Empat Pertanyaan Mendasar Sebelum Promosi di Facebook

Empat Pertanyaan Mendasar Sebelum Promosi di Facebook

Promosi-di-Facebook

Bagi sebagian besar online marketer, melakukan pemasaran di jejaring sosial #Facebook bukanlah hal yang mudah. Namun, jika kita melakukannya dengan strategi pemasaran yang baik dan benar, hal tersebut bukanlah hal yang sulit. Memang dibutuhkan sebuah perencanaan yang baik dan matang untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Satu hal terpenting dari strategi pemasaran melalui jejaring sosial adalah, memahami platform media sosial itu sendiri, dengan begitu kita dapat mengoptimalkanya dengan baik.

Cara mengoptimalkan jejaring sosial Facebook tentunya akan sangat berbeda dengan cara pengoptimalan pada jejaring sosial lainya seperti, #Twitter, #Instagram, ataupun #Google Plus. Facebook sendiri memiliki beberapa kelebihan tersendiri jika dibandingkan dengan platform sosial media sainganya. Facebook menawarkan fitur-fitur tambahan seperti, URL Pesanan, Post Targeting, Pinned Posts, Highlighted Posts, Featured Likes, Custom Tabs, Events, Post scheduler, Offers Promoted Posts, Milestone and Questions.

Namun dari semua fitur tambahan yang disematkan di Facebook, kepopuleran adalah hal terpenting dan paling menonjol dari Facebook. Tak ada satu orangpun yang meragukan kepopuleran Facebook saat ini. Apalagi di negara-negara berkembang, Facebook masih menjadi jejaring sosial di urutan pertama dan menjadi idola masyarakat dari segala umur dan kalangan.

Memahami Bisnis Anda dan Juga Facebook

Seperti kita ketahui, pangsa pasar bisnis online lebih terbuka lebar untuk negara-negara berkembang dibandingkan negara maju. Hal ini tak lepas dari sifat konsumtif negara berkembang yang masih tinggi serta didukung oleh jumlah penduduk Indonesia yang banyak, membuat negara kita merupakan lahan basah bagi pebisnis online.

Hal terpenting pertama adalah mencari jawaban dari hal-hal yang mendasar mengenai penggunaan Facebook. Cari tahu apa saja manfaat Facebook untuk bisnis sekalipun hal tersebut hal yang sepele. Ibaratkan Facebook adalah sesesorang yang Anda incar untuk dijadikan pendamping bisnis Anda, oleh karena itu kenalilah ia dengan baik. Mulailah bertanya pada diri sendiri mengenai Facebook dengan pertanyaan berikut:

Artikel lain: Facebook Ads vs Google Adwords, Mana yang Lebih Efektif?

1. Mengapa Facebook?

Mengapa memilih Facebook? Mengapa Anda harus melakukan promosi bisnis melalui Facebook? Bukankah, tidak semua jenis bisnis cocok dipromosikan di Facebook? Bukankah ada jejaring sosial lain, apa kelebihan Facebook dibandingkan dengan media sosial lain?

Jawablah semua pertanyaan tersebut dengan mempertimbangkan platform social media yang ada. Jika ingin pemasaran bisnis online Anda sukses, maka Anda harus menemukan jawaban dari pertanyaan itu, dan berkomitmenlah atas jawaban tersebut.

2. Apa Tujuan Anda?

Apa yang ingin Anda capai ketika melakukan promosi di Facebook? Apakah hanya sekedar promosi bisnis untuk meningkatkan penjualan atau kah memiliki tujuan lain, misalnya membangun brand bisnis, mengumpulkan list, membangun komunitas, memberikan informasi dan edukasi tentang bisnis Anda, dan lain-lain. Apa yang menghalangi Anda saat ingin memujudkanya?

Ini juga merupakan salah satu pertanyaan yang wajib dijawab dengan tegas. Anda harus mempunyai goal dan gambaran tentang tujuan Anda berpromosi di Facebook. Siapa yang akan mengurus page Facebook Anda nanti? Siapa saja yang akan berkontribusi pada page ini? Bahkan untung dan rugi berpromosi di jejaring sosial ini juga harus Anda pertimbangkan.

3. Siapa Target Market Anda?

Seorang pebisnis harus memiliki gambaran yang jelas mengenai siapa saja target promosi bisnisnya, apakah remaja, orang dewasa, atau lansia, kita harus menentukan target audiens tersebut dengan jelas. Semakin banyak Anda tahu tentang target pelanggan bisnis Anda, maka akan semakin mudah membangun jenis postingan seperti apa yang menarik bagi mereka.

Baca juga: Mengenali 3 Karakter Umum Followers Di Media Sosial

4. Bagaimana Caranya?

Bagaimana cara Anda mengoptimalkan Facebook untuk bisnis? Bagaimana cara menemukan strategi terbaik yang akan membantu Anda mencapai setiap tujuan bisnis? Ingatlah bahwa strategi yang terbaik tidak pernah diatur secara baku di buku, strategi terbaik adalah hasil dari riset, dari pengalaman Anda dan pengalaman orang lain dalam berbisnis.

Dengan memahami tentang bisnis Anda dan juga memahami platform untuk promosi bisnis, maka peluang Anda untuk sukses dalam melakukan promosi di media sosial akan semakin besar. Semoga artikel ini bermanfaat.

3 KOMENTAR

  1. harga printer brother

    jujur sejak saya bergabung dengan sebuah perusahaan makanan dan minuman saya langsung disuruh mengontrol facebook nya, dan saya tidak tahu cara meramaikan fanspage nya secara natural, tetapi jika mengadakan kuis/kontes fanspage akan ramai, bagaimana yah

  2. boneka danbo lucu

    menjadi tambahan informasi bagi saya dan memicu saya untuk meningkatkan facebook fanpage saya lebiih efektif dalam mempromosikan produk dan website saya

  3. saya sudah rasakan sendiri manfaat dari sosmed ini, terutama fb

Tinggalkan Balasan