5 Tips Agar Karyawan Tetap Produktif Saat Kerja di Rumah

Di zaman seperti saat ini, menjalani profesi sebagai karyawan kadang memang tidak diharuskan untuk datang ke kantor. Dengan teknologi yang semakin maju, komunikasi antara karyawan dengan atasan maupun dengan tim kerja bisa dilakukan di mana saja, termasuk di rumah.

Memang terlihat semakin mudah ketika kita bisa kerja dari rumah, namun sejatinya kemudahan tersebut justru bisa menjadi bumerang jika kita tidak waspada. Ketika kita kerja dari rumah, sering kita seperti menyepelekan pekerjaan. Dan itu sangat berbahaya, jika dibiarkan saja.

Lalu bagaimana agar sebagai karyawan kita tetap bisa produktif meski kerja dari rumah, perhatikan beberapa tips di bawah ini.

  1. Jaga Komunikasi Dengan Tim Kerja dan Atasan

Komunikasi adalah kunci utama Anda bisa bekerja dengan baik dan tetap produktif di rumah. Baik dengan karyawan atau teman kerja yang lain maupun dengan atasan. Karena saat ini Anda bekerja dari rumah, maka Anda harus mempersiapkan segala peralatan komunikasi yang mendukung kinerja Anda.



Misalnya, jika memang ponsel sangat dibutuhkan untuk berkomunikasi, maka sebaiknya persiapkan terlebih dahulu sebelum Anda bekerja. Karena ketika komunikasi Anda tidak lancar, maka pekerjaan Anda tentu akan tersendat dan tidak maksimal.

Jika Anda dan tim kerja lebih sering menggunakan internet sebagai media komunikasi, baik email, media sosial atau yang lainnya, maka sebaiknya persiapkan internet Anda agar ketika kerja tidak putus.

Artikel lain:

  1. Buat Rencana Kerja Dengan Atasan dan Tim Kerja

Sebenarnya, dimanapun Anda bekerja, rencana kerja sangat penting. Terlebih lagi jika Anda bekerja dari rumah, maka banyak yang perlu Anda rencanakan untuk Anda lakukan.

Bukan saja rencana kerja untuk tugas Anda sendiri, perlu juga rencana kerja yang Anda susun tersebut dibicarakan dengan atasan maupun tim kerja Anda. Ini penting dan harus matang, karena posisi Anda tidak berada satu tempat dengan atasan.

Usahakan rencana kerja Anda ini bisa mencakup hal-hal yang detail agar nanti tidak menyulitkan pekerjaan Anda sendiri ketika di rumah.

  1. Usahakan Tetap Teratur Dan Terorganisir

Meskipun saat ini Anda sedang bekerja dari rumah, Anda tetap harus menjaga keteraturan semuanya. usahakan Anda memiliki daftar yang harus Anda kerjakan hari itu, termasuk jam kerja Anda.

Jangan sampai bekerja dari rumah justru membuat pekerjaan Anda berantakan dan kacau yang tentu saja pada akhirnya akan berimbas pada Anda sendiri. Karena biasanya ketika kita bekerja di rumah, rasa malas itu terasa lebih besar karena suasana kerja yang berbeda dengan di kantor.

Anda harus bisa mengorganisir semuanya, artinya semua pekerjaan dan fasilitas penunjang sudah harus Anda siapkan sebelumnya.

  1. Beri Tahu Keluarga di Rumah

Karena Anda bekerja di rumah, maka Anda perlu berbicara juga dengan penghuni rumah. Perlu Anda sampaikan agar mereka paham dan kemudian tidak “mengganggu” pekerjaan Anda.

Memberitahu keluarga bisa menjadi salah satu cara untuk mengorganisir pekerjaan Anda agar bisa berjalan dengan lancar. Karena tentu saja sedikit banyak aktifitas keluarga di rumah akan bisa mempengaruhi kinerja Anda.

Tips sederhana agar sedikit terhindar dari gangguan ini, ada baiknya jika Anda menentukan ruangan tersendiri untuk mengerjakan tugas di kantor. Dan jelaskan kepada mereka bahwa di ruang tersebut adalah ruang khusus Anda untuk bekerja.

Baca juga: Kurang Fokus Dalam Bekerja, Lakukan Tips Ini Untuk Jaga Konsentrasi

  1. Jangan Lupa Istriahat

Ini penting juga untuk Anda perhatikan, Anda perlu juga memikirkan waktu istirahat. Karena bekerja di rumah biasanya sering membuat kita lupa bahwa kita juga perlu istirahat. Istirahat sangat penting meski Anda sedang bekerja di rumah, karena bagaimanapun juga tubuh kita tidak bisa diforsir terus menerus untuk bekerja.

Nah, agar Anda tidak lupa, sebaiknya istirahat juga Anda masukkan dalam rencana kerja Anda. Istirahat tidak harus tidur, Anda bisa mematikan laptop sebentar dan meminum kopi di luar untuk menyegarkan diri. Melihat suasana di luar rumah akan sangat bagus untuk mempercepat penyegaran Anda.

Intinya adalah Anda harus bisa mengkondisikan sendiri baik situasi, suasana maupun tempat bekerja Anda di rumah agar pekerjaan dari kantor tidak terbengkalai.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud