Pengertian Konvensional
Ilustrasi Konvensional

Pengertian Konvensional

Sebenarnya, apa arti konvensional? Menurut para ahli, Pengertian Konvensional adalah semua hal yang sifatnya mengikuti kebiasaan-kebiasaan yang lazim digunakan atau berdasarkan kesepakatan banyak orang. Misalnya, kelaziman, kebiasaan, atau adat di suatu tempat.

Arti kata konvensional seringkali didefinisikan sebagai sesuatu yang ketinggalan jaman (kuno) atau cara-cara tradisional yang sudah tidak sesuai dengan kondisi jaman sekarang. Padahal tidak demikian, karena pada dasarnya kata konvensional sangat berhubungan dengan kesepakatan.

Secara etimologi, kata konvensional berasal dari kata konvensi yang artinya kesepakatan atau permufakatan yang dibuat oleh sejumlah orang, baik itu dalam organisasi, daerah, maupun negara. Sehingga istilah konvensional adalah hal-hal yang dilakukan berdasarkan kesepakatan umum.

Baca juga: Pengertian Kondusif

Pengertian Konvensional Menurut KBBI: berdasarkan konvensi (kesepakatan) umum (seperti adat, kebiasaan, kelaziman); 2 tradisional.

Contoh Konvensional

Istilah “konvensional” cukup sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dan istilah ini selalu mengacu pada sesuatu yang berhubungan dengan sesuatu yang telah menjadi kebiasaan.

1. Konvensional di Masyarakat Umum

Salah satu contoh konvensional atau kebiasaan di masyarakat umum adalah dalam hubungan pria dan wanita. Biasanya, seorang laki-laki yang melakukan lamaran atau mendekati seorang wanita, bukan sebaliknya. Wanita  umumnya tidak mau melakukan langkah agresif melamar atau mendekati laki-laki lebih dulu karena dianggap tidak wajar.

Namun, hal tersebut sudah banyak berubah sekarang ini. Dalam hal hubungan pria dan wanita, sekarang ini sudah cukup banyak wanita yang cenderung lebih agresif dan berinisiatif mendekati seorang pria.

Begitu juga dalam hal kesetaraan hak pria dan wanita. Jika dulu pria dianggap lebih memiliki hak untuk mempunyai karir dan pekerjaan yang bergengsi, sekarang hal tersebut sudah berubah. Jaman sekarang banyak wanita yang menjadi pemimpin perusahaan (CEO) atau menjadi orang yang berpengaruh.

2. Konvensional di Dunia Bisnis

Contoh Konvensional juga sering kita temukan dalam dunia bisnis. Misalnya, bisnis konvensional itu pada umumnya harus mempunyai tempat usaha secara fisik, memiliki produk yang dijual, dan lain-lain. Saat ini, bisnis tidak harus punya tempat usaha, dan tidak harus punya barang sendiri.

Contoh lainnya adalah penggunaan istilah Bank di Indonesia, yaitu Bank Konvensional dan Bank Syariah. Pengertian Bank Konvensionak adalah Bank yang sistem kerjanya sesuai dengan prosedur dan ketetapan yang dibuat oleh Bank Sentral (Bank Indonesia).

Sedangkan Bank Syariah memiliki prinsip kerja yang berbeda dengan bank Konvensional. Semua Bank Syariah menerapkan hukum Islam dalam pelaksanaan operasionalnya.

3. Konvensional di Bidang Persenjataan

Pengertian senjata konvensional adalah semua senjata yang paling populer dan umum digunakan. Beberapa diantaranya adalah bom, pistol, peluru, ranjau darat, senapan, dan lain-lain.

4. Konvensional di Bidang Bioteknologi

Pengertian bioteknologi konvensional adalah bioteknologi yang memanfaatkan mikroorganisme dalam menciptakan suatu produk dan jasa. Misalnya, bakteri dan jamur yang menghasilkan enzim tertentu dalam metabolismenya sehingga menghasilkan produk tertentu.

5. Konvensional dalam Pendidikan

Pengertian pembelajaran konvensional adalah proses belajar mengajar yang berlangsung secara tradisional, yaitu dengan cara ceramah, diskusi, tanya-jawab, dan pemberian tugas.

Baca juga: Pengertian Universal

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian konvensional serta contohnya dalam beberapa bidang. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.