Apa Itu Backlink? Bagaimana Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

Cara mendapatkan backlink

Bagaimana cara mendapatkan backlink yang berkualitas? Bicara tentang SEO (Search Engine Optimization) pasti akan berhubungan dengan backlinks. Kalau diibaratkan, SEO tanpa backlinks itu seperti sayur tanpa garam, kurang mantap hasilnya.

Banyak pebisnis online yang lebih memilih menggunakan jasa backlinks untuk meningkatkan performa websitenya di mesin pencari. Tetapi ada juga yang mengurus sendiri optimasi SEO websitenya, termasuk membangun link.

Lalu, sebenarnya apa itu backlink? Bagaimana cara mendapatkan backlink dari website lain?

Yuk simak artikel ini sampai tuntas, biar lebih paham.

Apa Itu Backlinks?

Pada dasarnya, backlink adalah tautan (link) dari sebuah website menuju website lain. Istilah backlink juga sering disebut dengan inbound links atau incoming links.

Backlink merupakan teknik SEO Off Page, yaitu optimasi peringkat website di mesin pencari yang dilakukan dengan membangun link dari website lain ke website Anda.

Proses membangun backlink ini disebut dengan link building. Ini merupakan salah satu teknik SEO yang banyak dilakukan oleh praktisi optimasi web di mesin pencari.

Sebuah backlink dapat dianggap sebagai rekomendasi dari satu website ke website lainnya. Dengan kata lain, sebuah website mengarahkan penggunanya mengunjungi website lain yang punya kredibilitas untuk mendapatkan informasi tertentu.

Ada backlink yang didapatkan secara natural, misalnya website lain memasang link website Anda tanpa diminta. Backlink website juga bisa didapatkan dengan cara meminta pemilik website lain untuk memasang link Anda di websitenya.

Pada praktiknya kebanyakan SEO website untuk bisnis dilakukan dengan membangun backlink, yaitu meminta website lain memasang link websitenya.

Apa tujuan Membangun Backlink?

Seperti disebutkan sebelumnya, tujuan utama membangun backlink adalah untuk kepentingan Search Engine Optimization (SEO). Backlink dapat memberikan sinyal ke Google bahwa sebuah web telah direkomendasikan oleh website lain untuk topik tertentu.

Jika sebuah website atau halaman website banyak mendapatkan backlink dari situs lain maka Google dapat menyimpulkan bahwa website tersebut layak untuk mendapatkan posisi penting dalam hasil pencariannya.

Website yang memiliki banyak backlink berkualitas biasanya akan mendapat perhatian khusus dari mesin pencari dan akan menempatkan website tersebut di halaman utama hasil pencarian untuk kata kunci tertentu.

Artinya, backlink dapat meningkatkan kredibilitas sebuah website di mata Google yang pada akhirnya mengutamakan konten dari website tersebut di mesin pencari.

Namun tentu saja tidak semua jenis backlink dapat memberikan dampak positif terhadap optimasi. Ada jenis inbound link yang tidak dianggap penting atau bahkan bisa berakibat buruk bagi kredibilitas sebuah website.

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

Membangun backlinks itu seperti membangun kredibilitas sebuah website. Kalau website masih baru, tidak perlu terburu-buru membangun backlink.

Jika website Anda sudah siap, berikut ini cara membuat backlink berkualitas:

1. Backlink Dari Konten yang Relevan

Sumber backlink sebaiknya masih relevan dengan website yang diberikan link. Misalnya, website Anda bermain di ceruk jasa web hosting maka sumber backlinknya harus dari konten yang relevan.

Baclink yang berkualitas tidak didapatkan dari sembarang halaman web. Jika website jasa web hosting mendapat backlink dari konten yang membahas tentang tanaman hias, tentu saja itu tidak relevan dan percuma.

2. Memperhatikan Jenis Backlink

Dalam dunia SEO, backlink dapat dibedakan dalam dua jenis, yaitu; backlink dofollow dan backlink nofollow.

Bagi pengguna internet biasa, kedua link tersebut terlihat sama saja. Namun, link nofollow terdapat kode atribut rel=”nofollow” yang memerintahkan robot mesin pencari untuk tidak mengikuti link tersebut.

Bot mesin pencari merayapi web melalui tautan dofollow, menyimpan data siapa yang menautkan ke siapa. Hubungan ini melewati jenis otoritas yang oleh para ahli SEO disebut “Link juice” dari satu situs ke situs lainnya.

Menurut para praktisi SEO, Link dofollow akan memberikan nilai positif terhadap SEO sebuah website. Sedangkan link nofollow nilainya cenderung rendah atau mungkin tidak dianggap oleh mesin pencari.

Jadi, praktik membuat backlink biasanya mengutamakan link dofollow ketimbang nofollow.

3. Penempatan Backlink di Tempat Strategis

Selain relevansi, posisi backlink ternyata bisa mempengaruhi kekuatan dari link itu sendiri. Link yang berada di dalam konten memiliki kekuatan yang lebih baik ketimbang link di bagian footer atau sidebar.

Dengan memasang link di dalam konten yang relevan maka bot mesin pencari tahu bahwa link tersebut benar-benar sesuai dengan website Anda.

Selain itu, link di dalam artikel juga memiliki peluang mendapatkan klik dari pembaca yang mana ini juga punya dampak positif terhadap SEO.

4. Menggunakan Anchor Text yang Tepat

Anchor text adalah teks di dalam artikel yang ditanamkan link menuju halaman website lain. Jadi, penampakannya seperti teks biasa bukan berbentuk URL.

Menurut banyak praktisi SEO, anchor text sebaiknya sesuai dengan kata kunci yang dibidik. Misalnya, Anda ingin mengoptimasi website dengan kata kunci “jasa web hosting” maka anchor text pada backlink harus mengandung kata kunci tersebut atau kata lain yang masih relevan.

5. Memperhatikan Domain Authority

Istilah Domain Authority (DA) ini sebenarnya bukan dari Google, tapi dari situs MOZ.com. Domain authority atau otoritas domain situs web menjelaskan relevansinya untuk area subjek atau industri tertentu.

Nilai DA dimulai dari 0 sampai 100. Semakin tingga DA sebuah website, maka semakin tinggi otoritasnya.

Dengan kata lain, website dengan otoritas tinggi dianggap dapat dipercaya dan kredibel pada subjek atau industri tertentu.

Beberapa hal yang dapat mempengaruhi DA sebuah website, yaitu; usia domain, struktur website, kualitas konten, jumlah konten, dan backlinks.

Menurut Moz.com, backlink dari website yang punya DA tinggi punya kekuatan yang lebih baik ketimbang dari website dengan DA rendah. Nilai DA sebuah website dapat dilihat melalui websiteseochecker.com.

6. Memperhatikan Page Authority

Page Authority (PA) adalah skor yang memprediksi seberapa baik peringkat halaman tertentu pada hasil pencarian Google. PA ini juga dibuat oleh situs MOZ.com dengan range dari 1 – 100.

Semakin tinggi skor PA halaman website maka halaman tersebut dianggap punya peluang lebih baik untuk mendapatkan ranking bagus di Google. Otoritas halaman dibuat berdasarkan berbagai faktor, seperti; DA, tingkat relevansi konten website, tautan balik kecepatan website, social signal, website responsif & mobile friendly, dan lain-lain.

Backlink dari website yang punya skor PA tinggi dianggap memiliki kekuatan lebih baik ketimbang dari website dengan PA rendah. Nilai PA sebuah website dapat dilihat melalui websiteseochecker.com.

Sumber Backlink untuk SEO

Ok, caranya sudah tahu. Lalu, situs apa saja yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber backlinks untuk website Anda? Berikut ini beberapa rekomendasi yang bisa Anda ikuti:

1. Link di Situs Social Bookmarking

Ide awal situs social bookmarking adalah agar memudahkan user untuk menyimpan URL atau link dari situs yang mereka sukai agar mudah di cari ketika ingin membuka kembali. Pada perkembangannya, situs social bookmarking banyak sekali digunakan oleh pelaku SEO untuk membantu mempopulerkan sebuah halaman website di mesin pencari.

Mesin pencari seperti Google juga menjelajahi halaman-halaman social bookmarking ini untuk mengetahui halaman-halaman website yang sering disimpan oleh pengguna internet.  Dan tentu saja ini akan mempengaruhi hasil pencarian di search engine tersebut.

Namun, belakangan cara ini dianggap kurang efektif. Kenapa? Karena situs social bookmarking ini cenderung berisi spam sehingga skor atau kualitas baclink dari sana kurang greget atau malah ngga ada gregetnya.

2. Link Dari Artikel Direktori

Artikel direktori seringkali digunakan untuk kegiatan marketing dan membangun backlink. Kita dapat membangun backlinks dari situs artikel direktori dengan cara membuat artikel berkualitas lalu disubmit ke situs-situs artikel direktori.

Banyak artikel direktori yang sudah sangat terkenal saat ini, untuk bahasa Inggris seperti Ezinearticles.com, Articlecube.com, dan lain-lain. Sedangkan untuk bahasa Indonesia seperti cuitcuit.com, artikeloke.com, dan lain-lain.

Kurang lebih sama dengan social bookmarking. Skor atau kualitas link dari situs artikel direktori juga sudah berkurang karena banyak artikel spam.

Namun, masih ada praktisi SEO luar negeri yang menerapkannya karena konten di situs artikel direktori (Misalnya Ezinearticles.com) ternyata masih sering mendapatkan peringkat yang cukup baik di mesin pencari.

3. Link Dari Blog Walking

Blog walking adalah kegiatan mengunjungi blog-blog lain lalu meninggalkan komentar dan kita bisa meninggalkan URL website kita di halaman komentar tersebut.

Ada 2 keuntungan dari kegiatan blogwalking, yang pertama adalah kita mendapatkan backlink, dan yang kedua adalah kunjungan langsung dari pemilik blog dan juga orang lain yang berkomentar di blog tersebut.

Hal penting yang harus kita ingat adalah memberikan komentar yang baik dan tidak asal-asalan agar tidak dianggap spam oleh pemilik blog. Sebelum meninggalkan komentar sebaiknya baca artikel di blog tersebut, lalu berikan komentar yang memang berhubungan dengan artikel tersebut.

Jangan memberikan komentar yang asal, seperti “Artikelnya bagus, thanks ya”, “pertamax gan”, “Waw baru tau nih”, dan komentar-komentar lain yang terlalu singkat.

4. Link Dari Guest Posting

Menjadi guest blogger di sebuah blog yang sudah mapan adalah salah satu cara yang sangat ampuh untuk membuat blog kita cepat populer. Kita bisa menjadi penulis di blog orang lain, tentunya atas ijin si pemilik blog, lalu kita memposting artikel yang baik dan sesuai dengan topik yang ada di blog tersebut.

Pada bagian biografi penulis kita bisa memperkenalkan diri dan juga memasang link menuju web/ blog kita, 2 keuntungan sekaligus; backlink dan juga visitor.

Selain itu, banyak juga blog yang bersedia memasang link guest posting di bagian badan artikel. Tapi biasanya pemilik blog akan meminta kompensasi atas pemasangan link tersebut, baik itu dalam bentuk tautan balik atau pun uang.

5. Link Forum Signature

Saat ini banyak sekali forum-forum yang bisa kita temukan di internet, mulai dari forum para gamers, publisher, sampai forum para pengusaha. Salah satu forum yang sangat terkenal adalah kaskus.co.id, berbagai topik dibahas di forum ini. Selain Kaskus.co.id, forum yang sudah sangat terkenal adalah ads-id, yaitu forum para publisher di Indonesia.

Di forum Ads-id.com para member yang verified dan donatur diberikan fasilitas untuk memasang signature dimana signature tersebut akan terlihat di setiap post yang kita kirimkan di forum tersebut. Memasang link menuju web/ blog kita di bagian signature tentunya akan memberikan keuntungan buat kita, yaitu backlink berkualitas dan juga visistor dari forum tersebut.

Beberapa recommended forum yang mengijinkan signature link dan dofollow:

  • Bersosial.com : Forum diskusi online Indonesia
  • EOcommunity.com: Forum utk event orginizer dan general topik (tutup)
  • Forum.kompas.com: Forum di kompas.com (tutup)
  • Forum.detik.com: Forum di Detik.com
  • Pengusaha.co: Forum diskusi dan jual beli (tutup)
  • Dan lain-lain.

6. Link di Media Sosial

Backlinks dari situs-situs social media adalah backlinks yang sangat berkualitas, contohnya backlinks dari Twitter, Google plus, dan Facebook. Walaupun biasanya backlinks dari situs-situs social media ini adalah Nofollow, mesin pencari seperti google tetap memperhitungkannya.

Selain backlink tentunya kita juga akan mendapatkan visitor dari teman atau followers kita di social media tersebut. Karena itu, sebaiknya setiap web/ blog yang kita bangun harus memiliki akun social media tersendiri, misalnya fans page Facebook dan juga akun twitter.

Dengan memiliki banyak teman atau followers di situs-situs social media tentunya akan sangat mudah untuk membuat web/ blog kita menjadi populer, tentunya kita juga harus aktif di social media tersebut.

7. Link Dari Media Nasional

Backlinks dari situs-situs media nasional termasuk yang paling greget dan nampol hasilnya. Mengapa? Karena website media nasional ini sudah sangat kuat authority nya sehingga dipercaya oleh mesin pencari.

Perhatikan saja situs-situs media besar seperti Kompas, Detik, Liputan6, Tribunnews, dan lain-lain. Mereka selalu merajai mesin pencari untuk pencarian kata kunci yang umum dan berita terbaru.

Sayangnya, tidak mudah untuk mendapatkan backlink dari situs-situs besar tersebut. Selain itu, biaya guest post dan backlink dari website media nasional harganya bisa mencapai jutaan rupiah per konten.

Jika Anda punya uang lebih dan ingin mendapatkan backlink dari media nasional, silahkan hubungi situs-situs berikut:

  • Publikasimedia.com
  • Kawula.id
  • Vasiota.com
  • Keyword.co.id
  • Backlink.media
  • Ansoriweb.com
  • Optimakit.com
  • Dataseo.co.id

8. Melalui Web 2.0

Selain untuk membuat blog dengan gratis, Web 2.0 juga sering digunakan untuk kegiatan membuat backlinks. Backlinks dari Web 2.0 ini sebenarnya cukup efektif dalam kegiatan SEO jika konten yang dipublish di sana bagus dan rutin diupdate.

Namun, kebanyakan praktisi SEO beranggapan bahwa link dari web 2.0 ini tidak efektif karena sudah terlalu jamak yang menggunakannya untuk kegiatan spam.

Beberapa Web 2.0 yang sering digunakan untuk kegiatan membangun backlinks adalah; Blogger.com. WordPress.com, Blog.com, Blurty.com, Webs.com, Livejournal.com, Gather.com, dan masih banyak lagi. Lebih lengkapnya Anda bisa lihat list nya di sini.

Jika Anda punya cara yang berbeda atau punya masukan tentang strategi membangun backlink silahkan berikan masukan melalui komentar di bawah.

Kesimpulan

Seperti yang dijelaskan di atas, ada banyak cara membuat backlink berkualitas untuk website Anda. Pilihlah metode yang paling efektif karena tidak semua metode backlink akan memberikan dampak positif terhadap ranking website di mesin pencari.

Selain itu, ada faktor lain yang justru menjadi penghambat website Anda masuk di halaman utama Google. Misalnya, kesalahan dalam memilih kata kunci, website Anda lambat, struktur website berantakan, kompetitor sudah sangat banyak, authority kompetitor sangat kuat, usia website Anda masih baru, dan lain-lain.

Jadi, peringkat website tidak melulu soal backlink ya guys.

Apakah Anda punya cara yang berbeda atau punya masukan mengenai cara membangun backlink berkualitas? Silahkan berikan masukan melalui kolom komentar di bawah ya.

Maxmanroe

Seorang blogger, YouTuber, trader, dan pemilik blog Maxmanroe.com. Mulai mengenal bisnis online sejak tahun 2012 dan terus belajar tentang bisnis internet hingga sekarang. Saat ini aktif sebagai trader dan penulis konten di Maxmanroe.com.

1,810 pemikiran pada “Apa Itu Backlink? Bagaimana Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas”

  1. Makasih Ilmunya mas,saya susah buat naikin traffic blog saya,semoga dari saran mas bisa membantu traffic di blog saya

    Balas
  2. kadang kita menyadari backlink ibarat asupan utk sebuah nama domain, tapi karena gak fokus kita jarang memberinya. dapatpun biasanya dg tdk sengaja haha.. nginfoh bgt tulisannya mas..

    Balas
  3. Membangun backlinks berkualitas memang perlu, agar blog / website kita semakin baik dimata Google, thanks mas informasinya.

    Balas
  4. Lengkap banget informasinya mas/mbak. Terimakasih banyak .. cukup menambah wawasan ..

    Balas
  5. Menurut saya blog walking itu yang paling mudah, keuntungan nya bisa saling kenal, saling mengunjungi, memperbanyak teman dan yang paling penting dapat backlink. Meskipun tak sebagus link dalam konten kata orang.

    Balas
  6. Mas mau tanya untuk index backlink sekarang itu gimana ya? soalnya rata-rata banyak yang belum ke index backlink nya

    Balas
  7. Mencari backlink saat ini agak susah, banyak aturan dari setiap web yang dituju. Bahkan beberapa forum yang saya ikuti, harus cek berkali-kali mengenai link yang saya taruh. Jadi guest blogger, peraturan ketat dan harus ekstra sabar agar artikel kita bisa dipublish.

    Balas
  8. Saya sudah pernah membuat thread di Ads.id untuk menanam backlink
    namun untuk mencari guestpost saya agak bingung kemana carinya gan
    Mohon informasinya gan

    Balas
  9. Jika saya pesan backlink dari luar negeri dalam artikel berbahasa inggris apakah punya pengaruh lebih rendah dibandingkan backlink dari Indonesia dan artikel berbahasa Indonesia?

    Balas
  10. saya benar benar tidak paham soal mencari backlink,, tolong pak admin bikin tutorial nya,, misal cari backlink lewat social bookmark, dll..

    terima kasih,,

    Balas
  11. gue malaha pakai stt dan ini lebih efektif tarik visitor hehhe dan jg saya tetap pakai baclink bayaran dan ada efek jg dan lumayan dan daripada cari backlink sendiri capek tenaga dan waktu dan mending wkt tsb dialihkan ke hal lain optimasi on page dll heheh

    Balas
  12. apakah efektif backlink untuk memberikan komentar di beberapa blogger meskipun domannya sama “blogspot” tapi nama websitenya berbeda?

    Balas
  13. Membuat blog tentu tidak asal asalan, banyak belajar, terus belajar pasti bisa hsailkah sebuah blog yang profesional . Good artikel

    Balas
  14. semoga kita bisa membangun dengan baik dan ternyataa susahya nyari backlink yang baik agar blog kita di halaman utama google salam anakkost

    Balas
  15. mas, kalo untuk mengetahui yang Do Follow itu kita tahu nya dari mana ?

    Balas
  16. wuih, ternyata perjuangan mencari pengunjung web kita lumayan berliku. Pantes aja yang fokus di web bisa mendapat penghasilan dari sana. Thanks Gan pencerahannya. walk back blog ane ya lapak-walsan.blogspot.com

    Balas
  17. Seperti saya berkomentar di blog ini ya gan saya sudah termasuk membuat backlink secara tidak langsung dan agan juga boleh cek ane gan, karena ane juga sudah berkunjung ke blog agan, kita sama2 saling berbagi ilmu sebagai manusia yang baik kita harus saling berbagi ilmu dandsaya ucapkan terimakasih banyak atas ulasannya yang sangat luar biasa mau membagi ilmu..

    Balas
  18. Ternyata lumayan susah ya untuk mendapatkan backlink yang berkualitas. bdw makasih artikelnya mas, saya coba terapkan untuk blog saya

    Balas
  19. hahaha iya nih gan, saya kalau komentar di masri berarti sudah ikut membangun backlink juga lah ya. Satu lagi gan, apakah meninggalkan link aktif kita di komentar itu melanggar peraturan gak ya gan?

    Balas
  20. Wah Semoga artikel ini dapat membantu blog saya agar dapat backlink yang berkualitas, Oya saya mau tanya tentang pres release itu apa gan kurang paham saya mohon dijawab. Terimakasih

    Balas
  21. Seperti saya berkomentar di blog ini ya gan saya sudah termasuk membuat backlink secara tidak langsung dan agan juga boleh cek ane gan, karena ane juga sudah berkunjung ke blog agan, kita sama2 saling berbagi ilmu sebagai manusia yang baik kita harus saling berbagi ilmu dandsaya ucapkan terimakasih banyak atas ulasannya yang sangat luar biasa mau membagi ilmu..

    Balas
  22. gan, Saya Mau Tanya Press Release itu apa dan bisa kan menaikan PR ?

    Balas
  23. masih kesusahan buat backlink secara manual, bisa rekomendasikan tempat beli backlink yang handal dan terpercaya?

    Balas
  24. Mau nanya ka,apakah backlinks ini mengganggu bagi pemilik blog? dan satu lagi ka apa dampaknya jika kita tidak melakukan backlinks bagi blog?,, maturnuhun ka seblmnya

    Balas
  25. sebanyak banyak nya backlink tpi klo tdk di approve oleh penerima apakah kita mendapatkan nilai

    Balas
  26. mas tolong lihat artikel saya apa sudah berkualitas apa tidak soalnya saya pemula dalam bidang blog

    Balas
  27. Masih sedikit bingung dan penasaran tentang backlink. Yang berkualitas itu backlink yg mengarah ke artikel apa ke home (URL utama blog)? Mohon pencerahannya.

    Balas
  28. Sangat bagus gan…
    Cuma saya rada bingubg utk masalah backlink ini saya terbilang msh sangat awam utk dunia web.
    Saya modal nekat utk bikin web sendiri dan ternyata bisa tp masalahnya utk kasus backlink ini saya yg sudah putus asa gimana cara nya utk bikin backlink?mungkin ada tutorialnya atau pencerahan yg lebih simpel atau mudah difahami utk org seperti saya yang masih sangat awam banget…terima kasih

    Balas
  29. Gan, saya newbie bener2 ga ngerti caranya membuat backlink, mohon kasih langkah2nya dong…

    Didekte kaya anak SD gt gan… Terimakasih.

    Balas
  30. Terimakasih informasinya. Saat ini saya ingin membangun blog inggris, point ke dua buat saya sangat membantu. Terutama backlink yang gratisan..

    Balas
  31. apakah membangun backlink itu yang terbaik ke homepage nya dulu atau ke link page/post langsung

    terimakasih atas share nya..

    Balas
  32. Pak Admin, saya sudah baca artikelnya dari atas sampai bawah.

    yang mau saya tanyakan adalah poin no.2 Blogwalking

    Apakah sekarang (2018) poin tersebut masih bisa digunakan ? karena dari yang saya baca di web lain, sekarang google tidak terlalu peduli dengan link link yang ada di dalam komentar (Baca: backlink di kometar kurang berkualitas).

    Mohon penjelasannya pak Admin.

    Terimakasih. Salam sukses

    Balas
    • Kalau sekarang sih saya melihat blogwalking ini lebih kepada refferal traffic, masih ada perannya ke trafi dan SEO walaupun sudah berkurang banyak. Tapi pada dasarnya kan blogwalking kan ngga susah ya, jadi dinikmati aja. Kalau ada efeknya ke trafik dan SEO anggap itu sebagai bonus :)

      Balas
  33. mau nanya Mas,kenapa tidak di ikut sertakan mencari backlink di edu dan gov,apakah kurang berkualitas…???dan apakah backlink nofollow hanya dari sosmed seperti twetter saja??

    Balas
  34. permisi saya mau tanya.
    1. Apakah website dengan backlink yang sedikit tidak dapat berada pada posisi pertama ?
    2. Jika tidak melakukan teknik offpage atau backlink itu lama-lama webiste kita berkurang visitornya ?

    Hal ini terjadi pada website saya. Mohon bantuannya.

    Balas
  35. Kalau misal kita membuat review mengenai blog (buat backlink). Terus buat link ke blog tujuan, nah settingan link tersebut pas Add ‘rel=nofollow’ itu di centang gak ?

    Balas
  36. Terima kasih mas infonya

    Berapa lama waktu untuk melakukan backlink setelah artikel diterbitkan di blog? Saya kebingungan dengan masalah ini. Apakah setelah posting artikel langsung share ke media sosial atau membuat backlink yang lain, atau tunggu dulu sampai artikel terindeks google?

    Balas
  37. Makasih informasinya gan sebelumnya,
    mau tnya gan,
    jika kita tulis satu artikel, apakah satu artikel itu bisa kita post di berbeda forum, seperti forum maxmanroe dan forum id
    dan satu lagi untuk web 2.0 itu apakah blog zombie ?

    Balas
  38. mau nnya dong min,
    * Berapa jumlah maksimal backlink per harinya ke web?
    * Apakah backlink terlalu banyak bisa buat trafic turun?
    * Bagaimana memilah backlink yang baik min?

    Mohon bantuannya ya min.. Terima kasih

    Balas
  39. yang pertama saya mau ucapkan terimakasih mas,
    ada beberapa pertanyaan yang mengganjal saya nih mas,
    1. usia berapa blog bisa di buatkan backlink?
    2. berapa jumlah maksimal backlink per harinya?
    3. apa backlink harus menggunakan anchor teks?
    4. bagaimana memilah backlink yang baik?
    5. anda mengatakan harus “natural” itu yang seperti apa mas?
    6. untuk backlink sendiri ada persentasenya gak mas, misal harus ke homepage %? atau langsung menuju artikel berapa %?
    7. maaf kebanyakan nanya hihihi…….

    Balas
  40. gan, tips supaya visitor tetep konsisten gimana ya? udah lama visitor cuma ratusan aja. artikel udah cukup banyak padahal. trims

    Balas
  41. yth admin
    kenapa website saya tidak pernah lama tampil di halaman 1, kadang tampil 1 hari tapi seterusnya halaman 4&5
    mohon pencerahannya ya mas..
    thanks…

    Balas
    • Bisa jadi memang situs mas relevan dengan kata kunci tertentu, tapi popularitasnya tidak sebagus website yang ada di halaman satu. Tambahin backlinks dan arahkan trafik dari media sosial secara kontinu, pasti websitenya akan muncul konsisten di halaman satu Google

      Balas
  42. bang mau tanya, kalau kita komentar di blog orang kek gini misal, terus disertakan link blog kita pada komentar tadi tapi sama pemilik blog di anggap spam, apakah akan berpengaruh buruk pada blog kita?

    Balas
    • Ngga memberikan dampak negatif karena dianggap spam oleh pemilik sebuah blog bukan berarti dianggap spam oleh Google. Tapi komentar spam di blog orang lain akan dicap buruk sama si pemilik blog dan tidak akan pernah tayang komentar mu di blog dia.

      Balas
  43. salam kenal mas admin,

    saya ingin bertanya, saya punya website pemasaran jasa, dan saya memang jarang update artikel, sekitar 3 bulan yang lalu website saya masih di ranking 1 dengan keyword yang saya targetkan, tp 2 bulan ini website saya turun drastis, pertanyaan saya bagaimana cara menaikkan rangking website saya lagi di keyword yang saya targetkan, apakah saya harus buat artikel baru, atau menanam backlink di website yang berkualitas aja?? trimakasih sebelumnya, mohon pencerahannya min,

    Balas
    • Pertanyaannya, cara seperti apa yang mas Cuci Sofa lakukan selama ini agar bisa masuk di ranking #1. Banyak orang yang pakai cara blackhat, mereka berhasil di posisi #1 tapi tidak terlalu lama bisa turun drastis pakai cara yang dilarang.

      Untuk menaikkan kembali, harus rajin update konten yang relevan dengan website mu. Bangun links dari situs yang punya authority bagus, lakukan secara rutin, misalnya 3 hari sekali. Mudah-mudahan rankingnya bisa balik lagi

      Balas
  44. Lengkap sekali pembahasanya . Saya jadi ngerti cara nyari backlink yang baik di maxmanroe.

    Balas
  45. Artikel yang cukup detail mas, cuman saya masih bingung dengan yang namanya backlink dan cara mendapatkanya secara berkualitas. Dibagian point yang diperoleh dari cara Blogwalking dan Forum Signatur itu yang dimaksud dengan kita mensematkan link itu seperti gimana mas? apakah langsung secara link aktif atau kita memberikan semacam tautan? terimakasih.

    Mhon maaf kata2nya njilmet :D

    Balas
  46. terimakasih artikelnya sangat membantu.

    menurut sampean yang paling mudah di gunakan untuk pemula ang mana mas. selain promo di sosmed???
    biar mudah dilakukan untuk pemula

    Balas
  47. tetap semangat untuk terus blogwalking, karena untungnya buat pembacanya juga jadi lebih banyak tau tentang artikel yang ada di blog lainnya. Blogwalking ini salah satu cara yang bisa dilakukan dengan mudah oleh blogger pemula..

    Balas
  48. ok gan makasih atas informasinya, kebetulan ane blogger pemula pngn belajar seo biar banyak pengujung website aku.. hehehe

    Balas
  49. Memang backlink banyak menentukan seo offpage, apalagi situs berkualitas dan komentar yang relevan… tapi terkadang rasa malas melanda itu yang menjadi kendala he he he… Cemungut Cemungut Cemungut!!

    Balas
  50. Terkadang susahnya adalah konsistensi untuk membangun backlink. kadang banyak malasnya. kira2 gmana ya biar motivasinya ada terus.

    Balas
  51. kalau saya kirim comment begini juga termasuk backlinking kan ya?

    terimakasih penjelasannya…
    butuh pulsa kuota data silahkan berkunkung ke topuppulsa.com

    Balas
  52. saya masih bingung gimana cara bikin backlink.. banyak tutorial tapi menurut saya tidak lengkap tutorialnya.. pengen kursus ya mahal..

    Balas
  53. Mas bro mau tanya nih mungkin kalo blogwalking itu harus setiap hari dengan tempat yang sama atau bebas, untuk backlink yang paling pas itu seperti apa maaf baru pemula

    Balas
    • Sebaiknya backlinknya itu bervariasi mas Zafran, di atas kan sudah disebutkan contoh sumber backlinks. Ngga perlu lakukan semua, cukup yang paling efektif saja

      Balas
  54. sampai sekarang backlink masih berpengaruh besar terhadap kualitas SEO sebuah blog ya, padahal saya paling males untuk membangun backlink makanya blog sepi terus, berasa sedih

    Balas
  55. Bermain SEO itu perlu kesabaran tidak ada yang instan, tapi dalam hal ini saya masih bingung bagaimana melakukan Backlinks yang bagus dan benar dan tidak merugikan orang lain.

    Balas
  56. master kalau untuk penanaman backlink yang bagus gimana ? saya masih bingung untuk istilah anchor text ..mohon di jawab ya master ..terima kasih

    Balas
  57. wah terimakasih infonya bermanfaat sekali gan , tapi saya ingin bertanya, apakah submit url ke sosial bookmark harus dilakukan setiap update artikel atau hanya sekali saja ?

    Balas
  58. mau tanya gan klo submit artikel ke direktori skr masih pengaruh gak ya? dgr2 udah gak lagi

    Balas
  59. Artikelnya sangat membantu Mas, tapi sayang ya mas artikel directory indonesia untuk membangun Backlinks banyak yang sudah tidak aktif

    Balas
  60. Sejauh ini yang paling efektif saya rasakan adalah backlink dari blogwalking. Yang dari web 2.0 ini saya masih belum terlalu paham gan. mohon penjelasannya. Thanks. :)

    Balas
  61. Apakah tahun 2017 ini masih efektif menggunakan backlink bro ? apalagi sejak ada logika fred.
    Jadi dilema mau cari atau gak backlinknya.

    Balas
  62. saya mau bertanya apa kah pagerank itu masih berlaku dalam kualitas backlink

    Balas
  63. Maaf mas saya mau bertanya.
    Cara membuat backlink dengan Web 2.0 itu bagaimana mas?

    Balas
    • Membangun blog di platform gratisan, misalnya blogger, tumblr, WordPress, dan membangun konten yang sesuai dengan web utama, lalu memberikan link ke ke website utama. Begitu pak Budi

      Balas
  64. hmm.. ya ya saya mulai sedikit mengerti apa itu backlink gan,, kalau saya boleh bertanya, bagaimana untuk blog berita ? secara blog berita itu harus update terus menerus dan bagaimana mengaturnya ? managemen waktunya yang saya tanyakan.. habis update langsung cari backlink atau bagaimana ya?? terimakasih..

    Balas
    • Kalau ngerjain sendiri semuanya pasti lebih sulit, tapi bisa dilakukan. Untuk situs berita, saran saya fokus membangun popularitas websitenya. Kalau mau main SEO, usahakan meningkatkan DA PA nya agar artikel cepat terindeks di Google dan mudah dioptimasi. Selain itu, bangun konten yang evergreen/ selalu dicari orang.

      Soal management waktu, mas sendiri yang paling tau lah kemampuan dan kebutuhan untuk websitenya. Nyari backlinks itu ga harus jor-joran, kalau domain sudah populer biasanya tidak harus cari backlinks, kecuali untuk artikel-artikel tertentu yang ingin dioptimasi

      Balas
  65. wahh,, sangat membantu sekali mas…. dan saya sudah paham tentang backlink….
    monggo,, minta kritik sarannya untuk web saya ,,, terimakasihh :)

    Balas
  66. Saya berharap, semoga setelah membaca artikel ini, saya bisa membangun baclinks yang baik dan berkualitas.

    Thanks maxmanroe, dan salam blogger

    Balas
  67. terimakasih info nya, saya sudah praktekan semua ini tapi kenapa web saya tetap saja naik turun terus di indek google nya

    Balas
  68. Sekarang di 2017 banyak teknik mendapatkan backlink yang tidak disarankan. Salah satunya artikel direktori dan web 2.0. Bgaimana menurutnya sampean gan?

    Balas
    • Artikel direktori sebenarnya masih bagus, tapi pilih-pilih sumbernya. Sedangkan web 2.0, berdasarkan pengalaman saya web 2.0 masih bagus asalkan kontennya juga bagus dan bukan copas ya

      Balas
  69. Sangat bermanfaat.. Sebagai seorang blogger yang sudah lama nulis, saya sangat terbantu dengan tulisan-tulisan di maxmanroe.. Sebelum berkunjung ke website ini saya sama sekali tidak tahu tentang strategi-strategi pemasaran blog/website seperti ini, karena memang pengetahuan saya sangat terbatas tentang hal-hal seperti ini, yang saya tahu hanya menulis dan membuat konten sebaik mungkin, sehingga traffic blog saya ya gitu-gitu aja nggak pernah banyak.. Dari maxmanroe saya banyak belajar ilmu baru yang sudah mulai saya aplikasikan sekarang.. Membaca tulisan di website ini seperti sedang dikursus oleh expert dan pembahasannya sangat lengkap dan detail.. Terimakasih banyak.. Great job!!

    Balas
  70. mantap gan. bertambah lagi ilmu buat backlink yang berkualitas dari maxmanroe semoga dengan cara ini blog saya menjadi ramai pengunjung. Amin terimakasin maxmanroe

    Balas
  71. Mantap gan, ane masih baru. views masih 3,000. yang ane mau tanya kalau buat link yang connecting ke website lain gimana gan?
    Ane pernah buka sebuah situs waktu ane klik muncul situs lain dan ane klik yang ini muncul yang lain, dan situs ke 3 ini baru bisa buka sesuai yg ane inginkan. Jadi otomatis ada 3 blog yang sudah ane kunjungi dengan berbeda website. Mohon pencerahan gan gimana cara buat seperti ini.

    Balas
  72. terima kasih ilmunya sangat membantu, saya lagi belajar ngeblog, mohon kepada kaka yang baik hati. kenapa ya artikel saya jarang sekali bertahan diatas ponselharian.com untuk penggunaan blog zombie apakah langsung menggunakan link ke homepage?

    Balas
  73. Ulasan yang bermanfaat. Padat tapi cukup menjelaskan semuanya. Terima kasih banyak mas :)

    Balas
  74. Informasinya bagus cuma yang jadi masalah URL saya ada 2. Satu bawaaan bloger myonone.blogspot com dan wawang.id dapat beli domain mohon pencerahan yang mana yang harus dipakai terima kasih sebelumnya

    Balas
  75. mantapdah penjelasannya mas.. kata2nya lebih ringan mudah dipahami
    tapi saya masi butuh beberapa penjelasan tentang cara memperoleh backlink lewat blogwalking..
    cara yg benar buat blogwalking itu sperti apa? terutama bagi blog dofollow dan nofollow.. dampaknya seperti apayah

    mohon bantuannya.. thx

    Balas
  76. terimakasih mas pencerahannya… ane belum tahu mendalam tentang perkara ini, tulisan mas sangat membantu.. Terimakasih sekali lagi

    Balas
  77. Terimakasih mas/mbak admin mau berbagi.
    Saya baru memakai blog (itu aja suruh orang buatin) blog saya bukan untuk dipasangi iklan dsb, namun hanya untuk media promosi usaha kecil keluarga saya. Blog tersebut hanya berisi 1 artikel saja.
    Pertanyaannya ,
    1. Apa bila artikel hanya 1 saja namun kita isi dengan backlink seperti yang disebutkan dalam artikel diatas, apakah bisa masuk halaman pertama google?
    2. Ada gak teknik yang baik untuk mencari backlink?
    3. Untuk peraturan backlink tersebut, apa ada batasan dalam mencari backlink?
    4. Blog saya berupa landing page yang hanya ada 1 artikel, jika terlalu banyak backlink dan hanya ada 1 artikel apakah blog saya bisa terkena pinalti dari blogger atau google?
    Terimakasih, Semoga di jawab heheh…..

    Balas
    • 1. Mungkin saja, apalagi kalau tingkat persaingannya mudah
      2. Udah dijelaskan. Kalau merasa masih kurang coba Googling lagi mas
      3. Saya tidak punya patokan baku
      4. Bisa terkena penalty, sebaiknya tambahkan halaman artikel lainnya.

      Balas
  78. Wah ternyata itu toh mas yang harus kita perlukan, dan harus kita ketahui. Makasih informasinya mas, makin menambah wawasan saya tentang backlink dan menambah wawasan saya untuk terus berkembang di dunia blogging.

    Balas
  79. mas mau tanya , gimana sih supaya blog kita terbaca di halaman depn google, and cara nya.. makasih atas petunjuknya, trimskasih …atas balasanya…

    Balas
  80. bang apakah cara ini masih efektif untuk tahun 2017,mohon pencerahan nya,atau berkenan buat artikel tentang backlink untuk tahun ini,

    terima kasih bank info nya,dari pengunjung setia http://www.maxmanroe.com hampir semua artikel tak serap habis ilmunya,,,hihihihi

    Balas
  81. Udah sering dengar ttng backlink, tapi karena baru bikin web jadi perlu belajar tentang SEO dan teman2 nya.. hehe termasuk backlink. Makasih gan

    Balas
  82. setelah saya baca-baca artiker nya sangat bermanfaat untuk di contoh

    Balas
  83. mantap penjelasan nya mas, smoga sudah membaca ini blog saya jadi berkembang

    Balas
  84. sampai saat ini gan sy gak paham-paham backlink ini… ada yg bilang bahaya ada yang bilang tidak, cm dalam memperkenalkan web saya. saya cuma pakai share-share saja… yg katanya tidak berbahaya…

    Balas
  85. kok saya blm paham2 ya… tp untuk saat ini cm bs share lwt sosmed aja gan…. hehehe

    Balas
  86. gan, saya udah mempelajari artikel agan, sangat bagus.
    untuk pemula seperti saya, kira2 fokus konten dulu,atau backlink nya sekalian gan?

    Balas
  87. nyari di google cara menyebar backlink, eh ketemu nih situs, lumayan lengkap cara – caranya.. tinggal diterapin

    Balas
  88. Ternyata harus rajin juga menambahkan backling untuk web kita

    Terima kasih informasinya pak marixon..

    Balas
  89. Makasih Mas untuk artikelnya yang sangat bermanfaat, ternyata tidak mudah membangun backlink yang berkualitas, karena dari isi artikel ini bisa dikatakn untuk membangun sebuah backlink berkualitas perlu kerja keras. Sekali lagi terima kasih.GBU

    Balas
  90. Sebenarnya ada banyak cara untuk mendapat backlink, tapi memang salahsatu yang termudah adalah Backlink Comment, karena kalo menurut pembaca komen tersebut bermanfaat pastinya akan penasaran dan akhirnya berkunjung ke web komentator.

    thanks artikelnya sangat bermanfaat, silahkan mampir dimari gan

    Balas
  91. Wahh ternyata itu cara mendapatkan backlink yang berkualitas tapi saya mau tanya apakah dengan backlink posisi artikel kita di serp akan membaik? Apakah memudahkan kita dalam meraih posisi page one?

    Balas
  92. Terima kasih atas semua infonya gan… Sangat membantu sekali bagi saya yg masih belajar…

    Balas
  93. sangat bermanfaat bagi saya, tetapi saya masih belum mengerti mana dari cara diatas yang sangat dianjurkan atau direkomendasikan untuk pemula,terimakasih

    mohon kritik dan sarannya bang di bangikykicaumania.ga terimakasih ?

    Balas
  94. informasi yang sangat membantu gan
    thanks atas informasinya bermanfaat sekali untuk newbie seperti saya

    Balas
  95. Makasih Informasinya gan.
    Bila Baclik kita berasal dari blogspot apakah itu bagus untuk web kita gan?

    Balas
  96. selain berkomentar, apa ada cara lain untuk mendapatkan backlink gan?

    Balas
  97. Mau nanya, kalo backlink dari social media berbahaya bagi blog ngga sih ?

    Balas
  98. Om saya mau tanya, lebih baik tanam backlink yang bagus saat umur berapa ya.

    Balas
  99. Salam Mas,

    Pembahasan mengenai Backlink tersebut sangat bagus, tapi ada yang mau saya tanyakan:
    1. Apakah teknik tersebut berlaku juga untuk blog bule konten Inggris ?
    Karena yang saya liat blog-blog bule rata2 backlinknya ratusan ribu bahkan jutaan.
    2. Kalau saya liat beberapa seller backlink mempunyai testimoni customernya mendapat peringkat 1-10 google dan ribuan visitor serta pujian recomended seller. Apakah itu bagus kalau saya membelinya atau ada dampaknya di kemudian hari?

    Terima kasih atas share mengenai backlinknya ini mas..

    Balas
    • Berlaku untuk website apa saja mas, termasuk blog bule. Kalau bersaing dengan blog bule, kita harus sadar bahwa orang bule yang serius berbisnis biasanya menyiapkan resource gede untuk membangun bisnis mereka, termasuk dalam hal backlinks. Ya jangan bersaing dengan website raksasa mas, atau kalau mau bersaing jangan bidik keywords utama website raksasa. Ga bakalan kuat hahaha

      Sebenarnya cara yang saya sebutkan di artikel ini saya praktekkan untuk blog bule dan blog lokal. Hasilnya memang bervariasi, tapi rata-rata cendrung naik peringkatnya. Kalau untuk market lokal, cara yang saya sebutkan di atas sangat manjur.

      Balas
  100. Saya ingin bertanya,langkah langkah apa saja bagi pemula supayamelakukan backlink nya tercapai apa melalui gogle consule,atau seperti artikel ini kebanyakan teori bisa membuat bingung yang saya harapkan selain terori langsung ada tutorial prakteknya berupa visual biar lebih afdol…tanksss

    Balas
  101. Terima kasih buat infonya, saya ingin bertanya sebenarnya untuk meningkatkan ranking blog kita di Google mana yang lebih efektif, optimasi SEO On Page atau lewat backlink.. trims sebelumnya

    Balas
  102. Maaf gan saya bookmark dulu, nanti malam saya pelajari kembali, sepertinya berguna buat pengetahuan saya tentang artikel ini.

    Balas
  103. Mau tanya, apakah umur blog yang masih baru sudah dianjurkan untuk membangun backlink?

    Balas
  104. Recommended forum yang diatas, semoga saya berhasil dan dapat baclink dari sana. terima kasih. salam sukses

    Balas
  105. Sangat membantu gan dalam pengertian backlink.
    Good job…nice article ?

    Balas
  106. Bermanfaat sekali infonya. Makasih gan udah share tentang backlink ini.

    Balas
  107. Kak aq kan pernah ya nyoba salah satu trik berburu backlink, aq ga tau itu namanya trik apa, tapi efeknya waktu itu emang bagus bnget. Awalnya website aq dengan pncarian salah satu kata kunci ada di urutan 114 dengan trik itu ga nyampe sehari langsung peringkat web aq naik ke posisi 2. Itu bertahan mungkin ada 3 bulan tapi skarang turun lagi jadi di posisi 40-an. Apa ini salah satu tnda klu web aq kena penalty google ya kak??

    Balas
  108. terima kasih banyak ya pak. jadi sekarang sya lebih paham ya pak… Terima kasih, artikelny sngat mmbntu. oh iya bnyk skli backlink mnggunkan software, itu bgmn ya pak?

    Balas
  109. Informasi yang saya peroleh bahwa backlink natural diperoleh dari situs yang informasi sejenis, itupun jika yang punya situs memperkenankan kita berkomentar kalau tidak bagaimana ? trus bagaimana jika menggunakan yang dibilang backlink gov dan edu ? apa itu bener bisa jadi backlink ? karena kelihatannya cukup mudah masa langsung jadi backlink, mohon pencerahan

    Balas
  110. Baru buat blog nih … sepertinya artikel agan membawa angin segar. Ternyata backlink baik buat blog kita ya, lalu kegunaan artikel yang seo seo tu apaya gan?

    Balas
  111. gan cara melalui web 2.0 itu kita bikin postingan lagi atau gimana ya?

    Balas
  112. Informasinya sangat bermanfaat gan. Ane baru belajar mengenai hal ini. Semoga dengan adanya ilmu yang agan bagikan, menambah ilmu saya. Semoga kepada admin, terus diberikan kesehatan, sehingga terus bisa menambah ilmu-ilmunya, dan bersedia membagikannya.
    …………….

    Balas
  113. ooo blogwalking di blog orang lain itu backlink juga ya.. tapi banyak blog udah tinggi PR nya komennya gak bisa open id atau name/url

    Balas
  114. Menurut saya backlink yang berkualitas itu backlink yang didapat dari seseorang yang mereferensikan situs web kita dengan sukarela, tentunya hal itu susah didapatkan solusinya kita harus banyak membantu orang itu untuk menyelesaikan masalah yang di hadapi otomatis akan memberikan sesuatu kepada kita termasuk backlink.

    Balas
  115. Terima kasih untuk ilmunya gan, masih belajar tentang backlink nih.

    Balas
  116. Tapi saya lihat beberapa web yang ikut dalam kontes seo masih aktif membangun backlink dan banyak yang berhasil mas… Ada yang sampai ribuan backlink dan masih tetap bertahan sampai sekarang… Apakah itu berarti semua link yang mereka pasang itu berkualitas yah mas?

    Balas
    • Ribuan backlinks belum tentu berkualitas, ribuan backlinks juga belum tentu bisa mengalahkan puluhan backlinks. Lihat sumber backlinksnya dan bagaimana proses backlinks tersebut terjadi. Kualitas ga pernah bohong kog, tapi memang proses SEO itu butuh waktu. Hanya mereka yang ‘mencintai’ dunia SEO yang bisa berhasil.

      Balas
  117. klw menurut saya seharus nya lebih detail lagi gan,masalh nya ada beberapa website yang sekarang makin ketat untuk bisa menerima backlink…

    Untuk tambahan ingin menambah kualitas backlink dengan menggunakan Youtube channel anda sendiri.

    Thanks For Information

    Balas
  118. Saat ini saya mendapatkan backlink hanya melalui Blogwalking. Jadi sangat susah untuk bersaing di keyword pencarian tinggi.

    Adapun yang dipaparkan diatas perlu penjelasan yang lebih rinci agar mudah difahami oleh pemula sepeti saya. Tutorial lewat video (youtube) akan sangat membantu.
    Terimakasih

    Balas
  119. Terimah kasih mas info nya perlahan saya mengerti cara cari backlink harapan saya semoga cepat naik ke rating satu google sejali lagi makasih.

    Balas
  120. Sangat bermanfaat sekali gan. Mau tanya nih. Banyaknya link nofollow yang ada di web/blog kita apakah juga berpengaruh kepada peringkat web kita di search engine?

    Balas
  121. Gan,sblumnya maksih nih buat informasinya artikelnya bagus bnget.
    Sy mau nayak nih,metode yg paling efetif menurt agan sendiri yg manya,,,?
    Mohon di jawab ya gan,soalnya blog ane lagi haus baclink nih…hehehe

    Balas
  122. Ini yang lagi di cari-cari. Sedikit2 padam sekarang dengan pengertian backlink. Makasih mas

    Balas
  123. masih tahap belajar, walaupun web saya web untuk dagang tapi semoga bisa menjadi seperti website ini

    Balas
  124. Artikel di atas sangat membantu saya yang sedang belajar membangun blog yang baik, saya jadi mulai paham cara membangun backlinks yang berkualitas disamping seo onpage

    Balas
  125. Terima kasih artikel di atas sangat membantu dan semakin menambah pengetahuan sy mengenai bagaimana cara membangun backlink yang bagus dan berkualitas

    Balas
  126. Artikelnya sangat bermanfaat kakak mudah dipahami buat newbie. Pemahaman saya tentang backlink semakin banyak. Artikel ini sangat membantu

    Balas
  127. Belum sepenuhnya mengerti mengenai backlink. Tapi tulisan ini benar2 memberikan pencerahan. Ada yang sudah dijalankan, tapi masih banyak yg nggak. Agak takut juga. Blm bisa ngebedain mana yang white hat, mana yang black hat. Tq anyway

    Balas
  128. Terima kasih kang atas infonya,….blognya bagus isinya berbobot bngt,,,,,

    Balas
  129. Sangat bermanfaat sekali informasinya, setelah membaca artikel ini saya mendapat pencerahan tentang backlink karena saat ini saya baru membangun website yang sangat baru sekali

    Balas
  130. Cara bangun backlink nya gimana ya, saya belum jelas hehe, saya butuh pencerahan dari agan :)

    Balas
  131. Selama ini saya mendapatkan backlink dari tumblr dengan cara memberikan like dan reblog. Sedangkan media sosial yang lain saya tidak begitu faham walau sudah ada petunjuknya di google. akibatnya saat artikel sedang trending, artikel yang tadinya diranking 1 harus terlempar ke halaman 2 dst dan bingung untuk mengembalikan ke posisi semula.

    Ada baiknya admin membuka pelatihan (praktek) cara untuk mendapatkan backlink dan cara membuat long keyword. saya rasa 2 hal tersebut salah satu faktor yang sangat penting untuk dapat masuk ke page one. terimakasih

    Balas
  132. benar sekali gan, salah satu hal yang paling penting dalam membangun sebuah web atau blog yang profesional adalah backlink. Sebaik-baik backlink adalah backlink yang berkualitas.
    Mas admin Maxmanroe, terkait nomor 4, situs apa saja ya yang mengizinkan kita untuk jadi guest writer

    Balas
  133. Thanks sob infonya sangat berguna bagi ane yang newbie , dan jagan luva untuk mapir blog ane sob DoFollow

    Balas
  134. Terima kasih atas informasinya om,,sedikit-sedikit saya mulai mengerti tentang backlink,,
    Oia om kalau saya memasang artikel sendiri untuk backlink bisa apa tidak yah om???

    Balas
  135. Makasih atas informasinya tentang backlink om,sedikit-sedikit saya akan pelajari tentang backlink,,kalau memasang backlink di blog sendiri gimana caranya om,,

    Balas
  136. salam kenal gan….artikelnya bagus dan informatif. sangat membantu terutama buat yang masih newbie. thx

    Balas
  137. Terima kasih kang atas infonya, sedikit demi sedikit ada pencerahannya, semoga dengan info ini dapat mengoptimasikan seo web saya, sukses selalu kang ditunggu kuniungan baliknya untuk masukannya

    Balas
  138. sangat membantu om mohon kunjungan ke blog saya untuk di nilai kalo ada kekurangan mohon di berisaran,

    Balas
  139. mau tanya om, apakah backlink berkualitas sangat berpengaruh pada google adsense karena saya masih newbie dan baru membuat blog dengan maksud ingin mendaftar di adsense. cara untuk melihat backlink berkualitas itu bagaimana om, mohon pencerahannya. terima kasih ya om, salam sukses
    sarkomet berkata “salam metal”

    Balas
  140. Jadi mengerti fungsi dari backling gan , saya sendiri masih newbie , jadi saya mendapatkan ilmu dari postingan agan , terimakasih hehe

    Balas
  141. saya baru tau artinya backlink, dulu saya pernah bingung tentang mengoptimasikan SEO . Terimakasih sudah membantu Artikel tersebut

    Balas
  142. om.. kalau cara gabung ke detik.com atau kompas.com itu gmn om maksudnya? kita nitip artikel disana atau gimana om? mohon penjelasannya om.. terima kasih

    Balas
  143. Saya ucapkan banyak trimakasih atas infonya. setelah membaca artikel ini, pemahaman saya tentang backlink semakin bertambah

    Balas
  144. Salam.
    Saya baru kehilangan pengunjung karena domain yang dinonaktifkan. Informasi yang Anda sampaikan sangat membantu :)

    Balas
  145. Sampai saat ini saya belum mengerti fungsi dan manfaat backlink terus dofollow dan nofollow,

    Tetapi setelah baca artikel ini agak sedikit paham tentang semua itu, terima kasih ilmunya Gan :)

    Balas
  146. sangat membantu artikel tentang pengetahuan backlink
    apalagi web saya sepi banget gan, butuh banget backlink seperti ini

    Balas
  147. Mas mau nanya sedikit, (blogger baru) lebih di utamakan Artikel yang SEO apa backlink, terimakasih.

    Balas
  148. Artikel yg menarik gan,terutama untuk newbie seperti saya,yang blm mengerti tentang SEO dll.

    Balas
  149. menarik sekali om, jadi rekomendasi untuk pembelajaran mencari backlink yang baik dan benar..

    nice thread.

    Balas
  150. Sangat bermanfaat informasinya gan untuk saya yang pemula.. Cuma masih sedikit bingung dlm penerapannya..

    Balas
  151. masih bingung tentang baclink, mohon pencerahannya .
    terima kasih

    Balas
  152. trimakasih sob akhirnya dari artikel kamu saya yang tadinya gak tau bagaimana cara backlink sekarng jadi tau

    Balas
  153. Saya sendiri termasuk orang yang suka sekali dengan blogwalking. Saya telah merasakan dampak positif dari blogwalking. Tapi tidak jarang juga orang lain yang komentar di web saya hanya iseng2 saja. Mungkin dia perlu belajar cara bersosial yang baik.

    Menurut saya komentar itu sama halnya dengan bersosial di dunia nyata. Ada komunikasi dan aroma keakraban yang harus dibina. Intinya menurut saya, meskipun tidak saling kenal paling tidak ungkapan pada komentar juga perlu diperhatikan ketika memberi komentar di blog lain.

    Balas
  154. saya hanya nulis artikel terus, ternyata backlink sangat penting, mau nyoba ah. artikel yang bagus.

    Balas
  155. Nah, setlah baca2 dari artikel ini, membuat Backling sangat mudah sekali
    Maklum newbi hee
    Trima kasih ,

    Balas
  156. terima kasih atas infonya, plus menambah pengetahuan untuk seorang yang mulai mengenal blogs…..

    Balas
  157. Mau tanya gan. Backlink nofollow seperti comment apakah juga akan mempengaruhi posisi ranking di google?

    Balas
  158. susah susah gampang juga cari backlink yak… btw artikel ini bikin nambah pengetahuan saya tentang backlink. THanks Om

    Balas
  159. saya sebagai orang pemula mencoba untuk belajar mendapatkan backlink, saya search di google mendapatkn website bapak ini, melihat artikel bapak ini sungguh sangat menarik saya baca dan saya praktekan meskipun hanya sebagian yang saya tau, seenggaknya tau dulu materi mengenai backlink, terima kasih untuk artikelnya dan semoga bermanfaat buat semua yang membacanya. salam sukses

    Balas
  160. nice artikel !!! artikel ini menambah pengetahuan saya. Sebelumnya saya juga pernah baca jika pasang backlink yang tidak berkualitas malah bisa membuat peingkat blog kita jadi jelek. Ditunggu kunjung baliknya

    Balas
  161. wow,,…
    artikelnya sangat bermanfaat sekali, terutama buat saya yg masih newbi dan blum tau banyak tentang Seo.

    Balas
  162. Bantu infonya bro…untuk seorang pemula yang benar benar baru … proses awal belajar backlink dari mana ya??
    thx sebelum nya

    Balas
  163. gan kalo dapetin blogwalking itu kan katanya ada batesan maximal 5 x sehari.

    yang mau saya tanyakan apa itu untuk satu webset/blog kita, apa hanya untuk 1 url, dan kalo untuk 1 url berarti kita boleh nyari blog walking lebih dari 5 asalkan beda url.

    mohon jawabanya untuk se orang newby ya gan :D

    Balas
  164. Semoga bermanfaat ilmunya gan untuk memaksimalkan seo pada blog/website kita. thanks
    mari mampir gan.. dhilshoter.com

    Balas
  165. Ternyata ngeblog susah juga ya. Belajar dari bawah juga ini mas, maklum newbie terima kasih akhirnya dapat pencerahan.

    Balas
  166. Mencari backlink itu gampang gampang susah….
    Mau tanya nih gan, backlink nofollow apa juga berpengaruh pada blog kita

    Balas
  167. Ada yang bilang jika backlink dari forum itu kurang bagus, apakah benar Mas?

    Balas
    • Tidak sepenuhnya benar mba Siswati. Tergantung forumnya apa dan bagaimana kita membangun links dari forum tersebut. Kalau links nya ala SPAMER ya pasti ga bagus efeknya.

      Balas
  168. Makasih gan info nya ..
    Situs situs bookmarking gan gak bisa di hubungkan ? Kenapa ya ??

    Balas
  169. Makasih infonya gan. pembahasan yg sangat menarik dan saya belajar untuk bisa mempraktekannya….

    Balas
  170. trimakasih gan .. akan saya coba
    kalau tanpa pasang link gimana ??
    apakah pengunjung akan banyak klw kita pos terus

    Balas
  171. tanam backlink memang salah satu faktor untuk ningkatin seo,tapi tanpa konten yang bagus,hal itu juga kadang tidak menghasilkan seperti apa yang kita harapkan,begitu juga sebaliknya,konten bagus tapi backlink kurang juga hasilnya tidak memuaskan, itulah seninya ngeBlog.

    Balas
  172. Terima kasih ya gan… sangat berguna setelah saya membacanya .
    Maklum masih baru dalam bidang ini … terima kasih sekali lagi ya

    Balas
  173. gan saya mau nanya nih,,,,
    kemaren saya udah mendaftar di detik forum,,,
    tapi masalahnya saya tidak tahu cara mengirim artikel atau foto di forum detik
    mofon bantuannya gan cz saya udah browsing2 g ketemu juga,,,,
    maaf cz masih pemula

    Balas
  174. apakah cara diatas memang mampu untuk meningkatkan track viewers blog kita? tanpa melakukan backlink bisakah blog atau artikel kita terdapat dihalaman pertama bahkan sampe diurutan paling atas?
    terimaksih

    Balas
    • Sebenarnya tanpa backlinks bisa kog berada diurutan paling atas. Tapi untuk topik-topik tertentu dengan tingkat kompetisi yang tinggi dibutuhkan backlinks pak Wahyu.

      Balas
  175. Bagaiman cara kita mengetahui bahwa kita sudah mendapatkan backlink, apakah setiap link yang kita tinggalkan di website/forum pasti berhasil menjadi backlink?

    Balas
  176. jadi, intinya backlink itu untuk menjadi pintasan ke website kita di website orang lain ya?,,, maaf,, masih newby

    Balas
    • Hmmm, lebih tepatnya backlinks itu adalah “jalan” dari satu halaman website menuju halaman website lain

      Balas
  177. Makasih gan infonya, yang mau saya tanyakan, masalah no. 5 Form signature gan.

    Setelah kita daftar dan memasukan alamat website, apa perlu kita harus aktif pada forum2 itu ? atau hanya cukup sekedar daftar saja ?

    mohon tangapannya. Makasih

    Balas
    • Tentunya harus aktif ya. Kalau sekedar daftar di forum lalu pasang link kemudian tidak aktif, saya yakin efek linknya tidak akan bermanfaat bagi blog Anda.

      Balas
  178. Dear mastah,

    Newbitol mau nanya nih, soal backlink di blog saya masih bingung, contoh alamat blog kita namadomain.blogspot.co.id.
    Nah ada di kolom settingan setelah di blog ada keterangan
    Pencarian anda namablogkita.com
    Kok .com ya, kan alamat blog kita blogspot.co.id
    Nah jadi yang kita cantumin buat backlink atau link yang dimaksud link itu atau backlink itu yang .com atau yang blogspot.co.id

    Balas
    • Blogspot.com sekarang secara otomatis akan di redirect ke blogspot.co.id pak. Itu normalnya ya kalau tidak pakai script apa-apa. Jadi, kalau mau membangun backlinks mulai sekarang fokus aja pakai yang blogspot.co.id.

      Balas
  179. wah harus mulai praktekin nih. makasi banyak udah share. berguna banget buat blogger pemula kayak Babang ini ?

    Balas
  180. info sangat berguna om,
    cara supaya kita mengetahui web yang mau kita jadiin back link yang bagus gmn om??

    Balas
  181. saya pendatang baru Om. Pemahaman SEO masih jauuh. Sebenernya saya pingin banget pasang2 backlink. tapi kadang saya bingung. Saya search backlink yang punya PR tinggi, contohnya ini jdih.lahatkab.go.id/berita-70-kisah-sukses-.html , nah kalau seperti ini bagaimana cara pasangnya Om. thnx ya

    Balas
  182. artikel yang sangat berkualitas dan bermanfaat untuk dapat menciptakan rank website kita yang terbaik, trims

    Balas
  183. Artikelnya keren, cukup membantu dan bisa dipahami bagi newbi. Termasuk saya, hehe

    Balas
  184. Bagi kita kita yang baru belajar ne, berlaku nggak sistem backlink ini pada SEO dengan site yang masih numpang….?hehe

    Balas
  185. jika kita dapat banyak backlink dari situs yang kurang berkualitas, adakah dampak yang akan timbul ke website/blog kita? misal pinalty. pinalty yang seperti apa itu?

    Balas
    • Kalau terlalu banyak link dari website yang kurang berkualitas dan dalam tempo singkat, bisa jadi malah berbahaya untuk website Pak Benni. Pinalty nya bisa bermacam-macam, misalnya penurunan posisi di SERP Google, dan yang paling para ya Deindex.

      Balas
  186. trimasih infonya, tapi masih belum terlalu paham gan tentang backlink.

    Balas
  187. sedikit paham dengan hal yg mudah ! hanya saja dimana mencari backlink berkualitas ? :)

    Balas
  188. Saya newbie dalam hal ini, baru dua bulan ini saya membuka website travel, saya ingin tahu banyak tentang saran no 3 diatas tentang blog walking, apakah dengan saya mengirim message seperti ini termasuk kategori upaya mendapat backlink yang berkualitas ? trus blog yang saya kunjungi apakah harus blog dengan tema yang sama (Travel) atau bebas juga tidak apa ? Terimakasih atas perhatian dan jawabannya.

    Balas
  189. Untuk poin yang nomor 7 (Melalui Press Release), masih belum jelas. Bisa dijelaskan lebih lanjut ya.

    Balas
  190. belum paham bener nih gan ttg backlink, kalo nanam link aktif dikomentar yang notabene authornya gak ngijinin link aktif di komentar gimana gan…kan gak semua situs nyediain kotak link kayak punya agan ini…mohon pencerahannya gan…

    Balas
  191. Kenapa tulisan facebooknya pakai strike through gan? apa link dari sana tidak berlaku?

    Balas
  192. kalo goest post emang cepet, cuma yang lama harus bikin artikel dulu ya gan… dah itu yg untung yg dikunjungi, karena kita cuma dapet backlink, ga lebih.

    Balas
  193. saya masih belum pahan Untuk point No.5 apakah kita cuman menautkan link kita pada comment?

    Balas
  194. kirain guespost itu kita cuma berkunjung dan menanam link dibuku tamu doang min..thanks dah lengkap bener kontennya.

    Balas
  195. saya sering menggunakan backling generator gratis, kemudian 1 minggu kemudian web saya berada di page 1 google, 3 hari kemudian lenyap di halaman awal google,,, apakah backlink gratis berpengaruh buruk bang terhadap web kita?

    Balas
  196. mantep gan, jadi menambah pengetahuan cara mencari backlink,

    Balas
  197. terima kasih informasinya gan …. ternyata banyak cara untuk mendapatkan backlink yang berkualitas untuk blog kita. Di antara semua cara itu baru blogwalkin dan memalui social bookmark saja yang saya lakukan. oke makasih banyak sangat membantu …

    Balas
  198. Berbicara backlink, apakah backlink yg saya lakukan sudah benar atau belum ya… kebanyakan saya backlink asaal saja.. di blog siapa saja.. dan tdk relevan dgn artikel yg saya tulis.. yg jadi pertanyaan adalah Apakah saya harus mencari backlink sesuai dgn topik artikelnya atau bebas?

    Balas
  199. membangun backlink yang relevan yang saya tidak paham bagaimana cara mencari nya dan sepertinya memasang backlink saat ini tidak semudah dulu, semakin banyak aturannya sekarang. artikel pak max seringkali ada di page one….entah backlink apa yang di terapkan atau jangan2 punya saudara di google he3

    Balas
    • Sebenarnya ada banyak cara, tapi menurut saya 3 cara yang paling efektif dalam membangun backlinks yang relevan:
      1. Membangun jaringan dummy blog (Private blog network) dengan topik yang relevan dengan website utama dan membuat links di dummy blog tersebut ke website utama.
      2. Menjadi guest blogger di website lain yang menerima artikel dengan links keluar. Kita bisa membuat artikel dan mencantumkan links ke website utama.
      3. Membayar blogger untuk mempublish artikel yang relevan dengan topik website kita dan mencantumkan link ke website kita.

      Balas
  200. Tanpa backlink blog serasa hampa kali ya,,harus menyeimbangi antara konten dan backlink agar sama sama kuat,,

    Saya pernah menduduki rangking 1 dan setelah ganti template terjun bebass,,saya ingin meningkatkan serp di google lagi,,

    Mohon pencerahnnya agar saya dapat tampil fi rangking 1 terima kasih

    Balas
  201. Terima kasih infonya gan, apakah algoritma google yang diperbarui akan berpengaruh juga dengan rating website kita gan ?

    Balas
  202. Wahh saya masing belum ngeri backlink itu gmna mas … apa ngaruh yang signifikan ke index dan search engine ya ?

    Balas
  203. Makasih suhu info bermanfaatnya..
    Newbie neh blog pribadinya.. hehhehe..

    Balas
  204. Cuma bangun backlink lewat social media dengan blogwalking berpengaruh besar ga ya dalam seo…

    Balas
  205. Mantap sekali penjelasannya,makasih gan semoga bermanfaat buat saya,salam blogger.

    Balas
  206. Gan saya nyoba backling yang web 2.0 tpi ketika di cek backling g nyangkut,si gmn yah? saya pake blogspot dan cara ngceknya pke siteexplorer,mhon pencerahannya para senior :)

    Balas
  207. makasih om atas pembelajaran di atas saya akan langung mempraktekanya dan artikelnya sangat membantu sekali.

    Balas
  208. trmaksih gan pastingannya membuat saya jadi mgrt tentang pentingnya backlink

    Balas
  209. Kira-kira kalau melalui backlink berbayar menurut anda bagus gak mas? Thanks.

    Balas
  210. hmmmm berarti kalo kita tanem backlink ke pagerank tinggi juga belum tentu menguntungkan bagi kita ya bro??

    Balas
  211. meninggalkan link dikotak komen kadang dianggap nyepams, gimana solusi agan padahal itu cara termudah hihiii #maaf
    gimana gan?
    oiya kenapa facebook dicoret dari daftar backlink?

    Balas
  212. Untuk point No.5 apakah kita cuman menautkan link kita pada comment?

    Balas
  213. Mas mau tanya Kalau dari fanspage FB bisa dapet backlink nggk ya ?? katanya kalau pake aplikasi lagi bisa dapet katanya

    Balas
  214. Isi dari konten ini sangat menarik dan memberikan informasi untuk mendapatkan backlink berkualitas. Namun dari 8 cara diatas, menurut Mas yang rawan terkena banned apakah ada? Dan cara yang cocok untuk blog baru menggunakan cara ke berapa? Terimakasih

    Balas
  215. bang, saya mau tanya nih?
    yang dimaksud buat backlink di komentar website lain itu emang harus pake link aktif atau cuman komentar aja nanti otomatis bisa jadi backlink?
    Terima Kasih

    Balas
    • Lho di kolom website kan sudah menambahkan url blog, ngapain masukin link aktif lagi di dalam halaman komentar? Ini pertanyaan retorika :)

      Balas
  216. Kalau untuk membangun backlink melalui social media mempunyai pengaruh besar nda? Misalnya seperti Facebook?

    Balas
  217. Izin ninggalin jejak. terimakasih atas artikel nya. menarik untuk menjadi bahan referensi ngebloging..

    Balas
  218. makasi om maxmanroe buat ngebangun dan buat backling berkualitas, beda daripada yang lain informasinya dalam seo
    semoga om makion banyak rejekinya ya ^.^

    ttd mural.id

    Balas
  219. Saya lebih suka cara blogwalking selain lebih mudah, bisa mengehemat kuota juga eheh

    Balas
  220. Terima kasih banyak mastah… sya jd lebih semangat lg bangun backlink stelah tau backlink seperti apa saja yang berkualitas dan bagus buat seo.. :)

    Balas
  221. Terima kasih kawan , atas informasi yang sangat penting ini , saya yakin ini sangat bermanfaat buat teman2 yang lain

    Balas
  222. awalnya bingung apa itu backlink, setelah membaca artikel ini sedikit mulai memahami tentang backlink, dan mudah di pahami, terimakasi gan

    Balas
  223. Min mau tanya, katanya kalo pengguna blogspot gak boleh dikasih backlink dari blogspot juga? Itu mitos atau memang benar gak diperbolehkan.. Mhon jawab ya buat agan2 jga…

    Balas
  224. Makasih banyak gan, ane mau coba praktekin yang di sosial media sma forum nih. hehe

    Balas
  225. Wahhhh… Kayaknya Harus Di Coba Nich…

    Tpi saya mau tanya, apakah backlink dari situs yang berbau p**** tidak bagus?

    Balas
  226. Keren kira kira dapat pringkat gak di mata google kalo becklink berkualitas seperti edu dan gov

    Balas
  227. Kalo backlink dari media sosial berapa lama baru terindex di majestic?

    Balas