Beranda Inspirasi dan Motivasi Rajin Upload Video di YouTube, Sudiyono Kantongi Penghasilan Puluhan Juta Perbulan

Rajin Upload Video di YouTube, Sudiyono Kantongi Penghasilan Puluhan Juta Perbulan

Rajin-Upload-Video-di-YouTube

Bisnis online memang selalu menawarkan kesempatan meraih sukses yang tidak disangka-sangka. Rekan-rekan tentu sering mendengar kisah sukses orang-orang yang bergelut di dunia bisnis internet. Tak jarang kita membaca atau mendengar kisah kesuksesan seseorang dari internet yang terdengar fantatis bahkan sulit masuk nalar orang yang masih awam.

Ada pula yang mengatakan bahwa dalam bisnis online tidak mematok pendidikan akademis tinggi. Berbekal kreatifitas dan mau terus belajar, sudah cukup untuk mendulang uang lewat ladang #bisnis online. Tapi jika ditanya apakah memang benar bisa mendatangkan kesuksesan besar dengan bisnis online? Tentu saja bisa!

Seperti yang dialami oleh seorang pria sederhana asal kota Semarang bernama Sudiyono, ia berhasil mendapatkan pendapatan tak kurang dari Rp 40 juta perbulan hanya dengan rutin mengupload video ke situs jejaring #YouTube. Bagaimana kisahnya?

Berawal Dari Keisengan

Bagi Sudiyono, dunia bisnis online awalnya memang masih sangat asing bahkan tak terbayangkan olehnya. Kala itu pekerjaan utama Sudiyono adalah bekerja di bidang jasa shooting dan editing video. Mengenai usahanya tersebut, ia sudah banyak sekali mendapat orderan untuk melakukan shooting acara seperti konser musik hingga acara pernikahan. Pria asal Desa Jamus, Karanganyar tersebut juga menuturkan bahwa awal perkenalannnya dengan bisnis online dalam hal ini Google Adsense juga dimulai dari hasil video yang pernah ia rekam.

Memiliki banyak sekali liputan video membuat Sudiyono berfikir kreatif untuk memanfaatkannya. Ide iseng pun muncul. Ia yang sudah mulai mengenal dunia online yakni situs Youtube, lalu mulai mengunggah video-video miliknya. Perlahan dari hari ke hari, video yang terunggah via channel pribadinya www.youtube.com/user/gmtvideostudio kian banyak. Di tahun 2009 lalu, channelnya telah dibanjiri ratusan video berbagai liputan miliknya serta beberapa video umum yang ia ambil dari kesehariannya.

Artikel lain: Sosok Eka Gustiwana, Sang Jawara YouTube Indonesia

Mendapat Tawaran Dari Google

Pada satu waktu pria yang juga akrab disapa Topan tersebut pernah mendapatkan #email dari Google. Awalnya ia mengaku tidak faham dan tidak terlalu menanggapi isi email tersebut. Padahal email resmi tersebut berisi pemberitahuan serta penawaran agar channel Youtube miliknya diikut sertakan program periklanan Google Adsense.

Baru pada tahun 2011, Sudiyono mengetahui informasi tentang potensi pendapatan dari Google Adsense via situs Youtube. Nah tak menunggu waktu, ia langsung bongkar kembali email dari Google tersebut dan mulai mengikuti instruksi untuk membuka akun Google Adsense. Gayung bersambut, registrasi selesai dan iklan Adsense pun mulai nampang di berbagai video miliknya.

Namun rejeki besar tidak datang dalam waktu singkat, kala itu Sudiyono baru mendapat penghasilan pertamanya dalam kurun waktu 2 bulan. Pendapatan perdananya yakni sebesar US$ 119 atau setara dengan Rp 900 ribu kurs saat itu. Memang belum fantastis, namun Sudiyono memiliki keyakinan bahwa bisnis barunya tersebut memiliki potensi yang amat besar di kemudian hari.

Ia pun semakin rajin upload video. Video yang ia uploadpun semakin beragam dan menarik seiring makin banyaknya pengetahuan Sudiyono terkait teknik periklanan Adsense via Youtube. Hingga hasilnya, saat ini ia mengaku bisa mendapatkan earning perbulan mencapai Rp 40 juta!

Baca juga: Bagaimana Cara Mendapatkan Uang Dari YouTube?

Terus Belajar dan Belajar

Kini Sudiyono memang bisa dikatakan sukses dengan bisnis onlinenya. Berbekal kreatifitas dan mampu melihat peluang mengembangkan potensi bisnis online, ia akhirnya bisa menikmati passive income yang berlimpah. Namun ia menyatakan belum merasa ahli dalam bidang ini.

Ia terus belajar dan juga tak henti berinovasi untuk semakin mengembangkan channel Youtube-nya. Dalam berbagai kesempatan, ia selalu membawa kamera untuk merekam segala hal mulai dari kejadian kecil bersama keluarga hingga event menarik sehari-hari.

Hal tersebut tentunya bisa menjadi inspirasi bagi kita semua. Sebagai contoh, bagi rekan-rekan yang masih berstatus pelajar atau mahasiswa, sebagai anak muda tentu tiap hari banyak hal-hal menarik dan positif yang bisa kita share lewat video.

Coba saja perlahan rutin mengunggah serta memperdalam pengetahun tentang teknik memaksimalkan Google Adsense. Terus konsisten dan lihat dalam beberapa bulan kemudian, bukan tidak mungkin Anda bisa menjadi “Sudiyono” berikutnya! Why not?

39 KOMENTAR

  1. channelnya kena banned..kita harus berhati hati terhadap konten yang melanggar hak cipta

  2. kalau sudah kena penalti gini, pelajaran apa yang bisa diambil ya

  3. Dan kenapa channelnya sekarang jadi di terminated sama youtube?
    Saya coba buka link channelnya dan ingin lihat jenis video yang diupload, sampai menghasilkan 40 juta perbulan.

  4. coba ah mau ngikutin jejaknya… siapa tau jadi jutawan juga haha

  5. Menginspirasi Banget Artikel Nya Gan

  6. Usana Healthy Business Jakarta

    nah bang, coba review video saya, kebetulan saya lagi jalanin bisnis Usana. menurut saya memakai buffer link akan lebih aman

  7. Itu penghasilannya perbulan ya Mas?
    Misal bulan berikutnya viewer tidak bertambah apakah juga dapat penghasilan?

  8. Wah sayang sekarang channel nya udh di suspend. Kenapa ya kira2, biar bisa jadi pembelajaran juga buat kita2 yang menekuni dunia AdSense YouTube. Ngeri juga klo pendapatan udh stabil 40 jt per bulan tau2 akun kena suspend.

    • Pasti melanggar TOS, atau ada video yang melanggar hak cipta orang lain dan dilaporkan si pemilik video

      • Min mau nanya,kalo kt download video org dr youtube. trus hasil download kt tu kt upload ke youtube. tp judul video hasil download tu ada di ubah dikit itu boleh atau gak?

        • Ada 4 kemungkinan

          1. Jika video berlisensi “Creative Commons” maka bisa diupload ulang tanpa perlu ubah video sama sekali (seperti edit, trim dsb), atau ubah audio (mengganti audio dengan audio bebas lisensi) bahkan judul nya juga tidak masalah tidak diubah.

          2. Jika video berlisensi youtube standard maka masih bisa diupload ulang dengan mengedit video baik dari segi visual maupun audio.

          3. Jika video berhak cipta dengan menggunakan content ID maka kita bisa mengupload ulang dengan ketentuan kita tidak akan mendapat bayaran dari video yang kita unggah karena video tsb dimonetisasi oeh sang pemilik hak cipta. Namun jika video bercontent ID dicekal diseluruh dunia, maka video yang kita upload ulang tidak akan bisa mucul di channel kita, bahkan channel kita akan mendapat status buruk dan teguran dari Google jika kita menghapus video tsb dari playlist kita.

  9. yaelah apaan ini, itu si kampret sudiyono juga kena suspend kok akun nya -_-

  10. Dibutuhkan keuletan, rajin bikin video dan menyusun konten yang menarik…

  11. Ide, kualitas gambar dan musik emang harus baguss ya supaya banyak viewernya. Kerja kerass selalu dibayar dengan hasil yang cakep emangg..

  12. dan channel tsb pun sudah ditangguhkan. kenapakah? apa channel youtubers yg dibicarakan banyak upload video reupload, atau isi nya terlalu vulgar? hm… yang jelas sudah hilang dari peredaran

  13. wah mantap… main blog juga kayak om bisa tuh dapat 40jt/bulan kalau konsisten pasti bisa.. kalau saya kayaknya belum bisa dengan blog yang ini karena kena disabled GA wkwkwk

  14. Cuma bisa ngiler Gan.. haha

  15. saya punya kawan dekat yang berpenghasilan diatas 10.000 dolar perbulan dari adsense, tapi saya ga tau bagaimana dia bisa mendapatkan setinggi itu dalam waktu setahun :)
    dan dia juga ga ingin dikenal khawatir rame yg ganggu

    • Bisnis temannya itu apa mas? Blogging atau YouTube for money? Di Indonesia sendiri sebenarnya ada banyak yang punya penghasilan $10.000 lebih per bulan dari Google Adsense. Dan biasanya mereka memang tidak suka terkenal hehehe.

  16. sekarang chanelnya udah dihapus tuh, bijimane tu gan ?

  17. keren euy….iseng dapet duit…tp pastin isengnya beda dengan iseng yang biasa….

  18. Sayang sekali, pas ane buka link channelnya, sudah suspend

  19. Hebat.

    Dari keisengan bisa menghasilkan uang.

    Ada yang serius bertahun-ahun menghasilkan Rp.0,-

    Faktor “keberuntungan” juga menjadi salah satu penunjang.

    Faktor kedua adalah “ketekunan” mungkin ya?

    Sukses buat Sudiyono.
    Mudah-mudahan akun Youtube-nya tidak di share serampangan lagi
    biar gak kena banned (banyak yg tau jadi banyak jg yg iri – jadi penyebab banned).

  20. Kalau dapat uang nih misalnya. Pihak youtube kirim dari mana uang nya. Berapa subscriber nya yh bisa dapat 40 juta

  21. sekarang akun sudah ditangguhkan mas entah kenapa mungkin ada kebijakan yg dilanggar

  22. bagus artikel nya.bikin semangat buat video nya

  23. keren mas, dengan ini saya bisa tambah semangat membuat video youtube walaupun belum ada nominal sedikit pun.. haha.. saya lihat di channel mas sudiyono videonya biasa tapi banyak view.. keren

  24. Mas… kalo akun adsense youtube… gimana caranya agar bisa nampilin iklan di blog? Kalo bisa apa terbatas cuman 1 blog saja ya?

  25. O iya bang, kalau google adsense yang di blogspot bisa juga dkombinasikan ke youtube nggak ya?

    • Bisa dong, tapi kalau akun Adsense hosted di blogspot sepertinya harus mengajukan lagi via Youtube.

  26. Temen saya ada yang sudah dapat 500 ribu rupiah bahkan walau videonya masih sedikit, belum banyakk views-nya. Kalau tidak salah baru 1000 view dia bilang.. dan memang saya lihat iklan youtube itu keren, kadang saya nonton ampe habis iklannya hehe.

  27. irsyad amrulloh

    meman keren bisnis youtube kali ini,. oh iya mas, kiat-kiat berbisnis lewat youtube itu bagaimana? apa cuma upload video saja. mhon pencerahannya.

    • Tentunya videonya harus menarik ya, ga asal-asalan submit aja ke YouTube. Coba lihat channel nya Bayu Skak dan Eka Gustiwana, unik kan. Video seperti itu pasti banyak views nya.

Tinggalkan Balasan