Beranda Social Media Cara dan Syarat Monetisasi YouTube Terbaru, Khusus Untuk Pemula

Cara dan Syarat Monetisasi YouTube Terbaru, Khusus Untuk Pemula

Syarat Monetisasi YouTube
Image via impactplus.com

Anda dan saya pasti setuju bahwa salah satu hal yang paling diharapkan oleh para YouTuber adalah menghasilkan uang dari video yang mereka publish di YouTube. Lalu, bagaimana cara dan syarat monetisasi YouTube terbaru saat ini?

Seperti kita ketahui, YouTube telah melakukan perubahan pada persyaratan monetisasi chanel YouTube karena banyak penggunanya yang melanggar hak cipta atau memposting video yang tidak patut.

Nah, buat kamu YouTuber pemula, sebaiknya pahami dulu syarat monetisasi YouTube agar tidak galau karena tidak tahu apa yang harus dilakukan.

Memahami Apa Itu Monetisasi YouTube

Bagi Anda yang belum tahu, monetisasi YouTube adalah salah satu layanan dari YouTube kepada para penggunanya di mana YouTuber dapat menghasilkan uang dari video-video yang diunggah ke situs YouTube.

Layanan monetisasi YouTube tersebut merupakan pilihan yang dapat diaktifkan atau tidak oleh para pengguna YouTube. Jika YouTuber mengaktifkan opsi tersebut maka video-video mereka akan berisi iklan Adsense.

Nah, dari iklan tersebutlah para YouTuber akan menghasilkan uang. Namun tidak semua video akan berisi iklan, hanya video yang banyak penontonnya dan memenuhi TOS YouTube saja.

Iklan adsense yang muncul di video YouTube berasal dari advertiser yang ingin produk atau bisnisnya dilihat oleh banyak orang dan menjadi populer. Itulah sebabnya YouTube akan menempatkan iklan pada video-video yang banyak ditonton dan akun-akun yang rutin mengunggah video.

Nah, ada beberapa cara dan syarat monetisasi YouTube yang harus Anda ketahui dan ikuti agar bisa mendapatkan keuntungan dari video-video yang Anda unggah ke YouTube.

Syarat Monetisasi YouTube Terbaru

YouTube telah memperbarui syarat-syarat monetisasi sebuah channel YouTube, dan ini berlaku bagi siapa saja. Berikut ini adalah beberapa syarat monetisasi YouTube yang harus Anda ketahui jika ingin menjadi partner YouTube:

1. Memiliki 1000 Subscriber

Syarat ini mutlak bagi YouTuber yang ingin bergabung dalam YouTube Partner Program dan bisa menghasilkan uang dari videonya. YouTuber yang telah memiliki 1000 subscribers bisa mempertimbangkan untuk memonetisasi video di kanal miliknya.

Sebagai masukan buat Anda, bangunlah kanal YouTube yang fokus membahas tentang satu topik. Misalnya Anda suka bermain gitar, maka Anda bisa fokus mengunggah video bermain gitar, cover lagu dengan gitar, tutorial, dan yang berhubungan dengan gitar lainnya

Apakah dengan 1000 subscriber akan bisa langsung diterima menjadi partner YouTube? Ini baru awal karena masih ada syarat lain yang harus dipenuhi.

2. Memiliki 4000 Jam Waktu Nonton

Syarat ini juga mutlak agar bisa diterima menjadi partner YouTube. Anda harus memiliki setidaknya 4000 jam tayang selama 12 bulan terakhir agar bisa bergabung dalam program YouTuber Partner.

Nah, bagimana cara agar syarat yang satu ini dapat terpenuhi? Tentunya video yang Anda unggah harus berkualitas, baik dari sisi isinya maupun tampilannya.

3. Mematuhi Kebijakan Monetisasi YouTube

Ok, Anda telah memenuhi syarat 1 dan 2, selanjutnya apa? YouTube akan meninjau kembali apakah Channel Anda telah memenuhi kebijakan monetisasi YouTube yang mencakup Pedoman Komunitas, Persyaratan Layanan, Hak Cipta YouTube, dan Kebijakan Program Google Adsense.

Pertanyaannya kemudian, apakah channel Anda telah mematuhi kebijakan monetisasi YouTube? Berikut ini beberapa hal yang bisa membuat sebuah channel tidak dapat dimonetisasi, yaitu:

  • Berisi konten kekerasan.
  • Konten yang mengandung kebencian.
  • Berisi konten khusus dewasa.
  • Tema dewasa dalam konten keluarga.
  • Konten kontroversial dan peristiwa sensitif.
  • Bahasa yang kasar dan tidak sopan.
  • Konten berisi hasutan dan merendahkan.
  • Mempromosikan narkotika atau berhubungan dengan narkoba.
  • Mempromosikan tembakan atau yang berhubungan dengan tembakau.
  • Mempromosikan senjata api.

Jika ingin mendapatkan informasi dan bantuan lainnya terkait YouTuber Partner Program, Anda bisa melihatnya di artikel ringkasan & persyaratan kelayakan Program Partner YouTube.

Lalu, bagaimana jika semua syarat monetisasi YouTube telah terpenuhi? Anda hanya perlu mengaktifkannya melalui akun YouTube Anda dengan beberapa langkah mudah berikut:

  1. Log in YouTube
  2. Klik gambar profil
  3. Klik YouTube Studio
  4. Klik “$ Monetisasi”
  5. Klik tombol “Notify me when i’m eligible”atau dalam bahasa Indonesia “Beritahu jika saya memenuhi syarat”
  6. Tunggu email dari YouTube. Jika YouTube menyatakan channel Anda memenuhi syarat, maka selanjutnya tinggal mengikuti langkah yang diminta oleh YouTube.

Cara Monetisasi Channel YouTube

Cara Monetisasi Channel YouTube

Sebagian besar orang beranggapan bahwa monetisasi YouTube hanya dengan iklan Google Adsense. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dipilih untuk menghasilkan uang dari video-video Anda. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Iklan Google Adsense

Setiap channel yang telah memenuhi syarat monetisasi YouTube dapat dipasang iklan Google Adsense. Iklan tersebut biasaya dalam bentuk iklan display, overlay, dan juga video.

Ini merupakan cara mendapatkan uang dari YouTube yang paling umum dilakukan oleh para YouTuber. Partner YouTube bisa fokus menciptakan dan mengunggah video secara rutin ke kanal mereka.

Syaratnya, YouTuber harus berusia 18 tahun dan channel miliknya telah memenuhi syarat monetisasi YouTube. Video yang dipublish harus memenuhi ketentuan layanan dari Google Adsense dan akan ditinjau secara berkala oleh YouTube.

2. Membership Channel

Subscriber Anda harus membayar sejumlah uang secara bulanan agar dapat melihat video-video yang kamu unggah. Biasanya untuk dapat melihat videonya harus melalui link khusus.

Cara ini sangat cocok bagi channel yang rutin memposting video-video berkualitas dan tidak umum. Misalnya tutorial olahraga, tutorial memasak, tutorial bercocoktanam, dan lain sebagainya.

Ada syarat yang harus dipenuhi agar dapat berpartisipasi dalam program ini, yaitu pemilik channel telah berusia 18 tahun dan memiliki lebih dari 30.000 subscriber.

3. Galeri Merchandise

Cara ini sangat cocok bagi bisnis yang telah memiliki penggemar dan populer di kalangan tertentu. Jika bisnis tersebut memiliki merchandise, dengan fitur ini para penggemar bisa mencari dan membeli merchandise resmi yang ditampilkan di dalam video.

Syaratnya, pemilik channel telah berusia 18 tahun dan memiliki 10.000 subscriber.

4. Super Chat & Super Stickers

YouTube dapat digunakan untuk live streaming dan ditonton oleh masyarakat umum. Dengan fitur ini, penonton bisa berinteraksi langsung saat live streaming dan dilihat oleh penonton lainnya.

Fitur Super Chat & Super Stickers memungkinkan penonton untuk membeli pesan obrolan yang menonjol dan terkadang menyematkannya ke bagian atas umpan obrolan.

5. YouTube Premium

Pemilik channel cukup mengalihkan akun YouTuber menjadi versi premium. Dengan cara ini, YouTuber akan mendapatkan bayaran setiap kali orang lain menonton video yang ada di channelnya.

Namun, fitur yang satu ini belum masuk di Indonesia. Mungkin di masa depan fitur ini akan menjadi salah satu cara menghasilkan uang dari YouTube yang paling mudah.

Cara Menarik Uang dari YouTube

Dari penjelasan di atas mungkin Anda yang masih pemula akan bertanya-tanya, kalau video saya sudah menghasilkan uang bagaimana cara menariknya dari YouTube?

Anda harus punya akun Google Adsense yang teritegrasi dengan akun YouTube. mungkin Anda berpikir, Ah ribet banget!

Tenang, sebenarnya tidak sulit kog dan prosedurnya hanya sekali saja dilakukan. Jika akun YouTube Anda telah memenuhi syarat monetisasi YouTube dan sudah mengaktifkan monetisasi, Anda akan memiliki akun Google Adsense.

Setelah akun YouTube Anda memiliki penghasilan $10, maka PIN akan dikirimkan ke alamat Anda untuk verifikasi. Proses verifikasinya sangat mudah, yaitu:

  • Masuk ke akun Google Adsense
  • Klik pengaturan, pilih “Setelan”
  • Pada bagian kiri laman, klik “Informasi Akun, lalu klik “Verifikasi alamat”.
  • Masukkan PIN yang Anda terima dari Google Adsense.

Setelah akun Adsense terverifikasi, selanjutnya Anda perlu memasukkan data-data rekening untuk pengiriman uang. Jika telah memenuhi batas minimum pengiriman ($100) Google Adsense akan mengirimkan uang ke rekening Anda, biasanya tanggal 21 – 26 setiap bulannya.

Nah, sampai di sini Anda tentu sudah punya gambaran bagaimana para YouTuber menghasilkan uang dari YouTube. Banyak pemula yang tidak percaya diri untuk memulai channel sendiri, tapi percayalah, mereka yang sudah populer di YouTube dulunya juga memulainya dari nol.

Ayo coba sekarang!

Baca juga: Cara Mendapatkan Uang dari YouTube

6 KOMENTAR

  1. mas Rio Brian,

    saya mau tanya syarat kedua:
    Anda harus memiliki setidaknya 4000 jam tayang selama 12 bulan terakhir

    itu memang dihitung selama 12 bulan terakhir saja, atau secara keseluruhan seperti jumlah Subscriber.

    • Iya mas, dihitung selama 12 bulan terakhir saja. Itu yang disebutkan dalam TOS mereka. Mungkin ini berhubungan dengan kualitas kontennya ya, kan semakin bagus konten video biasanya penonton semakin betah berlama-lama.

    • Pada dasarnya sama saja ya.
      1. Pertama blog kamu harus banyak kontennya dan bukan sembarang konten.
      2. Pastikan ada halaman legalnya (privacy policy, about, tos, dan lain-lain).
      3. Konten harus mengikuti TOS Google Adsense, baca TOS Google Adsense di sini https://support.google.com/adsense/answer/48182?hl=id
      4. Publish konten secara berkala.
      5. Tingkatkan pengunjung ke blog kamu dengan memposting artikel yang banyak dicari di Google.

      Kurang lebih itu sih mas. Ngga jauh beda dengan YouTube.

    • Itu jam tayang seluruh video yang ada di channel mas Andy, bukan hanya dari satu video.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here