5 Media Sosial Terbaik untuk Jualan Online dan Promosi Bisnis

Sekarang ini kita berada di era digital, di mana semua orang sudah terhubung dengan internet, bahkan orang jualan pun sudah semakin banyak melalui internet. Dengan bermodalkan komputer/ laptop atau gadget yang terhubung dengan internet proses jualan online pun bisa berjalan.

Jejaring sosial atau sosmed adalah salah satu media pemasaran untuk jualan online dan promosi bisnis yang sudah sangat jamak dilakukan oleh para pelaku bisnis internet. Dari sekian banyak sosial media yang digunakan, manakah yang paling efektif untuk jualan online?

Berikut ini adalah 5 media sosial terbaik untuk jualan online dan promosi bisnis:

1. Jualan Online di Facebook

Bagi para pelaku bisnis online yang sudah cukup lama menggunakan media sosial, tentu sangat mengerti bagaimana keampuhan berjualan online di Facebook ini. Para pedagang online biasanya menggunakan fitur Facebook fan page untuk mempromosikan berbagai produk yang mereka jual di internet.

Sebenarnya cara memulainya cukup mudah dan cepat. Tentunya Anda sudah memiliki akun Facebook terlebih dahulu ya. Langkah pertama adalah membuat Facebook Fan Page untuk bisnis jualan online Anda. Buatlah informasi mendetail tentang bisnis Anda di Fan Page tersebut dan rajinlah memposting konten ke dalamnya.

Untuk menjangkau lebih banyak orang, biasanya para pebisnis online akan memanfaatkan fitur Facebook Ads. Fitur periklanan ini hanya bisa digunakan melalui Facebook Fan Page.




Selain Fan Page, Anda juga bisa membuat group Facebook, di mana isinya adalah fokus membahas topik tertentu yang sangat berhubungan dengan produk yang Anda jual. Ini opsi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan trafik ke bisnis Anda.

Artikel lain: Cara Menghasilkan Uang Dari Facebook

2. Jualan Online di Instagram

Instagram berada di posisi ke #2 sebagai media sosial terbaik untuk jualan online di pasar Indonesia. Bukan tanpa alasan, media sosial berbasis gambar dan video singkat ini sangat efektif untuk menarik perhatian para penggunanya dengan menggunakan gambar dan video unik.

Gambar-gambar yang unik dan menarik yang diunggah di Instagram bisa memanjakan mata para pengguna Instagram sehingga mereka mau berlama-lama melihat berbagai gambar dan video di sana. Seperti prinsip orang berbisnis, di mana ada keramaian maka di sana ada peluang usaha yang menguntungkan.

Tidak heran jika sekarang ini ada banyak orang menggantungkan hidupnya dengan berbisnis online via Instagram. Bukan hanya berjualan produk saja, ada banyak sekali jenis bisnis yang bisa kita temukan di Instagram. Anda bisa membaca mengenai ini di artikel saya sebelumnya yaitu 7 Cara Mendapatkan Uang dari Instagram.

3. Jualan Online di Twitter

Di posisi ke #3 media sosial terbaik untuk jualan online di Indonesia dipegang oleh Twitter. Facebook dan Twitter memang berseteru sejak lama dalam merebut perhatian pengguna aplikasi media sosial. Walaupun digunakan berjualan online tidak sebanyak Facebook, terbukti bahwa Twitter masih dipercaya oleh para pedagang online untuk memasarkan produk mereka.

Keterbatasan fitur Twitter adalah salah satu masalah dalam penggunaan Twitter sebagai media pemasaran jualan online. Namun, bila Anda memiliki followers tertarget di Twitter maka pemasaran produk apapun akan sangat efektif melalui Twitter.

Misalnya, jika target market Anda adalah para wanita, maka upayakan untuk berinteraksi dengan followers seputar dunia wanita dan kebutuhan mereka karena wanita biasanya suka diperhatikan dan cenderung suka berbelanja.

Artikel lain: Cara Mendapatkan Uang dari Twitter

4. Jualan Online di YouTube

Semua orang yang aktif menggunakan internet pasti tahu YouTube, kalau ngga tahu ya kebangetan. Media sosial berbasis video ini terbukti sangat ampuh untuk jualan online. Kenapa saya bilang sangat ampuh?




Ada pergeseran minat pengguna internet saat ini. Yang dulunya lebih suka membaca artikel, sekarang rata-rata pengguna internet lebih suka melihat konten yang interaktif, misalnya video. Inilah alasan kenapa YouTube saya katakan sangat ampuh untuk jualan online. Hal ini ditambah lagi dengan kenyataan bahwa koneksi internet di Indonesai sudah semakin cepat.

Brand besar yang beriklan di YouTube biasanya tujuannya untuk branding. Tapi bagi para pedagang online kecil-kecilan, penggunaan YouTube sebagai sarana untuk jualan online sudah sangat sering dilakukan. Tidak terlalu sulit untuk membuat sebuah video untuk jualan online, kita bisa menggunakan kamera smartphone lalu mengunggah video tersebut ke channel YouTube kita.

Baca juga: Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube

5. Jualan Online di Pinterest

Media sosial yang satu ini mirip dengan Instagram. Pinterest digunakan user-nya untuk mengirimkan foto-foto dari berbagai sumber, baik itu milik sendiri si pengunggah ataupun dari website lain.

Pinterest boleh dibilang seperti sebuah etalase toko, di mana pemiliknya bisa menampilkan foto-foto terbaik produk yang ingin dipasarkan. Media sosial ini sangat banyak digunakan oleh para fotografer dan juga para pemilik bisnis untuk memamerkan foto produk atau karya mereka.

Para pengguna Pinterest bisa mengoptimalkan konversi penjualan mereka dengan mendesain foto produk sedemikian rupa agar terlihat lebih menarik dan profesional. Seperti kata pepatah, sebuah gambar yang menarik bisa mewakili seribu kata.



7 total comments on this postSubmit yours
  1. Media sosial juga bagus pkontribusinya untuk jualan. Tiap hari banyak sekali iklan baru di instagram. Iklan nya juga bagus ga bisa hilang cuma tenggelam aja sama postingan baru. Sosial media semakin bersaing dengan marketpace yang sekarang mulai banyak penggunanya.

  2. Saya punya produk akesoris, awal mulanya jualan di Facebook beberapa bulan susah banget lakunya. Akhirnya kenal Instagram, dalam 1-2 bulan hasilnya cukup luar biasa, alhamdulillah pokoknya.
    Menurut saya pemilihan sosial media (mau pakai IG, FB atau lainnya) tergantung target market kita banyak nongkrongnya dimana :D

    • Betul sekali mba Winda. Sekarang ini Instagram lagi naik daun buat para advertiser

  3. Facebook masih menjadi primadona karena sangat tertarget dan audiencenya besar.

    • Sejauh ini memang masih Facebook yang jadi juaranya, tapi Instagram juga udah mulai menyaingi Facebook. Banyak pengiklan yang juga pakai Instagram untuk promosi

  4. Baru tau di Pinterest bisa jualan juga. Jualan di Instagram (IG) yang menurut aku paling mudah n cepet nyebarnya, kalo di FB yang liat temen2 aja. Atau kalau di FB Page mau diliat banyak orang harus pasang iklan berbayar. IG deh paling oke

  5. Menurut saya kalo soal jualan online lewat media sosial masih dipegang oleh Instagram sama Facebook.

    Medsos yg lain bagus tp fokus jualan di Instagram dan Facebook menurut saya udah cukup.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud