Cara Memperbanyak Like di Facebook Fans Page Bisnis Anda

Cara-Memperbanyak-Like-di-Facebook

Pasti ada alasan tertentu mengapa sebuah brand bisnis berada di #Facebook, itu karena mereka ingin meningkatkan level bisnisnya. Berbagai brand bisnis memiliki tujuan yang berbeda saat berada di Facebook, ada yang mempromosikan aplikasi mobile mereka, meningkatkan penjualan via online, launching produk baru, atau membangun Brand Awareness. Walaupun tidak semua bisnis memiliki tujuan yang sama, tapi kita mengakui bahwa Facebook adalah media sosial yang sangat efektif untuk menjangkau banyak orang karena pengguna aktif Facebook sangat banyak.

Jika Anda seorang pemilik website bisnis dan ingin membangun komunitas di Facebook, ada cara yang bisa dilakukan agar para pengguna Facebook menjadi pelanggan bisnis Anda. Langkah awal yang bisa dilakukan adalah dengan membuat sebuah Fans Page. Kemudian Anda mengajak lebih banyak pengguna Facebook masuk ke dalam komunitas Fans Page Anda, setelah itu Fans Page tersebut akan mengirimkan trafik ke #website bisnis Anda. Lalu dari halaman website Anda, visitor akan menjadi prospek yang berkualitas, selanjutnya prospek yang Anda kelola dengan baik akan menjadi pelanggan bisnis Anda. Alurnya kira-kira seperti itu.

Di artikel ini saya akan sedikit membahas cara memperbanyak like di Facebook Fans Page bisnis Anda. Tidak hanya sekedar menambah like, dengan cara yang akan dibahas ini kita akan membangun sebuah halaman Fans Page yang di dalamnya terdapat orang-orang yang memiliki minat pada bisnis/ produk Anda.

Ini Cara Memperbanyak Like di Facebook Fans Page

1. Membuat Fans Page Sesuai Niche Bisnis

Fans page yang akan kita bangun tentunya harus sesuai dengan niche bisnis yang digeluti. Jika bisnis Anda adalah menjual pakaian wanita, maka fans page yang dibuat juga harus sesuai dengan thema bisnis. Di halaman fans page tersebut kita bisa mencantumkan beberapa informasi yang sesuai dengan bisnis Anda, misalnya;

  • Menambahkan deskripsi fans page
  • Memasang link menuju website bisnis
  • Menambahkan informasi lainnya (nomor telepon, Pin BBM, WA)

Perhatikan juga penggunaan profile picture dan cover fans page yang dibuat, pastikan sesuai dengan bisnis Anda.

Artikel lain: Cara Membuat Facebook Fans Page Untuk Bisnis Anda

2. Membangun Konten yg Bermanfaat di Fans Page

Kesan pertama pengunjung fans page Anda sangat penting, karena itu jangan terburu-buru untuk memperkenalkannya ke pengguna Facebook lain. Sebelum memperkenalkan atau mempromosikan fans page Anda, sebaiknya isi dulu dengan berbagai konten yang bermanfaat dan masih berhubungan dengan bisnis Anda. Konten ini bisa dalam bentuk teks dan gambar, atau bisa juga memasukkan link artikel dari website Anda.

3. Mengundang Teman Facebook Untuk Memberikan Like

Setelah mengisi fans page dengan beberapa konten bermanfaat, langkah pertama yang bisa kita lakukan adalah memperkenalkan fans page tersebut ke friendlist di Facebook dan mengundang mereka untuk memberikan like pada halaman fans page kita. Cara ini gratis dan bisa kita lakukan berkali-kali, tapi saran saya sebaiknya jangan terlalu sering melakukannya karena bisa membuat orang lain tidak nyaman.

Bila punya teman yang terkenal di #media sosial Facebook, Anda bisa meminta bantuannya untuk memberikan endorse, melalui endorse tersebut kemungkinan akan semakin banyak yang mengenal dan memberikan like pada fans page Anda. Beberapa teman Facebook pasti akan memberikan like secara sukarela, tapi jangan terlalu berharap akan mendapat banyak like dengan cara ini.

Sebagai contoh, Anda bisa melihat gambar di bawah ini. Saya mengirimkan undangan ke banyak teman Facebook, tapi tidak semua memberikan like pada fans page saya. It’s ok, kita masih punya banyak cara lainnya.

Gambar,

4. Memasang Facebook Like Box di Halaman Website

Berdasarkan pengalaman saya cara ini sangat efektif untuk meningkatkan jumlah like Facebook fans page, dan tentunya likers adalah mereka yang memiliki minat yang sesuai dengan konten yang ada di website Maxmanroe.com. Facebook like box ini bisa ditempatkan di bagian sidebar, footer, atau dalam bentuk pop up yang tampil secara elegan untuk ‘mencuri’ perhatian visitor. Untuk website Maxmanroe sendiri menggunakan Facebook like box dalam bentuk pop up. Saya menggunakan plugin Facebook Page Promoter Lightbox Premium untuk membuatnya, versi gratisnya tersedia bagi para pengguna WordPress.

Ada plus minus penggunaan Facebook like box dengan tampilan pop up. Keuntungannya adalah, kita bisa langsung mendapatkan perhatian visitor ketika masuk ke halaman website kita, dengan begitu kesempatan akan lebih besar untuk mendapatkan like dari mereka. Sayangnya, hal ini sekaligus mengganggu kenyamanan mereka sehingga terkadang visitor merasa sebal dan malah menutup halaman website kita.

Saya sangat menyarankan agar pop up Facebook like box hanya ditampilkan sekali saja untuk satu IP komputer, sehingga tidak muncul berkali-kali ketika visitor membuka halaman lain di website Anda. Selain itu, berikan tombol close pada pop up tersebut agar visitor bisa membaca konten Anda tanpa harus memberikan like terlebih dahulu. Ada beberapa website yang pernah saya kunjungi menampilkan pop up Facebook Like box dimana pop up tersebut tidak bisa ditutup oleh visitor sebelum memberikan like atau harus menunggu selama 30 detik. Wah sangat mengganggu. Tunjukkan bahwa website Anda profesional dan tidak ‘mengemis’ like dengan cara yang tidak etis.




Gambar,

5. Promosikan Facebook Fans Page Melalui Media Lain

Selain Facebook, tentunya Anda juga memiliki media sosial lain, misalnya Twitter, LinkedIn, Google Plus, YouTube, Instagram, dan Pinterest. Nah kita bisa memanfaatkan berbagai media sosial tersebut untuk saling mempromosikan akun media sosial milik kita yang lain, biasa disebut dengan cross promote.

Selain itu, kita juga bisa mempromosikan Facebook Fans Page melalui media lainnya, misalnya melalui signature email, signature forum online, pada kartu nama, dan lain-lain. Promosi seperti ini memang terlihat sederhana dan gratis, tapi sebenarnya bisa berdampak besar bagi pertumbuhan fans base bisnis Anda di Facebook.

Gambar,

6. Aktif Memposting Konten Bermanfaat

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan jumlah fans Anda di Facebook adalah dengan memperlakukan mereka seperti manusia, artinya kita harus aktif memposting konten yang bermanfaat di Fans Page. Fans yang membaca konten bermanfaat di fans page tidak akan sungkan untuk melakukan like dan share konten tersebut sehingga nantinya akan semakin banyak orang yang membacanya, dan ini bisa berlangsung terus menerus. Bayangkan dampak positive-nya bagi bisnis Anda.

Seperti apa sih konten bermanfaat itu? Sebenarnya konten bermanfaat itu sangat banyak, namun pastikan bahwa konten tersebut masih berhubungan dengan topik bisnis Anda. Misalnya Anda memiliki bisnis yang berhubungan dengan kesehatan (obat herbal), maka konten yang bisa Anda share di Facebook fans page adalah konten yang masih berhubungan dengan kesehatan. Konten ini bisa dalam bentuk teks dan gambar, atau dalam bentuk video, atau bahkan Anda bisa mengirimkan link dari halaman website Anda dan dilengkapi dengan link call to action.

Ini salah satu contoh konten yang pernah saya share di Facebook fans page,

Penipu Kena TipuJaman sekarang banyak sekali modus penipuan di sekitar kita. Kalau tidak cerdik, uang bisa melayang…

Posted by Max Manroe Blog on Monday, 27 April 2015

Baca juga: Cara Membuat Akun Facebook/ FB Baru

7. Gunakan Facebook Ads Untuk Menjangkau Lebih Banyak Orang

Meningkatkan jumlah like Facebook Fans Page secara organik memang merupakan cara yang baik untuk mendorong keterlibatan pengguna Facebook pada bisnis Anda, yang kemudian mengkonversi fans menjadi pelanggan Anda. Namun jika Anda memiliki budget untuk memasang iklan di Facebook, maka hal ini akan sangat membantu upaya Anda untuk menjangkau lebih banyak orang terhubung dengan bisnis Anda.

Facebook menawarkan berbagai jenis iklan, mulai dari iklan “Promote Your Page”, “Boost Your Posts”, “Send People to Your Website”,  dan lainnya. Kita bisa memilih objective campaign sesuai yang kita inginkan. Bila ingin meningkatkan fans base, maka kita bisa memilih jenis iklan “Promote Your Page” dan “Boost Your Posts”. Berdasarkan pengalaman saya, tipe iklan yang paling efektif untuk meningkatkan fans di Facebook dan juga meningkatkan kunjungan ke halaman website kita adalah tipe iklan “Boost Your Posts”.

Ini salah satu contoh iklan yang pernah saya pasang di Facebook,

"Saya lebih baik dikomplain karena harga, daripada dikomplain karena mutu produk", Sally Giovanny. Jarang-jarang…

Posted by Max Manroe Blog on Monday, 20 April 2015

Selain 7 cara di atas, masih ada beberapa cara memperbanyak like di Facebook Fans Page bisnis Anda. Yang saya sebutkan di atas adalah beberapa cara yang sudah pernah saya lakukan dan sudah terbukti bisa meningkatkan jumlah fans base Maxmanroe.com di Facebook. Semoga artikel ini bermanfaat.



3 total comments on this postSubmit yours
  1. Menurut pengalaman saya sendiri bisa mendapatkan banyak like (dengan cepat) pada sebuah fanspage memang dari Niche, saya setuju pada point nomor 1.
    – Komunitas
    – Artist
    – Berita Kontrofersial
    – Religi
    Niche diatas mungkin lebih mudah menarik seseorang untuk mengikuti/like fanspage Anda.

    Thanks mas sudah share beberapa point cara memperbanyak like FP.

    Salam sukses :D

  2. Selamat Pagi.
    Apakah Anda bisa mengajari saya untuk berbisnis menggunakan facebook? Terimakasih sebelumnya.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud