5 Perusahaan PPC Lokal Indonesia Terbaik Alternatif Adsense Yang Layak Dicoba

Sebenarnya ada beberapa perusahaan PPC Indonesia terpercaya yang bisa dijadikan alternatif apabila Anda tidak kunjung diterima oleh Google Adsense. Bahkan perusahaan PPC lokal tersebut punya banyak advertiser premium, tentunya ini akan berpengaruh pada besarnya pendapatan para publisher.

Harus diakui bahwa sebagian besar blogger di Indonesia lebih memilih PPC Google Adsense untuk memonetize website mereka. Sayangnya cukup banyak blogger yang ditolak pengajuannya. Kebijakan yang ketat membuat proses pengajuan menjadi publisher Google Adsense menjadi sangat sulit. Dan tidak jarang juga akun publisher Google Adsense dibanned di tengah jalan karena dianggap melanggar TOS jaringan periklanan berbasis PPC (pay per clik) tersebut.

Jika Anda adalah salah satu dari antara sekian banyak blogger atau pemilik website yang tak kunjung diterima oleh Google Adsense, maka tidak ada salahnya untuk mencoba memontize website Anda dengan PPC Indonesia. Mungkin hasilnya tidak sebagus Google Adsense, tapi layak untuk dicoba.

Lalu, apa saja PPC alternatif Adsense?

Berikut ini adalah beberapa perusahaan PPC lokal terbaik yang bisa Anda pertimbangkan untuk memonetize website Anda:

1. PPC Lokal Terbaik #1 IdBlogNetwork

Menurut saya pribadi, IdBlogNetwork.com (IBN) adalah perusahaan PPC lokal terbaik di Indonesia untuk saat ini. Sama halnya dengan Google Adsense, IBN tidak sembarangan menerima seseorang menjadi publishernya. Untuk menjadi publisher di IBN, Anda harus seorang blogger dan memiliki blog yang berisi konten yang family friendly.




Beberapa layanan periklanan dari IdBlogNetwork adalah:

  • CPC (cost per click)
  • CPP (cost per post)
  • CPA (cost per action)
  • CPL (cost per lead)
  • CPR (cost per click read)
  • CPCV (cost per click browsing)
  • CPVB (CPV video banner)
  • CPVy (CPV video YouTube)

IdBlogNetwork.com

IBN tidak menerapkan syarat minimum Page View sebuah blog/ website, bahkan blog dengan Alexa rank 10 juta (global rank ) pun masih diterima. Namun, agar pengajuan menjadi publisher IBN lebih cepat diterima, selain blog yang berkualitas, Anda harus mendapat email rekomendasi dari blogger lain yang sudah menjadi publisher di IBN.

Jika mendaftar tanpa rekomendasi dari publisher IBN, proses diterima bisa memakan waktu hingga berbulan-bulan. Beberapa orang menyebutkan prosesnya bisa sampai 4 bulan. Wah lama sekali ya.

Nilai PPC di IBN ternyata cukup besar, yaitu sekitar Rp 1000 – Rp 2500 per valid click. Angka ini hampir sama dengan nilai CPC dari Google Adsense. Dan minimum payout earning di IBN adalah sebesar Rp 1 juta. Tentunya untuk mendapatkan nominal ini tidak terlalu sulit ya jika blog Anda memiliki banyak pengunjung.




2. PPC Alternatif Adsense Dari AdPlus

Menurut review dari banyak blogger, AdPlus.co.id adalah salah satu PPC lokal terbaik yang ada di Indonesia. Perusahaan ini memberikan kesempatan kepada publishernya untuk menghasilkan uang dari blog dengan berbagai pilihan monetize, diantaranya:

  • CPC (cost per click)
  • CPV (cost per visit)
  • CPL (cost per leads)
  • CPS (cost per sales)
  • CPM (cost per mile)

AdPlus.co.id

Sayangnya, untuk diterima menjadi publisher di AdPlus ternyata tidak mudah. Ada beberapa persyaratan yang harus diikuti oleh calon publisher mereka, diantaranya:

  • Blog/ website yang didaftarkan harus memiliki page views minimal 200.000 pv/ bulan, paling tidak 3 bulan sebelum didaftarkan ke AdPlus. Bukti page views dikirim dalam bentuk file gambar screen shoot dari Google Analytics
  • Blog/ website yang didaftarkan adalah yang termasuk dalam kategori niche berikut; Bisnis, Situs Berita, Teknologi, Lifestyle, Sports and Youth, Women. Jadi, tidak semua jenis niche blog diterima menjadi publisher mereka.
  • Blog/ website yang didaftarkan harus menggunakan Top Level Domain (TLD). Jadi, blogger yang masih menggunakan subdomain dari Blogger.com dan WordPress.com tidak akan diterima menjadi publisher.
  • Blog/ website yang didaftarkan harus berisi konten yang family friendly. Jadi, jika blog Anda memiliki konten yang yang melanggar UU ITE, obat-obatan terlarang, konten porno, rasisme, blog tersebut tidak akan diterima menjadi publisher AdPlus.

3. Program PPC Dari AdStars

Jaringan periklanan Adstars.co.id muncul setelah IdBlogNetwork, namun dari sisi pengiklan dan publisher AdStars tidak bisa diremehkan. AdStars dipercaya oleh advertiser premium untuk mempromosikan bisnis mereka, diantaranya: Unilever, Nestle, Mandiri, Indosat, Mayora, Garuda Indonesia, dan lain-lain.

Beberapa layanan periklanan yang ditawarkan oleh AdStars diantaranya:

  • CPC (cost per click)
  • CPM (cost per mile)
  • CPV (cost per visit)

Adstars juga tidak sembarangan dalam hal menerima publisher mereka. Untuk bisa bergabung menjadi publisher Adstars, blog Anda harus memiliki setidaknya 50.000 page views per bulan yang dibuktikan dengan screen shoot dari laporan trafik di Google Analytics. Beberapa publisher mereka adalah situs-situs terkenal seperti; KapanLagi.com, IDWS.com, Kompas.com, Metrotvnews.com, Viva.co.id, dan lain-lain.

4. PPC Dari KumpulBlogger

KumpulBlogger.com adalah perusahaan jaringan periklanan berbasis PPC Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 2008. Dulu sebelum Google Adsense bisa diterapkan untuk blog berbahasa Indonesia, KumpulBlogger menjadi salah satu PPC lokal idola para blogger untuk memonetize blog mereka.

Tidak sulit untuk bergabung menjadi publisher KumpulBlogger karena tidak ada persyaratan yang berat. KumpulBlogger sangat cocok untuk blogger pemula karena tidak ada syarat minimum jumlah visitor dan page views bulanan.

Beberapa layanan dari KumpulBlogger diantaranya:

  • CPC (cost per click)
  • SEO placement
  • Job review
  • Program tukar link

Namun, setelah mengamati situs KumpulBlogger.com, saya tidak lagi melihat adanya layanan periklanan PPC seperti dulu. Memang situsnya tidak mati, namun layanannya sudah berbeda. Layanan yang tersedia justru berbeda, diantaranya SEO Placement, Job review, dan program tukar link.

5. PPC Dari AdsenseCamp

Perusahaan PPC Lokal yang terakhir adalah AdsenseCamp.com. Perusahaan jaringan periklanan ini dulunya cukup banyak digunakan oleh para blogger pemula untuk menghasilkan uang dari blog mereka. Memang harga per klik iklan di AdsenseCamp ini termasuk kecil, yaitu Rp 300 per klik iklan, tapi bagi blogger pemula tentunya ini cukup menggembirakan.

Beberapa layanan dari AdsenseCamp diantaranya:

  • CPC (cost per click)
  • Job review

Satu hal yang harus DIPERHATIKAN oleh calon publisher AdsenseCamp, bacalah TOS mereka baik-baik sebelum benar-benar bergabung. Ada beberapa laporan dari blogger yang merasa dirugikan karena berlakunya aturan khusus bagi publisher AdsenseCamp.

**

Memang saat ini perusahaan jaringan periklanan lokal mengalami kemunduran. Menurut catatan saya, ada beberapa perusahaan PPC lokal yang lesu bahkan mati karena tidak adanya pengiklan dan kurangnya inovasi, diantaranya: KumpulBlogger.com, AdsenseCamp, Sitti.co.id, Panenklik.com, Adsentra.com, PPCIndo.com, dan KlikSaya.com.

Buat teman-teman blogger yang saat ini belum diterima oleh Google Adsense, tidak ada salahnya untuk mencoba mendaftar di salah satu PPC lokal yang saya sebutkan di atas. Selamat mencoba!



12 total comments on this postSubmit yours
  1. Prospeknya sudah tidak bagus. Mau beriklan di ppc indonesia juga meragukan.
    Jasa logo saya di jasa-logo.com lebih saya iklankan di facebook ads atau google adwoard.

    Kalau untuk blogger saya tidak begitu paham, tapi menurut saya google adsense juga sudah cukup menjanjikan.

  2. Hmm saya sempat pake Kliksaya dan udah beberap kali PO. Sayangnya Kliksaya sekarang udah mati, padahal uang saya masih ada sekian ribu rupiah. Saya juga sempat pake Adstar, sempat PO juga sekali. Kalau pakai Adstar hasilnya lumayan juga. Tapi blog yang pake adstar sekarang udah mati :(

  3. Mana nih ppc lokal yang sampai sekarang masih konsisten atau terpercaya, mau coba…

  4. kalau saa pernah mencoba yang pertama mas namun iklan banyak yang gak muncul walaupun kliknya tinggi namun gak ada iklannya akan percuma juga jadinya, biar kliknya kecil namun banyak iklan itu yang lumayan mas.. sukses selalu mas..

  5. Pak Marikxon, menggunakan PPC ini, cocoknya untuk blog bertema apa ya? apakah semua niche bisa (cocok) dipasang iklan sejenisnya juga?
    Oh, ya! satu lagi pak, kira-kira blog dengan PV kisaran di atas berapa yang udah cocok untuk pasang iklan sejenisnya?

  6. Ketinggalan berita saya, kliksaya ternyata sudah tutup, ada salah satu blog yang ta pasang ppc klik saya tapi ga pernah cek

  7. Banyak PPC lokal yang tumbang karena kebanyakan blogger lebih suka monetize pake adsense belum lagi pengiklan lebih suka beriklan di adword atau facebook ads.

  8. Ane udah cobah 2 Perusahaan terakhir, nilai CPCnya rendah, iklannya gak relevan. bikin berat pagespeed mas, hehe

  9. thanks mas maxmanroe.., informasinya.

  10. Dulu saya pertama kali belajar ngeblog dan cari hasilnya ya lewat kumpul blogger :D hehe. eh sama kliksaya.com se, lumayan lah buat belajaran hehe, di Kliksaya 60.000 udah bisa PO

    • Sayang sekali sekarang Kliksaya.com sudah tutup. PPC lokal banyak yg sudah mati suri

  11. bingung saya,
    semua saratnya cukup sulit ..

    padahal niatnya mau pasang di beberapa blog gratis yang saya kerjakan lainnya.

    tp uv nya pada tinggi semua

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud