Ini Cara Mendapatkan Uang Dari Facebook, Jangan Keliru Ya!

Cara-Mendapatkan-Uang-Dari-Facebook

Situs media sosial #Facebook adalah salah satu media sosial yang sangat banyak digunakan untuk kegiatan berbisnis online, bahkan situs ini menjadi salah satu media promosi yang sangat efektif bagi internet marketer. Belakangan ini topik tentang cara mendapatkan uang dari Facebook menjadi sebuah topik yang banyak sekali dibicarakan para pengguna internet. Beberapa dari antara kita mungkin masih bingung, masa sih dari Facebook bisa menghasilkan uang? Apa benar Facebook memberikan uang kepada para user-nya?

Jika selama ini Anda berpikir bahwa Facebook sendiri yang memberikan uang kepada para user mereka, maka Anda sudah keliru. Yang dimaksud dengan menghasilkan uang dari Facebook adalah menggunakan situs media sosial ini untuk berbisnis. Jadi, bukan Facebook-nya yang memberikan uang, tapi kita bisa memanfaatkan Facebook untuk membangun sebuah bisnis yang akhirnya bisa menghasilkan uang. Sampai di sini para pemula pasti masih bingung, caranya bagaimana?

Anda yang sudah lama terjun di #internet marketing pasti akan bosan membaca artikel ini. Tapi bila Anda bukan dari kalangan internet marketer atau Anda masih baru belajar membangun sebuah bisnis online, silahkan baca terus artikel ini. Mungkin Anda akan mendapatkan sesuatu yang bermanfaat.



Sepanjang pengalaman saya selama menjadi internet marketer dan menggunakan Facebook sebagai media pemasaran, setidaknya ada 2 cara memanfaatkan Facebook untuk mendapatkan keuntungan. Sebenarnya saya tidak bisa dibilang ahli pada kedua hal tersebut, tapi saya melihat dan belajar bahwa Facebook itu adalah media yang sangat efektif untuk pemasaran online dan menghasilkan uang. Berikut ini Saya jelaskan mengenai 2 cara mendapatkan uang dari Facebook yang sering dilakukan oleh internet marketer.

Artikel lain: Empat Pertanyaan Mendasar Sebelum Promosi di Facebook

1. Mendapatkan Uang dari Facebook Dengan Menjual Produk

Apakah Anda punya bisnis offline tapi bingung mencari tempat yang strategis untuk memasarkan produk-produk Anda? Punya toko online tapi minim visitor dan jarang terjadi penjualan? Apakah saat ini Anda tidak punya bisnis, tapi punya semangat ingin membangun usaha dengan modal minim? Jika salah satu diantaranya adalah masalah Anda, maka sudah saatnya untuk mencoba memanfaatkan media sosial dengan lebih baik dari sebelumnya.

1.A. Pemasaran Produk Fisik

Anda pasti pernah melihat gambar-gambar produk fisik ataupun link menuju website toko online bertebaran di Facebook. Diantara gambar dan links tersebut pasti sering Anda temukan di timeline teman Facebook Anda atau di halaman Fans Page sebuah brand bisnis. Sebut saja produk-produk tersebut misalnya; busana muslim, buku, kosmetik, sofa, dan lain-lain.

Mereka menjual produk-produk tersebut secara online via Facebook. Kenapa Facebook? Karena media sosial yang satu ini penggunanya sangat banyak dan tingkat aktivitas para penggunanya juga sangat tinggi. Anda paham kan, di dalam dunia bisnis di mana ada keramaian maka di situ Anda bisa menghasilkan uang banyak. Jadi, Anda tidak perlu heran lagi bagaimana cara mendapatkan uang dari Facebook, tentu saja dengan menjual sesuatu di sana.

1.B. Pemasaran Produk Digital

Selain produk fisik, kita juga pasti sering melihat produk-produk digital dijual atau dipasarkan di Facebook. Produk digital ini bisa berupa eBook, membership online, video, lagu, dan lainnya. Cara pemasaran produk digital bisa berupa image produk dan link menuju halaman sales page, biasanya dipasarkan oleh para internet marketer profesional ataupun sebuah brand bisnis.

Produk digital ini bisa juga diberikan secara gratis kepada para pengguna Facebook, cukup dengan memasukkan nama dan alamat email mereka maka eBook akan dikirimkan ke email. Dengan cara ini para Facebook marketer akan mendapatkan data para pengguna Facebook (nama dan email), data inilah yang nantinya akan dimanfaatkan untuk menjual produk digital lainnya. Proses seperti ini biasanya tujuannya tidak langsung menjual, tapi membangun list email customer sesuai dengan minat, mengedukasi customer tersebut, memberikan informasi penting, sampai pada akhirnya customer ‘dirayu’ terus-menerus untuk membeli sesuatu. Dan, tentu saja tujuan akhirnya adalah menghasilkan uang yang lebih besar.

Artikel lain: Cara Menggunakan Facebook untuk Pengembangan Bisnis

2. Mendapatkan Uang dari Facebook Dengan Menjual Jasa

Biasanya para pebisnis online memanfaatkan fans page sebagai media pemasaran di Facebook. Dan ternyata tidak semua pemilik Fans Page Facebook bisa memanfaatkan halaman fans page mereka dengan maksimal. Seperti yang kita ketahui, pemilik fans page bisa memasang iklan di Facebook (FB Ads) untuk menjangkau lebih banyak orang di Facebook. Namun, kurangnya pengetahuan tentang cara meningkatkan fans base dan strategi beriklan di Facebook seringkali membuat para pebisnis tidak bisa memaksimalkan Facebook. Dan ini memberikan peluang bisnis tersendiri bagi mereka yang punya keahlian khusus di bidang Facebook marketing.

2.A. Jasa Menambah Fans Base (Likes)

Beberapa orang memang memiliki keahlian dalam pemasaran via Facebook, khususnya untuk menambah like fans page. Tentunya ini membutuhkan strategi khusus dan tools mumpuni yang tidak dimiliki oleh semua orang. Terus terang saya belum pernah menjual jasa seperti ini dan tidak tahu persis bagaimana strategi mereka melakukannya, tapi saat ini saya menemukan cukup banyak teman-teman yang menjual jasa menambah likes Facebook.

Biaya untuk jasa menambah likes Fans Page Facebook berkisar antara Rp 350.000 – Rp 6 juta lebih, tergantung jumlah likers yang diinginkan dan juga target likers yang diinginkan oleh si pembeli jasa. Uniknya, para penyedia jasa ini meng-klaim bahwa mereka juga bisa menarget fans baru dengan minat yang sesuai dengan topik bisnis Anda, hebat ya.

2.B. Jasa Mengelola Fans Page Bisnis

Biasanya para pebisnis lebih fokus pada operasional bisnis mereka. Walaupun sebuah brand bisnis sudah berada di Facebook, bukan berarti hal itu sudah cukup. Pemasaran bisnis di media sosial harus dilakukan dengan baik dan secara berkesinambungan. Dengan kata lain, pengelolaan Fans Page Bisnis memang membutuhkan perhatian khusus dari mereka yang punya keahlian di bidangnya.

Menurut beberapa kenalan saya yang pernah menjadi pengelola Fans Page sebuah brand Bisnis di Facebook, fee untuk mengelola fans page tersebut berkisar antara Rp 2 juta – Rp 5 juta per bulan per fans page. Tugas pengelola fans page tersebut adalah memposting atau mengupdate berita/ informasi yang berhubungan dengan sebuah brand bisnis di halaman fans page, mempromosikan fans page tersebut ke pengguna Facebook yang lain, dan mengelola komentar dari fans yang masuk. Walaupun jasa ini terkesan mudah, pada kenyataannya kita harus memiliki keahlian di bidang komunikasi dan pemasaran online.

2.C. Jasa Pemasangan Iklan di Facebook

Percaya atau tidak, jasa pemasangan iklan di Facebook sudah menjadi salah satu bisnis yang mulai banyak dilakoni oleh para pengguna Facebook. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, tidak semua orang mengerti dan bisa memasang iklan di Facebook. Orang yang bisa beriklan di Facebook adalah mereka yang memiliki kriteria tertentu, yaitu bisa membayar iklan dengan metode pembayaran yang telah ditentukan oleh pihak Facebook.

Beberapa metode pembayaran Facebook Ads diantaranya; Paypal, Credit Card (recommended), dan Neteller. Dari ketiga metode pembayaran tersebut, pembayaran iklan via Credit Card adalah yang saya gunakan. Terus terang saya kurang tahu mengenai standard biaya untuk jasa pemasangan iklan di Facebook ini. Tapi beberapa orang yang pernah menggunakan jasa saya membayar Rp 300.000 untuk biaya pemasangan iklan, dimana besar budget iklan mereka adalah Rp 1 juta selama 7 hari. Jadi, mereka membayar sebesar Rp 1,3 juta ke saya (Rp 1 juta untuk budget iklan, dan Rp 300 ribu untuk jasa). Ingin mendapatkan uang dari Facebook dengan cara ini? Anda harus memenuhi persyaratan terlebih dahulu.

Baca juga: Metode Pembayaran yang Bisa Digunakan Untuk Facebook Ads

Selain yang saya sebutkan di atas, mungkin saja masih ada metode lain yang pernah dilakukan orang untuk mendapatkan uang dari Facebook. Poin penting yang ingin saya sampaikan di dalam artikel ini adalah media sosial Facebook memang sangat efektif untuk melakukan pemasaran. Apapun tujuan pemasaran Anda di Facebook, baik itu untuk penjualan produk, branding bisnis, membangun data base customer, atau yang lainnya, pastikan Anda melakukannya dengan baik. Jangan pernah melakukan cara-cara tidak etis dan mengganggu orang lain, misalnya SPAM, karena hal-hal semacam ini akan merusak bisnis Anda sendiri. Semoga artikel ini bermanfaat.





23 total comments on this postSubmit yours
  1. Salam,
    Mas Mau tanya, kalau kita gunakan jasa pengiklan dengan kita iklan sendiri ada bedanya kah? Mohon info lebih efektif yg mana :)

  2. kalau yang FB Ads gitu gimana mas ? sy denger tuh katanya ada FB ADS, seperti Adsense gitu. tapi saya kurang paham, mungkin masnya tau ?

  3. makasih gan buat infonya,sanggat membatu saya dalam menjalankan online bisnis,dan masih butuh banyak pengalaman.

  4. Rata-rata orang yang sudah tau internet marketing pasti memanfaakan Facebook untuk berjualan produk berupa fisik. Dan tak jarang juga banyak yang nyepam :-)

  5. biasanya orang lbih banyak menjual produk di Facebook

  6. bro artikelnya bermanfaat sekali, saya sangat terbantu sekali. Saya yang masih pemula dalam penggunaan facebook dan belum mengerti sekarang sudah mulai paham. terimakasih sharingnya. saya punya referensi juga tentang Cara Mendapat Uang minta tolong pendapat dan saran nya

  7. Saya ingin mendaftar dengan persyaratan yang sudah ditentukan

  8. Bantu dong cara mendaftarnya, lg nganggur ni

    • Saya juga mau belajar tapi caranya gmn nya

  9. iya…FB emang keren…dari cari teman / sodara yg sudah lama ga ketemu…
    bisa juga buat cari uang….

  10. saya sering promosi di fb tapi krnapa ya selalu sepi dan bahkan teman fb saya sedikit.

  11. Rencana saya mau promosi di fb , tetapi website yang saya gunakan untuk promosi di blokir oleh FB. Ada yang tahu bagaimana agar website saya kmbli di buka oleh fb??? Kalau ada yg tahu tolong di bantu ya …

    • caranya melaporkan balik ke fb , ada orang yang tak suka dengan publikasi anda di facebook sehingga dia melaporkan website anda, saya sudah pernah pengalaman besar seperti pengalaman mas sekarang :)
      saya sudah 13 x di lapor, tapi saya lapor balik alhamdulillah hampir 2 bulan ini gak di blokir lagi website saya di fb , karena bukan dengan fb saya aja melaporkannya, tapi menggunakan fb teman kerabat, saudara, biar fb yakin wesite saya resmi

  12. Aku pusing pingin dapat uang melalui media sosial. Aku pingin belajar seperti kalian.

  13. Kalo ane dulu sering nya jual jasa di facebook,, cuma sekarang udah pensiun gara” tidak punya cukup banyak modal dan peralatan,,

  14. Terima Kasih, Informasi pada artikelnya keren banget setelah saya baca saya jadi memperoleh tambahan informasi dan saya yakin kalo facebook merupakan salah satu media sosial yang berperan penting dalam dunia bisnis. dengan teknik dan caranya yang mudah seseorang dapat mendapatkan uang dengan menjual jasa melalui facebook. Facebook juga merupakan media yang sangat efektif untuk pemasaran online dan menghasilkan uang.
    Semoga dengan adanya blog ini informasi-informasi yang diberikan bermanfaat bagi pembacanya. serta informasinya semakin hari semakin berkembang dan semakin sukses…
    Amiiin…

  15. Pembuatan blog ini sangat menginspirasi sekali, karena dengan membaca blog ini, adalah salah satu bagian terpenting jika kita terjun kedunia bisnis. Dan pembaca yang membacanya sangat beruntung karena memperoleh informasi yang sangat berharga. Apalagi jika pembacanya mencoba berbisnis yang ditunjukkan oleh blog ini. Sungguh luar biasanya blog ini. Semoga dengan adanya blog ini, akan selalu bermanfaat bagi yang membacanya. Dan semoga blog ini menjadi peminat blog nomor satu yang memiliki banyak visitor. Dan akan selalu sukses kedepannya. Amiin.. (y) .

  16. Keren bang. Kami punya alternatif lain untuk beriklan di facebook tanpa menggunakan Facebook Ads. Kami membuat wadah untuk mempertemukan Advertiser dan pemilik akun Facebook yang bersedia jadi publisher dengan bayaran perklik

  17. Secara garis besar, setiap artikel yang saya share kurang diminati oleh pegguna FB terutama teman saya, mungkin topik blog saya kurang cocok dihati mereka dan kemungkinan tdak sesuai dengan kebutuhan mereka.

    Saya setuju dengan Abang, kalau mau promosi rang fisik emang kurang, lebih untung produk digital, krn kita bebas biaya kirim.

    BTW, makasih atas pencerahannya bang, semoga saya makin paham dengan FB dan seluk beluknya

  18. saya pernah menggunakan Fans Base (Likes) Facebook untuk meningkatkan Traffik dari Facebook untuk Blog saya Tujuanya untuk meningkatkan Profit. Ternyata hasilnya mengecewakan, Dari 2.000 Orang Fans Base Facebook saya yg hanya sedikit yg datang dari Facebook Fans Base.

    Saya belum tahu alasannya, sepertinya facebook memiliki algoritma untuk memilih milih yg bisa tampil di dinding feed-nya. saya sangat kecewa dengan Algoritma facebook Tersebut. sehingga saya berpindah ke Google+ untuk Bisnis saya.

    • Sebenarnya kesuksesan iklan kita di Facebook bisa dipengaruhi beberapa faktor, misalnya kekuatan copy ads nya, target audiens yang dibidik, besarnya budget, dan lain-lain. Sejauh pengalaman saya menggunakan Facebook Ads, hasilnya sebagian besar memuaskan :)

      • iya benar juga sih mas. emang ada faktor lainnya juga yg mempengaruhi target audiens ;-)

  19. Menjual jasa yang paling mudah mas

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud