Cara Menggunakan Facebook untuk Pengembangan Bisnis

Cara Menggunakan Facebook untuk Pengembangan Bisnis

Cara-Menggunakan-Facebook-untuk-Pengembangan-Bisnis

Memanfaatkan #media sosial seperti Facebook untuk mengembangkan sebuah bisnis  memang bukanlah suatu hal yang mudah, namun bukan berarti hal tersebut suatu yang tidak mungkin. Jejaring sosial Facebook menawarkan berbagai keuntungan yang dapat kita manfaatkan sebagai basic fundamental bisnis. Mulai dari menggunakan Facebook Ads yang relatif simple, hingga menggunakan cara-cara costumisasi manual sesuai yang kita butuhkan.

Jika Anda sedang mencari gambaran umum tentang bagaimana cara menggunakan #Facebook untuk membantu pengembangan bisnis Anda, beberapa langkah ini akan membuat Anda lebih siap untuk sukses. Dengan mengetahui hal mendasar dalam cara menggunakan Facebook untuk bisnis, maka kita dapat memfokuskan aktivitas di Facebook untuk memenuhi tujuan bisnis yang lebih spesifik.

1. Membuat Halaman Facebook yang Menarik dan Terintegrasi

Membuat sebuah halaman / Facebook Page untuk bisnis adalah sebuah perwujudan dari ide bisnis Anda. Dengan membangun sebuah page di Facebook, itu artinya kita telah membangun sebuah kantor cabang atau divisi khusus yang menangani masalah marketing. Oleh karena itu, ketika kita membuat sebuah page di Facebook, sebaiknya kita membuat alamat/url yang unik untuk halaman tersebut sesuai dengan nama bisnis, misalnya Facebook.com/nama perusahaan.

Pada beberapa kasus, nama di belakang nama domain Facebook sering tidak bisa sesuai dengan yang diinginkan karena sudah ada pengguna lain yang menggunakan nama yang sama. Sebenarnya ini bisa diatasi dengan sedikit modifikasi atau menambah karakter pada nama tersebut sehingga tetap sesuai dengan bisnis Anda. Ini sangat penting karena nama tersebut akan mengintegrasiakan bisnis kita pada mesin pencari lain seperti Google dan Yahoo.

Artikel terkait: Cara Membuat Facebook Fans Page

2. Mengenali Target Pelanggan

Mengenali target pelanggan adalah mengenali siapa Anda dan siapa yang ingin Anda undang untuk menjadi customer. Dengan Facebook kita tidak hanya dapat menjangkau lebih banyak orang namun juga dapat menjangkau orang-orang yang lebih spesifik dan memiliki minat yang sesuai dengan niche bisnis Anda untuk menjadi pelanggan.

Untuk membangun list pelanggan yang setia serta mendorong pelanggan tersebut agar mau menjadi pendukung halaman Facebook bisnis Anda, maka Anda harus sering-sering memposting konten yang menarik dan bermanfaat sehingga postingan Anda tetap berada di timeline. Biarkan orang-orang di sekitar Anda (teman dekat, dan keluarga) tahu tentang halaman Facebook bisnis Anda sehingga mereka juga bisa memberikan dukungan pada Anda, misalnya dengan memberikan likes pada konten Anda di Facebook.

Pelanggan awal yang berasal dari teman dekat dan keluarga inilah yang akan membantu Anda membangun kredibilitas dan menyebarkan berita langsung tentang halaman Anda. Yang perlu diingat, ini bukanlah sekedar jumlah fans halaman Facebook, namun yang lebih penting adalah bisnis Anda terhubung dengan pengguna Facebook yang aktif dan punya minat pada bisnis Anda. Jika kita melakukannya dengan benar, fans ini akan membantu menceritakan bisnis kita kepada orang lain dengan sukarela.

Artikel lain: Tips Mengenali Pelanggan Potensial di Bisnis Anda

 3. Fokus Membangun Konten yang Menarik

Membuat konten yang menarik, akan membuat halaman bisnis Anda menjadi lebih hidup di Facebook. Anda dapat mengupdate postingan, foto dan lainnya. Selain itu, berilah selingan-selingan kecil berisi humor atau tips untuk memberikan sedikit nuansa yang berbeda pada pelanggan Anda.

Teruslah memposting konten yang berisi tentang hal-hal yang bermanfaat bagi pelanggan Anda, hal-hal yang menarik dan inspiratif bagi mereka. Anda juga dapat mengisi halaman Facebook Page bisnis Anda dengan penjelasan bagaimana cara pelanggan mengirimkan masukan, kritik, dan juga pengalaman mereka selama menggunakan produk Anda. Kita bisa melakukan berbagai upaya dengan membuat berbagai postingan ke Facebook Page. Lalu menggunakan tools Page Insights Halaman untuk melihat postingan seperti apa yang paling menarik bagi pelanggan.

Baca juga: Metode Pembayaran yang Bisa Digunakan Untuk Facebook Ads

Secara garis besar ada beberapa point penting dalam membangun konten di media sosial:

  • Otentik: usahakan apa yang Anda posting adalah murni dari pemikiran Anda.
  • Responsif: ketika orang mengomentari postingan Anda, cobalah tunjukan bahwa Anda mendengarkan dan peduli keberadaan mereka dengan cara membalas komentar mereka dengan baik.
  • Konsisten: semakin sering Anda memposting maka semakin banyak kesempatan Anda untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan.
  • Schedule: mengatur jadwal postingan Anda akan membuat waktu tim media sosial Anda menjadi lebih efisien.
  • Repeat: perhatikan postingan yang mendapatkan banyak respon dan tanggapan dari para pelanggan. Ulangi memposting konten-konten yang banyak menarik perhatian pelanggan.

2 KOMENTAR

  1. Selanjutnya bagaimana mengenalkan page tersebut secara alami adalah dengan cara yg disebutkan diatas. Tetapi untuk mendapatkan hasil maksimal promosi harus dng Facebook ads. supaya tertarget

  2. Yang pasti membuat fans page itu harus. Selanjutnya bagaimana mengenalkan page tersebut secara alami adalah dengan cara yg disebutkan diatas. Tetapi untuk mendapatkan hasil maksimal promosi harus dng Facebook ads.

Tinggalkan Balasan