Kurang Fokus Dalam Bekerja, Lakukan Tips Ini Untuk Jaga Konsentrasi

Kurang Fokus dalam Bekerja

Kurang Fokus dalam Bekerja – Sebagai seorang pekerja, tuntutan untuk selalu konsentrasi dan fokus adalah sebuah keharusan. Namun seringkali untuk mendapatkan fokus dan konsentrasi tersebut bukanlah perkara yang mudah. Pada umumnya dikarenakan beban kerja yang begitu berat, sering kali membuat konsentrasi dan fokus kita menurun.

Meski dalam keadaan yang lelah, letih dan lesu, tentu perusahaan tetap menginginkan Anda bekerja dengan maksimal dan fokus. Untuk mendapatkan keadaan yang tetap fokus dalam bekerja, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Perhatikan beberapa tips yang sedikit unik di bawah ini, mungkin Anda belum pernah mencobanya.

1. Tetap Berusaha Fokus Pada Tujuan

Langkah pertama bagi Anda yang kurang fokus dalam bekerja adalah melihat kembali apa tujuan yang ingin dicapai. Lihat ke depan, apa tujuan yang ingin Anda capai secara pribadi.

Sebaiknya jangan menghitung-hitung hasil yang telah dicapai, karena seberapapun yang saat ini sudah kamu dapat tentunya bermanfaat untuk hidup mu selama ini.

Jika ingin lebih, maka Anda harus kembali melihat dan menyadari apa tujuan Anda bekerja.

2. Jangan Biasakan Multitasking

Bagi sebagian orang memang bisa melakukan beberapa hal dalam waktu yang hampir bersamaan. Tapi sebagian besar orang tidak bisa melakukan hal ini.

Alih-alih ingin menyelesaikan banyak hal dalam waktu singkat, multitasking justru akan membuat Anda tidak fokus dan tidak bisa menyelesaikan satu pun pekerjaan Anda dengan baik.

Jadi, mulai sekarang sebaiknya hentikan kebiasaan multitasking.

Artikel lain: Teknik Pomodoro, Cara Manajemen Waktu Agar Lebih Produktif

3. ‘Bunuh’ Semua Gangguan di Sekitar Anda

Perangkat smartphone dan gadget lainnya seringkali menjadi pengganggu konsentrasi dalam bekerja. Jika Anda ingin fokus dalam bekerja, sebaiknya matikan semua perangkat gadget yang bisa mengganggu konsentrasi Anda.

Saat Anda fokus bekerja tanpa gangguna smartphone, Anda akan terkejut dengan peningkatan kualitas kerja yang bisa Anda lakukan.

4. Membuat Daftar Tugas

Membuat daftar tugas (to do list) adalah salah satu cara yang bisa kita lakukan agar bisa fokus mengerjakan hal-hal terpenting terlebih dahulu. Walaupun sebagian orang bisa fokus bekerja tanpa daftar tugas tersebut, namun dengan adanya daftar tugas tentu akan membuat kita bisa membuat skala prioritas pekerjaan.

To do list ini bisa Anda buat pada malam hari atau hari sebelumnya. Akan lebih baik lagi bila daftar tugas tersebut disertai dengan target waktu penyelesaian.

5. Minum Air Mineral Secukupnya

Apa hubungannya antara minum air mineral secukupnya dengan konsentrasi dalam bekerja? Tentu saja ada hubungannya.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Connecticut, seseorang yang kurang minum dan dehidrasi akan mengalami penurunan daya konsentrasi dalam bekerja.

Jadi, tidak heran ada iklan air mineral yang menyebutkan bahwa konsentrasi dimulai dari minum air mineral.

Ada Aqua?

6. Mengunyah Permen Karet

Permen karet selain bisa dinikmati, ternyata bermanfaat juga untuk meningkatkan fokus dalam bekerja. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa efektifitas permen karet dalam meningkatkan fokus ini adalah terletak pada gerakan mengunyah saat mengkonsumsinya.

Bahkan disebutkan bahwa permen karet ini memiliki tingkat keampuhan yang lebih tinggi dari pada kafein. Namun perlu diketahui bahwa efek yang bisa dihasilkan permen karet ini tidak bertahan lama, hanya bisa bertahan sekitar 20 menit saja. Maka dari itu, kita juga harus bisa memanfaatkannya dengan baik.

7. Melihat Gambar Binatang Lucu

Jangan remehkan melihat gambar, apalagi gambar binatang yang lucu, karena hal ini memiliki efek positif. Melihat gambar binatang yang lucu menurut studi yang dilakukan oleh Universitas Hiroshima di Jepang bisa meningkatkan performa kerja. Bahkan melihat gambar binatang lucu ini bisa meningkatkan performa kerja mencapai 40%.

Dan yang luar biasa lagi, bukan saja performa kerja yang meningkat, namun tingkat ketelitian juga bisa meningkat. So, Anda bisa menghiasi ruang kerja Anda dengan berbagai gambar binatang lucu mulai saat ini.

8. Sisihkan Waktu Untuk Melamun

Salah satu yang paling sering membuyarkan konsentrasi dan fokus adalah melamun. Disadari atau tidak, melamun sudah menjadi benalu yang sering menjadi gangguan utama dalam menjaga fokus dan konsentrasi dalam bekerja.

Melamun ini kalau tidak kita kendalikan maka akan sangat berbahaya dan bisa menghancurkan rencana dan mood dalam bekerja. Karena melamun sering kali menghabiskan banyak waktu kita tanpa kita sadari yang kemudian akan membuat kita menjadi malas dan kemudian menunda pekerjaan.




Untuk itu, ada baiknya jika kita sediakan sedikit waktu luang untuk melamun. Setengah jam sebelum tidur misalnya, coba istirahatkan otak Anda dan pikirkan sesuatu selain pekerjaan.

Dengan cara ini besar kemungkinan ketika Anda bekerja akan lebih fokus dan tidak mudah melamun.

9. Istirahatlah Setiap Satu Jam

Istirahat selalu diperlukan, karena tubuh manusia juga memiliki batas kemampuan. Apalagi otak kita, jika kita terlalu memaksakan untuk bekerja keras melebihi batas, maka akan sangat riskan, Untuk itu, Anda sangat memerlukan istirahat untuk otak Anda.

Untuk otak dengan kerja yang memerlukan fokus yang tinggi, maka diperlukan cara istirahat yang efektif dan efisien. Untuk mencapai hal itu, Anda bisa mencoba dengan cara istirahat setiap jam sekali. Semacam jeda, jika Anda menggunakan otak untuk berkonsentrasi berjam-jam, jeda istirahat setiap jam ini akan sangat penting. Setiap satu jam sekali, sempatkan beristirahat 5 sampai 10 menit.

Jika Anda bekerja menghadap komputer setiap jam, maka 5 sampai 10 menit tersebut bisa Anda gunakan untuk sekedar berjalan-jalan ringan dan menggerakkan sendi-sendi tubuh.

Baca juga: 6 Kebiasaan Orang Sukses yang Wajib Anda Tiru Jika Mau Berhasil

10. Meditasi Ringan

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga konsentrasi dan fokus adalah dengan meditasi. Meditasi ringan bisa Anda lakukan dimanapun, bahkan ditempat kerja sekalipun.

Konsep dasar dalam meditasi ini bukan mengosongkan pikiran, tapi justru memusatkan pikiran terhadap satu titik tertentu. Meditasi akan lebih baik jika Anda lakukan secara teratur dan semakin baik jika dijadikan sebagai kebiasaan.

Tidak perlu waktu yang lama untuk meditasi di tempat kerja, lakukan di sela-sela istriahat Anda ketika bekerja. Jika Anda bisa melakukan meditasi dengan baik dan benar, maka insyaalloh konsentrasi dan fokus Anda akan terjaga dengan baik.

So, lakukan sekarang ya biar tetap konsentrasi dalam bekerja!



4 total comments on this postSubmit yours
  1. Satu lagi olahraga renang dan memanah mungkin bisa membantu :-)

  2. terimakasih sangat bermanfaat sekali bang max, no.11 sepertinya selalu ingat kepada tuhan biar lebih fokus hehe

  3. 10 tips yang mungkin patut dicoba bagi kita semua agar selalu fokus dalam bekerja. Terima kasih untuk tipsnya, inilah yang terkadang kita lupakan sehingga pekerjaan jadi berantakan karena kurang fokus dalam mengerjakannya.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud