Cara Membangun dan Membuat Backlinks Berkualitas Untuk Blog

SEO (search engine optimization) selalu berhubungan dengan backlink. Apa sih backlink itu? Saya coba definisikan backlink menurut pemahaman saya; pada dasarnya, backlink atau linkback adalah tautan atau link dari sebuah website menuju website lain, dengan kata lain sebuah website memberikan rekomendasi kepada usernya untuk mengunjungi website lain.

Lalu apa tujuan kita membangun backlink? Tujuan utamanya adalah agar website kita lebih populer di mata search engine, contohnya Google.com. Website atau blog yang memiliki banyak backlink berkualitas biasanya akan mendapat perhatian khusus dari mesin pencari, dan mesin pencari akan menempatkan website/ blog tersebut di halaman utama hasil pencarian untuk kata kunci tertentu. Bagaimana cara membangun dan membuat backlinks berkualitas untuk blog kita?

Ok, berikut ini adalah beberapa cara membangun dan membuat backlinks berkualitas untuk blog atau website bisnis kita:

Artikel terkait: Cara Membuat Blog Gratis

1. Melalui Situs Social Bookmarking

Ide awal situs social bookmarking adalah agar memudahkan user untuk menyimpan URL atau link dari situs yang mereka sukai agar mudah di cari ketika ingin membuka kembali. Pada perkembangannya, situs social bookmarking banyak sekali digunakan oleh pelaku SEO untuk membantu mempopulerkan sebuah halaman website di mesin pencari.




Mesin pencari seperti Google juga menjelajahi halaman-halaman social bookmarking ini untuk mengetahui halaman-halaman website yang sering disimpan oleh pengguna internet.  Dan tentu saja ini akan mempengaruhi hasil pencarian di search engine tersebut.

2. Melalui Artikel Direktori

Artikel direktori seringkali digunakan untuk kegiatan marketing dan membangun backlink. Kita dapat membangun backlinks dari situs artikel direktori dengan cara membuat artikel berkualitas lalu disubmit ke situs-situs artikel direktori. Banyak artikel direktori yang sudah sangat terkenal saat ini, untuk bahasa Inggris seperti Ezinearticles.com, Articlebase.com, dan lain-lain, sedangkan untuk bahasa Indonesia seperti cuitcuit.com, artikeloke.com, dan lain-lain.

3. Melalui Blogwalking

Blogwalking adalah kegiatan mengunjungi blog-blog lain lalu meninggalkan komentar dan kita bisa meninggalkan URL website kita dihalaman komentar tersebut. Ada 2 keuntungan dari kegiatan blogwalking, yang pertama adalah kita mendapatkan backlink, dan yang kedua adalah kunjungan langsung dari pemilik blog dan juga orang lain yang berkomentar di blog tersebut.

Yang sangat penting kita ingat adalah memberikan komentar yang baik dan tidak asal-asalan agar tidak dianggap spam oleh pemilik blog. Sebelum meninggalkan komentar sebaiknya baca artikel di blog tersebut, lalu berikan komentar yang memang berhubungan dengan artikel tersebut. Jangan memberikan komentar yang asal, seperti “Artikelnya bagus, thanks ya”, “pertamax gan”, “Waw baru tau nih”, dan komentar-komentar lain yang terlalu singkat.

4. Menjadi Guest Blogger

Menjadi guest blogger di sebuah blog yang sudah mapan adalah salah satu cara yang sangat ampuh untuk membuat blog kita cepat populer. Kita bisa menjadi penulis di blog orang lain – tentunya atas ijin si pemilik blog – lalu kita memposting artikel yang baik dan sesuai dengan topik yang ada di blog tersebut.




Pada bagian biografi penulis kita bisa memeperkenalkan diri dan juga memasang link menuju web/ blog kita, 2 keuntungan sekaligus; backlink dan juga visitor.

5. Melalui Forum Signature

Saat ini banyak sekali forum-forum yang bisa kita temukan di internet, mulai dari forum para gamers, publisher, sampai forum para pengusaha. Salah satu forum yang sangat terkenal adalah kaskus.co.id, berbagai topik dibahas di forum ini. Selain Kaskus.co.id, forum yang sudah sangat terkenal adalah ads-id, yaitu forum para publisher di Indonesia.

Di forum Ads-id.com para member yang verified dan donatur diberikan fasilitas untuk memasang signature dimana signature tersebut akan terlihat di setiap post yang kita kirimkan di forum tersebut. Memasang link menuju web/ blog kita di bagian signature tentunya akan memberikan keuntungan buat kita, yaitu backlink berkualitas dan juga visistor dari forum tersebut.

Beberapa recommended forum yang mengijinkan signature link dan dofollow:

  • Bersosial.com : Forum diskusi online Indonesia
  • EOcommunity.com: Forum utk event orginizer dan general topik
  • Forum.kompas.com: Forum di kompas.com (update: forum kompas sudah tutup)
  • Forum.detik.com: Forum di Detik.com
  • Pengusaha.co: Forum diskusi dan jual beli (update: situsnya udah tutup)
  • Dan lain-lain

6. Melalui Social Media

Backlinks dari situs-situs social media adalah backlinks yang sangat berkualitas, contohnya backlinks dari Twitter, Google plus, dan Facebook. Walaupun biasanya backlinks dari situs-situs social media ini adalah Nofollow, mesin pencari seperti google tetap memperhitungkannya.

Selain backlink tentunya kita juga akan mendapatkan visitor dari teman atau followers kita di social media tersebut. Karena itu, sebaiknya setiap web/ blog yang kita bangun harus memiliki akun social media tersendiri, misalnya fans page Facebook dan juga akun twitter.

Dengan memiliki banyak teman atau followers di situs-situs social media tentunya akan sangat mudah untuk membuat web/ blog kita menjadi populer, tentunya kita juga harus aktif di social media tersebut.

7. Melalui Press Release

Backlinks dari situs-situs pres release adalah backlinks yang berkualitas, selain itu press release sangat berpotensi memberikan trafik pada web/ blog kita. Kalau saya perhatikan di Indonesia belum begitu populer dalam menggunakan press release untuk promosi website dan untuk kegiatan membangun backlinks, biasanya hanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar.

Berbeda dengan di luar negeri, situs-situs press release ini sangat sering digunakan untuk kegiatan promosi dan membangun backlinks website, baik itu untuk perusahaan kecil, menengah, dan perusahaan besar.

8. Melalui Web 2.0

Selain untuk membuat blog dengan gratis, Web 2.0 juga sering digunakan untuk kegiatan membangung backlinks. Dan tentu saja backlinks dari Web 2.0 ini sangat efektif dalam kegiatan SEO kita karena rata-rata Web 2.0 adalah high authority di mesin pencari, dengan kata lain Web 2.0 sudah dipercaya oleh mesin pencari.

Beberapa Web 2.0 yang sering digunakan untuk kegiatan membangun backlinks adalah; Blogger.com. WordPress.com, Blog.com, Blurty.com, Webs.com, Livejournal.com, Gather.com, dan masih banyak lagi. Lebih lengkapnya Anda bisa lihat list nya di sini.

Sebenarnya masih ada beberapa cara membangun backlinks untuk web/ blog kita, dan akan dibahas di artikel berikutnya. Jika Anda punya cara yang berbeda atau punya masukan tentang strategi membangun backlink silahkan berikan masukan melalui komentar di bawah :).



1.729 total comments on this postSubmit yours
  1. Terima kasih infonya,
    mulai dari nol

  2. Pak Admin, saya sudah baca artikelnya dari atas sampai bawah.

    yang mau saya tanyakan adalah poin no.2 Blogwalking

    Apakah sekarang (2018) poin tersebut masih bisa digunakan ? karena dari yang saya baca di web lain, sekarang google tidak terlalu peduli dengan link link yang ada di dalam komentar (Baca: backlink di kometar kurang berkualitas).

    Mohon penjelasannya pak Admin.

    Terimakasih. Salam sukses

    • Kalau sekarang sih saya melihat blogwalking ini lebih kepada refferal traffic, masih ada perannya ke trafi dan SEO walaupun sudah berkurang banyak. Tapi pada dasarnya kan blogwalking kan ngga susah ya, jadi dinikmati aja. Kalau ada efeknya ke trafik dan SEO anggap itu sebagai bonus :)

  3. mau nanya Mas,kenapa tidak di ikut sertakan mencari backlink di edu dan gov,apakah kurang berkualitas…???dan apakah backlink nofollow hanya dari sosmed seperti twetter saja??

  4. permisi saya mau tanya.
    1. Apakah website dengan backlink yang sedikit tidak dapat berada pada posisi pertama ?
    2. Jika tidak melakukan teknik offpage atau backlink itu lama-lama webiste kita berkurang visitornya ?

    Hal ini terjadi pada website saya. Mohon bantuannya.

  5. sik to gan.
    mohon info perinsian cara membuaynya

  6. Makasih tips nya min. sangat bermanfaat buat newbie seperti ane yg masih awam SEO.

  7. Kalau misal kita membuat review mengenai blog (buat backlink). Terus buat link ke blog tujuan, nah settingan link tersebut pas Add ‘rel=nofollow’ itu di centang gak ?

  8. Terima kasih mas infonya

    Berapa lama waktu untuk melakukan backlink setelah artikel diterbitkan di blog? Saya kebingungan dengan masalah ini. Apakah setelah posting artikel langsung share ke media sosial atau membuat backlink yang lain, atau tunggu dulu sampai artikel terindeks google?

  9. Thanks gan dapet ilmu lagi dalam dunia perbloggeran nih :)

  10. Dapat ilmu lagii nih, thanks bermanfaat

  11. Makasih informasinya gan sebelumnya,
    mau tnya gan,
    jika kita tulis satu artikel, apakah satu artikel itu bisa kita post di berbeda forum, seperti forum maxmanroe dan forum id
    dan satu lagi untuk web 2.0 itu apakah blog zombie ?

  12. trimakasih tips nya mas min.. mau lngsng coba buat ningkatin backlink di blog saya

  13. mau nnya dong min,
    * Berapa jumlah maksimal backlink per harinya ke web?
    * Apakah backlink terlalu banyak bisa buat trafic turun?
    * Bagaimana memilah backlink yang baik min?

    Mohon bantuannya ya min.. Terima kasih

  14. yang pertama saya mau ucapkan terimakasih mas,
    ada beberapa pertanyaan yang mengganjal saya nih mas,
    1. usia berapa blog bisa di buatkan backlink?
    2. berapa jumlah maksimal backlink per harinya?
    3. apa backlink harus menggunakan anchor teks?
    4. bagaimana memilah backlink yang baik?
    5. anda mengatakan harus “natural” itu yang seperti apa mas?
    6. untuk backlink sendiri ada persentasenya gak mas, misal harus ke homepage %? atau langsung menuju artikel berapa %?
    7. maaf kebanyakan nanya hihihi…….

  15. gan, tips supaya visitor tetep konsisten gimana ya? udah lama visitor cuma ratusan aja. artikel udah cukup banyak padahal. trims

28 total pingbacks on this post
Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud