10 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri di Tempat Kerja yang Bisa Anda Lakukan

Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri di Tempat Kerja

Image via businessnewsdaily.com

Bagaimana cara meningkatkan kepercayaan diri di tempat kerja? Mungkin ini adalah salah satu pertanyaan yang sering muncul di pikiran para pekerja saat ini.

Rasa kurang percaya diri ini seringkali menjadi penghambat karir seseorang di dunia kerja. Bentuk rasa kurang percaya diri ini ada banyak, misalnya; takut memimpin rapat, malu bertatap muka dengan atasan, grogi saat presentasi, dan lain sebagainya.

Apakah Anda mengalami hal ini?

Dilansir dari situs Forbes, berikut ini adalah beberapa cara meningkatkan kepercayaan diri di tempat kerja yang bisa Anda coba terapkan.

1. Memahami Kelebihan dan Kekurangan Diri Sendiri

Menurut William Arruda, seorang ahli personal branding, salah satu cara terbaik untuk membangun rasa percaya diri di tempat kerja adalah dengan mengenali kelebihan diri kita dan menemukan cara untuk mengintegrasikan kelebihan tersebut pada pekerjaan.

Selain itu, Anda juga mengenali apa yang menjadi kekurangan diri Anda. Jangan fokus pada kekurangan atau kelemahan tersebut, namun berusahalah untuk menguranginya.

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan, maka Anda bisa mengetahui apa yang perlu dilakukan untuk membantu meningkatkan rasa percaya diri.

2. Fokus Pada Diri Sendiri dan Pekerjaan

Menurut Lynn Taylor, penulis “Tame Your Terrible Office Tyrant”, akan lebih baik bila kita fokus pada diri sendiri dan juga pada tugas-tugas yang menjadi tanggung jawab kita. Hindari gosip murahan di sekitar kantor, dan jangan goyah karena gosip tersebut.

Lebih lanjut, menurut Lynn rasa percaya diri tersebut akan muncul sendiri ketika kita bersikap baik, pekerjaan kita selesai dengan baik, dan mendapat apresiasi dari tim dan atasan di kantor.

Artikel lain: Kurang Fokus Dalam Bekerja, Lakukan Tips Ini Untuk Jaga Konsentrasi

3. Percaya Pada Diri Sendiri

Mungkin ini terlihat mudah, tapi pada kenyataan hal ini sulit untuk dilakukan. Terlebih bila seseorang sedang membangun kepercayaan diri. Namun, sejak awal Anda harus berusaha keras dan katakan pada diri sendiri “Saya bisa melakukan ini”




Lebih lanjut Willliam Arruda mengatakan, cara termudah untuk melakukan ini adalah memberikan sugesti pada diri sendiri. Setiap kali Anda akan tidur, katakan pada diri sendiri tentang 3 hal yang Anda sukai, 3 hal yang sudah berjalan dengan baik sepanjang hari ini.

4. Mengikuti Kegiatan yang Diadakan Perusahaan

Rasa kurang percaya diri memang harus dikalahkan dengan tindakan nyata. Salah satu tindakan nyata yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengikuti kegiatan yang diadakan oleh perusahaan.

Sebagian besar perusahaan mengadakan kegiatan untuk meningkatkan kekompakan antara pegawai. Kegiatan tersebut beragam, misalnya bersepeda, sepak bola, bermain golf, atau bahkan outbond.

Pada kesempatan ini Anda bisa bersosialisasi dengan karyawan dari divisi lain. Dengan begitu teman Anda akan semakin banyak. Hal ini cepat atau lambat akan meningkatkan rasa percaya diri seseorang.

5. Mencari Dukungan dari Orang Lain

Mendapat dukungan dari orang lain adalah salah satu cara meningkatkan kepercayaan diri di tempat kerja. Mintalah dukungan dari seseorang yang Anda hormati di kantor, dan minta pendapatnya mengenai kelebihan yang Anda miliki.

Tak jarang kita salah dalam menilai diri sendiri. Jadi, feeback dari teman kerja atau atasan juga bisa menjadi informasi pendukung dalam mengenali bakat dan juga kelebihan Anda.

6. Mengikuti Aturan Perusahaan

Rasa percaya diri harus dibarengi dengan sikap yang baik dan mengikuti aturan yang diberlakukan oleh perusahaan tempat Anda bekerja. Mengikuti aturan perusahaan merupakan salah satu cara meningkatkan kepercayaan diri dalam bekerja.

Salah satu contoh rasa percaya diri yang tidak dibarengi dengan sikap yang baik adalah kebiasaan terlambat. Mungkin seseorang merasa terlalu percaya diri karena selama ini telah memenuhi target pekerjaannya, lalu menganggap terlambat ke kantor bukanlah masalah.

Pada kenyataannya, tidak semua perusahaan bisa mentolerir hal semacam itu.

7. Menjadi Panutan yang Baik Bagi Orang Lain

Menjadi seseorang yang bisa menjadi panutan yang baik bagi orang lain ternyata akan meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Hal ini juga diungkapkan oleh Dr Katharine Brooks, direktur Layanan Karir Liberal Arts di The University of Texas di Austin.

Fokuslah pada hal-hal yang dapat menjadi solusi pekerjaan ketimbang menghabiskan banyak waktu untuk membahas masalah. Dan ketika ada tantangan, sikap optimisme dan semangat kerja juga akan meningkatkan kerpercayaan diri seseorang.

8. Tantanglah Diri Anda Sendiri

Mampu mengerjakan hal yang menurut Anda sulit, bisa membantu meningkatkan rasa percaya diri. Mungkin Anda tidak percaya, tapi ini sudah terbukti pada banyak orang.

Menurut Deborah Brown-Volkman, seorang pelatih karir, usahakanlah untuk mencari tugas atau proyek yang menantang dan mungkin bisa menguras pikiran dan tenaga Anda. Ketika Anda berhasil menyelesaikannya dengan baik, maka rasa percaya diri Anda akan meningkat.

9. Rasa Percaya Diri Tidak Abadi, Anda Harus Sadari Ini

Menurut Alexandra Levit, penulis buku Blind Spots: The 10 Business Myths You Can’t Afford to Believe on Your New Path to Success”, jika Anda mendapat komentar yang membuat rasa percaya diri Anda goyah maka sebaiknya ambil waktu selama 1 – 2 hari untuk memulihkan rasa percaya diri tersebut.

Pastikan kepercayaan diri Anda sudah pulih sebelum menjawab dan mengambil keputusan penting dalam pekerjaan.

10. Membangun Networking Dengan Orang di Luar Perusahaan

Membangun networking dengan orang lain yang seprofesi di luar perusahaan Anda bekerja adalah salah satu cara meningkatkan kepercayaan diri di kantor Anda.

Biasanya mereka yang punya profesi sama akan sering saling bertanya-jawab mengenai pekerjaan masing-masing. Tak jarang pembicaraan tersebut akan memberikan pengetahuan baru mengenai pekerjaan masing-masing.

Baca juga: Industri Terbaik Untuk Bekerja di Tahun 2018

Penutup

Demikianlah 10 cara meningkatkan kepercayaan diri di tempat kerja yang bisa Anda lakukan sekarang. Sebenarnya menjadi seorang karyawan itu tidak sesulit yang kita bayangkan. Memahami diri sendiri adalah hal yang sangat penting dalam proses meningkatkan rasa percaya diri, dan yang pasti Anda pun bisa melakukannya.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Sub link judul itu beda sama judul di artikelnya ya kak ? :-)

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud