Beranda Bisnis 3 Cara Memanfaatkan Blog untuk Mendapatkan Uang dari Internet

3 Cara Memanfaatkan Blog untuk Mendapatkan Uang dari Internet

Cara Memanfaatkan Blog untuk Mendapatkan Uang dari Internet

Perkembangan teknologi di era digital telah mewujudkan berbagai jenis keinginan menjadi kenyataan. Salah satunya adalah keinginan untuk mendapatkan uang tanpa harus bekerja kantoran yang bisa terwujud dengan adanya teknologi berupa internet.

Selain membuka toko online dengan membeli vps murah, dari waktu ke waktu, makin banyak orang yang membuat blog pribadi dan memanfaatkannya untuk mendapatkan uang dari internet.

Eksistensi blog di jagat dunia maya tidak bisa diremehkan lagi. Keberadaannya yang begitu penting sebagai platform penyedia informasi sudah setara dengan media online mainstream pada umumnya. Bahkan, banyak orang yang lebih mempercayai informasi yang mereka dapatkan dari blog karena adanya ikatan emosional yang tercipta dengan penulis sebagai pemilik blog itu sendiri.

Melihat fenomena tersebut, bukan hal yang mengherankan lagi apabila profesi blogger mulai naik daun di kalangan milenial. Namun pada kenyataannya, banyak yang belum memahami bahwa penghasilan dari blog tidak bisa langsung didapatkan dalam jangka waktu yang singkat.

Butuh kesabaran serta konsistensi untuk akhirnya bisa mendapatkan traffic tinggi dan blog bisa di-monetize dengan lebih maksimal. Maka dari itu, ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk meningkatkan visitor blog dan mendapatkan penghasilan lebih cepat melalui blog.

Berikut 3 cara memanfaatkan blog untuk mendapatkan uang dari Internet:

1. Memaksimalkan Affiliate Marketing

Salah satu program yang makin sering dimanfaatkan sebagai sumber penghasilan dari internet adalah affiliate marketing atau pemasaran afiliasi. Program ini bertujuan untuk mempromosikan suatu produk dari sebuah brand. Jika Anda telah bergabung, Anda bisa mulai mencari new users untuk brand tersebut untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Bergabung sebagai member atau anggota dari suatu affiliate marketing tergolong cukup mudah. Anda hanya perlu masuk ke situs brand yang memiliki program tersebut dan memasang link khusus ke dalam website Anda. Link tersebut biasanya tersemat pada sebuah banner atau keyword khusus dalam suatu artikel review produk dari brand yang bersangkutan.

Memaksimalkan Affiliate Marketing

Tantangan yang biasa dihadapi program ini adalah meyakinkan dan mengarahkan para visitor untuk memencet link dan melakukan pembelian di website brand yang berafiliasi dengan Anda

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mulai mengarahkan para visitor ke link afiliasi Anda adalah dengan membuat konten yang relevan dengan brand tersebut. Sebagai contoh, Anda telah berafiliasi dengan sebuah brand penyedia layanan web hosting. Maka, buatlah konten-konten yang relevan dengan pemanfaatan hosting. Anda bisa membuat konten seperti keuntungan menggunakan hosting, cara memaksimalkan hosting sebagai website jual-beli online, dan lain sebagainya.

Tidak hanya konten blog yang bisa digunakan sebagai platform untuk menggenjot pemasukan dari affiliate marketing. Anda juga bisa memaksimalkan pemasaran link maupun kupon voucher afiliasi Anda melalui media sosial, seperti Instagram, Twitter, maupun Facebook. Konten ulasan yang telah terhubung dengan affiliate marketing pun bisa terekspos ke lebih banyak audience.

2. Menawarkan Jasa Iklan

Pemasaran online bisa dilakukan dengan berbagai cara. Selain SEO, Ads atau iklan bisa digunakan sebagai tools untuk mendatangkan traffic lebih banyak pada sebuah konten. Peluang ini bisa Anda gunakan dengan membuka jasa iklan di blog. Penghasilan yang didapatkan bisa didasarkan pada jumlah klik atau tingkat ranking website Anda di mesin pencari.

Salah satu tools pengiklan yang paling sering digunakan adalah ad network seperti Google Adsense. Blog yang ingin terpasang iklan Adsense harus terdaftar terlebih dahulu. Setelah berhasil, iklan akan terpasang pada space atau ruang yang Anda sediakan untuk iklan di blog. Penghasilan dari Adsense akan mengikuti jumlah traffic blog Anda. Semakin tinggi jumlah visitornya, semakin tinggi penghasilan yang akan Anda dapatkan.

Menawarkan Jasa Iklan

Selain ad network, Anda bisa menargetkan iklan untuk mereka yang memiliki jasa sesuai dengan konten yang Anda buat. Katakanlah Anda memiliki website desain dan arsitektur. Anda bisa menawarkan space khusus untuk perusahaan maupun brand furniture yang ingin mempromosikan produknya sesuai dengan target pasar yang disasar melalui website Anda.

Tidak hanya menyediakan space bagi pengiklan, Anda juga bisa menawarkan jasa kepenulisan untuk membuat konten berbayar atau sponsored post. Melalui jasa ini, pengiklan membayar Anda untuk memberikan review dan backlink ke website perusahaannya. Setelah konten dipublikasikan, Anda juga melakukan social share melalui media sosial untuk menjangkau audience yang lebih luas.

3. Membuka Online Course

Anda telah memiliki pengalaman di dunia kuliner sebagai chef? Atau mungkin Anda sudah lama terjun di dunia fotografi sebagai fotografer profesional? Cobalah untuk membuka online course atau kelas online dari blog Anda.

Dengan memiliki blog, Anda bisa memperkaya konten di dalamnya dengan berbagai macam pengetahuan seputar bidang yang sudah Anda kuasai. Jika blog Anda sudah kuat dari segi konten, citra atau personal branding Anda sebagai profesional pada bidang tersebut pun akan terbentuk dengan sendirinya. Kredibilitas blog pun akan semakin meyakinkan para visitor Anda untuk belajar lebih banyak dari Anda.

Membuka Online Course

Untuk itu, sebelum memulai suatu sesi kursus online melalui website personal, tidak ada salahnya untuk menjadi instruktur di platform belajar online seperti BitDegree, Udemy, Skillshare, dan berbagai platform belajar online lainnya. Platform-platform tersebut yang nantinya bisa meningkatkan “jam terbang” Anda sebagai seorang pengajar online. Dengan begitu, performa Anda pun akan semakin terasah dan akan ada lebih banyak orang yang percaya dengan jasa kursus yang Anda tawarkan.

Ada banyak metode yang bisa dilakukan jika berniat “menjual” jasa dan mendapatkan penghasilan sebagai seorang pengajar online melalui website Anda. Selain dengan memperbanyak portofolio melalui platform belajar online, Anda perlu menginstall plugin seperti Easy Digital Downloads, jika menggunakan WordPress sebagai platform website Anda. Plugin ini yang nantinya mengarahkan visitor website untuk mengakses file-file yang perlu dipelajari lebih lanjut dalam kelas Anda.

Easy Digital Downloads

Dengan penggunaan plugin yang tepat, Anda bisa memaksimalkan website personal untuk berbagi ilmu dengan mereka yang ingin belajar dengan lebih mudah secara online. Berbagai panduan layaknya sebuah eLearning bisa diakomodir dalam berbagai format, seperti PDF, video dengan durasi tertentu, hingga audio yang bisa didengarkan sambil melakukan aktifitas lainnya.

Melalui plugin seperti Easy Digital Downloads, Anda bisa membatasi akses data yang bisa diunduh. Pembatasan akses ini bisa dimanfaatkan untuk memberikan fee charge atau biaya tertentu kepada member website Anda agar mampu mengakses data “premium” yang diinginkan. Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan penghasilan lebih banyak dari konten yang dibuat.

Kesimpulan

Memanfaatkan blog untuk mendapatkan uang dari internet bukanlah instant money yang bisa didapatkan hanya dengan 1-2 postingan saja. Butuh ketekunan dan konsistensi untuk mengoptimasi konten di dalamnya dari waktu ke waktu. Kelola konten yang dibutuhkan para visitor Anda secara rutin agar traffic Anda semakin meningkat. Dengan begitu, penghasilan yang Anda dapatkan melalui blog juga akan mengikuti. Happy blogging!

Baca juga: Peluang Bisnis Online

14 KOMENTAR

  1. Terima kasih infonya. Selama ini saya masih mencoba untuk memaksimalkan pendapatan blog menggunakan affiliate marketing.

  2. hal yang paling sulit dalam membuat blog menurutku itu adalah konsisten dan ide, tapi suatu saat nanti akan terbayar dengan hasil kerasnya

  3. yang sering kita keluhkan adalah cpc yang rendah, terlebih untuk blog bahasa Indonesia,

  4. Jasa iklan sekarang kebanyakan dari ads google, propellerads dll. padahal bisa juga di pasang iklan jenis banner gambar biasa dan dicantumkan linknya dan dibayar perbulan. saya dah liat contohnya di blog ini di taruh di sidebar tp jg sulit krna harus ada syarat tertentu.

    nunggu artikel lainnya nih

  5. Wah ini baru bahasan yang membuat saya lebih peka dalam menyajikan konten. Namun demikian, tentu butuh proses dalam hal mengulas artikel agar bisa memancing pengunjung untuk bertahan dan nyaman dengan informasi yang ada di blog kita.

    Tapi mantep, dengan info di atas kita tentu bisa berbagi pengalaman melalui blog masing masing. Toh untungnya juga banyak, selain dapat berkah dari adsense juga bisa meningkatkan pengunjungkan. Untuk yang lain, tentu akan datang sendiri. Yang penting konsisten dan juga disiplin.

  6. Nggak sia sia punya blog ya. Selain untuk menyalurkan hobi, ternyata bisa untuk mencari maisah.
    Ayo semangat lagi ngeblognya…

  7. Good sangat menginspirasi..

  8. Bisa dicoba..
    Mudah mudahaan kedepannya saya bisa mendatkan uang dari internet.
    Thanks Maxmanroe

  9. Duh kalau google adsense saya sering ditolak bae.. jadi ada rekomendasi pengiklanan yang lain gak ya??

  10. Memang benar salah satunya hobi saya ngblog walaupun tidak sering update tapi saya tetap perjuangkan demi mendapatkan pengahsilan melalui internet

  11. membaca artikel di web ini selalu membuat saya semangat ngeblog, entah mengapa saya merasa tulisan2 di maxmanroe begitu runut sehingga selalu membuat penasaran untuk menyelesaikan bacaan paragraf demi paragraf, terima kasih

  12. adminsenipediaid

    Mantap, patut dicoba dengan konsisten agar hasil yang didapat lebih maksimal.
    Terima kasih artikel inspiratifnya..

  13. nyimak …tulisannya , kalo gogle adsense sendiri bagaimana apa masih cukup bagus pendapatannya mengingat sekarang byk yang memoneytize ke youtube

Tinggalkan Balasan