Beranda Umum Pengertian Metode: Apa Itu Metode, Bagaimana Karakteristiknya

Pengertian Metode: Apa Itu Metode, Bagaimana Karakteristiknya

Pengertian Metode Adalah

Apa yang dimaksud dengan metode? Kata “metode” merujuk pada suatu cara atau jalan yang harus dilakukan oleh seseorang agar dapat mencapai suatu tujuan yang diinginkan.

Dalam artikel ini saya akan membahas secara lengkap terkait istilah metode. Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu pelajari dari artikel ini:

  • Pertama, kamu akan memahami pengertian metode, baik secara umum maupun menurut para ahli.
  • Kedua, kamu akan mengetaui beberapa karakteristik dari metode.

Nah, agar lebih memahami apa itu metode maka kamu harus membaca penjelasan dalam artikel ini hingga akhir.

Pengertian Metode Adalah

Secara etimologis, kata “metode” berasal dari bahasa Yunani “methodos” yang tersusun dari kata “meta” dan “hodos“. Meta berarti menuju, melalui, mengikuti, atau sesudah. Sedangkan hodos berarti jalan, cara, atau arah.

Kata tersebut kemudian diserap dalam bahasa Inggris menjadi kata “method” yang berarti suatu bentuk prosedur tertentu untuk mencapai atau mendekati suatu tujuan, terutama cara yang sistematis.

Dari penjelasan tersebut maka dapat kita simpulkan bahwa pengertian metode adalah suatu cara atau proses sistematis yang digunakan untuk melakukan suatu kegiatan agar tujuan yang diinginkan dapat tercapai. Dengan kata lain, metode berfungsi sebagai alat untuk mencapai suatu tujuan, atau bagaimana cara untuk melakukan/ membuat sesuatu.

Suatu metode dijadikan sebagai acuan kegiatan karena di dalamnya terdapat urutan langkah-langkah yang teratur sehingga proses mencapai tujuan menjadi lebih efisien. Dalam kaitannya dengan upaya ilmiah, metode merupakan cara kerja untuk dapat memahami objek yang menjadi sasaran ilmu yang bersangkutan.

Baca juga: Pengertian Sistem

Pengertian Metode Menurut Para Ahli

Agar kita lebih memahami apa itu metode, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini:

1. Max Siporin

Menurut Max Siporin (1975), metode adalah suatu orientasi kegiatan yang secara khusus ditujukan sebagai persyaratan berbagai tugas serta tujuan yang nyata.

2. Rosdy Ruslan

Menurut Rosady Ruslan (2008), pengertian metode adalah kegiatan ilmiah yang berhubungan dengan cara kerja dalam memahami suatu objek penelitian dalam upaya menemukan jawaban secara ilmiah dan keabsahannya dari sesuatu yang diteliti.

3. Heri Rahyubi

Menurut Heri Rahyubi, metode adalah suatu model cara yang bisa dilakukan dalam kegiatan belajar-mengajar untuk mencapai proses pembelajaran yang baik.

4. Hamid Darmadi

Menurut Hamid Darmadi (Profesor di bidang studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan), pengertian metode adalah suatu cara atau jalan yang harus dilalui dalam upaya untuk mencapai sebuah tujuan.

5. Pius Partanto & M. Dahlan Barry

Menurut Pius Partanto & M. Dahlan Barry, pengertian metode adalah cara yang teratur dan sistematis dalam melakukan suatu kegiatan.

6. Hebert Bisno

Menurut Hebert Bisno, metode adalah teknik-teknik yang digeneralisasikan dengan baik agar dapat diterima dan digunakan secara sama dalam suatu disiplin, praktik, serta bidang-bidangnya.

7. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI, pengertian metode adalah cara teratur yang digunakan untuk melaksanakan suatu pekerjaan agar tercapai sesuai dengan yang dikehendaki; cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yang ditentukan.

Baca juga: Pengertian Struktur

Karakteristik Metode

Ada anggapan bahwa kata metode masih mangandung arti yang sama dengan kata sistem. Meskipun keduanya berhubungan, tapi pada dasarnya kedua kata tersebut memiliki arti yang berbeda.

Mengacu pada definisinya, berikut ini adalah beberapa karakteristik metode:

  • Metode merupakan suatu aktivitas yang mapan yang dipakai dalam melakukan kegiatan tertentu oleh suatu kelompok.
  • Metode merupakan aktivitas yang rutin karena relatif mapan dan sudah terbiasa dilakukan oleh suatu kelompok.
  • Suatu metode yang mapan dan rutin dilakukan akan menjadi tindakan yang logis atau proses sistematis untuk mencapai suatu tujuan dengan tingkat akurasi dan efisiensi yang baik.

Baca juga: Pengertian Analisis

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat kita pahami bahwa metode merupakan suatu praktik yang mapan, kebiasaan, dengan proses yang sistematis/ logis untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Dengan adanya metode maka suatu kegiatan dapat dilakukan dengan akurat dan efisien.

Itulah penjelasan lengkap tentang kata “metode”, mulai dari pengertiannya hingga karakteristiknya. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.