Beranda Pemasaran Cara Menemukan Influencer Terbaik Dengan Gratis dan Tool Berbayar

Cara Menemukan Influencer Terbaik Dengan Gratis dan Tool Berbayar

Bagaimana cara menemukan influencer terbaik untuk bisnis? Ini merupakan pertanyaan yang selalu muncul di kalangan para pebisnis.

Sekarang, Influencer menjadi salah satu acuan penting bagi seorang konsumen apakah sebuah produk dikatakan bagus atau tidak.

Coba bayangkan sebuah skenario. Anda ingin membeli sebuah “tas selempang dengan bahan kulit buatan. Tapi, Anda tidak yakin mana produk yang benar-benar memiliki kualitas terbaik.

Anda pun tentu saja searching secara online dan membaca berbagai review tentang produk tersebut serta mengecek di toko terdekat.

Kemudian, Anda akan dibombardir dengan iklan dan juga sederet fitur keren dari banyak brand yang menawarkan produk yang sama. Pasti hal ini sangat mengesalkan bagi Anda.

Namun, ketika Anda sedang memutuskan ingin membeli produk ber-merek A misalnya, seorang teman datang dan Anda pun menceritakan kegalauan Anda.

“Oh, gampang aja sih!” katanya, “Aku beli tas kulit buatan dari toko X 5 tahun lalu. Awet sampai sekarang!”

Terus kira-kira kalau teman Anda ngomong seperti ini, apa yang akan Anda lakukan?

Tentu saja Anda akan mengabaikan sejumlah fitur yang ditawarkan iklan tadi, dan Anda justru memilih merk tas yang dibeli teman Anda tadi.

Nah, itulah bagaimana cara influencer marketing bekerja. Cara ini membuat Anda merasa aman karena Anda melihat orang lain membeli barang ini terlebih dahulu.

So, apakah Anda sudah siap dengan strategi influencer marketing?. Simak artikel yang kami rangkum dari Search Engine Journal berikut ini. Kami akan membahas tentang:

  • Tiga alasan kenapa Anda tidak perlu mengulur-ngulur waktu lagi untuk menjalankan strategi influencer marketing.
  • 5 tool untuk influencer marketing agar Anda bisa menemukan influencer yang tepat.
  • Bagaimana cara menemukan influencer bila Anda saat ini belum memilikinya.

Apa Itu Influencial Influencer?

Apa Itu Influencial Influencer
Via Detik

Ketika Anda berpikir tentang Influencer Marketing pasti Anda kepikiran sejumlah influencer terkenal, misalnya; Gisella Anastasia.

Ah, tapi Influencer Marketing bukan soal level terkenal atau tidak ya! Bukan hanya sekedar terkenal di media sosial atau karena punya program di TV.

Menurut Hootsuite, definisi influencer adalah:

“… pembuat konten sosial dengan niche tertentu yang memiliki follower yang berdedikasi dan keterlibatan di sosial media.”

Ini artinya seorang influencer bukan yang harus terkenal seperti Gisella Anastasia, Jesica Iskandar, Raffi Ahmat, atau artis Indonesia lain yang terkenal.

Seorang influencer bisa jadi adalah seorang content marketer di Instagram yang memiliki setidaknya 10.000 follower karena  postingannya yang mampu menarik audience.

Seseorang atlit bulu tangkis bisa saja menjadi orang yang dicintai follower-nya di media sosial meskipun tidak populer di media besar.

Hal terpenting dari seorang influencer adalah follower yang memiliki engagement yang bagus. Dengan kata lain, seorang influencer bisa siapa saja asalkan mampu membangun keterlibatan dan kepercayaan dengan audience.

Menurut Search Engine Journal, ada beberapa alasan kenapa Anda harus mulai melupakan endorsement dan masuk ke strategi influencer marketing.

Artikel lain: 10 Artis Endorse Instagram Paling Mahal di Indonesia

3 Alasan Kenapa Anda Wajib Menggunakan Strategi Influencer Marketing

Bagaimana cara menemukan influencer terbaik untuk bisnis

Menurut Anda, kira-kira apa benar seorang selebriti yang memasarkan shampoo murah benar-benar memakai produk itu?

Ada beberapa yang mungkin menggunakannya, tapi sebagian besar tidak!

Faktanya, endorsement tidak bekerja seperti teknik influencer marketing saat ini. Ini alasannya:

1. Anda Harus Membangun Kepercayaan di Bidang Anda

Perlu Anda ketahui kalau menjadi seorang influencer butuh waktu lama. Mereka perlu bekerja ekstra untuk mendapatkan kepercayaan dari follower.

Itulah kenapa sekali saja influencer ini berbicara tentang sebuah produk, follower-nya pasti percaya.

2. Anda Harus Punya Target Audience

Rupanya target audiencer yang besar saja tidak cukup. Namun Anda harus melihat secara spesifik apa spesifikasi influencer tersebut.

Sebagai contoh, sebuah akun Instagram yang memiliki 10 ribu follower, tapi dia tidak pernah memposting foto-foto alay di sosial media. Namun, dia hanya fokus pada bidangnya saja. Misalnya pesan dan nasihat cara mengelola keuangan yang baik.

Dengan begitu, follower dia sudah pasti dari kalangan orang yang tertarik di bidang yang sama. Jadi, nantinya Anda tidak akan membuang duit secara percuma pada sembarangan orang yang tidak peduli dengan produk Anda.

3. Winning Partnership

Menurut LinkedIn, 80% dari professional di sana mengatakan kalau networking itu sangat penting untuk karir.

Artinya, bekerjasama dengan orang lain akan melahirkan banyak sekali kesempatan.

Baca juga: Promosi Dari Mulut ke Mulut

Cara Menemukan Influencer yang Tepat Dengan Menggunakan Tool

Merujuk pada situs Searchenginejournal, berikut ini merupakan tool influencer marketing yang bisa Anda gunakan untuk menemukan influencer yang tepat:

1. Followerwonk

Followerwonk
Followerwonk.com

Anda ingin mencari seorang influencer di Twitter? Anda bisa mencoba Followerwonk.

Dengan tool ini Anda bisa membandingkan ranking “authority”, follower dan sebagainya. Bahkan Anda bisa menganalisis sebuah account untuk melihat apakah akun tersebut tepat dijadikan pilihan.

Tool ini menawarkan tiga paket yaitu gratis (akses terbatas), $29 per bulan (bisa sampai 3 akun), dan $79 per bulan (sampai 20 akun).

2. BuzzSumo

BuzzSumo
BuzzSumo.com

Buzzsumo ini merupakan tool berbayar yang bisa Anda gunakan untuk mencari akun influencer di YouTube, Twitter, hingga Google.

Untuk harga, tool ini menawarkan 4 paket yaitu Pro ($99 per bulan), Plus ($179 per bulan), Large ($299 per bulan) dan Enterprise ($499 per bulan).

3. Audience Overlap Dari Alexa

Alexa
Alexa.com

Tool ini sangat bagus untuk mencari brand-brand yang punya audience serupa dengan Anda. Seperti yang dijelaskan di atas, bekerjasama dengan influencer yang bergerak di bidang yang sama akan membantu Anda mencari audience yang tepat.

Anda tinggal mencari nama orang yang terkenal di industri Anda, dan Anda akan menemukan nama-nama  yang memiliki audience yang serupa dengan Anda. Tool ini menawarkan harga $149 per bulan.

4. Keyhole

Keyhole
Keyhole.co

Keyhole ini merupakan salah satu yang paling mudah digunakan. Tool ini mampu memperlihatkan sejumlah influencer top berdasarkan keyword yang Anda geluti.

Anda  bisa mencari seberapa banyak follower yang dimiliki tiap influncer, seberapa sering mereka melakukan posting, dan bahkan Anda bisa melihat engagement yang mereka dapatkan dari follower mereka. Harga tool ini yaitu $59 per bulan.

5. Klear

Klear
Klear.com

Tool ini membantu Anda menemukan influencer berdasarkan lokasi. Anda bisa berfokus pada influencer di channel sosial, topik, demografi audiens dan lainnya.

Cara Menemukan Influencer Sosial Media Dengan Gratis

Cara Menemukan Influencer

OK, mungkin saat ini Anda terkendala tidak ada biaya menggunakan tools berbayar untuk menemukan influencer. Jangan khawatir, Anda tetap bisa mencari influencer secara gratis.

1. Cari Influencer Dengan Centang Biru

Baik di Instagram hingga Twitter, kalau Anda menemukan influencer dengan centang biru, itu artinya akun tersebut sudah diakui autentik oleh platform-nya.

Itu artinya orang ini cukup terkenal. Jadi kalau Anda mencari seorang influencer, langkah pertama adalah lihat centang biru di akunnya.

2. Gunakan Hashtag

Memang tidak mudah mencari influencer ditengah jutaan akun di semua sosial media. Nah, cara mudah untuk mencari influencer yang tepat adalah dengan menggunakan hashtag.

Cobalah melakukan brainstorming dulu dengan sejumlah keyword yang sering dicari di industri anda. Misalnya Anda ingin mencari konten marketer, Anda bisa menggunakan #contentstrategy atau #contentmarketing dan lain sebagainya.

Setelah Anda cari di kolom search, Anda dipastikan akan menemukan akun dengan centang biru ini.

Nah, jika sudah menemukan akunnya lakukan sejumlah cek seperti:

  • Apa pekerjaannya
  • Berapa follower yang dimiliki
  • Seberapa bagus engagement rate-nya
  • Apakah produk yang Anda tawarkan bisa memberikan keuntungan pada follower-nya dan sebaliknya.

3. Gunakan Keyword

Seperti yang dijelaskan di atas, seorang influencer tidak harus artis atau orang dengan status spesial.  Yang penting berpengaruh, itu saja!

Anda tinggal gunakan saja keyword yang sesuai dengan produk Anda kemudian temukan influencer yang memiliki  interest di bidang yang sama.

Perhatikan apakah akun tersebut punya follower yang cukup dengan engagement yang baik. Lihat juga cara influencer tersebut dalam hal menyajikan konten.

Cara Menggunakan Strategi Influencer Marketing Untuk Brand Anda

Memang benar, memenangkan hati audience itu tidak mudah. apa lagi dengan sederet  iklan yang menjejali screen pengguna dengan cara “hard selling”.

Jika Anda sedang mencari cara yang tepat untuk memenangkan hati konsumen potensial, cara terbaik bisa lewat seseorang yang sudah paham dengan produk dan industri yang Anda geluti.

Seseorang ini juga harus sudah lama membangun value dan kredibilitas di mata follower-nya. sama seperti konsep “kata teman” dalam kasus membeli “tas selempang” dari kulit buatan tadi.

Karena Anda percaya teman Anda, dan dia telah mengetahui produk tersebut, Anda pun percaya dan ikut membelinya. Inilah seninya influencer marketing.

Baca juga: Cara Mengembalikan Postingan Instagram yang Terhapus

2 KOMENTAR

  1. Tertarik sih mau endorse selebgram gitu, tapi takut budgetnya gak masuk. Pernah coba tanya biayanya langsung ke manager atau adminnya langsung tapi tidak ada jawaban.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here