknologi serta pergeseran terhadap berbagai sektor bisnis ke arah digital, kini metode pembayaran iklan sudah menjadi lebih mudah. Hal ini terjadi pula berkat adanya transformasi signifikan yang terjadi karena terpengaruh oleh teknologi.

Kehadiran internet serta berbagai platform iklan online tentu merubah metode pembayaran iklan yang semula dilakukan dengan tradisional menjadi elektronik. Menyikapi hal itu, banyak platform menawarkan berbagai metode seperti pembayaran melalui paypal, transfer elektronik dan kartu kredit.

Lebih lanjut ulasan dari maxmanroe mengenai metode pembayaran iklan online, dalam artikel ini akan dijelaskan secara detail tentang semua metode pembayaran iklan dari beberapa platform penerbit populer. Berikut beberapa edukasinya!

Metode Pembayaran Iklan Dari Beberapa Platform Penerbit

Metode Pembayaran Iklan Online Serta Platform Penerbitnya!
Metode pembayaran iklan online yang menyebar di berbagai media platform

Mayoritas beberapa sektor bisnis lebih memilih sosial media sebagai target perluasan jangkauan konsumen mereka. Tak terbatas pada satu platform saja, namun terkadang pengiklan memilih beberapa penerbit untuk memasarkan produknya. Dan semua itu perlu menyelesaikan administrasi agar kampanye ini bisa segera dijalankan. Nah, metode pembayaran iklan pada wadah satu platform dengan platform lainnya tidaklah sama. Para penerbit menawarkan metode pembayaran sebuah iklan yang berbeda seperti halnya beberapa sosial media berikut:

Baca juga: Manfaatkan Facebook Ads Untuk Meledakkan Popularitas

Platform Google Ads

Google Ads memang bukanlah sosial media, tetapi jaringan penerbit iklan milik perusahaan google berikut ini selalu fokus untuk perluasan jangkauan pelanggan bagi para sektor bisnis maupun perorangan. Banyak perusahaan besar yang sudah bergabung sebagai partner google ads, termasuk semua marketplace indonesia. Bicara tentang metode pembayaran iklan di akun google ads, kini tersedia beberapa opsi pembayaran dengan tahapan berbeda, antara lain:

1. Kartu kredit dan kartu debit

Apabila kamu tidak memiliki sebuah kartu kredit, Google ads ini juga menerima pembayaran iklan menggunakan kartu debit berlogo Visa serta MasterCard. Menariknya lagi, keduanya juga bisa diatur otomatis agar memudahkan pembayaran secara terjadwal.

Berikut satu contoh cara untuk menyiapkan metode pembayaran iklan menggunakan kartu kredit pada google ads:

1. Segera masuk ke akun google ads menggunakan akun Google milikmu.
2. Pilih alat pada halaman utama.
3. Lanjutkan dengan menekan opsi penagihan.
4. Klik ringkasan pembayaran.
5. Klik menu metode pembayaran.
6. Tekan tombol tambah metode pembayaran baru.
7. Pilihlah kartu kredit. Jika Anda berniat melakukan pembayaran dengan kartu kredit.
8. Input semua data informasi kartu kredit secara valid.
9. Pilih opsi utama pada drop-down untuk menjadikan kartu kredit sebagai metode pembayaran utama.
10. Klik save untuk mengkonfirmasinya.
11. Selesai.

2. Transfer Uang

Menurut maxmanroe, ini merupakan salah satu beberapa metode pembayaran manual. Jadi, kamu perlu mengirim uang sebanyak sesuai jumlah tertagih di google ads. Sementara, cara untuk melakukan pembayaran menggunakan transfer uang adalah sebagai berikut:

1. Masuk pada akun Google ads.
2. Klik ikon setelan.
3. Lanjutkan dengan pilihan opsi penagihan.
4. Klik ringkasan untuk melihat jumlah tagihan.
5. Tekan tombol “lakukan pembayaran“.
6. Klik “tombol lanjutkan” untuk melakukan pembayaran.
7. Tentukan nominal transfer sesuai jumlah tagihan.
8. Klik tombol kirim.
9. Buatlah nomor referensi pembayaran agar formulir info transfer dapat dibuat untuk pengiklan.
10. Lakukan pembayaran transfer.
11. Selesai.

3. Gopay

Jika ingin menggunakan gopay sebagai alternatif metode pembayaran iklan di akun google ads, maka untuk itu perhatikanlah nominal tagihannya. Sebab, metode pembayaran gopay hanya mendukung nominal Rp100.000 atau jumlah yang lebih tinggi.

Platform Facebook Ads

Metode pembayaran iklan di akun Facebook ads ternyata serba lebih kompleks daripada Google ads. Menariknya, 1 akun pembayaran bisa dapat terintegrasi dengan beberapa jenis layanan meta termasuk Facebook, Instagram dan teknologi milik meta lainnya.

Berikut beberapa opsi metode pembayaran ikan di akun Facebook ads berdasarkan negara Indonesia:

  •  Kartu kredit atau bisa pula kartu debit. Opsi ini nantinya mencakup pembayaran melalui Visa, American express dan MasterCard.
  • Paypal. Hanya berlaku untuk pembayaran menggunakan mata uang tertentu saja, termasuk Dollar.
  • E-Wallet. Metode pembayaran ikan ini mencakup beberapa layanan e-wallet seperti: Doku (wallet, alfamart, atm), Flip, OVO, dan juga Gopay.

Adanya beberapa metode pembayaran tersebut tentu dapat memudahkan para sektor bisnis maupun perorangan untuk segera memulai kampanye produk mereka ke sosial media Facebook atau Instagram.

Catatan: Khusus untuk metode pembayaran iklan E-wallet ini hanya dapat kamu integrasikan pada saat pertama kali menyiapkan akun pembayaran. Namun apabila sebelumnya sudah menyiapkan pembayaran melalui bank lokal, maka opsi ini tidak dapat dihubungkan kembali.

Jika ingin memulai menggunakan layanan penerbit iklan dari Facebook, maka tahap pertama sebagai upaya menyiapkan pembayaran adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke halaman pengaturan pada opsi tagihan di pengaturan pengelola iklan.
  2. Segera klik menu tambahkan metode pembayaran.
  3. Periksa lokasi dan mata uang yang mendukungnya berdasarkan negara.
  4. Tentukan salah satu metode pembayaran iklan sesuai preferensi sendiri. Jika kamu tinggal di Indonesia, maka pilihlah salah satu opsi pembayaran dari daftar yang telah saya cantumkan di atas.
  5. Klik berikutnya untuk melanjutkan.
  6. Lakukan konfirmasi informasi pembayaran. Segera periksa apakah informasi dari pembayaran yang kamu masukkan sudah valid atau sebaliknya.
  7. Klik berikutnya apabila informasi pembayaran sudah benar.
  8. Selesai.

Karena instruksi tersebut bukanlah cara beriklan pada facebook ads, maka maxmanroe.com tidak akan memberikan informasinya secara lengkap. Sekarang, pilihlah salah satu metode pembayaran sesuai jenis pembayaran yang kamu miliki guna melancarkan kampanye iklan di facebook.

Platform Pinterest Ads

Agar dapat dan bisa menjalankan iklan di pinterest, maka kamu perlu membuat akun bisnis terlebih dahulu. Namun permasalahan tidak cukup berhenti sampai disini saja, setelah membuat akun bisnis, maka perlu melakukan pembayaran agar kampanye iklan bisa segera berjalan. Sayangnya, pinterest saat ini belum menyediakan metode pembayaran iklan secara lokal. Jadi, bagi kita yang berlokasi atau tinggal di Indonesia perlu sedikit melakukan integrasi sulit. Sebab, hanya mata uang tertentu saja yang didukung oleh pinterest.

Sementara itu, metode pembayaran iklan yang dapat kalian pilih saat ini adalah kartu kredit maupun Debit Card serta Paypal. Khusus metode pembayaran dengan kartu, pinterest mendukung beberapa kartu sebagai berikut:

  • American Express (hanya mendukung beberapa negara saja).
  • Visa.
  • MasterCard. Namun hingga kini pinterest ads tidak mendukung kartu berlogo maestro.
  • JCB (bagi pengiklan lokasi Jepang).

Satu-satunya solusi jika kalian ingin beriklan di pinterest ads yaitu dengan pilihan metode pembayaran paypal dan dalam mata uang USD. Berikut tahapan menyiapkan pembayaran menggunakan paypal untuk beriklan di Pinterest ads:

  1. Segera masuk ke akun tipe bisnis di Pinterest.
  2. Pilih iklan pada area menu paling atas.
  3. Klik tagihan.
  4. Klik ikon menu drop-down.
  5. Lanjutkan dengan menekan opsi “buat akun iklan baru”.
  6. Ketik “nama akun iklan”.
  7. Tentukan “negara” tempat kamu tinggal.
  8. Klik “siapkan penagihan”.
  9. Pilih lah paypal sebagai metode pembayaran.
  10. Setujui perjanjian pembuatan penagihan yang terlihat di halaman pinterest.
  11. Lengkapi setiap formulir dengan informasi pajak dengan benar.
  12. Koreksi detail informasi untuk memastikan kebenarannya.
  13. Klik simpan.
  14. Lanjutkan dengan melengkapi alamat penagihan.
  15. Berikan tanda centang pada kotak “bayar muka”.
  16. Masukkan nominal uang yang akan kamu belanjakan.
  17. Terakhir, klik tagih.
  18. Selesai.

Setelah menyiapkan metode pembayaran iklan pinterest ads, maka kamu dapat melakukan pembayaran agar kampanye bisa segera berjalan.

Platform Twitter Ads

Twitter juga termasuk sosial media sekaligus menjadi penerbit iklan resmi yang dapat kamu gunakan untuk melakukan kegiatan promosi secara online. Mengingat jumlah penggunanya sampai hari ini mencapai jutaan, tentu saja banyak orang sepertimu berniat membuat kampanye iklan jaringan penerbit twitter ads.

Tak lepas dari kegiatan tersebut, seorang pengiklan tentu harus melakukan pembayaran terlebih dahulu. Nah, menurut informasi yang saya peroleh, twitter ada menerima berbagai metode pembayaran iklan antara lain:

  • Visa
  • JCB
  • Mastercard
  • Discover
  • American Express
  • Diners Club
  • China Union Pay

Semua metode pembayaran iklan tersebut mendukung semua negara, sehingga proses penyelesaian administrasi kampanye akan menjadi lebih mudah.

Sementara itu, tahapan cara menambahkan  metode pembayaran iklan di twitter ads dan dengan menggunakan kartu kredit adalah sebagai berikut:

  1. Buka web browser di perangkat apapun.
  2. Akses situs ads.twitter.com di bilah adress bar.
  3. Ketuk nama akun yang terletak di area kanan paling atas.
  4. Pilih lah salah satu opsi metode pembayaran iklan di menu drop-down.
  5. Klik pada menu “Tambah sumber pendanaan baru.
  6. Ketik nomor kartu dengan benar.
  7. Masukkan masa berlaku kartu sesuai yang tertera pada kartu tersebut.
  8. Berikan alamat penagihan akurat.
  9. Input nomor CVV yang dapat dilihat di belakang kartu.
  10. Masukkan pula alamat email valid.
  11. Klik tombol lanjutkan untuk beralih ke tahap berikutnya.
  12. Lakukan konfirmasi penambahan kartu sebagai metode pembayaran iklan.
  13. Secara otomatis, maka sistem Twitter ads akan melakukan pemeriksaan data. Silahkan tunggu prosesnya sampai selesai.

Catatan: Apabila informasi kartu yang kamu masukkan sudah benar, maka proses penambahan kartu kredit ini pasti akan berhasil. Namun jika masih gagal, coba periksa informasi kartu tersebut lalu pastikan letak kesalahan pada informasi yang kamu berikan.

Nah dengan menambahkan metode pembayaran yang sah di Twitter ads, kini kamu sudah bisa memulai kampanye iklan kapan saja dengan pengaturan nominal sesuai anggaran.

Platform Instagram Ads

Saat ini, Instagram sudah mendukung beberapa metode pembayaran iklan yang sangat komplek, sehingga memudahkan advertiser untuk memulai kampanye mereka untuk menjangkau banyak pelanggan. Metode pembayaran tersebut mencakup berbagai jenis kartu kredit, transfer bank dan bahkan melalui dompet digital.

Karena pengguna dompet digital relatif lebih besar, maka tahapan yang akan maxmanroe berikan yaitu tentang bagaimana cara menambahkan metode pembayaran tersebut menggunakan OVO. Berikut instruksi cara menambahkan ovo ke instagram sebagai metode pembayaran iklan:

  1. Buka halaman Billing langsung lewat Facebook ads manager.
  2. Klik pada opsi Tambah metode pembayaran. Dalam hal ini, pilih lah ovo.
  3. Ketuk tombol selanjutnya untuk mengkonfirmasinya.
  4. Tentukan anggaran administrasi iklan di Instagram ads.
  5. Lanjutkan dengan menekan tombol berikutnya.
  6. Masukkan nomor virtual OVO milikmu.
  7. Tekan tombol selanjutnya sekali lagi.
  8. Maka pembayaran akan diproses. Jika berhasil, maka kamu akan menerima notifikasi bahwa pembayaran tersebut sudah benar-benar diproses dan berhasil, sehingga iklan instagram bisa segera tayang di beranda.

Catatan: Ketahuilah, nominal minum biaya iklan di Instagram ads melalui OVO adalah Rp1001 sampai Rp1.434.470

Memilih metode pembayaran iklan menggunakan dompet digital ini sangat terkesan lebih efektif. Sebab, hampir semua orang saat ini memiliki dompet digital. Di satu sisi, biaya administrasi yang rendah juga mendominasi minat banyak pelaku sektor bisnis untuk memilih metode pembayaran iklan satu ini.

Baca juga: TikTok Ads: Cara Beriklan di TikTok, Panduan Lengkap!

Bagi siapapun yang tidak memiliki kartu kredit, maka kalian tidak perlu khawatir. Sebab sekarang ada juga alternatif kartu untuk mendanai iklan Anda? PSTNET mendukung Anda dengan solusi pembayaran terpercaya untuk pemasaran afiliasi. Kartu kredit Visa Platinum, dukungan 3D-Secure dan sistem pemantauan kualitas BIN, bersama dengan biaya 0% untuk transaksi yang disetujui dan ditolak, operasi pada kartu yang diblokir menjadikannya salah satu solusi VCC terbaik untuk FB, Google Ads, dan platform periklanan lainnya pada tahun 2023.

Cukup sementara maxmanroe berikan ulasan mengenai metode pembayaran iklan online untuk sebuah kemajuan bisnis teman-teman semua. Di lain waktu kita akan terus melihat sebuah perkembangan yang berlaku dalam dunia periklanan di berbagai platform.

Advertisement
Maxmanroe

A Blogger, YouTuber, and Trader. Start getting to know Online Business since 2012 and continue to learn about internet business until now. Currently active as a content writer at Maxmanroe.com.

6 thoughts on “Metode Pembayaran Iklan Online Serta Platform Penerbitnya!”

  1. asslamualaikum kak max ijin bolehkah saya berguru saya ingin website saya berkembang terimakasih mohon wa saya ya mas

    Reply

Leave a Comment