10 Cara Menata Ruang Kerja Kantor Agar Terasa Lebih Nyaman

Cara Menata Ruang Kerja Kantor

Menata ruang kerja kantor terkadang menjadi tantangan tersendiri bagi para pekerja. Bukan tanpa alasan, sepertiga waktu para karyawan adalah di kantor sehingga sangat penting berada dalam ruangan yang nyaman agar bisa bekerja lebih maksimal.

Memiliki ruang kerja yang nyaman adalah idaman setiap karyawan. Tak jarang proses mendekorasi ruangan kerja bisa menghabiskan waktu, pikiran, dan tenaga untuk mendapatkan tata ruang yang tepat.

Kenyamanan ruang kerja memang sangat penting karena sebagian besar waktu para karyawan dihabiskan di sini. Semakin ideal suasana yang tercipta di ruang kerja, produktivitas karyawan pun bisa semakin tinggi. Hasil pekerjaan otomatis menjadi semakin optimal.

10 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Menata Ruang Kantor

Jika Anda bingung bagaimana cara menata ruang kerja kantor, beberapa tips berikut ini bisa Anda terapkan untuk mendapatkan ruang kantor yang nyaman:

  1. Ciptakan Fleksibilitas

Ada sebagian ruang kantor yang dirancang dengan sangat kaku dan monoton, baik dari segi tata letak, warna furnitur, dan hal-hal lainnya. Dalam hal ini, atasan dengan tegas menerapkan aturan-aturan yang baku dan tidak berpihak kepada karyawan. Padahal, keputusan tersebut dapat memengaruhi semangat kerja karyawan.

Fleksibilitas sangat penting untuk menciptakan dinamika dalam bekerja. Jika terlalu dikekang, karyawan justru akan merasa tak dipercaya sehingga tidak maksimal dalam memberikan performa terbaiknya. Bahkan, dengan fleksibilitas tersebut, karyawan dapat melakukan improvisasi dan bukan tidak mungkin menciptakan hasil karya yang luar biasa.

Baca juga: 5 Tips Agar Karyawan Tetap Produktif Saat Kerja di Rumah

  1. Sesuaikan dengan Budaya Perusahaan

Sangat penting untuk mendesain ruang kantor sesuai dengan budaya perusahaan. Misalnya, apakah biasanya interaksi yang terjadi di antara sesama karyawan bersifat informal atau sebaliknya? Hal itu pula yang perlu diterapkan ketika sedang menyusun ruang kantor. Pastikan ada sudut khusus yang dirancang sedemikian rupa sehingga dapat mengakomodasi kebutuhan tersebut.




Ada pula orang yang membangun sebuah ruang khusus di kantor padahal tidak pernah dipergunakan. Ini tentu sebuah pemborosan. Oleh karena itu, sebelum telanjur membuang uang untuk membangun atau memperbaiki sesuatu yang tidak bermanfaat maksimal, lebih baik lakukan pengamatan dan analisis kebutuhan terlebih dahulu. Dengan demikian, Anda tahu apa saja yang harus dilakukan.

  1. Tata Sesuai Tujuan

Pernahkah Anda berpikir bahwa baik secara langsung maupun tidak langsung, ruang kantor mampu memengaruhi karakter penghuninya. Hal ini tidak mustahil terjadi mengingat karyawan menghabiskan waktu cukup lama di tempat yang sama. Karena itu, sangat penting memastikan cara penataan ruang kantor benar-benar ditangani dengan maksimal.

Salah satu contohnya, jika menginginkan para karyawan dapat lebih terbuka dan mengembangkan ide-idenya, ciptakan desain ruang kantor yang unik atau out of the box. Jadi, penataan ruangan tidak semata-mata hanya untuk kepentingan estetika, tetapi mengusung misi tersembunyi, yaitu menajamkan karakter orang-orang yang beraktivitas di dalamnya.

  1. Manfaatkan Ruang Kantor untuk Mencerminkan Visi Perusahaan

Perlu diketahui, ruang kantor adalah salah satu elemen yang dapat disulap sehingga dapat mencerminkan visi perusahaan. Melalui penataan ruang kantor, para klien dapat melihat tujuan atau visi yang ingin dicapai oleh sebuah perusahaan. Salah satu contohnya, jika perusahaan bergerak di bidang makanan sehat, di area perusahaan tersebut juga harus ada kantin yang menjual makanan sehat.

Metode ini akan memberikan banyak keuntungan. Bukan hanya membuat para karyawan semakin menghidupi nilai-nilai perusahaan, tetapi juga sebagai bukti eksistensi perusahaan. Sebaliknya, akan sangat aneh seandainya penataan ruang kantor sendiri bertolak belakang dengan visi tersebut.




  1. Menata Meja Kerja di Kantor

Menata Meja Kerja di Kantor

Meja adalah salah satu komponen yang paling penting di ruang kerja karena di sanalah Anda meletakkan berbagai hal yang berhubungan dengan pekerjaan. Pastikan posisi meja kerja berada di tempat yang paling pas dengan ruangan kantor.

Selain alat tulis kantor dan monitor komputer, ada baiknya juga meletakkan foto keluarga di meja kerja. Foto keluarga di meja kerja bisa membuat mood kerja Anda menjadi lebih baik sepanjang hari. Foto tersebut akan memotivasi Anda untuk terus bekerja lebih baik dan berprestasi di tempat kerja.

  1. Memakai Kursi Kerja yang Nyaman

Selain penempatan meja yang tepat, cara menata ruang kerja kantor juga pasti melibatkan kursi kerja Anda. Di kursi kerja inilah Anda akan duduk selama bekerja di kantor sehingga dibutuhkan sebuah kursi kerja yang cukup nyaman.

Akan lebih baik bila kursi kerja yang Anda gunakan cukup empuk dan bisa menopang pungggung dengan baik. Selain itu, usahakan kursi tersebut bisa diatur ketinggiannya sesuai dengan postur tubuh Anda dan juga posisi meja kerja.

Baca juga: Kurang Fokus Dalam Bekerja, Lakukan Tips Ini Untuk Jaga Konsentrasi

  1. Memasang Wallpaper di Dinding

Memasang wallpaper di dinding adalah salah satu cara menata ruang kerja kantor yang sangat efektif untuk membuat suasana ruangan menjadi lebih menarik. Ruangan kerja tidak harus kaku dan membosankan, Anda bisa memasang wallpaper dengan warna-warna unik.

Warna-warna wallpaper ini bisa juga membuat semangat bekerja menjadi lebih baik lho. Untuk membuktikannya, Anda bisa mencobanya sekarang.

  1. Memperbaiki Tata Cahaya Ruangan

Tata cahaya ruangan adalah faktor penting dalam dekorasi ruang kerja di kantor. Dengan pencahayaan ruang kerja yang baik, seorang karyawan bisa bekerja lebih optimal dan tidak mudah mengantuk.

Terkadang ada perusahaan yang meminimalisir penggunaan lampu untuk menghemat biaya listrik. Namun, hal ini justru bisa mengurangi produktivitas para karyawan lho.

Bila memungkinkan, memanfaatkan cahaya matahari dari luar akan membantu pencahayaan ruangan. Namun, bila hal itu tidak membantu maka Anda harus memasang lampu untuk mendapatkan penerangan yang memadai di ruangan tersebut.

  1. Mengatur Ketinggian Monitor Komputer

Cara menata ruangan kerja kantor berikutnya yang bisa kita lakukan adalah dengan mengatur ketinggian monitor sesuai dengan tinggi mata. Tidak sedikit orang yang menyepelekan hal ini, namun jika ketinggian monitor tidak sesuai maka bisa mengakibatkan sakit pada leher Anda.

  1. Merapihkan Segala Hal dalam Ruangan

Ruangan kerja yang rapih tentu akan berpengaruh pada mood orang yang berada di dalamnya. Bayangkan bila ruangan kerja Anda berantakan, tentu akan membuat stress.

Letakkan barang-barang sesuai pada tempatnya. Misalnya penempatan alat tulis kantor. Ketika Anda menggunakannya, pastikan Anda mengembalikannya ke tempat semula.

Menata ruangan kerja agar selalu rapih memang sebuah tantangan dan banyak karyawan yang tidak bisa melakukannya. Namun, menata ruangan dengan baik akan membantu seseorang lebih produktif dan teratur.

Baca juga: 10 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri di Tempat Kerja

Penutup

Nah, jika Anda memiliki office space di Jakarta, beberapa tips cara menata ruang kerja kantor di atas bisa dilakukan supaya suasana menjadi lebih menyenangkan. Apabila Anda tidak ingin menghabiskan banyak biaya untuk membayar segala penataan tersebut, ada alternatif lain yang bisa ditempuh.

Anda dapat memilih menggunakan kantor virtual sehingga tidak perlu dipusingkan lagi dengan urusan menata ruang kantor. Selain praktis, menggunakan virtual office juga tetap terlihat profesional di mata klien. Nah, apakah Anda ingin mencobanya?



1 comment on this postSubmit yours
  1. Wah, ini salah satu kelemahan cowok, biasanya walaupun disudah tata rapih, keesokannya bisa jadi berantakan lagi… hehe :D

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud