Beranda Bisnis Makin Mudah Mengelola Website Bisnis Online dengan 3 Plugin WordPress Ini

Makin Mudah Mengelola Website Bisnis Online dengan 3 Plugin WordPress Ini

Tren bisnis online yang semakin meningkat beberapa tahun belakangan membuat lebih banyak orang tertarik untuk membeli cloud hosting murah. Melalui layanan web hosting yang dipilih, para pengusaha bisa menjalankan bisnisnya dengan lebih mudah. 

Mengelola Website Bisnis Online

Kemudahan ini didukung dengan berbagai fitur, seperti disk space lebih besar ketimbang hosting biasa hingga adanya customer service 24/7. Walau begitu, terdapat berbagai prosedur yang harus dilalui melalui platform semacam CMS WordPress untuk membangun hingga mengelolanya menjadi website bisnis yang menghasilkan.

Dalam pengelolaannya, ada berbagai tools yang perlu digunakan untuk memaksimalkan fungsi dari WordPress sebagai CMS. Salah satunya adalah plugin. Jika sebuah website bisnis online tidak dilengkapi dengan metode pembayaran atau riwayat pembelian, maka toko online tersebut hanya berfungsi seperti website biasa. 

Baca juga: 5 Kesalahan Pemasaran Online yang Sering Dilakukan Marketer Pemula

Apabila dideskripsikan sebagai sebuah toko biasa, toko online tanpa plugin tersebut hanyalah toko berupa etalase tanpa adanya mesin kasir. Oleh karena itu, penting bagi para pengusaha untuk menaikkan performa websitenya dengan menginstall plugin yang tepat. Berikut 3 plugin yang bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan fungsi website bisnis online Anda.

1. WordPress Simple PayPal Shopping Cart

WordPress Simple PayPal Shopping Cart
WordPress Simple PayPal Shopping Cart

Jika Anda memiliki bisnis yang menargetkan pasar luar negeri atau internasional, pilihan fitur pembayaran menggunakan PayPal akan terasa sangat krusial. Maka, penting bagi Anda untuk menggunakan plugin berupa WordPress Simple PayPal Shopping Cart.

Dengan menggunakan plugin ini, Anda dapat membuat opsi Add to Cart di halaman mana pun pada website bisnis atau toko online yang dimiliki. Pelanggan bisa dengan mudah menambahkan barang yang ingin dibeli dan melakukan pembayaran via PayPal dengan adanya plugin tersebut pada toko online Anda.

Baca juga: 3 Cara Memanfaatkan Blog untuk Mendapatkan Uang dari Internet

Selain itu, plugin ini memungkinkan para pemilik toko online untuk menyediakan dan menjual berbagai item, baik dalam bentuk fisik maupun digital. Bahkan terdapat pula beberapa pilihan tingkat lanjut, seperti pilihan untuk melakukan customize halaman checkout dan pengaktifan diskon.

Secara keseluruhan, plugin semacam WordPress Simple PayPal Shopping Cart menawarkan fitur yang cukup spesifik. Sehingga apabila Anda ingin melakukan variasi pilihan pembayaran dan tanpa biaya tambahan, Anda bisa memanfaatkan WordPress Simple PayPal Shopping Cart pada website toko online Anda.

2. Photo Gallery by 10web

Photo Gallery by 10web
Photo Gallery by 10web

Pilihan metode pembayaran bukanlah satu-satunya hal penting yang perlu ada pada website toko online Anda. Untuk bisa mengembangkan bisnis online yang Anda jalankan, perlu ada galeri sebagai tempat display produk agar pelanggan bisa melihat dan melakukan cek produk Anda jual dengan lebih jelas.

Jika pilihan metode pembayaran layaknya sebuah mesin kasir pada sebuah toko, galeri berfungsi sebagai etalase tempat Anda menaruh produk-produk yang ditawarkan pada para pelanggan melalui halaman website. Maka dari itu, Anda harus memanfaatkan plugin yang mampu mengakomodir pembuatan halaman galeri, seperti Photo Gallery by 10web.

Plugin seperti Photo Gallery by 10web juga akan sangat berguna bagi Anda yang gemar memotret dan sangat antuasias dengan dunia fotografi. Dengan plugin ini, Anda tidak hanya bisa memajang hasil jepretan saja, tetapi juga menjualnya secara langsung melalui website portofolio fotografi milik Anda.

Baca juga: 5 Referensi Website untuk Belajar Coding Secara Online

Melalui plugin ini, Anda bisa memanfaatkan fitur watermark dan fitur yang menonaktifkan klik kanan. Sehingga para pengunjung yang berniat untuk mengambil foto Anda secara cuma-cuma tidak bisa menyimpan karya-karya foto yang Anda pajang. 

Melalui fitur-fitur tersebut, Anda tidak hanya mampu menjual hasil karya fotografi di website, tetapi juga melindungi karya Anda dari pencurian di ranah digital. Sehingga apabila mereka ingin memiliki hasil karya Anda, mereka harus membelinya sesuai dengan harga yang ditetapkan.

Pada dasarnya, plugin ini bisa didapatkan secara gratis. ini menyediakan versi gratis. Namun apabila Anda ingin mendapatkan fitur lengkap dari plugin  ini, Anda bisa mendapatkan lisensi premiumnya sebesar $30 atau kira-kira Rp. 426.255 per enam bulan.

3. MemberPress

MemberPress
MemberPress

Jika Anda memiliki toko online yang berbasis forum atau komunitas, Anda bisa mengandalkan plugin MemberPress untuk memaksimalkan website Anda. Dengan plugin ini, pemiliki toko online dapat membuat fitur konten premium khusus member, yang hanya bisa diakses oleh orang-orang yang sudah jadi member dengan membayar sejumlah biaya tertentu secara rutin.

Tidak hanya itu, Anda pun bisa mengaktifkan multiple membership tiers yang dilengkapi dengan sejumlah keuntungan. Anda pun bisa membentuk forum komunitas tertutup dan menawarkan diskon maupun potongan harga pada layanan tertentu yang hanya ditujukan kepada mereka yang sudah menjadi member premium.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Bisnis Anda Harus Memiliki Website Sendiri

Agar website toko online yang berbasis membership milik Anda semakin ramai dikunjungi, coba jalankan program afiliasi. Program ini dapat diatur dengan plugin MemberPres secara mudah. Selain itu, tool ini juga menawarkan berbagai opsi yang berfungsi secara analytic. Sehingga jika nantinya program yang dibuat sudah berjalan, Anda bisa melakukan tracking dengan mudah.

Melalui plugin ini, Anda bisa menambahkan berbagai add-ons untuk melakukan customize pada website toko online yang sudah dikelola secara berkala. Kelebihan-kelebihan inilah yang membuat MemberPress sebagai salah satu plugin toko online WordPress terbaik yang layak Anda coba untuk memaksimalkan performa website toko online Anda.

Jika Anda ingin mendapatkan lisensi MemberPress, Anda harus mengeluarkan biaya sejumlah $129 atau kira-kira Rp. 1,8jutaan per tahunnya untuk satu website. Dengan membeli lisensi tersebut, Anda akan mendapatkan akses ke lebih dari 20 add-ons dan integrasi.

Kesimpulan

Menjalankan sebuah toko online dan mengelola website untuk menjual produk-produk Anda bisa jadi sangat overwhelming. Terlebih apabila Anda tidak memiliki background IT untuk mengerti bagaimana cara membangun website agar bisa berfungsi secara maksimal.

Maka dari itu, jangan ragu untuk mencari tahu lebih banyak informasi terkait dengan pengelolaan website toko online. Akan lebih baik apabila Anda menggunakan hosting berbasis WordPress agar bisa memanfaatkan berbagai plugin gratis hingga berbayar yang bisa diinstall secara mudah. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan