Beranda SEO 200 Faktor yang Mempengaruhi Ranking Website di Google

200 Faktor yang Mempengaruhi Ranking Website di Google

Faktor-yang-Mempengaruhi-Ranking-Website-di-Google

Aktivis SEO pasti sudah mengetahui bahwa Google menggunakan sekitar 200 faktor dalam menentukan ranking sebuah website pada hasil pencarian mereka. Apa saja faktor-faktor itu? Beberapa pelaku SEO memberikan pendapat yang kontroversi, ada yang terbukti, dan ada juga yang hanya spekulasi. Menurut sebuah artikel yang dimuat di situs Backlinko.com, inilah 200 faktor yang mempengaruhi ranking website di Google.

Kencangkan ikat pinggang dan ambil camilan karena artikel ini akan cukup panjang. Check this out!

A. Domain Factors

1. Umur Domain; Pada sebuah video yang dirilis oleh Matt Cutts (head spam of Google) disebutkan bahwa usia domain berpengaruh dalam penentuan ranking website di Google, tapi pengaruhnya tidak terlalu besar.

“The difference between a domain that’s six months old verses one year old is really not that big at all.” ~ Matt Cutts
[spoiler]
[/spoiler]

2. Kata Kunci Muncul di Top Level Domain; Pengaruhnya tidak terlalu besar seperti yang terjadi pada SEO di masa lalu, namun keywords di dalam domain akan memberikan sinyal bahwa sebuah domain relevan dengan kata kunci tersebut. Saat ini masih banyak yang menggunakan keywords dalam domain mereka.

Artikel terkait: Tips Memilih Domain Yang Baik Untuk Situs Anda

3. Kata Kunci Berada Pada Kata Pertama Dalam Domain; Seperti yang pernah disebutkan dalam artikel SEO MOZ, domain yang memuat kata kunci pada kata pertama dalam domain memiliki keunggulan dari sisi SEO dibandingkan dengan domain yang tidak terdapat kata kunci pada root domainnya atau meletakkan keyword di tengah/ akhir domain.

4. Rentang Pendaftaran Domain di Registrar; Biasanya domain yang punya value akan didaftarkan dalam rentang waktu yang cukup panjang, misalnya 3 – 5 tahun sekaligus. Tidak seperti domain untuk website doorway yang biasanya didaftarkan tidak lebih dari satu tahun saja.

“Valuable (legitimate) domains are often paid for several years in advance, while doorway (illegitimate) domains rarely are used for more than a year. Therefore, the date when a domain expires in the future can be used as a factor in predicting the legitimacy of a domain”. ~ Google’s Patent

5. Kata Kunci Pada Nama Subdomain; Berdasarkan Moz panel, kata kunci yang terdapat pada subdomain akan berpengaruh pada SEO sebuah website, misalnya subdomain keyword.maxmanroec.com.

6. Sejarah Kepemilikan Domain; Sejarah kepemilikan sebuah domain bisa berpengaruh pada SEO. Beberapa situs untuk mengecek kepemilikan situs, seperti Who.is akan memberikan informasi kepemilikan sebuah domain ke Google dan Google bisa saja me-reset history atau sejarah domain tersebut, misalnya meniadakan backlink yang pernah merujuk ke domain tersebut.

7. Exact Match Domain (EMD); Beberapa waktu yang lalu pihak Google memberikan penalty pada situs dengan domain EMD, namun ini hanya berlaku pada situs yang kualitasnya buruk. Jika Anda membangun website yang berkualitas baik dengan konten yang bermanfaat, EMD tetap akan memberikan keuntungan dari sisi SEO.

8. Private vs Public WhoIs; WhoIs yang disetting Private adalah sebuah indikasi bahwa ada sesuatu yang “disembunyikan”. Menurut Matt Cutts mengaktifkan private WhoIs tidak otomatis berakibat buruk pada website. Tapi ini bisa berpengaruh pada ‘Trust’ customer ataupun search engine sendiri pada sebuah website.

“…When I checked the whois on them, they all had “whois privacy protection service” on them. That’s relatively unusual.  …Having whois privacy turned on isn’t automatically bad, but once you get several of these factors all together, you’re often talking about a very different type of webmaster than the fellow who just has a single site or so.” ~ Matt Cutts

9. Nama Pemilik Domain Terkena Penalty: Google bisa mengetahui nama pemilik sebuah website dengan bantuan WhoIs (atau mungkin dengan software mereka sendiri). Nah jika Google mengidentifikasi seseorang adalah SPAMMER, ini bisa mengakibatkan nama pemilik domain tersebut terkena penalty, tentunya setelah Google melakukan penelitian pada beberapa domain yang dimiliki oleh nama tersebut.

10. Country TLD Extension; Memiliki domain dengan ekstensi negara tertentu, misalnya .co.id, .us, .it, akan membantu meningkatkan ranking website tersebut di negara tertentu, tapi akan membatasi kemampuan website tersebut untuk ranking secara global.

Artikel lain: 9 Elemen Penting Dalam SEO Website Anda Untuk Jangka Panjang

B. Page-Level Factor

 11. Kata Kunci di Title Tag; Selain konten, Title Tag atau judul halaman website adalah salah satu hal yang sangat penting dalam SEO. Title tag bisa berpengaruh besar pada kekuatan SEO sebuah halaman website.

12. Titel Tag dimulai dengan Kata Kunci; Menurut data yang ditunjukkan oleh Moz, Title Tag yang dimulai dengan kata kunci yang dibidik cenderung memberikan hasil lebih baik daripada judul dengan kata kunci di akhir Title Tag.

13. Kata kunci dalam Tag Description; Deskripsi halaman website yang mengandung kata kunci adalah relevansi lain yang perlu kita perhatikan. Memang tidak terlalu banyak memberikan pengaruh, tapi akan membuat perbedaan yang lebih baik.

14. Penambahan Kata kunci pada H1 Tag: tag H1 adalah “Title tag kedua” yang akan membantu memberikan sinyal kepada Google bahwa sebuah halaman website relevan dengan topik tertentu, baca studi korelasinya di sini.

15. Kata Kunci Digunakan dalam Dokumen: Menambahkan kata kunci pada setiap dokumen di dalam halaman website juga akan memberikan sinyal bahwa dokumen tersebut relevan dengan keywords tertentu. Misalnya menambahkan kata kunci pada gambar atau file Pdf di dalam halaman website.

16. Konten yang Panjang; Artikel konten dengan jumlah kata yang lebih banyak dan luas lebih disarankan dibandingkan dengan artikel dangkal yang pendek. Menurut SERPIQ, konten yang panjang dan dalam lebih diuntungkan dalam SERP Google.

17. Kerapatan Keywords; Kerapatan kata kunci masih diperhitungkan oleh Google dalam menentukan relevansi sebuah halaman terhadap sebuah topik. Namun jangan menggunakannya berlebihan karena justru bisa merusak SEO halaman website Anda.

18. Laten Semantic Indexing Keywords dalam Konten (LSI); Hingga saat ini LSI keywords masih punya peranan dalam SEO. LSI keywords membantu search engine dalam mengenali keywords yang memiliki makna lebih dari satu, misalnya buah Apple vs perusahaan Apple.

 19. LSI Keyword dalam Title dan Description Tags; Sama halnya seperti pada konten halaman Web, LSI keyword pada Title dan Description Tags bisa membantu Google membedakan keywords yang memiliki sinonim. Ini juga bertindak sebagai sinyal relevansi.

20. Kecepatan Loading Halaman Web via HTML; Mesin pencari Google dan Bing menggunakan kecepatan loading halaman website sebagai salah satu faktor penentuan peringkat sebuah halaman. Spider mesin pencari dapat mengestimasi berapa kecepatan sebuah website berdasarkan kode halaman website dan juga besar file di website tersebut.

21. Duplikat Konten; Konten yang identik atau hanya dimodifikasi sedikit saja bisa memberikan dampak negatif pada sebuah website di mesin pencari.

22. Rel = Canonical: Gunakan tag ini dengan cara yang benar. Penggunaan tag ini akan membantu mencegah Google menganggap ada duplikat konten pada sebuah website. Baca lebih lanjut di SINI.

23 Kecepatan Halaman di Chrome; Google juga bisa menggunakan data dari para pengguna browser Google Chrome untuk mendapatkan data tentang kecepatan loading sebuah website, penggunaan CDN, dan kecepatan web yang terkait dengan non HTML lainnya.

 24. Optimasi Gambar; Dengan menambahkan keyword pada Alt, judul, deskripsi pada gambar, maka ini akan mengirim sinyal ke mesin pencari bahwa gambar tersebut relevan untuk kata kunci tertentu.

25. Recency of Content Updates; Update Google Caffein menyukai konten yang selalu uptodate, terutama untuk konten berita yang terbaru dan banyak dicari. Google biasanya menampilkan tanggal update terakhir pada sebuah halaman website tertentu.

26. Besaran Update Konten; Besarnya suntingan dan perubahan pada sebuah halaman website merupakan salah satu faktor penting. Menambahkan atau menghapus bagian tertentu dari halaman website lebih berpengaruh ketimbang hanya mengganti beberapa kata atau kalimat saja.

27. History Update Halaman: Google juga mempertimbangkan kesegaran konten dalam sebuah website. Seberapa sering website tersebut diupdate dari waktu ke waktu, apakah setiap hari, minggu, bulan, atau setiap tahun?

28. Keyword Prominence; Menambahkan kata kunci pada 100 kata pertama di awal paragraf akan menjadi sinyal kuat bahwa konten tersebut relevan dengan topik tertentu.

29. Kata kunci dalam H2 & H3; Memasukkan kata kunci yang relevan pada subheading H2 atau H3 bisa menjadi sinyal tambahan bahwa konten relevan untuk topik tertentu.

30. Keyword Word Order; Pencarian dengan kata kunci exacth match yang terdapat di dalam konten biasanya lebih baik dibanding menggunakan kata kunci yang agak berbeda. Misalnya user mengetikkan kata kunci “Strategi jitu membangun backlink”, halaman web yang teroptimasi dengan kata kunci “Strategi jitu membangun backlink” akan lebih baik rankingnya dibandingkan dengan halaman yang teroptimasi dengan keyword “Membangun backlink dengan strategi jitu”. Itulah sebabnya mengapa riset kata kunci sangat penting.

31. Kualitas Outbound link: Memberikan link ke Authority site yang topiknya relevan dianggap dapat meningkatkan trust Google kepada sebuah website.

32. Outbound link Theme; Menurut Moz, mesin pencari seperti Google bisa menganggap website Anda relevan dengan website yang Anda berikan link. Misalnya, website Anda tentang internet marketing lalu memberikan link ke website yang isinya tentang furniture, ini bisa saja memberikan sinyal ke Google bahwa website Anda tentang Furnitur bukan tentan internet marketing.

33. Grammar & Spelling; Tata bahasa dan ejaan ternyata juga masuk dalam perhitungan dalam penentuan ranking di Google. Sebaiknya gunakan selalu tata bahasa dan ejaan yang baku untu konten website Anda.

34. Konten Sindikasi; Apakah konten di blog/ website Anda unik/ original? Jika konten Anda berasal dari hasil scraping atau disalin dari halaman website lain yang sudah terindeks di Google, bisa dipastikan konten Anda tidak akan mendapatkan posisi yang baik di mesin pencari.

35. Konten Tambahan yanng Bermanfaat; Menurut Google Rater Guidelines, konten tambahan yang bermanfaat merupakan indikator kualitas sebuah halaman website. Misalnya tools pengkonversi mata uang, kalkulator bunga kredit dan resep yang interaktif.

 36. Jumlah Outbound Link: Terlalu banyak OBL dengan rel dofollow bisa mengakibatkan ‘KEBOCORAN’ Page Rank, dan ini bisa merusak posisi halaman website di SERP Google.

37. Multimedia; Menambahkan gambar, video dan elemen multimedia lainnya bisa menambah kualitas konten.

38. Jumlah Internal Link ke Halaman Tertentu; Jumlah internal links ke salah satu halaman di dalam website Anda menunjukkan bahwa halaman itu penting dan masih berhubungan topiknya.

39. Kualitas Internal Link Menuju Halaman Tertentu: Internal link dari halaman yang memiliki otoritas pada sebuah domain memiliki efek lebih kuat dari halaman tanpa atau PR rendah.

Artikel terkait: Apa Fungsi Internal Linking di Dalam Website/ Blog?

40. Broken Link: Jangan biarkan ada broken link di website Anda. Terlalu banyak broken link adalah salah satu tanda bahwa website tersebut diabaikan. Google Rater Guidelines Document menggunakan broken link sebagai salah satu indikator dalam menilai kualitas sebuah website.

41. Reading Level; Google bisa memperkirakan tingkat kemudahan membaca sebuah konten dalam halaman website. Tapi masih banyak perdebatan tentang apa yang mereka lakukan pada informasi tersebut.

Beberapa orang mengatakan konten yang mudah dibaca visitor (basic level) bisa membantu SEO karena lebih menarik dibaca. Menurut Linchpin SEO, reading level salah satu faktor yang membedakan antara web berkualitas dengan pabrik konten.

42. Link Afiliasi: Memasukkan link Afiliasi di halaman website tidak akan menyakiti peringkat website Anda di SERP. Jika link Affiliasi agak banyak di dalam website, algoritma Google mungkin akan memperhatikan kualitas website Anda dari sisi yang lain untuk memastikan bahwa website Anda bukanlah situs abal-abal.

43. Kesalahan HTML / validasi W3C; Banyaknya kesalah HTML atau coding yang ceroboh merupakan tanda bahwa kualitas website tersebut tidak diperhatikan. Walaupun masih pro dan kontra, banyak pelaku SEO yang mengatakan bahwa validasi W3C merupakan salah satu sinyal penting dalam SEO.

44. Domain Authority Website; Halaman website yang memiliki domain authority yang tinggi akan mendapat prioritas di SERP Google dibandingkan dengan website yang domain authority nya rendah.

45. PageRank website; Walaupun bukan acuan, tapi umumnya halaman website yang memiliki PR tinggi cenderung mendapatkan ranking yang lebih baik di SERP Google dibanding halaman website yang PR nya rendah.

46. ​​Panjang URL Halaman Website; Menurut catatan di Search Engine Journal, website dengan URL yang panjang kurang baik rankingnya di mesin pencari.

47. URL Path; Halaman posts atau pages yang dekat ke homepage cenderung mendapatkan peningkatan otoritas.

48. Human Editors; Meskipun belum ada konfirmasi dari Google mengenai hal ini, pihak Google sudah mengajukan paten untuk sebuah sistem yang memungkinan Human Editors mempengaruhi SERP Google.

49. Halaman Kategori; Halaman kategori adalah salah satu sinyal relevansi antar konten. Halaman yang menjadi bagian dari kategori terkait akan mendapatkan peningkatan relevansi dibandingkan dengan halaman lain yang berada pada kategori yang tidak berhubungan atau kurang terkait.

Baca juga: Strategi Dalam Membangun Backlinks Untuk Website / Blog

50. WordPress Tags: Tag adalah sinyal relevansi pada website WordPress yang lebih spesifik. Menurut Yoast.com, satu-satunya cara meningkatkan SEO website Anda adalah dengan menghubungkan satu konten dengan konten lain, dan lebih khusus lagi sekelompok posting yang masih terkait satu sama lain yang dibuat dalam tags (menandai).

Bersambung….

130 KOMENTAR

  1. trimakaih konten yang sangat membati saya untuk membangun website, namun ada yang saya ingin tanyakan tentang membangun backlink yang ramah google mohon untuk pencerahanya

  2. mau nanya gan, saya punya website umur kurang lebih 3 minggu. Normal ga sih kalau website umur segitu belum ada visitor “real dari google” sama sekali?. Tapi saya sudah di terima adsense, apa dampak buruknyakah kalau adsense saya tak kunjung mendapatkan views?

  3. Banyak juga otorias website/blog agar bisa menepati posisi penting halaman google, perlu kerja keras lagi dalam optimasi sewajarnnya,

    Yang menjadi patokan bahwa outbound link jangan terlalu banyak, namun apabila konten panjang lebih dari 1500 untuk masalah link keluar cukupnya berapa persen?

    Terima kasih infonya

  4. wah, ternyata banyak faktornya yah, newbie jadi pusing ini, yang penting rajin tulis artikel saja dulu.

  5. Fadi Fadlulloh Ibrohim

    apakah subdomain mempengaruhi SEO web ya?
    Kok saya mengalami kekurang pada SEO ketika saya buat subdomian..

  6. mantap gan sangat membantu dan bermanfaat

  7. mas, saya punya website dengan nama hidup simpel. ceritanya websiteku itu fokus untuk pendidikan, khususnya pelajaran sd smp sma. apakah namanya bisa berpengaruh ya?

  8. Ini udah 50 point udah lengkap banget apalagi kalo ditambah yah, mana sisanya gan? di tunggu yah. Pahami dulu dikit-dikit

  9. Mana lanjutannya om? Izin praktek om..

    • Mungkin Mimin nya lagi sibuk mas Box

  10. gw masih bingung untuk optimasi seo page

  11. Website saya ada yang saya tulis sampai 800 kata, tapi trafficknya masih minim, kenapa ya gan?

  12. Informasi yang sangat bermanfaat untuk saya dalam melakukan optimasi blog,, terima kasih banyak artikel ini telah memberikan pencerahan.

  13. Jual Kain Batik Murah

    Keren, yang sisanya di mana ya om.?

  14. mirip ranking factornya brian dean om..hehe

    thx infonya

  15. waduh banyak juga ya…Mas, terima kasih atas infonya Mas…Oh y…sambungannya mana..?

  16. Cafeilmu-yangyang.com

    Banyak faktor seo yang harus kita pelajari.

  17. sip… sukses selalu ya… thanks… ;-D

    baca nya sampe pegel…

    ntar sambil praktek bisa ya..

  18. mas mau tanya nih, saya punya website potal berita riau24.com sudah lama sekitar 6 tahunan tapi page rank nya sama sekali ga ada itu faktor apa yang mempengaruhinya mas ?

    • Saat ini Page Rank sudah tidak ada lagi pak. Sekarang lebih saya lebih memperhatikan Authority dan Alexa Rank

  19. wah banyak sekali yang harus saya pelajari agar blog saya agar masuk ranking google. terutama dalam hal SEO, karena tak bisa dipungkiri SEO memang menjadi salah satu faktor paling penting agar blog masuk rankink google selain kaya akan konten.
    terimakasih artikelnya sangat membantu gan :)

  20. Hiti Driver Printer

    wah jadi gimana dunk kayak saya yg pake domain gratis dot ga :(

  21. Saya tunggu2 sambungannya gak muncul2 Bang max heheheh akhirnya saya melanglang buana cari sendiri. Yang berbahasa Indonesia nyaris gak ada yang sampe 200 juga, alhasil cari yang bahasa luar deh.

    Setelah saya pelajari, gak taunya masih banyak yg jadi bahan perdebatan dan ada juga yang hoax, jadi mesti pinter pilih2 yang bener untuk diterapkan.

    Kalau berkenan mungkin artikel saya bisa melanjutkan artikel ini bang, saya sudah buat 200 daftar Google Ranging Faktor indikatornya bang, semoga direstuin ama Bang Maxmanroe heheh

  22. NgeblogCamp Indonesia

    Wow banyak sekali faktornya. Hm.. sepertinya sedikit paham dengan masalah blogku, menurut paparan di atas karena Country TLD Extension sehingga dalam beberapa kali blogku agak kurang bersaing di Google Indonesia. Yah namanya juga hosting gratis, cuma bisa milih subdomain yang tersedia :-D

  23. wahana ekpedisi

    mantep om penjabaranya tapi saya masih bingung tentang seo wordpres semoga ada pencerahan om makasih sebelumya artikelnya mantep maju terus om.

  24. Harus banyak menerapkan seperti yang diatas,tapi butuh kesabaran jugaa.blog saya sudah setahun lebih alhamdululah d peringkat k2.harus banyak posting juga seminggu 3x,,lebih bagus setiap hari hhe

  25. Muhammad Padhil

    Apakah backlink berperan 100% terhadap ranking blog di serp ?

  26. Mas 200 faktor dari site backlinco.com itu apa pernah secara gamblang disebutkan oleh google bahwa faktor-faktor itu sangat mempengaruhi SEO kita.

    Trus kalo menurut pengalaman mas…kalo punya artikel 125 post…kira-kira berapa user yang wajar yang akan mengunjungi blog kita. Asumsi disini, blognya sdh diterapkan : meta description, tag alt utk image, dishare ke berbagai sosmed, ada backlink dari stackoverflow, blognya responsive, setiap artikel difetch jg ke webmaster tool, menggunakan syntax highlighter dan berbagai teknik seo lainnya.

    Tetapi mengabaikan niche…mksdnya blognya lebih ke tutorial web dan android…jadi bisa dikatakan niche krg menarik.

  27. Wah lengkap banget, hehe. Makasih mas Max

  28. Cukup pnjang dn lengkp memang.. Tp tidak ada 200

  29. Sangat lengkap mas bro, sampai bingung penerapanya. thanks a lot of

  30. kalau pasang adsense terus keyword kita banyak terus yang di ambil adsense keyword yang mana ,, di h1 di h2 , atau yang keyword yang paling banyak ,,

  31. Mas..apakah mngubah theme pd wordpress akan mempengaruhi SERP website kita yg sudah ada saat ini?

  32. kang maxmanroe saya ingin bertanya kalo hosting pada suatu website apa ngaruh terhadap index website? soalnya web saya cuma hosting 500mb terus indexnya lambat banget udah 5 bulan padahal

    • Kualitas server hosting pasti berpengaruh ke website kita secara keseluruhan. Pakai hosting yang servernya handal, yang lokal ada banyak kog mas, misalnya Rumahweb.com, Masterweb.com, Niagahoster.co.id, Dapurhosting.com, dan lain-lain.

  33. woow, baru 50 faktor aja uda terasa panjang alias super lengkap…terima kasih buat sharingnya…

  34. gan saya punya maslah dengan web yang sangat turun drastis,apakah karena jarang update juga ?

  35. Gan saya mau nanya nih,,domain tanpa www sudah ok di serp,kemudian saya ganti menjadi www. berpengaruh ga di serp ayh gan,,,

    Penjelasnya yah gan

    Terima kasih

    • Sebenarnya berpengaruh mas, menggunakan www itu seperti menambahkan subdomain ke domain utamanya.

  36. saya agak bingung euy. masalahnya website yg saya kelola itu tidak selalu update karena web hotel yg hanya digunakan untuk booking kamar dan company profile doang. tolong pencerahannya dong. terima kasih. :-)

  37. Gak heran, setiap saya ketik keywprd.. blognya sang sanpei seo inilah yang muncul…asoy….

  38. Intinya SEO on page dan off page mrupakan alasan naiknya peringkat suatu laman diwebsite, meskipun tidak disampaikan langsung Oleg pihak Google, tapi banyak praktisi yang sudah membuktikannya..

  39. Kalau berbicara masalah SEO, sebenarnya simple aja kok … perhatikan SEO OnPage dan SEO OffPage ….. pasti beres.
    Namun jangan lupa, kualitas artikel atau postingan blog menjadi sebuah hal yang wajib untuk diperhatikan ………, kemudian tingkatkan kecepatan loading blog dan gunakan model Responsive Template ……

  40. toko buku online

    wahhh, keren… artikelnya benar2 mantaappp…
    skrng, rahasia SEO benar-benar terbongkarr, hahahahah

  41. Kalau domain blogspot apakah mendapat ranking dari google ?? Mohon penjelasannya mas

  42. poin 26 bisa diperjelas lagi itu om maxmanroe, soalnya poin tersebut salah satu hal yang bisa mempertahankan posisi di top serp dlm jangka waktu pangjang kayaknya.

  43. bang, kalau bikin situs kusus seperti di teka-teki.com apakah lebih bagus di serp ketimbang situs campuran?
    mksh..

    • Yang lebih bagus itu website yang disukai oleh audiens nya. Itu aja :)

  44. walau cukup cemilannya tapi sangat masih panjang perjuangan untuk memraktekan satu persatu artikel ini…semoga masih tetap bersemangat. terima kasih atas info pentingnya

  45. Dedy Akas Website

    Hai All Blogger…

    Saran saya…
    Pelari satu-satu dulu… yang penting maxmanroe… eh salah, maksudnya maksimal…

    Terima kasih…

    Salam Blogger…

  46. materi ini yang saya butuhkan, cara menaikkan traffic ternyata butuh perjuangan yang tidak gampang,terima kasih mas.

  47. saya mempunyai blog sudah ada 8 bulan lebih dan belum mendapatkan posisi SERP yang tepat, saya berharap info ini dapat membantu saya untuk mendapatkan posisi dalam pencarian google

  48. mau tanya gan, apakah cara backlink dengan menggunakan tool seperti indexkings.com untuk mendapatkan backlink gratis itu akan mempengaruhi dari Google adsense (banned) atau gimana gan, terima kasih sebelumnya.

  49. Wah menarik ini, serasa masih 0,01 untuk bisa memahami SEO untuk marketing… bimbingannya gan

  50. saya mempunyai usaha online di bidang jasa tour & travel, maxmanroe apakah bisa membantu untuk menaikan ranking di google, jika bisa tolong diinformasikan solusinya.
    Terima kasih.

  51. Mau tanya, Apakah pengaruh dengan menyematkan kata kunci rumah pada Rumahb.com ?

  52. mas mau tanya, apakah merubah deskripsi blog yang didaftarkan di adsense akan berpengaru tidak? dan apakah berpengaruh juga pada alexa? solusinya bagaimana?

  53. jasa pembuatan website jogja

    domain dengan www dan non www apakah dianggap beda oleh index google? sebelumnya web sy ter index dg www, entah mengapa jadi non www dan posisi keyword turun drastis, trus yg bikin bisa terindeks tanpa www penyebabnya dari apa? tq

  54. baju koko casual

    Waduh ternyata banyak banget faktornya ya…. Artikelnya sangat lengkap sekali mas dan sangat membantu bagi kami para newbie.
    Terima kasih akan kami coba mengikuti tips dari mas Max.

  55. wah kok bersambung mas,, masih kurang 150 faktor lagi..

  56. SEO ,,,,
    Sumpah,,, saya mulai lapar setelah membaca postingan 200 Faktor yang Mempengaruhi Ranking Website di Google mas,,,, sangat bermanfaat,… saya banyak belajar dari blog ini, kalau berkenan berikan masukkan ke blog saya mas, baru belajar ngeblog nich, angkat saya jadi muridmu mas :D
    Masih bingung menerapkan seo by yoast walaupun beberapa artikel di blog ini sudah cukup membantu, namun ada kasus yg tidak saya pahami, jika mas ketik dollar instan di google, artikel dari blog sy duduk peringkat satu, jika di baca, tidak ada kualitasnya sama sekali, apa karna postingan itu sudah cukup lama ?

  57. Bagus juga, kadang saya juga bingung, tergantung keyword para pengunjung ketik di pencarian .

  58. masih belum selesai yah. cukup membantu nih pak. kebetulan saya baru buat blog. jadi agak awam masalah seo

  59. Mas..Mau tanya dari pertama kali kita bikin website berapa lama…system SEO yang kita terapkan dalam website itu mulai ada hasilnya?

  60. wah mantab..isi nya keren semua mas. Khusus tentang LSI, kerapatan keyword yang yang bisa berakibat pada keyword stuffing bisa di akali dengan menukar keyword tersebut dengan synonim ditambah dengan memperpanjang kata sebelum tanda titik. Jadi keywordnya tetap terbaca.

    Sukses terus mas max, saya suka sekali dengan ulasan-ulasan di webnya mas. salam

  61. waduh… ternyata banyak juga yang mempengaruhi sisi website kita….
    om mau tanya nih
    1. saya sering mengganti judul permalinknya, apakah itu akan berpengaruh pada wibsite kita ? karena kalau saya perhatikan sangat signifikan sekali…
    2. kalau kita buat artikel kira2x berapa lama dia terindeks di google ?
    3. oh iya om… sy pake templet wordpress dan kelihatannya itu bukan Web via HTML deh… ada gak templet wordpress yang via HTML…

    teima kasih

  62. ternyata banyak banget ya faktor yang mempengaruhi untuk ranking di google..
    apa yang harus dilakukan pemula yang awam akan hal itu???:(

  63. Masih bersambung ya mas? kirain udah lengkap heheheheh

  64. mas saya mau tanya, apabila kita mengganti domain kita, sedangkan isi atau tampilan web kita masih tetap apakah berpengaruh terhadap pencarian di google dan apakah berpengaruh terhadap naik turunnya visitor?

    • Bisa jadi berubah. Tapi sebenarnya kalau domain lama diredirect dengan benar ke domain baru nanti SERP nya akan kembali normal perlahan-lahan. Dengan catatan domain lama tetap dipertahankan, jangan sampai expired.

  65. Apakah Domain Maxmanroe mempunyai sub domain?

  66. berarti dalam melakukan blogwalking ga boleh sembarangan dunk gan?

  67. admin teraslampung

    Bung, website kami teraslampung.com bermasalah justru ketika berafiliasi dengan website lain sejenis. Tapi ada juga kawan yang memberi tahu kami merosot tajam karena menu template sering diubah.

    Pertanyaan saya: 1. apakah ranking website yag berafiliasi dengan kita juga akan berpengaruh bagi ranking kita? 2. Benarkah menu (edit html) yang sering diubah menyebabkan penurunan ranking? 3. Adakah tempat membeli template lokal dengan kualitas bagus? Kalau ada, tolong minta rekomendasinya.

    Terima kasih

    • 1. Bisa ya bisa tidak, ada banyak faktor yang mempengaruhi ranking web di Google. Bila ada masalah di beberapa web yg berafiliasi dengan web kita, tentu saja bisa membawa dampak bagi web kita juga.

      2. Ya, web yang sering berubah-ubah struktur html nya kemungkinan akan mengalami naik turun peringkat di Google. Misalnya kita sering ganti theme.

      3. Theme buatan lokal setahu saya banyak yang bagus mas. Tergantung kebutuhannya untuk website apa. Salah satu yang cukup terkenal adalah Kentooz.com

    • Kalau menurut saya tentang merubah HTML sah sah saja , toh kita harus memperbarui kan ? kecuali kalau kita merubah tag metanya atau penunjang SEO lainnya , kalau sekedar CSS dan desain lainnya sih saya rasa gak masalah . Terimakasih

      • maaf kalo saya nimbrung..saya setuju dengan pendapat mas max. Perubahan struktur html bisa juga berakibat pada peringkat pencarian. Google hari ini tidak hanya membaca html tapi mewajibkan kita mengijinkan googlebot untuk membaca file javascript dan css yg kita miliki.

        Saya pernah tes ketika melakukan perubahan minor css dengan plugin adsense di wordpress. Adsense menganggap tampilan yg berubah adalah tampilan baru dan mempersilahkan kita melakukan settingan ulang dan akan diberi kode iklan yg baru.

        saya juga pernah test perubahan minor tampilan yang saya miliki di highlight data. Perubahan di bawah seminggu google akan memberikan tampilan dari server cache nya yag tentunya berbeda dengan real dan itu bisa berpengaruh. Kemudian setelah kita kenalkan struktur data baru google akan meminta beberapa contoh yg lebih banyak dari biasanya. Biasanya sampel artikel yg di munculkan google itu 5 atau 6 apabila terdapat perbedaan, kita diminta untuk menambahkan jadi 10 dan seterusnya.

        Jadi markup data artikel yang kita lakukan akan sia sia karena perubahan tersebut. Apalagi kalo ganti theme. makanya saya setuju dengan pendapat mas max berdasarkan pengalaman saya diatas.

  68. mau nanya mas kalau ganti domain tld lebih satu kali , misalnya domain pertama indonesia.com lalu ganti domain lagi solo.com , artinya itu ganti domain tld nya 2 kali berarti sama domain blogspotnya jadi 3 kali,
    PERTANYAAN SAYA :
    1.klo ganti domain TLD nya baru 1 kali itu alamat blogspot otomatis ke domain indonesia.com , lalu jika sudah di ganti domain tld nya menjadi solo.com , itu jika postingan yang sudah terindek di google dengan alamat indonesia.com akan otomatis setelah di buka jadi solo.com atau tidak mas.
    2.postingan yang sudah terindek dengan alamat indonesia.com di indek google akan hilang ga , ( jika ganti domain menjadi solo.com)

    • 1. Kalau udah kita redirect harusnya otomatis mas
      2. Kalau redirectnya benar nanti otomatis indeks nya di Google akan terganti dengan url yang baru

  69. kalo saya antara beli domain dari penyedia domain di indonesa sama registrant luar rasanya beda kalo buat seo.
    misal, domain yg beli di godaddy, namecheap, atau mungkin name.com lebih bagus buat seo daripada beli di idwebhots.
    memang sudah terbukti, contohnya sendiri adl maxmanroe.com yg dibeli dr penyedia domain di luar.

    • Saya lebih suka beli dari luar karena proses aktivasinya lebih cepat mas. Dulu saya pernah beli dari lokal, proses aktivasinya lama (24 jam). Selain itu, penyedia luar memberikan kebebasan untuk mengelola domain. Kalau penyedia lokal, mau transfer domain ke tempat lain aja sulit hehehe.

  70. Mas saya baru2 ini membaca faktor2 yang mempengaruhi pringkat blog/website di http://moz.com/search-ranking-factors .
    Moz nyebutin kalau page yang terdapat Twitter Card Markup dapet poin -0.02.
    Kira-kira menurut pengalaman mas tetp kita pasang saja Twitter Card Markup tersebut atau gak usah di pasang?

  71. Hehehe.. bagus banget… matoh…
    sambungannya ditunggu banget… :D

  72. Banyak kali tipsx mas, sampai saya tersadar bahwa untuk meningkatkan kualitas sebuah blog perlu ketelatenan,.. makasih atas infox..

  73. Wah menarik sekali mas artikelnya, sangat bermanfaat.. hehe
    Gak nyangka sebanyak itu, ditunggu episode berikutnya..

  74. agung kurniawan

    artikelnya sangat membantu, bahasanya mudah untuk dimengerti, ditunggu untuk faktor selanjutnya

  75. springbed murah

    mau nanya cara mendapatkan PageRank website gimana ya??
    kalau alexa rank kan kita mesti daftarin web kita dulu nah kalo page rank tuh gmana ya

    • Butuh penjelasan yang panjang, tidak bisa dijelaskan dengan komentar sebaris dua baris kata :)

  76. Meskipun pernah satu perguruan, terus terang saya tidak memiliki referensi selengkap mas maxmanroe

    Sangat inspiratif

  77. “Exact Match Domain (EMD)” maksudnya itu sebutan untuk domain tertentu apa gimana ya Gan ? Ditunggu 150 sisanya ya Gan. Makasih.

  78. lagi nyimak gan, di ctrl+D dulu ini blog. Semoga tidak gagal paham buat 200faktor ranking website di mata gugel.

  79. Mall Online Indonesia

    Ditunggu sambungan artikelnya ya mas
    Saya sedang mendalamiya untuk memajukan website saya :)

  80. wah bayak bget bingung mulai dari mana mengaturnya umur sich newbie salam super bos

  81. ijiin nyimak ilmu mastah ini rahasianya ternyata….sedikit pusing mencernanya hhehehe

  82. mmmm,. ternyata banyak banget ya,. butuh usaha ekstra nih,. semangat.

    terima kasih gan infonya.

  83. Banyak banget ya faktor yg dipertimbangkan Google untuk menempatkan sebuah blog di halamman utamanya.

  84. Ternyata banyak sekali faktor yang mempengaruhi seo ya pak? Maksih nig informasinya…

  85. Universe Knalpot

    Mantap bro, walaupun banyak tapi sangat bagus buat menambah ilmu nya, tp apakah semua itu sudah dijamin pasti berpengaruh bro?
    tapi Terima kasih banyak buat pencerahannya

  86. banyak ya ^^ , capek juga bacanya tapi karena rinci banget penjelasannya jadi ngga terasa, cukup bermanfaat, sangat membantu artikelnya, malah baru tau juga , rupanya sampe segitunya ya google. itu bersambung nya sampae kapan ya , masai lama ^^ , ngga sabar pgn lanjut bacanya :D

  87. Saya banyak belajar tentang SEO dari blog ini, dan sekarang saya sudah sedikit mengerti. terima kasih bahasan dari blog ini mudah di pahami.

  88. Penelusuran Artikel

    artikelnyaa sangat membantu bagi pemula seperti saya hehehehhe ,,thank atas pencerahnya mas :) ,jangan lpa mampir ya :)

  89. salut deh sama bung marikxon . bisa bangun blog yg keren dan informatif kaya gini. tiap hari saya buka puluhan halaman di maxmanroe.com , terutama artikel SEO nya.

    sukses bung

    • Thank you Aldini, mungkin karna saya suka ngeblog dan punya basic internet marketing :)

  90. Blog saya baru berumur sekitar 3 minggu, sampai saat ini Google Page Rank saya masih NA, padahal daftar blog di WeB Master Google, Bing, Alexa berikut penanaman Sitemap.xml berikut input Robots.txt sudah dilakukan …
    Solusinya gimana ya mas ?

  91. stiker hologram

    trims atas infonya gan sangat bermanfaat sekali tentang seo dan rangking nya

  92. Peninggi Badan Tiens

    informasi yang sangat bermanfaat bagi para seo newbie seperti saya ini, tapi jadi puyeng ni banyak banget soalnya…. hehehe

  93. cariwebhosting.blogspot.com

    Saya dengar dengar, sekarang domain dengan https mulai di pertimbangkan ya mas. katanya lebih memiliki prioritas

  94. Kelanjutannya mana nih om?? pantesan blog saya belum muncul di halaman pertama, lha wong blm sampai 2 bulan :)

  95. Saya harus bersabar nih memang, baru buat web baru …SEO hrus tekun dan pntang nyerah

  96. Edan banyak banget ternyata,, tambah mumet wkwk

    • Hahaha… emang banyak mas, yang ditulis di sini baru 50. Masih ada 150 faktor lagi, nanti ditambahkan di artikel berikutnya :)

  97. seo dasar dan tutorial blogging

    Thanks infonya…. banyak sekali ternyata penilaian goggle untuk suatu web… huft… sangat repot juga

  98. tku mas…blognya sangat membantu…btw bagaimana membuat website seperti punya sampeyan? di addres bar itu ada ikon kunci diikuti https…?

    • Oh itu, saya baru menambahkan SSL ke blog ini mba. Saya beli SSL dari gogetssl.com, harganya murah meriah.

      • Dengan menambahkan SSL, apakah berpengaruh besar terhadap seo pak?

        • Betul mas, ke depannya protokol https untuk website menjadi salah satu faktor penentu dalam SERP Google. Itu sebabnya mengapa blog Maxmanroe.com sekarang ditambahkan SSL.

  99. wah banyak sekali, 200 faktor.
    yang saya baru praktekkan buat sitemap, add url google, robots.txt setelah itu tiap hari nonton alexa. kapan alexa dapat 1 juta he he he. ternyata masih banyak yang harus dilakukan.

  100. Menurut saya ranking itu juga sangat penting, namun saya masih bingung dalam penerapannya. Saya lebih fokus ke update artikel dulu. Lagian blog saya jga masih tergolong baru. Tpi mungkin saya bisa menerapkannya di blog saya. Terima Kasih

  101. visitprobolinggo.com

    Butuh banyak belajar lagi ternyata

  102. bisa dipelajari nih.,

    thanks gan infonya.,

  103. Luar biasa, Mas..Artikelnya sangat inspiratif..terutama bagi saya yang newbie..jika berkenan, mampir sebentar ke lapak saya dan mohon masukan dari Mas. trima kasih.

  104. himax-polymer-android-smartphone

    ternyata masih banyak yang perlu saya pelajari..
    thanks sharingnya mas..
    bookmark dulu

  105. Belajar Internet Marketing

    Banyak juga yaaa, saya baru baca setengah. Saya bookmark dulu :) di tunggu updatenya :)

  106. banyak sekali faktornya mas, butuh waktu lama membacanya, tapi yang jelas semuanya membantu.great

  107. waah saya nuwbie, setelah baca artikel ini saya makin bingung. ada cara lainya ga gan ??

Tinggalkan Balasan