Beranda Bisnis Manfaatkan Layanan Live Chat untuk Meningkatkan Omset Website Toko Online

Manfaatkan Layanan Live Chat untuk Meningkatkan Omset Website Toko Online

Layanan Live Chat Meningkatkan Omset

Saat ini, bisnis online sudah menjadi sesuatu yang biasa. Hampir seluruh transaksi bisa dilakukan dalam satu genggaman tanpa harus bergerak dan berpindah dari titik satu ke titik lain untuk mendapatkan barang yang diinginkan. Jasa pembuatan website profesional pun semakin laris dicari para pengusaha untuk memasarkan produknya melalui website toko online.

Mengadaptasi usaha konvensional menjadi bisnis online dengan sebuah website adalah salah satu cara yang cukup ampuh untuk meningkatkan omset penjualan. Dengan adanya website toko online, Anda bisa melayani calon pelanggan secara online. Bisa dengan cara membuat email customer service, menambahkan kontak nomor telepon, atau live chat.

Ada berbagai keuntungan yang bisa didapatkan apabila memberikan fasilitas customer service tersebut melalui toko online Anda. Salah satunya adalah memudahkan pelanggan dalam menyampaikan pertanyaan terkait produk yang mereka inginkan atau mencari tahu berbagai informasi lain yang mungkin tidak tercantum dalam website Anda.

Baca juga: 5 Kesalahan Pemasaran Online yang Sering Dilakukan Marketer Pemula

Walau begitu, memberikan layanan semacam ini bukan berarti tidak ada konsekuensi. Jika menggunakan email, Anda akan memerlukan waktu untuk menyaring seluruh email yang masuk ke inbox Anda. Cara ini bisa jadi tidak begitu efektif apabila jumlah orderan Anda cukup banyak. Bisa jadi Anda keteteran dalam mengelolanya.

Maka, akan lebih baik apabila menggunakan layanan live chat untuk mengakomodir fasilitas customer service melalui website toko online Anda. Layaknya sebuah media atau alat untuk berkomunikasi dengan pelanggan, setiap pengelola website toko online bisa dengan lebih mudah dalam melayani setiap pertanyaan atau komplain yang masuk melalui live chat.

Baca juga: 5 Referensi Website untuk Belajar Coding Secara Online

Jika dibandingkan dengan email, live chat mampu membantu Anda menjawab lebih banyak pertanyaan dari pelanggan dalam satu waktu. Tanpa harus menunggu jawaban melalui tiket dalam waktu yang lama, pelanggan bisa mendapatkan jawaban sembari mengakses website toko online Anda. Hal ini tentu akan berpengaruh pada tingkat bounce rate di Google Analytic.

Jika pelanggan mampu mengakses live chat sambil mengakses toko online Anda, tentu mereka akan bertahan lebih lama untuk membuka website. Kecepatan informasi yang didapatkan juga akan membantu mereka untuk lebih inisiatif dalam membuka halaman-halaman lain yang ada di dalam toko online. Bounce rate pun akan semakin menurun dan performa website akan menjadi lebih baik.

Baca juga: Makin Mudah Mengelola Website Bisnis Online dengan 3 Plugin WordPress Ini

Rekomendasi Layanan Live Chat untuk Toko Online

Lalu, jika masih belum memiliki layanan live chat dan ingin memanfaatkannya di website toko online Anda, langkah apa yang harus dilakukan? Well, Anda bisa menggunakan plugin live chat dari WordPress yang bisa diinstall dengan mudah. Berikut contoh dari plugin live chat WordPress yang bisa Anda manfaatkan.

1. Live Chat by Formilla

Membuat live chat akan terasa lebih mudah apabila memasang Live Chat by Formilla di website berbasis WordPress milik Anda. Plugin ini mempunyai beberapa fitur unggulan yang bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin setelah Anda melakukan instalasi. Penambahan fitur tersebut bisa dilakukan dengan 2 metode ke dalam halaman website yang Anda inginkan.

Jika Anda sudah menambahkannya, secara otomatis live chat akan langsung berfungsi dan Anda bisa langsung melakukan monitoring user activity dari control panel yang tersedia dan memulai percakapan dengan para pelanggan. Dengan menggunakan Live Chat by Formilla, Anda juga bisa menjadwalkan waktu online live chat sesuai dengan jam kerja Anda/ admin website.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Bisnis Anda Harus Memiliki Website Sendiri

Dengan kelebihan berupa sejumlah fungsionalitas dan tampilan interface yang mempermudah penggunanya, baik dari sisi Anda sebagai pengelola website maupun para pelanggan, menjadikan Formilla sebagai plugin yang layak dimanfaatkan. Untuk menggunakannya, Anda perlu membuat akun dan mendaftarkan diri dengan versi gratisnya.

Apabila Anda ingin memaksimalkan Formilla dengan lebih banyak fitur, gunakan versi premium dengan membayar 11.99 USD setiap bulannya. Anda pun bisa memberikan pelayanan live chat dengan lebih maksimal dengan melakukan konfigurasi chat window yang muncul secara otomatis setelah Anda menjadwalkan waktu online-nya.

2. WhatsApp Chat by Click to Chat

Familiar dengan aplikasi chat seperti WhatsApp? Siapa saja yang tinggal di Indonesia pasti mengetahui aplikasi mobile satu ini. WhatsApp memang salah satu aplikasi yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Maka dari itu, jenis usaha apapun yang Anda miliki, menyediakan akses nomor WhatsApp untuk para pelanggan adalah suatu kewajiban.

Baca juga: 3 Page Builder WordPress Terbaik untuk Membuat Website Toko Online

Menyediakan akses WhatsApp sebagai salah satu perangkat live chat untuk para pelanggan bukanlah tanpa alasan. Dengan banyaknya pengguna dari aplikasi ini, tentu Anda akan bisa mengakomodir lebih banyak pelanggan. Sehingga, Anda perlu mengandalkan plugin live chat yang mampu menyediakan WhatsApp di website toko online, seperti plugin Click to Chat.

Dengan mengandalkan plugin live chat berupa Click to Chat pada toko online, Anda akan mampu melayani lebih banyak pelanggan melalui WhatsApp. Icon dari aplikasi ini akan muncul secara otomatis di website toko online Anda. Para pelanggan pun dapat langsung melakukan klik dan terhubung langsung dengan Anda.

Baca juga: 3 Cara Memanfaatkan Blog untuk Mendapatkan Uang dari Internet

Jika mengandalkan WhatsApp pada website toko online melalui plugin ini, Anda tidak perlu terus menerus “online” untuk bisa mengakomodir pertanyaan maupun komplain dari para pelanggan. Dengan begitu, Anda bisa lebih leluasa melakukan live chat, bahkan ketika tidak mengakses website.

Kesimpulan

Live chat sebagai salah satu metode untuk berkomunikasi dengan pelanggan sudah tentu layak dimanfaatkan sebagai salah satu cara meningkatkan kepuasan pelayanan. Tidak hanya efektif, plugin live chat juga bisa membuat website Anda terlihat lebih profesional dan toko online Anda pun menjadi lebih terpercaya.

Dengan begitu, apakah Anda sudah siap berbisnis lebih mudah dengan live chat? Selamat mencoba dan semoga sukses!

2 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan